P. 1
ELEKTROKIMIA

ELEKTROKIMIA

|Views: 78|Likes:
Published by Dita Floresyona

More info:

Published by: Dita Floresyona on Oct 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

Aplikasi Elektrolisis Dalam Bidang Industri

Proses elektrolisis digunakan untuk pembuatan logam ± logam natrium, magnesium, alumunium, pembuatan hidrogen peroksida , gas hidrogen dan zat-zat lain. Gas Hidrogen yang dihasilkan pada proses ini sangat murni untuk itu sangat baik digunakan pada proses hidrogenasi minyak dalam pembuatan margarin.

 Prinsip elektrolisis dapat diterapkan dalam industri. Elektroplating adalah proses pelapisan suatu logam dengan logam lain dengan cara elektrolisis. . Tujuan dari pelapisan ini ialah untuk melindungi logam yang mudah rusak karena udara (korosi) dengan logam lain yang tidak mudah berkarat atau tahan korosi. logam lain dilapisi krom disebut perkrom. antara lain elektroplating (pelapisan logam secara listrik). dan besi dilapisi tembaga. Elektroplating dapat dilakukan pada beberapa logam oleh beberapa logam yang lainnya yang tidak mudah berkarat. Misalnya: Logam lain dilapisi nikel disebut parnikel.

Contoh : Besi yang akan dilapisi tembaga  katoda : besi. maka pelapisannya makin tebal. Bila proses ini makin lama. . Anoda : tembaga Larutan elektrolit : tembaga sulfat CuSO4    Lama kelamaan tembaga pada anode berkurang dan besi katode dilapisi tembaga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->