Cara Membuat Roket Air

Cara Membuat Roket Air

Roket air relatif aman dan biaya pembuatannya juga tidak mahal. Dalam membuat roket air ini kita dapat mempelajari dasar - dasar dari gaya dan respon roket air terhadap gaya - gaya liar.

Dalam merancang roket air kita akan dihadapkan pada empat subjek yaitu gaya berat, gaya dorong, sistem aerodinamis dan daya angkat.

Roket air bekerja dengan bantuan air dan tekanan udara sehingga ia bisa terlontar keudara. Pertama - tama roket air yang terbuat dari botol ini di isi air kira - kira 40% dari volumenya.

Kemudian botol di pasang pada peluncur roket air, Udara kemudian di pompakan ke botol roket sehingga tekanan naik. Gaya dorong akan didapat saat air mulai keluar dari botol roket air dengan cara menarik tutup nozzel (gambar 2).

Persis seperti roket sungguhan, roket air ini juga di pengaruhi oleh faktor -faktor external seperti pengaruh angin dan berat dari roket air itu sendiri. Untuk mendapatkan jarak lontar yang jauh perhitungan sistem aerodinamisnya perlu di perhatikan.

sebuah roket dari jenis apa pun memiliki cara kerja yang sama.Cara membuat roket air ini secara detail silahkan anda kuntujungi blog Ahmad Ridwan dan untuk kalkulasi perhitungan matematis silahkan kunjugi situs ohiou Diposkan oleh msw di 01. . Tapi. Bisa juga dengan memakai barang-barang bekas. Bahan bakar yang dibakar menciptakan gas panas yang terus mengembang sehingga menghasilkan tekanan ke bawah dan mendorong roket untuk meluncur.botol plastik bekas ukuran 1. Yakni. Berikut beberapa alat yang diperlukan.pentil ban sepeda . . ikuti cara membuat roket air paling sederhana di bawah ini! Alat dan Bahan Model roket air paling sederhana dapat dibuat menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar kita.lem. Saat memompa.18 Label: Sains Lewat berbagai cara.gabus . . selang pompa harus terpasang . dari sampah kertas-kertas bekas) . . Nah. dalam benak kita pasti terbayang sebuah pesawat silinder dengan semburan api yang dahsyat melesat ke angkasa. Lapan giat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan pengenalan roket sejak dini. tenaga pendorong timbul akibat desakan udara yang dipompakan ke dalam roket berisi air. perekat Cara Pembuatan .Masukkan sumbat dengan pentil pada leher botol.sumbat karet penutup botol . salah satu kegiatan yang telah banyak dilakukan adalah dengan belajar membuat roket air. memanfaatkan gaya aksi-reaksi. gunting.kertas karton .pemberat (misalnya. Usahakan agar tidak ada udara yang bocor.Buat sirip dari gabus sebagai penyeimbang saat meluncur di bagian belakang roket.pompa angin . Jika mendengar nama roket. . Untuk lebih jelasnya.Buat pula moncong roket dari kertas karton berbentuk kerucut dan beri pemberat di dalamnya.Buat lubang pada sumbat karet dan masukkan pentil sepeda pada lubang tersebut. . Gaya ini timbul akibat pembakaran bahan bakar yang dibawa roket. pernahkah kamu membayangkan sebuah roket dengan semburan air sebagai penggeraknya? Pada dasarnya.Isilah 1/3 bagian botol dengan air. Pengenalan yang diberikan kepada siswa SD hingga SMA ini dilakukan guna meningkatkan rasa cinta terhadap kedirgantaraan.Pompalah botol hingga tekanan udara akan mendesak air keluar.500 mililiter . Pada roket air.

alkohol murni dan pemantik api. mahal kan. Hambatan untuk tahap pertama ternyata susah membeli KNO3 di Bandung. kira-kira 1/2 sendok makan. Berbeda di Jakarta. tutup botolnya harus dilubangi. roket amatir yang pernah saya buat dan tau mekanisme terbangnya cuman roket air. Pembuatan Launcher 6. ga ada satupun yang jual KNO3. Untuk rencana pembuatan. botol plastik aka Awalnya melihat gambar peluncuran roket LAPAN tiba-tiba muncul ketertarikan saya terhadap roket. Kalau alkoholnya ditambah. Roket ini jika benar-benar serius dibuatnya bisa terbang sampai beberapa kilo meter. Dasar botol (yang menjadi moncong roket) pun harus diarahkan ke atas. Tidak puas dengan roket alkohol. Kenapa dari pvc? Karena cuman dari bahan itu yang sepertinya paling mungkin dan murah. Jarak terbangnya ga terlalu jauh dan susah dibuat lebih jauh lagi karena hanya mengandalkan gas alkohol dari 1/2 sendok makan tadi. Setelah itu ditutup. Dari situ mulai muncul ide bikin roket yang lebih kerenan dikit. Uji Igniter 5. Pemilihan tabung roket 3. Tapi sayang. Selama ini. saya dan teman yang ikut iseng membagi beberapa tahap cara pembuatan sebagai berikut: 1. Apakah memang barang itu dilarang saya juga kurang tau. Glukosa bisa dibeli di toko kimia. Usia segini masa bisanya cuman bikin roket air? sedangkan orang-orang bule sana roket air sudah jadi mainan anak-anak SD.erat pada pentil. Katanya setelah bom bali mereka jadi ga berani lagi jual. Kesimpulan: Roket alkohol jarak tempuhnya ga terlalu jauh. sebesar paku kecil cukup lah. Tidak perlu susah-susah bikinnya. Beri api di lubang tutup botolnya dan wuzzzz. Coba kalau dari logam atau fiber. cocoknya buat iseng- . terbang 200 meter saja sudah cukup. bukannya jadi tambah jauh. Sebelum diluncurkan. Kemudian masukkan sedikit alkohol ke botolnya. Sayangnya teman saya lupa lagi belinya di toko apa. Sudah pernah lihat film October Sky? Buktinya bisa dilihat di film itu (propelan jenis lain sih). Tempatkan botol sejauh mungkin dari pemompa. Dengan begitu. Pembuatan propelan (bahan bakar roket) 2. Iseng pertama saya nyoba buat roket alkohol. ternyata KNO3 bisa juga dibeli. sekitar 40 meteran lebih. saya mulai mencari keisengan yang lain. malah botolnya jd kebakar. Muncullah ide iseng untuk coba-coba buat roket amatir. Saat ini yang sedang dilakukan masih tahap pertama dan kedua. masih belum memuaskan. Setelah berkeliliing di toko kimia sekitar Kosambi dan JL Gardujati. Ahirnya berkat bantuan google dan info dari teman sejurusan muncullah rencana bikin roket amatir berbahan bakar padat dari gula dan KNO3. Launching. Untuk gula. 1 Kg 40 rb. hanya butuh botol air minum besar. sekarang sedang dicoba dari serbuk glukosa. botol air minumnya benar-benar melesat. Pembuatan nozzle & fin 4. Tapi karena tabung roket yang saya rencanakan bahannya dari pvc (paralon).

bisa dicoba menggunakan propelan gula + KN03. bisa-bisa gas alkoholnyanya nyembur ke tangan. Diposkan oleh anak gedongan di 07. Misalnya untuk main tembak-tembakan. Selain itu berbahaya juga.51 0 komentar Label: berita Roket Air . Semoga saja nanti roketnya bener-bener bisa terbang. harus berhati-hati pas nyalain pemantiknya. Untuk roket amatir murah yang lebih baik jarak tempuhnya.isengan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful