Pengantar Psikologi Kepribadian

OLEH : DRA. RAHAYU GININTASASI, M.SI

Definisi Kepribadian
Secara etimologi kepribadian (personality) berasal dari kata persona yang berarti topeng atau mask. Menurut akar bahasa, personality berarti sebuah karakteristik disposisi yang melekat pada diri individu dan relatif stabil.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian Lingkungan Genetis Sifat (Trait) .

tahap genital (>13 tahun) . tahap oral (0 – 2 tahun) 2. tahap phallic (4 – 6 tahun) 4. Freud membagi perkembangan kepribadian menjadi lima tahapan.Perkembangan Kepribadian Perkembangan kepribadian dapat dilihat dari teori mana yang digunakan. tahap anal (2 – 4 tahun) 3. tahap laten (6-12 tahun) 5. yaitu : 1.

Berbagai Pendekatan dalam Psikologi Kepribadian Pendekatan Psikoanalisa Pendekatan Neo-psikoanalisa Pendekatan Humanistik Pendekatan Cognitive-behavioral Pendekatan Biologis .

misalnya teori-teori Heymans.Macam-macam Psikologi Kepribadian Terdapat bermacam-macam kategori yang dapat dipergunakan untuk penggolongan kepribadian. Atas dasar jalan yang ditempuh atau metode yang dipergunakan dalam menyusun sesuatu teori dalam psikologi kepribadian itu. dan lainnya. Rogers. . dan lainlain. Teori-teori yang disusun atas dasar data-data dari hasil penyelidikan empiris atau eksperimental. antara lain 1. yaitu teori-teori yang disusun terutama oleh para ahli filsafat b. seperti teori-teori Plato. yaitu : a. Freud. dapat dibedakan menjadi dua macam. Teori–teori yang disusun atas dasar pemikiran spekulatif. Adler. Jung. ahli-ahli dari aliran Neo-kantianisme. Kant.

seperti teori-teori Eysenck. Meumann. Cattel. dan lain-lainnya lagi. Enselhans. Ewald. . dan lainnya. c. Heymans. mashab Prancis. dan pengikut-pengikutnya. Adler. e. Teori-teori temperamen. dan lainnya. Teori-teori faktor. Jung. Teori-teori ketidaksadaran. b. d. seperti teori Spranger. misalnya teori-teori Kant. seperti : a.2. misalnya teori Freud. Kretschmer. Atas dasar komponen kepribadian yang dipakai sebagai landasan atau titik tolak dalam penyusunan perumusan-perumusan teoritis. Teori-teori konstitusional. Teori-teori kebudayaan. misalnya teori-teori mashab Italia. Sheldon.

Enselhans dan ahli-ahli yang modern seperti misalnya Heymans da Ewald.3. Murphy. Teori-teori yang mempunyai cara pendekatan tipologis (typological approach). Penggolongan atas dasar cara pendekatan (approach). dan lainnya. Jung. Hipocrates-Galenus. Allport. Rogers. seperti teori-teori Plato. Teori-teori yang mempunyai cara pendekatan pensifatan (trait approach). b. Freud. . yaitu : a. seperti teori-teori Klages.

Onychologi atau ilmu tentang kuku . Phrenologi atau ilmu tentang tengkorak 6. astrologi atau ilmu perbintangan 3. Usaha-usaha yang masih bersifat pra-ilmiah. 2. chirologi atau ilmu gurat-gurat tangan. seperti : 1. grafologi atau ilmu tentang tulisan tangan 4. phisiognomi atau ilmu tentang wajah 5.Latar Belakang Sejarah Psikologi kepribadian a.

yaitu : Sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning) Sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam) Sifat dingin terdapat dalam phlegm (lendir) Sifat panas terdapat dalam sanguis (darah) . Usaha-usaha yang lebih tinggi nilainya 1. Ajaran-ajaran tentang cairan badaniah a.b. Pendapat Hipocrates Dalam diri seseorang terdapat empat empat macam sifat yang diduukung oleh keadaan konstitusional yang berupa cairan-cairan yang ada dalam tubuh orang itu.

optimistis Melanchole Penegaran Melankh Mudah kecewa. . muram. pesimistis suka terburu-buru tak mudah Plastisitas Phlegma Tak tic (tenang). setia Sanguis ekspansivi sanguinis Hidup. Pendapat Galenus Cairan badan Prinsip yang dominan Chole Tegangan Kholeris Hidup hatinya (semangat) mudah keras. dipengaruhi. Tipe Sifat-sifat khasnya terbakar. daya juang olis Phlegma rendah. daya juang tinggi.b. tas ramah tidak konsisten.

Permulaan Perkembangan Tipologi Empedokles Unsur Sifat Hipocrates Sifat Cairan Galenus Cairan Chole Type Choleris Tanah Kering Kering Chole Air Basah Basah Melanchole Melanchole Melancholis Udara Dingin Dingin Phlegmatic Phlegmatic Phlegmatic api panas panas Sanguis Sanguis Sanguinis .

c. Orang dengan togok kecil cenderung untuk mempunyai bentuk tubuh yang panjang. Orang dengan togok besar cenderung untuk mempunyai bentuk tubuh pendek. . yang mempunyai hubungan dengan habitus apoplectic. Orang-orang dengan togok normal cenderung untuk mempunyai proporsi badan yang normal.Tipologi-Tipologi yang Berdasarkan Konstitusi A. TIPOLOGI MAHZAB ITALIA 1. Teori De-Geovani : Hukum Deformasi a. yang mempunyai hubungan dengan habitus phthisis. b.

. Tipologi Viola a. sehingga tubuh kelihatan pendek. Microsplanchnis. yaitu bentuk tubuh yang ukuran-ukuran menegaknya lebih daripada dalam perbandingan biasa. sehingga tubuh kelihatan jangkung. b. Normoplanchnis. yaitu bentuk tubuh yang ukuran-ukuran menegak dan mendatarnya selaras. Macroplanchnis. yaitu bentuk tubuh yang ukuran-ukuran mendatarnyaa lebih daripada dalam perbandingan biasanya.2. sehingga tubuh kelihatan selaras. c.

anggota badan kokoh. leher pendek Susunan saraf pusat Cerebral Dahi menonjol ke depan dengan rambut di tengah. daun telinga lebar. mata bersinar. mata kecil. Keadaan jasmani yang khas . Morfologi Konstitusional : Mazhab Perancis Fungsi yang Tipe dominan Motorik Muskuler Muka penuh. pinggang besar. rahang besar. pencernaan Digestif Thorax pendek besar. otot-otot tumbuh dengan baik. muka lebar. tangan dan kaki kecil. organ-organ berkembang secara selaras Pernapasan Respiratoris Thorax dan leher lebih besar daripada bagian tubuh yang lain.B.

Tipologi Krestschmer a. Morfologi Konstitusional di Jerman : 1. Konstitusi Jasmaniah Tipe piknis Tipe leptosome Tipe atletis Tipe displastis .C.

Konstitusi Kejiwaan (Temperamen) Manusia berdasarkan atas temperamennya dibedakan menjadi dua golongan yaitu : Dementia Praecox (schizoprenia) Manis-depresif (circulair) .b.

dan dysplastis kebanyakan bertemperamen schizothyme. Orang-orang yang berkonstitusi leptosome. yaitu : Penderita-penderita manis-depresif kebanyakan bertubuh piknis. dan dysplastis. Penderita-penderita schizophrenia kebanyakan bertubuh leptosome. . Korelasi antara Konstitusi (Jasmani) dan Temperamen a) Pada penderita penyakit jiwa Adanya hubungan yang nyata antara bentuk tubuh tertentu dengan jenis penyakit tertentu. atletis. b) Pada orang normal Terdapat korelasi antara jenis penyakit tertentu dengan bentuk tubuh. atletis.c. yaitu : Orang yang berkonstitusi piknis kebanyakan bertemperamen cyclothym.

Mesomorph (komponen mesomorphy dominan) c. Endomorph (komponen endomorphy dominan) b. Sheldon 1. yaitu : a. Ectomorph (komponen ectomorphy dominan) .Teori William H. Komponen-komponen jasmani primer Menurut Sheldon ada tiga tipe pokok dari jasmani manusia.

Viscerotonia b. Komponen –komponen Jasmani Sekunder di antaranya : a. Texture Komponen-komponen primer dari temperamen a. Somatotonia c. Dysplasia b.2. Cerebrotonia . Gynandromorphy c.

.Terima Kasih - .