Fungsi Pengawasan dan Pengendalian . Fungsi Perencanaan (Planning) b.1. dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Manajemen merupakan ilmu dan seni. 2. pengarahan. Fungsi Pengorganisasian (Organizing) c. pengorganisasian. Manajemen adalah proses perencanaan. Fungsi utama dalam manajemen: a. 3. Fungsi Pengarahan dan Implementasi d.

Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut. 3. 2. Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis. 4. Fungsi perencanaan (Planning) yaitu proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Kegiatan dalam Fungsi perencanaan (Planning) meliputi : Menetapkan tujuan dan target bisnis. .€ 1. Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.

€ 1. Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian (Organizing) meliputi : Mengalokasikan sumber daya. Fungsi Pengorganisasian (Organizing) yaitu proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. 4. pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat . 3. sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif. dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi. dan menetapkan prosedur yang diperlukan Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab Kegiatan perekrutan. penyeleksian. merumuskan dan menetapkan tugas. 2.

Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi meliputi : 1. Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan € . pembimbingan.Fungsi Pengarahan dan Implementasi yaitu proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan 2. Mengimplementasikan proses kepemimpinan. Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan 3.

Fungsi Pengawasan dan Pengendalian yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan. Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis € . Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan 3. Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian diantaranya adalah : 1. diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan 2.

Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet.4. (Ernie&Kurniawan. pengarahan.1997) 6. Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan. 5. pengorganisasian. . dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels. McHugh and McHugh . 2005).1997).

. manajer ada dalam semua tipe organisasi. Seperti halnya manajemen dapat ditemukan di semua organisasi manusia.€ Manajer adalah setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya ² sumber daya organisai lainnya.

Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas .€ Alasan Utama Diperlukannya Manajemen a. Untuk mencapai tujuan b. Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan c.

Robert Owen (1771-1858) menyebutkan perlunya SDM dan Kesejahteraan Pekerja dalam sebuah organisasi. .Charles Babbage (1792-1871) menyebutkan Pentingnya Efisiensi dalam kegiatan Produksi. khususnya dalam penggunaan fasilitas dan material produksi.€ Pionir ² pionir ilmu manajemen pada beberapa abad yang lalu telah menyebutkan peran manajemen diantaranya adalah : a. b.

Tugas Manajer Pada Berbagai Bidang € Manajer Sumber Daya Manusia € Manajer Informasi € Manajer Keuangan € Manajer Operasi € Manajer Pemasaran .A. Tingkatan Manajer Dalam Organisasi € Manajer Lini / Pertama € Manajer Menengah € Manajer Puncak B.

para manajer dapat diklasifikasikan sebagai manajer fungsional atau manajer umum. seperti produksi.€ Berdasarkan ruang lingkup kegiatan organisasi. atau akuntansi. kepegawaian (personalia). . pemasaran. keuangan. Manajer fungsional mempunyai tanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi.

€ Manajemen administratif lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan. supervise.Ada dua fungsi utama manajemen. dan pengawasan kegiatan ² kegiatan yang terkoordinasi untuk mencapai tujuan. . dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil-hasil secara efektif. yaitu manajemen administratif dan manajemen operatif. penyusunan kepegawaian. € Sedangkan manajemen operatif lebih mencakup kegiatan memotivasi.

€ € € € € € Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan ² tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas ² prioritas Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan Manajer harus berfikir secara analitis dan konsepsual Manajer adalah seorang mediator Manajer adalah seorang politisi .

yaitu : € Pribadi € Teknis € Administratif € Interaksional .Pada dasarnya kegiatan ² kegiatan yang dilaksanakan oleh para manajer dapat diklasifikasikan kedalam empat kelompok.

yaitu : € Peranan antar pribadi € Peranan informasional € Peranan pembuatan keputusan .Henry Mintzberg mengelompokkan perilaku ² perilaku manajer menjadi tiga bidang peranan.

Handoko keterampilan manajerial itu diantaranya adalah : € Keterampilan konsepsual (Conceptual Skills) € Keterampilan Kemanusiaan (Human Skills) € Keterampilan administratif (Administrative Skills) € Keterampilan Teknik (Technical Skills) .Menurut T.H.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful