PRAKTIKUM I AKAR (RADIX) DAN BATANG (CAULIS

)

I. TUJUAN Mengenal variasi pada bentuk akar dan batang II. PENDAHULUAN A. Akar Akar merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi memperkuat berdirinya tumbuhan, menyerap air dan nutrien dari dalam tanah. Akar biasanya terdapat di dalam tanah dan arah tumbuhnya menuju ke pusat bumi (geotrop). Sifat-sifat akar antara lain: tidak berbuku-buku, tidak beruas, tidak mendukung daun atau sisik warnanya tidak hijau bentuknya seringkali meruncing sehingga lebih mudah untuk menembus tanah Akar tumbuhan berbiji tumbuh dari lembaga, yaitu di bagian akar lembaga (radicula) membentuk akar primer (radix primarius). Akar primer pada tumbuhan dikotil tumbuh dan berkembang menjadi batang akar atau akar tunggang (corpus radici) yang bercabang, membentuk sistem akar tunggang (fibrous root system). Pada tumbuhan monokotil, akar primer mereduksi sehingga akar tumbuh pada buku-buku batang sebagai akar serabut dan disebut sistem akar serabut (adventitious root system).

A A. Sistem perakaran tunggang B. Sistem perakaran serabut

B

1

Sedikit atau tidak bercabang. berfungsi sebagai cadangan makanan: a. Akar gasing (napiform) c.Umumnya akar dapat dibeda-bedakan menjadi bagian-bagian sebagai berikut: a) leher akar atau pangkal (collum) b) ujung akar (apex radicis) c) batang akar (corpus radicis) d) cabang-cabang akar (radix lateralis) e) serabut akar (fibrilla radicalis) f) rambut-rambut akar atau bulu-bulu akar (pilus radicalis) g) tudung akar (calyptra) Bagian-bagian akar (Sumber: www. Akar benang (filiform) 2 .bridgewater.edu) Akar tunggang atau batang akar yang tidak bercabang dibedakan berdasarkan bentuk dan percabangannya menjadi sebagai berikut: 1. Akar tombak (fusiform) b.

Akar serabut berdasarkan ukurannya. akar serabut dibedakan menjadi: a) akar serabut kecil b) akar serabut sedang c) akar serabut besar Macam-macam akar berdasarkan sifat dan fungsi khususnya: a) Akar banir atau akar papan (butress): berbentuk seperti papan pipih yang berdiri b) Akar tunjang atau engrang (stilt. untuk menembus batang inang f) Akar napas (pneumatophora): tumbuh dari permukaan tegak lurus ke atas g) Akar lutut (knee): tumbuh ke atas lalu membengkok lagi ke dalam tanah h) Akar pembelit (cirrhus radicalis): memanjat dan memeluk penunjangnya 3 .A B C Contoh bentuk akar tunggang fusiformis (A) napiformis (B) dan filiformis (C) 2. lalu tumbuh kearah tanah e) Akar penggerek atau penghisap (haustoria): terdapat pada tumbuhan parasit. untuk menempel pada penunjangnya d) Akar udara atau akar gantung (radix aureus): keluar dari bagian diatas tanah. akar tunggang yang bercabang (ramosus) membentuk perakaran yang luas. seperti orang yang naik di atas engrang c) Akar pelekat (radix adligans): keluar dari buku-buku batang memanjat. prop): tumbuh dari bagian batang ke segala arah sambil menunjang batang. menggantung. terdapat pada pohon yang ditanam dari biji.

mgonline.ozestuaries.siu.com) B.nonaroguy.com) Akar pelekat (www.com) Akar tunjang (www.com) Akar penghisap (www.parasiticplants.Akar banir (www.nationalgeographic.antilles-martinique.com) Akar lutut (www.answers.henriettesherbal.my) Akar udara (www. Batang 4 .com.edu) Akar napas (content.org) Akar pembelit (www.

Sifat-sifat batang antara lain: umumnya berbentuk silindris memiliki ruas-ruas (internodus) yang dibatasi oleh buku-buku (nodus) mengalami pertumbuhan di ujung mengadakan percabangan dari pertumbuhan dan perkembangan kuncup samping (latteral) Berdasarkan penampakan batang. Berdasarkan arah tumbuhnya. Tumbuhan yang tidak jelas berbatang sebenarnya memiliki batang yang amat pendek dan tersusun rapat. tumbuhan ini disebut roset. biasanya pada tumbuhan dikotil. d) Batang mendong (calamus): seperti batang rumput. ada tumbuhan yang tidak jelas berbatang (planta acaulis) dan yang jelas berbatang. Batang tumbuhan yang jelas terlihat dapat dibedakan menjadi sebagai berikut: a) Batang basah (herbaceus): batang yang lunak dan berair b) Batang berkayu (lignosus): batang keras dan kuat c) Batang rumput (calmus): batang tidak keras. batang dapat dibedakan menjadi: a) Kerucut: diameter batang mengecil keujung. b) Silinder: diameter batang dari ujung kepangkal hampir sama. mempunyai ruas-ruas yang nyata dan berongga. bunga dan buah). batang pokok tumbuhan dapat diklasifikasikan menjadi sebagai berikut: 5 . membesar ke bawah/kepangkal. jalan pengangkutan air dan nutrien dan tempat cadangan makanan bagi tumbuhan. batang dapat dibedakan menjadi bermacam-macam bentuk batang: a) Bundar (teres) b) Segitiga (triangularis) c) Segiempat (quadrangularis) d) Pipih Berdasarkan penampang memanjangnya. tetapi mempunyai ruas yang lebih panjang Berdasarkan penampang melintangnya. biasanya pada tumbuhan monokotil.Batang merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi menyangga bagian atas tumbuhan (daun.

a) tegak lurus (erectus) b) menggantung (dependens. pendulus) c) berbaring (humifusus) d) menjalar/meranyap (repens) e) serang ke atas/condong (ascendens) f) mengangguk (nutans) g) memanjat (scandens) h) membelit ke kiri (sinistorsum volubillis) i) membelit ke kanan (dextrorsum volubillis) erectus dependens humifusus repens ascendens nutans 6 .

3. Monopodial: batang pokok tampak jelas karena lebih besar dan panjang. 2. Simpodial: batang pokok sukar ditentukan karena kalah besar dari cabangnya. Dikotom: menggarpu.scandens sinistrorsum volubilis dextrorsum volubilis Cara percabangan batang dapat dibedakan menjadi: 1. batang setiap kali menjadi dua cabang yang sama. monopodial simpodial dikotom 7 .

PERTANYAAN 1. arah pertumbuhan batang e. Akar wortel (Daucus carota) Akar bengkuang (Pachyrrhizus erosus) Akar padi (Oryza sativa) Akar sirih (Piper betle) Akar rumput teki (Cyperus rotundus) Akar kacang panjang (Phaseolus vulgaris) Akar kelapa (Cocos nucifera) Tali putri (Cuscuta sp. 14. CARA KERJA 1.BAHAN 1.Sistem percabangan batang pada anggrek (Sumber: www. herbaceous. 2.) Batang miana/iler (Coleus sp. 7. 15. 6.) IV. bagian-bagian akar b. 17. Tulislah kesimpulan dari spesimen yang anda gambar dan amati V. 5. 8. 11. macam akar berdasarkan sifat dan fungsi (khusus) 2. cara percabangan batang 3. sistem perakaran c. 3 4. 12. 13. jenis batang (lignosus.) Batang kaktus (Opuntia vulgaris) Batang kacang tanah (Arachis hypogaea) Batang anggrek (Orchidaceae) Batang ubi jalar (Ipomoea batatas) Batang sirih (Piper betle) Batang bunga matahari (Helianthus annuus) 8 . 9. Amati bahan spesimen nomer 1. bentuk memanjang batang c. Sebutkan perbedaan sistem peakaran di antara tumbuhan monokotil dan dikotil.simply-thai. dsb) b. bentuk penampang melintang batang d. Bagian manakah dari akar yang paling sering mengalami aus? 2.com) III. bentuk akar (khusus) d.8 dan buatlah keterangan pada gambar: a. Amati bahan spesimen nomer 9 – 18 dan buatlah keterangan pada gambar: a. 10. 16. Apakah perbedaan utama pada morfologi akar dan batang? 3. Batang padi (Oryza sativa) Batang rumput teki (Cyperus rotundus) Batang bambu (Bambusa sp. 18.

4. Sebutkan macam sifat-sifat batang yang perlu diperhatikan. 5. selain yang telah disebutkan dalam praktikum ini. Sebutkan macam-macam alat penunjang pada tumbuhan memanjat (scandens)! 9 . Apakah yang dimaksud dengan geragih (stolon)? 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful