BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Perubahan yang dialami manusia bukanlah suatu penyimpangan, karena pandangan tersebut adalah suatu mitos yang perlu dihilangkan dari pandangan mengenai perubahan (Lauer, 1993). Setiap perubahan sosial selalu mencakup pula perubahan budaya, dan perubahan budaya akanmencakup juga perubahan sosial. Sosiatri merupakan ilmu sosial terapan (applied science), yang dalam pengembangannya mengandalkan realita yang terjadi di dalam masyarakat, berkaitan dengan masalah sosial yang perlu diselesaikan (pandangan awal perkembangan) dan penyesuaian kebutuhan dengan sumber daya yang ada (pandangan hasil perkembangan). Realita dalam masyarakat yang terus mengalami perubahan memiliki dimensi perubahan sosial.

B. Permasalahan Berdasarkan penjelasan pada latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana hubungan antropologi dan sosiologi dalam perkembangan kehidupan manusia. C. Tujuan Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian sosiologi dalam perkembangan kehidupan manusia.

1

Namun sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahir kemudian di Eropa. bahkan ribuan tahun yang lalu. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. sejarah mencatat bahwa Émile Durkheim ilmuwan sosial Perancis yang kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis. sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Sosiologi dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis. Sosiologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata latin socius yang artinya teman. August Comte. dan logos dari kata Yunani yang berarti cerita. Namun demikian. dan perkembangan masyarakat. Sebagai cabang Ilmu. Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi.BAB II KERANGKA TEORI Definisi Sosiologi Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat. Sebagai sebuah ilmu. perilaku masyarakat. 2 . diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” karangan August Comte (1798-1857). Sosiologi muncul sejak ratusan.

Menurut ahli sosiologi lain yakni Emile Durkheim. khayalan sosiologis serta pengungkapan realitas sosial. tindakan sosial. di mana socius memiliki arti kawan / teman dan logos berarti kata atau berbicara. sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial. Pokok bahasan dari ilmu sosiologi adalah seperti kenyataan atau fakta sosial. Objek dari sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut. Hal-hal tersebut dapat dikaji dengan pendekatan sosiologi. Menurut Bapak Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. yakni fakta yang mengandung cara bertindak. Sosiologi berasal dari bahasa yunani yaitu kata socius dan logos. berpikir. berperasaan. termasuk perubahanperubahan sosial. sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial.BAB III PEMBAHASAN Sosiologi Seorang manusia akan memiliki perilaku yang berbeda dengan manusia lainnya walaupun orang tersebut kembar siam. Tujuan dari ilmu sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. 3 . Manusia juga saling berhubungan satu sama lainnya dengan melakukan interaksi dan membuat kelompok dalam masyarakat.

Para founding father ilmu sosial semisal Comte. 4 . sosiologi lebih menitik beratkan pada manusia dan hubungan sosialnya. terobsesi agar ilmu sosial bisa diakui sebagai sains. Durkheim. Muncullah istilah sosiologi untuk menunjukkan bahwa ilmu sosial adalah sebagai sebuah sains.BAB III KESIMPULAN Sosiologi adalah objek ilmu manusia. Karenanya mereka menyusun semacam "general principles" di mana pada dasarnya ada teori universal tentang gejala sosial sebagaimana ada teori unversal tentang alam.