Cara Membuat Hyperlink Antar Slide

Tutorial tentang postingan ini membahas kajian tentang Cara Membuat Hyperlink Antar Slide yang biasa disebut sebagai hyperlink dalam satu file aplikasi PowerPoint. Namun, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat hyperlink antar file, silahkan Anda baca di sini. Hyperlink Antar Slide merupakan salah satu sistem yang sangat membantu seorang yang mendesain media presentasi. Apalagi kalau sistem hyperlink digunakan untuk merancang daftar isi (seperti daftar isi sebuah buku), maka hyperlink sangat berfungsi untuk membuat daftar isi tersebut. Bagaimana Cara Membuat Hyperlink Antar Slide, silahkan ikuti langkahlangkah berikut ini: 1. Misalkan Media Hyperlink Anda adalah gambar yang berisi teks yang berada pada slide 1 dan target hyperlink adalah ada pada slide 2, silahkan klik kanan pada garis terluar gambar tersebut 2. Muncul kotak dialog hasil klik kanan, silahkan pilih teks Hyperlink 3. Pada Kotak dialog Insert Hyperlink, silahkan pilih: • Plcae in This Document, artinya hyperlink diambil pada file yang sedang Anda kerjakan • Select a Place in This Document, artinya pilih salah satu slideyang Anda mau hyperlink (sesuaikan dengan hyperlink yang Anda maksud), perhatikan gambar di bawah ini!

Akhiri dengan klik Ok 5. Hyperlinkdalam satu file (Hyperlink jenis ini menghubungkan antar slide dalam satu file PowerPoint) Pada tulisan saya kali ini. namun untuk memanfaatkan sistem hyperlink maka diperlukan sebuah media (perantara) untuk menghubungkan ke file tersebut (silahkan baca di sinitentang media yang dapat digunakan sebagai media hyperlink) Misalkan media hyperlink yang ingin digunakan adalah teks "Rencana Program Pengajaran (RPP)" dan yang ingin di hyperlink-kan adalah file yang namanya RPP dalam bentuk word. Buka Microsoft Office PowerPoint .pada bagian Slide Preview. yaitu: 1. Selengkapnya tentang arti hyperlink di PowerPoint. silahkan baca di sini Dari definisi hyperlink pada PowerPoint di atas dapat dibuat sebuah kesimpulan bahwa hyperlink terdiri dari fungsi (sebagai penghubung). Berikut ini. saya akan menjelaskan cara membuat hyperlink pada file yang berbeda. Hyperlink antar file (dari file jenis PowerPoint ke file lain) 2. muncul slide yang ingin dijadikan sebagai hyperlink 4. Selesai Ikuti langkah-langkah di atas jika hyperlink Anda lebih dari satu. Bagi Tulisan Ini di FB Anda4 Diposkan oleh ishaq madeamin di 4/26/2010 Label: powerpoint • Hiperlink antar File di Powerpoint Hyperlink dengan kaitannya dengan aplikasi Microsoft Office PowerPoint. dengan syaratMedia Hyperlink dan target hyperlink berbeda. diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan kemudahan menghubungkan sebuah file yang berbeda atau menghubungkan banyak slideslide pada satu file PowerPoint sehingga tampil dengan cepat. yang memberikan kemudahan tanpa secara tradisional mencari file atau slide yang ingin dilihat tersebut. Silahkan tekan F5 untuk melihat hasilnya 6. langkah-langkah membuat hyperlink antar file tersebut di PowerPoint. artinya ketika Anda Slide show dan akan menampilkan file lain tanpa harus keluar dari slide yang sedang show. yaitu: 1.

karena link-nya pada file yang berbeda maka di pilih Link to: Existing File or Web Page 6. Masukan isi presentasi pada slide-slide presentasi Anda Misalkan pada slide 2 terdapat teks "Rencana Program Pengajaran (RPP)" yang ingin di hyperlink 3. Secara otomatis teks "Rencana Program Pengajaran berwarna biru dengan garis bawah sepanjang teks tersebut (RPP)" akan 10.com/2008/12/hiperlink-dipowerpoint. biarkan tetap seperti itu 7. Pada bagian Link to: Existing File or Web Page (biarkan tetap pada bagian tersebut) Link to. Silahkan cari file yang Anda ingin di hyperlink pada folder penyimpanan file Anda kemudian klik.html#ixzz0zaCGmPIF Under Creative Commons License: Attribution Action . Kemudian. kalau sesuai contoh di atas maka filenya adalah RPP 8.Mouse Over. maka file RPP dalam bentuk word akan muncul Read more: http://bugishq. akan uncul kotak dialog Insert Hyperlink 5. Pada bagian Look in: Current Folder. Jika sudah ditemukan filenya maka akhir dengan klik Ok 9. memiliki makna link ke file lain atau dalam file itu saja.2. klik kanan setelah diblok.blogspot. Hyperlink Tanpa Klik . Silakan blok teks "Rencana Program Pengajaran (RPP)" 4. Silahkan slide show untuk melihat hasil hyperlink antar file di PowerPoint dan klik teks yang telah di hyperlink.

pada gambar kotak tersebut tambahkan teks slide 5. pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana memberikan perintah Hyperlink hanya dengan mengarahkan kursor ke Media Hyperlink tersebut (baca Media Hyperlink sebagai penghubung). Untuk lebih mudahnya. pada beberapa tulisan tersebut. fasilitas ini dapat diilustrasikan seperti ini: kita sedang mempresentasikan sebuah materi di depan umum. Untuk memanfaatkan fasilitas Action . Hyperlink Tanpa Click . Buka PowerPoint. maka secara otomatis slide atau file yang telah dihubungkan tersebut akan ditampilkan.Ada beberapa tulisan saya tentang hyperlink. Tambahkan slide baru sampai 5 buah slide. Sedangkan. Hyperlink Tanpa Click. maka kita akan diarahkan ke slide yang telah diberi link. seperti gambar di bawah ini 3. hyperlink berfungsi jika Media Hyperlink seperti teks atau gambar di klik. Bagaimana caranya? Fasilitas ini dinamakan Action .Mouse Over.Mouse Over.Mouse Over yang terdapat di PowerPoint. pada slide 1 buatlah Media Hyperlink yang dapat berupa gambar kotak (bisa juga media berupa teks) 2. pada slide 5 tambahkan materi (teks atau gambar) agar lebih meyakinkan hasil Action . anggap saja kita slide show pada slide 1 dan kemudian kita ingin memperlihatkan materi yang terdapat di slide 5 maka hanya dengan mengarahkan mouse ke media hyperlink (penghubung antara slide 1 dengan slide 5) maka secara cepat slide 5 ditampilkan. ikuti langkah-langkah berikut ini: 1.

silahkan klik Slide 5 dan klik Ok ○ Pada kotak dialog Action Setting. akhiri dengan klik Ok 5. aktifkan gambar kotak 'slide 5' lalu mulailah memasang Hyperlink Tanpa Click.4.Mouse Over. maka teks juga . lalu akan dimunculkan semua halaman slide pada kotak dialog Hyperlink to Slide. Hyperlink Tanpa Click merupakan fasilitas hyperlink yang sensitif karena hanya dengan mengarahkan kursor pada teks atau gambar yang diberi perintah hyperlink maka link akan ditampilkan. maka akan muncul kotak dialog Action Setting Klik Mouse Over Klik lagi lingkaran kecil Hyperlink to: ○ Pilih Slide pada Hyperlink to:. Selain dengan menggunakan gambar sebagai media hyperlink. dengan cara sebagai berikut: ○ ○ ○ ○ Gambar kotak aktif. Selesai Catatan: Fasilitas Action . Kembali ke slide 1. pilih Insert klik Action.Mouse Over. Hyperlink Tanpa Click. sehingga sangat merepotkan jika dalam satu slide tertentu fasilitas ini banyak dipenuhi Action .

blogspot.html#ixzz0zaCPaHjk Under Creative Commons License: Attribution Membuat Tombol Play di PowerPoint Suatu waktu saat presentasi di depan peserta suatu kegiatan. Pertanyaan ini timbul berdasarkan presentasi saya menggunakan sebuah Tombol Play yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah animasi. terus peserta lanjut bertanya bagaimana cara membuat Tombol Play-nya? Sebelum menjawab pertanyaan di atas. . menghilangkan gambar atau menjalankan animasi. tombol ini sangat berbeda dengan system hyperlink (baca postingan membuat hyperlink). bahwa yang dimaksud dengan Tombol Play adalah sebuah tombol navigasi yang mengeksekusi suatu perintah sehingga perintah tersebut berjalan sesuai dengan perintah yang telah diberikan. seseorang peserta mempertanyakan apakah presentasi saya dibuat PowerPoint atau macromedia flash? Saya jawab dibuat di PowerPoint versi 2007 tapi versi yang lain bisa juga. Hyperlink adalah menghubungkan dari satu slide ke slide yang lain (dalam satu file) atau menghubungkan file ke file lainnya.com/2010/07/action-mouse-overhyperlink-tanpa-click. maka terlebih dahulu penulis menjelaskan. Semoga tulisan ini bermanfaat. logikanya Anda menekan Tombol Play maka secara otomatis akan berjalan sebuah perintah (animasi) Tombol navigasi atau Tombol Play (apapun namanya) yang jelas tombol ini berguna untuk memunculkan 1 (satu) gambar. sedangkan pada system Tombol Play (dalam system PowerPoint disebut sebagai trigger) adalah mengeksekusi suatu perintah dalam 1 (satu) halaman slide di PowerPoint. Read more: http://bugishq.dapat digunakan sebagai media hyperlink dimana teks tersebut akan memberikan tanda sebagai media hyperlink dengan tanda teks berwarna biru dan bergaris bawah.

Pada kotak dialog Wipe. kemudian klik 9.Shapes . Anda dapat memberikan rentang waktu (delay) antar efek animasi. walaupun telat tapi masih lebih baik daripada sama sekali tidak terucap. lingkaran. yaitu: 1.Isosceles Triangle (segitiga samakaki) lalu rotasi menghadap ke kanan. Gambar Tombol Play bisa juga dalam bentuk segiempat. misalkan efek animasi yang Anda berikan: Entrance .html#ixzz0zaCWRTo4 Under Creative Commons License: Attribution Merancang Soal PG Interaktif Marhaban ya ramadhan.blogspot.Berikut ini cara membuat Tombol Play di PowerPoint. cukup 1 (satu) Tombol Play untuk 2 (dua) atau lebih efek animasi. dengan cara: Insert .Wipe dengan arah dari kiri ke kanan 2. Bulan puasa membuat saya kurang bersemangat untuk online banyak hal yang jadi penyebab tapi tentunya mendekatkan diri sama . Aturlah posisinya (gambar Tombol diberi Tombol Play Play) di atas teks yang ingin 4. Silahkan cari nama gambar Isosceles_Triangle_(angka). dll 3. Silahkan lihat hasilnya dengan menekan F5 dan tekan Tombol Play yang diwakili gambar Isosceles Triangle(segitiga samakaki) Bagaimana jika efek animasi lebih dari dua? apakah juga dibuatkan Tombol Play? Jawabannya tidak perlu. klik Triggers 7. silahkan pilih Timing(muncul kotak dialog Wipe 'efek animasi') 6. Read more: http://bugishq. Akhir dengan mengklik Ok 10. Pada kotak dialog. Klik kanan pada hasil efek animasi (animasi Wide) yang terletak di sebelah kanan layar komputer Anda (akan muncul kotak dialog) 5. Selain itu. Buatlah gambar Tombol Play. Berikan efek animasi pada teks presentasi Anda (bisa gambar ataupun video). Klik lagi Start effeck on click of 8.com/2010/04/membuat-tombol-play-dipowerpoint. Efek animasi yang kedua dan seterusnya di simpan di bawah efek animasi pertama (yang telah diberikan Tombol Play) lalu ubah efek animasi (ke-2 dst) dengan Start after previous.

Setelah lama ga online. dan C adalah jawaban yang salah dan jawaban D adalah jawaban yang benar. Tuliskan soal dengan fasilitas kotak teks 2.yang kuasa jadi salah satu yang dominan. Silahkan cari kotak teks jawaban A. Tuliskan teks "Jawaban salah" dengan menggunakan kotak teks (aturlah posisi di bawah pilihan jawaban A. B. misalkan jawaban A. Muncul kotak dialog. C. B. Perhatikan pada kotak dialog efek animasi di situ terdapat 4 efek animasi entrance-appear 7.. ingat bahwa soal pilihan ganda hanya ada satu jawaban yang benar) 5. B. yang bertanya tentang bagaimana membuat soal pilihan ganda pada PowerPoint jika diklik jawaban yang salah maka muncul kalimat "Jawaban Anda Salah" dan jika klik jawaban yang benar muncul teks "Jawaban Anda Benar". (saya misalkan saja) 6.. C. Tuliskan jawaban (A. silahkan simak langkah-langkah berikut ini: 1. B. Prinsip utama jawaban atas pertanyaan di atas ada 2. Berikan efek animasi kotak teks "Jawaban salah" dengan animasi masuk (entrance) dan pilih appear (buatlah efek animasi entranceappear sebanyak 3. banyak juga komentar dan salah satunya dari pak IG (sengaja saya inisialkan) yang masih sempat memperhatikan tulisan-tulisan di blog on Media Physics. silahkan pilih "Timing" 8. . yaitu : (1) Animasi (2) Tombol Trigger Untuk lebih jelasnya. dan D) masing-masing menggunakan kotak teks. (A adalah jawaban yang salah) dan akhiri dengan klik Ok . silahkan klik trigger dan klik lingkaran ke dua "Start effect on click of" 9. dan D) 4. sekarang lanjutkan dengan memberikan fungsi tombol (trigger). tentunya Anda sudah mengetahui jawabanjawaban yang salah (A. dan C) dan benar adalah D. 3. Pilihlah efek animasi teks "Jawaban salah" yang pertama lalu klik tanda panah samping lalu muncul pilihan. Tulikan teks "Jawaban benar" dengan menggunakan kotak teks lalu berikan efek animasi entrance-appear (cukup satu saja) Memberikan efek animasi sudah.

B. silahkan uji coba dulu dengan menekan F5 dan silahkan klik jawaban-jawabannya dan perhatikan apakah teks "Jawaban salah" muncul jika diklik jawaban yang salah atau muncul teks "Jawaban benar" jika diklik jawaban yang benar. Selesai Catatan: • Efek animasi Entrance memberikan efek masuk sesuai fungsi trigger • Efek animasi Exit keluar sesuai perintah • Susunan efek animasi pada fungsi trigger berjalan sistematis • Efek animasi exit (with previous) pada posisi teratas bertujuan tidak menampilkan teguran jawaban Read more: http://bugishq. dan akhir klik Ok. Ubahlah semua efek animasi star dengan With Previous 5. Tambahkan efek animasi dari kotak teks "Jawaban benar" dengan efek Exit-Disapper sebanyak 3 kali. untuk menghilangkan teguran "Jawaban salah" jika sudah menemukan yang benar sehingga hanya teguran "Jawaban benar" yang tampil. untuk membuatkan tombol trigger lakukan hal yang sama (langkah 7-9) dengan memilih tombol jawaban D. Pilihlah kotak teks "Jawaban salah" lalu berikan efek animasi Exit- Disapper dan tempatkan efek animasi ini pada trigger "Jawaban benar" posisinya di atas efek animasi dari teks "Jawaban benar" 2. Tambahkan efek animasi Exit-Disapper dari teks "Jawaban salah" dan "Jawaban benar" dan posisinya jangan digeser 4. . sebaiknya ditambahkan efek animasi keluar (Exit-Disapper) dengan cara berikut ini: 1. Masalahnya. posisinya di atas masing-masing efek animasi Entrance-Appear. dan C).10.. semua teguran jawaban muncul sehingga membingungkan mana jawaban yang benar atau salah.html#ixzz0zaY9cR00 Under Creative Commons License: Attribution ..blogspot.com/2009/09/merancang-soal-pginteraktif. 3. 12. Tersisa 1 efek animasi entrance-appear dari teks "Jawaban benar". lalu bagi-bagi efek animai ini pada tombol trigger Jawaban yang salah (A. Selesai.Ulangi langkah 7-9 untuk membuat tombol trigger pada jawaban B dan C dengan efek animasi "Jawaban salah" sehingga muncul 3 pilihan tombol "Jawaban salah" 11.

jika file tersebut meminta password berarti kata kunci untuk file Anda sudah berhasil. Selesai. Buka halaman kerja Powerpoint 2007 atau file lama Anda yang disimpan dalam format PPs 2. Untuk memastikan file Anda sudah ter-password. agar tidak mudah diobrakabrik oleh orang lain. lalu Ok 6. mulai dari menyembunyikan file-file desain presentasinya sampai memberikan kata kunci untuk setiap filenya. Silahkan klik Prepare 4. Kemudian akan muncul kotak dialog Encrypt Document. Klik pilihan Encrypt Document 5. silahkan Anda simpan file Anda dan akhiri dengan Close 8. silahkan Anda masukkan"Reenter Password" pasword kedua (sama dengan paswoord pertama) 7. Semoga Background Foto Bertaburan . meminta Anda memasukkan pasword (kata kunci) pertama. Bagimana memberikan kata kunci setiap file powerpoint Anda? 1. Masih di kotak dialog Encrypt Document. Lanjutkan dengan klik Office Button yang terletak pada sudut kiri atas 3.Memberikan Pasword untuk Document Powerpoint 2007 Ada banyak cara bagi setiap orang untuk mengamankan file powerpointnya. silahkan Anda buka lagi.

contoh: foto alya-ok pada gambar atas) . supaya tidak menganggu dan memudarkan warna teks materi yang bisa mengakibatkan tulisan tidak terbaca. Langkah ketiga akan muncul kotak dialog Format Background. pulang ke kampung bersua bersama keluarga kecil dan ngikutin pemilu dan aktivitas lain yang sangat jauh dari blogging akhirnya hari ini tanggal 13 April 2008 menyempatkan membuka blog on Physics dan ternyata udah banyak komentar pengunjung dan beberapa lagi masuk ke kontak kami yang salah satunya mempertanyakan bagaimana caranya foto dijadikan background pada powerpoint 2007? dengan foto ukuran kecil dan bertaburan sehingga memenuhi halaman kerja dari powerpoint. Berikut cara memasukkan foto bertaburan pada Powerpoint 2007: 1. silahkan klik Fill 3. Lalu lanjutkan klik pada lingkaran ke-3 Picture or Texture Fill 4. Jika Anda ingin menjadikan foto sebagai background. alangkah baiknya foto yang ingin dijadikan background sebaiknya memiliki perpaduan warna yang minim. Buka Microsoft Office Powerpoint 2007 Pada halaman kerja Powerpoint. maka klik File yang akan membawa Anda ke tempat penyimpanan foto Anda (silahkan cari foto Anda lalu klik Insert setelah sebelumnya memilih fotonya.Setelah istirahat kurang lebih 13 hari dari dunia blog alias ga online karena sesuatu hal. klik kanan lalu pilih pada bagian bawah Format Background 2. Sebagai langkah awal bagaimana caranya menjadikan foto menjadi background pada Powerpoint 2007.

.Brightness . penguatan yang dimaksud adalah suatu proses yang diberikan oleh guru kepada siswa. Klik Apply to All untuk semua slide lalu akhiri dengan mengklik Close 7. tanda centang ini menjadikan 1 foto menjadi banyak (bertaburan) yang memenuhi background Powerpoint Anda) 6. Kalau hal ini terjadi alangkah beratnya seorang guru yang harus bolak-balik menjalankan presentasi kemudian mendekati siswa lagi. banyak cara yang bisa dilakukan seperti memberikan semangat dengan ungkapan atau kata-kata positif atau mendekati siswa lalu menepuk-nepuk pundak siswa. maka akan muncul foto yang bertaburan seperti pada gambar di samping Jika Anda merasa kurang puas dengan warna (terang dan kontras warnanya) maka Anda dapat mengedit background tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih kembali Format Background lalu klik Picture (untuk mengedit warnanya) silahkan pilih 3 pilihan edit: Recolor .Contrast lalu akhir klik Apply to All (simpan untuk semua halaman slide) lalu klik Close. Silahkan lihat hasilnya dengan menekan F5. 5. Apakah bisa? Memberikan penguatan sambil memberikan motivasi kepada siswanya atau pulang balik antara mendekati siswa lalu kembali lagi ke media presentasi yang mau dijalankan. Presentasi Berjalan Otomatis Dalam dunia pendidikan khususnya pada proses belajar mengajar di kelas ada yang namanya proses penguatan yang bertujuan memberikan motivasi dll kepada siswa.Beri tanda centang pada kotak kecilTile Picture as Texture di bagian bawan File. Lalu bagaimana jadinya kalau seorang guru yang menggunakan sebuah media pembelajaran berbasis presentasi dengan aplikasi powerpoint.

lalu kembali lagi ke halaman kerja powerpoint ditambah dengan waktu yang Anda berikan pada animasi teks atau gambar. maka dibutuhkan waktu 10 menit untuk aktif atau slide show. dimana seorang guru hanya tinggal menjelaskan materi pelajaran sambil memberikan motivasi kepada siswa yang ada disekitarnya dan media presentasi tetap jalan secara otomatis. misalnya Anda membutuhkan waktu 2 menit tiap slide. Selamat mempraktekkan!!! Menggabungkan 2 buah Background . 3. Anda dapat juga menggunakan mouse yang berfungsi sebagai remote control. Ikuti langkah-langkah berikut: 1. maka animasi tersebut akan berjalan otomatis bukan lagi di klik baru akan berjalan walaupun Anda memberikan perintah pada animasi tersebut On Click. Buka file media presentasi powerpoint 2007 Anda 2. jika Anda mempunyai file yang memiliki slide sebanyak 5 halaman.Pada tutorial kali ini saya akan memberikan tips untuk mengurangi beban seorang guru atau pemateri untuk tidak susah menghadapi permasalahanpermasalahan di atas. klik ini bertujuan untuk memberlakukan bahwa waktu slide aktif akan berpindah ke halaman slide selanjutnya adalah sekitar 2 menit dan berlaku untuk semua slide (cukup waktu menjelaskan materi dan mendekati siswa). Hitunglah waktu yang Anda butuhkan untuk menjelaskan materi pada media presentasi Anda. 3. 1) Beri tanda centang pada kotak Automatically After di Advance Slide(Gambar bag. Akhiri dengan mengklik Apply to All. 2) lalu berikan waktu pada tiap slide (Gambar bag. Selain tips di atas. Lanjutkan dengan mengklik Animation pada Toolbar (Gambar bag. Catatan: Bila Ada animasi pada pada slide Anda. Jadi total waktu semuanya lebih dari 10 menit. waktu = 2 menit) 4. Artinya.

Klik File di bagian bawah. Catatan : Ada beberapa Desain background standar dari Powerpoint 2007 akan menutupi secara keseluruhan background buatan Anda. Jika Anda sudah menemukan background standar dari Powerpoint 2007yang bagus. silahkan klik kanan lalu pilih Format Background 7. Bagaimana membuat background sendiri melalui Photoshop silahkan Anda bacadi sini. sehingga tidak nampak. Langkah selanjutnya adalah memilih background standar dari Powerpoint 2007.Tips dan Trik kali ini. Bagaimana caranya. Secara langsung background pilihan Anda terpreview di background Powerpoint. dengan cara pada Toolbar klik Design 3. saya akan menjelaskan bagaimana memadukan background yang didesain sendiri lalu menggabungkan dengan desain background standar dari Powerpoint 2007. Silahkan cari file gambar Anda lalu klik Insert pada kotak dialog bagian bawah 11. Tetapi jika gambar tersebut untuk semua halaman slide. Kemudian akan muncul kotak dialog Format Background 8. . Pada halaman kerja Powerpoint 2007. jika background Anda gunakan hanya untuk satu slide silahkan klik Close pada kota dialog Format Background 12. silahkan lanjutkan trik berikutnya 6. maka silahkan klik Apply to All lalu klik Close pada kotak dialog Format Background 13. selesai. denfan format JPG) di program aplikasi Photoshop atau aplikasi gambar yang lain. Silahkan lihat hasilnya.Picture or Texture Fill 9. lalu lihat perubahan yang terjadi pada halaman kerja Powerpoint 2007 5. Buka halaman kerja Powerpoint 2007 Anda 2. Silahkan pilih salah satu dari desain standar tersebut. ikuti langkah-langkah berikut ini: 1. Muncul bebera hasil desain background standar dari Powerpoint 4. Syarat untuk mengikuti trik ini adalah Anda sudah memiliki gambar atau background yang telah Anda buat (ukuran lebar 2000 x tinggi 1500 pixel. Pada kotak dialog Format Background silahkan pilih Fill . yang akan membawa Anda ke kotak dialogInsert Picture (tempat penyimpanan file gambar atau background Anda) 10.

silahkan sorot dulu contoh desain background dari powerpoint 2007 lalu lihat perubahan yang terjadi sebelum Anda klik. 2. Kamis. tentunya hal kecil tersebut sangat mengganggu karena kita tidak pernah memasangnya. Hal ini merupakan setting standar dari Microsoft Office Powerpoint.Cut. Editing options. Kemudian muncul kotak dialog Powerpoint Options perhatikan gambar di bawah ini: Pada bagian gambar di atas. Silahkan arahkan perhatian di bagian Silde show dan hilangkan tandacontreng di bagian 4 yaitu End with black slide 6. Silahkan klik lagi Advanced. 5. Menghilangkan End Show di Akhir Presentasi Kadang di akhir presentasi kita muncul slide terakhir berwarna hitam dengan tulisan di bagian atas end show. Copy and paste. hanya terlihat 1 pilihan dari 5 pilihan yang ada. 3. Print) 5. Lanjutkan dengan mengklik Powerpoint Options di bagian bawah. maka akan muncul Advenced options for working with Powerpoint. Kalau Anda ingin menghilangkan hal tersebut cukup Anda ikuti trik di bawah ini: 1. 4. Februari 05.Cara efektifnya. Display. Langkah pertama silahkan klik Office Button. Slide show. 4. 2. 2009 Membuat Daftar Isi Munculan bagian 2 . Selesai dan silahkan anda tekan F5 dan lihat hasilnya. 3. Akhiri dengan klik Ok 7. akan muncul 5 pilihan (1.

dan 4) yang lain tidak muncul (bagian dari B dan C). maka bagian dari A dan B tidak muncul. tapi bagi Anda yang baru mengikuti tutorial ini bagian 2 silahkan Anda baca dulu bagian 1. . saya baru sadar bahwa kalau bagian 1 ada tentunya ada bagian selanjutnya yang seharusnya diterbitkan secepatnya. Setelah animasinya jadi. maka muncul bagian-bagian dari B (1 dan 2) sedangkan bagian dari A dan C tidak muncul. Anda modifikasi efeknya. B. dan C. Tinjauan Pustaka. Metode Penelitian. ingat jangan geser posisinya (semuanya) 1. ternyata pada postingan terakhir dengan judul Membuat Daftar Isi Munculan bagian 1. kemudian klik bagian B. begitu pula ketika Anda klik C. Perbedaan inilah yang akan saya jelaskan pada bagian 2. Pendahuluan maka akan muncul bagian-bagian dari A (1. 2. Silahkan baca solusinya di bawah ini : Drag semua point-point dari A.Setelah lebih dari satu minggu tidak on-line baru hari ini (05 February 2009) menyempatkan membuka lagi blog on Physics. jumlah dari pointpointnya sebanyak 8 point kemudian berikan efek animasi Exit pilih Disapper(supaya ketika slide show semua point dari A. Kalau Anda ikuti tutorialnya maka hasilnya berbeda dengan contoh yang Anda download. Apa bagian 2-nya? Kalau Anda sudah mendownload contohnya (belum? download) dan membandingkan dengan hasil buatan Anda ada perbedaan yang nampak. dan C tidak tampil) 2. yaitu start efek menjadi With Previous. Pada contoh ketika kita klik A. 3. B.

sambil membandingkan dengan buatan Anda. Sukses? Mudah-mudahan dapat sesuai dengan contoh yang Anda download. Lakukan hal yang sama untuk bagian C.Disapper. . tapi kalau belum silahkan Anda pelajari apa yang telah Anda download. Kemudian Anda berikan efek animasi Exit .disapper) tersebut paling atas (lihat gambar di atas. Metode Penelitian. start efek : With Previous dan akhiri dengan memidahkan posisi hasil efek animasi tersebut di bawah trigger bagian C. Metode Penelitian 9.Disapper dan start efek : With Previous lalu pindahkan posisinya di bawah trigger bagian B. bintang merah) 5. 3.Kemudian Drag lagi point-point dari B dan C (4 point) lalu berikan efek animasi Exit . yaitu drag point-point dari bagian A dan B 8. B. lalu Klik di antara bagian A. Lalu lanjut drag point-point dari bagian A dan C 6. Pindahkan hasil efek animasi tersebut di bawah efek animasi triggerbagian A. Tinjauan Pustaka (posisinya di atas) 7. Pendahuluan dengan posisi ke 4 point efek animasi (exit . Silahkan Anda F5. dan C 10. Silahkan anda berikan efek animasi Exit .Disapper dengan start efek With Previous (4 point) 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful