.

.

-Hariman Siregar- .

.

.

.

.

.

aksi ini kemudian diatur dengan adanya UU No. Secara lebih spesifik. hak aksi juga dilindungi oleh UUD 1945 pasal 28 beserta amandemennya. .Selain Declaration of Human Right (freedom of speech). 9/1998 tentang Mekanisme Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

.Kode EtikUntuk menjaga konsistensi gerakan. Kode etik ini pula yang menjadi faktor pembeda aksi yang satu dengan aksi yang lainnya. beberapa elemen gerakan mahasiswa memiliki kode etik aksi.

ƒ ƒ ƒ ƒ Diskusi awal (Tim/Dept. dteruskan ke : Diskusi Lanjutan (pelibatan kader. (unsur UKM). Khusus : bidang Sospol). penerbitan Pers Release). menghadirkan pakar. lalu Pembentukan Tim Teknis Aksi Aksi di lapangan .

Begitu juga target siapa yang pihak yang hendak dituju. Susun target Baik target teknis seperti pencapaian jumlah massa dan blow up media. dan target esensi seperti isu tuntutan aksi. .ƒ ƒ Tema / Grand Issue.

Karena itu perlu diperhatikan sebuah momen yang khusus didesain untuk konsumsi jurnalis foto.ƒ ƒ Skenario. . Begitu juga dengan pemberitahuan kepada media massa (release awal) agar kelak mereka dapat meliput kita. selain press release untuk jurnalis berita. 9/1998. maka lakukan sesuai dengan UU No. Jika kita memutuskan untuk menulis pemberitahuan. PemberitahuanTergantung pada kebutuhan. media interestAksi yang menarik akan disukai oleh media.

pengepungan.ƒ Format atau bentuk aksi adalah pilihan dari banyak bentuk aksi. orasi. aksi diam (bisu). hingga ke blokade. aksi topeng. mogok makan. . dan boikot. happening art.

Korlap Koordinator Lapangan adalah pemegang komando ketika aksi sedang berjalan. khususnya pada aksi aliansi atau aksi yang melibatkan tokoh. ƒ Agitator Agitator adalah pembangkit semangat massa dengan pekik teriakan disela-sela orasi korlap dan orator ƒ . ƒ Orator Terkadang diperlukan orator khusus selain korlap.

.ƒ Negosiator Terkadang diperlukan person yang khusus bertugas untuk melakukan negosiasi.

Tim humas bertanggung jawab dalam menjembatani aksi kepada para jurnalis .ƒ Humas Tim Humas adalah salah satu elemen penting aksi.

MedikTugas ini memang spesifik bagi mereka yang menguasai ilmu medis. Mereka juga wajib untuk mengidentifikasi para penyusup atau aparat yang hendak memprovokasi Dokumenter Tim ini memback-up tim humas.ƒ ƒ ƒ Security/border Tim ini bertugas menjaga keamanan peserta aksi. .

ƒ Tim kreatif Tim ini memiliki kewenangan untuk mendesain sebuah atraksi seni atau instalasi sesuai amanat hasil musyawarah. .

ƒ Angle foto Foto dapat berbicara lebih banyak dari kata-kata Misalnya: aksi LSM Pro Fauna yang membuat balon kura-kura raksasa dalam menentang eksploitasi kura-kura sebagai komoditas. .

. Unik dan kreatif adalah kuncinya.ƒ Kalimat poster Kalimat poster biasanya juga menjadi incaran fotografer. Misal : IMF = International Monster Fund. Pilihlah kalimat yang cerdas namun tetap mencerminkan akhlak seorang mahasiswa.

ƒ Uniform Keseragaman pakaian peserta aksi juga dapat menarik perhatian. Pakaian putih-putih. hitam-hitam atau mengenakan pakaian seperti orang utan untuk aksi mendukung keberlangsungan orang utan. .

ƒ Yel/lagu Ciptakanlah yel-yel yang khas dan mudah diingat .

. Misalnya : aksi membawa tikus ke kantor DPRD untuk menyindir anggota dewan yang tak ubahnya seperti tikus-tikus pengerat.ƒ Symbolized Simbolisasi perlu dilakukan untuk mencuri perhatian media jika massa aksi tidak terlalu banyak.

aliansi kadang diperlukan.ƒ Aliansi taktis Untuk memperkuat posisi tawar. atau kesamaan isu . atau kesamaan metode. Aliansi didasarkan pada pertimbangan kesamaan ideologi. .

demonstran yang efektif merancang pesannya supaya bisa disampaikan secara utuh dalam tempo 10 hingga 15 detik.Ketika di wawancara. .

ƒ ƒ ƒ ƒ Mengapa anda berada disini? Apa yang ingin anda capai? Apakah demonstrasi ini sungguh-sungguh merupakan solusi? Apa yang bisa dilakukan oleh khalayak untuk masalah yang anda perjuangkan? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful