P. 1
Demand

Demand

|Views: 117|Likes:
Published by Nur Afriyanti

More info:

Published by: Nur Afriyanti on Oct 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2011

pdf

text

original

KEKUATAN PASAR: PERMINTAAN

FAKULTAS EKONOMI UNNES SHANTY OKTAVILIA, SE,MSi

Dalam bab ini kita akan belajar« belajar«
‡ Pasar persaingan. ‡ Menguji determinan permintaan barang dalam pasar persaingan. ‡ Menguji determinan penawaran barang dalam pasar persaingan. ‡ Melihat hubungan penawaran dan permintaan dan interaksi di dalam pasar. ‡ Mempelajari bagaimana penawaran dan permintaan menentukan harga dan bagaimana harga dapat mengalokasikan sumber daya yang langka.

KEKUATAN PASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN ‡ Penawaran /Supply dan Permintaan /Demand adalah dua kata yang paling sering digunakan oleh para ekonom. permintaan dan keseimbangan pasar. ‡ Supply dan Demand adalah kekuatan-kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja. ‡ Mikro ekonomi modern adalah tentang penawaran. .

. ‡ Pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang atau jasa tertentu.PASAR DAN PERSAINGAN ‡ Istilah penawaran danpermintaan merujuk pada perilaku orang « ‡ ..ketika mereka saling berinteraksi di sebuah pasar. ± Penjual sebagai kelompok yang menentukan penawaran produk« . . . ± Pembeli sebagai kelompok yang menentukan permintaan.

Mankiw et al.PASAR KOMPETITIF ‡ Adalah pasar yang terdiri dari banyak sekali pembeli dan penjual sehingga pengaruh masing-masing terhadap harga pasar dapat diabaikan karena sedemikian kecilnya. Chapter 4: Page 5 .: Principles of Microeconomics. 2nd Canadian edition.

dan banyak pembeli  Penjual menentukan harga (price maker) .PERSAINGAN: SEMPURNA DAN TIDAK SEMPURNA  Persaingan sempurna (Perfectly Competitive):  Produk homogen  Pembeli dan penjual sangat banyak  Pembeli dan penjual sebagai penerima harga  Monopoly:  Hanya ada satu penjual.

 Oligopoly:  Beberapa penjual. .  Monopolistic Competition:  Banyak penjual dengan produk yang tidak terlalu jauh berbeda.  Contoh industri software. tapi tidak agresif dalam bersaing.  Contoh rute penerbangan. ketika ada dua perusahaan yang melayani maka akan menghindari persaingan ketat. shg masih ada kemampuan untuk menetapkan harga produk.

.Quantity Demanded membahas mengenai jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli pada periode tertentu.DEMAND / PERMINTAAN ‡ Kuantitas yang diminta .

Consumer Income 3) Harga barang lain .DETERMINAN PERMINTAAN ‡ Apakah yang mempengaruhi keputusan anda membeli ice cream? 1) Harga produk tsb .Prices of Related Goods 4) Selera .Tastes 5) Ekspektasi kondisi ekonomi ± Expectations .Product¶s Own Price 2) Pendapatan .

kuantitas yang diminta menurun ketika harga produk meningkat .1) Price Law of Demand ± Pernyataan bahwa dengan menganggap hal lain tetap.

maka barang tersebut disebut barang normal.2) Income ‡ Jika permintaan terhadap barang berkurang ketika pendapatan berkurang (c. ‡ Jika permintaan thd sebuah barang meningkat ketika pendapatan menurun (c.p). .p) disebut barang inferior.

3) Harga barang yang berkaitan ± Apabila penurunan barang yang satu menurunkan permintaan thd barng yang lain. ± Jika penurunan harga sebuah barang meningkatkan permntaan barang lain. maka keduanya disebut barang komplementer . maka keduanya disebut barang substitusi.

4) Lainnya ‡ Tastes ‡ Expectations .

 Ceteris Paribus: ³Other thing being equal´ sebuah istilah bahasa latin yang diartikan sebagai ³hal lain tetap´ istilan ini digunakan untuk mengingatkan bahwa semua variabel selain variabel yang sedang diteliti diasumsikan konstan. .SKEDUL PERMINTAAN DAN KURVA PERMINTAAN  Skedul permintaan adalah tabel yang memperlihatkan hubungan antara harga barang dan kuantitas yang diminta (quantity demanded).  Kurva permintaan adalah sebuah grafik yang memuat hubungan antara harga sebuah barang dengan kuantitas yang diminta.

50 1.00 2.00 0.00 Quantity of cones Demanded 12 10 8 6 4 2 0 .00 1.50 3.50 2.Table 4-1: Catherine¶s Demand Schedule 4Price of Ice-cream Cone ($) 0.

50 2.50 1.00 1.Figure 4-1: Catherine¶s Demand Curve 4Price of IceCream Cone $3.50 0 2 4 6 8 10 12 Quantity of Ice-Cream Cones .00 0.00 2.

kurva permintaan pasar diperoleh dari penjumlahan secara horisontal kurva permintaan individu. ‡ Secara grafik.SKEDUL PERMINTAAN PASAR ‡ Permintaan pasar (Market demand) adalah penjumlahan dari semua kurva individu untuk sebuah barang atau jasa tertentu atau« ‡ Permintaan pasar adalah penjumlahan dari seluruh permintaan individu pada berbagai tingkat harga. ‡ Diasumsikan pasar ice cream terdapat dua pembeli « .

50 1.50 3.50 2.Permintaan pasar adalah penjumlahan permintaan individu Price of Ice-cream Cone ($) 0.00 2.00 0.00 1.00 Catherine 12 10 8 6 4 2 0 + Nicholas 7 6 5 4 3 2 1 = Market 19 16 13 10 7 4 1 .

Pergeseran Kurva Permintaan Harga es krim Kenaikan permintaan Penurunan permintaan D2 D1 D3 Kuantitas es krim .

2nd Canadian edition.: Principles of Microeconomics. Chapter 4: Page 20 .Determinan dari Kuantitas yang Diminta Mankiw et al.

: Principles of Microeconomics.PERGESERAN KURVA PERMINTAAN VERSUS PERGESERAN SEPANJANG KURVA PERMINTAAN Mankiw et al. 2nd Canadian edition. Chapter 4: Page 21 .

00 A D1 D2 0 10 20 Jumlah rokok yang dihisap per hari .PERGESERAN SEPANJANG KURVA PERMINTAAN Harga rokok per bungkus Kebijakan untuk mendorong para perokok mengurangi aktivitas merokok menggeser kurva permintaan ke arah kiri B $2.

00 Pajak yang menaikkan harga rokok berakibat pada pergerakan sepanjang kurva permintaan A $2.PERGERAKAN SEPANJANG KURVA PERMINTAAN Harga rokok per pack C $4.00 D1 0 12 20 Jumlah rokok yang dihisap per hari .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->