ANGIN Pengertian / Arti Definisi Angin Angin adalah udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan udara

dengan arah aliran angin dari tempat yang memiliki tekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah atau dari daerah yang memiliki suhu / temperatur rendah ke wilayah bersuhu tinggi. Proses Terjadi Angin Angin memiliki hubungan yang erat dengan sinar matahari karena daerahyang terkena banyak paparan sinar mentari akan memiliki suhu yang lebih tinggi serta tekanan udara yang lebih rendah dari daerah lain di sekitarnya sehingga menyebabkan terjadinya aliran udara. Angin juga dapat disebabkan oleh pergerakan benda sehingga mendorong udara di sekitarnya untuk bergerak ke tempat lain. Angin buatan dapat dibuat dengan menggunakan berbagai alat mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Secara sederhana angin dapat kita ciptakan sendiri dengan menggunakan telapak tangan, kipas sate, koran, majalah, dan lain sebagainya dengan cara dikibaskan. Sedangkan secara rumit angin dapat kita buat dengan kipas angin listrik, pengering tangan, hair dryer, pompa ban, dan lain sebagainya. Secara alami kita bisa menggunakan mulut, hidung, lubang dubur, dan sebagainya untuk menciptakan angin. Udara dapat membawa partikel bau dari suatu zat sehingga angin dapat memb awa bau atau aroma mulai dari aroma yang sedap hingga aroma yang tidak sedap di hidung kita. Bau masakan, bau amis, bau laut, bau sampah, bau bensin, bau gas, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh bau yang dapat dibawa angin. Jenis-jenis angin yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut : 1. Angin Darat dan Angin Laut Angin darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut, dan terjadi pada malam hari. Pada malam hari daratan lebih cepat dingin, sehingga bertekanan maksimum dan lautan masih panas, sehingga bertekanan minimum. Angin bertiup dari tempat yang bertekanan maksimum (darat) menuju ke tempat yang bertekanan minimum (laut), maka terjadilah angin darat. Angin laut adalah angin yang bertiup dari laut ke darat, dan terjadi pada siang hari. Pada siang hari lautan lebih cepat dingin, sehingga bertekanan maksimum dan daratan masih panas, sehingga bertekanan minimum. Angin bertiup dari tempat bertekanan maksimum (laut) ke tempat bertekanan minimum (darat), maka terjadilah angin laut. 2. Angin Fohn Angin fohn mempunyai sifat panas dan kering. Hal ini dikarenakan angin yang bertiup dari arah laut membawa uap air yang banyak. Angin itu setelah mencapai daratan terhalang oleh pegunungan dan suhunya semakin dingin. Uap air yang dikandungnya berubah menjadi awan dan hujan. Hujan dijatuhkan pada lereng gunung yang menghadap laut. Setelah angin itu sampai ke puncak pegunungan, turun kembali di balik pegunungan. Angin yang turun ini sudah tidak mengandung uap air, karena telah dijatuhkan sebagai hujan. Oleh karena angin ini turun, maka suhunya makin panas pada waktu sampai di bawah. Angin ini sifatnya menjadi panas dan kering.

Angin Fohn di Sumatra Utara disebut dengan angin bahorok. sehingga angin bergerak dari gunung menuju lembah. sehingga terjadi aliran udara dari lembah ke gunung. Pada bulan tersebut matahari seakan-akan berada di belahan bumi selatan. Angin bertiup dari tempat yang bertekanan maksimum (Australia) ke tempat yang bertekanan minimum (Asia). di mana pemanasan udara bergerak ke atas sepanjang lereng. Pada saat itu di Indonesia mangalami musim kemarau. sehingga Benua Asia merupakan daerah yang bertekanan minimum. Hujan Zenital karena Pengaruh Angin Zenital Angin zenital yaitu angin yang naik di daerah khatulistiwa karena pemanasan matahari. di Jawa Barat disebut angin kumbang. Angin Gunung Angin gunung adalah angin yang bergerak dari gunung ke lembah. Terjadi pada waktu siang hari. 5. Pada bulan tersebut matahari seakan-akan berada di belahan bumi utara. Terjadi pada malam hari karena adanya perbedaan temperatur yang mengakibatkan perbedaan tekanan. 4. dan di Biak Papua disebut angin wambrau. a. Angin ini menyebabkan di daerah khatulistiwa banyak turun hujan yang disebut hujan zenital. Angin Lembah Angin lembah adalah angin yang bergerak dari lembah ke gunung. Ada dua macam angin muson. yaitu angin muson timur dan barat. dan di belahan bumi selatan bertiup angin pasat tenggara. Benua Australia lebih banyak menerima panas dari matahari. Benua Asia lebih banyak menerima panas dari matahari. di mana gunung mempunyai tekanan maksimum dan lembah tekanan minimum. Angin Muson Barat Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober sampai bulan April. b. akibat perbedan temperatur maka tekanan udara juga berbeda. 7. Pada saat itu di Indonesia mengalami musim penghujan. . sehingga Benua Australia merupakan daerah yang bertekanan minimum. Di belahan bumi utara bertiup angin pasat timur laut. 6. Angin bertiup dari tempat yang bertekanan maksimum (Asia) ke tempat yang bertekanan minimum (Australia).3. Angin Muson Angin muson terjadi karena perbedaan tekanan udara antara daratan (benua) dengan samudra. di Jawa Timur disebut angin gending. Angin Muson Timur Angin muson timur terjadi pada bulan April sampai Oktober. Angin Pasat Angin pasat adalah angin yang bertiup dari wilayah subtropik ke arah khatulistiwa.

bila menetahui adanya indikasi akan terjadi puting beliung. y Memperkuat atap rumah yang sudah rapuh y Cepat berlindung atau menjauh dari tempat kejadian. Angin Topan (Badai Tropis) adalah angin yang berputar dengan skala yang lebih lama sekitar 3 ± 7 hari. di negara Australia angin digunakan sebagai tenaga listrik pengganti bahan bakar diesel atau batubara. 5. 2. Angin juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa panas dan gerah. Indonesia termasuk negara yang tidak akan pernah dilintasi angin tersebut. selalu terjadi di laut dengan daya rusak mencapai ribuan km. Angin berfungsi sebagai instrument untuk membantu take-off atau landing pesawat di landasan pacu bandara.Manfaat dan kerugian angin Manfaat Angin : 1. antara lain: y Peningkatan kecepatan angin > 20 knots atau 37 km/jam y Gelombang tinggi > 2. Angin untuk menggerakan perahu layar menelusuri nusantara. Angin yang sering menimbulkan kerusakan menurut kriteria kecepatan antara lain : 1. bahkan untuk menembus batas lintas negara. 3. seperti pada alat kipas angin. Angin sangat untuk perjalanan para nelayan pulang dan pergi. 4. Angin sebagai tenaga listrik pengganti bahan bakar diesel atau batubara. namun demikian untuk wilayah yang dekat dengan angin topan akan merasakan dampak tidak langsungnya. sering terjadi di darat dengan radius sekitar 5 ± 10 km. Agar terhindar dari terjangan angin puting beliung perlu di ambil langkah antisipatif berikut : y Menebang dahan ± dahan dari pohon yang rimbun dan tinggi untuk mengurangi beban berat pada pohon tersebut. Selain bermanfaat angin juga dapat menimbulkan masalah. misalnya seperti Orang Buton. Angin Puting Beliung adalah angin yang berputar dalam waktu yang sangat singkat sekitar 3 sampai 5 menit. Angin puting beliung dapat membuat atap ± atap rumah semi permanen berterbangan dan dapat membuat pohon tumbang. 2.5 m y Hujan lebat dan angin kencang pada radius 1000 km dari pusat badai .

pada tahun 2020 biaya pembangkit listrik tenaga angin pada wilayah yang menunjang akan turun hingga 2.Tenaga Angin Gambar Ladang Angin Pertama di Inggris dengan asupan energi 50. Tenaga ditransfer melalui baling-baling.lebih murah 36 persen dari biaya pada tahun 2003 yang mencapai 3. tenaga angin mampu menyaingi PLTU batu bara teknologi baru dan di beberapa lokasi dapat menandingi pembangkit listrik tenaga gas alam. Sambungan kabel listrik tidak termasuk dalam biaya ini. Pada awal tahun 2004. sumber energi paling cepat berkembang di dunia. sepintas terlihat sederhana.79 euro/KWh. Namun dibalik menara tinggi. tenaga angin memperlihatkan menurunnya biaya produksi hingga 50%. Hal tersebut membuat target untuk menjadikan tenaga angin mampu memenuhi kebutuhan energi dunia hingga 12 persen pada tahun 2020 menjadi realistis. Teknologi tenaga angin. Berkah terus meningkatnya ukuran dan kapasitas rata-rata turbin. langsing dan bilahan besi putar terdapat pergerakan yang kompleks dari bahan-bahan yang ringan seperti desain aerodinamis dan komputer yang dijalankan secara elektronik. Saat ini sebuah turbin angin modern 100 kali lebih kuat daripada turbin dua dekade yang lalu dan ladang angin saat ini menyediakan tenaga besar yang setara dengan pembangkit listrik konvensional. lalu ke generator (meskipun beberapa turbin menghindari kotak peralatan dengan menjalankan langsung) Tenaga Angin saat ini Perkembangan teknologi dalam dua dekade terakhir menghasilkan turbin angin yang modular dan mudah dipasang.700 juta ton. pemasangan tenaga angin secara global telah mencapai 40.45 sen per KWh. Dalam 15 tahun terakhir ini. Tenaga Angin pada tahun 2020 Selama beberapa tahun terakhir pemasangan kapasitas angin meningkat melebihi 30%.300 MW sehingga tenaga yang dihasilkan cukup untuk memenuhi kebutuhan sekitar 19 juta rumah tangga menengah di Eropa yang berarti sama dengan mendekati 47 juta orang. Di saat bersamaan hal tersebut juga akan membuka kesempatan terbukanya lapangan pekerjaan hingga dua juta dan mengurangi emisi CO2 hingga 10.000 KWH. . kadang dioperasikan pada variable kecepatan. Saat ini di wilayah yang anginnya maksimum. seiring meningkatnya pasar.

tenaga angin diperkirakan dapat menyediakan 53. Caranya dengan membiarkan perubahan pada kecepatan di wilayah-wilayah berbeda untuk diseimbangkan satu sama lain. Kelebihan Tenaga Angin Ramah lingkungan. Cepat menyebar²pembangunan ladang angin (wind farm) dapat diselesaikan dalam waktu seminggu. dalam proyek besar yang menggunakan turbin ukuran medium yang sudah disetujui. tapi kekuatannya telah terbukti dapat diatur. Tenaga ini juga tidak butuh untuk ditambang. Penyeimbang energi yang sangat baik -emisi karbon dioksida berhubungan dengan proses produksi.catatan yang jauh lebih baik dari yang bisa diharapkan dari pembangkit listrik konvensional. Amerika Serikat sendiri mempunyai potensi angin yang cukup untuk menyediakan pasokan kebutuhan energinya bahkan tiga kali lebih besar daripada kebutuhannya. Ketidakstabilan permintaan energi dan kebutuhan untuk melindungi gagalnya pembangkit listrik konvensional memenuhi kebutuhan tersebut. Sumber energi terbarukan dan dapat diandalkan. digali atau dipindahkan ke pembangkit listrik.angin yang menjalankan turbin selalu gratis dan tidak terkena dampak harga bahan bakar fosil yang fluktuatif.keuntungan terpenting dari tenaga angin adalah berkurangnya level emisi karbon dioksida penyebab perubahan ikilm. tenaga angin mampu beroperasi hingga 98% secara konstan. Tenaga ini juga bebas dari polusi yang sering diasosiasikan dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan nuklir.Tenaga angin setelah tahun 2020 Sumber angin dunia sangat besar dan menyebar dengan baik di semua kawasan dan negara. Pada malam berangin. Yang berarti dua kali lebih besar dari proyeksi permintaan energi pada tahun 2020-meninggalkan tempat yang penting untuk tumbuhnya industri bahkan dalam 1 dekade kedepan. nilai tenaga angin juga meningkat dan biaya keseluruhan pembangkit akan menurun. Pemasangan dan penggunaan turbin angin selama rata-rata 20 tahun siklus hidup µmembayar kembali¶ terjadinya emisi setelah 3-6 bulan pertama²yang berarti lebih dari 19 tahun produksi energi tanpa ongkos lingkungan. Variable Angin Variable angin menimbulkan masalah manajemen sistem ja ringan listrik lebih sedikit daripada yang diharapkan oleh pihak-pihak yang skeptis. Penciptaan jaringan listrik yang super mengurangi masalah ketidakstabilan angin. sebagai contoh. Selanjutnya. turbin angin 50% pembangkit listrik di bagian barat Denmark. Artinya hanya dua persen waktu turun mesin untuk perbaikan.000 Terawat/jam setiap tahunnya. Seiring meningkatnya harga bahan bakar fosil. Menggunakan teknologi saat ini. badan dan bilahan besi di pasang di atas permukaan beton bertulang dengan menggunakan alat pemindah besar. . dan pengalaman dunia nyata telah menunjukan bahwa sistem pembangkit listrik nasional mampu menjalankan tugas tersebut. Menara turbin. sesungguhnya membutuhkan sistem jaringan listrik yang lebih fleksibel daripada tenaga angin.

Oleh karena itu prediksi untuk menjadikan tenaga angin dapat memasok energi dunia sebesar 12 persen pada tahun 2020 sebaiknya tidak dilihat sebagai hal yang pasti. tapi sebagai tujuan²satu kemungkinan masa depan yang kita bisa pilih jika kita mau. Negara-negara lain perlu untuk memperbaiki industri tenaga angin secara dramastis jika target global ingin dicapai. namun demikian masa depan tenaga ini belum terjamin. yang dipimpin oleh Jerman.Bergerak ke depan Perkembangan tenaga angin berkembang dengan pesat saat ini. . Saat ini tenaga angin telah dimanfaatkan oleh sekitar 50 negara di dunia. Spanyol dan Denmark. Namun sejauh ini kemajuan itu disebabkan oleh usaha segelintir pihak.

Windrose juga sangat penting dalam sebuah sistem rekayasa teknik pantai maupun lepas pantai. maka arah angin dan arah . Sering kali windrose menunjukkan besarnya kecepatan angin dan persentase angin calm. Windrose biasanya memiliki delapan arah garis radiasi. Dengan mengetahui arah angin dominan maka arah gelombang juga dapat diketahui. Windrose (diagram mawar angin) juga digunakan sebagai petunjuk untuk mengetahui delapan arah mata angin. Windrose modern digunakan oleh meteorologist untuk mengetahui persentase hembusan angin dari setiap arah mata angin selama periode observasi.Windrose Menurut Encyclopedia Britannica windrose adalah diagram yang menyederhanakan angin pada sebuah lokasi dengan periode tertentu. Angin yang merupakan penyebab dari timbulnya gelombang. Sedangkan menurut wikipedia pengertian windrose adalah grafik yang digunakan oleh meteorologist untuk memberikan pandangan secara ringkas bagaimana kecepatan angin dan arahnya yang terdistribusi pada sebuah lokasi.

data angin berikut merupakan data angin perairan natuna : . Jika arah gelombang dominan sudah diketahui maka akan sangat memudahkan untuk analisa selanjutnya. Misalnya pada pembangunan sebuah bangunan pemecah gelombang (breakwater). misal N. S. W.bulan. semakin banyak data maka windrose lebih valid) Contoh data angin yang sudah ada. SW. SE.tahun.gelombang dominan adalah analog atau sama. data-data tersebut antara lain: y kecepatan angin (tiap arah. Orientasi arah dari breakwater tersebut harus disesuaikan dengan arah datang gelombang dominan agar bangunan tersebut menjadi efektif untuk melindungi pantai atau bangunan lain dibelakangnya Untuk mendapatkan windrose kita memerlukan beberapa data penunjang. NE. NW) y durasi pengukuran angin (misal dalam jam 00-23 atau 01-24) y waktu pengukuran (dalam tanggal.

and plots for several meteorological data formats. It provides visual wind rose plots. frequency analysis. A wind rose depicts the frequency of occurrence of winds in each of the specified wind direction sectors and wind speed classes for a given location and time period. Aktivasinya pun dapat kita lalkukan secara gratis. tinggal ikuti petunjuk lalu activasion code dikirim melalui email anda. untuk dapat menggunakan software ini harus kita lakukan aktivasi. Freeware ini bernama WRPLOT.Sekarang sudah ada alat bantu atau sofware yang memudahkan kita untuk membuat windrose. Gambaran umum WRPLOT disadur dari situsnya: WRPLOT View is a fully operational wind rose program for your meteorological data. screenshoot WRPLOT: . Software windrose dapat di download gratis disini.

namun ini adalah metode yang paling familiar dan paling sering digunakan dari pada harus mengukur langsung ke tempat dimana suatu bangunan laut akan di instalasi. Walaupun sebenarnya metode ini kurang begitu akurat. Dengan adanya data angin ini maka kita dapat mengkonversikannya menjadi data gelombang dengan suatu perumusan tertentu. saya melampirkan suatu data olahan dari daerah Tegal untuk periode 1998 hingga 2007. Data angin ini mempunyai banyak sekali manfaat. karena dilakukan dengan bantuan satelit maupun dengan alat khusus yang diletakkan di daerah dekat pantai. Untuk berbagai keperluan tertentu maka data angin ini bisa kita dapatkan di BMG (badan meteorologi dan geofisika) serta bisa juga diperoleh di bandara. . Dalam kesempatan kali ini. sehingga tidak ditemukan lagi data-data angin untuk tiap jam dalam tiap harinya. Data ini sudah berbentuk olahan dan sudah dimasukkan dalam diagram windrose. salah satu yang paling penting adalah dalam merencanakan bangunan laut baik yang onshore (di pantai) maupun yang offshore (di lepas panta.Data Angin Data angin merupakan hasil perhitungan mengenai kecepatan angin pada suatu daerah tertentu yang didasarkan pada aspek lingkungan dan iklim yang mempengaruhi. Proses dalam mendapatkan data angin tidaklah mudah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful