Analisa SWOT adalah analisa yang sangat dikenal dalam proses pembuatan strategi bisnis.

Analisa SWOT sendiri merupakan singkatan dari strenght, weakness, opportunity, dan threat. Mari kita coba membahasnya sekaligus dengan menerapkannya pada dua kasus, dalam hal ini mencakup produk rokok Dji Sam Soe dan perusahaan Telkom. S ± Strenghts Mencerminkan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau produk. Dalam kasus rokok Dji Sam Soe hal ini tercermin dari reputasi sebagai rokok dengan bahan tembakau yang berkualitas, memiliki rasa yang khas, dan telah teruji puluhan tahun lamanya. Kekuatan lain mereka adalah adanya penggemar yang fanatik dan loyal. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang menarik tentang business strategy dan analisa SWOT, silakan klik DISINI ). Untuk kasus Telkom, maka kekuatan yang paling mencolok adalah kekuatan finansial yang besar sehingga membuatnya mudah untuk melakukan investasi peralatan telco yang relatif mahal. Selain itu, mereka juga telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar. W - Weaknesses Mencerminkan kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk. Dalam kasus rokok Dji Sam Soe kelemahan yang mereka miliki adalah fakta bahwa rokok mereka merupakan rokok kretek yang otomatis memiliki kandungan tar dan nikotin yang tinggi. Hal ini boleh jadi merupakan titik lemah ketika selera masyarakat mulai mencari rokok yang rendah kadar nikotinnya. Selain itu, rokok ini juga telanjur dicitrakan sebagai rokok orang tua; sehingga rokok ini agak sulit melakukan penterasi kepada segmen pasar anak muda kota yang tumbuh pesat. Dalam kasus Telkom, salah satu kelemahan yang cukup mencolok adalah jumlah pekerjanya yang terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya. Selain itu, sebagai BUMN, mereka juga relatif dibebani dengan beragam peraturan dan regulasi yang acap membuat mereka lamban dalam mengambil keputusan strategis. Juga intervensi dari pemerintah kadang membuat mereka juga tidak bisa bersikap dinamis dengan perubahan pasar. O - Opportunities Mencerminkan peluang yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk. Dalam kasus rokok Dji Sam Soe, maka peluang yang mereka miliki adalah jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar dan ini merupakan pasar yang potensial untuk produk mereka.

media luar ruang ataupun larangan mensponsori kegiatan musik dan olahraga. analisa SWOT akan membantu kita utk melihat sisi-sisi yg terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Berikut ini adalah contoh sederhana analisa SWOT yg dibuat oleh seorang cowok SMA saat ingin mulai aktivitas 'pacaran'. Opportunity dan Threat. Selain itu jumlah penduduk Indonesia yang besar. maka peluang yang mereka miliki adalah perkembangan teknologi internet yang sangat pesat di Indonesia. maka pendapatan mereka dari telpon rumah bisa hilang atau lenyap sama sekali dan ini sangat membahayakan bisnis mereka. Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yg ada. Permintaan masyarakat yang tinggi akan akses internet merupakan pasar yang sangat potensial. Selain itu. ancaman yang paling potensial adalah rencana pemerintah untuk membatasi iklan rokok. T ± Threats Mencerminkan ancaman potensial yang dihadapi oleh suatu perusahaan atau produk. Weakness. yg dalam bahasa Indonesia mudahnya diartikan sbg Kekuatan. Kekuatan . Kelemahan. Metoda analisa SWOT bisa dianggap sbg metoda analisa yg paling dasar. Peluang dan Ancaman. Dalam kasus Dji Sam Soe.Dalam kasus Telkom. yg berguna utk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. ancaman lainnya adalah kesadaran masyarakat yang makin tinggi akan kesehatan serta munculnya beragam kampanye anti rokok bagi generasi muda. Dalam kasus Telkom. ancaman yang muncul adalah adanya teknologi telpon seluler yang ternyata telah menggerus pendapatan mereka dalam produk telpon tetap di rumah (fixed phone). dan baru sedikit yang telah memiliki akses broadband internet. tentu merupakan peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telkom. Selain itu. baik di media cetak. Jika kecenderungan ini terus berlanjut. Pembatasan iklan tentu akan sangat berdampak negatif pada penjualan produk mereka. yang notabene merupakan pelanggan loyal mereka. sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman. Jika digunakan dgn benar. Perda tentang larangan merokok di tempat tertentu juga merupakan ancaman sebab itu artinya membatasi ruang gerak para perokok. adanya teknologi-teknologi baru yang mulai hadir seperti WIMAX tentu akan mengancam kelangsungan bisnis mereka jika mereka tidak adaptif terhadap kemajuan teknologi itu. sebab sebagian besar pendapatan mereka disumbang oleh telpon rumah. SWOT adalah singkatan yg diambil dari huruf depan kata Strength.

Apa arahan langkah yg harus diambil oleh si cowok SMA tadi saat memulai kegiatan pacaran? 1.Di kelas. akan digolongkan kemanakah? Kekuatan atau peluang? Ketika dia melihat bahwa klub band adalah sesuatu yg berasal dari luar dirinya. Hindari cari pacar di kelasnya. nonton.Tampang saya cukup lumayan. jika ada kesamaan mohon dimaafkan) Utk membantu membedakan apakah suatu hal digolongkan ke dalam kekuatan ataukah peluang bisa dilakukan dgn cara melihat asal dari suatu hal tsb.Cowok dari kelas lain banyak yg ngeceng ke kelas gue .dst (Contoh di atas hanyalah fiktif belaka.Punya banyak teman yg punya adik cewek cantik . otak juga gak bodo-bodo banget (3 besar di kelas) . kira-kira apa hasil dari analisa-nya. masih banyak murid cewek yg belum punya pacar Ancaman . Lebih rajin latihan Band dan cari kesempatan utk manggung sehingga lebih terkenal dan jadi rebutan cewek 4. he he he) 3. beli alat musik dan beli komik Kelemahan . Rajin gaul supaya berkurang mindernya (sekali lagi. rekomendasi ini juga fiktif belaka. Dgn kondisi SWOT seperti di atas.Selama ini punya cukup uang utk jajan... jika si cowok tsb ingat bahwa dia punya klub band.) . Kembali ke contoh di atas. maka ia segera menggolongkan keberadaan klub band sbg peluang (yg harus ia manfaatkan tentunya).Tidak percaya diri. masih ada minder terutama jika bertemu cewek yg agresif .Tidak punya kendaraan pribadi Peluang . mending cari adik cewek temannya (masih lebih gampang diboongin. Tabung uang yg ia miliki utk beli motor buat modal pacaran 2..

SWOT analysis bisa sangat-sangat subjective. Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar 5. Bayangkan jika si cowok di atas hanya berandai-andai bahwa ia punya cukup uang jajan. Kualitas produk atau proses y Kelemahan: 1. Lokasi tempat perusahaan berada 4. maka arahan utk menabung uang jajan buat beli motor pun jadi tidak berguna. Pasar yg berkembang 2. Utk memudahkan membedakan antara kekuatan dan kelemahan. Reputasi yg buruk y Peluang: 1. Hindari ´grey areas´. Kualitas produk yg jelek 5. Knowledge atau kepakaran yg dimiliki 2. Kelemahan yg disembunyikan atau kekuatan yg tidak terjabarkan akan membuat arahan strategi menjadi tidak bisa digunakan 3. Pasar internasional 5. Produk baru atau pelayanan yg unik 3. Kompetitor baru di area yg sama 2. Hindari kerumitan yg tidak perlu dan analisa yg berlebihan. hasil analisa SWOT hanya boleh digunakan sbg arahan dan bukan pemecahan masalah. Analisa harus didasarkan atas kondisi yg sedang terjadi dan bukan situasi yg seharusnya terjadi 4. Dgn demikian. Bisa saja terjadi 2 orang menganalisa 1 perusahaan yg sama menghasilkan SWOT yg berbeda. Diperkenalkannya pajak penjualan Perhatian: 1. Apakah perusahaan Anda lebih baik dari kompetitor atau tidak? 5. Persaingan harga dgn kompetitor 3. Kompetitor mengeluarkan produk baru yg inovatif 4.Hal penting yg harus diingat selama menggunakan analisa SWOT adalah semua yg dituliskan haruslah jujur dan berdasarkan fakta. Lokasi perusahaan yg terpencil 4. Kurangnya pengetahuan marketing 2. 2. Berikut ini dijelaskan tambahan hal-hal yg biasanya menjadi: y Kekuatan: 1. Pembuat analisa harus sangat-sangat realistis dalam menjabarkan kekuatan dan kelemahan internal. Segmen pasar yg baru 4. Pasar yg luang karena kompetitor yg tidak sanggup memenuhi permintaan customer y Ancaman: 1. Buatlah analisa SWOT sesingkat dan sesederhana mungkin . Produk yg tidak dapat dibedakan dgn produk kompetitor 3. Penggabungan 2-3 perusahaan atau aliansi 3. selalu hubungkan situasi yg dihadapi dgn persaingan yg sedang berjalan.

kelemahan. Dalam menganalisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif guna menjawab perumusan permasalahan mengenai apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang ada pada objek penelitian dan apa saja yang menjadi peluang dan ancaman dari luar yang harus dihadapinya. dan Tidak baik (1). peluang. dituangkan dalam digram Cartesius. .Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. nilai rata-rata masing-masing faktor positif dibandingkan dengan faktor negatif baik di lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. berupa Skala Likert Keunggulan dan Peluang Kemudian penelitian dilanjutkan dengan identifikasi variable-variabel yang merupakan kelemahan dan ancaman dari luar yang kemudian digunakan skala likert atas lima tingkat yang terdiri dari: Sangat berat (=5). Hal ini disebut dengan Analisis Situasi atau popular disebut Analisis SWOT. dan Tidak berat (=1). Kurang berat (=2). Cukup berat (=3). Cukup baik (3). Dalam penelitian dilakukan identifikasi variable-variabel yang merupakan kekuatan dan peluang yang kemudian digunakan skala likert atas lima tingkat yang terdiri dari: Sangat baik (5). Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan ( Strengths) dan peluang ( Opportunities). Kurang baik (2). berupa Peluang (opportunities) dan Ancaman (threats) dengan faktor internal. Baik (4). Selanjutnya. Perencanaan strategis (strategic planner) suatu perusahaan harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan. Berat (=4). namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). yang berupa Kekuatan (strengths) dan Kelemahan (weaknesses). Dan Hasil dari perhitungan tersebut. berupa Skala Likert Tantangan dan Ancaman Analisis SWOT ini adalah membandingkan antara faktor eksternal. dan ancaman) pada kondisi yang ada saat ini.

sesuai dengan posisi dari hasil perhitungannya. Sebelah Kanan bawah -> Strategi Diversifikasi. Analisis SWOT mempunyai diagram yang terdiri dari 4 kuadran. perusahaan menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal. Sebelah kanan atas -> Strategi Agresif (Growth). kesempatan (Opportunities). perusahaan masih memiliki kekuatan dari segi internal. yaitu: Sebelah kiri atas -> Startegi Rasionalisasi (Turne around). Kuadran 3 : perusahaan menghadapi peluang pasar yag sangat besar. kelemahan (Weakness).Dari diagram Cartesius tersebut. 2005:19). sehingga dapat merubah peluang pasar yang lebih baik. Sebelah kiri bawah -> Strategi Defensif. METODE ANALISIS SWOT Yang dimaksud dengan analisis SWOT adalah suatu cara menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal menjadi langkah-langkah strategi dalam pengoptimalan usaha yang lebih menguntungkan. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan peluang jangka panjang. dapat diketahui hasil analisis SWOT. <!--[if !vml]--> Keterangan kombinasi strategi dari Matrik SWOT adalah sebagai berikut: <!--[if !supportLists]-->1) <!--[endif]-->Strategi SO . Fokus strateginya adalah dengan meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan. Dengan begitu akan dapat ditentukan berbagai kemungkinan alternatif strategi yang dapat dijalankan (Freddy Rangkuti. Strategi yang dapat diterapkan adalah dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif Kuadran 2 : Meskipun menghadapi berbagai ancaman. dan yang menjadi ancaman (Treathment) sebuah organisasi. Organisasi memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Dalam analisis faktor-faktor internal dan eksternal akan ditentukan aspek-aspek yang menjadi kekuatan (Strengths). Kuadran 4 : merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan. tetapi di lain pihak. yaitu: Kuadran 1 : merupakan situasi yang sangat menguntungkan. ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal.

<!--[if !supportLists]-->2) <!--[endif]-->Strategi ST Yaitu strategi dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman. <!--[if !supportLists]-->3) <!--[endif]-->Strategi WO Strategi yang memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. <!--[endif]-->Melakukan pengklasifikasian data. <!--[endif]-->Dari hasil analisis kemudian diinterpretasikan dan dikembangkan menjadi keputusan pemilihan strategi yang memungkinkan untuk dilaksanakan. faktor apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan sebagai faktor internal organisasi. <!--[endif]-->Melakukan analisis SWOT yaitu membandingkan antara faktor eksternal Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) dengan faktor internal organisasi Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weakness). . peluang dan ancaman sebagai faktor eksternal organisasi. Pengklasifikasian ini akan menghasilkan tabel informasi SWOT. Dalam penelitian ini.Yaitu strategi dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. langkah-langkah analisis data dilakuka sebagai berikut: <!--[if !supportLists]-->a. <!--[if !supportLists]-->4) <!--[endif]-->Strategi WT Yaitu strategi yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. mulai dari data mentah yang ada sampai pada hasil penelitian yang dicapai. Langkah ± Langkah Analisis Data dalam analisis SWOT Langkah penelitian ini akan menerangkan bagaimana analisis dilakukan. <!--[if !supportLists]-->b. <!--[if !supportLists]-->c. Strategi yang dipilih biasanya hasil yang paling memungkinkan (paling positif) dengan resiko dan ancaman yang paling kecil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful