P. 1
Peradaban Sungai Nil

Peradaban Sungai Nil

|Views: 1,406|Likes:

More info:

Published by: rosyidanurbaytikhusn on Oct 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

MESIR

Satu-satunya pusat peradaban di Afrika yang telah ada sejak tahun 4000 SM. Kebudayaan Mesir terungkap karena temuan batu bertulis di daerah Rosetta oleh pasukan Perancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte. Dan diterjemahkan oleh ilmuwan Perancis bernama Champollion. Mesir terletak di Afrika Utara. Merupakan tempat yang terkenal karena hasil-hasil budaya dan perjalanan sejarahnya yang panjang. Hasil budaya masa lampau Mesir menunjukkan bahwa tingkat peradaban di Mesir sudah tinggi.

Keadaan Alam

Sungai Nil bermata air di Danau Albert di wilayah Uganda. Di Uganda Sungai Nil disebut Sungai Nil Putih. Di Mesir, Sungai Nil menjadi pemisah padang pasir yaitu Gurun Libya di barat dan Gurun Nubia di timur. Karena banyaknya lumpur, lembah Sungai Nil menjadi sangat subur, sehingga sejarawan Yunani, Herodotus berkata, “Mesir adalah hadiah Sungai Nil.” Jika tidak ada Sungai Nil, Mesir menjadi daerah yang tandus dan gersang atau merupakan daerah gurun seperti gurun Libya atau daerah-daerah lain di sekitarnya

Sistem kepercayaan

Mulanya masyarakat Mesir menyembah binatang(totemisme). Binatang dianggap sebagai dewa pelindung yang digambarkan dalam bentuk manusia berkepala binatang, seperti kepala burung atau serigala. Masyarakat Mesir juga menyebah banyak dewa (politeisme). Dewa tertinggi di Mesir adalah Osiris.

pendeta. Juga disebut sebagai Amon-Ra atau dewa bulan dan matahari. Bangsa Mesir memiliki keyakinan akan adanya kehidupan baru setelah kematian. Tapi untuk orang kaya dihiasi lukisan yang dipahat di dinding kubur batu Sphinx Bangunan patung singa yang berkepala manusia yang didirikan di depan sebuah piramida. Piramida yang terkenal adalah Fir’aun Cheops dan Fir’aun Chefrens. Sphinx merupakan lambang kekuasaan dan pemerintahan .  Seth : dewa kegelapan yang pernah membunuh Osiris. Biasanya jasad dimasuki rempah-rempah dan badannya dibalut kain yang diberi campuran kapur.  Thot : dewa ilmu berkepala burung. Dipercaya bahwa roh orang mati akan hidup di kerajaan Dewa Osiris. Berwujud manusia  Anubis : dewa kematian. pengetahuan. Berkepala anjing bertubuh manusia. Kadang bahkan disertakan orang-orang terdekat raja. Mummi Bangsa Mesir percaya bahwa roh orang mati akan tetap tinggal di jasadnya selama jasadnya tidak rusak dan rohnya dapat bebas menuju alam baka. ahli musik. dan perekat sehingga terbentuklah mummi yang tidak dapat rusak. garam. mummi-nya disimpan dalam piramida. disertakan bekal kubur dalam penguburan. Merupakan istri dari Osiris. Piramida terbesar adalah makam Fir’aun Cheops dengan tinggi 137 meter di kota Giza. Sedang orang biasa disimpan di kubur-kubur batu.  Isis : dewi kesenian berkepala kucing. Sebenarnya masih banyak lagi dewa-dewa kepercayaan bangsa Mesir. Dipercaya bahwa roh orang yang sudah mati akan bahagia jika semua hartanya di dunia ada bersama mereka. juru masak.Berikut ini adalah nama-nama dewa menurut kepercayaan Mesir:  Osiris : dewa tertinggi bangsa Mesir. pengawal dan lain-lain. Tekhnik pembangunan piramida masih belum sepenuhnya diketahui.  Ra : dewa matahari. Karenanya. Hasil Budaya Piramida Piramida adalah bangunan makam raja-raja Mesir. pelayan. Seperti. Bagi raja.

Pada mulanya berupa tanda-tanda gambar. Mereka juga telah mengenal seni memintal dan menenun. kemudian berupa tanda suara tetap. Luapan sungai Nil sering mengakibatkan banjir. Huruf ini digunakan sampai abad ke-5 sesudah masehi dan baru berakhir saat Mesir dikuasai Romawi. dibuatlah bendungan-bendungan yang berfungsi untuk mengatur air ke lahan pertanian dengan membuat saluransaluran irigasi. Mereka membagi setahun menjadi 12 bulan dan sebulan terdiri dari 30 hari. yaitu musim penggenangan (musim kemunculan ladang dari air) dan musim kering. Lalu berkembang menjadi tulisan hieratik (digunakan para pendeta). mereka perlu mengetahui kapan banjir terjadi. habo. Mereka telah pandai membuat barang dari perunggu yang digunakan secara umum untuk alat musik berupa harpo. Salah satunya yang terkenal adalah kuil Abu Simbel yang dibangun pada masa Raja Ramses II. Astronomi Sekitar tahun 2776 SM mereka sudah mengenal penanggalan berdasar pada sistem peredaran matahari. Selain kuil.dari raja Mesir yang dimakamkan pada piramida tersebut. mereka menggunakan rasi bintang sebagai patokan. . Teknologi Bangsa Mesir mampu membuat kuil-kuil dan patung raksasa. telah dikenal pembagian musim. Untuk menanggulangi hal itu. Obelisk Bangunan lain berupa tugu batu yang didirikan untuk pemujaan dewa Ra atau Amon-Ra. mereka juga menulis di atas daun papyrus dengan pena jerami. Kuil Mesir juga dikenal dengan bangunan kuilnya. Astronomi digunakan dalam kegiatan pertanian dan pelayaran (patokan penentu arah). dan tamburni. Selain menulis diatas batu. Rakyat menggunakan huruf demotik. Hieroglyph Huruf hieroglyph adalah tulisan Mesir kuno berupa tulisan gambar. Karena itu dikenal sistem penanggalan. Hiereus berarti iman dan gluphe berarti terukir. Pada bagian atas obelisk biasanya dituliskan nama raja yang membangun dengan hieroglyph. Kuil lain adalah kuil dewa Amon yang dibangun oleh Ratu Hathepsut di kota Dar el-Bahri. Untuk menandai masa bercocok tanam. Kepalanya melambangkan kebijaksanaan dan badan Sphinx merupakan lambang kekuatan raja yang memerintah. Mesir juga terkenal dengan istana-istananya yang indah seperti yang terdapat di kota Memphis dan Thebe. Pertanian Dalam rangka melaksanakan kegiatan pertanian. Untuk memudahkan penentuan waktu dalam bidang pertanian. Huruf ini terdiri atas tujuh ratus buah gambar dan lambang.

terutama setelah wafatnya Tuthanamon yang meninggal pada tahun 1350 SM. . sampai dengan masa kemunduran Mesir setelah pemerintahan Pepi II. Pada masa Raja Thutmosis IV. Sejalan dengan itu. Pada masa Amenhotep IV. Kerajaan Mesir Pertengahan (2160 – 1788 SM) Kerajaan Mesir Pertengahan adalah masa kejayaan raja dari Thebe. karena ia berhasil menyatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir. hubungan Mesir dengan Asia semakin baik. Lama-kelamaan mereka menjadi raja-raja kecil yang berkuasa di Nomen. Kehancuran Kerajaan Mesir Pertengahan oleh serangan bangsa Hykkos.Sistem Pemerintahan Pada masa prasejarah Mesir telah mengenal sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan ini timbul berkaitan dengan Sungai Nil sebagai sumber kehidupan penduduknya. Pada masa ini raja tidak lagi disebut dewa melainkan manusia biasa. Raja Menes terkenal dengan julukan Nesut-biti. ibukota kerajaan dipindahkan dari Thebe ke Armana. Ia terkenal karena berhasil mengusir bangsa Hykkos dari Mesir. Kerajaan Mesir Baru (1500 – 1100 SM) Raja Mesir Baru adalah Akmosis I. Kerajaan Mesir Tua (3400 -2160 SM) Kerajaan Mesir Tua dimulai pada masa pemerintahan Fir’aun Menes. Orang yang memegang kuasa untuk membagi air dan mempunyai kedudukan yang menentukan bagi kehidupan rakyat. dengan dewa matahari sebagai perwujudan dewa yang tunggal. Sesotris III yang berhasil menyatukan Mesir tahun 1880 SM. Akhirnya timbul raja yang bergelar Fir’aun (Pharao). Selanjutnya pemegang tahta yang berhasil menjadi raja terkenal adalah raja Ramses II(12981232). Pada masa pemerintahan Ramses II pernah diusahakan untuk menggali terusan yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Tengah. Perlahan Kerajaan Mesir Baru mengalami perpecahan antara bangsawan kerajaan. Kekuasaan terjadi karena adanya pengaturan tentang pembagian air oleh para Pharao. kepercayaan pun berubah dari politeisme menjadi monoteisme. yaitu raja yang bermahkota kembar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->