PENDEKATAN DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM

Tugas : Ilmu Pendidikan Islam Dosen Pengampu : Dra. Hj. Afiyah A.S., M. Si.

Disusun oleh : MUNIFAH AHMAD 08410013

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNSN KALIJAGA YOGYAKARTA 2009

a. Latar Belakang Masalah Dalam dunia pendidikan. pendekatan emosional. B. pendekatan pembiasaan. Pendekatan fungsional .BAB I PENDAHULUAN A. Adapun metode pendekatan tersebut diharapkan peserta didik dapat lebih mudah dalam menjalani masa proses pembelajaran yang berlangsung. Pendekatan pembiasaan c. Pengertian pendekatan 2. pendekatan pengalaman. Pendekatan emosional d. Pendekatan rasional e. pendekatan rasional. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam Pendidikan Islam antara lain adalah . dan pendekatan fungsional. Pendekatan pengalaman b. Rumusan Masalah 1. pendidik harus mempunyai berbagai macam metode dalam pendekatan dengan peserta didiknya. Pendekatan Dalam Pendidikan Islam.

HM. mendefinisikan pendekatan adalah cara pemprosesan subjek atas objek ntuk mencapai tujuan. dan didalam pelaksanaanya diuraikan dalam bentu tehnik penyajian pembelajaran .Jadi pendekatan memerlukan pandangan falsafi terhadap subjek matter yang harus diajarkan. Dalam konteks belajar. Jadi approach dapat diartikan menghampiri atau mendatangi sesuatu. dalam bahasa Inggris diartikan dengan come near (menghampiri) go to (jalan ke) dan way path dengan arti (jalan). Juga dapat diartikan bahwa pendekatan adalah cara pandang terhadap sebuah objek persoalan. dimana cara pandang itu adalah cara pandang dalam konteks yang lebih luas. Chabib Thaha. Pengertian pendekatan Pendekatan merupakan terjemhan dan kata “approach”. Lawson mendefinisikan pendekatan adalah segala cara atau strategi yang digunakan peserta didk untuk menunjang keefektifan keefisienan dalam proses pembelajaran materi tertentu.BAB II PEMBAHASAN 1. Seperangkat langkah operasional direkayasa sedemikian rupa untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan belajar tertentu. kemudian melahirkan metode mengajar. .

dsb. 1 )Ramayulis.3).2) Adapun pengalaman yang bersifat mendidik apabila pendidik tidak membawa peserta didik kearah tujuan pendidikan akan tetapi ia menyelewengkan peserta didik dari tujuan itu.2. Strategi Belajar Mengajar. hlm. dalam Ramayulis. b. (Jakarta: Kalam Mulia. Metode mengajar yang dapat dipakaikan dalam pendekatan pengalaman ini..1) Syaiful Bahri Djamrah dkk. metode sosiodrama dan bermain peranan. Pengantar Ilmu Pendididikan Islam. 184 3 ) Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. I69 2 ) Syaiful Bahri Djamarah dkk. 1997). Pendekatan Pengalaman Pendekatan pengalaman yaitu pemberian pengalaman keagamaan kepada peserta didik dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan baik secara individu maupun kelompok. menyatakan bahwa pengalaman yang dilalui seseorang adalah guru yang baik. misalnya mengajar anak menjadi pencuri. Dengan pembiasaan pendidikan memberikan kesempatan kepada peserta didik terbiasa mengamalkan ajaran agamanya. hlm. baik secara individual maupun secara berkelompok dalam kehidupan sehari-hari. metode pemberian tugas belajar dan resitasi. Pengalaman merupakan guru tanpa jiwa. Pendekatan Pembiasaan Pembiasaan adalah suatu tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahhulu dan berlaku begitu saja tanpa dipikirkan lagi. namun selalu dicari oleh siapapun juga. (Jakarta: PT Rineka Cipta. Ilmu Pendidikan Islam. hlm. Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam a. yaitu metode eksperimen (percobaan). metode drill (latihan). 70 . 1994). belajar dari pengalaman adalah lebih baik dari sekedar bisaca dan tidak pernah berbuat sama sekali.

metode demonstrasi dan metode eksperimen. Metode yang digunakan antara lain metode ceramah.4) Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang bebeda dengan makhluk lainya.Pendekatan pembiasaan sangat penting untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk anak usia dini dengan membiasakannya shalat lima waktu. metode pemberian tugas. Emosi berperan dalam pembentukan kepribadian seseorang yang mana pendekatan emosional ini dijadikan salah satu pendekatan dalam pendidikan Islam.14 . Metode mengajar yang digunakan antara lain metode latihan (drill). Emosi adalah gejala kejiwaan yang ada did lam diri seseorang. d. loc. Seseorang yang memiliki perasaan pasti dapat merasakan sesuatu. Cit (Jakarta: 1998) hlm. Pendekatan Rasional Pendekatan rasional adalah suatu pendekatan mempergunakan rasio (akal) dalam memaham dan menerima kebesaran dan kekuasaan Allah. yang mana kekuatan akal tersebut dapat membedakan mana perbuatan baik dan buruk dan dengan akal pula manusia dapat membuktikan dan membenarkan adanya Allah SWT Maha Pencipta diatas segala sesuatu di dunia ini. 4 ) Departemen Agama RI. Emosi tersebut berhubungan dengan masalah perasaan. sosio drama dan berceruta (kisah). Kurikulum Madrasah Aliyah (GBPP Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Perbedaan itu terletak pada akal. Di dalam perasaan rohaniah tercakup perasaan intelektual. Pendekatan Emosional Pendekatan emosional ialah usaha untuk menggugah perasaan dan emosi peserta didik dalam menyakini ajaran Islam serta dapat merasakan mana yang baik dan yang buruk. perasaan estetis dan perasaaan etis. baik perasaan jasmaniah maupun perasaan rohaniah. perasaan sosial dan perasaan harga diri. c. saling tolong-menolong dsb. berpuasa.

Pendekatan Fungsional Pendekatan fungsional adalah usaha memberikan materi agama menekankan kepada segi kemanfaatan bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tingkat perkembanganya. Dengan demikian denganpendekatan fungsional berarti anak dapat memanfaatkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. hlm. latihan. metode latihan. Metode yang digunakan dalam pendekatan ini adalah metode latihan. ceramah. baik kehidupan individu maupun kehidupan bermasyarakat. anak-anak dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Ilmu Pendidikan Islam. Ilmu agama yang dipelajari oleh anak disekolah bukanlah hanya sekedar melatih otak tetapi diharapkan berguna bagi kehidupan anak. kerja kelompok. pemberian tugas dan demonstrasi. Metode belajar yang digunakan adalah Tanya jawab. 6anya jawab. e. 173 . ceramah. Dengan agama. 6anya jawab. baik dalam kehidupan individu maupun dalam kehidupan sosial. Beberapa metode yang digunakan antara lain. diskusi.Walaupun disadari keterbatasan akal untuk memikirkan dan memecahkan sesuatu tetapi diyakini pula bahwa dengan akal manusia dapat mencapai ketinggian ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern.5) BAB III KESIMPULAN Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran pendidikan agama Islam 5 ) Ramayulis. Pendekatan fungsional yang diterapkan di sekolah dapat menjadikan agama lebih hidup dan dinamis. dan pemberian tugas. pemberian tugas dan demonstrasi.

baik secara individual maupun secara berkelompok dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pembiasaan pendidikan memberikan kesempatan kepada peserta didik terbiasa mengamalkan ajaran agamanya. 3. 5.antara lain. 1. Pendekatan emosional ialah usaha untuk menggugah perasaan dan emosi peserta didik dalam menyakini ajaran Islam serta dapat merasakan mana yang baik dan yang buruk. Pendekatan pengalaman yaitu pemberian pengalaman keagamaan kepada peserta didik dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan baik secara individu maupun kelompok. Pendekatan rasional adalah suatu pendekatan mempergunakan rasio (akal) dalam memaham dan menerima kebesaran dan kekuasaan Allah. Pendekatan pembiasaan adalah suatu tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahhulu dan berlaku begitu saja tanpa dipikirkan lagi. 4. 2. Pendekatan fungsional adalah usaha memberikan materi agama menekankan kepada segi kemanfaatan bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tingkat perkembanganya .

Djamarah.DAFTAR PUSTAKA Ramayulis. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Kalam Mulia. 2005. Syaiful Bahri. 2008. suatu pendekatan teoretis psikologis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Karya .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful