refleksi & tindakan

to reflect & to act
pesan ini saya terjemahkan dari suatu tulisan berbahasa inggris yang saya terima melalui email dari seorang kawan. maaf bila salah/kurang tepat menerjemahkannya
---------------------- boedi dayono, januari 2004 ----------------------

to reflect and to act . . . . . . . .

Perbedaan antara negara berkembang (miskin) dan negara maju (kaya) tidak tergantung pada umur negara itu

to reflect and to act . . . . . . . .

. yang umurnya lebih dari 2000 tahun. .Contohnya negara India dan Mesir. tetapi mereka tetap terbelakang (miskin) to reflect and to act . . . . . . .

. . . Kanada. . Australia & New Zealand± negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun. . . dan penduduknya tidak lagi miskin to reflect and to act . . saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia.Di sisi lain ±Singapura. .

Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin to reflect and to act . . . . . . . . .

Daratannya. . 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian & peternakan to reflect and to act . . . . . . . .Jepang mempunyai area yang sangat terbatas.

. . . saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. .Tetapi. Jepang laksana suatu negara ³industri terapung´ yang besar sekali. . mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya to reflect and to act . . . .

. hanya 11% daratannya yang bisa ditanami. . to reflect and to act . Negara Swiss sangat kecil. . . . . .Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia. .

integritas. to reflect and to act . . . Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam keamanan. dan ketertiban ± tetapi saat ini bank-bank di Swiss menjadi bank yang sangat disukai di dunia. . . . .Swiss juga mengolah susu dengan kualitas terbaik. . .

. . . . . .Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan to reflect and to act . . .

. .Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting. . . . . . . Para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negaranegara maju/kaya di Eropa to reflect and to act .

. . .Lalu««. . . . apa perbedaannya? to reflect and to act . . .

. . . . yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan. . .Perbedaannya adalah pada sikap/perilaku masyarakatnya. to reflect and to act . . .

. . . . . ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya seharimengikuti/mematuhi prinsipprinsipprinsip dasar kehidupan sebagai berikut. . . to reflect and to act . .Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju.

Mau bekerja keras 9.Prinsip Dasar Kehidupan 1. . Hormat pada hak orang/warga lain 6. Hormat pada aturan & hukum masyarakat 5. . Etika. . . Berusaha keras untuk menabung & investasi 8. Tepat waktu to reflect and to act . Kejujuran dan integritas 3. sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari 2. Bertanggung jawab 4. . . Cinta pada pekerjaan 7. . .

. hanya sebagian kecil masyarakatnya mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut to reflect and to act . .Di negara terbelakang/miskin/ berkembang. mayoritas tidak patuh minoritas . . . . . .

. to reflect and to act . . . . . .Kita bukan miskin (terbelakang) karena kurang sumber daya alam. . . atau karena alam yang kejam kepada kita.

. . .Kita terbelakang/lemah/miskin karena perilaku kita yang kurang/tidak baik. . ekonomi. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat kita pantas membangun masyarakat. . . . to reflect and to act . dan negara. .

. .Jika Anda tidak meneruskan pesan ini. Anda tidak akan mendapat kesialan dalam 7 tahun. . to reflect and to act . Anda tidak akan kehilangan pekerjaan. . . . tidak akan terjadi apaapa pada diri Anda!!! Hewan peliharaan Anda tidak akan mati. . juga Anda tidak akan sakit. .

. . . to reflect and to act .TETAPI«. . jika Anda tidak meneruskan pesan ini. Negara kita akan tetap berlanjut dalam kemiskinan«... . . dan akan menjadi lebih miskin lagi. . .. tidak akan terjadi perubahan apa-apa dalam negara kita.

. . . .Jika Anda mencintai negara kita. . . teruskan pesan ini kepada temantemanteman Anda. . Kita harus mulai dari mana saja. Biarlah mereka merefleksikan hal ini. Kita ingin BERUBAH dan BERTINDAK! dan ««. PERUBAHAN DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI to reflect and to act . .