Bagaimana

ketahanan

Nasional

Indonesia

dilihat

dari

segi

militer,

teknologi,

intelektualitas penduduk,system pemerintahan dan keadaan penduduknya? Ketahanan Nasional di Bidang Militer
- Ketahanan nasional lebih mengarah pada ketahanan nasional dibidang pertahanan dan

keamanan. Merupakan pertahanan yang tersusun dalam bentuk pertahanan terpadu dari kekuatan darat, laut dan udara. Misalnya dengan pertahanan wilayah maritim kita. Ketahanan Nasional di bidang teknologi
-

Seiring perkembangan teknologi yang kian melesat, dalam ketahanan nasional kita dapat dilakukan dengan menyaring teknologi-teknolgi yang masuk disesuaikan dengan kepribadian bangsa. Misalnya menyaring situs-situs dianggap merusak moral untuk tidak diakses.

Ketahanan Nasional di bidang intelektualitas penduduk
-

Dengan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, dengan mengadakan bantuan BOS untuk biaya pendidikan dan mengadakan pendidikan gratis.

Ketahanan Nasional dibidang sistem pemerintahan
-

Lebih mengarah pada hal politik. Hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan politik dalam negeri yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta politik luar negeri yang politik bebas aktif.

Ketahanan Nasionala dibidang keadaan Penduduk Keadaan penduduk Indonesia yang cukup padat, hendaknya dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta pemanfaatan secara maksimal tenaga kerja yang ada di Indonesia.

pemulihan dan peningkatan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap nilai-nilai dasar semangat perasatuan dan kesatuan bangsa. dan Wawasan Nusantara. dalam kehidupan sehari-hari • • • •  Dasar hukum a. mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. dan bernegara. tantangan. berbangsa. Untuk mengatasi segala ancaman. b. menjamin ketersediaan kebutuhan dasar dalam negeri. mengembangkan kelembagaan yang efisien dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik. c. UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 8d. UUD 1945. UUD 1945 Pasal 30 Ayat (2) tentang Pertahanan dan Keamanan Negara: “Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara dilaksanakan melalui Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta oleh TNI dan Polri. menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesias terhadap semboyan makna Bhinneka Tunggal Eka dalam kehidupan bermasyarakat. tentang tugas TNI AD : “Angkatan Darat bertugas melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat”. dan rakyat sebagai Kekuatan Pendukung”. sebagai kekuatan Utama. UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 7 ayat (2): “Sistem Pertahanan Negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan TNI sebagai Komponen Utama dengan didukung oleh cadangan dan Komponen Pendukung”. gangguan dan hambatan yang muncul dapat dilakukan dengan cara : • • • mengembangkan penguasaan dan penerapan teknologi. meningkatkan produktivitas SDM. .

dalam arti ideologi sebagai falsafah bangsa dan landasan idiil negara merupakan nilai penentu bagi kehidupan nasional yang meliputi seluruh gatra dalam Pancagatra dalam memelihara kelangsungan hidup bangsa dan pencapaian tujuan nasional. ketaatan beragama. Ia dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan dan kesadaran politik. Politik. akan menyakinkan kebenaran ideologi yang dianut. • Antara Gatra Politik dengan Gatra Ideologi. Seperti yang kita ketahui. Ekonomi. Berarti kehidupan politik yang mantap dan dinamis menjalankan kebenaran ideologi. tingkat kemakmuran ekonomi. Kehidupan politik bangsa dipengaruhi oleh bermacam hal yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. sosial budaya. Ekonomi. Pertahanan dan Keamanan. Jadi hubungan antara geopolitik dengan geostrategi dapat kita lihat dari hubungan antara trigatra denga pancagatra. Pertahanan dan Keamanan. pertahanan dan keamanan.Bagaimanakah hubungan antara geopolitik dan geostrategi ditinjau dari aspek trigtra dan pancagatra? Bagaimana cara mengimplementasikan salah satu aspek ketahanan nasional yaitu mawas keluas dan mawas ke dalam?  Hubungan antara Geopolitik dengan Geostrategi Ketahanan nasional merupakan sebuah ’kondisi’ yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional berjalan dengan sukses. Sedangkan ’usaha’ untuk mencapai ketahanan nasional (karena merupakan sebuah cara untuk mewujudkan cita-cita negara) merupakan geostrategi. Sosial-Budaya. mendinamisir kehidupan politik dan perkembangan sosial . Pertahanan dan Keamanan. Wasantara dan ketahanan nasional merupakan konsepsi dasar yang saling mendukung untuk mencapai tujuan negara. antara lain : • Antara Gatra Ideologi dengan Gatra Politik. Sosial-Budaya. trigatra merupakan pencerminan dari geopolitik. • Antara Gatra Ekonomi dengan Gatra Ideologi. memberikan iklim yang kondusif untuk pengembnagan ekonomi. Berarti kehidupan ekonomi yang tumbuh mantap dan merata. keakraban sosial dan rasa keamanannya. Sosial-Budaya. sedangkan pancagatra merupakan pencerminan dari gopolitik.

Politik. memberikan iklim yang kondusif untuk kehidupan politik yang berbudaya. stabil. Ekonomi dan Sosial-Budaya. berbudaya dan berkepribadian. aspek ketahanan nasional antara lain mawas kedalam dan mawas ke luar. Dalam arti kondisi kehidupan pertahanan dan keamanan yang stabil dan dinamis akan meyakinkan kebenaran ideologi. stabil. akan menyakinkan kebenaran ideologi. sifat dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proporsional untik meningkatkan kualitas derajat kemampuan bangsa yang ulet dan tangguh. dan bernegara. maju dan merata menunjang stabilitas dan peningkatan ketahanan aspek lain. dinamis. • Antara Gatra Pertahanan dan Keamanan dengan Gatra Ideologi. Caranya: 1. (a) Mawas Ke Dalam. ekonomi dan sosial budaya.  Seperti yang kita ketahui. dimana . Ekonomi. Hal ini tidak berarti bahwa Ketahanan nasional mengandung sikap isolasi atau nasionalisme sempit. berbangsa. maju dan berkembnag di seluruh aspek. Keadaan sosial yang terintegrasi secara serasi. Pertahanan dan Keamanan. memberikan iklim yang kondusif untuk pengembangan kehidupan politik. dinamis. Mawas ke dalam bertujuan menumbuhkan hakikat. Menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesias terhadap semboyan makna Bhinneka Tunggal Eka dalam kehidupan bermasyarakat. Kebesaran dan keseluruhan nilai sosila budaya bangsa mencerminkan tingkat kesejahteraan dan keamanan nasional baik fisik materiik maupun mental spritual. dinamis. . berbudaya dan berkepribadian hanya dapat berkembang di dalam suasana aman dan damai. • Antara Gatra Sosial-Budaya dengan Gatra Ideologi.budaya serta mendukung pengembangan Pertahanan dan Keamanan. Keadaan sosial yang timpang dengan kontradiksi di berbagai bidang kehidupan memungkinkan timbulnya ketegangan sosial yang dapat berkembang menjadi gejolak sosial. Keadaan ekonomi yang stabil. Politik. Dalam arti kehidupan sosial budaya yang serasi. Keadaan pertahanan dan keamanan yang stabil. kehidupan ekonomi yang tetap mementingkan kebersamaan serta kehidupan pertahanan dan keamanan yang menghormati hak-hak individu.

dengan dunia internasional. UUD 1945.2. Caranya : Menjalin kerjasama dengan negara lain. Untuk menjamin kepentingan nasional. Namun demikian. . misalnya dibidang ekonomi. agar memberikan dampak keluar dalam bentuk daya tangkal dan daya tawar. kehidupan nasional harus mampu mengembangkan kekuatan nasional. serta menerima kenyataan adanya saling interaksi dan ketergantungan. dll. interaksi dengan pihak lain diuatamakan dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Memberikan bantuan kepada negara lain apabila negara tersebut sedang tertimpa bencana. dalam kehidupan sehari-hari. dan ikut berperan serta menghadapi dan mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri. perdagangan. Mengadakan Pertukaran pelajar dengan negara lain. dan Wawasan Nusantara. Mawas ke luar bertujuan untuk dapat mengantisipasi. (b)Mawas Ke Luar. Mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful