ARI BUDHI

-672007030Kesekretariatan Tanggal 30 Agustus – 1 September 2007 silam ketika itu saya masih dibantai di tengah lapang, lapangan di bandungan karena saya menjadi peserta FTI DAYS ’07. Hanya ada perasaan dendam, bercampur dengan emosi kepada OM dan TANTE panitia saat itu. Sempat terpikir rencana jahat balas dendam kepada mereka, jika itu tidak terlaksana ya pengen jadi panitia fti days juga seperti mereka supaya bisa bentak” peserta fti days..hehe. Akhirnya mimpi itu kesampaian juga pada tahun 2010 ini, setelah mengikuti serangkaian birokrasi mulai dari pendaftaran hingga wawancara. Saat itu ada 2 opsi pada diri saya yaitu sekret dan pendamping.

Bla bla bla bla bla blast!

Sampailah saya diberitahu oleh teman bahwa saya diterima menjadi sekret, sempat pesimis juga setelah mendengar cerita teman” yang dulu pernah jadi sekret fti days. Tapi ya sudahlah niat saya waktu itu jalani saja. Rapat pleno pertama pun digelar, saya bolos waktu itu, dikarenakan ada kuliah CCNA a.k.a. kuliah mahal, lol. Sempat saya bertanya kepada teman tentang hasil rapat kala itu, mereka bilang hanya perkenalan panitia. Setelah beberapa kali rapat akhirnya diumumkan tempat untuk FTI DAYS ’10 yaitu Bantir (tempat yang sama pada saat saya jadi peserta dulu). Wah ternyata panitia gempar, saya melihat mereka tidak cocok dengan tempat tersebut. Beberapa teman berniat untuk mengundurkan diri, saya pun juga sempat berfikir seperti itu. Seiring berjalannya waktu saya tetap bertahan di panitia ini, alasan saya “Banyak orang yang ditolak dalam panitia ini mengapa saya yang diterima malah

menyia-nyiakannya, apapun konsekuensi yang saya terima nanti itu adalah resiko.” Mulailah pekerjaan sekert, pekerjaan pertama kami adalah belanja kebutuhan seperti kuitansi pendaftaran dkk, arrgh barang” itu cukup membuat tas saya berat! Hal kedua yang cukup membuat kami pusing adalah membuat jadwal jaga pendaftaran,

Untung saja koordinator kami orangnya sabar jadi masalah daftar jaga dapat terselesaikan. lol. wah sepertinya peserta ini tidak kapok” buat pelanggaran. Akhirnya pendaftaran FTI DAYS ’10 ditutup dengan hasil target peserta saat itu 600 orang belum terpenuhi. banyak peserta yang terlambat datang. tercatat hari total pendaftar 620 orang dengan 45 orang lagi belum terdaftar. kurang jelas apa motivasi dia.banyak panitia yang protes minta jadwal jaga mereka dirubah. Selain membagi kelompok kami juga membuat cocard panitia + peserta dan juga sertifikat. ternyata kami mendapati ada seorang peserta yang mendaftar 2 kali dengan data diri pada agama berbeda. Saya pikir itu jumlah yang sangat banyak untuk ukuran peserta makrab dan artinya pekerjaan tambahan untuk kami para sekret (tapi tak mengapa. saat itu rata” 1 kelompok beranggotakan 17-18 orang. itupun masih kurang lengkap. Selesai TM2 bukan berarti pekerjaan kami selesai. Kami pikir cukuplah namanya juga hari pertama. ternyata pendaftar di sana cukup banyak. pekerjaan lagi buat kami untuk mecatat nim dan nama mereka sebagai pelanggaran selain tugas kami yang utama saat itu membuat absen TM2. 27 juli 2010. Dikarenakan ada beberapa panitia yang mengundurkan diri ternyata ada juga beberapa panitia baru. setelah . kalaupun ada yang daftar mereka rata” belum melengkapi syarat” yang ditetapkan. pandaftaran FTI DAYS ’10 secara resmi dibuka oleh koordinator sekret. TM3 pindah ke BU. bahkan ada seorang mahasiswa yang datang bolak-balik 3 kali pada hari yang sama ke tempat pendaftaran hanya untuk melengkapi syarat. Hari” berikutnya pendaftar hanya sedikit. Padahal sudah diingatkan saat TM2 tetap saja mereka melanggar. Hmm sempat saya tertawa sendiri karena panitia baru ada gadis berkacamata itu. Setelah koordinator kami melakukan koordinasi dengan bapak SC maka diputuskan target total 700 orang. Mungkin saking cintanya dia kepada FTI DAYS. Lucu juga setelah melakukan rekap peserta. kami harus merevisi nama” peserta jika ada kesalahan penulisan. Bahkan yang mendaftar di hari itu overload dari target. pada hari itu yang datang mendaftar cuma 12 orang. Dengan jumlah peserta seadanya lantas sekret membagi mereka dalam 30 kelompok. Oiya. hehe. namanya juga konsekuensi). TM2 berlangsung di SD Lab. Sampailah kita pada TM1 di lapangan basket.

saat TM3 itu saya belum melakukan persiapan sama sekali untuk esok harinya berangkat ke tempat ‘pembantaian’. Peserta pun dibawa ke barak masing” dan tugas saya untuk mengatur barak 1 bagi peserta cowok. dikarenakan malamnya tidak tidur (balas dendam). saya dan 2 orang teman dapat tugas jaga di PB2 jalur 2. hari dimana fti days ’10 dimulai. Saat api unggun transmigrasilah kami ke lapangan. Jadi saya maklum pada panitia lain yang sampai bicara dengan keras dan dengan nada yang tegas untuk menertibkan peserta. Barang sitaan yang berupa shampoo berguna juga saat” .ditambah sini situ total pendaftaran peserta FTI DAYS ’10 berjumlah 663 orang. Akhirnya tanggal 28 tiba. hehe. artinya pekerjaan sekret menanti untuk mencatat barang sitaan dan menyimpannya. lokasinya ada di pinggir jalan raya.45 suasana saat itu pas sekali buat tidur. Setelah ditambah evaluasi TM3 dkk saya pulang ke rumah sekitar jam 10 untuk besoknya kumpul lagi di kampus jm 4. jujur susah sekali untuk mengatur mereka. Saya masih ingat. hehe). hmm serasa jadi peserta saat itu. Pada siang harinya sesi game. Malam tiba di tanggal 26 itu dan sesi selanjutnya adalah JJM. kami genk sekret melihat dari tangga depan barak sekret ditemani selimut dan coklat sitaan (enaknya jadi sekret dapat coklat. tapi kami harus melakukan tanggung jawab ini.45. juga ada yang berjalan bersama kelompok mereka. Untung peserta matanya ditutup. Ada yang jalan sendiri. saya dan seorang teman sekret menyortir barang sitaan dari peserta agar nantinya mudah saat pengembalian. acara pembabtisan yang seru itu dimulai. Jam 5 saya dan beberapa teman berjaga di depan gerbang tama uksw. asik lo nntn kembang api + api unggun. Beberapa sesi terlewati dan kami berangkat ke Bantir dengan jumlah peserta 637 orang. wah sudah banyak peserta yang datang rupanya. Kami berkumpul pagi” jam 4. 26 agustus 2010. cukup amanlah buat kami.hehe. Tiba di bantir peserta langsung dibariskan setelah itu diadakan cek barang.. Selanjutnya sesi talent show. Keesokan harinya tanggal 27 dari pagi sampai siang saya hanya tidur. saya memutuskan naik di bak truk bersama peserta dan seorang teman pendamping. bahkan ada peserta manja yang di antar mobil sampai ke depan kampus.

dinginnya. saya dapat bahagianya.k. Pembabtisan selesai peserta bibawa ke lapangan dan dinaikan ke truk. saya menghabiskan beberapa sachet untuk mengeramasi peserta. ‘genk urpon undian’ (kalian yg terbaik) juga kepada teman” panitia lainnya. Saran saja untuk kepanitiaan selanjutnya tingkatkan koordinasi dan keakraban antar panitia. Sampai di uksw tercinta peserta dibubarkan dan kami pun evaluasi. Mengenai barang sitan hanya beberapa orang saja yang mengambilnya. Kali ini saya cukup duduk di depan jadi asisten pak supir. kebersamaan kita selama di bantir akan selalu berkesan. FTI DAYS tidak hanya membentak” peserta tapi juga menanamkan sikap tahan banting kepada peserta agar nantinya mereka bisa menjadi seorang yang bisa dibanggakan. manusia tidak ada yang sempurna apalagi kepanitiaan. Untuk jumlah peserta sebanyak itu bagi saya kita adalah panitia yang sukses. Tidak perlu saling menyalahkan. broken heartnya pun juga ada. Overall saya menikmati FTI DAYS ’10. terima kasih banyak kepada teman” sekret a. ya biar mereka wangi dikit lah. bagaimana mungkin saling koordinasi kalau tidak saling kenal.seperti ini. jadi apapun hasilnya ya itu hasil bersama. Menurut saya kita semua telah berusaha semaksimal mungkin.a. padahal kami sudah member extra time untuk pengambilan barang sitaan. SAYA BANGGA MENJADI SEBUAH BAGIAN KECIL DARI ACARA SEBESAR FTI DAYS ’10 .