P. 1
Urbanisasi Pasca Lebaran

Urbanisasi Pasca Lebaran

|Views: 100|Likes:
Published by pl4y312

More info:

Published by: pl4y312 on Oct 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2010

pdf

text

original

URBANISASI PASCA LEBARAN

Nama NPM Kelas

: Iskandar Zulkarnain : 19110724 : 1KA34

SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKONOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA

SURAT PERNYATAAN

Dengan ini kami menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini kami buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, kami siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 19110724

Nama Lengkap Iskandar Zulkarnain

Tanda Tangan

Program Sarjana Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA
i

DAFTAR ISI
SURAT PERNYATAAN.................................................................................................. i DAFTAR ISI .................................................................................................................... ii KATA PENGANTAR..................................................................................................... iii BAB I PENDAHULUAN .................................................................................................1 1. 2. 3. Latar Belakang.......................................................................................................1 Tujuan....................................................................................................................1 Sasaran...................................................................................................................2

BAB II PERMASALAHAN .............................................................................................3 1. 2. 3. 4. Kekuatan (Strength)...............................................................................................3 Kelemahan (Weakness) .........................................................................................3 Peluang (Opportunity) ...........................................................................................4 Tantangan (Threats)...............................................................................................4

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI ...........................................................5 1. 2. Kesimpulan............................................................................................................5 Rekomendasi .........................................................................................................5

REFERENSI......................................................................................................................6

ii

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesainya penulisan makalah “Urbanisasi Pasca Lebaran” ini. Ucapan terima kasih tidak lupa kami ucapkan kepada seluruh pihak yang membantu dalam penyelesaian makalah ini.

Makalah ini disusun sebagai tugas untuk mata kuliah Ilmu Sosial Dasar di Program Sarjana Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma.

Makalah ini diharapkan dapat membantu berbagai pihak untuk lebih memperhatikan masalah-masalah urbanisasi pasca lebaran yang tidak terkendali sehingga bisa bekerja sama dari berbagai pihak untuk menciptakan pertumbuhan pembangunan yang merata baik di desa maupun di kota.

iii

BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi sering terjadi pada kota-kota besar, seperti Surabaya, Bandung, Medan, Yogyakarta, dan terutama Jakarta yang merupakan Ibukota Indonesia. Urbanisasi terjadi dikarenakan oleh berbagai faktor yaitu ekonomi, geografi, pendidikan, budaya, hukum, politik dan sebagainya.

Pasca Lebaran merupakan waktu yang paling banyak dipilih penduduk desa untuk melakukan urbanisasi. Ajakan dari orang-orang yang pernah merantau ke kota menggiurkan penduduk desa untuk mengikuti jejak mereka melakukan urbanisasi dengan harapan perubahan gaya hidup dan peningkatan taraf perekonomian penduduk desa.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali permasalahan yang timbul akibat dari tidak terkendalinya proses urbanisasi pasca Lebaran. Meningkatnya jumlah pendatang baru ke kota besar, setiap tahunnya mengalami peningkatan secara signifikan. Peningkatan yang signifikan ini tidak bisa diimbangi dengan peningkatan lahan tempat tinggal dan lapangan pekerjaan yang menjadi faktor penting untuk keberhasilan suatu proses urbanisasi. Dengan demikian semakin banyak peningkatan jumlah pendatang baru, semakin banyak pula peningkatan jumlah pengangguran, kemiskinan, pemukiman kumuh, dan semakin meningkat pula tingkat kriminalitas di kota besar karena desakan hidup.

2. Tujuan
Tujuan makalah ini dibuat untuk mempelajari pola urbanisasi yang kurang terkendali sehingga bisa menimbulkan berbagai permasalahan yang terjadi di kota-kota tujuan urbanisasi dikarenakan tidak meratanya persebaran penduduk dan pertumbuhan pembangunan di pedesaan. Oleh karena itu, makalah ini diharapkan bisa membantu 1

mengendalikan urbanisasi dengan menggunakan analisis SWOT sehingga bisa memperkuat faktor kekuatan dan peluangnya, dan menekan faktor kelemahan dan tantangan/ancamannya.

3. Sasaran
Makalah ini ditujukan kepada seluruh pihak yang terkait dalam proses urbanisasi pasca Lebaran, baik itu pelaku urbanisasi, penduduk desa, penduduk kota, dan pihak pemerintah.

2

BAB II PERMASALAHAN
Pasca Lebaran merupakan timing yang sangat tepat untuk melakukan urbanisasi bagi penduduk desa. Penduduk desa yang telah merantau dan pernah mencicipi gemerlapnya kehidupan perkotaan, akan kembali ke desa saat Lebaran tiba untuk bersilaturahmi kepada sanak-saudaranya yang ada di desa. Kemudian orang-orang rantau itu akan menceritakan kehidupannya di Jakarta, kemudian mengajak penduduk desa lain untuk merasakan kesenangan hidup di perkotaan saat mereka akan kembali lagi mengadu nasib ke kota.

Jika satu orang saja bisa membawa 2 temannya untuk mengadu nasib di kota, maka peningkatan jumlah pendatang baru ke kota akan meningkat secara signifikan. Padahal lapangan pekerjaan dan lahan tempat tinggal yang tersedia tidak bisa mengimbangi peningkatan tersebut, akibatnya berbagai permasalahan timbul seperti pengangguran, kemiskinan, pemukiman kumuh, dan meningkatnya tingkat kriminalitas di kota karena tidak tahan dengan desakan hidup.

1. Kekuatan (Strength)
Ø Lebaran menjadi moment lebih berkesan daripada hanya bersilaturahmi dengan keluarganya, tapi bisa mempererat hubungan sosialisasi antara penduduk desa dengan kota. Ø Penduduk desa yang memiliki skill yang baik bisa memenuhi permintaan tenaga kerja oleh pihak pencipta lapangan kerja. Ø Penduduk desa yang berhasil bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya. Ø Penduduk kota lebih mudah mengenal keanekaragaman budaya dari seluruh daerah di Indonesia tanpa harus datang ke desa.

2. Kelemahan (Weakness)
Ø Penduduk desa yang tidak memiliki skill yang cukup tidak bisa memenuhi kebutuhan pencipta lapangan kerja. 3

Ø Penduduk desa yang tidak dibutuhkan hanya akan meningkatkan tingkat pengangguran, kemiskinan dan kriminalitas di kota besar. Ø Padatnya penduduk bisa menciptakan pemukiman kumuh baru karena keterbatasan lahan tinggal. Ø Tidak meratanya pertumbuhan penduduk di Indonesia.

3. Peluang (Opportunity)
Ø Penduduk desa yang berhasil di kota tujuan urbanisasi bisa meningkatkan perekonomian kota tersebut. Ø Penduduk desa yang kreatif dan berkeinginan kuat bisa menciptakan lapangan kerja baru di desanya sehingga bisa meningkatkan perekonomian penduduk desanya tanpa harus datang ke kota. Ø Penduduk desa yang berhasil dalam sektor pendidikan di kota, bisa membantu pemerataan sektor pendidikan bagi penduduk desanya. Ø Timbulnya industri baru di kota karena kreatifitas, pengetahuan tentang pedesaannya, dan tuntutan mendapatkan penghidupan yang layak.

4. Tantangan (Threats)
Ø Pemerintah harus berusaha lebih keras untuk menciptakan lapangan kerja baru di desa. Ø Pemerintah harus berupaya untuk meningkatkan/memperbaiki lapangan kerja yang sudah ada di desa misalnya dengan melakukan penyuluhan pengetahuan tentang bidang lapangan kerja yang ada di desa, dan meminjamkan modal usaha mereka. Ø Pemerintah harus melengkapi sarana dan prasarana di desa yang hanya ada di kota. Ø Baik pemerintah maupun penduduk kota harus memperbanyak lapangan pekerjaan di perkotaan terutama saat pasca Lebaran untuk mengimbangi peningkatan pendatang baru agar bisa menekan dampak-dampak negatif dari urbanisasi yang tak terkendali.

4

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
Ø Urbanisasi pasca Lebaran tidak bisa dihindari karena desakan ekonomi yang memaksa mereka untuk mengadu nasib di kota. Ø Pengendalian urbanisasi yang terkontrol, merata, dan seimbang dengan pembangunan kota bisa meningkatkan perekonomian kota tersebut. Ø Urbanisasi yang tidak terkontrol hanya menambah masalah baru di kota tujuan urbanisasi. Ø Urbanisasi tidak terkontrol tidak semata-mata karena pihak pelaku urbanisasi, tetapi juga pihak pemerintah yang kurang sigap dalam pemerataan perekonomian di pedesaan.

2. Rekomendasi
Ø Menciptakan lapangan kerja baru di pedesaan. Ø Menarik investor ke pedesaan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan yang sudah tersedia. Ø Melengkapi sarana dan prasarana di pedesaan layaknya di perkotaan. Ø Sosialisasi lebih mendalam tentang peluang dan ancaman hidup di perkotaan.

5

REFERENSI
ü http://id.wikipedia.org/wiki/Urbanisasi ü http://kammikomsatugm.wordpress.com/2009/09/29/fenomena-urbanisasi-pascalebaran-transfer-orang-miskin-ke-kota/ ü http://premasai.wordpress.com/2007/10/23/urbanisasi-pasca-lebaran/ ü http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_4335/title_urbanisasi-pascalebaran/

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->