P. 1
Teori Atom Mekanika Kuantum

Teori Atom Mekanika Kuantum

|Views: 3,055|Likes:
Published by warnety munir

More info:

Published by: warnety munir on Oct 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

Teori Atom Modern Model atom mekanika kuantum dikembangkan oleh Erwin Schrodinger (1926).

Sebelum Erwin Schrodinger, seorang ahli dari Jerman Werner Heisenberg mengembangkan teori mekanika kuantum yang dikenal dengan prinsip ketidakpastian yaitu “Tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan, yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom”. Daerah ruang di sekitar inti dengan kebolehjadian untuk mendapatkan elektron disebut orbital. Bentuk dan tingkat energi orbital dirumuskan oleh Erwin Schrodinger.Erwin Schrodinger memecahkan suatu persamaan untuk mendapatkan fungsi gelombang untuk menggambarkan batas kemungkinan ditemukannya elektron dalam tiga dimensi. Model atom dengan orbital lintasan elektron ini disebut model atom modern atau model atom mekanika kuantum yang berlaku sampai saat ini, seperti terlihat pada gambar berikut ini. Awan elektron disekitar inti menunjukan tempat kebolehjadian elektron. Orbital menggambarkan tingkat energi elektron. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau hampir sama akan membentuk sub kulit. Beberapa sub kulit bergabung membentuk kulit.Dengan demikian kulit terdiri dari beberapa sub kulit dan subkulit terdiri dari beberapa orbital. Walaupun posisi kulitnya sama tetapi posisi orbitalnya belum tentu sama.

siafat gelombang sebagai partikel (dari hokum snelius). 2. Posisi elektron sejauh 0. Gerakan elektron memiliki sifat gelombang. tetapi mengikuti penyelesaian kuadrat fungsi gelombang yang disebut orbital. tetapi bolehjadi merupakan peluang terbesar ditemukannya elektron. (Elektron yang menempati orbital dinyatakan dalam bilangan kuantum tersebut) 2.529 Amstrong dari inti H menurut Bohr bukannya sesuatu yang pasti. . Tetapi ada suatu cara lain yang bisa diterima untuk menggambarkan pergerakan elektron-elektron di sekitar nukleus. 1.Ciri khas model atom mekanika gelombang 1. Hal ini membuat kita tidak mungkin menggambarkan secara tepat jalur atau orbit dari elektron yang mengelilingi nukleus. sehingga lintasannya (orbitnya) tidak stasioner seperti model Bohr. Teori teori pendukung teori atom modern. asas ketidakpastian Heisenberg Prinsip ketidakpastian Heisenberg menunjukkan bahwa kita tidak dapat mengetahui secara pasti di mana elektron itu berada dan ke arah mana elektron itu bergerak. 1. dualisme elektron. teori radiasi benda hitam. Bentuk dan ukuran orbital bergantung pada harga dari ketiga bilangan kuantumnya. 3.

Masalah teoretis ini dipecahkan oleh Max Planck. Saat ini. Cahaya apa pun yang memasuki lubang ini akan dipantulkan dan energinya diserap oleh dindingdinding rongga berulang kali. Spektrum yang teramati tidak dapat dijelaskan dengan teori elektromagnetik klasik dan mekanika statistik. yang menganggap bahwa radiasi elektromagnetik dapat merambat hanya dalam paket-paket. Teori ini meramalkan intensitasi yang tinggi pada panjang gelombang rendah (yaitu. atau kuanta (lihat bencana ultraungu untuk rinciannya). paket-paket tersebut disebut foton. frekuensi tinggi). tanpa mempedulikan bahan dinding dan panjang gelombang radiasi yang masuk (selama panjang gelombang tersebut lebih kecil dibandingkan dengan diameter lubang). benda yang paling mendekati radiasi benda hitam adalah radiasi dari sebuah lubang kecil pada sebuah rongga. Lubang ini (bukan rongganya) adalah pendekatan dari sebuah benda hitam. Gagasan ini belakangan digunakan oleh Einstein untuk menjelaskan efek fotolistrik. Perkembangan teoretis ini akhirnya menyebabkan digantikannya teori elektromagnetik klasik dengan mekanika kuantum. suatu ramalan yang dikenal sebagai bencana ultraungu.Dalam laboratorium. dan setiap benda hitam akan mengikuti kurva ini. spektrum yang dipancarkan lubang akan merupakan spektrum kontinu dan tidak bergantung pada bahan pembuat rongga. Jika rongga dipanaskan. Berdasarkan hukum radiasi termal dari Kirchhoff kurva ini hanya bergantung pada suhu dinding rongga. Pancaran radiasinya mengikuti suatu kurva umum (lihat gambar). .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->