P. 1
PENGELOLAAN MEDIA TUMBUH TANAMAN ANGGREK

PENGELOLAAN MEDIA TUMBUH TANAMAN ANGGREK

|Views: 355|Likes:
Published by jinimuh
moh jaini mr
moh jaini mr

More info:

Published by: jinimuh on Jul 12, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2012

pdf

text

original

PENGELOLAAN MEDIA TUMBUH TANAMAN ANGGREK Media Tabur Biji Anggrek Media ini digunakan dari hasil perbanyakan

generatif yang pelaksanaannya sederhana agar dapat dilakukan oleh petani. Media yang digunakan adalah media yang ada di sekitar dan mudah didapatkan. Tujuannya untuk mendapatkan media tabur biji anggrek yang baik dan sehat. Bahan dan Alat Bahan dan alat ini digunakan untuk media tabur biji anggrek dalam 1 liter media secara sederhana, sebagai berikut : 1. Pupuk apa saja asalkan netral (NPK 20:20:20) misalnya Growmore yang netral sebanyak 1,5 gram/liter. 2. Agar-agar bubuk 6 gram/liter, jika menggunakan agar-agar swallow 1 bungkus dikurangi sedikit, jika agar-agar batang menggunakan 1 batang untuk setiap liternya. 3. Gula putih 2 gram/liter.

4. Air kelapa yang sudah bersih (disaring berkali-kali, diusahakan air kelapa hijau dari kelapa muda sebanyak 150 cc/liter). 5. Tomat 1 buah atau 5 gram/liter, sebaiknya digunakan tomat buah sebelum dicampur, diblender lebih dahulu. 6. Thiamin 1 ppm (1 cc/liter) atau bahan lain semacamnya.

Proses 1. Persiapkan alat dan bahan, ajak peserta ke suatu tempat yang disepakati untuk praktek. · Persiapkan alat dan bahan. · Setiap sub kelompok membuat media dengan bahan yang ada sebanyak masing-masing 1 liter. · Campur semua bahan menjadi satu kemudian ditambah air aquades sampai menjadi 1 liter. · Media campuran tersebut direbus hingga mendidih, kemudian dicek pH-nya usahakan antara 4,8 – 5,1, bila kurang dari 4,8 tambahkan sedikit kapur.

· Setelah mencapai pH yang diinginkan, bahan media siap diisikan ke botol, umumnya botol saus tomat dengan diisi media lebih kurang sebanyak 60 cc media atau 8 sendok makan. · Botol kemudian ditutup dengan karet hitam, tutup lagi dengan plastik dan diikat lagi dengan karet gelang. · Sterilisasi dengan autoclav suhu 120 oC selama 15 – 20 menit dimulai dari air dingin, kemudian media diangkat diletakkan pada tempat yang telah disediakan sesuai kebutuhan. Bila autoclav tidak ada, dapat direbus pakai dandang selama 45 menit dimulai dari air mulai mendidih. · Media dapat digunakan setelah 3 – 7 hari untuk mengetahui apakah media sudah steril atau belum, jika belum steril maka baru 3 hari sudah tumbuh bintik-bintik OPT dan ini tidak boleh digunakan untuk tabur benih. Cara Menabur Biji Anggrek Bahan dan Alat Tanaman anggrek hasil silang, media tumbuh, alkohol 70 %, lampu bunsen/lilin, larutan clorox 10 %, aquades steril, pipet. Proses 1 Bukalah sesi ini dengan memberikan penjelasan singkat tentang maksud diadakan sesi ini dan langkah-langkahnya. 2 Bagi peserta ke dalam sub kelompok (4 – 5 kelompok kecil).

3 Persiapkan alat dan bahan, ajak peserta ke suatu tempat yang disepakati untuk praktek, seperti langkah-langkah di bawah ini : Bunga dipetik dari pohon induk lalu disterilkan, untuk buah yang belum pecah maka sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan alkohol 70 % selama 5 menit, kemudian dipanaskan dengan lampu bunsen/ lilin selama 1 menit, dipotong, ditaburkan ke media tanam. Untuk bunga yang sudah pecah, sterilisasi dilakukan dengan merendam dalam larutan clorox 10 % selama 10 menit dan pindahkan ke larutan clorox 5 % selama 5 menit dan clorox 1 % selama 1 menit, lalu dibilas dengan aquades steril, lalu taburkan ke dalam media tanam dengan menggunakan pipet. Biji umur 2 minggu mulai tumbuh, umur 2 bulan kecambah harus ditransfer ke media baru (media sapih) sampai menjadi bibit siap sebar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->