Manajemen Pemasaran

SONY DIGICAM

Sumber: www.sony.co.id
Keputusan Pembelian 1

Pengenalan Masalah Pengenalan Produk Dengan koleksi kamera Sony Cyber-shot™ diproduksi oleh PT Sony Indonesia. Didirikan pada tanggal 1 September 1995, PT Sony Indonesia, sebagai penjualan dan perusahaan pemasaran, disahkan oleh Sony Corporation, melakukan praktek terbaik kegiatan pemasaran dan penjualan produk Sony di seluruh Indonesia Sony membawa konsumennya ke era digital. Menampilkan fungsi yang luar biasa dengan teknologi mutakhir, Sony Cyber-shot™ menyediakan Anda dengan lebih dari sekedar kamera dan pengalaman fotografi digital yang mengesankan..Hal ini bertujuan PT Sony Indonesia' untuk terus melayani pelanggan dengan lebih baik dan meningkatkan gaya hidup di Indonesia melalui produk dan teknologi. Latar Belakang Perusahaan Menciptakan Produk Dunia fotografi ysng semakin berkembang dan mulai menjangkau semua segmen baik remaja maupun dewasa. Sehingga banyak produsen kamera digital berlomba-lomba menciptakan produk kamera digital yang dilengkapi fitur-fitur canggih dan mudah digunakan. Salah satunya adalah kamera Cyber-shot™ yang bertujuan untuk memberikan kepuasan maksimal dilengkapi dengan fitur berlimpah seperti Sapu Panorama, Handlheld Twilight dan iAuto, masing-masing kamera Cyber-shot memberikan kinerja yang unggul. Untuk melengkapi fungsinya, Sony juga telah mengembangkan serangkaian aksesoris yang khusus melayani kisaran Cyber-shot. Dengan fitur-fitur canggih Sony Cyber-shot sangat memudahkan konsumen dalam menggunakan kamera digital. Setiap orang bisa menjadi fotografer dengan kamera Cyber-shot yang bertujuan untuk memberikan kepuasan maksimal.

Manajemen Pemasaran

Pencarian Informasi Sumber Komersial Produk-produk kamera digital Sony Cyber-shot™ banyak diiklankan di media elektronik maupun cetak. Sony juga memiliki web site yang memuat informasi secara lengkap tentang produknya. Sehingga memudahkan konsumen memperoleh info tentang produk kamera digital Sony Cyber-shot. Info tersebut bisa meliputi fitur-fitur produk maupun line up produk terbaru dari kamera digital Sony Cyber-shot. Sumber Pribadi Konsumen mendapatkan informasi tentang kamera digital Sony Cyber-shot™ melalui konsumen lain yang terlebih dahulu menggunakan kamera digital Sony Cyber-shot™. Konsumen yang puas setelah menggunakan kamera digital Sony Cyber-shot™ menceritakannya kepada teman dan keluarga tentang kamera digital Sony Cyber-shot™ dan menyarankan agar menggunakan kamera digital Sony Cyber-shot™. Evaluasi Alternatif Kamera digital Sony Cyber-shot memiliki fitur-fitur yang canggih. Fitur tersebut seperti Sapu Panorama, Handlheld Twilight dan iAuto, fitur-fitur itu membuat kamera digital Sony Cyber-shot™ menghasilkan ketajaman gambar yang sangat baik. Meskipun dilengkapi dengan fitur-fitur canggih harga kamera digital Sony Cyber-shot tetap terjangkau di pasar kamera digital. Kamera digital Sony Cyber-shot™ juga menyediakan berbagai varian produk, sehingga konsumen bisa menentukan pilihan kamera digital sesuai kebutuhan. Keputusan Pembelian Kamera digital Sony Cyber-shot™ banyak dipilih konsumen karena kualitasnya yang sangat baik. Resolusi dan ketajaman gambar yang sangat baik menjadi faktor utama bagi kosnumen dalam memilih produk ini. Harganya pun juga relatif terjangkau. Sehingga banyak konsumen menjatuhkan pilhan pada kamera digital Sony Cyber-shot™. Kamera digital Sony Cyber-shot™ menghindari risiko fungsional. Kinerja produk harus sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan. Kualitas gambar yang dihasilkan harus benar-benar tajam sesuai dengan tingkat resolusi ketajaman kamera. Perilaku Pasca Pembelian Sony melaporkan laba usaha sebesar ¥ 146000000000 ($ 1,5 miliar) untuk kuartal, tingkat tertinggi dalam dua tahun, di bagian belakang penjualan sebesar ¥ 2,2 triliun, naik 4 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Hasil positif yang dibantu oleh dua kali lipat penjualan pada unit keuangan dan Sony naik 16 persen dalam penjualan di bisnis film yang selama periode yang sama tahun sebelumnya.

2

Keputusan Pembelian

Manajemen Pemasaran

Penjualan LCD TV Bravia dan kamera digital Cybershot naik selama kuartal tetapi Handycam penjualan turun. Sebagai hasil dari penjualan Cybershot lebih tinggi, Sony revisi atas pengiriman kamera digital penuh tahun diperkirakan sebesar 1 juta unit untuk 21 juta kamera. Sumber: http://www.pcadvisor.co.uk/news/index.cfm?=3211909 Dari artikel di atas terlihat bahwa penjualan yang kamera digital Sony Cyber-shot™ mengalami kenaikan dan memberi kontribusi signifikan terhadap kenaikan laba Sony. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen merasa puas setelah memakai kamera digital Sony Cybershot™ yang menyebabkan naiknya penjualan .

3

Keputusan Pembelian

dan pasar komputer pribadi. dan solusi jaringan . Maka perlu adanya alat pemutar musik yang praktis. Dengan berabagai fitur menarik. Ipod juga bisa memutar video dan menyimpan foto.Manajemen Pemasaran APPLE IPOD Sumber: www. dan Apple Ipod kebanyakan diminati oleh remaja karena desain yang fashionable dan berjiwa muda. perangkat komunikasi selular. Apple Ipod diproduksi oleh Apple Inc (Apple). Ipod menjadi salah satu inovasi di industri pemutar musik digital portabel. dan pemutar musik digital portabel dan video. 4 Keputusan Pembelian . Manusia memerlukan hiburan agar tidak jenuh.apple. Ipod menjawab kebutuhan konsumen dengan mobilitas tinggi yang memerlukan hiburan musik. 1977 desain. Selain sebagai alat pemutar musik digital. dan salah satunya adalah musik. dan menjual berbagai perangkat lunak terkait.com Pengenalan Masalah Pengenalan Produk Apple Ipod merupakan alat pemutar musik digital portabel yang penuh dengan inovasi. peripheral. jasa. manufaktur. didirikan pada tanggal 3 Januari. Latar Belakang Perusahaan Menciptakan Produk Semakin tingginya mobilitas manusia membuat manusia semakin sibuk dan mudah jenuh dalam beraktivitas.

Kualitas suara yang dihasilkan harus benar-benar baik dan pemutar videonya pun juga tidak boleh disampingkan. Evaluasi Alternatif Keputusan Pembelian 5 Apple Ipod menjadi produk terobosan baru di pasar alat pemutar musik. pemutar video dan bisa menyimpan foto. Meskipun harga Apple Ipod di pasar pemutar musik cukup mahal. Apple Ipod menghindari risiko fungsional. Yaitu berupa pemutar musik secara digital. Kualitas suara alat pemutar musiknya pun sangat baik. Perilaku Pasca Pembelian Sejak Oktober 2004. iPod mendominasi penjualan pemutar musik digital di Amerika Serikat. Sumber Pribadi Konsumen memperoleh informasi mengenai Apple Ipod melalui teman maupun kerabat yang sudah menggunakan Apple Ipod sebelumnya. tingginya tingkat penjualan yang disebabkan pangsa pasar AS meningkat dari 31% . Selama tahun dari Januari 2004 sampai Januari 2005. dengan lebih dari 90% dari pasar untuk pemain hard drive berbasis dan lebih dari 70% dari pasar untuk semua jenis pemain.Manajemen Pemasaran Pencarian Informasi Sumber Komersial Produk-produk Apple Ipod banyak diiklankan di media cetak dan elektronik. Kualitas produk harus sesuai dengan yang dijanjikan. menyimpan foto. namun harga tersebut seimbang dengan kualitas produk dari Apple Ipod itu sendiri. Apple Ipod menawarkan fitur-fitur baru dalam alat pemutar musik yang tidak dimiliki oleh produk pemutar musik lain. Apple juga memiliki web site yang memuat segala informasi lengkap tentang produknya. Dengan segala inovasinya. Fitur tersebut antara lain pemutar video. Konsumen yang terlebih dahulu menggunakan Apple Ipod akan membagi pengalamannya saat menggunakan Apple Ipod. Keputusan Pembelian Apple Ipod menjadi pilihan konsumen karena menghadirkan inovasi baru dalam pemutar musik. kapasitas memori yang besar dan desain yang sangat menarik tentunya.

5 miliar pada keuntungan. 2007 pendapatan tahun Apple meningkat menjadi US $ 24010000000 dengan US $ 3. pangsa pasar ini diukur pada 74%. ia mengumumkan bahwa Apple telah menjual iPod satu per-seperseratus juta. pangsa pasar iPod mencapai 72. selama mereka "Beat Goes On" acara. Apple melaporkan pendapatan kuartal rekor US $ 7.21% dari total pendapatan fiskal kuartal 4 tahun 2008 berasal dari iPod. Apple melaporkan pendapatan dan pendapatan kuartal terbaik dalam sejarah Apple sejauh ini.1 miliar. Pada tanggal 22 Oktober 2007. Pada tanggal 21 Oktober 2008. Phil Schiller mengumumkan penjualan kumulatif total melebihi 220 juta iPod. Pada tanggal 5 September 2007. Pada bulan Juli 2005. Apple mencatatkan penjualan sebesar US $ 9. 6 Keputusan Pembelian . Hal itu ditunjukkan dengan meningkatanya pangsa pasar di bulan Juli tahun 2005.org/wiki/IPod Artikel di atas menunjukkan bahwa kosnumen yang menggunakan Apple Ipod merasa puas terhadap Apple Ipod yang dibelinya.Manajemen Pemasaran menjadi 65% dan pada bulan Juli 2005. Apple mengumumkan bahwa garis iPod telah melampaui 110 juta unit terjual. Apple melaporkan bahwa hanya 14. sehingga penjualan pemutar musik digital terbesar sepanjang masa.6 miliar dan laba bersih kuartalan rekor sebesar US $ 1. Beberapa saluran eceran baru digunakan-termasuk Wal-Mart-dan iPod ini akhirnya membuat naik 5% dari seluruh penjualan iPod.2 miliar. Pada bulan April 2007. Pada tanggal 22 Januari 2008.7% menurut Bloomberg Online. Apple melaporkan pendapatan kuartal kedua US $ 5. Pada bulan Januari 2007. Hewlett-Packard (HP) mengumumkan bahwa mereka akan menjual iPod HP-bermerek di bawah perjanjian lisensi dari Apple. 19.22% dari penjualan desktop dan 26% dari penjualan iPod. Pada tanggal 8 Januari 2004. dimana 30. 2009 kunci pada Event Apple. HP berhenti menjual iPod karena syarat yang kurang baik dan kondisi yang ditentukan oleh Apple.58 miliar. [67] Pada presentasi 9 September. dimana 32% terbuat dari penjualan iPod. 42% dari pendapatan Apple untuk kuartal pertama fiskal 2008 berasal dari penjualan iPod.wikipedia.69% berasal dari penjualan notebook Apple. diikuti oleh 21% dari penjualan notebook dan 16% dari penjualan desktop. Pada tanggal 9 April 2007. Apple dan beberapa analis industri menunjukkan bahwa pengguna iPod cenderung membeli produk Apple lainnya seperti komputer Mac. Selain itu penjualan Apple Ipod terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pelepasan iPod Mini membantu untuk memastikan keberhasilan ini pada saat bersaing pemutar musik berbasis flash pernah dominan. Apple melaporkan pendapatan triwulanan sebesar US $ 6220000000. Apple mengakhiri tahun fiskal 2007 dengan US $ 15400000000 secara tunai dan utang. Pada bulan Januari 2007. dimana 48% terbuat dari penjualan iPod. Sumber: http://en.

mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan rasa tubuh yang bugar. Sariwangi dianggap sebagai merek teh modern. inovatif dan populer. progresif. lemon. memerangi kepenatan. Riset menunjukkan bahwa manfaat maksimal teh akan diperoleh melalui konsumsi teh secara rutin (4-6 cangkir teh per hari). Jika diminum secara rutin. Sariwangi merupakan merek lokal yang diperkenalkan pada tahun 1973 dalam format teh celup – suatu cara modern baru untuk minum teh yang lain dari teh bubuk. Produk Sariwangi Gingertea Sariwangi Greentea Sariwangi Honey tea Sariwangi Jasmine Tea Sariwangi Lime Tea Sariwangi Milktea . susu dan lain-lain) tidak mengurangi manfaat teh. teh dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.Manajemen Pemasaran TEH SARIWANGI Pengenalan Masalah Indonesia mempunyai budaya minum teh yang kuat. Sariwangi merupakan merek teh arketip terkemuka yang secara eksklusif beroperasi dalam segmen teh celup. Keputusan Pembelian 7 Cara penyajian yang berbeda (baik panas maupun dingin) dan penambahan bahanbahan lain (seperti gula.

informasi internet (dari produsen mauun masyarakat umum).Aromanya Khas .Manajemen Pemasaran Sariwangi Original 100 Teabag Sariwangi Teabag Sachet Pencarian Informasi Sumber Komersial.Rasa Tehnya Kental .Fresh .Telah Teruji Sejak Dulu . Sumber Pengalaman pernah mengguakan produk Sariwangi dan merasakan manfaat. teh dapat mengakibatkan penyakit kanker. Meskipun PT. yaitu program mudik gratis sampai ke tujuan dengan cara membeli produk Sariwangi apa saja. sehingga sangat dipercaya oleh konsumen.Cukup Murah . Sumber Publik. Unilever terus melakukan inovasi. kelebihan maupun kekurangannya.Segar .Dan Praktis Strategi Unilever: Sariwangi mobil mudik. sehingga kecil kemungkinan masyarakat akan pindah ke produk lain. • Faktor Penghambat: menurut rumor yang beredar. program diskon. Evaluasi Alternatif Keunggulan Teh Sariwangi: . melalui iklan di berbagai media. 8 Keputusan Pembelian . Sariwangi tetap mempunyai rasa yang khas.Lebih Alami . dan brand activation. Keputusan Pembelian • Sariwangi merupakan teh celup pertama di Indonesia (leader).

 Tahun 2006 Sariwangi memperoleh penghargaan Packaging Consumer Branding Award (kategory “emas”) yang diadakan oleh majalah SWA. hanya dicelupkan selama beberapa menit saja. Misalnya. majalah Mix. Dari data diatas dapat dikatakan bahwa konsumen dari tahun ke tahun semakin puas dan teh Sariwangi pun semakin mendapatkan tempat di hati pelanggan. Sariwangi mengadakan ‘Sariwangi Mobil Mudik’ sebagai sarana untuk membina keakraban antar anggota keluarga melalui komunikasi yang lebih baik selama persiapan dan perjalanan mudik dengan fasilitas Mobil Mudik Sariwangi. Perilaku Pasca Pembelian Segmen teh celup mengalami peningkatan pangsa pasar dalam 4 tahun terakhir khususnya karena dorongan konversi yang sangat agresif yang dilakukan oleh Sariwangi dari teh bungkus ke teh celup. dan Imago School of Modern Advertising. Keputusan Pembelian 9 .  Tahun 2006. Landor.Manajemen Pemasaran • Terlebih lagi. dm Associates. Sariwangi mempunyai kemasan yang menarik dan praktis sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan proses penyajian produk. the siap disajikan.  Tahun 2006 & 2007 Sariwangi memperoleh ICSA Award (Indonesia Customer Satisfaction Award) yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan Frontier.

Selama 20 tahun. baik melalui media televisi. iklan yang gencar dari Unilever Co. bau dan lemak. biasanya melaui internet. Pada tahun 1980an. Produk Sunlight Lime Bottle Strawberry Sunlight Lemon Refill Sunlight Lime Refill Sunlight Pencarian Informasi Biasanya. Sunlight diluncurkan dalam bentuk cair yang menjadikannya sebagai produk cuci piring pertama di Indonesia. Sunlight sudah tersedia di Indonesia sejak lebih dari 25 tahun yang lalu dengan format batang pada awalnya. konsumen akan mendapatkan informasi dari: • • Sumber Komersial. rado. Sunlight sebagai pemimpin pasar. Sumber Pengalaman. konsumen pernah menggunakan produk ini sehingga telah mengetahui bagaimana dan apa saja kelebihan ataupun kekuranngan yang dimiliki oleh produk ini. • 10 Keputusan Pembelian . maupun media cetak.Manajemen Pemasaran SUNLIGHT (SABUN PEMBERSIH PERALATAN RUMAH TANGGA) Pengenalan Masalah Sunlight merupakan pembersih ampuh yang membuat peralatan rumah tangga menjadi lebih mudah dibersihkan. selalu menawarkan solusi terbaik untuk membersihkan peralatan masak dan peralatan dapur dari semua jenis kotoran. yang menyediakan begitu banyak informasi mengenai produk tertentu baik dari produsen maupun masyarakat luas. Sumber Publik.. produk Sunlight berhasil menjadi merek cairan cuci piring terbesar di Indonesia dengan berbagai aktivasi inovasi dan promosi.

• Faktor Penghambat: Harga yang sedikit lebih mahal disbanding produk lain. 2 kemasan: Botol (250 ml dan 800 ml) dan Refill (90 ml. tahan lama Terdiri dari 3 varian. 200 ml. 400 ml. (Terkadang konsumen bisa mendapatkan busa gratis pada produk bundling). yaitu program untuk mengajak orang lain menggunakan produk ini.1% : 89. Keputusan Pembelian • Konsumen lebih memilih Sariwangi daripada merek lain dikarenakan Sariwangi mempunyai wangi yang tahan lama serta irit dalam penggunaanya. Sunlight menempati posisi pertama dengan: • • • • Top of Mind Brand Brand Share Satisfaction Brand Value 2010 : 84.Manajemen Pemasaran Evaluasi Alternatif Kelebihan yang dimiliki Sunlight: • • • • • Irit.9% : 88. • Sunlight menggunakan teknologi gel pada produknya sehingga dapat dioleskan ke busa yang dapat digunakan berkali-kali.6% 11 Keputusan Pembelian . plastik berminyak. Perilaku Pasca Pembelian Sesuai dengan yang tertera pada majalah Swa tabel Indonesia Best Brand Index tahun 2010 kategori Sabun pencuci Piring. yaitu lime. dan 800 ml) Tersedia di pasar tradisional maupun di pasar modern Strategi Unilever untuk Sunlight: Agen 1000 Sunlight.5% : 99. tetapi juga alat dapur dan pembersih lemari dapur. lemon dan strawberry Tidak hanya untuk mencuci piring. wangi.

Kondisi itu diperparah dengan belum tertatanya sebagian besar lingkungan pemukiman yang mendoron berkembang biaknya nyamuk. lipan. Produk dan pelayanan mereka dirancang untuk member manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka. BAYGON PT Bayer Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan global dengan kompetensi inti dibidang kesehatan.C. PT Bayer Indonesia memproduksi produk farmasi dan produk industry pertanian. gizi. dan material berteknologi tinggi. dan semut. barnate propoxur. kecoa. dapat disimpulkan bahwa penjualan semakin bertambah dan kepuasan pelanggan pun tercapai dengan baik.Manajemen Pemasaran Maka. Dapat terlihat jelas dari penjelasan diatas bahwa latar belakang produsen menciptakan produk tersebut sebagai pembasmi hama seperti nyamuk. semut. Johnson & Son. Nyamuk di Indonesia sangat ganas dan menyebarkan berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian seperti Demam Berdarah dan Malaria. dan hama lainnya agar manusia tidak terkena penyakit-penyakit yang berasal dari hama tersebut. Bayer menjual merek ini kepada S. Baygon mulai diperkenalkan di Australia pada tahun 1975. kecoa. Baygon adalah merk pestisida sebagai pembasmi hama rumah tangga. seperti nyamuk. Bahan aktif Baygon terdiri dari pyrethroids cyfluthrin and transfluthrin. Akan tetapi bahan-bahan yang ada di dalam Baygon masihdiproduksi oleh Bayer. Pada saat yang sama Bayer menciptakan nilai melalui inovasi pertumbuhan dan daya produktif tinggi. Salah satu yang terkenal produknya adalah Baygon obat anti nyamuk. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan insektisida. Hama-hama diatas sangat mengganggu manusia terutama di daerah tropis seperti Indonesia. dan banyak lagi. Penyakit-penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang banyak dijumpai di Indonesia karena iklimnya yang tropis dan disenangi nyamuk. Permintaan akan obat anti nyamuk itu terjadi sepanjang tahun. Akan tetapi pada tahun 2003. Sekarang merk ini sangat popular di Indonesia sehingga sudah menjadi generic di Indonesia. Informasi dapat berasal dari saudara dan teman-teman mereka dengan menggunakan cara worth of 12 Keputusan Pembelian . Pencarian Informasi Konsumen mendapat informasi mengenai Baygon dari berbagai media.

Baygon juga melakukan kegiatan dan acara-acara mengenai kesehatan seperti seminar kesehatan yang bias dijadikan sarana edukasi kepada masyarakat mengenai produk Baygon. Ditribusi Baygon juga merata dan dapat dengan mudah ditemui di berbagai daerah. sehingga Baygon masih dapat bernafas lega. Baygon juga lebih mudah ditemui dimana-mana sehingga masyarakat akan dengan mudah membelinya dan tidak berpikir untuk pindah ke merk lain. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Baygon dijual mulai dari retailer besar hingga warung-warung kecil di perumahan. Evaluasi Alternatif Baygon merupakan merek Top of Mind di Indonesia dan diproduksi oleh perusahaan global yang memiliki jaringan kuat. atau melalui iklan-iklan dari televisi. Dari segi variasi aroma memang Baygon kalah dari Vape. Untuk bersaing dengan produk lain yang sejenis. Selain itu variasi ukuran Baygon bermacam-macam dan Baygon sudah terkenal paling ampuh dan dipercaya oleh masyarakat. Ada beberapa factor yang cukup mengganggu bagi produsen Baygon yaitu betapa produk-produk lain semakin berlomba-lomba mengejar Baygon. dan radio. Informasi juga didapat dari internet yang dengan lugas menjelaskan berbagai hal mengenai produk ini sehingga konsumen dapat dengan mudah menimbang-nimbang penggunaan produk Baygon di kehidupan mereka. Keputusan Pembelian Konsumen memilih Baygon karena kepercayaan mereka terhadap Baygon begitu besar. Perilaku Pasca Bembelian 13 Keputusan Pembelian .Manajemen Pemasaran mouth. Selama ini juga Baygon selalu menjaga konsistensi mutu produk. media cetak. Baygon juga memperbaharui kemasan setiap beberapa waktu agar lebih menarik pelanggan. Baygon sendiri sudah terkenal dan menjadi merk generic untuk produk sejenis di Indonesia.dari segi harga Baygon kalah dari HIT. Akan tetapi produsen_produsen lain belum bias mengejar Baygon. Baygon mengeluarkan Baygon aroma Lavender. Baygon menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Ada juga kegiatan-kegiatan pemberantasan hama bersama Baygon. Persaingan yang cukup menghantam adalah inovasi Vape pada produk One Push Vape yang cukup satu semprotan dalm waktu 30 detik dan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa. Yang penting juga mengenai kepercayaan masyarakat terhadap keamanan produk tersebut akibat ditemukannya obat nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan.

Dan konsumen sebagian besar akan membeli kembali produk Baygon. Pembuangan juga mudah asal tidak dibakar. Satisfaction produk ini juga 99.7. yang telah sukses di 60 negara. (SWA Juli 2010 hal 43) Hal ini berarti sampai sekarang Baygon sangat memuaskan masyarakat Indonesia.6 . brand value pada tahun 2010 75. Gambar 1. termasuk Indonesia. PENGENALAN MASALAH • Pengenalan produk AXE Deodorant Bodyspray (singkat) Axe diluncurkan pertama kalinya di Perancis pada tahun 1983 di bawah naungan Perusahaan Multinasional Unilever. Penggunaan Baygon cukup mudah karena tinggal disemprot saja keruangan dan ditunggu kira-kira 1 jam untuk menghilangkan racunnya.1 Segmen pasar produk AXE Deodorant Bodyspray adalah pria 14 Keputusan Pembelian AXE DEODORANT BODYSPRAY . Semuanya merupaka angka tertinggi pada produk obat nyamuk. Produk ini mengkhususkan diri sebagai produk perawatan bagi pria.5 .Manajemen Pemasaran Pada majalah SWA Juli 2010 dikatakan bahwa Brand Share Baygon ada pada angka 68.

Di setiap iklan produk ini menggambarkan pria biasa yang selalu dikejar atau disukai para wanita setelah menggunakan AXE Deodorant Bodyspray. Sehingga dapat dikatakan brand positioning produk ini telah melekat kuat pada pria. konsumen sangat mudah ntuk memperolehnya.com) - 15 Keputusan Pembelian . selain itu Axe Deodorant Bodyspray digunakan untuk menarik wanita dan menambah rasa percaya diri karena menghilangkan imej bau badan pria dengan kombinasi bahan antibakteri yang dipadukan variasi keharuman maskulin yang dimilikinya. PENCARIAN INFORMASI Pada tahap pencarian informasi.Manajemen Pemasaran • Latar belakang produsen menciptakan produk: Perusahaan Unilever menangkap sebuah peluang dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang tersegmentasi yaitu laki-laki berumur sekitar 17 – 40 tahun. Karena AXE Deodorant Bodyspray selalu mempromosikan produknya melalui berbagai media. • Sumber komersial (iklan media elektronik & cetak) - Iklan komersial AXE Deodorant Bodyspray sangat kreatif dan tepat sasaran. sehingga tingkat brand awareness konsumen Axe sangat baik. setidaknya akan membantu mereka dalam menarik wanita layaknya magnet. situs-situs popular seperti yahoo. Para konsumen pria percaya jika membeli produk ini. Iklan ini dikemas secara sensual dan terkesan nakal. Iklan pada media Internet (website resmi. Axe ini di buat untuk memenuhi kebutuhan pria yang mementingkan penampilan dan bau badan.

Manajemen Pemasaran Gambar 1. • Sumber pribadi (word of mouth) : pengalaman teman.3Poster iklan kreatif AXE Deodorant Bodyspray yang bertemakan Dark Temptation dimana pria yang memakainya akan seperti coklat yang identik disukai oleh banyak wanita. dsb. keluarga.2 Website resmi axe yang menampilkan berbagai informasi mengenai rangkaian produk Axe - Iklan melalui siaran radio Iklan pada media cetak seperti Koran dan majalah terkenal ketika pe-launchingan produk baru Gambar 1. saudara. EVALUASI ALTERNATIF 16 Keputusan Pembelian .

dsb) dan psikologi (mental). mudah diperoleh (ketersediaan produk di mini market – hypermarket). diantaranya : tahan lama. tidak akan tertutup kemungkinan akan menghalangi keputusan pembelian konsumen terhadap produk ini. evaluasi alternatif ini mencerminkan keberhasilan Axe untuk memberi keyakinan dan mengarahkan sikap positif konsumen untuk membeli produk AXE Deodorant Bodyspray KEPUTUSAN PEMBELIAN • Yaitu kegiatan konsumen untuk mengevaluasi atribut produk lebih dalam lalu membuat keputusan dalam pembelian produk. Produsen AXE Deodorant Bodyspray menghindari akan adanya resiko fungsional (bersifat fisik : kinerja kemasan produk rusak. variasi aroma banyak. Dalam kasus ini. • • 17 Keputusan Pembelian . Berdasarkan hal tersebut. Faktor-faktor yang mengganggu : sikap negatif orang lain dan faktor situasi yang tidak terantisipasi adalah hal-hal yang dihindari oleh produsen AXE Deodorant Bodyspray. pengalaman Leksikografik (model pilihan konsumen nonkompensasi) adalah yang paling tepat dalam menggambarkan proses pemilihan AXE Deodorant Bodyspray sebagai merek terbaik berdasarkan atribut/variabel yang paling penting = keharumannya yg variatif . harga (kompetitif) . tahan lama dan harga yang kompetitif.com/showthread. Berdasarkan situs (http://forum.Manajemen Pemasaran • Dalam tahap ini. keharuman. Vaibhav Bedi menuntut perusahaan HUL (Hindustan Unilever Limited) yang memasarkan produk Axe. hingga kemasan produk menarik (differensiasi) karena selain desain gambar yang unik juga memberikan pengalaman sendiri bagi konsumen (desain penutup diputar / twist).php?p=856938) saat ini produsen sedang menghadapi kasus dimana seorang pemuda New delhi berusia 26 tahun. Ia menggugat karena Axe Effect yang selalu digembor2kan di iklan tidak sesuai dengan kenyataan sehingga bila hal ini tidak segera ditanggapi. bocor. konsumen mengolah informasi merek dengan melihat keunggulan dan manfaat produk AXE Deodorant Bodyspray dibandingkan dengan produk sejenis (merek lain). karena akan mempengaruhi penjualan produk ini. yaitu berdasarkan variabel tertentu.vivanews. dengan tuduhan telah menipu dan menyebabkan penderitaan mental karena gagal menarik perhatian wanita meskipun telah memakai produk ini selama lebih dari 7 tahun.

Sehingga dapat dikatakan konsumen akan membeli kembali produk ini secara rutin dan berkala.com & reviews. 18 Keputusan Pembelian .Manajemen Pemasaran PERILAKU PASCA PEMBELIAN • Berdasarkan gambar diatas (www.com) produk AXE Deodorant Bodyspray memperoleh bintang empat dan bintang lima. Agar konsumen tidak merasa bosan strategi yang dilakukan AXE terhadap hal ini adalah mengganti produk baik kemasan maupun varian harum secara berkala misal : summer edition. Hal ini membuktikan tingkat kepuasan pasca pembelian konsumen terhadap produk ini adalah puas atau sangat puas.amazon.walmart.

Namun semenjak tahun 2008. • Latar belakang produsen menciptakan produk: 19 Keputusan Pembelian . Sehingga tak heran produk ini menjadi popular di Indonesia. Berdasarkan data dari Majalah Marketing edisi 02/IX/Februari 2009 (sumber : Riset frontier Consulting Group). Buavita memiliki banyak varian rasa yang disukai oleh konsumen. Pada tahun 2009 Buavita meraih posisi pertama di pasar minuman sari buah siap minum Indonesia.1%.Ultra Jaya. produk ini diakusisi oleh Perusahaan Multinasional Unilever. dengan angka Top Brand Index (TBI) 31.Manajemen Pemasaran Buavita PENGENALAN MASALAH • Pengenalan produk Buavita Buavita merupakan sebuah produk minuman jus yang dimiliki oleh PT.

Manajemen Pemasaran Perusahaan Unilever secara cerdas menangkap peluang dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang semakin peduli akan kesehatan dengan mengeluarkan Buavita sebagai produk minuman jus (sari buah) yang tersegmentasi bagi pria dan wanita dengan usia antara 18 – 30 tahun. situs-situs populer) Iklan melalui siaran radio Iklan pada media cetak seperti Koran dan majalah terkenal ketika pe-launchingan produk baru - - . Buavita memiliki strategi jitu dalam merebut pasar yaitu menjadikan produknya sebagai bagian dari gaya hidup. Buavita menyediakan sarana-sarana media informasi bagi konsumen yang tertarik untuk mencoba atau mengetahui lebih lanjut mengenai produk ini. PENCARIAN INFORMASI Pada tahap pencarian informasi.be-frutarian. Buavita mengkampanyekan “Be Frutarian with Buavita” yaitu memosisikan produk sebagai sumber gizi (vitamin dan mineral) yang nikmat dan kaya manfaat.com. Semenjak bulan Agustus 2008. • Sumber komersial (iklan media elektronik & cetak) Keputusan Pembelian 20 Iklan komersial (iklan yang ditayangkan secara berkala di TV dengan animasi buah yang menarik dan menggambarkan pesan bahwa meminum jus buah secara rutin akan menyehatkan kita Iklan pada media Internet (website resmi = www.

saudara. Pada tahun 2008 Buavita mendapat nilai Top Brand Index sebesar 30. KEPUTUSAN PEMBELIAN • Pada tahap ini konsumen akan mengevaluasi atribut produk lebih dalam lalu membuat keputusan dalam pembelian produk. konsumen melihat keunggulan –keunggulan produk Buavita dibandingkan dengan produk sejenis (merek lain). Produsen Buavita menghindari akan adanya resiko fungsional (kinerja kemasan produk rusak. mudah diperoleh (tersedia di mini market – hypermarket) kemasan produk menarik dan unik (differensiasi). psikologis ( efek mental) dan resiko waktu sehingga tidak akan menghalangi keputusan pembelian konsumen terhadap produk ini. • • PERILAKU PASCA PEMBELIAN (cari data di internet) Berdasarkan data dari Majalah Marketing edisi 02/IX/Februari 2009 (sumber : Riset frontier Consulting Group). Pada tahap ini konsumen masih mempertimbangkan apakah buavita akan memenuhi kebutuhan mereka dan bagaimanakah dengan manfaatnya bagi kesehatan.dsb) . yaitu : varian rasa. • Sumber pribadi (word of mouth) : pengalaman teman. Faktor-faktor yang mengganggu : sikap dan faktor situasi yang tidak terantisipasi akan dihindarkan oleh produsen.seperti dengan tetap menjaga kualitas bahan baku (buah).Manajemen Pemasaran Gambar 2. Lalu pada tahun 2009 Buavita meraih 21 Keputusan Pembelian .3% yang menempatkannya pada posisi ke-2. dsb. Jika tahap tersebut telah tercapai maka sikap dan keyakinan konsumen untuk membeli produk Buavita akan terbentuk.1 Poster iklan Buavita yang mengusung “ Buavita Fun Day” . bocor. harga. keluarga. Pada kasus ini konsumen mungkin akan memanfaatkan pengalaman konjungtif yaitu mengurangi jumlah pilihan merek hingga tercapai merek yang di inginkan sambil tetap mengevaluasi produk lain yang sejenis. Perusahaan ini bekerja sama dengan Water Boom Snow bay sebagai ajang promosi dalam meningkatkan penjualan. Buavita harus selalu menawarkan keunggulan dan “pembeda” agar keputusan pembelian tetap berada pada produk ini. EVALUASI ALTERNATIF • Dalam tahap ini.

BAND AID – PLESTER OBAT PENGENALAN MASALAH Band Aid merupakan produk plester obat untuk mengobati dan menjaga luka kecil dari debu-debu atau kuman diluar.1%. 22 Keputusan Pembelian .Manajemen Pemasaran posisi pertama di pasar minuman sari buah siap minum Indonesia. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasca pembeli adalah sangat puas karena ada peningkatan yang cukup besar. Hal ini didukung dengan penciptaan variasi rasa yang rutin dilakukan. Tindakan pasca pembelian yang akan dilakukan konsumen adalah mengkonsumsi Buavita secara rutin karena mereka percaya bahwa produk ini sangat baik untuk kesehatan mereka dan merupakan bagian dari gaya hidup yang sehat. dengan angka Top Brand Index (TBI) 31. menyebabkan loyalitas konsumen tetap terjaga. Band Aid juga berfungsi menjaga infeksi sekaligus menyembhkan luka secara optimal Band Aid juga merupakan merek dagang terdaftar dari Johnson&Johnson.

Di tahun 1924. Plester obat yang pertama kali dibuat secara manual dan tidak begitu popular. iklan. Brazil dan Australia. PENCARIAN INFORMASI Dari produk ini sendiri biasanya para konsumen mendapatkan informasi dari keluarga. Kebanyakan dari mereka mendapatkan informasi dari rumah sakit apabila mereka telah periksa dan dianjurkan untuk memakai Band Aid. Dapat terlihat jelas dari penjelasan diatas bahwa latar belakang produsen menciptakan produk tersebut adalah sebagai alat untuk mengobati luka kecil. obat flu. New Jersey menyampaikan idenya ke atasannya yang kemudian memproduksi dan menjual produk plester tersebut dengan nama Band Aid.Manajemen Pemasaran Plester obat ini begitu terkenal sehingga menjadi nama generic untuk plester obat di Amerika Serikat. dan obat-obat lainnya. tetangga. obat demam. Kanada. Earle Dickson yang waktu itu tinggal di Highland Park. Band Aid juga lebih praktis dan irit serta mempermudah para pemakai dalam penggunaan. Selain itu Band Aid juga memudahkan orang yang terkena luka kecil agar dapat menghemat dengan cara mengobatinya sendiri. Lalu konsumen juga mendapat informasi dari apotik apabila mereka terkena goresan kecil sehingga untuk menutupinya mereka mencari plester obat untuk dijadikan penutup untuk menjaga luka tersebut. istrinya yang sering ceroboh dan sering sekali mengiris tangannya sendiri sewaktu memasak. Tetapi banyak orang membeli produk ini justru karena referensi dari para kerabat. Selain Band Aid di Indonesia juga dikenal plester obat Hansaplast (handyplast) dan sebelumnya pernah ada tensoplast yang menampilkan merek pak tenso. dan biasanya para apoteker memberikan solusi berupa Band 23 Keputusan Pembelian . kerabat. Tidak sedikit orang yang mencari informasi mengenai Band Aid melalui internet. Dickson kemudian sangat sukses dalam kariernya di Johnson&Johnson hingga sempat diangkat sebagai wakil direktur. disamping aman dalam pemakaian. Ini dikarenakan tingkat kepuasan mereka setelah memakai produk tersebut. Selama Perng Dunia II jutaan lembar plester Band Aid diproduksi dan dikirim ke luar negeri. Profil perusahaan Di tahun 1920. Dengan adanya plster ini sang istri bias mengirit dan lebih mudah mengobati dirinya sendiri. Seperti kita ketahui iklan produk Band Aid tidak sesering iklan produk-produk obat yang lainnya. seorang pegawai Johnson&Johnson bernama Earle Dickson menciptakan prototype plester untuk Josephine. Johnson&Johnson memperkenalkan mesin yang dapat membuat Band Aid steril. saudara yang telah lebih dahulu memakai produk ini. wiraniaga dan lain-lain. seperti obat pencahar. dan menjaga luka tersebut agar tidak terkena kuman dari luar yang dapat menyebabkan infeksi. Karena internet telah mengubah cara berhubungan atau mengubah pencarian informasi saat ini.

jumlah dan keanekaragaman pesaing. Pemasar dapat menarik para pembeli dengan cara mempercantik pada kemasan agar pembeli tertarik dan memberikan nilai plus tambah pada merk tersebut. Keputusan Pembelian 24 Contohnya untuk luka yang sangat kecil disediakan dalam bentuk lingkaran kecil. Untuk memberi perhatian lebih kepada konsumen agar selalu memilih produk ini dalam setiap kebutuhannya. kemampuan pembeli untuk mengintegrasikan kembali. pertumbuhan industry. yaitu :  Menarik perhatian pada pengemasan. Dan plester Tough Strips tahan air yang emiliki lem yang sangat kuat sehingga melekat lebih lama. Serta dari bentuk juga disediakna bermacam-macam.  Berinovasi. dan kendala untuk keluar dari industry. plester berisi obat cair. cara pemakaiannya juga mudah serta praktis. kapasitas intermiten yang berlebihan.Manajemen Pemasaran Aid. lalu yang besar disediakan dalam bentuk perseg panjang. mudah dalam cara pemakaian. dan plester untuk menyembuhkan luka parut. apabila luka sedang disediakna plester berukuran sedang dengan bentuk kotak. dan pentingnya volume unit bisnis bagi pemasok. Agar menjadi pembeda dari kompetitornya. diantaranyaancaman dari barang . EVALUASI ALTERNATIF Selain menciptakan plester obat. perbedaan produk. Selainitu Band Aid juga menciptakan berbagai ukuran plester dari ukuran yang kecil hingga besar. Mereka juga menciptakan produk terbarunya yang diebut plester Active Flex yang lentur mengikuti gerakan tubuh. biaya peralihan pembeli. serta dapat mengirit untuk mengobati diri sendiri Selain kelebihan–kelebihan dari pengaruh daya beli dan pemasok. Sedangkan kekuatan pemasok adalah jumlah pemasok. Dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna plester obat Band Aid memilih menggunakan plester tersebut karena factor informasi word of mouth. Selain itu produk Johnson&Johnson juga menciptakan beberapa strategi untuk merangsang minat. Dan factor untuk mempengaruhi daya beli itu sendiri adalah jumlah pembeli. mengembangkan dan menjaga eksistensi dari produknya. Selain harganya yang terjangkau. tingkat iaya tetap. KEPUTUSAN PEMBELIAN Dapat kita lihat bahwa pada saat ini banyak factor yang mempengaruhi persaingan secara langsung diataranya.  Mengembangkan setiap produknya. kemampuan pemasok untuk melakukan integrasi ke depan. Banyak orang yang memutuskan untuk membeli produk tersebut karena praktis dalam kemasan (mudah dibawa kemana-mana). Band Aid juga membuat berbagai macam produk diantaranya. kita perlu memperhatikan ancaman pada produk plester obat tersebut.

obat yang terkandung dalam plester tidak bersifat menyembuhkan. dimana macamnya adalah harga barang subtitusi. seperti contohnya untuk pengguna dewasa diberikan hansaplast bening atau berwarna coklat. kelenturan dari plester obat itu sendiri. PERILAKU PASCA PEMBELIAN Kepuasan pasca pemakain produk Band Aid ditunjukan relative rendah. dan kecenderungan pembeli memakai barang tersebut. tidak tahan air. OLI TOP ONE PENGENALAN MASALAH Pengenalan produk “Oli Top One” (singkat) 25 Keputusan Pembelian . Produsen juga menghindari adanya keluhan dari konsumen agar dapat menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk mereka. Tetapi sebagian orang juga tetap menggunakan Band Aid karena fungsinya yang dapat menjaga dan menyembuhkan luka kecil. Keluhan-keluhan yang dapat diterima para konsumen adalah plester obat pada Band Aid yang tidak dapat merekat dengan kuat. agar dapat menarik minat anak kecil untuk memakai plester obat saat mengalami luka kecil. sedangkan bagi pengguna anak-anak diberikan hansaplast dengan beragam gambar seperti hewan. Dan hansaplast juga memiliki keanekaragaman bagi pengguna. Kelebihan dari hansaplast itu selain plester generasi baru yang sudah teruji secara klinis.Manajemen Pemasaran subtitusi. Dikarenakan diferensiasi kompleksitas tekhnologi dari produk atau proses. plester ini memiliki inovasi bantalan SilverCare yang terus menerus agar cepat sembuh. biaya peliharaan pembeli. Dan lainnya adalah factor pendatang baru yang masuk. Karena sebagian dari pengguna Band Aid rata-rata setelah pemakaan justru apabila membutuhkannya kemabali malah menggunakan produk lain seperti contohnya hansaplast. Ini merupakan salah satu ancaman karena dapat mempengaruhi kendala distribusi serta keputusan pembelian pelanggan.

Sumber Komersial (Iklan media elektronik dan cetak) Oli merk ini sering dipromosikan di berbagai media dengan pesan “Oli yang banyak dipakai oleh artis” atau “Oli nomor satu di Amerika”. PT Topindo Atlas Asia yang mempromosikan minyak pelumas Top One. konsumen sangat mudah ntuk memperolehnya. Perang promosi berbagai merek pelumas di dalam negeri semakin marak dengan masuknya sejumlah pelumas impor. tetangga. Sumber Publik 26 Keputusan Pembelian . Hampir semua produsen minyak pelumas atau oli kendaraan bermotor mengklaim bahwa produknya yang terbaik. pencarian sederhana melalui Google akan memunculkan lusinan thread yang berkaitan dengan oli Top-1. kenalan komunitas otomotif. pemegang merek ataupun distributor pelumas impor. 1. Tidaklah terlalu sulit untuk menemukan diskusi-diskusi tersebut. Walaupun demikian. Sebut misalnya. Diskusi tentang oli merk ini dapat dengan mudah ditemukan di mailing-list atau forum online yang berhubungan dengan otomotif. Bahkan merk ini adalah salah satu dari 100 Superbrands Indonesia. Perang promosi berbagai merek minyak pelumas juga tak terhindarkan. Dominasi pasar pelumas yang kini dikuasai Pertamina dicoba digoyang oleh sejumlah produsen. 3. Karena Oli Top One selalu mempromosikan produknya melalui berbagai media. Sehingga dapat dikatakan brand positioning produk ini telah melekat kuat pada pengguna kendaraan bermotor beroda empat maupun beroda dua.Manajemen Pemasaran Oli Top-1 adalah salah satu oli yang paling populer di Indonesia. sehingga tingkat brand awareness konsumen Oli Top One sangat baik. selain Top-1 hanya ada satu merk oli lain. PENCARIAN INFORMASI Pada tahap pencarian informasi. Kebutuhan akan minyak pelumas juga akan terus meningkat. Bahkan merk ini adalah salah satu dari 100 Superbrands Indonesia. reputasi oli ini di ajang Internet tidaklah begitu baik. Terlebih lagi pengguna kendaraan bermotor beroda dua dan empat melonjak drastis beberapa tahun belakangan ini dan akan terus meningkat secara signifikan. Benarkah konsumen diuntungkan dari perang promosi produk-produk minyak pelumas tersebut? Sejumlah merek minyak pelumas kini sedang gencar-gencarnya berpromosi mengenai keunggulan produknya. yaitu Shell Helix. Oli merk ini sering dipromosikan di berbagai media dengan pesan “Oli yang banyak dipakai oleh artis” atau “Oli nomor satu di Amerika”. dll) 2. teman. Dari 100 merk Superbrands tersebut. PT Wiraswasta Gemilang Indonesia yang memiliki lisensi untuk memproduksi minyak pelumas merek Pennzoil dan Pertamina yang memproduksi minyak pelumas Mesran. Sumber Pribadi (Keluarga.

tahan lama dan harga yang kompetitif. yakni puas atau tidak puas. Sehingga Oli Top One bukan menjadi hal yang asing lagi di kalangan anggota komunitas. . Berdasarkan hal tersebut. variasi produk. pengalaman Leksikografik (model pilihan konsumen nonkompensasi) adalah yang paling tepat dalam menggambarkan proses pemilihan Oli Top One sebagai merek terbaik berdasarkan atribut/variabel yang paling penting. dan pemakaian produk) EVALUASI ALTERNATIF Dalam tahap ini. Sumber Pengalaman (Pengkajian. kualitas. mudah diperoleh (ketersediaan produk di toko-toko otomotif). yaitu PERILAKU PASCA PEMBELIAN Setiap tindakan pembelian suatu produk dapat dipastikan hanya akan mendatangkan dua opsi sikap. Keputusan Pembelian 27 manfaat produk Oli Top One dibandingkan dengan produk sejenis (merek lain). 4. Dalam kasus ini.Manajemen Pemasaran Media massa dan organisasi penentu peringkat konsumen. Oli Top One berusaha untuk dapat masuk ke komunitas-komunitas kendaraan bermotor untuk dapat memasarkan produknya. tahan lama. Sikap pasca pembelian ini tergantung pada kesesuaian harapan dan keinginan pembeli dengan performansi atau kinerja produk yang dibeli sebagaimana yang dijanjikan penjual sebelumnya. karena akan mempengaruhi penjualan produk ini. penanganan. KEPUTUSAN PEMBELIAN Yaitu kegiatan konsumen untuk mengevaluasi atribut produk lebih dalam lalu membuat keputusan dalam pembelian produk. evaluasi alternatif ini mencerminkan keberhasilan Oli Top One untuk memberi keyakinan dan mengarahkan sikap positif konsumen untuk membeli produk Oli Top One. konsumen mengolah informasi merek dengan melihat keunggulan dan berdasarkan variabel tertentu. hingga kemasan produk yang menarik (differensiasi). Faktor-faktor yang mengganggu : sikap negatif orang lain dan faktor situasi yang tidak terantisipasi adalah hal-hal yang dihindari oleh produsen Oli Top One. diantaranya : kualitas. Sehingga proses pemasaran Word of Mouth dapat berjalan dengan cepat dan efektif. harga (kompetitif) .

mempengaruhi sikap calon pembeli lainnya untuk berpikir ulang atau bahkan membatalkan keputusan pembeliannya. COSMOS PENGENALAN MASALAH Pengenalan Produk Cosmos (singkat) 28 Keputusan Pembelian .Manajemen Pemasaran Kepuasan akan berdampak positif berupa keinginan untuk membeli produk yang sama suatu saat nanti bila kebutuhan yang sama kembali muncul. Pertama. Sementara. Betapa pun kecilnya. si pembeli akan mengambil keputusan untuk tidak pernah lagi membelinya di masa datang. Kedua. Jangan biarkan usaha kita dirusak oleh sikap kecewa konsumen. kepuasan yang dimunculkan dalam perbincangan keseharian oleh si pembeli dengan sendirinya akan membawa efek promosi yang efektif buat calon pembeli lainnya. Di sisi lain. ketidakpuasan akan membawa setidaknya dua dampak buruk.

Manajemen Pemasaran PT STAR COSMOS didirikan ditahun 1976 oleh Bpk. 2003 mendapatkan Gold Award dari Indonesia Good Design untuk produk Sarana Penyimpan Beras (Cosmos Bio). Th 2005 kami adalah produsen kipas angin pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan Safety Sertifikat Indonesia (SNI). Dari SNI ini. sarana penyimpan beras. Motto dari Cosmos adalah “Idenya siapa buu? Idenya Cosmosss!!”. KOSMOS. yang beroperasi untuk memproduksi dan assembling : kipas angin. Misi saat itu adalah sebagai alternative terhadap produk .blender dan toaster. Ir. juicer. Sertifikat ini merupakan pengakuan Pemerintah Indonesia akan produk Cosmos yang memilik Standar kualitas dan standar keselamatan yang tinggi. juicer. sarana penyimpan beras. seluruh sarana penyimpan beras yang beredar di Indonesia diharuskan mengacu pada standard yang Cosmos telah tetapkan Th. Produk-produk yang dihasilkannya adalah kipas angin. Pemilihan kata Cosmos berasal dari bahasa Yunani kuno. Penghargaan ini diberikan oleh Indonesia Good Design Selections bekerjasama dengan Departmen Peridustrian dan Perdagangan dan ditanda tangani langsung oleh mentri perindustrian dan perdagangan Di tahun 2004 kami kembali mendapatkan Gold Award dari Indonesia Good Design dua awards sekaligus untuk produk Juicer 366 untuk category home appliances electric dan Waranca untuk non electric.produk rumah tangga dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kerumahtanggaan. Latar Belakang Produsen Menciptakan Produk Sebagai alternativ terhadap produk .blender dan toaster. yang berarti kehidupan di Jagad raya.produk rumah tangga dari Jepang Di tahun 1976 juga. Cosmos berdiri dan hadir di Indonesia. PENCARIAN INFORMASI . Alam Surjaputra. kami mendirikan pabrik pertama kami didaerah Tangerang. Kami melakukan transfer technologi dengan Goldstar (Sekarang LG) dalam hal technical collaboration di tahun 1991 untuk lebih memperbaiki quality dan system kerja kami dalam memproduksi barang-barang merek Cosmos Th 1996 kami berhasil mendapatkan Keputusan Pembelian 29 pengakuan SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk produk Sarana Penyimpan Beras.

Sumber Pribadi (Keluarga. ibu-ibu pengajian dan PKK. tahan lama dan harga yang kompetitif. teman. Dalam proses pengambilan keputusan. Semua orang mengambil keputusan setiap hari dalam hidupnya tanpa disadari. Karena Produk Cosmos selalu mempromosikan produknya melalui berbagai media. Setelah konsumen menerima pengaruh dalam kehidupannya maka mereka sampai pada keputusan membeli atau menolak produk. Sumber Publik (Media massa dan organisasi penentu peringkat konsumen) 4. B. Keputusan konsumen. Sumber Pengalaman (Pengkajian. Keputusan adalah suatu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. KEPUTUSAN PEMBELIAN Yaitu kegiatan konsumen untuk mengevaluasi atribut produk lebih dalam lalu membuat keputusan dalam pembelian produk. Bila seseorang dihadapkan pada dua pilihan. dan pemakaian produk) A. serta pengambilan keputusan dari sudut pandang yang berbeda bukan hanya untuk menyangkut keputusan untuk membeli. sehingga tingkat brand awareness konsumen Cosmos sangat baik. pengalaman Leksikografik (model pilihan konsumen nonkompensasi) adalah yang paling tepat dalam menggambarkan proses pemilihan Cosmos sebagai merek terbaik berdasarkan atribut/variabel yang paling penting. yaitu membeli dan tidak membeli tapi memilih membeli. dll) 2. kualitas.Manajemen Pemasaran Pada tahap pencarian informasi. Konsep Keputusan. konsumen harus melakukan pemecahan masalah dalam kebutuhan yang dirasakan dan keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dengan konsumsi produk atau jasa yang sesuai. 1. Faktor-faktor yang mengganggu : sikap negatif orang lain dan faktor situasi yang tidak terantisipasi adalah hal-hal yang dihindari oleh produsen Cosmos. tetangga. 30 Keputusan Pembelian EVALUASI ALTERNATIF . konsumen sangat mudah ntuk memperolehnya. penanganan. melainkan untuk disimpan dan dimiliki oleh konsumen. Pemasar dianggap berhasil kalau pengaruh-pengaruh yang diberikannya menghasilkan pembelian dan atau dikonsumsi oleh konsumen. Sumber Komersial (Iklan media elektronik dan cetak) 3. maka dia ada dalam posisi membuat keputusan. tingkatan-tingkatan dalam pengambilan keputusan. karena akan mempengaruhi penjualan produk ini. Dalam kasus ini.

perilaku konsumen pasca pembelian. Perilaku konsumen pasca pembelian sangat penting bagi perusahaan. Bila produk atau jasa tidak memenuhi harapan konsumen. konsumen merasa tidak puas sehingga dimasa yang akan datang konsumen tidak akan melakukan pembelian ulang tetapi jika suatu produk atau jasa melebihi harapan konsumen . akan menentukan minat konsumen untuk membeli lagi produk atau jasa perusahaan tersebut. Perilaku konsumen dapat mempengaruhi ucapan-ucapan mereka kepada pihak lain tentang produk perusahaan. Bagi semua perusahaan .Manajemen Pemasaran PERILAKU PASCA PEMBELIAN Bagi perusahaan keberhasilan dalam pemasaran tidak hanya dinilai dari seberapa banyak konsumen yang berhasil diperoleh tetapi yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk mempertahankan konsumen tersebut. 31 Keputusan Pembelian . Di dalam pemasaran ada proses yang dinamakan tingkah laku konsumen yang didasarkan rasa puas dan tidak puas. konsumen akan puas dan akan melakukan pembelian ulang. Dengan demikian perilaku produsen dalam mencari simpati masyarakat yaitu melalui peningkatan kualitas produk mereka . Pasca pembelian Perilaku konsumen suatu produk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keyakinan konsumen terhadap produk yang bersangkutan. baik yang menjual produk maupun jasa. dengan meningkatkan sarana dan prasarana dengan fasilitas teknologi yang tinggi dan dengan mengembangkan sumber daya manusianya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful