P. 1
PROSES TERJADINYA BUMI

PROSES TERJADINYA BUMI

|Views: 732|Likes:
Published by Fujiwara No Kazuma

More info:

Published by: Fujiwara No Kazuma on Oct 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

PROSES TERJADINYA BUMI

NURUL AINI 3 IPS

sial dengan ciri-cirinya: ± Kandungan utama terdiri mineral.lapisan bumi yang paling luas ‡ b.batuan ligamens membentuk sebagian besar dari pada kerak bumi ‡ c.LITOSFER ‡ 1.silika.dan aluminium ± Terapung diatas sima dan membentuk benua ± Terdiri dari batuan granit .A.Kerak bumi ‡ Kerak bumi terdiri dari: ‡ a.kerak bumi mengandung tiga bahagian.yaitu: í 1.

Unsur silikon.magnesium dan aluminium b.‡ 2. Mantel bawah setebal hampir 2300km.Suhunya sekitar 800 -1600 . Lapisan mantel mengandung: a. Mantel Mantel di sebut juga atmosfera membentuk kira-kira 82% dari pada isi bumi.besi. Mantel atas keadaannya tipis dan lembut dengan tebalnya + 6000 km dan berada kirakira 100km dari permukaan bumi.

teras luar  Terletak kira-kra 2900-5600km dari permukaan bumi  Berada dalam keadaan cair  Mengandung mineral basi dan nikel. b.satu lapisan tipis yang memisahkan lapisan teras bumi dari mantel.3.Teras bumi ‡ Teras bumi terdiri dari: ‡ a.Teras bumi terdiri dari: 1. .Teras bumi mengandung bagian besi dan nikel d. Teras bumi juga dikenal sebagai barisfera c.

a. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. BENTUK MUKA BUMI ‡ Permukaan bumi memiliki bentuk yang bervariasi antara daerah satu dngan daerah lainnya. Variasi bentuk muka bumi disebabkan oleh tenaga pengubah permukaan bumi yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi dan banyak merusak permukaan bumi .B. tenaga ini memberi bentuk relief dipermukaan bumi b.

C. Gempa arti getaran dipermukaan bumi.getaran tersebut terjadi akibat energi potensial yang di ubah menjadi energi kinetik(gerak) .GEMPA ‡ Gempa merupakan salah satu proses endogenik yang mempengaruhi pembentukan bentang alam di permukaan bumi.

‡ c.‡ 1. . ‡ d.hiposentrum(sumber gempa)adalah asal atau sumber gempa bumi ‡ b. episentrum adalah titik atau garis di permukaan bumi atau permukaan laut. ‡ f. Seismograf adalah alat pencatat gempa. ‡ a.istilah-istilah yang berkaitan dengan gempa. Isoseista adalah garis pada peta yang menghubungkan daerah-daerah yang mengalami kerusakan terhebat akibat gempa. pleistoseista adalah garis pada peta yang membatasi daerah sekitar episentrum yang mengalami kerusakan terhebat akibat gempa. Seismogram adalah hasil pencatatan getaran gempa yang dibuat seismograf ‡ e.

Alat pengukur gempa . seismograf horizontal adalah seismograf yang mencatat gempa bumi dengan arah mendatar. .‡ 2. Seismograf vertikal adalah seismograf yang mencatat gelombang gempa berarah vertikal. ‡ b. ‡ a.

D. .limnologi adalah ilmu yang mempelajari air danau ‡ 3 georologi adalah ilmu yang mempelajari air di bawah permukaan tanah ‡ 4. ‡ 5.patomologi adlah ilmu yang mempelajari air ada dipermukaan bumi ‡ 2. kriologi adlah ilmu yang mempelajari salju dan es. hidrometerologi adalah ilmu yang mempelajari air di atmosfir. HIDROSFER ‡ Unsur-unsur utama siklus hidrologi ‡ 1.

Akar tumbuhan yang dapat menerobos dan memecahkan batuan.E. b. c.butir tanah adalah sbb: a. adnya pemanasan matahari secara terus menerus .semua baik yang hidup maupun benda yang tak hidup sangat tergantung pada tanah.PEDOSFER ‡ 1. Batuan retak mempercepat proses pelapukan oleh air.proses terjadinya tanah ‡ Tanah merupakan tempat di mana kita berpijat . Faktor yng mempengaruhi berubahnya batuan menjadi butir. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->