P. 1
Artikel Hutan

Artikel Hutan

|Views: 776|Likes:
Published by Ivan Pangkerego

More info:

Published by: Ivan Pangkerego on Oct 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2013

pdf

text

original

Dampak Penebangan Hutan Terhadap Ketersediaan Air

Disusun Oleh: Ivan C Pangkerego

SMA KRISTEN 1 TOMOHON 2010

Kita ketahui bersama bahwa air sangatlah dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Makalah ini akan membahas tentang semua dampak dari penebangan hutan terhadap ketersediaan air di bumi. Sehingga hutan sangatlah berpengaruh dalam pembentukan struktur tanah yang baik. Untuk itu kami berharap materi dalam makalah ini akan berarti bagi pembaca dalam memahami tantang kelangsungan kehidupan alam yang seimbang sehingga pembaca dapat sadar dan lebih mencintai alam disekitar yang mulai rusak. Dan sebagian besar air bersih di bumi tersimpan di dalam tanah yang disebut dengan Air Tanah. Makalah ini disusun sebagai pemenuhan tugas kelompok Pendidikan Linkungan Hidup di SMA Kristen 1 Tomohon. Kiranya materi ini dapat berguna bagi pembaca. Penulis .KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karenaNyalah kami dapat menyelesaikan makalah tentang Dampak Penebangan Hutan Terhadap Ketersediaan Air.

kita tidak dapat hidup.5 juta penduduk Indonesia yang memang tidak memiliki akses air bersih sebagai penunjang kegiatan MCK. Namun dalam salah satu siaran pers Yayasan Merah Putih (22 Maret 2008) disebutkan bahwa sekitar 2. Pada lapisan litosfer bumi. . Walaupun sudah ada pasokan air dari PAM/PDAM tetapi air tanah di daerah perkotaan sudah tercemari. dan minum. Penebangan hutan sangatlah berdampak negative bagi semua mahkluk hidup di bumi. Oleh sebab itu. dan untuk produksi barang-barang yang berbahan kayu tanpa tahu resiko besar yang akan dihadapi.Latar Belakang Air merupakan sumber kehidupan manusia. untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh kita maka air diperlukan. Masak. Salah satu tindakan pengrusakan oleh manusia adalah penebangan hutan untuk pembangunan gedung-gedung besar. Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang yang banyak dari penduduknya tidak memiliki akses air bersih yang memadai sekalipun banyak yang mengguka air yang tercemar. Kita sebagai manusia adalah mahkluk istimewa yang diberikan akal budi dari Tuhan tentunya harus tahu cara mengolah segala mahkluk dan benda ciptaannya yang ada di bumi. Namun faktanya manusia lah yang merusak keseimbangan alam sehingga menyebabkan segala bencana yang merugikan manusia maupun makhluk hidup nlainnya. Tercatat bahwa ada sekitar 72. pembuatan lahan pertanian. Dimana kebutuhan kita akan air harus dipenuhi karena tanpa air. Dan juga akibat pengrusakan lingkungan seringkali terjadi juga kerusakan pada hulu sungai sehingga menyebabkan menurunnya jumlah volume air maupun kualitas air itu. Di mana hutan yang merupakan paru-paru dunia mulai menghilang perlahan-lahan sehingga menyebabkan kerusakan pada lapisan Atmosfer(udara) bumi maupun lapisan Litosfer (tanah) bumi.7 miliar orang di dunia yang kehilangan akses air bersih dan sebagian besar tinggal di Negara berkembang dan negara terkebelakang. hutan sangatlah berpengaruh secara langsung pada factor ketersediaan air.

3 Juta Ha dengan rincian: 30. Sebab hutan sangatlah baik untuk respirasi air. 26. perumahan dan daerah transmigrasi. hutan terbagi atas tiga jenis yaitu: Hutan tropis.6 juta Ha hutan yang doalokasikan untuk dijadikan: lahan pertanian. hutan kita memiliki potensi dalam menyimpan cadangan air.Pembahasan Menurut lokasinya.3 juta Ha hutan produksi. Dengan begitu hutan kita dapat menyimpan air untuk 4 miliar penduduk di bumi.8 juta Ha hutan lindung. Tentunya dengan luas hutan sebanyak itu. Luas hutan di Indonesia 140. Itu berarti stock air kita dapat digunakan untuk 5-7 tahun mendatang . 64.Brazil dan Indonesia adalah Negara dengan hektaran hutan torpis terbesar didunia.8 juta Ha cagar alam dan taman nasional. Jadi ada sekitar 54% dari total luas negara adalah hutan. 18. hutan subtropics dan hutan boreal.

menyebabkan Indonesia kehilangan jutaan hektar lahan hutan setiap tahun. Menurut WWF. . 2) Tidak adanya kepedulian lokal mengenai penebangan hutan. 3) Korupsi dan Kepentingan politis local. sedangkan kayu illegal hanya membutuhkan 32 USD per meter kubik. Menurut Lisa Curran.2 juta meter kubik setiap tahunnya. Jadi pernyataan itu jumlah hutan di menunjukan penebangan Kalimantan selama kurang lebih 15 tahun.Aktivitas eksploitasi tanpa perencanaan atau penanggulangan atas kerusakan hutan yang digarap. Kayu legal membutuhkan biaya 85 USD per meter kubik untuk mengirimkannya ke perusahan pemotong kayu.4 juta meter kubik. selain juga memperkecil tempat penyerapan air cadangan untuk bumi tetapi hal ini juga sangat merugikan pemerintah hingga ratusan juta bahkan miliar dara pajak pemasukan yang hilang. sedangkan produksi hutan legal adalah 25. kayu yang diambil di Borneo tahun (Kalimantan) 1985-2000 pada lebih banyak dari afrika dan Amazon digabungkan. Indonesia memiliki kemampuan mengolah kayu 58. factor-faktor yang memotori penebangan hutan illegal di Indonesia adalah sebagai berikut: 1) Fasilitas pengolah kayu yang besar jumlahnya walaupun produksi kayu telah menurun seiring perubahan waktu. tersebut Penebangan barulah disalah satu pulau besar di Indonesia dari lima pulau besar. 4) Ekonomi. Diperkirakan di Indonesia 70-75 persen kayu dipanen secara illegal.

fokus hutan penyelamatan yang masih tersisa. tanpa disikapi dari sekarang. kita kini memerlukan perencanaan dengan lingkungan pengelolaan air.sebuah perang yang digagas demi memperebutkan cadangan minyak bumi-.87 juta hektar per tahun. Itu mengakibatkan hilangnya rata-rata 300 mata air setiap tahun. Contohnya: karena minyak tanah sulit untuk didapat. untuk mencari jalan keluar dari masalah kelangkaan dan ketiadaan sumber air bersih. dunia kelak berperang karena memperebutkan sumber daya atau akses air bersih. telah membuat hutan kita berkurang sebanyak 1. yang melanda terutama daerah-daerah terbelakang karena konflik ataupun karena sumber daya alamnya terbatas atau rusak. Dan menebang pohon tanaman keras. . akibat kebakaran dan penebangan. Bahkan. Bisa-bisa. dalam kurun waktu 50 tahun lagi. lahan hutan diperkirakan habis sama sekali. Data di Kementerian Negara dan Lingkungan Hidup RI menunjukkan. bukan tak mungkin suatu saat kelak dunia akan mengalami masa Perang Berlian Cair . maka kebanyakan penduduk berpindah bahan bakar ke kayu bakar. Bila sekarang kita mengenal istilah : Perang Emas Hitam . pada awal millenium ini. dan bangsa-bangsa di dunia harus bekerjasama.Selain itu. Oleh karena dampak buruk yang mungkin timbul bila bumi kekurangan air. baik legal maupun ilegal. Indonesia. dimana negara-negara berperang demi memperebutkan akses dan cadangan air bersih. sebagai salah satu negara dengan areal hutan terbesar. Sebuah perang yang mungkin lebih tragis daripada perang yang kita saksikan dengan beragam judul dan tema. salah satu hal yang membuat terjadinya penebangan hutan adalah sulitnya kebutuhan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dan dengan mengurangi penebangan hutan yang illegal maka kita menyelamatkan nyawa anak cucu kita di masa mendatang. Oleh karena itu. dapat disimpulkan bahwa ketersediaan air di bumi akan berubah sejalan dengan jumlah hutan. lindungilah hutan Indonesia untuk anak cucu kita di masa mendatang.Kesimpulan Berdasarkan data dan referensi yang ada. .

mongabay. 2. http://world.wordpress.com Menebang Hutan di Borneo.100 Mata Air Mengering.html Akibat Penebangan Hutan.com/indonesian/borneo-hutan. Kompas. http://cibeureum. 26 Agustus 2005 .Sumber Bila Air dan Hutan Hilang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->