LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI TENTANG DIFUSI OSMOSIS

NAMA:PULUNG WIRASTI KELAS:XI IPA 2

SMAN 1 PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Seluruh isi laporan ini memang jauh dari kesempurnaan. saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dalam hal penyelesaian laporan ini. sehingga saya bisa menjadikan laporan ini untuk proses belajar mengajar di kelas. . Tak lupa.KATA PENGANTAR Segala Puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan dan rahmatnya. maka saya sangat mengharap kritik dan saran sebagai evaluasi untuk menyempurnakan laporan yang talah saya buat ini. sehingga saya mampu menyelesaikan tugas laporan biologi yang saya buat.

osmosis. · TRANSPOR AKTIF Transor aktif dilakukan apabila zat yang akan dilewatkan membran melawan gradien konsentrasi sehingga tidak dapat mengendalikan transpor aktif. dan difusi terbantu.cair. Contohnya : perpindahan bakteri Escherichia Coli ke medium yang mengandung laktosa. atau gas) dari tempat yang berkonsentrasi tinggi ke tempat yang berkonsentrasi rendah. · OSMOSIS Osmosis merupakan proses perpindahan molekul-molekul zat pelarut (air) dari tempat yang berkonsentrasi rendah menuju ke tempat yang berkonsentrasi tinggi dengan melewati membran semipermeabel. dan endositosis. yaitu transpor zat yang memerlukan energi (transpor aktif) dan transpor yang tidak memerlukan energi (transpor pasif). Contohnya : perpindahan oksigen (O2) dari paru-paru ke dalam darah. Contohnya : Masuknya air ke dalam sel-sel akar. . Transpor aktif meliputi proses pompa ATP. baik melewati membran ataupun tidak. · DIFUSI Difusi merupakan pergerakan atau perpindahan partikel atau molekul suatu zat (padat. · DIFUSI TERBANTU Difusi terbantu adalah difusi yang memerlukan bantuan protein.BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Mempelajari dunia kehidupan tidak terlepas dari pengetahuan tentang hirarki biologi. Adapun transpor pasif meliputi proses difusi. eksositosis. Dalam pengetahuan biologiTranspor zat melalui membran dibedakan atas 2 (dua).

dan menyelesaikan tugas iliah dengan sendiri ataupun kelompok serta mendapatkan pengetahuan tambahan tentang pokok bahasan yang diberikan oleh guru. · Bagi masyarakat : Masyarakat akan mendapatkan pengetahuan umum tentang pokok bahasan yang dibahas sehingga wawasan masyarakat tentang pokok bahasan yang dibahas akan bertambah. 4 Agustus 2010 . WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN 1 Tempat : Laboratorium Biologi SMAN 1 PUNDONG 2 Waktu : Rabu. melakukan eksperimen.TUJUAN Pengamatan ini dilakukan agar siswa dapat mengetahui perbedaan proses transportasi zat secara difusi dan osmosis. · Bagi guru : Guru mampu menilai kemampuan siswa dalam melakukan eksperimen dan menyelesaikan tugas ilmiah yang diberikan kepada siswa serta guru mampu menilai sejauh mana wawasan siswa tentang pokok bahasan yang menjadi tugas. MANFAAT · Bagi siswa : Siswa mampu melakukan penelitian dengan petunjuk dari bahasan materi.

yaitu: · Dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.J Jinger dan G. dan difusi terbantu. Transportasi aktif meliputi proses pompa ATP. membran bukan hanya sebagai pembatas suatu sel. Adapun transpor pasif meliputi proses difusi. . Pernyataan ini berdasarkan atas penemuan S. Molekul-molekul yang berukuran besar dalam proses transportasinya melibatkan pelekukan membran sel sehingga membentuk suatu vesikula. osmosis. Transpor pada membran tergantung pada ukuran molekul dan konsep zat yang melewati membran sel tersebut molekul-molekul yang berukuran kecil dapat melalui membran sel dengan dua cara. tetapi lebih kompleks lagi karena membran memiliki kegunaan lain seperti berperan dalam lalu lintas keluar masuknya sel. atau bisa juga · Menuruni gradien konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. dan endositosis. Dengan melihat struktur seperti yang disebutkan di atas. Transportasi molekul yang menuruni gradien konsentrasi disebut dengan transportasi pasif. Nicholson pada tahun 1972 tentang teori membran yang dikenal sebagai model mozaik fluid. eksositosis.LANDASAN TEORI Pada membran sel terikat protein yang menembus maupun yang berada di luar permukaan. sedangkan transportasi molekul yang melawan gradien konsentrasi disebut transportasi aktif.

Bahan . dan air bergerak sehingga dari daerah konsentrasi tinggi (larutan) ke daerah konsentrasi rendah (kentang.Pisau .BAB II Masalah Percobaan RUMUSAN MASALAH 1. Jelaskan 2 cara transportasi zat melalui membran sel! 2.Gelas ukur 100 ml (4 buah) B.Tissue . Alat .Kentang (1 buah dipotong dadu) . Jelaskan cara molekul berukuran kecil melewati membran sel? TUJUAN • mengetahui perbedaan proses transportasi zat secara difusi dan osmosis.) ALAT DAN BAHAN A. Apakah perbedaan difusi dan osmosis? 3.Aquades .gula . HIPOTESA Hal ini karena solusi memiliki potensi lebih banyak air ('molekul kemampuan untuk bergerak) daripada kentang.

berwarna 9.9gr sdm kuning membesar Keras dan Keras dan berwarna kuning menyusut A). .5gr berwarna kuning D Larutan gula 3 5.Apakah terjadi perubahan berat pada umbi kentang?Mengapa demikian? .berjamur air (kering). . kemudian timbang ulang kentang tersebut dan catat hasilnya.6gr SESUDAH B Aquades berwarna kuning dan C Larutan gula 18.gelas C (larutan gula 1 sendok makan) dan gelas D (larutan gula 3 sendok makan) . Dan periksa keadaan kentang tersebut.4gr sdm 8.Potong kentang dengan ukuran 4x2 cm sebanyak 4 potong. untuk gelas ukur A(gelas kosong). . HASIL PENGAMATAN BERAT NO JENIS LARUTAN KENTANG SEBELUM KUBUS UMBI KETERANGAN Keadaan A Keadaan sesudah PERCOBAAN PERCOBAAN sebelum Kosong tanpa ada5.6gr 7.Masukkan potongan kentang ke masing-masing gelas ukur yang telah diberi tanda secara bersamaan.Setelah 3 hari angkatlah kemudian simpan di atas tissue. gelas ukur B(aquades).Bersihkan kentang dari kulitnya.4gr hitam dan dan kuning mengkerut Keras danLembek berwarna kuning pucat Keras danKeras berwarna 4. . .9gr 2.CARA KERJA .Keringkan kentang dengan tissue lalu ditimbang.Rendamlah potongan kentang tersebut selama 3 hari.Ambillah larutan yang sudah disediakan di masing-masing gelas ukur sebanyak100 ml dan beri tanda untuk setiap larutan.3gr Keras danKering.

Jawaban: Ya. karena kondisi protoplasma sel kentang. timbangan yang tidak valit dan rusak karna gempa. hal ini disebabkan karena air yang berada pada kentang bergerak keluar ke gelas ukur sehingga kadar air pada kentang berkurang dan menyebabkan berat pada umbi kentang berkurang.Sifat apakah yang terdapat pada kentang dan larutan gula? Jawaban: Pada percobaan kentang dan larutan gula dapat diketahui bahwa kentang bersifat hipotonik dan gula bersifat hipertonik karena air pada kentang bersifat encer sedangkan larutan gula bersifat pekat. Analisa Data: • • • • • • ukuran kentang yang kecil sehingga hancur. B). Namun. data yang saya peroleh dari percobaan tidak sesuai teori. perubahan berat tidak terjadi pada kentang yang direndam dalam aquades karena antara aquades dan kentang memiliki konsentrasi yang sama (isotonis). penimbangan saat itu dekat cendela sehingga timbangan selalu goyang waktu yang terlalu lama dalam merendamnya. BAB III .

PENUTUP KESIMPULAN Transportasi zat melalui membran sel dapat dilakukan dengan cara transportasi aktif dan transportasi pasif. semakin besar kecenderungan terjadinya osmosis. Proses difusi dipengaruhi oleh suhu (makin tinggi difusi makin cepat). KRITIK . Tekanan osmotic dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu : 1. dan beda potensial kimia (makin besar beda difusi makin cepat). Sedangkan osmosis merupakan proses perpindahan molekul-molekul zat pelarut (air) dari tempat yang berkonsentrasi rendah menuju ke tempat yang berkonsentrasi tinggi dengan melewati membran semipermeabel. temperatur absolut (t) Difusi yaitu perpindahan molekul-molekul dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah baik melalui membran plasma ataupun tidak. molaritas zat larut (m) 2.Difusi merupakan pergerakan atau perpindahan partikel atau molekul suatu zat (padat.cair. Sedangkan. Osmosis adalah proses perpindahan atau pergerakan molekul zat pelarut. kelarutan dalam mediun (makin besar difusi makin cepat). konstanta gas (g) 4. dari larutan yang konsentrasi zat pelarutnya tinggi menuju larutan yang konsentrasi zat pelarutya rendah melalui selaput atau membran selektif permeabel atau semipermeabel. baik melewati membran ataupun tidak. konstanta ionisasi ( i ) 3. atau gas) dari tempat yang berkonsentrasi tinggi ke tempat yang berkonsentrasi rendah. Semakin besar perbedaan konsentrasi air pada kedua sisi dinding selaput. dan dengan demikian semakin besar tekanan osmosis.

SARAN Sebaiknya eksperimen seperti ini lebih sering dilakukan agar para siswa lebih mengetahui alat-alat laboratorium dan lebih memahami materi yang dipelajari serta mampu menyelesaikan eksperimen dengan lebih baik.penambahan alat yang harus ditambah.Timbangannya harus diperbaiki terlebih dahulu.Sebelum diadakan percobaan sebaiknya pembagian alatnya didahulukan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful