Setelah melalui proses yang melibatkan seluruh jajaran pegawai sejak pertengahan 2005, lahirlah nilai-nilai perusahaan

yang baru yang disepakati bersama untuk di-shared oleh seluruh pegawai Bank Syariah Mandiri yang disebut Shared Values Bank Syariah Mandiri. Shared Values Bank Syariah Mandiri disingkat ³ETHIC´. Excellence Berupaya mencapai kesempurnaan melalui perbaikan yang terpadu dan berkesinambungan. Teamwork Mengembangkan lingkungan kerja yang saling bersinergi. Humanity Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan religius. Integrity Menaati kode etik profesi dan berpikir serta berperilaku terpuji. Customer Focus Memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menjadikan Bank Syariah Mandiri sebagai mitra yang terpercaya dan menguntungkan.

Dengan semakin ketatnya persaingan dan perubahan lingkungan eksternal organisasi, banyak organisasi melakukan penyesuaian dalam struktur maupun pengelolaannya dengan cara melakukan merger, akuisisi ataupun perubahan lainnya. Namun demikian, menurut Chatab (2007 : 1) berdasarkan penelitian sebanyak 90 persennya gagal memenuhi harapan. Kegagalan tersebut terutama karena konflik budaya organisasi. Hasil penelitian lain menyatakan bahwa 74 persen perusahaan atau organisasi mengalami ketidakberhasilan karena tidak memperhatikan faktor budaya. Brown (1998 : 306) menyatakan bahwa budaya organisasi mengacu kepada sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggotasuatu organisasi, dan membedakan organisasi itu dari organisasi-organisasi yang lain. Tata nilai dalam budaya organisasi dapat berperan sebagai sumber kakuatan penting yang diyakini dan dianut secara luas dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan. Namun budaya organisasi dapat menjadi beban bagi keberhasilan apabila budaya organisasi tidak sesuai dengan tujuan organisasi. Misalnya siatuasi lingkungan bisnis yang menuntut adanya adaptasi dan perubahan organisasi, namun di sisi lain budaya organisasi menginginkan tidak adanya perubahan dan mempertahankan status quo, maka organisasi akan mengalami inertia yang pada akhirnya dapat mengalami kemunduran.

sesungguhnya merupakan hikmah sekaligus berkah pasca krisis ekonomi dan moneter 1997-1998. yang memberi peluang bank umum untuk melayani transaksi syariah (dual banking system). Pemerintah akhirnya mengambil tindakan dengan merestrukturisasi dan merekapitalisasi sebagian bank-bank di Indonesia. 10 tahun 1998.BI/1999. telah menimbulkan beragam dampak negatif yang sangat hebat terhadap seluruh sendi kehidupan masyarakat. PT Bank Susila Bakti (BSB) yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) PT Bank Dagang Negara dan PT Mahkota Prestasi juga terkena dampak krisis. tidak terkecuali dunia usaha. Kehadiran BSM sejak tahun 1999. Sebagaimana diketahui. Bank Mandiri melakukan konsolidasi serta membentuk Tim Pengembangan Perbankan Syariah. melalui Surat Keputusan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia No. 1/1/KEP. Bank Bumi Daya. Salah satu bank konvensional. sebagai respon atas diberlakukannya UU No. SH. pemerintah melakukan penggabungan (merger) empat bank (Bank Dagang Negara. 1/24/ KEP. krisis ekonomi dan moneter sejak Juli 1997. Selanjutnya. Pada saat bersamaan. Tim Pengembangan Perbankan Syariah memandang bahwa pemberlakuan UU tersebut merupakan momentum yang tepat untuk melakukan konversi PT Bank Susila Bakti dari bank konvensional menjadi bank syariah. Menyusul pengukuhan dan . dan Bapindo) menjadi satu bank baru bernama PT Bank Mandiri (Persero) pada tanggal 31 Juli 1999. BI menyetujui perubahan nama menjadi PT Bank Syariah Mandiri. 23 tanggal 8 September 1999. Kebijakan penggabungan tersebut juga menempatkan dan menetapkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bank Exim. industri perbankan nasional yang didominasi oleh bank-bank konvensional mengalami krisis luar biasa. Perubahan kegiatan usaha BSB menjadi bank umum syariah dikukuhkan oleh Gubernur Bank Indonesia melalui SK Gubernur BI No. 25 Oktober 1999. sebagai pemilik mayoritas baru BSB. Oleh karenanya.Sejarah Hadir dengan Cita-Cita Membangun Negeri Nilai-nilai perusahaan yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan integritas telah tertanam kuat pada segenap insan Bank Syariah Mandiri (BSM) sejak awal pendiriannya. Sebagai tindak lanjut dari keputusan merger. Tim Pengembangan Perbankan Syariah segera mempersiapkan sistem dan infrastrukturnya. yang disusul dengan krisis multi-dimensi termasuk di panggung politik nasional. sehingga kegiatan usaha BSB berubah dari bank konvensional menjadi bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah dengan nama PT Bank Syariah Mandiri sebagaimana tercantum dalam Akta Notaris: Sutjipto. BSB berusaha keluar dari situasi tersebut dengan melakukan upaya merger dengan beberapa bank lain serta mengundang investor asing. Pembentukan tim ini bertujuan untuk mengembangkan layanan perbankan syariah di kelompok perusahaan Bank Mandiri. No.DGS/ 1999. Dalam kondisi tersebut.

yang melandasi kegiatan operasionalnya. . Harmoni antara idealisme usaha dan nilai-nilai rohani inilah yang menjadi salah satu keunggulan Bank Syariah Mandiri dalam kiprahnya di perbankan Indonesia. Padahal publik tahu. PT Bank Syariah Mandiri secara resmi mulai beroperasi sejak Senin tanggal 25 Rajab 1420 H atau tanggal 1 November 1999. Lilik Agung Ketika menelusuri selasar kantor pusat Bank Mandiri untuk bertemu dengan salah satu direksi. Suara dekak-dekak sepatu saya tidak mampu mengusir kegagahan kantor pusat bank dengan aset paling gemuk di Indonesia. Visi dan Misi Visi Menjadi Bank Syariah Terpercaya Pilihan Mitra Usaha. tampil dan tumbuh sebagai bank yang mampu memadukan idealisme usaha dengan nilai-nilai rohani. BSM hadir untuk bersama membangun Indonesia menuju Indonesia yang lebih baik.pengakuan legal tersebut. saya mendapati pilar-pilar kantor nan kokoh dan kuat. PT Bank Syariah Mandiri hadir. Pilar pemimpin Oleh: A. Misi y y y y y Mewujudkan pertumbuhan dan keuntungan yang berkesinambungan Mengutamakan penghimpunan dana konsumer dan penyaluran pembiayaan pada segmen UMKM Merekrut dan mengembangkan pegawai profesional dalam lingkungan kerja yang sehat Mengembangkan nilai-nilai syariah universal Menyelenggarakan operasional bank sesuai standar perbankan yang sehat. beberapa tahun lampau pilar-pilar kokoh nan kuat kantor pusat tidak selaras dengan kinerja bisnisnya. M.

. (1) Menyelesaikan permasalahan kredit bermasalah dan melakukan konsolidasi bisnis corporate banking. sales and risk culture. Alhasil merger masa lalu dari lima bank pemerintah yang masih meninggalkan catatan di sana sini menjadi semakin hitam. Mencatat kepemimpinan Agus Martowardojo sehingga mampu mengerek bendera Bank Mandiri di angkasa bisnis nasional dan regional. Sudah hampir 5 tahun kepemimpinan Agus Martowardojo di Bank Mandiri. Menjadi wajar apabila Asia Money mengganjar Bank Mandiri sebuah penghargaan bernama The Best Disclosure and Transparency. Keuntungan tergerus habis berada pada titik nadir. (4) Meningkatkan efisiensi operasional. Untuk mengerek citra perusahaan maka manajemen Bank Mandiri menerapkan hukum wajib bagi seluruh karyawannya (terutama bagian front liner ) untuk memberi pelayanan terbaik bagi nasabahnya. tidak mengherankan ketika pada awal mula menjadi kepala suku Bank Mandiri. dan memperkuat kapabilitas. 2%. maka muncul tiga catatan yang patut dijadikan pelajaran bersama. Maka.Bank Mandiri menderita sakit akut nan parah dan bila tidak ditangani dengan cepat akan berujung pada 'kematian. Menegakkan pilar-pilar bisnis Bank Mandiri agar sekokoh pilar-pilar kantor pusatnya alhasil menjadi tugas utama CEO baru bernama Agus Martowardojo. (2) Memperbaiki citra perusahaan. Jika pada awal kepemimpinannya NLP Bank Mandiri berada pada angka 25%. Dengan visi sebagai pemain bank regional. meningkatkan penerapan good corporate governance. Untuk mengingatkan kembali Lima Strategi Pilar Bank Mandiri lengkapnya sebagai berikut. performance culture. Hasilnya? Tahun 2009 ini majalah Info Bank menganugerahi Bank Mandiri sebagai bank dengan pelayanan nomor satu dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Permasalahan kredit macet mampu diatasi dengan anggun tanpa harus mempermalukan para pengemplang utang. Bagaimana hasil dari gagasannya tentang Lima Strategi Pilar ini? Ternyata Agus Martowardojo layak dapat bintang. Salah satu pemain besar bisnis pembiayaan otomotif bernama Tunas Finance diakuisisi yang kemudian berganti nama menjadi Mandiri Tunas Finance.' Pengemplang kredit tak tertagih Bank Mandiri (lazim disebut non performing loan/NLP) mencapai lebih dari 25% dari total kredit. Bank Mandiri juga mengembangkan segmen-segmen bisnis yang selaras dengan bisnis utamanya. Agus Martowardojo mengabarkan kepada khalayak melalui iklan di media massa tentang Lima Strategi Pilar. sekarang sudah berada pada angka moderat. (3) Melanjutkan pengembangan bisnis pada segmensegmen yang telah ditentukan. Ini yang paling berbahaya: moral karyawan jatuh tersungkur akibat melihat CEO dan beberapa direksinya duduk di kursi pesakitan lantaran tuduhan korupsi. (5) Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia melalui penerapan corporate values.

Bahkan agar proses internalisasi bertambah cepat. Alhasil membangun nilainilai perusahaan baru yang dijadikan perilaku utama seluruh warga organisasi Bank Mandiri merupakan syarat mutlak yang tidak boleh dilanggar karyawan. Agus Martowardojo paham benar cara mengisi 'cek kosong' yang diberikan kementerian BUMN ketika dirinya ditunjuk menjadi CEO Bank Mandiri. Isu-isu primordial yang banyak diidap BUMN lain menyoal direksi bernama aliran politik. Customer focus dan Excellence (TIPCE). Mengisi cek kosong tersebut dilakukan dengan memilih orang-orang terbaik sebagai perpanjangan tangannya. . (Revitalisasi budaya organisasi: Pengalaman Bank Mandiri. Manajemen merumuskan nilai-nilai inti dan perilaku utama yang dinilai penting bagi tercapainya visi dan misi perusahaan. Agus Martowardojo memilih strategi kelima sebagai landasan utamanya. suku. dari Lima Strategi Pilar yang dijadikan kemudi perusahaan. Catatan kedua. Nilai-nilai perusahaan baru Bank Mandiri tak lain adalah Trust. Professionalism. tugas Agus Martowardojo berikutnya adalah menjadi dirigent yang memimpin semacam orkestra yang sedang memainkan konser di panggung bisnis Indonesia. Dengan demikian direksi baru Bank Mandiri orang-orang profesional yang khatam terhadap bidangnya.Catatan pertama. Orang campuran Alhasil direksi baru Bank Mandiri merupakan orang-orang campuran dari dalam dan luar perusahaan. melainkan juga sosok cerdas yang pernah menjadi konsultan Bank Mandiri. sebagai dirigen Agus Martowardojo mampu menyuguhkan konser megah dengan lagu-lagu kesuksesan dari Bank Mandiri Philharmonic Orchestra. Integrity. 2008) Agar sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai baru ini menancap di hati karyawan. maka perusahaan membentuk divisi bernama Culture and Service Specialist dengan komandonya setingkat Vice President. Bahkan orang luar yang menjadi direksi Bank Mandiri bukan sekadar orang antah berantah. Program internalisasi budaya datang dari dua arah (atas ke bawah dan bawah ke atas) sehingga bawahan juga merasa memiliki terhadap nilai-nilai budaya yang ada. Bank Mandiri rela menggelontorkan milyaran rupiah dengan menggunakan konsultan luar untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai baru perusahaan. dan ras dibuang jauh-jauh oleh Agus Martowardojo. Dengan pasukan profesional yang cakap di bidangnya masing-masing. agama. Bawahan memberi masukan atas masalah yang muncul dalam praktik di lapangan serta usulan/inisiatif program budaya yang sesuai dan dapat diterapkan di masingmasing unit kerja. Tidak kalah dibandingkan dengan Adhie MS.

Tata nilai dalam budaya organisasi dapat berperan sebagai sumber kakuatan penting yang diyakini dan dianut secara luas dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan. maka organisasi akan mengalami inertia yang pada akhirnya dapat mengalami kemunduran. akhirnya komitmen menjadi mantra utama Agus Martowardojo dalam menjalankan kepemimpinan. "Kebanyakan perusahaan mati bukan karena mereka melakukan kesalahan. Namun budaya organisasi dapat menjadi beban bagi keberhasilan apabila budaya organisasi tidak sesuai dengan tujuan organisasi.Catatan ketiga. dan membedakan organisasi itu dari organisasi-organisasi yang lain. kebanyakan mati karena tidak berkomitmen. entah di Bank Mandiri atau organisasi lain yang menanti tangan midasnya. Andy Grove mantan CEO Intel pernah bernubuat. Menjalankan nilai-nilai baru perusahaan tidak mungkin terlaksana apabila tanpa ada komitmen dari pemimpinnya." Menyitir pendapat Andy Grove. Organisasi yang mampu mencapai dan mempertahankan keberhasilan dicirikan oleh budaya organisasi sebagai berikut : 1) Nilai inti organisasi yang dianut secara kuat oleh anggota organisasi. . Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen sebatas retorika apabila para pemimpinnya tidak memberi contoh dengan memberi pelayanan terbaik kepada bawahannya. Misalnya siatuasi lingkungan bisnis yang menuntut adanya adaptasi dan perubahan organisasi. y y y Cetak Kirim Komentar Brown (1998 : 306) menyatakan bahwa budaya organisasi mengacu kepada sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggotasuatu organisasi. 2) Terdapatnya persepsi umum yang diyakini dan dijunjung tinggi secara bersama oleh para anggota organisasi. Alhasil komitmen mendasari langkah-langkah kepemimpinan Agus Martowardojo. namun di sisi lain budaya organisasi menginginkan tidak adanya perubahan dan mempertahankan status quo. Melakukan proses transformasi bisnis akan jalan di tempat manakala komitmen pemimpinnya tidak bulat. Kita tunggu komitmen berikutnya dari Agus Martowardojo sebagai pemimpin.

karena selain memudahkan komunikasi dengan anak buah (subordinates). bila tak dibantu emosi. seorang pimpinan akan mampu berkomunikasi. . 5) Nilai-nilai budaya yang ada dirasakan bersama secara luas dalam organisasi. mengapa bisa terjadi perbedaan dalam hasil. semangat. Mengapa unit kerja A menjadi lebih baik. karena dia juga merasa memiliki perusahaan tersebut. Disini diperlukan kepekaan pimpinan untuk bisa jadi motivator. hanya 7% ucapan yang akan diserap oleh penerima berita. Atasan harus juga mengasah empati terhadap anak buahnya. maka komunikasi kita tidak efektif. Karena lembaga perbankan adalah bisnis yang didasarkan atas kepercayaan. seperti datang paling pagi dan pulang paling lambat. yang 93% adalah sinyal non verbal. sikap dan perilaku yang sama walaupun kembar yang berasal dari satu telur.´ Di sini kita memahami. Artinya. yang dapat dimulai dari hal-hal sepele. Dengan memahami karakter masing-masing anak buah. Hubungan antara nasabah dengan Bank dapat diibaratkan sama seperti hubungan´suami isteri´. maka atasan sebagai tokoh panutan merupakan hal yang tak dapat ditawar lagi. komunikasi ini sangat diperlukan dalam berhubungan dengan nasabah. maka hal ini akan mempengaruhi kinerja perusahaan. lebih solid. dalam Kompas tanggal 18 Nopember 2006 hal 57. sehingga anak buah tidak merasa seperti diperintah. mengutip pernyataan Albert Mehrabian sbb: ´ Di dalam komunikasi. maka pimpinan harus menjadi panutan. 4) Segala sesuatu diatur dan berjalan dengan baik berdasarkan nilai-nilai budaya organisasi. dan melaksanakannya. terutama jika kita memahami bahwa manusia adalah unik. maka akan terlihat mengapa nasabah A lebih suka menjadi nasabah pada Bank ³Mujur´ dibanding menjadi nasabah Bank ³Akur´. maupun dengan atasan.3) Budaya dianggap sebagai sumber kekuatan penting dan berharga. Oleh karena itu masing-masing pihak harus tetap menjaga hubungan tadi agar tercapai sinergi yang positif. Eileen Rahman dan Sylvina Savitri. Tak ada satupun manusia didunia ini yang mempunyai karakter. empati ini sangat penting. Untuk mendapatkan budaya kerja perusahaan yang baik. dan mendorong anak buah bekerja maksimal. dibanding unit kerja lain. Sisanya. tetapi akan melakukan pekerjaan dengan senang hati. pada kehidupannya sehari-hari. Dalam bidang perbankan. dengan peer atau rekan setingkat. Empati sangat diperlukan untuk memahami anak buah. maupun dalam pelaksanaan pekerjaan di kantor. 6) Para anggota organisasi merasa terikat kepada nilai-nilai inti yang ada dalam budaya organisasi. gerak dan intonasi. dan berusaha bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan. jika setiap pekerja memahami . karena memperoleh pimpinan yang bisa menjadi motivator bagi anak buahnya. dan bilamana nasabahnya sakit (usahanya menurun). dimana masing-masing saling percaya. Sebagai pimpinan. Atasan sebagai tokoh panutan Bagaimana cara mengelola budaya perusahaan? Pengelolaan budaya perusahaan yang baik.

Mengembangkan sumber daya manusia profesional 3. Pada tahun 2005 Bank Mandiri mengembangkan suatu budaya kerja baru. 3. sosial dan budaya serta lingkungan global tidak dapat dipungkiri merupakan bagian dari perjalannya. Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder 4. Tabel. Terdapat 5 nilai budaya. berkata dan bertindak terpuji Profesionalisme/ Professionalsm Kompeten dan bertanggung jawab · Memberikan solusi dan hasil terbaik · . 2. Definisi Nilai Budaya dan Perilaku Utama Bank Mandiri Nilai Kepercayaan/Trust Definisi Membangun keyakinan dan sangka baik di antara stakeholder dalam hubungan yang tulus dan terbuka berdasarkan kehandalan Setiap saat berfikir. Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.Bank Mandiri sebagai hasil merger dengan 4 bank milik pemerintah lainnya telah memiliki sejarah yang panjang yang dimulai sejak kemerdekaan Indonesia. Nilai-nilai Budaya Bank Mandiri Visi bank Mandiri adalah menjadi ³Bank Terpercaya Pilihan Anda´ Sedangkan misinya adalah : 1. Melaksanakan manajemen terbuka 5. yakni serangkaian prinsip yang dijadikan sebagai panduan moral dalam berperilaku. bertindah dan mengambil keputusan. menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode etik profesi Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung Perilaku Utama · Saling menghargai dan bekerja sama · Jujur. Nilai budaya yang menjadi pedoman tersebut dirumuskan sebagaimana Tabel 3. Budaya organisasi perbankan secara otomatis dituntut untuk terus mengalami perubahan ke arah yang lebih kompetitif bukan hanya di pasar domestik tapi di pasar global. Untuk mewujudkan visi dan misi sebagaimana di atas merupakan suatu perjalanan panjang yang harus ditempuh dalam suatu koridor dan pedoman yang disepakati bersama dalam organisasi. Berorientasi pada Pemenuhan kebutuhan pasar. Budaya pelayanan serta mengutamakan nasabah baru dimulai pada era deregulasi di tahun 1980-an sampai akhirnya liberalisasi tidak dapat dihindarkan telah membawa perbankan Indonesia ke dalam pasar global. berkata dan berperilaku terpuji. Perubahan politik. tulus dan terbuka Integritas/Integrity · Disiplin dan konsisten · Berpikir.

jawab Fokus pada Senantiasa menjadikan Pelanggan/ pelanggan sebagai mitra utama yang saling Customer Fokus menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan Kesempurnaan/ Mengembangkan dan Execelence melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal dan hasil yang terbaik secara terus menerus. dan semua pihak yang berkepentingan dengan penuh hormat dan santun. tulus dan terbuka. Dalam kehidupan sehari-hari. 1. Kepercayaan. yang secara ringkas adalah sebagaimana berikut. · Menciptakan dan memelihara iklim lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman. · Saling memberikan bantuan dan dukungan yang positif terhadap sesama rekan kerja dan berkontribusi aktif untuk mencapai tujuan bersama. kepercayaan ini diwujudkan dalam perilaku saling menghargai dan bekerja sama. . · Menjalankan amanah yang diberikan dengan penuh komitmen dan tanggung jawab sehingga tumbuh suatu kepercayaan yang langgeng. Nilai kepercayaan dijawabarkan dalam dua perilaku utama. Kehandalan seseorang yang tidak dilandasi karakter yang luhur tidak akan menimbulkan suatu kepercayaan. · Inovatif. pelanggan. Perilaku saling mengargai dan bekerja sama · Memperlakukan rekan kerja. · Menjaga komunikasi yang penuh empati di antara sesama rekan kerja sehingga tercipta saling pengertian dalam hubungan interpersonal. Merupakan sesuatu yang tumbuh atas dasar keyakinan akan suatu keandalan dan keluhuran karakter dan kepribadian. proaktif dan cepat tanggap · Menggunakan pelayanan dan kepuasan pelanggan · Orientasi pada nilai tambah dan perbaikan terus menerus · Peduli lingkungan Sumber : Tim Internalisasi Budaya Bank Mandiri (2002) Penjabaran dari panduan tentang nilai-nilai budaya tersenut juga diberikan kepada semua karyawan. tulus dan terbuka´. · Menempatkan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi maupun golongan. · Menjalin kerja sama antar individu dan antar unit kerja untuk bersama-sama berupaya mewujudkan tercapainya tujuan organisasi. serta tindakan yang jujur. yakni ³Saling menghargai dan bekerja sama´ dan ³Jujur.

· Memelihara niat yang murni dan penuh kerelaan. pendapat dan kritik secara obyektif dan terbuka. sesuai fakta dan kenyataan yang terjadi.· Menghormati perbedaan di antara para pegawai dan menjadikan perbedaan itu sebagai titik awal untuk mencapai sinergi. berkata dan bertindak terpuji. dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip pribadi dan kerahasiaan. serta bersedia untuk melakukan perbaikan. Integritas diwujudkan dalam perilaku disiplin dan konsisten. tepat dan akurat. Integritas Adalah suatu nilai yang memelihara satunya pikiran. dengan memberikan informasi yang relevan secara benar. sesuai dengan prinsip moralitas yang menunjukkan adanya keluhuran karakter dan budi pekerti. · Berani mengemukakan saran. Perilaku jujur. 2. kata dan perbuatan yang sesuai dengan hati nurani dan prinsip-prinsip kebenaran. · Memelihara transparansi dalam setiap tindakan dan pengambilan keputusan. serta perilaku berpikir. tulus dan terbuka · Senantiasa berkata dan bertindak berdasarkan kebenaran. Berpikir. Disiplin dan Konsisten y y y y Bertindak menepati janji dan komitmen yang telah disepakati Mematuhi aturan. melindungi kepentingan dan kehormatan pribadi dan Bank Mandiri serta selalu menjunjung tinggi kode etik profesi. Berkata dan Bertindak Terpuji y y y y y Memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin orang lain memperlakukan kita Bersikap adil dan bijaksana dalam segala situasi Bekerja dengan penuh dedikasi. Mengambil keoutusan secara bijaksana dalam berbagai situasi dengan tetap berpegang pada aturan dan kebijakan yang berlaku Memegang teguh prinsip dan pendirian yang kita yakini benar dan tidak mudah berubah meskipun berada dalam tekanan atau situasi sulit. bertindak semata-mata demi kepentingan yang terbaik bagi Bank Mandiri. Menghindari peluangg yang memungkinakan terjadinya benturan kepentingan Harus senantiasa berupaya untuk menjadi panutan dan teladan bagi orang lain dengan menjalankan apa yang kita ucapkan secara konsisten . · Berani mengakui keterbatasan dan kesalahan. tanpa pamrih dan tanpa ada maksud tersembunyi. kebijakan dan prosedur di Bank Mandiri serta peraturan perundangan yang berlaku secara bijaksana dan dengan penuh tanggung jawab.

yaitu efisien dan efektif. 3. · Senantiasa memelihara gairah dan semangat yang tinggi dalam bekerja. Tidak menawarkan.y y y y Menggunakan harta milik perusahaan dengan penuh tanggung jawab hanya untuk kepentingan Bank Mandiri. 4. · Menumbuhkan rasa ikut memiliki terhadap Bank Mandiri dan berani bertanggung jawab untuk setiap tindakan dan keputusan yang kita buat. Kompeten dan Bertanggung Jawab · Senantiasa mengembangkan tingkat kompetensi supaya dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan sesuai tuntutan profesi. Nilai profesionalisme diwujudkan dalam perilaku yang menjunjung tinggi kompetensi dan tanggung jawab serta komitmen untuk senantiasa memberikan solusi yang terbaik. pengorganisasian serta evaluasi dan pemamtauan secara berkesinambungan. memanfaatkan sumber daya secara optimal untuk mencapai hasil yang maksimal. memberikan ataupun menerima suap dalam bentuk apapun. · Bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi bagi tercapainya visi dan misi Bank Mandiri. Profesionalisme Profesionalisme merupakan suatu nilai yang mengedepankan keahlian dan kompetensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Fokus pada Pelanggan/Customer Focus . Tidak menggunakan informasi perusahaan untuk kepentingan pribadi maupun pihak ketiga tanpa persetujuan resmi dari Bank Mandiri. Memberikan Solusi dan Hasil Terbaik y y Kita menyelesaikan pekerjaan secara tuntas dan akurat Bekerja secara cerdas. · Menetapkan standard yang tinggi sebagai tolok ukur keberhasilan kinerja dan dengan penuh tanggunng jawab berusaha mencapai standard kinerja yang telah ditetapkan. y Dalam upaya memberikan hasil yang terbaik. kita memiliki keberanian untuk mengambil risiko yang diperhitungkan secara cermat sehingga tidak akan mengorbankan kepentingan perusahaan. y Mengelola pekerjaan secara sistematis melalui proses perencanaan. Mengambil keputusan secara obyketif dan bebas dari tekanan maupun pengaruh dari pihak manapun.

dengan tetap mempertimbangkan aspek risiko dan prinsip kehati-hatian. Inovatif. proaktif dan cepat tanggap terhadap kebutuhan pelanggan serta mengutamakan kepentingan dan kepuasan pelanggan. y Bersikap empatik terhadap keluhan dan permasalahan pelanggan dan capat tanggap untuk dapat memberikan solusi terbaik untuk setiap keluhan nasabah. Mengutamakan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan y Berupaya untuk memuasakan dan memberikan layanan prima yang melebihi harapan pelanggan. y Kita berupaya untuk mengutamakan kepentingan pelanggan dengan tetap memperhatikan kepentingan Bank Mandiri.Fokus pada pelanggan merupakan salah satu nilai utama yang melandasi sikap insan Bank Mandiri untuk senantiasa membina hubungan baik dengan pelanggan serta langgeng dan berkesinambungan. Untuk itu fokus pada pelanggan kita wujudkan dalam perilaku yang inovatif. y Selalu inovatif dan berorientasi untuk memberikan solusi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. y Memahami pelanggan secara utuh untuk dapat berperan sebagai mitra yang akan mendukung pelanggan untuk maju. . y Selalu fokus untuk memberikan layanan dengan nilai tambah spesifik yang dibutuhkan pelanggan. Pelanggan eksternal maupun internal Bank Mandiri merupakan mitra yang akan kita dukung untuk terus maju dan tumbuh secara konsisten dari waktu ke waktu. Proaktif dan Cepat Tanggap y Selalu peka terhadap kebutuhan pelanggan dan proaktif untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. y Memberikan solusi yang tidak hanya sekedar memauaskan pelanggan tetapi mendorong pelanggan untuk tumbuh dan berkembang.

sopan dan profesional dalam berinteraksi dengan pelanggan.googleusercontent. y Sealalu bersikap ramah.id/proceeding/TRANSFORMASI-BUDAYA-KORPORASI-BANKMANDIRI.y Berupaya untuk senantiasa memelihara hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang dan memperhatikan perkembangan pelanggan dari waktu ke waktu.harpackindo.id/Budaya%20Perusahaan.id/corporate01/news-detail.doc+budaya+kerja+bank+mandiri&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firef ox-a 2.bankmandiri.asp?id=IEfV42528902 . http://www.co. y Senantiasa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan diri untuk dapat selalu memberikan layanan yang unggul kepada pelanggan.mercub uana.htm 4.php/art-and-culture/16-culture/39-budaya-perusahaan 5. Pencapaian itu tidak lepas dari suatu kinerja dan budaya kerja yang sangat baik yang dimiliki oleh Bank Mandiri.net/index. www.co.ac.ac.id 3. Menurut pendapat saya Bank Mandiri adalah bank yang memiliki budaya kerja yang sangat baik.com/search?q=cache:Xij7vvoHB0oJ:research. y Menghargai kepentingan pelanggan dan menghormati prinsip pribadi dan kerahasiaan dalam hubungan dengan pelanggan.mercubuana. Hal ini dapat dibuktikan dengan pada tahun 2007 PT Bank Mandiri dinobatkan sebagai bank nasional paling efisien dari 130 bank yang beroperasi di Indonesia dalam Banking Efficiency Award 2007 versi Harian Bisnis Indonesia. PUSTAKA : 1. semakin lama Bank Mandiri selalu menunjukkan komitmen yang semakin baik. http://www. y Senantiasa berupaya untuk masuk dalam lingkungan pelanggan dan menjadi mitra yang dapat diandalkan setiap saat. http://webcache. http://tabieta.

memberikan nilai tambah berdasarkan pengetahuan pelanggan. micro tetail.Bank Mandiri Raih MAKE 19 Jul 2010 y y Ekonomi Suara Karya JAKARTA (Suara Karya) Bank Mandiri membuktikan diri sebagai organisasi berbasis ilmu pengetahuan paling dikagumi dalam ajang Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study 2010 yang digelar Dunamis Organization Sennces Bank Mandiri akan mewakili Indonesia di MAKE Study tingkat Asia yang akan digelar di Seoul. memaksimalkan modal intelektualitas perusahaan. diantaranya menciptakan budaya organisasi yang berorientasi pada pengetahuan. penciptaan produk atau jasa berbasis pengetahuan. budaya organisasi. Bank Mandiri memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha corporate. Korea Selatan. MAKE diselenggarakan Dunamis Organization Services dengan kriteria penilaian. "Kami bersyukur dan berterima kasih atas pemberian penghargaan ini. penilaian dilakukan juga terhadap pengembangan sumber daya berbasis pengetahuan melalui kepemimpinan manajemen senior. commercial. consumer finance dan treasury international banking. Direktur Compliance Human Capital Bank Mandiri Ogi Prastomiyono di Jakarta. Selain itu. MAKE merupakan program penelitian yang dilakukan Teleos dan The Know Network sejak 1998. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya antara lain Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal). ajang seperti Most Admired Knowledge Enterprise ini sangat penting karena selain menjadi parameter bagi Bank Mandiri untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap perusahaan. menciptakan lingkungan untuk berbagi pengetahuan secara kolabo-ratif. hingga menciptakan lingkungan berbagi dan belajar yang kondusif. pada Oktober 2010. Penghargaan itu diper--oleh dari hasil penilaian terhadap lebih dari 80 perusahaan di Indonesia. dan Bank Syariah Mandiri . Menurut Ogi Prastomiyono."kata Ogi Prastomiyono. pengelolaan pengetahuan pelanggan. akhir pekan lalu. Pencapaian ini semakin meneguhkan komitmen kami melanjutkan transformasi untuk menjadi lembaga keuangan yang terkemuka dan dikagumi. juga merupakan salah satu pemicu motivasi bagi pegawai untuk terus mengembangkan diri. mengatakan. penghargaan tersebut merupakan pengakuan terhadap proses transformasi Bank Mandiri dari perusahaan milik negara menjadi perusahaan kelas dunia. Transformasi yang dilakukan Bank Mandiri dimulai dari kepemimpinan. dan mentransformasikan pengetahuan perusahaan menjadi nilai tambah untuk pemegang saham. Di Indonesia. menciptakan learning organization.