P. 1
eksentrisitas

eksentrisitas

|Views: 876|Likes:
Published by Kakan C Zuzan

More info:

Published by: Kakan C Zuzan on Oct 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2012

pdf

text

original

Dalam astrodinamik, dengan asumsi standar, setiap orbit harus mempunyai bentuk irisan kerucut.

Eksentrisitas pada irisan kerucut ini, yang juga dikenal sebagai eksentrisitas orbit, merupakan sebuah parameter penting pada orbit untuk menentukan bentuk aslinya. Eksentrisitas bisa diartikan sebagai ukuran berapa deviasinya terhadap bentuk lingkaran. Pada asumsi standar, harga eksentrisitas (e): untuk orbit lingkaran: e = 0 untuk orbit elips : 0<1 untuk parabola : e = 1 untuk hiperbola : e > 1 Eksentrisitas orbit dapat dihitung: e = |e| e = vektor eksentrisitas untuk orbit berbentuk elips, dapat dihitung dengan menggunakan apoapsis dan periapsis: e = (ra-rp)/(ra+rp) = 1 - (2/[(ra/rp) + 1]) dimana : ra = radius pada apoapsis (titik terjauh) rp = radius pada periapsis (titik terdekat) sementara itu, vektor eksentrisitas (e) dapat dihitung dengan rumus: e= (v^2.r/miu) - (((r.v)v))/miu) - (v/|r|) dimana: v = vektor kecepatan r = vektor posisi miu = parameter gravitasi standar atau e = (v.h/miu) - (r/|r|) Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70

370 kilometer dengan suhu 4. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365. sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394. Buncitan ini terjadi karena rotasi bumi.°C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat. sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian katulistiwa. dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai massa seberat 59. lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2. Planet ini adalah yang terbesar dari empat planet kebumian.637 meter.760 milyar ton. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1. Bumi adalah sebuah planet kebumian. dan 1% uap air. dan gas lain. dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1.742 km. 70. yang artinya terbuat dari batuan. menyebabkan ukuran diameter katulistiwa 43 km lebih besar dibandingkan diameter dari kutub ke kutub. Bumi juga merupakan satu-satunya planet kebumian yang memiliki lempeng tektonik yang aktif.500 °C. 21% oksigen.000 km/π. Karena satuan meter pada awalnya didefinisikan sebagai 1/10. dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen.848 meter. gravitasi permukaan terbesar. Diameter rata-rata dari bulatan bumi adalah 12. berbeda dibandingkan gas raksasa seperti Jupiter.2425 hari. medan magnet terkuat dan rotasi paling cepat. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8. massa dan ukuran. karbondioksida.924 meter. atau kira-kira 40. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1. meski pada skala global.756 kilometer.8% permukaan bumi diliputi air. Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain. diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2. Topografi lokal sedikit bervariasi dari bentuk bulatan ideal yang mulus.299 km2. dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10. dalam kedua arti. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12. Prancis. Dari keempat planet kebumian. dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.000 jarak antara katulistiwa ke kutub utara melalui kota Paris.800 kilometer membentuk 83% isi bumi. variasi ini sangat kecil. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain.000.100 kilometer. Bentuk Putaran rotasi bumi pada poros utara-selatan yang berakibat terjadinya siang dan malam Bentuk planet Bumi sangat mirip dengan bulatan gepeng (oblate spheroid). bumi juga memiliki kepadatan tertinggi. Bumi memiliki . Berat jenis Bumi (sekitar 5.

[10] Ahli geokimia F. dan sedikit nikel (5. sulfur (2. and aluminium (1.90% Magnesia MgO 4. Tenaga alam endogen bersifat membangun permukaan bumi ini. sulfur (4. Bentukan-bentukan tersebut dikenal sebagai relief bumi.52% Titanium dioksida TiO2 0. silikon (15. W.36% Natrium oksida Na2O 3. Karena proses pemisahan massa. klorin.5%). oksigen (30. bagian bumi yang terletak paling jauh dari titik tengah bumi sebenarnya adalah gunung Chimborazo di Ekuador.4%). W. kapur. yang lebih mulus jika dibandingkan dengan toleransi sebuah bola biliar. menyebabkan permukaan bumi menjadi tidak rata. dan 1. danau. kalsium (1.2% selebihnya terdiri dari berbagai unsur-unsur langka.71% Alumina Al2O3 15.toleransi sekitar satu dari 584. Proses alam endogen/tenaga endogen adalah tenaga bumi yang berasal dari dalam bumi. Oksida-oksida utama adalah silika. bukit. dan florin adalah kekecualian dan jumlahnya di dalam batuan biasanya kurang dari 1%. Clarke . Lokal deviasi terbesar pada permukaan bumi adalah gunung Everest (8.80% Besi(III) oksida Fe2O3 2. bagian inti bumi dipercaya memiliki kandungan utama besi (88. atau 0.9%). Karena buncitan katulistiwa. Clarke Senyawa Formula Komposisi Silika SiO2 59.8%). alumina.22% Massa bumi kira-kira adalah 5.63% Air H2O 1. magnesium (13. magnesia. 0. Batuan-batuan paling umum yang terdapat di kerak bumi hampir semuanya adalah oksida (oxides). sungai.672 analisa berbagai jenis batuan.17% dibanding bulatan sempurna (reference spheroid). dan selebihnya kurang dari 1% unsur langka.9%).1%).5%). Jadi kedua tenaga itulah yang membuat berbagai macam relief di muka bumi ini seperti yang kita tahu bahwa permukaan bumi yang kita huni ini terdiri atas berbagai bentukan seperti gunung.22% Total 99. dsb. Komposisi kimia Tabel Kerak oksida F. Fungsi utama silika adalah sebagai asam. potas dan soda.98×1024 kg.60% Fosfor pentaoksida P2O5 0. nikel (1. oksida besi. Kandungan utamanya adalah besi(32.1%).848 m di atas permukaan laut) dan Palung Mariana (10. Tenaga alam eksogen berasal dari luar bumi dan bersifat merusak. Ini adalah sifat dasar dari berbagai mineral batuan beku yang paling umum. yang membentuk silikat.911 m di bawah permukaan laut).8%).52% Kalium oksida K2O 2.8%). Adanya bentukanbentukan tersebut.41% kapur CaO 4. Clarke memperhitungkan bahwa sekitar 47% kerak bumi terdiri dari oksigen. Berdasarkan perhitungan dari 1. sulfur. lembah.55% Besi(II) oksida FeO 3.1%).22%.

Bencana dahsyat bumi itu diperkirakan karena Planet X melintasi tata surya. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800 °C Para Ilmuwan NASA pernah mengatakan bahwa sudah banyak planet yang berbalik arah putar. jika pada planet bumi kita ini matahari masih terbit dari arah timur. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 2900-4980 km. Bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : * Kerak Bumi * Mantel Bumi * Inti Bumi Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya. Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900 °C * Inti Bumi bagian dalam Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. Planet X pada masa ini memang sedang melewati orbit bumi. maka beberapa tahun ini terdapat fenomena baru yang menurut mereka planet lain sudah mulai berbalik arah dan matahari terbit dari arah barat.22% batuan terdiri dari 11 oksida (lihat tabel kanan). dan akan bertabrakan dengan bumi sekitar tahun 2052 atau 2053. Inti magnetisnya sedemikian dahsyat kekuatannya sehingga bertabrakan dengan medan-medan magnet planet lain dalam tata surya. Ilmuwan menyebut 50 tahun lagi planet X (Nibiru) ini akan memasuki orbit tata surya kita. sehingga kemudian ia masuk ke dalam orbit planet-planet dalam keadaan berbalik arah. Menurut para ilmuwan dari sekian banyak planet yang berbalik arah putar. Gangguan elektromagnetis . Planet X itu adalah planet humongous (tak terkira besarnya) yang memiliki massa seratus kali lipat lebih besar daripada bumi. Konstituen lainnya hanya terjadi dalam jumlah yang kecil. Planet X ini tertarik (ditarik) oleh gaya gravitasi matahari yang besar dalam tata surya kita. dan suatu masa nanti planet X akan bertabrakan dengan bumi. mereka menemukan adanya planet dari galaxy lain yang bergerak memasuki orbit dalam solar sistem kita. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. sejak ia ditemukan tahun 2003 lalu. [note 3] Lapisan bumi Menurut komposisi (jenis dari materialnya).menyimpulkan bahwa 99. Planet baru ini kemudian diberi nama PLANET X (NIBIRU). bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : * Litosfir * Astenosfir * Mesosfir * Inti Bumi bagian luar Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam.

simbol. yang diambil dari berbagai kitab-kitab kuno dan juga Injil Daniel. Inti bumi yang memanas mengakibatkan peningkatan bertahap pada aktifitas seismik dan gunung berapi. Bagaimana mungkin planet yang sedemikian jauhnya dapat memicu perubahan cuaca dan efek-efek bumi lainnya yang terkait? Matahari yang mengatur medan magnet bumi terhalang oleh lintasan Planet X. Panas dari inti bumi juga dikeluarkan melalui selimut bumi dan pada akhirnya mencapai lapisan bumi di mana dasar laut pun ikut menghangat. Manuskrip ini berisi ramalan Newton tentang akhir dunia. Perubahan itu memang dapat dianggap disebabkan oleh melintasnya Planet X. yang pasti. bahwa Kerajaan Romawi Suci akan berdiri dan ini akan menandai Hari Akhir Dunia. Apapun dugaannya. dan kemudian Galilei-Galileo.atas planet-planet lainnya itulah yang mendasari para ahli perbintangan modern melacak eksistensi Planet X. Daerah pegunungan terancam bahaya lahar. yang memiliki arti sebagai “Yang Tercerahkan” (Iluminatrix). ternyata diketahui memiliki sebuah manuskrip rahasia. dari penelitian terakhir barulah dapat diketahui bahwa Planet X itu benar-benar terdeteksi sebagai penyebab perubahan maha dahsyat di bumi secara positif. Laut-laut yang menghangat akan membuat perubahan pada arus-arus laut. Sebagai seorang pengikut paham Heliosentris yang diturunkan oleh Aristarchus. maka harus ada waktu selang selama 1260 tahun untuk mendirikannya kembali. Gempa-gempa pun sering terjadi. Dari sejumlah literatur diketahui bahwa selain menyukai fisika dan matematika. sejarah. Isaac Newton juga dimusuhi gereja. Secara diam-diam. Yang terakhir ini mendekatkannya kepada perkumpulan-perkumpulan ilmuwan Eropa Kabalah abad pertengahan yang saat itu menjadi musuh bebuyutan gereja. Newton menulis. Sebuah perkumpulan atau perserikatan ilmuwan paling terkemuka di Eropa ketika itu bernama Illuminati. Ramalan Isaac Newton dan Pendapat Para Ilmuwan NASA tentang Kehancuran Bumi di Tahun 2052 Isaac Newton Isaac Newton. dan juga ramalan. dan juga Alkitab itu sendiri. yang dalam novel Dan Brown “The Da Vinci Code” disebut-sebut sebagai salah seorang tokoh Illuminati Eropa abad pertengahan yang melawan dogma gereja soal gravitasi bumi. . Newton melakukan penghitungan matematis terhadap umur dunia dengan sumber-sumber dari berbagai kitab ramalan. Newton mendapatkan hasil bahwa setelah Kerajaan Romawi Suci berlalu di tahun 800 M. Maria Magdalena yang disanjung kelompok Kabbalah pun memiliki nama lain yakni Iluminatrix Queen (Ratu Pencerahan). Hasilnya. Gerakan Planet X yang memasuki tata surya telah menyebabkan inti bumi memanas akibat adanya tambahan gerakan berputar di dalamnya. Saat inti bumi terpengaruh menyelaraskan dirinya dengan ekuilibrium yang ada dalam tata surya. Copernicus. Newton juga tekun mendalami ilmu-ilmu religi. pada tahun 2060. inti bumi yang memanas itulah yang membawa pada pola-pola cuaca yang tak dapat diperkirakan dan meningkatkan aktifitas gunung-gunung berapi serta seismik. curah hujan dan pola-pola meteorologis lainnya.

di Akhir Dunia. Manusia hanya diberi mata. Setelah inti bumi berhenti bergerak untuk sejajar dengan medan magnet Planet X. jika pada planet bumi kita ini matahari masih terbit dari arah timur. Planet baru ini kemudian diberi nama PLANET X (NIBIRU). Penelitian Nasa Penelitian Nasa Tentang Planet Planet X ini tertarik (ditarik) oleh gaya gravitasi matahari yang besar dalam tata surya kita. Pendapat Para Ilmuwan NASA Tentang Kiamat Jika kita rajin mendengar keterangan-keterangan dari web NASA. Ilmuwan menyebut 50 tahun lagi planet X (Nibiru) ini akan memasuki orbit tata surya kita. kota-kota dan bangsa-bangsa yang dilenyapkan dari lembaran . inilah pertanda akhir zaman mendekati kiamat. membawa hanyut apa saja yang disapunya. Gelombang tsunami menjadi monster abad ini. Lintasan Planet Nibiru (Planet X/Planet kesepuluh) ke dalam tata surya merupakan bukti ketidakterhinggaan semesta yang berperan mendatangkan kiamat di bumi. Dari sisi ilmiah. kekuatan jangkauan gempa bisa lebih besar dari 9 skala Richter.Menurut kepercayaan kelompok Kabbalah. Haikal Sulaiman akan sudah berdiri dan dari sana Sang Messiah (The Christ) akan turun kembali guna memimpin orang-orang Yahudi memerangi seluruh manusia yang tidak mau tunduk pada mereka. Manuskrip rahasia Newton (The Secrets Newton) ini sempat dipamerkan pada tahun 1969 di Universitas Ibrani di Yerusalem. maka beberapa tahun ini terdapat fenomena baru yang menurut mereka planet lain sudah mulai berbalik arah dan matahari terbit dari arah barat. tergantung pada konfigurasi batu di bawahnya. Dan setelah itu tidak terdengar lagi kabarnya. dan suatu masa nanti planet X akan bertabrakan dengan bumi. Adalah kemudian menurut para ilmuwan dari sekian banyak planet yang berbalik arah putar. mereka pernah mengatakan bahwa sudah banyak planet yang berbalik arah putar. Gunung es di kutub Antartika membelah dan mencair. Berarti kiamat boleh terjadi pada 2053? ALLAH-lah pemilik-NYA. sejak ia ditemukan tahun 2003 lalu. Perang ini akan berlangsung dengan hebat di atas bukit Megiddo di kawasan Arab dan sebab itu dinamakan Perang Armageddon. meskipun akan dirasakan berbeda di berbagai tempat di dunia. sebagaimana petunjuk dari Rasullullah shallallahu ‘alaihi wassalam. Di dalam sejumlah hadits. sehingga kemudian ia masuk ke dalam orbit planet-planet dalam keadaan berbalik arah. menimbulkan gelombang pasang yang dahsyat. Gempa-gempa bumi terkuat dalam sejarah manusia modern akan terjadi di seluruh dunia. mereka menemukan adanya planet dari galaxy lain yang bergerak memasuki orbit dalam solar system kita. otak dan akal untuk melihat tanda-tanda kebesaran ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala.

Al-Qawl al-Mukhtasar fi'alamat al-Mahdi al-Muntazar. Gerakan Planet X yang memasuki tata surya telah menyebabkan inti bumi memanas akibat adanya tambahan gerakan berputar di dalamnya. dan kemudian tahun-tahun gempa bumi. Inti magnetisnya sedemikian dahsyat kekuatannya sehingga bertabrakan dengan medan-medan magnet planet lain dalam tata surya. inti bumi yang memanas itulah yang membawa pada pola-pola cuaca yang tak dapat diperkirakan dan meningkatkan aktifitas gunung-gunung berapi serta seismik. dari penelitian terakhir barulah dapat diketahui bahwa Planet X itu benar-benar terdeteksi sebagai penyebab perubahan maha dahsyat di bumi secara positif.) "Banyak peristiwa yang begitu menyedihkan akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]. gempa bumi menjadi sering terjadi. ." (Bukhari) "Peristiwa-peristiwa besar akan terjadi di masanya [Imam Mahdi]. 2/258) Bencana dahsyat bumi itu diperkirakan karena Planet X melintasi tata surya Bencana dahsyat bumi itu diperkirakan karena Planet X melintasi tata surya. Planet X itu adalah planet humongous (tak terkira besarnya) yang memiliki massa seratus kali lipat lebih besar daripada bumi.. (Diriwayatkan oleh Ummu Salamah (r.a. Saat inti bumi terpengaruh menyelaraskan dirinya dengan ekuilibrium yang ada dalam tata surya." (Ibnu Hajar Haytahami. Apapun dugaannya. h. PERBANDINGAN BESAR PLANET BUMI DIBANDING PLANET X (NIBIRU) PERBANDINGAN BESAR PLANET BUMI DIBANDING PLANET X (NIBIRU) Nasa Mencari Planet X Gangguan elektromagnetis atas planet-planet lainnya itulah yang mendasari para ahli perbintangan modern melacak eksistensi Planet X." (Imam Rabbani.sejarah dikabarkan sebagai tanda-tanda Zaman Akhir. Planet X pada masa ini memang sedang melewati orbit bumi. Bagaimana mungkin planet yang sedemikian jauhnya dapat memicu perubahan cuaca dan efek-efek bumi lainnya yang terkait? Matahari yang mengatur medan magnet bumi terhalang oleh lintasan Planet X Matahari yang mengatur medan magnet bumi terhalang oleh lintasan Planet X. 27) "Ada dua peristiwa besar sebelum hari Kiamat . Adalah perubahan itu memang dapat dianggap disebabkan oleh melintasnya Planet X. Letters of Rabbani. Dalam hadits-hadits yang mengupas masalah tersebut Nabi kita bersabda: "Saat (Hari Akhir) tidak akan terjadi hingga . yang pasti....

Disampaikan-NYA lewat insan mulia Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam agar manusia yang melihat tanda-tanda kebesaran-NYA kemudian menyembah kepada-NYA. SUBHANALLAH. Panas dari inti bumi juga dikeluarkan melalui selimut bumi dan pada akhirnya mencapai lapisan bumi di mana dasar laut pun ikut menghangat. gunung-gunung akan terbang. kita harus merenungkan ayat ini. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari Kiamat sudah datang? "(QS Muhammad: 18) Dari ayat ini kita ketahui bahwa Al Qur’an telah menjelaskan tanda-tanda yang mengumumkan datangnya Hari Akhir. Kita diminta oleh Rasullullah shallallahu ‘alaihi wassalam untuk membaca. Maha Suci ALLAH dengan segala kebenaran firmanNYA. Agar dapat memahami tanda-tanda ‘pengumuman besar’ ini. Perkara kiamat adalah mutlak milik ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala saja yang tahu. Jika benar tabrakan ini yang mengawali kiamat. Sudah cukupkah amal ibadah kita kepada-NYA? KARAKTERISTIK LAPISAN BUMI Lapisan Bumi . dimana ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman banyak dalam Al Quran yang menjelaskan bagaimana dahsyatnya kiamat. maka itu ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala jua lah yang menghendakinya. Sebaliknya. bukan urusan kita. manusia ibarat kapas beterbangan. karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Dan jika berita menurut ilmuwan itu salah. Laut-laut yang menghangat akan membuat perubahan pada arus-arus laut. Daerah pegunungan terancam bahaya lahar. maka hendaklah kita ambil sebagai renungan dan iktibar serta muhasabah kita kepada ALLAH. pemikiran kita tidak akan berguna sama sekali ketika Hari Akhir tiba-tiba datang kepada kita. memelihara dan menyebarkan Al Quran. Yang penting bagi kita adalah menyiapkan bekal untuk menghadap ALLAH. Hanya manusia-manusia munafik yang tidak melihat-NYA. Mungkin beginilah nanti terjadinya kiamat. sebagaimana telah banyak ayat-ayatNYA dalam Al Quran yang mengatakan hal seperti itu. "Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu. curah hujan dan pola-pola meteorologis lainnya. dan seluruh planet akan bertabrakan. melainkan hari kiamat (yaitu) yang datang kepada mereka dengan tiba-tiba.Inti bumi yang memanas mengakibatkan peningkatan bertahap pada aktifitas seismik dan gunung berapi Inti bumi yang memanas mengakibatkan peningkatan bertahap pada aktifitas seismik dan gunung berapi. maka itu ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala jua lah yang menghendakinya. Jika benar tabrakan ini yang mengawali kiamat. Gempa-gempa pun sering terjadi. seperti yang ditunjukkan dalam ayat ini.

yang tidak sepadat batuan basalt. Menurut komposisi (jenis dari materialnya). Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70 C hingga 55 C bergantung pada iklim setempat.848 meter.924 meter. dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai massa seberat 59. Bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : Kerak Bumi Kerak bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori.sinar ultraungu. Mantel Bumi Mantel bumi terletak di antara kerak dan inti luar bumi.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149. dan 1% uap air. Mesosfer. 21% oksigen.6 juta kilometer atau 1 AU (ing: astronomical unit). setinggi 50 kilometer. dan gas lain.299 km2. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1. 70. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8.Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya.760 milyar ton. Lapisan ozon.6 milyar tahun. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km. sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen.637 meter.2425 hari. sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit.800 kilometer membentuk 83% isi bumi. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt. dan Eksosfer. dan radiasi dari luar angkasa. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain. Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Mantel bumi merupakan batuan .756 kilometer. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.370 kilometer dengan suhu 4.8% permukaan bumi diliputi air. Diperkirakan usianya mencapai 4. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12. dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu.500 C. Berat jenis Bumi (sekitar 5.100 kilometer. dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi. Termosfer. dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari. karbondioksida. dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer. Stratosfer.

Litosfer Litosfer adalah kulit terluar dari planet berbatu. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800 °C. konsep yang berdasarkan pada keberadaan anomali gravitasi yang signifikan di atas kerak benua. Meski teori tentang litosfer dan astenosfer berkembang sebelum teori lempeng tektonik dikembangkan pada tahun 1960. yang lalu ia memperkirakan keberadaan lapisan kuat (yang ia sebut litosfer) di atas lapisan lemah yang dapat mengalir secara konveksi (yang ia sebut astenosfer). dan lebih dalam dari mantel. sementara litosfer benua . Litosfer terpecah menjadi beberapa lempeng tektonik yang mengakibatkan terjadinya gerak benua akibat konveksi yang terjadi dalam astenosfer. Suhu pada mantel bagian atas ±1300 °C-1500 °C dan suhu pada mantel bagian dalam ±1500 °C-3000 °C Inti Bumi Inti Bumi terletak pada lapisan terdalam. dan sphere yang berarti padat. dan telah diterima secara luas oleh ahli geologi dan geofisika.yang mengandung magnesium dan silikon. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 2900-4980 km. yaitu: Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. yang berhubungan dengan kerak benua. lebih panas. Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900 °C Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. Terdapat dua tipe litosfer yaitu : Litosfer samudra. lithos yang berarti berbatu. Litosfer samudra memiliki ketebalan 50-100 km. yang berhubungan dengan kerak samudra dan berada di dasar samdura Litosfer benua. Konsep litosfer sebagai lapisan terkuat dari lapisan terluar bumi dikembangkan oleh Barrel pada tahun 1914. bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut : 1. Ide ini lalu dikembangkan oleh Daly pada tahun 1940. Litosfer bumi meliputi kerak dan bagian teratas dari mantel bumi yang mengakibatkan kerasnya lapisan terluar dari planet bumi. Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya. Batas antara litosfer dan astenosfer dibedakan dalam hal responnya terhadap tegangan: litosfer tetap padat dalam jangka waktu geologis yang relatif lama dan berubah secara elastis karena retakan-retakan. konsep mengenai keberadaan lapisan kuat (litosfer) dan lapisan lemah (astenosfer) tetap menjadi bagian penting dari teori tersebut. yang menulis serangkaian paper untuk mendukung konsep itu. yang merupakan bagian yang lebih lemah. Litosfer ditopang oleh astenosfer. Litosfer berasal dari kata Yunani. sednagkan astenosfer berubah seperti cairan kental. Inti Bumi terbagi menjadi 2 (dua).

Kehidupan di bumi adalah baik pada kerak atau di air.000 mil panjang. akan terlalu panas bagi makhluk hidup dan jika terlalu jauh. Jika bumi terlalu dekat. it would be too cold. Kerak benua dibedakan dengan lapisan mantel atas karena keberadaan lapisan Mohorovicic. If the earth was too close. Para kerak bentuk permukaan bumi. The earth is about 93 million miles from the sun. termosfer. it would be too hot for living things and if it were too far. The earth is the fifth largest planet and the third planet from the sun. The crust forms the surface of the earth. The atmosfer bumi mengandung oksigen yang cukup untuk mempertahankan kehidupan. Also. Di bawah kerak bumi adalah batu panas dan di bawah ini adalah bola logam di pusat. where it consists of only carbon dioxide. Bumi adalah sekitar 93 juta mil dari matahari. The atmosphere of Earth contains enough oxygen to sustain life. Below the crust is hot rock and below this is a ball of metal at the center. Mesosfer terletak di antara 50 km dan 80-85 km dari permukaan bumi. Antara lapisan Mesosfer dengan lapisan atermosfer terdapat lapisan perantara yaitu Mesopause Bumi adalah salah satu yang paling menarik dari semua planet . and the earth has plenty. saat suhunya berkurang dari 290 K hingga 200 K (18oC hingga − 73oC). Its diameter is 8. water is a key element for all living things. . Why can this planet support life? Mengapa pendukung kehidupan planet ini? The earth is a sphere covered with rock. dimana terdiri dari karbon dioksida saja. tanah air dan udara. Ini hanyalah jarak yang tepat dari matahari. soil and air. We all need sunlight and warmth for life.memiliki kedalaman 40-200 km. 2. Astenosfer 3. It is just the right distance away from the sun. which covers 70 percent of it. dan bumi telah banyak. Kita semua membutuhkan sinar matahari dan kehangatan bagi kehidupan. yang menjadi tempat bergeraknya lempeng benua. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi.000 miles long. It is a thin layer of rock. Hal ini dapat dibandingkan dengan planet lain seperti Mars. Life on earth is either on the crust or in the water. Ini adalah rumah manusia dan makhluk hidup lainnya. Bumi adalah sebuah bola ditutupi dengan batu. Ini adalah lapisan tipis batuan. It is the home of human beings and other living things. water. yang meliputi 70 persen itu.. Kebanyakan meteor yang sampai ke bumi biasanya terbakar di lapisan ini. Mesosfer Mesosfer adalah lapisan udara ketiga. air merupakan unsur utama bagi semua makhluk hidup. di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat. This can be compared to with other planets such as Mars. Bumi adalah planet terbesar kelima dan planet ketiga dari matahari. Its diameter adalah 8. Astenosfer Astenosper merupakan lapisan dibawah lempeng tektonik. akan terlalu dingin. Selain itu.

1992.600 mil per jam. Clouds float in the troposphere . This is called a sidereal year. adalah diameter 2. Bumi memiliki Utara dan Selatan Kutub . Jangka waktu ini disebut sidereal hari. 56 minutes.. Suatu hari adalah waktu yang diperlukan bumi untuk berputar sekali. Its diameter is 2. One day is the time it takes for the earth to spin once. MOTIONS OF THE EARTH: Gerakan Bumi: The earth is continuously moving. 9 minutes and 9. Bumi berputar itu sumbu .. and 4. It is slightly flatter at the poles. The earth is not perfectly spherical.54 seconds. Pertengahan antara kedua kutub ini adalah khatulistiwa . Kami menggunakan berputar dan bepergian untuk mengukur hari dan tahun. Earth (right) with Hurricane Andrew taken by the NOAA GOES-7 satellite on August 25.. Temperatures can reach up to 1600 degrees Fahrenheit . Next is the traveling.. The earth's crust is about 5 miles thick under the oceans and about 25 miles thick under the continents. and 1% argon and other gases. Bumi terus bergerak.54 detik.top. top. The Milky Way spins as well. 6 hours. It takes 23 hours. the lowest part of the atmosphere. atas .160 miles. bagian paling bawah dari atmosfer. 9 menit dan 9. 1) spins. dan 4. Bumi perjalanan 595. Bumi tidak bulat sempurna. This length of time is called a sidereal day. dan 3) bergerak melalui Bima Sakti. Udara semakin tipis karena mendapat lebih lanjut dari bumi... Bumi (kanan) dengan Badai Andrew yang diambil oleh-GOES 7 satelit NOAA pada tanggal 25 Agustus 1992. Hal ini sedikit datar di kutub. kerak bumi . 21% Oxygen. Jalur bumi yang diperlukan untuk bergerak di sekitar matahari disebut orbit . Awan mengapung di troposfer . dan 1% argon dan gas lainnya.. 56 menit.600 miles per hour. The path the earth takes to move around the sun is called an orbit . and 3)moves through the Milky Way.160 mil. It also contains water vapor and dust particles. 2) perjalanan mengelilingi matahari. The earth travels 595 million miles around the sun at a speed of 66. 2)travels around the sun. 21% Oksigen.000. The earth travels around the sun in 365 days. 6 jam. The earth has a North and South Pole .000 mil mengelilingi matahari dengan kecepatan 66. atas . Bumi mengelilingi matahari dalam 365 hari.091 seconds for the earth to do this.091 detik untuk bumi untuk melakukan hal ini. It revolves around the center of the Galaxy at 155 miles per second! Hal ini berkisar sekitar pusat Galaxy di 155 mil per detik! The earth only has one moon . Halfway between these poles is the equator . Bima Sakti berputar juga. spin ini membuat tampak bahwa matahari bergerak dari timur ke barat. The air gets thinner as it gets further from the earth. Hal ini juga mengandung uap air dan partikel debu. Berikutnya adalah perjalanan. Courtesy of JPL / NASA / NOAA. We use the spinning and traveling to measure our days and years... The earth spins around it's axis . It has three motions. Ada tiga gerakan 1) berputar. This spin makes it seem that the sun is moving from east to west. CHARACTERISTICS: KARAKTERISTIK: The earth's atmosphere consists of 78% Nitrogen. Dibutuhkan 23 jam. Ini disebut tahun sidereal. atmosfer bumi terdiri dari 78% Nitrogen. Bumi hanya memiliki satu bulan .

Kisaran suhu 8.adalah sekitar 5 mil tebal di bawah samudra dan sekitar 25 mil tebal di bawah benua. 1 batuan beku terbentuk ketika batuan mencair seperti lava mendingin dan mengeras. This is the force that causes objects to fall if dropped. and the inner core.000 degrees Fahrenheit. It is about 1. Kutub magnet selatan adalah di lepas pantai Wilkes Land. The temperature ranges from 1. Inti luar berada di bawah mantel.800 mil dalam dan terbuat dari silikon. gravitasi lebih kuat di kutub dan di permukaan laut. Metamorphic rocks formed deep in the crust by heating of other rocks. We always hear about magnetic poles. Igneous rocks are formed when melted rock such as lava cools and hardens. Inti batin adalah pusat bumi.000 derajat Fahrenheit. Near these poles are the magnetic poles.000 derajat. kerak ini terbuat dari tiga jenis batuan. The north magnetic pole is on Ellef Ringnes Island in N.000 derajat 11.600 degrees Fahrenheit to about 8. It is divided in to the mantle. a region shaped like a teardrop. It is believed that magnetism comes from the "circulation of molten rock in the earth's outer core . but what are they really? Kami selalu mendengar tentang kutub magnet. Hal ini diyakini bahwa magnet berasal dari "peredaran batuan cair di bumi terluar inti . Suhu berkisar dari 1. Ini adalah sekitar 1. batuan sedimen berkembang dari materi seperti tanaman atau hewan. The magnetik kutub utara ada di Pulau Ringnes Ellef N. Beneath the crust is a sphere of hot rock and metal. dan inti. The crust consists of oceanic and continental crust. gravity is stronger at the poles and at sea level. These poles acts just as a bar magnet. Suhu dapat berkisar hingga 13. Fitur lain yang menarik dari bumi dan lainnya planet adalah bahwa ada kekuatan yang disebut gravitasi . 2) sedimen. The south magnetic pole is off the coast of Wilkes Land. tetapi apa yang mereka benar-benar? The earth spins around an imaginary line that connects the north and the south poles.000 degrees. dan belerang. batuan metamorf terbentuk jauh di dalam kerak dengan pemanasan batuan lainnya. Ini adalah sekitar 1. The outer core is under the mantle. Suhu bisa mencapai hingga 1600 derajat Fahrenheit . dan 3) metamorf. Canada. mantel luar inti . 2) sedimentary. aluminium besi dan magnesium.000 degrees. "adalah . The temperature can range up to 13. Bumi berputar di sekitar garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan selatan. The inner core is the center of the earth.000 degrees to 11. Ini adalah gaya yang menyebabkan benda jatuh jika terjatuh. Sedimentary rock develops from material such as plants or animals.600 derajat Fahrenheit untuk sekitar 8. It is about 1. 1) igneous. The temperature range is 8. The earth and the planets travel around the sun because gravity pulls them towards it. Bumi dan planet-planet mengelilingi matahari karena gravitasi menarik mereka ke arah itu.) beku. Kerak bumi terdiri dari kerak samudera dan benua.000 derajat. The mantle is a layer of rock under the crust. Hal ini dibagi ke dalam. KARAKTERISTIK PAGE 2 Another interesting feature of earth and other planets is that there is a force called gravity . outer core . and 3) metamorphic. iron and magnesium. Di bawah kerak bumi adalah sebuah bola batu panas dan logam. aluminum. oxygen. It is believed that this is consisted of solid iron mixed with other elements such as oxygen and sulfur. Kutub ini bertindak hanya sebagai magnet bar. This crust is made of three types of rock.800 miles deep and made of silicon.400 mil tebal dan terdiri dari oksigen cair besi. bagian dari Antartika. mantel adalah lapisan batuan di bawah kerak. oxygen and sulfur.400 miles thick and consists of melted iron. a part of Antarctica. On earth. Kanada. Di bumi." Magnetic force is present in the magnetosphere . oksigen. Hal ini diyakini bahwa ini adalah terdiri dari besi padat dicampur dengan unsur-unsur lain seperti oksigen dan belerang. Dekat kutub ini adalah kutub magnet.

Water soaks in to cracks. Ada dua jenis pelapukan dikenal sebagai fisika dan kimia. dan perubahan suhu. air akan disegel di celah-celah. erosi . This magnetosphere acts on electrons and protons that move throughout space and shields the earth from them. Air perubahan bentuk lahan secara bertahap. mereka meninggalkan bahan dalam bentuk deposito segitiga.. Ada empat jenis utama perubahan. and if the weather is low enough. Hal ini dapat disebabkan oleh air. they leave behind materials in a triangular deposit. glaciers. and temperature changes. yang dikenal sebagai sebuah delta. Erosion is partly related to weathering. Ada banyak jenis perubahan. When the water freezes. Water changes the shape of the land gradually. Air menggabungkan tindakan pelapukan dan kemampuannya untuk memindahkan batuan. tanaman. and wind. Chemical weathering affects the rocks and soil components. beberapa yang mengambil jangka waktu yang lama dan lain-lain yang terjadi dalam beberapa menit. seperti dari gunung ke lembah-lembah.gaya Magnetic hadir dalam magnetosfer . Eroded substances move from high to low. dan jika cuaca cukup rendah. There are four main types of changes. some that take a long period of time and others that occur within a few minutes.. Air membasahi ke retak. pelapukan. istirahat pelapukan fisik batu ke banyak potonganpotongan. plants. weathering. gerakan massa dan kerak perubahan.. ia mengembang dan bisa memecahkan batu. chemicals. There are many types of changes. In this process rocks are broken up and result in soil. gletser. ice. zat erosi bergerak dari tinggi ke rendah. Weathering is caused by water. bahan kimia. Physical weathering breaks the rocks in to many pieces. bumi kita berubah terus menerus. There are two types of weathering known as physical and chemical. Pelapukan disebabkan oleh air. the water gets sealed in the cracks. batuan dan sisa-sisa organisme hidup. dan angin.. atas . Ketika air membeku. It is a combination of weathering and movement of the material. mass movement and crust changes. top. The magnetic poles of the Earth. Erosi sebagian terkait dengan cuaca. such as from mountains to valleys. Ketika sungai mencapai laut itu. Water moving underground changes the land as well Geysers come out of the . CHANGES: PERUBAHAN: Our earth is changing continuously. it expands and can crack the rock. es. known as a delta. It can be caused by water. Dalam proses ini batuan yang rusak dan mengakibatkan tanah. rock and remains of living organisms. When rivers reach the sea. It is caused by the dissolving action of water which can cause rocks to crumble. magnetosfer ini bekerja pada elektron dan proton yang bergerak di seluruh ruang dan perisai bumi dari mereka. The kutub magnet bumi. Water combines weathering action and its ability to move rocks. Hal ini disebabkan oleh tindakan melarutkan air yang dapat menyebabkan batu runtuh. Ini adalah kombinasi dari pelapukan dan pergerakan material. Kimia mempengaruhi pelapukan batuan dan komponen tanah. erosion . sebuah wilayah berbentuk seperti sebuah titik air mata.

Sebuah gerakan lambat menyebabkan piring ini untuk melipat dan membentuk kerak. Mass movement is the slipping of large amounts of rock and soil. Pelapukan atau erosi batuan mengendur dan menyebabkan mereka untuk meluncur menuruni bukit. Crystal changes is the result of plate tectonics . Hal ini dapat menyebabkan gempa bumi dan letusan gunung berapi. seperti di tanah longsor atau lumpur. It can cause earthquakes and volcanic eruptions. The crust and mantle consists of 30 plates. Kerak dan mantel terdiri dari 30 piring. Angin bergerak debu dan pasir. . Hal ini juga membawa abu dari gunung berapi. A slow movements causes these plates to fold and reshape the crust. Air bawah tanah bergerak perubahan tanah serta geyser keluar dari bumi dan mengandung mineral terlarut. Kristal perubahan adalah hasil dari lempeng tektonik . Landslides occur on steep hills or mountains. Ini mungkin memiliki berbagai efek seperti membendung sungai atau pelebaran lembah. Longsor terjadi pada bukit-bukit terjal atau gunung. This may have a variety of effects such as damming a river or widening a valley.earth and contain dissolved minerals. Weathering or erosion loosens rocks and causes them to slide downhill. Wind moves the dust and sand. It also carries ashes from volcanoes. Misa gerakan adalah tergelincir dalam jumlah besar batu dan tanah. such as in a landslide or in mud.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->