P. 1
Kompetensi Peristiwa Difusi Dan Osmosis Pada Organ Hewan Dan Tumbuhan

Kompetensi Peristiwa Difusi Dan Osmosis Pada Organ Hewan Dan Tumbuhan

4.5

|Views: 2,300|Likes:

More info:

Published by: Novian Buyung Pamungkas on Oct 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2014

pdf

text

original

Kompetensi Peristiwa Difusi dan Osmosis pada Organ Hewan dan Tumbuhan

Anggota: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Afina lina Alim Nur Endah Atma Istiqomah H Novian B.P Rahma B.N (01/XI IA 3) (03/XI IA 3) (11/XI IA 3) (17/XI IA 3) (25/XI IA 3) (27/XI IA 3)

1 buah wortel dilubangi bagian tengahnya 2. Masukkan wortel yang sudah dilubangi kedalam gelas aqua yang telah diisi air (namun pastikan hanya ¾ dari bagian wortel yang tercelup air) 3. Potong usus sapi yang telah dibersihkan (s 15 cm)dan tali bagian bawahnya dan beri cairan NaCl. Catat pengamatan C. Alat : 1. Masukkan ¾ dari bagian usus kedalam gelas aqua yang sudah terisi air 3. Masukkan kentang beserta tabung dalam gelas aqua yang telah diisi air 4.  Alat dan Bahan A. Tujuan Untuk mengetahui peristiwa difusi dan osmosis pada organ tumbuhan dan hewan. Kentang 4. Amati apa yang terjadi pada kentang dan air pada gelas aqua 5. Percobaan  (Peristiwa Difusi dan Osmosis pada Wortel) 1. Tali 3. 2. Tabung(serutan plastik) B. Gelas aqua kosong 2. Percobaan 3 (Peristiwa difusi dan osmosis pada Usus Sapi) 1. Air 5. Larutan NaCl (Air garam)  Langkah Kerja A. Bahan : 1. Tancapkan tabung (serutan)pada bagian tengah kentang(jangan sampai tembus bagian bawah kentang)dan isi tabung dengan larutan NaCl 3. Kupas kulit kentang hingga bersih 2. Amati dan catat hasilnya seperti pada percobaan sebelumnya . Wortel 2. Usus sapi (15 cm) 3. Percobaan 2 (Peristiwa Difusi dan Osmosis pada Kentang) 1. Lakukan pengamatan (s 1 hari)catat apa yang terjadi pada air dalam gelas aqua dan bagaimana keadaan wortel B.

 Setelah dimasukkan: y Larutan NaCl dalam usus berkurang y Permukaan usus menjadi tidak lentur y Air dalam gelas aqua bertambah  Kesimpulan Dari semua percobaan didapat: y Adanya perubahan volume air dalam gelas aqua y Terjadi penurunan atau bahkan kehilangan NaCl p Didapat bahwa adanya perpindahan partikel dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah seperti pada : hilangnya NaCl yang memiliki konsentrasi tinggi dalam percobaan dengan air yang memiliki konsentrasi rendah yang disebut dengan peristiwa difusi dan osmosis.  Setelah dimasukkan dalam air : y Kentang menjadi lebih besar. Hasil Kegiatan atau Pengamatan 1. Pengamatan pada usus sapi :  Sebelum dimasukkan kedalam air usus masih segar dan permukaanya lentur.bagian bawah membesar(1 hari) y Air pada gelas aqua berkurang dari V1 menjadi V2 2.busuk.  Setelah dimasukkan dalam air: y Wortel dalam keadaan busuk dan berair. Pengamatan pada wortel :  Sebelum dimasukkan dalam air wortel masih segar. Pengamatan pada kentang :  Sebelum dimasukkan dalam air :keadaan kentang masih segar. . y Larutan NaCl dalam tabung sudah tidak ada y Volume air dalam gelas aqua berkurang 3.

 Lampiran Peristiwa osmosis dan difusi pada usus sapi (Awal) V1 atau Volume pertama V2atau Volume kedua V1 atau Volume pertama .

 Peristiwa osmosis dan difusi pada kentang  Peristiwa osmosis dan difusi pada wortel .

 Foto kegiatan kerja .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->