PROGRAM TAHUNAN PELAYANAN KONSELING

Sekolah/madrasah Kelas

: MAN 2 MODEL PEKANBARU :X

Tahun Ajaran Konselor

: 2010/2011 : Mahasiswa PLKP-S

NO 1 1.

KEGIATAN 2 Layanan Orientasi Pribadi 3 1. Ekstrakurikuler di sekolah 2. Hak dan kewajiban sebagai siswa/siswi MAN 2 Model Sosial 4 Orientasi dengan teman sekelas Mengenal personal Sekolah Etika dan tata karama pergaulan di sekolah Perbedaan individual,pem ahaman terhadap orang lain. Hubungan antar remaja

1.

1. 2. 3. 4.

2.

3.

MATERI PENGEMBANGAN Belajar Karir 5 6 Lembaga Bimbel 1. Dunia Usaha Fasilitas Belajar Mandiri di sekolah 2. Dunia Pekerjaan Visi dan misi Sekolah Orentasi penjurusan di SMA

K. Beragama 7 1. Pengenalan tempat ibaah

K. Berkeluarga 8 1. Pengenala n anggota keluarga beserta perannya.

2.

Layanan Informasi

1. Karakteristik pribadi,Pema haman diri 2. Tata tertib sekolah 3. Tugas-tugas perkembang an, tahaptahap perkembang an. 4. Kecerdasan, minat, bakat

1.

2.

1. Penjelasan peranan BK dalam KTSP MAN 2 Model. 2. Informasi awal tentang pengenalan perguruan tinggi 3. Motivasi sebagai dasar prestasi. 4. Peran IQ, EQ, AQ dan SQ dalam Belajar.

1. Hubungan bakat, minat, pekerjaan dan pendidikan. 2. Informasi karir/pekerjaan/ pendidikan

1. Informasi tentang agama dan Perannya.

1. Informasi tentang keluarga dan pembentuka nnya.

bermusyawarah. 4. Tips memancing kreatifitas 1. 1. 2. Layanan Penempata n dan Penyaluran Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan pribadi Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan sosial. Masalah mudi (pacaran) menyontek 2. Siap terhadap guru dan mata pelajaran. trimakasih. Hubungan muda1. Muhasabah. 2. free sex. minat dan kegemarannya kearah karir tertentu. Sikap terhadap narkoba. Mengambil keputusan 5. sebagai anggota 2. Keterapilan berbicara dan mendengarkan. 1. an masjid.3. Masadepan kita. Meningkatkan kepercayaan diri Nilai-nilai kehidupan di masyarakat 2. Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan belajar Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan karir Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan dalam kehidupan beragama. Memperkuat 1. Memanfaatkan dimasyarakat. 2.pelecehan sexual. Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan kehdupan berkeluarga 1. 3. Masalah pribadi dalam kemampuan. fasilitas belajar. Membaca efektif dan efisien. Toleransi 1. Kemampuan berdiskusi. Kebiasaan seharihari Masalah pribadi dalam kehidupan sosial 6. Hak-hak dan antar umat kewajiban beragama. kegiatan dan hasil belajar. Memakmurk keluarga. 2. 1. minta maaf. 3. Peristiwa yang dalam ujian. Menyalurkan bakat. terjadi 2. Bertanya dan menjawab didalam kelas. 2. Layanan Penguasaa n Konten 1. Membiasakan salam. Membangun kasih sayang dalam keluarga. . Masalah pribadi Masalah pribadi dalam kehidupan dalam beragama kehidupan berkeluarga. Mengembangk kegiatan kemampuan keagamaan. lowongan pekerjaan. sebagai anggota keluarga serta bagaimana cara memperlakuka n keluarga. Hidup adalah perjuangan. memenuhi hak dan kewajiban 2. 2. Masalah pribadi dalam kemampuan karir 1. 1. masalah pengangguran. Layanan Konseling Individu Layanan Bimbingan Kelompok Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi 1.

Layanan Konseling Kelompok Layanan Konsultasi Layanan Mediasi Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi Masalah pribadi dalam kehidupan sosial Masalah pribadi dalam kemampuan kegitan belajar Masalah pribadi dalam pengembangn karir Masalah pribadi dalam kehidupan beragama Masalah pribadi dalam kehidupan berkeluarga --- 8. Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah belajar siswa Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah karir siswa Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah peserta didik didalam kehidpan beragamanya Instrument tes dan non tes untuk mengungkapka n kondisi dan masalah peserta didik dalam menjalani kehid pan berkeluarga.7. --- --- --- 9. kondisi serta lingkungan peserta didik. Himpunan data 12. Kunjungan Rumah Pertemuan dengan orang tua peserta Pertemuan dengan orang tua peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta Pertemuan dengan orang tua peserta . Pembahasan kasuskasus masalah sosial tertentu yang dialami peserta didik Data kemampuan. Pembahasan kasuskasus pribadi tertentu yang dialami peserta didik Data perkembangan kondisi hubungan sosial peserta didik. Konferensi Kasus Data perkembangan diri. --- --Upay mendamaikan pihak tertentu yang berselisih (sesuai kebutuhan) Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah sosial peserta didik. Data kemampuan kegitan dan hasil arah dan potensi belajar karir Pembahasan kasuskasus masalah belajar tertentu yang dialami peserta didik Pembahasan kasuskasus masalah karir tertentu yang dialami peserta didik Pembahasan kasuskasus tertentu berhubungan dengan masalah keagamaan yang dialami peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta Pembahasan kasus-kasus tertentu berhubungan dengan masalah keluarga yang dialami peserta didik Pertemuan dengan orang 13. Aplikasi Instrument asi Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah pribadi peserta didik. --- --- --- --- --- 10. 11.

Tampilan Kepustaka an Pemanfaatan berbagai media yang menunjang perkembangan dan kehidupan pribadi peserta didik Pemanfaatan berbagai media yang menunjang perkembangan dan kehidupan sosial peserta didik Pemanfaatan berbagai media yang menunjang kemampuan peserta didik dalam belajar 15. Pemanfaatan Pemanfaatan Pemanfaatan berbagai media yang berbagai media yang berbagai media berkaitan dengan berkaitan dengan yang berkaitan arah dan tujuan arah dan tujuan dengan arah karir peserta didik.didik berkenaan dengan masalah pribadi yang dialami oleh peserta didik berkenaan dengan masalah sosial tertentu yang dialami oleh peserta didik didik berkenaan dengan masalah belajar yang dialami oleh peserta didik didik berkenaan dengan masalah karir yang dialami oleh peserta didik 14.. Oktober 2010 Mahasiswa PLKP-S didik berkenaan dengan masalah yang dialami oleh siswa dalam menjalani kehidupan beragamanya. Psi. S. Yazid . dalam kehidupan dan tujuan beragama dalam kehidupan berkeluarga Pendalaman Pendalaman Pendalaman masalah karir masalah kehidupan masalah beragama kehidupan bermasyarakat Pekanbaru. 19791112 200710 1 002 M. Mengetahui Guru Pamong PLKP-S MAN 2 Model Perkanbaru Dermawan. Alih Tangan Kasus Pendalaman masalah pribadi Pendalaman masalah social Pendalaman masalah belajar tua peserta didik berkenaan dengan masalah yang dialami oleh peserta didik dalam tugasnya hidup dalam lingkunan keluarga. CH NIP.

Mengenal personal sekolah Sekolah 2. Perbedaan individual. Visi dan misi Sekolah 3. Informasi bakat. 2 Layanan Informasi 1.pemah aman terhadap orang lain. --- . Hak dan kewajiban siswa 3. Berkeluarga 8 1. 2. pendidikan. Informasi awal tentang pengenala n perguruan tinggi K. Penjelasan peranan BK dalam KTSP MAN 2 Model. Fasilitas 1. Orientasi dengan 1. Beragama 7 1. Pengenalan anggota keluarga dan peranannya . Tata tertib sekolah 2. Orentasi penjurusa n di SMA 1.PROGRAM SEMESTER 1 PELAYANAN KONSELING SEKOLAH/MADRASAH KELAS : MAN 2 Model Pekanbaru :X Tahun Ajaran Konselor : 2010/2011 : Mahasiswa PLKP-S2 NO 1 1 KEGIATAN 2 Layanan Orientasi Materi Bidang Pengembangan Pribadi Sosial Belajar Karir 3 4 5 6 Hak dan kewajiban sebagai 1. tentang pekerjaan agama dan dan Perannya. 1. Pengenalan tempat ibaah K.Dunia Usaha siswa/siswi MAN 2 Model teman sekelas Belajar di Mandiri 2. minat. Pemahaman diri 1. Hubungan 2.

kelas. belajar. Memperkuat dan mendengarkan. Memakmur kan masjid. 7 Layanan Konseling Kelompok 1. Siap terhadap guru dan mata pelajaran. Keterampil 1. Memanfaatk 1. Masalah pribadi dalam kehidupan beragama Masalah pribadi dalam kehidupan berkeluarga . 1. Keterapilan berbicara 1. Meningkatkan kepercayaan diri Nilai-nilai kehidupan di masyarakat 1. Membiasakan salam.3 Layanan Penempatan dan Penyaluran --- 4 Layanan Penguasaan Ko nten 1. didalam tertentu. Sikap terhadap narkoba. Peristiwa yang 1. --- 1. Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi Masalah Masalah pribadi pribadi dalam dalam kemampuan kemampuan. Masalah pribadi 1. free sex. 2. Masalah pribadi dalam kehidupan berkeluarga (sesuai kebutuhan) 5 Layanan Konselling Indivdui Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan sosial (sesuai kebutuhan) 6 Layanan Bimbingan Kelompok 1. dan kegemarannya keagamaan. Masalah Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi dalam dalam pengembangn sosial kemampuan karir kegitan Masalah pribadi dalam kehidupan beragama (sesuai kebutuhan) 1. karir (sesuai kegiatan dan kebutuhan) hasil belajar. minat dan kegiatan 2.Mengembangk kemampuan memenuhi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga serta bagaimana cara memperlakuka n keluarga. an Bertanya bakat. (sesuai kebutuhan) 1. trimakasih. Menyalurkan 1.pelecehan sexual. minta menjawab kearah karir maaf. Peraturan tempat --duduk di ----kelas sesuai keadaan peserta didik 1. an fasilitas perjuangan. Hidup adalah terjadi dimasyarakat.

--Instrument tes dan non tes untuk mengungkapk an kondisi dan masalah belajar siswa --Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah karir siswa --Instrument tes dan non tes untuk mengungkapka n kondisi dan masalah peserta didik didalam kehidpan beragamanya --- 10. kegitan dan hasil belajar Pembahasan kasus-kasus Pembahasan masalah sosial tertentu kasus-kasus yang dialami peserta masalah didik belajar tertentu yang dialami peserta didik Data arah karir kemampuan dan potensi Pembahasan kasuskasus masalah karir tertentu yang dialami peserta didik 13. kondisi serta lingkungan peserta didik. Layanan Konsultasi Layanan Mediasi Aplikasi Instrumenta si ----Upay mendamaikan pihak tertentu yang berselisih (sesuai kebutuhan) Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah sosial peserta didik. Kunjungan Kerumah Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah pribadi yang dialami oleh peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah sosial tertentu yang dialami oleh peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah karir yang dialami oleh peserta didik Pembahasan kasus-kasus tertentu berhubungan dengan masalah keagamaan yang dialami peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah yang Pembahasan kasus-kasus tertentu berhubungan dengan masalah keluarga yang dialami peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan . 11. --Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah pribadi peserta didik. peserta didik. Himpunan Data 12. Konferensi Kasus Data perkembangan diri. --------- 9. Pembahasan kasuskasus pribadi tertentu yang dialami peserta didik Data perkembangan Data kondisi hubungan sosial kemampuan.belajar 8.

Oktober 2010 Mahasiswa PLKP-S Dermawan. Yazid . Pemanfaatan berbagai media yang berkaitan dengan arah dan tujuan dalam kehidupan beragama Pendalaman masalah kehidupan beragama 15.masalah belajar yang dialami oleh peserta didik dialami oleh siswa dalam menjalani kehidupan beragamanya. 19791112 200710 1 002 M. 14. S. Alih Tangan Kasus Pendalaman masalah pribadi Pendalaman masalah sosial Pendalaman masalah belajar Pendalaman masalah karir masalah yang dialami oleh peserta didik dalam tugasnya hidup dalam lingkunan keluarga. Psi. Tampilan Pemanfaatan berbagai Kepustakaan media yang menunjang perkembangan dan kehidupan pribadi peserta didik Pemanfaatan berbagai media yang menunjang perkembangan dan kehidupan sosial peserta didik Pemanfaatan berbagai media yang menunjang kemampuan peserta didik dalam belajar Pemanfaatan berbagai media yang berkaitan dengan arah dan tujuan karir peserta didik.. CH NIP. Pemanfaatan berbagai media yang berkaitan dengan arah dan tujuan dalam kehidupan berkeluarga Pendalaman masalah kehidupan bermasyaraka t Mengetahui Guru Pamong PLKP-S MAN 2 Model Perkanbaru Pekanbaru.

Penjurusan 1. 3 4 Layanan Penempatan dan Penyaluran Layanan Penguasaan Ko nten --1. efektif keputusan dan efisien. Hubungan antar remaja 1. Muhasabah.PROGRAM SEMESTER II PELAYANAN KONSELING SEKOLAH/MADRASAH KELAS : MAN 2 Model Pekanbaru :X Tahun Ajaran Konselor : 2010/2011 : Mahasiswa PLKP-S NO 1 1 KEGIATAN 2 Layanan Orientasi Pribadi 3 1. AQ dan SQ dalam Belajar. Peran IQ. Mengambil 1. . Kemampuan berdiskusi. Ekstrakurikuler di sekolah Materi Bidang Pengembangan Sosial Belajar Karir 4 5 6 1. Tips memancing kreatifitas 1. Membangun kasih sayang dalam keluarga. EQ. Motivasi belajar. bakat --- 1. Membaca 1. bermusyawarah. Etika dan tata 1. K. --2. 3. Informasi tentang keluarga dan pembentuka nnya. 2. Beragama 7 --- K. Lembaga 1. --- --- --1. Kecerdasan. minat. Dunia karama pergaulan Bimbel/ku Pekrjaan di sekolah rsus 1. Berkeluarga 8 --- 2 Layanan Informasi 1. Informasi karir/peke rjaan/pen didikan.

Hak-hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga. kemampuan kehidupan kegiatan dan karir (sesuai beragama hasil belajar. lowongan pekerjaan. Aplikasi Instrumentasi Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah pribadi peserta didik. masalah antar umat dalam ujian. Instrument tes dan non tes untuk mengungkapk an kondisi dan masalah belajar siswa Instrument tes dan non tes untuk mengungkapk an kondisi dan masalah karir siswa Instrument tes dan non tes untuk mengungkapka n kondisi dan masalah peserta didik didalam kehidpan beragamanya 11. Masalah 1. Hubungan muda. Himpunan Data Data perkembangan Data perkembangan Data Data . Masalah pribadi dalam kehidupan berkeluarga --- 8. Layanan Mediasi --- --- --- --- --- 10. Masalah pribadi Masalah pribadi dalam Masalah Masalah Masalah dalam kehidupan kehidupan sosial pribadi dalam pribadi dalam pribadi dalam pribadi kemampuan pengembangn kehidupan kegitan belajar karir beragama ----Upay mendamaikan pihak tertentu yang berselisih (sesuai kebutuhan) Instrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi dan masalah sosial peserta didik. penganggura beragama. Masadepan 1. kebutuhan) (sesuai (sesuai kebutuhan) kebutuhan) 1. Layanan Konsultasi 9. Toleransi sehari-hari mudi (pacaran) menyontek kita. ------- Masalah pribadi dalam kehidupan sosial (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan berkeluarga (sesuai kebutuhan) 1. Kebiasaan 2. n.5 Layanan Konselling Indivdui Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi (sesuai kebutuhan) 6 Layanan Bimbingan Kelompok 7 Layanan Konseling Kelompok Masalah Masalah Masalah pribadi dalam pribadi dalam pribadi dalam kemampuan.1.

Pembahasan kasuskasus pribadi tertentu yang dialami peserta didik kondisi hubungan kemampuan. arah dan potensi karir Pembahasan kasus-kasus masalah karir tertentu yang dialami peserta didik 13.12. kegitan dan hasil belajar Pembahasan kasusPembahasan kasus masalah sosial kasus-kasus tertentu yang dialami masalah peserta didik belajar tertentu yang dialami peserta didik kemampuan . Konferensi Kasus diri. sosial peserta didik. Tampilan Kepustakaan Pemanfaatan berbagai media yang menunjang perkembangan dan kehidupan pribadi peserta didik Pemanfaatan berbagai media yang menunjang perkembangan dan kehidupan sosial peserta didik Pemanfaatan berbagai media yang menunjang kemampuan peserta didik dalam belajar Pendalaman masalah 15. Pemanfaatan berbagai media yang berkaitan dengan arah dan tujuan dalam kehidupan berkeluarga Pendalaman masalah 14. Pendalaman masalah karir . kondisi serta lingkungan peserta didik. Alih Tangan Kasus Pendalaman masalah pribadi Pendalaman masalah sosial Pemanfaatan berbagai media yang berkaitan dengan arah dan tujuan karir peserta didik. Pemanfaatan berbagai media yang berkaitan dengan arah dan tujuan dalam kehidupan beragama Pendalaman masalah Pembahasan kasus-kasus tertentu berhubungan dengan masalah keluarga yang dialami peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah yang dialami oleh peserta didik dalam tugasnya hidup dalam lingkunan keluarga. Kunjungan Kerumah Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah pribadi yang dialami oleh peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah sosial tertentu yang dialami oleh peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah belajar yang dialami oleh peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah karir yang dialami oleh peserta didik Pembahasan kasus-kasus tertentu berhubungan dengan masalah keagamaan yang dialami peserta didik Pertemuan dengan orang tua peserta didik berkenaan dengan masalah yang dialami oleh siswa dalam menjalani kehidupan beragamanya.

belajar kehidupan .. CH NIP. Oktober 2010 Mahasiswa PLKP-S Dermawan. Yazid .beragama kehidupan bermasyarakat Mengetahui Guru Pamong PLKP-S MAN 2 Model Perkanbaru Pekanbaru. Psi. 19791112 200710 1 002 M. S.

Kehidupan berkeluarga. Kehidupan Beragama.Pekerjaan dan Pendidikan : 2010/2011 : M. (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi. YAZID NO 1 1 2 KEGIATAN 2 Layanan Orientasi Layanan Informasi Oktober 3 Orientasi Penjurusan di Madrasah. Kehidupan berkeluarga. Belajar.PROGRAM BULANAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH/MADRASAH : MAN 2 Model Pekanbaru KELAS :X Tahun Ajaran Konselor MATERI BIDANG PENGEMBANGAN SEMESTER 1 (OKTOBER ± DESEMBER) November 4 --Informasi karir. Kehidupan Beragama. Kehidupan berkeluarga. Belajar. Sosial. Karir. Kehidupan berkeluarga. Karir. Belajar. Belajar. Kehidupan Beragama. (sesuai kebutuhan) . Belajar. (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi. (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi. Kehidupan berkeluarga. Sosial. Belajar. Sosial. Karir. Karir. Karir. Desember 5 ----- Informasi tentang peranan BK dalam KTSP di MAN 2 Model 3 4 Layanan Penempatan dan Penyaluran Konseling kelompok 5 Konselling Indivdui Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi. (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi. Sosial. Sosial. Karir. Kehidupan berkeluarga. Kehidupan Beragama. (sesuai kebutuhan) Masalah pribadi dalam kehidupan pribadi. Kehidupan Beragama. Sosial. Kehidupan Beragama.

(Sesuai kebutuhan) (Sesuai kebutuhan) ----(Sesuai kebutuhan) (Sesuai kebutuhan) Layanan Konsultasi Aplikasi Instrumentasi Himpunan Data Konferensi Kasus Kunjungan Kerumah Tampilan Kepustakaan Alih Tangan Kasus Angket penjurusan .6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Layanan Bimbingan Kelompok Layanan Konten Layanan Mediasi ----(Sesuai kebutuhan) (Sesuai kebutuhan) Sosiometri Himpunan data umum melalui Angket Siswa AUM --Kunci sukses disekolah.