P. 1
Kumpulan Soal Impuls Dan Momentum

Kumpulan Soal Impuls Dan Momentum

|Views: 24,801|Likes:
Published by kuliahfisikadasar

More info:

Published by: kuliahfisikadasar on Oct 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

Kumpulan Soal “Momentum dan Impuls”

1. Sebuah mobil bermassa 2000 kg sedang diparkir dipinggir jalan. Berapakah momentum mobil tersebut ? (level 1) 2. Dua mobil, yakni mobil A dan mobil B bergerak dengan kecepatan yang sama. Mobil manakah yang memiliki momentum lebih besar ? jelaskan dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan (level 1) 3. Apakah gaya total memiliki hubungan dengan momentum ? jelaskan (level 1) 4. Bilamana hukum II Newton versi momentum digunakan ? (level 1) 5. Bagaimana hubungan antara momentum dan impuls ? (level 1) 6. Sebuah mobil bermassa 2500 kg sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s. Berapakah momentum mobil tersebut ? (level 2) 7. Sebuah sepeda motor mula-mula diam. Setelah 10 detik sepeda motor tersebut bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Jika massa sepeda motor dan pengendaranya 200 kg, berapakah gaya total yang bekerja pada sepeda motor tersebut ? (level 2) 8. Seorang petinju memukul lawannya dengan gaya impuls sebesar 50 N. Jika selang waktu kontak antara tangan (sarung tinju) dengan tubuh lawannya 2 detik, berapakah impuls yang dikerjakan petinju tersebut ? (level 2) 9. Abang ronaldinho menendang bola sepak bermassa 0,2 kg sehingga bola sepak yang pada mulanya diam bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Apabila kaki abang ronaldinho dan bola sepak bersentuhan selama 0,01 sekon, tentukan besar gaya impuls. Bagaimana jika selang waktu kontak antara kaki abang ronaldinho dan bola sepak 0,1 sekon ? (level 2) 10. Sebuah batu bermassa 0,2 kg mula-mula diam. Seorang cowok yang sedang pusing karena diputus pacar menendang batu tersebut hingga batu bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Jika kaki cowok tersebut bersentuhan dengan batu selama 2 detik, tentukan besar gaya impuls. Hitung juga percepatan batu tersebut (level 2)

Soal “Hukum Kekekalan Momentum”
1. Bilamana momentum benda yang bertumbukan bersifat kekal ? (level 1) 2. Seandainya dirimu melompat dari ketinggian tertentu menuju permukaan tanah. Apa yang terjadi dengan momentum ketika dirimu mendarat ? (level 1) 3. Katanya prinsip peluncuran roket memanfaatkan hukum kekekalan momentum. Benarkah ? Jika benar, maukah dirimu menjelaskan bagaimana roket bisa bergerak ? (level 1) 4. Dua mobil, sebut saja mobil A dan mobil B masing-masing bermassa 1000 kg. kedua mobil tersebut sedang bergerak saling mendekati, di mana mobil A bergerak dengan kecepatan 10 m/s sedangkan mobil B bergerak dengan kecepatan 20 m/s. berapakah jumlah momentum mobil A dan mobil B ? (level 2) 5. Sebutir peluru bermassa 0,2 kg ditembakan dari ujung pistol dengan kecepatan 200 m/s. jika massa pistol 0,5 kg, berapakah kecepatan peluru ketika mendorong tangan penembak ? (level 2) 6. Sebuah mobil bermassa 1000 kg bergerak dengan laju 50 km/jam. Mobil tersebut menabrak mobil di depannya. Keduanya bersatu dan bergerak dengan laju 20 km/jam. Berapakah massa mobil yang ditabrak ? (level 2)

7. Seseorang bermassa 50 kg sedang berdiri di atas permukaan lantai yang sangat licin. Orang tersebut melempar batu bermassa 0,2 kg pada arah horizontal dengan kelajuan 10 m/s. berapakah laju dan arah gerakan orang tersebut setelah melempar batu ? (level 2) 8. Sebuah taxi bermassa 2000 kg sedang bergerak dengan laju 20 m/s. taxi tersebut menabrak sebuah sedan yang bergerak dengan arah berlawanan. Setelah bertabrakan, kedua kendaraan tersebut berhenti. Berapakah laju sedan sebelum tabrakan ?

Soal Tumbukan
1. Jelaskan perbedaan antara tumbukan lenting sempurna, tumbukan lenting sebagian dan tumbukan tidak lenting sama sekali (level 1) 2. Dua benda, sebut saja benda A dan B masing-masing bermassa 2 kg dan 4 kg. Benda A bergerak dengan kelajuan 5 m/s menuju benda B yang sedang diam. Jika kedua benda mengalami tumbukan lenting sempurna, tentukan kecepatan kedua benda tersebut setelah tumbukan. (level 2) 3. Dua benda, sebut saja benda A dan B masing-masing bermassa 4 kg dan 8 kg. Benda A bergerak dengan kelajuan 10 m/s menuju benda B yang sedang diam. Jika kedua benda tersebut saling menempel setelah tumbukan, tentukan kecepatan kedua benda setelah tumbukan (level 2) 4. Sebutir peluru bermassa 0,2 kg ditembakan ke sebuah ayunan balistik yang bermassa 1 kg. peluru tertanam di dalam balok dan balok bergerak naik hingga mencapai ketinggian maksimum 6 cm. tentukan kelajuan peluru dan balok setelah tumbukan (level 2) 5. Benda A bermassa 1 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s bertumbukan dengan benda B bermassa 2 kg yang sedang bergerak dalam arah berlawanan dengan kecepatan 12 m/s. Tentukan kecepatan kedua benda setelah tumbukan jika kedua benda mengalami tumbukan lenting sempurna dan jika kedua benda saling menempel dan menjadi satu setelah tumbukan (level 2) 6. Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian h dan lenting kembali mencapai ketinggian 0,5 h. tentukan koofisien restitusi antara lantai dan bola tersebut(level 2) 7. Sebutir peluru bermassa 0,1 kg ditembakan horizontal dengan kecepatan 100 m/s. Peluru tersebut menembus plastic bermassa 0,2 kg. jika setelah tumbukan, plastic bergerak dengan kecepatan 80 m/s, tentukan kecepatan peluru setelah menembus plastic (level 2) 8. Sebutir peluru bermassa 1 kg ditembakan ke sebuah ayunan balistik bermassa 1,5 kg. Peluru menembus balok dan bergerak dengan laju 100 m/s. Tentukan laju awal peluru jika balok terayun hingga mencapai 10 cm (g = 10 m/s2) (level 2) 9. sebuah balok kayu bermassa 1 kg diam di atas permukaan meja licin. Sebutir peluru bermassa 0,04 gram ditembakkan horizontal ke balok dengan kecepatan 100 m/s dan menancap di dalam balok. Jika setelah tumbukan balok bergerak sejauh 0,2 meter, berapakah kecepatan balok sesaat setelah tertembak ? (level 3) 10. Sebuah mobil bermassa 2000 kg sedang bergerak ke utara dengan kecepatan 10 m/s menabrak mobil lain bermassa 3000 kg yang sedang bergerak dengan kecepatan 12 m/s. Tentukan besar dan arah kecepatan jika kedua kendaraan tersebut menyatu setelah tumbukan (level 3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->