P. 1
Ditinjau Dari Pengelolaan Dan Fungsinya Jelaskan Perbedaan Taman Nasional

Ditinjau Dari Pengelolaan Dan Fungsinya Jelaskan Perbedaan Taman Nasional

|Views: 797|Likes:
Published by Arif JOb Striker

More info:

Published by: Arif JOb Striker on Oct 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

Nama : Beri Agung Wahyudi NIM Prodi : 0705035190 : Pendidikan Fisika 2007 sore

1. Ditinjau dari pengelolaan dan fungsinya jelaskan perbedaan taman nasional, taman hutan raya dan kebun raya !

a. Taman nasional merupakan tanah yang dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan system donasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian , ilmu pengtahuan, pendidikan , menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Sesuai dengan undang-undang No. 5 tahun 1990, taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai fungsi sebagai perlindungan system penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya, dan pemanfaatan secara lestari tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya yang dikelola dengan system donasi, yang te rdiri dari zona inti, zona pemanfaatan, dan zona lain sesuai keperluan. Selain itu fungsi dari taman nasional adalah sebagai sumber cadangan air dan menjaga iklim mikro. Pada umumnya luasnya relatif kecil karena untuk melindungi species tertentu, seperti kawasan cagar alam di Bengkulu yang khusus melindungi Rafflesia arnoldi, misalnya, yang hanya beberapa hektar. Pengelolaan kawasan konservasi seperti taman nasional baru berjalan sekitar 80 % yang bersifat pengelolaan perlindungan dan pengamanan, seperti diketahui bahwa pengelolaan kawasan taman nasional mengacu pada 3 pilar : perlindungan system penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman hayati dan ekosistem, dan pemanfaatan secara lestari. Tetapi dalam praktiknya, karena berbagai alasan, pengelolaan kawaasan konservasi seperti taman nasional belum dilakukan secara proposional, kegiatan perlindungan dan pemanfaatan lebih dominan, aspek pengawetan relative belum banyak disentuh. Untuk mencapai tujuan pengelolaan, kawasan konservasi perlu dibagi kedala m unit-unit pengelolaan yang lebih kecil dimana tujuan pengelolaan dapat diwujudkan. Unit terkecil pengelolaan adalah Resort Pengelolaan Taman Nasional dengan memberdayakan resort sebagai unit pengelolaan terkecil di

. Taman Hutan Raya adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyal fungsi sebagai koleksi tumbuhan dan satwa. rekreasi dan secara tidak Iangsung dapat meningkatkan social ekonomi masyarakat sekitarnya dan PAD. penelitian. monitoring dan pengendalian keanekaragaman hayati dan ekosistemnya serta kegiatan lain yang bersifat pendekatan kepada masyarakat. b. baik jenis asli maupun bukan asli untuk dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan. pariwisata dan rekreasi . koleksi. budaya. SDM ditingkat resort di dalam kawasan aklan melakukan pengamatan. selain itu partisipasi masyarakat sekitar TAHURA juga memiliki peran penting dalam pengelolaan TAHURA menjadi lebih baik.lapangan. pendidikan. pengendalian pemantau dan evaluasi sedangkan yang di luat kawasan SDM ditingkat resort harus mampu membangun komunikasi dan kemitraan dengan berbagai komponen di desa-desa yang berinteraksi khususnya yang bersentuhan langsung dengan taman nasional. pendidikan. baik jenis asli maupun bukan asli untuk dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Secara harfiah tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. edukasi. Pengelolaan Karena memiliki fungsi sebagai koleksi tumbuhan dan satwa. Taman Hutan Raya Taman Hutan Raya diharapkan mempunyai fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan. pariwisata dan rekreasi lebih baik jika pengelolaan TAHURA ini dipegang oleh para peneliti yang benar-benar aktif melakukan penelitian. monitoring. Ujung tombak dari suatu keberhasilan dari suatau keberhasilan pengelolaan hutan terletak pada peranan petugas dalam melakukan berbagai kegiatan pengelolaan baik pada bidang perlindungan dan pengamanan hutan. budidaya. Peneliti ini bias direkrut dari berbagai bidang yang berhubungan dengan semua aspek yang ada pada TAHURA tentunya tidak . inventarisasi. lepas juga dari peran pihak pemerintah yang memegang penuh kendali TAHURA. penelitian. budidaya. pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa asli atau bukan asli serta keunikan panorama alam asrinya dapat dimanfaatkan secara lestari untuk konservasi. SDM ditingkat resort akan bekerja pada dua fokus secara paralel dan sinergis. budaya. patrol.

Namun pemindahan Ibukota negara memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kebun raya juga mempunyai fungsi mengubah tanaman liar menjadi tanaman budidaya. 2. Jakarta justru semakin tergerus dengan perkembangannya sendiri. tanpa gunung. Karena Luas Kalimantan Tengah saja dua kali luas Pulau Jawa. Kebun Raya mempunyai fungsi utama untuk konservasi. .678. Sebagai perbandingan. sangat tepat bila Palangkaraya menjadi kandidat Ibukota yang paling layak.52 km persegi. Palangkaraya dekat dengan perbatasan. Kebun Raya Ditelusuri dari fungsinya. seperti jembatan gantung. maka infrastruktur dan sarana penunjang kehidupan harus dibangun secara bertahap di calon Ibukota tersebut. Jenis-jenis tanaman yang mulai langka di alam diselamatkan. Ditanam di kebun raya dengan identitas yang jelas lalu dipelajari dan diteliti. Infrastruktur dan sarana penunjang yang akan dibangun sebaiknya dipikirkan untuk masa kedepannya. Bila Ibukota ditempatkan di wilayah yang dekat dengan perbatasan. secara geografis Palangkaraya yang terletak di Kalimantan adalah daerah aman gempa. karena palangkaraya meemiliki beberapa keungulan diantaranya. Kalimantan tidak termasuk dalam wilayah ring of fire atau lingkar api. Luas Palangkaraya mencapai 2.51 km persegi.c. tak terkelola. jadi dapat disimpulkan. Palangkaraya memiliki tanah yang luas. sebaiknya Ibukota Negara di pindahkan ke Palangkaraya. Saya sangat setuju dengan rencana pemindahan Ibukota saya juga ingin berpendapat . luas Jakarta hanya 661. Pengelolaan Pengelolaan kebun raya ini menjadi tanggung awab pemda. Jika ditinjau dari segi pertahanan. dan tak terkontrol. Bagaimana pendapat anda tentang pemindahan Ibukota ? Jakarta mengalami pertumbuhan yang luar biasa pesat namun tak terbendung. Tentunya tidak j terlepas dari partisipasi masyrakat karena Kebun raya disini lebih cendrung digunakan sebagai tempat pariwisata dan rekreasi tentunya akan menambah pendapatan anggaran daerah dan memnambah social ekonami masyarakat sekitar kebun raya jika pihak pemda dan masyarakat dapat bekerjasama dengan baik. Jumlah urbanisasi yang semakin besar menambah jumlah kepadatan penduduk di Jakarta. maka otomatis daerah perbatasan akan lebih diper hatikan oleh pemerintah pusat. karena di Palangkaraya hanya terdiri dari daratan yang datar. jika pemindahan Ibukota benar-benar akan dilaksanakan. Pembangunan tersebut harus diatur tataruangnya dengan baik sehingga akan mengurangi jumlah kemacetan dan kepadatan penduduk yang akan terjadi jika calon Ibukota tersebut mengalami urbanisasi.

.jembatan laying. kereta api bawah tanah bahkan sampai ke tempat daur ulang sampah sampah industry. Salah satu cara menanggulangi banjir yang kerap melanda Ibukota Jakarta adalah dengan membersihkan sampah-sampah yang ada si sepanjang aliran sungai. merapikan rumah-rumah liar disepanjang bantaran sungai-sungai di ibukota.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->