KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 2009/2010

Mata Pelajaran Alokasi waktu Jumlah Soal Kelas : IPS TERPADU : 90 Menit : 45 : VIII

STANDAR KOMPETENSI : 5 Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan No 1 Kompetensi Dasar Materi Indikator 4 - Siswa dapat menjelaskan alasan Jepang membentuk BPUPKI - Siswa dapat menjelaskan tujuan dibentuknya BPUPKI Jumlah 5 Soal Nomor 6 1 2 MD Bobot 7 SD

2 3 5.1 Menjelaskan 7 September 1944 PM Jepang Koiso proses persiapan mengeluarkan janji kemredekaan kemerdekaan Indonesia dikemudian hari tindak lanjut dari janji koiso 1 Maret 1945 Jenderal Kunakiei Harada membentuk BPUPKI yaitu Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Daftar penyusunan dasar Negara Indonesia dilaksanakan pada sidang BPUPKI ke – 1. Salah satu hasil sidang BPUPKI ke – 2 adalah rumusan undang-undang dasar lengkap dengan pembukaannya. 7 Agustus 1945 BPUPKI dinyatakan bubar karena keadaan makin sulit Koya

- Siswa dapat menyebutkan waktu penyusunan draf dasar negara Indonesia Merdeka - Siswa dapat menyebutkan salah satu hasil sidang BPUPKI ke – 2 - Siswa dapat menjelaskan tugas utama PPKI

3

SD

4

MD

5

SD

NKRI Pemuda mendesak Soekarno – Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.2 Mendeskripsikan Memasuki tahun 1945 Jepang mulai peristiwaterdesak oleh Amerika dalam Perang Asia peristiwa sekitar Timur Raya tanggal 6 dan 8 Agustus 1945 proklamasi Kota Hiroshima dan Nagasaki di bom kemerdekaan atom Amerika kejadian ini mendorong dan proses pemuda untuk segera memproklamasikan terbentuknya kemerdekaan. 5.Siswa dapat menjelaskan pokok perbedaan pendapat antara pemuda dan Soekarno – Hatta tentang proklamasia .No 1 Kompetensi Dasar 2 Materi Indikator 4 3 Hirosima dan Nagasaki telah dibom Amerika untuk itu dibentuk (PPKI) Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan tugas utama mempersiapkan segala sesuatu yang berkenaan dengan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.Siswa dapat menjelaskan tindakan pemuda setelah mendengar penyerahan Jepang pada sekutu .Siswa dapat mengambil pelajaran dari peristiwa Rengas Dengklok 6 SD 7 SD 8 SD 9 SD . tetapi Soekarno – Hatta menolak karena masalah ini harus dibicarakan di PPKI Tanggal 16 Agustus 1945 pemuda-pemuda membawa Soekarno – Hatta ke Rengas Dengklok untuk memaksa Soekarno – Hatta segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia Jumlah 5 Soal Nomor 6 Bobot 7 .Siswa dapat menjelaskan salah satu faktor penyebab berakhirnya kekuasaan Jepang di Indonesia .

Syarat dipenuhi suatu negara ada tiga yaitu: 1.Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berjasa dalam penyusunan Teks Proklamasi Jumlah 5 Soal Nomor 6 10 Bobot 7 MD . Rakyat 2. Soekarno 2. Pemerintahan Pada masa Proklamasi pemerintahan belum terbentuk Indikator 4 .Siswa dapat menyebutkan syarat yang harus dipahami sebagai suatu negara 12 MD 13 MD . Surat kabar yang berjasa dalam penyebarluasan berita Proklamasi adalah Surat Kabar Tjahaya di Bandung dan Soera Asia di Surabaya. Ahmad Kalimat pertama Teks Proklamasi diusulkan oleh Ahmad Subarjo berisi pernyataan kemerdekaan. Wilayah 3.No 1 Kompetensi Dasar 2 Materi 3 Para tokoh yang berjasa dalam penyusunan Teks Proklamasi Kemerdekaan antara lain : 1.Siswa dapat menjelaskan tentang isi Teks Proklamasi Kemerdekaan 11 MD .Siswa dapat menyebutkan dua surat kabar yang berjasa dalam penyebarluasan berita Proklamasi kemerdekaan . Kalimat kedua diusulkan Moh. Hatta 3. Hatta mengenai pemindahan kekuasaan.

dalam rapat itu presiden hanya berpesan singkat agar rakyat percaya pada pemimpin dan bersikap tenang . Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan d. SD . hari 17 bulan 8 tahun ‘05 Atas nama bangsa Indonesia Soekarno – Hatta Dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945 Ir.Siswa dapat menyebutkan usulan dasar negara Indonesia yang disampaikan oleh Ir.Siswa dapat secara lengkap Proklamasi menulis Teks 1 (Essay) SD 2 (Essay) .l.Siswa dapat menjelaskan tujuan pengerahan massa di Lapangan Ikada Jumlah 5 Soal Nomor 6 14 Bobot 7 SK .No 1 Kompetensi Dasar 2 Materi 3 Tanggal 19 September 1945 pemuda memelopori Rapat Raksasa di lapangan Ikada.l diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta. Soekarno menyampaikan usul mengenai dasar negara Indonesia merdeka terdiri : Indikator 4 .Siswa dapat menjelaskan tugas KNI 15 MD . Proklamasi Indonesia Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Sedang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 menghasilkan keputusan pembentukan KNI (Komite Nasional Indonesia) yang bertugas membantu presiden dalam menjalankan pemerintahan.

Internasionalisme atau perikemanusiaan 3. Ketuhanan Yang Maha Esa Indikator 4 Soekarno Jumlah 5 Soal Nomor 6 Bobot 7 . Mufakat dan Demokrasi 4. Kebangsaan Indonesia 2. Kesejahteraan sosial 5.No 1 Kompetensi Dasar 2 Materi 3 1.

• Mengartikan berbagai skala. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi 4. dan globe. • Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer. . Zona laut menurut letak dan keda-lamannya.MD MD SD SD Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk. • Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman.4. Indikator 4 • Membedakan peta. Materi 3 Pengertian peta.SD MD. • Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.SD. laut 1 1 2 4 3 1 1 1 4 2 5. atlas. • Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya. dan globe. Unsur-unsur cuaca dan iklim. Simbol-simbol geografi pada peta • Menentukan skala peta. • Mendiskripsikan cuaca dan iklim.8. Siklus hidrologi.SD. Jumlah 5 1 1 Soal Nomor 6 1 3 Bobot 7 MD SD Menentukan skala peta.41 6. laut tepi. Menggunakan peta. • Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.SK. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk 4.11. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.SD SD. atlas. Menentukan simbol-simbol geografi pada peta. atlas.42 7.1.10 12 13 14 SK MD SD. untuk mendapat-kan informasi keruangan 4. Sifat fisik atmosfer.9.3. Jenis-jenis air permukaan dan air tanah. Skala peta.STANDAR KOMPETENSI : 6 Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial No 1 Kompetensi Dasar 2 4.dan globe.2.

Singasari. Jumlah 5 Soal Nomor 6 Bobot 7 Batas wilayah laut. 1 15 SD 5. • Menafsirkan pengertian batas landas kontinen.2 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat.SD berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia Menunjukkan pada peta daerahdaerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia Menyusun kronologi perkembangan kerajaan HinduBuddha ke berbagai wilayah Indonesia Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah • Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama • 1 19 MD Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai. Mata-ram kuno.No 1 Kompetensi Dasar 2 Materi 3 Indikator 4 tengah) dan kedalamannya (litoral. dan Majapahit).1 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat. Sriwijaya. Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat. Taruma Negara.18 MD.43 SD.pening-galannya Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia Peta daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha • Mendeskripsikan masuk dan 3 16. batial.MD.22 SK. abisal).SK .Kedi-ri. laut territorial. • 2 20.SD • 1 21 SD 5. dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta. dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalanpening-galannya. kebudaya-an. India dan 2 23.17.

29. • Mendeskripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai. 1 1 31 32 MD SD dan macam-macam kegiatan ekonomi.No 1 Kompetensi Dasar 2 kebudaya-an. dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia. kegiatan pokok • ekonomi. pantai).3 Mendeskripsikan Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa perkem-bangan ke Indonesia masyara-kat.SD.SK SD. Mendeskripsikan • Kegiatan Pokok ekonomi. kebudaya-an.MD 5. dan pola • Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan permukiman perkotaan.27 28. Materi 3 • Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia Contoh peninggalan –peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah Indikator 4 Islam ke Indonesia Mendiskrepsikan saluransaluran Islamisasi di Indonesia Jumlah 5 1 Soal Nomor 6 24 Bobot 7 MD • Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia • Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam diberbagai daerah • Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke Indonesia 3 3 25.30 SD. non pertanian). 6. berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. • Mendefinisikan penger tian 1 33 MD . dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa 6. jalan. penggunaan lahan.26. yang meliputi kegiataan 1 44 SK • Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian. serta pening-galan-peninggalannya Cina.2.MD.1 Mendeskripsikan • Penggunaan lahan : pola kegiatan ekonomi Macam-macam mata pencaharian penduduk penduduk.

No 1 Kompetensi Dasar 2 konsumsi. produksi. dan distribusi barang /jasa Materi 3 • Indikator 4 Jumlah 5 Soal Nomor 6 Bobot 7 .

STANDAR KOMPETENSI : 7 Memahami Kegiatan Perekonomian Indonesia No 1 Kompetensi Dasar 2 7. 32 MD Badan usaha yang sesuai pasal 33 UUD 45 adalah koperasi. tidak punya pekerjaan dan tidak mencari pekerjaan contoh : pelajar mahasiswa. Koperasi berusaha memperoleh laba maksimal untuk kesejahteraan anggota kususnya dan masyarakat pada umumnya.3 Mendeskripsikan Tarif pajak proporsional adalah tarif pajak fungsi pajak dengan prosentase tetap.Siswa dapat menjelaskan sistem ekonomi yang dianut Indonesia . .Siswa dapat menjelaskan salah satu akibat rendahnya mutu tenaga kerja 31 MD Sistem ekonomi Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD 45 menganut sistem demokrasi ekonomi.Siswa dapat membuat contoh bukan angkatan kerja Jumlah 5 Soal Nomor 6 30 Bobot 7 MD .Siswa dapat menjelaskan pengertian tarif pajak proporsional. ibu rumah tangga tidak berkarir dan pensiunan.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia Materi 3 Bukan angkatan kerja adalah penduduk atau tenaga kerja usia kerja yang tidak bekerja. Indikator 4 . berapapun dalam jumlah pendapatan yang digunakan perekonomian sebagai dasar pengenaan pajak.Siswa dapat menjelaskan peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia . 7. serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangan nya 7. 33 SD 34 SD .1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi. Masalah yang dihadapi Indonesia adalah Rendahnya mutu tenaga kerja sehingga menyebabkan rendahnya produktifitas.

Siswa dapat menjelaskan pengertian pajak . 7.000.Siswa dapat menyebutkan tiga contoh pajak daerah Jumlah 5 Soal Nomor 6 35 Bobot 7 SD Pajak adalah iuran wajib pajak kepada negara berdasar undang-undang dan tidak mendapat balas jasa secara langsung. Pajak penerangan jalan 4.No 1 Kompetensi Dasar 2 nasional Materi 3 Contoh pajak daerah 1.Siswa dapat mejelaskan dengan kurva mengenai hukum penawaran . Pajak tontonan Indikator 4 . Pajak reklame 2. terbentuknya harga pasar Permintaan potensial ialah kemampuan sesorang untuk membeli barang dan ingin membeli barang. 20. Harga pasar terbentuk jika terjadi kesiembangan penawaran dan permintaan Contoh : Harga Rp.4 Mendeskripsikan Penawar adalah jumlah barang dan jasa permintaan dan yang akan dijual pada waktu tertentu penawaran serta dengan tingkat harga tertentu.00 jumlah permintaan .Siswa dapat menjelaskan tentang penawaran . Penawaran semakin tinggi jumlah barang yang diminta semakin sedikit.Siswa dapat mmebuat contoh permintaan potensial 36 37 SD MD 38 SD . Pajak sepeda motor 3.Siswa dapat menunjukkan contoh Harga Pasar 39 SD 40 SD . Contoh : Pak Harto memiliki uang untuk beli televisi tapi belum membeli.

No 1 Kompetensi Dasar 2 Materi 3 buah 200 buah dan penawaran 200 buah. Sistem ekonomi pancasila adalah sistem ekonomi yang berlandaskan pancasila yaitu sistem ekonomi berdasar usaha bersama berdasar kekeluargaan dan kegotong royongan.Siswa dapat menjelaskan definisi sistem ekonomi Pancasila Jumlah 5 Soal Nomor 6 1 (Essay) Bobot 7 SD . Indikator 4 . permintaan barang makin sedikit.Berdasarkan tabel siswa dapat menggambar kurva permintaan 5 (Essay) SD Keterangan : MD : Mudah SD : Sedang SK : Sukar . Hukum permintaan adalah semakin tinggi harga yang ditawarkan.