P. 1
Warna Untuk Kantor Anda

Warna Untuk Kantor Anda

|Views: 384|Likes:
Published by renggan1s

More info:

Published by: renggan1s on Oct 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2012

pdf

text

original

Warna Untuk Kantor Anda

Biru Memberikan kesan lembut dan teduh.Warna biru mwelambangkan keharmonisan, kedamaian, serta keteguhan. Bila di aplikasikan pada ruangan Anda, perasaan nyaman dan aman akan timbul. Warna ini sangat baik diterapkan pada ruangan yang terlalu terang. Hijau Sangat teduh di mata, Warna hijau berkesan natural dan memberikan kesegaran. Hijau cocok digunakan dalam segala ruangan di kantor Anda. Kuning Menghadirkan suasana hangat, riang dan menambah kesan luas pada ruang-ruang sempit.Warna kuning mencerminkan sifat kreatif, intelek serta kepemimpinan.Kuning adalah warna yang paling cocok dipergunakan untuk ruangan pertemuan. Merah Aksen cantik yang bersifat terbuka serta akrab.Warna merah memberikan kesan berani dan cerah. Merah dan gradasinya seperti maroon dan burgundy cocok untuk diaplikasikan ke ruang resepsionis kantor Anda. Ungu

Sebagai contoh karpet biru. Biru Segala sesuatu yang berhubungan dengan warna laut dan langit adalah biru. lapisi dinding ruang kantor Anda dengan wallpaper nuansa biru muda plus putih pasir atau wallpaper nuansa hijau pastel lalu pilih furniture dengan warna-warna ivory atau gunakan beige (oranye pastel) agar terlihat cerah dan energik. Feng Shui Untuk Tempat Penyimpanan di Kantor Umumnya untuk mengoptimalkan ruang kantor dipergunakan kabinet atau ambalan (shelve). Interior Kantor Bagi Yang Suka Pantai Anda menyukai pantai? Berikut warna-warna yang memberikan ruang kantor Anda layaknya seperti sedang berlibur di pantai. Nah. jadi warna biru adalah warna yang tepat untuk menghadirkan suasana laut. Gunakan warna-warna di atas untuk ruang kantor Anda.Kombinasikan dengan warna putihnya pasir pantai.Warna ini mempunyai karakter yang penuh kekuatan. Kantor Anda merupakan representasi bisnis Anda. sehingga bila ingin mempergunakan nuansa warna ini pada ruang kantor Anda pilih warna ungu pastel yang lebih lembut. Dalam feng shui terdapat hal-hal yang tidak dianjurkan seperti meletakan kabinet pada bukaan pintu dengan maksud agar pintu terbuka lebar sehingga leluasa bagi orang yang akan keluar atau masuk. tepat untuk digunakan sebagai warna dasar sehingga suasana nyaman dapat dirasakan pada kantor Anda. Putih Merupakan warna yang bersifat netral. plafon putih pasir. silakan Anda coba skema warna-warna di atas untuk menciptakan suasana pantai yang membuat ruang kantor Anda layaknya tempat impian Anda. warna-warna pastel seperti hijau pastel. digantung pada langit-langit plafon dan sebagainya. jingga pastel. di bawah ini terdapat beberapa petunjuk: . ada yang diletakan di atas pintu masuk.Tidaklah perlu ragu untuk memberikan nuansa yang berbeda agar menambah keindahan dan kenyamanan di dalamnya.

Chi adalah energi dan kekuatan yang mengalir di sekeliling kita. Anda dapat memilih solusi penyimpanan yang teratur dan menciptakan feng shui yang baik di ruang kantor Anda Aplikasi Feng Shui Untuk Gedung Kantor Mempertimbangkan penerapan feng shui untuk membawa manfaat sama seperti cara Anda meningkatkan keadaan sebuah kantor melalui disain interior dan eksterior. sebaiknya gunakan kabinet berpintu atau laci-laci. perasaan kacau atau energi tidak optimal. Jangan buat gantungan di pintu karena hal tersebut akan mengganggu Anda ketika membuka & menutup pintu sehingga tidak leluasa selain memecahkan perhatian Anda pada benda-benda yang tergantung tersebut. Chi perlu diberikan kesempatan bergerak dengan berbagai cara agar mengalir ke sekeliling. Estetika merupakan hal yang sama pentingnya dengan fungsi dalam fengshui. berubahnya musim. Kabinet tinggi semacam rak buku & kabinet file jangan sampai menggangu pandangan atau memotong alur jalan Anda.Chi tidak dapat terlihat dan dirasakan tetapi memberikan efek nyata dalam kehidupan. Dengan petunjuk-petunjuk yang mudah di atas. stapler. chi adalah daya hidup untuk segala sesuatu seperti gerakan bintang. Selanjutnya periksalah lingkungan gedung kantor Anda dengan mempertimbangkan aspekaspek keseimbangan alam yang terdiri dari air.energi vital) ke dalam ruang kantor & ruang kehidupan Anda. Ambalan (sebuah papan untuk rak) yang ditempatkan pada dinding di atas meja kerja Anda.Kabinet akan menghalangi pergerakan chi (aura kosmis . penjepit kertas dan lain-lain dalam wadah khusus. Air adalah unsur sangat berguna bagi kehidupan manusia.Anda dapat membelinya di toko dengan warna yang sesuai dengan interior atau furniture ruang kerja Anda. dalam feng shui air membawa chi. Sedapat mungkin simpan benda-benda pada tempat yang mudah terjangkau tetapi tidak terlihat contohnya adalah penggunaan ambalan (papan sebagai rak) tidak dianjurkan. Simpan benda-benda kecil seperti pensil. bisa disebut aura kosmis. maka tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan fengshui. karena di atas kepala Anda ketika bekerja sehingga memberikan efek penat. Maka lingkungan yang terdapat sungai kecil berbelok-belok dengan air yang jernih mengalir lancar terdapat chi yang mengalir sehingga bisa di arahkan untuk . supaya Anda mendapatkan manfaat dari perbaikan-perbaikan yang dilakukan. pohon dan kontur tanah. Lingkungan Lihat dan berjalanlah ke sekeliling lingkungan gedung kantor Anda.

Warna-warna ringan. hijau daun.19 0 komentar Link ke posting ini Jumat. menenteramkan jiwa. seperti biru langit. bisa dipilih warna alam untuk mengganti lampu pijar atau lampu neon. silakan cari di search engine dengan memasukan kata kunci feng shui. Untuk perkakas rumah.kebutuhan yang menguntungkan bagi manusia. membangkitkan semangat. warna putih rembulan.Untuk menggantikan ketiadaan unsur air maka praktisi feng shui menyarankan dibuat kolam ikan di bagian tertentu. serta warna aneka bunga dipertimbangkan dalam pemilihan aksesori rumah karena sifatnya yang mengandung gizi yang menyehatkan dan memperkuat pikiran. hijau kuncup. 01 Agustus 2008 Warna Interior untuk Terapi Kesehatan Warna Interior untuk Terapi Kesehatan Anda ingin merubah warna interior rumah di tahun yang baru ini? Ada baiknya simak tips berikut. sementara warna-warna kuning berpengaruh pada energi mental. Ahli terapi warna menyarankan warna-warna alam. untuk menyulap ruangan kecil agar tampak . biru laut. meredakan emosi.Spektrum warna merah. akan membuat ruangan terasa lebih luas. Warna-warna biru memengaruhi energi spiritual. dan menghangatkan. biru kehijauan (seperti batu pirus). Pohon merupakan unsur Yin dan bangunan kantor (juga perbukitan) adalah unsur Yang. dengan menggunakan perbandingan 40% Yin : 60% Yang dalam lingkungan. misalnya. Untuk mempelajari lebih detail mengenai feng shui. misalnya. Diposkan oleh DF design di 20. Warna berpengaruh pada suasana hati dan emosi. perkakas kantor. Kap lampu. tubuh. Warna juga memiliki kekuatan untuk mengubah bentuk dan ukuran perabot atau bahkan bentuk dan ukuran ruangan. dan jiwa. bahkan kendaraan dan interiornya serta pakaian juga bisa dipilih dari warna yang membuat perasaan jadi nyaman. Karena itu. berarti gedung kantor (unsur Yang) menempati 3/5 bagian dari tanah yang ditempati sementara pepohonan menempati 2/5 bagian. misalnya. memengaruhi energi fisik. dan membersihkan pikiran. Maka dengan mempertimbangkan aspek-aspek keseimbangan.

daun jendela. cukup dengan trik warna.luas. niscaya ruangan akan terasa lebih luas dan lega. Warna terang bisa digunakan untuk tembok bila Anda ingin ruangan Anda membangkitkan semangat atau ingin membuat ruangan yang besar tampak lebih nyaman. warna bisa ditentukan dari melihat pintu atau ruang penghubungnya. abu-abu muda) atau warna pastel untuk warna dominan karena sifatnya yang ringan. Antara lain adalah batasi jumlah warna agar tak lebih dari dua macam untuk satu ruangan dan selalu dengan salah satu warna mendominasi ruangan. Perabot yang warnanya sama atau senada dengan tembok akan membuat ruangan berkesan lebih luas karena perabot seolah ”ditelan” tembok. langit-langit. Karena itu. Dengan memberikan warna ringan yang senada untuk seluruh permukaan ruangan. Batasi jumlah warna Ada beberapa hal mendasar yang bisa dijadikan panduan dalam memberi warna pada rumah atau ruangan agar tidak menghasilkan suasana atau kesan yang membingungkan. untuk ruangan kecil. warna ini akan menegaskan bagian-bagian tersebut dan akibatnya akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Pemilihan pola dan tekstur juga perlu disesuaikan dengan ukuran perabot atau ukuran ruangan. lantai. akan baik bila kedua ruangan diberi warna yang sama atau mirip. mulai dinding. Apabila bagian-bagian yang terbuat dari kayu.Apakah ukurannya berat dan besar ataukah kecil? Sofa dengan bulzak gendut akan tampak lebih baik bila diberi penutup kain dengan warna yang sesuai atau yang senada atau warna yang mirip dengan warna tembok di belakangnya. .Ruangan yang besar dan perabot besar bisa menggunakan polapola yang juga besar. Pola-pola besar dalam ruangan sempit akan membuat ruangan makin terasa menyesakkan. daun pintu serta perabot hingga gordennya. Sekarang ukuran dan bentuk perabot rumah. gorden dan kain pelapis perabot sebaiknya memiliki warna yang menyatu dengan warna dinding serta memiliki pola yang simpel. Ini juga agar kedua ruangan tersebut tampak menyatu dan terasa lebih lega. Warna untuk bahan berpola sebaiknya juga ringan dan senada serta tidak kontras dengan warna-warna lain dalam ruangan tersebut. Untuk dua ruang yang bergandengan atau bersambungan. seperti pintu dan jendela diberi warna yang berbeda. Orang banyak memilih warna netral (broken white. apalagi jika kontras dengan warna tembok. sarannya adalah. beige. Apabila pintu atau ruang penghubungnya terbuka.

Humor. jika anda belum terdaftar silakan daftarkan diri anda. But. Kesehatan. Konsultasi. Pendidikan. Olah Raga. хХх::[Dunia Remaja Indonesia]::хХх Situs/Web/Forum/Blog dan Komunitas Remaja (Indonesian Only) Portal Indeks FAQ Pencarian Top of Form searchbox Parameter Pencarian Go Display results as : Topik Post . Berita.хХх::[Dunia Remaja Indonesia]::хХх Top of Form Login Bottom of Form Selamat datang di Dunia Remaja Indonesia. Tantangan. Maaf. Skripsi. Banyak hal yang bisa anda dapatkan disini: Foto. Makalah. Kesehatan. Tanya & Jawab. MP3. kamu harus menaati segala peraturan yang berlaku di forum. TAMU sangat terbatas untuk melihat seluruh isi forum Dunia Remaja Indonesia. Hoby. Tips & Trick.

serta oenggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Terry Manajemen perkantoran adalah perencanaan.Advanced Search Bottom of Form Anggota Pendaftaran Login Share | Actions ! Actions ! Daftar Pesan Terbaru хХх::[Dunia Remaja Daftar Pesan Kiriman Anda Daftar Indonesia]::хХх :: ︻╦̵͇̿╤───-Pesan Belum Dibalas Topic being watched EduCatiOn aNd sCieNCe :: Makalah Add to your favourites Send to a friend Copy BBCode URL Print this page Manajemen Perkantoran (Tata Ruang Kantor) Pengirim Message ralqis[was]her Subyek: Manajemen Perkantoran e [DRI] Pendiri (Tata Ruang Kantor) Sat 09 May 2009. . 19:28 1. pengendalian dan pengorganosaslan pekerjaan perkantoran. Manajemen perkantoran dikutipkan dalam beberapa rumusan o George R.

Metode perkantoran (office methods) 3. bilamana dan City dimanapun pekerjaan harus dilakukan. pegawai 2. Manajemen dan pengarahan 2.04. Pengendalian dan pengawasan 7. •Millis Geoffrey Manajemen kantor adalah seni membimbing personil kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan.09 dengan pelaksanaan pekerjaan kantor Lokasi: Depok secara efisien. 2. Pengarahan 9. Pengawasan 6. Persayaratan 4. Material perlengkapan 3. Manajemen 5.Mac Donald (office management) bertalian dengan 6 hal yaitu : 1.•William Leffingwell dan Edwin Robinson Jumlah Manajemen perkantoran sebagai posting: 1493 suatu fungsi adalah cabang dari seni Join date: dan ilmu manajemen yang berkenaan 24. Perencanaan. Pengarahan dan pengawasan 8. Kepegawaian perkantoran (office personel) 2. Tata laksana/penyelenggaraan 3. pengendalian dan pengorganisasian Faktor-faktor menurut Edwin Robinson menyebutkan : 1. Metode Sedangkan fungsi-fungsi yang terkait lainnya menurut H. Aspek-aspek manajemen perkantoran Dalam manajemen perkantoran terdapat berbagai fungsi yang meliputi rangkaian aktivitas antaras lain: 1. Perlengkapan perkantoran (office equipment) 4. Pelaksana secara efisien 4. Faktor-faktor fisik dalam kantor .

1980: 300). kepegawaian kantor (office personnel) 4. Haluan atau kebijakan perkantoran (office policies) perincian selengkapnya mengenai cakupan bidang kerja dalam manajemen perkantoran oleh Charles O Libbey meliputi : 1.(Physical factor) 5. (2) mengurangi waktu yang . Setiap komponen-komponen pekerjaan. serta para pegawainya merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan (koordinasi) (Huffman. Ruang perkantoran (office space) 2. perabotan danperlengkapan kantor (furniture and equipment) 5. peralatan dan mesin (appliance and machine) 6. perbekalan dan alat tulis (supplies and stationery) 7. tata warkat (records) 9. ruangruangnya. melainkan hasil dari perencanaan yang tepat. kontrol pejabat pimpinan (executive controls) Suatu ruang kantor yang efisien tidak tercipta dengan sendirinya. prosesnya. lingkungan (fisik) disekitarnya. Seseorang atau tim yang bertanggung jawab dalam merancang ruang kantor harus memahami bahwa pemakaian ruangan suatu kantor merupakan proses yang berjalan terus berkelanjutan mengikuti beragam kebutuhan dan tuntutan. metode (methods) 8. seperti: pekerjaan itu sendiri. Fungsi dan tujuan perencanaan tataruang kantor diantaranya adalah: (1) untuk menghasilkan lebih banyak pekerjaan dengan biaya serendahrendahnya. Biaya perkantoran (office costs) 6. perlengkapannya. komunikasi (communications) 3.

serta (3) memperbaiki semangat bekerja para pegawai dengan menyiapkan suasana kerja yang lebih memuaskan (Komaruddin. (2) menjamin kelancaran alur pekerjaan. (3) memungkinkan pemakaian ruang kerja lebih efisien. . PENATAAN RUANG KANTOR Ada 2 perumusan tentang defenisi tata ruang kantor yaitu : 1. 1991: 188-9). 2. serta (7) memberikan kemungkinan perubahan ruang kantor jika sewaktuwaktu diperlukan (The Liang Gie. 1986: 142).diperlukan untuk suatu pekerjaan dengan memperbaiki alur pekerjaan. (6) memberikan kesan yang baik kepada tamu yang datang. Penataan kantor sebagai penyusunan perabotan dan alat perlengkapan pada luas lantai yang tersedia. (4) kesehatan dan kepuasan pegawai terpelihara. Oleh karena itu. ruang kantor yang ditata dengan baik akan dapat: (1) mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar-mandir yang semestinya tidak perlu. (5) pengawasan terhadap pekerjaan lebih mudah. Penataan kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan penggunaan secara terperinci dari sebuah ruang untuk penggunaan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang sehemathematnya.

Rangkaian aktivitas tata usaha dapat mengalir secar lancar. pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung dengan baik 5. Pekerjaan dikantor dalam proses pelaksanaan dapat menempuh jalan terpendek. Susunan tempat kerja dapat diubah sewaktu-waktu diperlukan. Azas rangkain kerja juga merupakan kesinambungan azas jarak terpendek karena dengan tata letak suatu ruang yang baik. 2. Azas ini menggunakan sistem . Segenap ruang dipergunakan secara efisien 4.PEDOMAN DALAM MENYUSUN TATA RUANG KANTOR 1. Azas jarak terpendek ialah suatu tata letak ruang kantor yang terbaik dimana memungkinkan proses penyelesain suatu pekerjaan dapat dilakukan sependek-pendeknya atau dengan waktu yang efektif. 3. 1. 2. AZAS-AZAS PENATAAN RUANG KANTOR YANG BAIK Terdapat kurang lebih empat azas pokok dalam penataan ruang kantor yang baik. Azas rangkaian kerja ialah penempatan para karyawan dan alatalat kantor yang dirunut rangkaiannya agar sejalan dengan urutan penyelesaian pekerjaan. Azas penggunaan segenap ruangan ialah azas dimana suatu tata ruang kantor mempergunakan sepenuhnya ruang kantor termasuk di dalamnya secara vertical ke atas dan ke bawah. akan memudahkan karyawan menjangkau alat pekerjaan yang dibutuhkan sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien. 3. pihak luar yang datang ke kantor tersebut mendapat kesan yang baik tentang kantor tersebut. 6.

4. 2. merupakan cara yang baik dilakukan sesuai azas penggunaan segenap ruang ini. atau begitu pun sebaliknya. Azas perubahan. Penggunaan secara maksimal ruang kantor dari atas ke bawah. Perubahab susunan ruang kerja dapat dilakukan apabila tata letak suatu ruang kerja diharuskan untuk berubah karena alasan-alasan 3 hal di atas.pemaksimalan suatu ruangan. Azas-azas ini pun selaras sejalan dengan besar-kecil berat-ringan perabotan ruang kerja yang digunakan. PENGOORDINASIAN • Merupakan suatu kegiatan untuk menjamin kerja sama dan partisipasi sejumlah kegiatan kantor • Salah satu tolak ukur keberhasilan pemimpin adalah keberhasilannya dalam mengoordinasikan segala kegiatan yang diperlukan. . Perubahan tata letak kantor dapat digunakan untuk membuat suasana baru dalam suatu kantor. Tata ruang kantor terpisah yaitu susunan ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa satuan yang dibagi-bagi karena keadaan gedung yang terdiri atas kamar-kamar 2. Azas ini sangat baik digunakan terutama bagi suatu ruang kerja yang kecil namun menuntun tempat penyimpanan yang cukup luas. Tata ruang kantor yang terbuka yaitu Ruangan kerja yang dipisahpisahkan tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka. ADA 2 MACAM TATA RUANG KANTOR YAITU : 1.

3. Hendaknya dibuat gambar denah kantor yang bersangkutan dengan skala 1 : 40 2. lebih memudahkan hubungan antar para pegawai 3. Lekatkanlah guntingan-guntingan gambar tersebut pada gambar denah tadi. Jika terjadi penambahan pegawai/perabot kantor.3. Lebih memudahkan tersebarnya cahaya dan perubahan udara 4. Meja-meja disusun menurut garis lurus dan menghadap ke jurusan yang . menyesuaikan. dan mengoreksi kegiatan ketatausahaan agar pelaksanaan tepat seperti rencana LANGKAH-LANGKAH DALAM MERANCANG TATA RUANG KANTOR 1. tata ruang yang terbuka lebih mudah menampungnya. Mempelajari segenap pekerjaan yang termasuk dalam lingkungan kantor. PENGAWASAN KANTOR (PENGENDALIAN KANTOR) – Merupakan salah satu fungsi dari rangkaian proses manajemen kantor – Meliputi seluruh kegiatan pimpinan organisasi kantor yang meneliti. Apabila sudah diperoleh tata ruang yang terbaik. Menyusun letak meja-meja kerja untu para pegawai 4. Memungkinkan pengawasan yang lebih efektif terhadap segenap pegawai 2. Tata ruang dirancang dengan menjejerkan guntingan-guntingan gambar meja dan kursi diatas gambar denah. KEEFEKTIVITASAN TATA RUANG KANTOR TERBUKA 1. TEHNIK UNTUK MENCAPAI SUATU TATA RUANG KANTOR YANG BAIK ADALAH : 1. hendaknya semua aktivitas perkantoran dicatat.

dapat menimbulkan perasaan riang gembira . 3. dapat menimbulkan emosi • Kuning yaitu menggambarkan kehangatan matahari. jarak antara satu meja dengan meja yang dimuka / dibelakng selebar 80 cm 5. • Merah yaitu menggambarkan panas dan kegemparan pekerja.5 meter dalam ruangan. Cahaya terbagi 4 yaitu • Cahaya langsung seperti lampulampu • Cahaya setengah langsung biasanya dibuat penopang lampu dengan kaca • Cahaya setenagh tak langsung • Cahaya tak langsung. 2.sama. FAKTOR-FAKTOR LAIN YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA RUANG KANTOR 1. penerangan lampu yang terbaik adalah cahaya tak langsung karena akan memelihara kesejukan mata. Pada tata ruang yang terbuka susunan meja-meja itu dapat terdiri atas beberapa baris. Menurut ahli ada 3 warna pokok yaitu : merah. 2. Diantara baris-baris meja disediakan lorong-lorong untuk keperluan lalu lintas pegawai yang biasanya berjarak 120 cm 4. kuning dan biru. Cahaya yang abadi / permanen : matahari dan cahaya buatan seperti lampu-lampu Menurut penelitian cahaya matahari mampu menembus 5-7. pengawas kantor ditempatkan dibelakang para pegawainya. Warna Warna merupakan faktor yang penting untuk mempengaruhi keadaan jiwa pegawai. Cahaya. merangsang mata dan syaraf.

dan ketentraman. ___________ Top of Form Bottom of Form TEHNIK UNTUK MENCAPAI SUATU TATA RUANG KANTOR YANG BAIK ADALAH : . Menurut penelitian warna-warna yang digunakan dengan gedung perkantoran yaitu : 88% warna putih 88% campuran warna puutih dan hijau 83 % warna abu-abu 81 % warna gading Warna yang tepat untuk suatu kantor tergantung pada macam dan sifatnya pekerjaan di kantor yang bersangkutan. keleluasaan. Jika pekerjaan membutuhkan ketenangan sebaiknya dipakai warna biru pada dinding kantor Jika pekerjaan merupakan produktivitas diperlukan warna putih 3. Udara untuk AC diruangan kantor biasanya dipakai 270 C. Udara. Suara o Suara yang gaduh dapat mengganggu efisien kerja o Suara dapat dikurangi dengan lubang-lubang pentilasi agar suara terbawa angin keluar.• Biru yaitu menggambarkan kelembutan langit dan samudra. menyejukkan. usaha-usaha yang dibuat yaitu : o Mengatur suhu udara dalam ruang kerja dengan alat AC atau kipas angin o Mengusahakan sebanyak mungkin peredaran udara dalam ruangan kerja o Mengatur pemakaian kerja yang dipakai oleh para pekerja 4. Pengaruh warna biru dapat mengurangi ketegangan otototot tubuh dan tekanan darah.

Cahaya yang abadi / permanen : matahari dan cahaya buatan seperti lampu-lampu Menurut penelitian cahaya matahari mampu menembus 5-7. hendaknya semua aktivitas perkantoran dicatat. FAKTOR-FAKTOR LAIN YANG BERHUBUNGAN DENGAN TATA RUANG KANTOR 1. Cahaya terbagi 4 yaitu * Cahaya langsung seperti lampu-lampu * Cahaya setengah langsung biasanya dibuat penopang lampu dengan kaca * Cahaya setenagh tak langsung . Apabila sudah diperoleh tata ruang yang terbaik. Lekatkanlah guntingan-guntingan gambar tersebut pada gambar denah tadi. LANGKAH-LANGKAH DALAM MERANCANG TATA RUANG KANTOR 1.5 meter dalam ruangan. jarak antara satu meja dengan meja yang dimuka / dibelakng selebar 80 cm 5. Menyusun letak meja-meja kerja untu para pegawai 4. Hendaknya dibuat gambar denah kantor yang bersangkutan dengan skala 1 : 40 2. Diantara baris-baris meja disediakan lorong-lorong untuk keperluan lalu lintas pegawai yang biasanya berjarak 120 cm 4. 3. 2. pengawas kantor ditempatkan dibelakang para pegawainya.1. 3. Meja-meja disusun menurut garis lurus dan menghadap ke jurusan yang sama. Mempelajari segenap pekerjaan yang termasuk dalam lingkungan kantor. Cahaya. Pada tata ruang yang terbuka susunan meja-meja itu dapat terdiri atas beberapa baris. Tata ruang dirancang dengan menjejerkan guntingan-guntingan gambar meja dan kursi diatas gambar denah.

* Merah yaitu menggambarkan panas dan kegemparan pekerja. Menurut ahli ada 3 warna pokok yaitu : merah. menyejukkan.* Cahaya tak langsung. penerangan lampu yang terbaik adalah cahaya tak langsung karena akan memelihara kesejukan mata. . dapat menimbulkan emosi * Kuning yaitu menggambarkan kehangatan matahari. Udara. Menurut penelitian warna-warna yang digunakan dengan gedung perkantoran yaitu : 88% warna putih 88% campuran warna puutih dan hijau 83 % warna abu-abu 81 % warna gading Warna yang tepat untuk suatu kantor tergantung pada macam dan sifatnya pekerjaan di kantor yang bersangkutan. kuning dan biru. merangsang mata dan syaraf. Warna Warna merupakan faktor yang penting untuk mempengaruhi keadaan jiwa pegawai. Pengaruh warna biru dapat mengurangi ketegangan otot-otot tubuh dan tekanan darah. Jika pekerjaan membutuhkan ketenangan sebaiknya dipakai warna biru pada dinding kantor Jika pekerjaan merupakan produktivitas diperlukan warna putih 1. 1. dan ketentraman. keleluasaan. dapat menimbulkan perasaan riang gembira * Biru yaitu menggambarkan kelembutan langit dan samudra.

Udara untuk AC diruangan kantor biasanya dipakai 270 C. Organisasi mengandung delegasi dari pada tugastugasnya 2. Organisasi mempengaruhi motivasi dan semangat kerja para pegawai. Alasan-alasan pendirian organisasi kantor yaitu : 1. Sentralisasi adalah titik berat pada pengawasan dari pusat yang dinyatakan dengan instruksi-instruksi . Pengawasan pusat dan desentralisasi yang maksimum 4. 2. Harus ada garis-garis otoritas yang jelas dari bagian puncak sampai bagian yang terbawah. Organisasi mempengaruhi koordinasi 3. PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI KANTOR 1. Menjamin adanya garis-garis komunikasi yang baik secara mendatar maupun vertikal. Organisasi menentukan tanggung jawab dari jabatan-jabatan perorangan 4. usaha-usaha yang dibuat yaitu : o Mengatur suhu udara dalam ruang kerja dengan alat AC atau kipas angin o Mengusahakan sebanyak mungkin peredaran udara dalam ruangan kerja o Mengatur pemakaian kerja yang dipakai oleh para pekerja 1. Suara o Suara yang gaduh dapat mengganggu efisien kerja o Suara dapat dikurangi dengan lubang-lubang pentilasi agar suara terbawa angin keluar PENGORGANISASIAN KANTOR Organisasi adalah wadah sekelompok norang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan. Otoritas harus dihubungkan dengan tanggung jawab 3.

Pengutamaan tujuan organisasi Tujuan organisasi harus diutamakan dari tujuan pribadi masing-masing anggota organisasi tersebut. harus dirum. Fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan tenaga kerja. KERUGIAN DARI SISTEM SENTRALISASI 1. 3. BAGAN ORGANISASI Bagan organisasi adalah suatu upaya dengan tulisan atau lisan untuk menunjukan tingkatan organisasi. Adanya birokrasi yang panjang.keduanya harus dikerjakan. 2. Menurut Keith Davis ada 6 bentuk struktur organisasi yaitu : 1. Pengawasan yang terlalu jauh adalah tidak baik. Setiap organisasi sebagai suatu kebulatan dan masing-masing satuan dalam lingkungan harus mengarah kepada tercapainya tujuan organisasi yang tunggal 3. Tujuan harus diketahui secara pasti. Beban-beban maksimum dapat dikendalikan dengan mudah. 4. Perumusan tentang tujuan organisasi secara jelas. Pemeliharaan kesatuan tujuan organisasi . KEUNTUNGAN DARI SISTEM SENTRALISI 1. Pengawasan yang terlalu ketat dapat mengakibatkan pegawai tidak mempunyai motivasi 2. Desentralisasi adalah pekerjaan –pekerjaan yang dilakukan dalam unit-unit atau bagian-bagian . PEDOMAN-PEDOMAN TENTAN TUJUAN ORGANISASI 1. 2.secara terperinci dari kantor pusat mengenai pekerjaan-pekerjaan yang terpusat.uskan dengan jelas dan secara tertulis. Pengawasan dapat sesuai dengan standart 3. Pengawasan administrasi yang lebih baik. Bentuk Vertikal .

Bentuk Invented Piramid ( Piramida terbalik) TIPE-TIPE ORGANISASI Tipe organisasi ada 4 macam yaitu : 1.2. Bentuk semi Sircular 5. Bentuk horizontal 3. Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah o Organisasi masih kecil o Jumlah karyawan sedikit o Spesialisasi kerja masih kecil Keuntungannya adalah : o Mudah dimengerti dan dilaksanakan o Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas o Merupakan jenis organisasi yang stabil o Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat o Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal Kerugiannya adalah : o Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang o Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris o Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas . Bentuk Elliptical 6. Bentuk circular 4. Tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.

2. Tipe organisasi Garis dan Staf Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional. gagasan. pendapat dan informasi dari seseorang kepada pihak lain. sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut.o Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar 1. Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut. Tipe Organisasi Fungsional dan Staf Tipe ini adalah perpaduan antara tipe orrganisasi garis. TATA HUBUNGAN ATAU KOMUNIKASI KANTOR Komunikasi adalah suatu bentuk komunikasi sosial atau antar manusia yang menyampaikan ide-ide. Komunikasi terdiri dari 5 unsur .W. fungsional dan staf. Keuntungan Tipe ini adalah : o Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli o Ada koordinasi yang baik o Memudahkan dalam pengawasan Kerugian tipe ini adalah : o Banyak mengeluarkan biaya tambahan o Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik o Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan. Tipe organisasi Fungsional Tipe ini diciptakan oleh F.Taylor . 1.

pembicaraan lewat telepon 5. konferensi / pertemuan 4. umpan balik Chanen / Saluran ada tiga ( 3 ) yaitu : 1. plakat. Canggih seperti Siklus internet CARA DAN ALAT YANG DAPAT DIPERGUNAKAN UNTUK KOMUNIKASI 1. comunican atau orang yang menerima informasi 3. surat edaran. wawancara 2. comunicator atau orang yang menyampaikan informasi. Sederhana seperti surat.yaitu : 1. melalui mas media 6. 6 AZAS YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT LAPORAN TERTULIS DENGAN . Hubungan datar / horizontal Hubungan antara para pejabat atau para bawahan pada tingkat atau jenjang yang sederajat. Hubungan tegak / vertikal Prosed penyampaian suatu informasi dari pihak pimpinankepada bawahannya atau dari bawahan kepada pimpinan. 2. rapat kerja 3. melalui media elektronik 7. surat 8. siklus internet KOMUNIKASI KANTOR YANG BERSIFAT KEDALAM Komunikasi kantor yang bersifat kedalam dapat dibedakan dua macam yaitu : 1. papan pengumuman. Semi sederhana seperti telepon. televisi dll 3. laporantahunan. message atau pesan / informasi 4. Saluran atau alat/media yang dipakai untuk menyampikan informassi 5. pengumuman dll. 2. 2.

Minat : laporan yang baik hendaknya bersih dari perkataan-perkataan yang tidak berguna. 1. Tepat waktu : Laporan harus disampaikan tepat pada waktu yang ditentukan 5. 2.BAIK. * Keluhan-keluhan atau komplain dari orang-orang . kemungkinan penyelarasan :Laporan yang baik mengakui timbulnya pandangan-pandangn yang berbeda terhadap permasalahan yang dilaporkan. * Hubungan masyarakat selalu didasarkan atas pelaksanan tugas pokok oleh organisasi tersebut * Rencanakanlah hubungan dengan dengan sebaik baiknya untuk mensukseskan tujuan organisasi tersebut. ketetapan : Laporan harus tetap memperbincangkan bidang permasalahan yang ditentukan dan tidak boleh menyimpang. Sehingga dapat menimbulkan minat dan mempertahankan perhatian pembacanya. Kelengkapan : Laporan sebaiknya harus lengkapdari semua segi yang perlu disampaikan 4. PEDOMAN UNTUK MELAKUKAN USAHAUSAHA PUBLIK RELATION. HUBUNGAN KELUAR DENGAN MASYARAKAT ATAU HUMAN RELATION Pada umumnya hubungan ini dilakukan dengan instansi-instansi pemerintah atau lembaga-lembaga sosial atau pemakai jasa konsumen dan rakyat secara umum. Jelas : yang ditulis secara ringkas dengan bhasa yang baik dan mudah dibaca. * Hubungan masyarakat hendaknya diperkuat dengan mendapat penghargaan masyarakat. 6. 3.

pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung dengan baik 5. PENATAAN RUANG KANTOR Ada 2 perumusan tentang defenisi tata ruang kantor yaitu : 1. Segenap ruang dipergunakan secara efisien 4. Penataan kantor sebagai penyusunan perabotan dan alat perlengkapan pada luas lantai yang tersedia. Azas jarak terpendek yaitu suatu tata ruang kantor yang terbaik ialah yang memungkinkan proses penyelesaian suatu pekerjaan menempuh jarak yang . 6. Contoh penataan ruang yang buruk Contoh Penataan kantor yang baik PEDOMAN DALAM MENYUSUN TATA RUANG KANTOR 1. Rangkaian aktivitas tata usaha dapat mengalir secar lancar. 3. Susunan tempat kerja dapat diubah sewaktu-waktu diperlukan. * Jika ada saran-saran dari masyarakat untuk kebaikan atau kesempurnaanhendaknya diterima dengan sikap terbuka.betapapun kecilnya bagi organisasi hendaknya diperhatikan sepenuhnya dan mengusahakan tindakan perbaikan. Pekerjaan dikantor dalam proses pelaksanaan dapat menempuh jalan terpendek. 2. AZAS-AZAS PENATAAN RUANG KANTOR YANG BAIK 1. Penataan kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan penggunaan secara terperinci dari sebuah ruang untuk penggunaan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang sehemat-hematnya. 2. pihak luar yang datang ke kantor tersebut mendapat kesan yang baik tentang kantor tersebut.

2. lebih memudahkan hubungan antar para pegawai 3. azas penggunaansegenap ruang yaitu mempergunakan sepenuhnya semua ruang yang ada termasuk ruang yang vertikal keatas maupun kebawah. Mis : karyawan ® pegawai ® staf ® manajer . Tata ruang kantor yang terbuka yaitu Ruangan kerja yang dipisah-pisahkan tetapi semua aktivitasnya dilaksanakan pada satu ruang besar terbuka. Azas perubahan susunan tempat kerja yaitu terjadinya pengubahan tata ruang kantor tersebut. Lebih memudahkan tersebarnya cahaya dan perubahan udara 4. 4. KEEFEKTIVITASAN TATA RUANG KANTOR TERBUKA 1. tata ruang yang terbuka lebih mudah menampungnya SEGI-SEGI MANAJEMEN PERKANTORAN * Segi Tujuannya Dalam pembentukan sebuah kantor sangat penting menilai dan menentukan tujuan kantor. 3. Jika terjadi penambahan pegawai/perabot kantor. Azas rangkaian kerja yaitu menempatkan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urutan-urutan penyelesaian pekerjaan . * Segi Pengorganisasian Penyusunan tenaga kerja dan pembagian tugas-tugas tenaga kerja tersebut. Tata ruang kantor terpisah yaitu susunan ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa satuan yang dibagi-bagi karena keadaan gedung yang terdiri atas kamar-kamar 2. Memungkinkan pengawasan yang lebih efektif terhadap segenap pegawai 2. ADA 2 MACAM TATA RUANG KANTOR YAITU : 1.sependek-pendeknya.

4. . Memelihara disiplin. Jika perlu memberi hutang. 4. penempatan. * Segi Mesin-Mesin dan Perlengkapan Mesin-mesin dan semua benda-benda atau barang mati yang dipergunakan dalam kantor-kantor untuk membantu atau mempermudahpelaksanaan pekerjaan. 2. memberi ujian atau memberi celaan jika perlu. TUGAS-TUGAS POKOK MANAJER 1. TUGAS MANAJER KANTOR DALAM HUBUNGANNYA DENGAN BAWAHAN. Memberi instruksi untuk melaksanakan pekerjaan. kenaikan pangkat. memelihara hubungan antar manusia yang baik dengan bawahan. * Segi Metode / prosedur Suatu sistem urutan pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan bagaimana. mengawasi pegawai-pegawai dalam melaksanakan tugasnya 3. 2.dan pemberhentian tenaga kerja. 3. Tugas seorang manajer kantor adalah mengawasi kantor untuk mencapai tujuannya dan memberikan pengarahan-pengarahan kepada para bawahannya. mengembangkan metode-metode baru untuk melaksanakan pekerjaan.* Segi Kepegawaian Yang berhubungan dengan perusahaan tenaga kerja. Mendamaikan perselisihan-perselisihan bawahan / perorangan . dimana pekerjaan tersebut dilaksanakan. 1. * Segi Lingkungan Lingkungan gedung kantor dan kondisi-kondisi fisik dalam gedung. latihan. Melatih pegawai-pegawai untuk melaksanakan tugasnya.

Menerima tanggung jawab atas pekerjaan kantor dengan para atasan 2. 1. Kondisi-kondisi fisik disini maksudnya adalah kondisi diluar gedung mis : puskesmas. KANTOR YANG BERSIFAT TERBUKA Terbuka disini maksudnya suatu ruangan yang terbesar dimana beberapa seksi saling kerjasama . 4.TUGAS MANAJER KANTOR DALAM HUBUNGANNYA DENGAN ATASAN 1. fasilitasfasilitas bank. dan kondisikondisi fisik dari kantor tersebut dimana pegawaipegawai melaksanakan pekerjaan. KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN PERUSAHAAN JIKA DIDIRIKAN SESUAI DENGAN SYARAT. Ruang dapat diperluas. Mengijinkan dan menolak permintaan para pegawai. 3. Letak : Dekat dengan pengangkutan. Bekerja sama dengan pengawas-pengawas lainnya 3. SYARAT-SYARAT PENDIRIAN KANTOR 1. 4. perkakas atau perabot. tata ruang kantor. lif. kantor pos. Faktor-faktor fisik : Eskalator. alat pemanas. 2. kantin dan lain sebagainya. pasar. 3. Biaya biaya gedung yang lebih murah. biaya penggantian-penggantian dari gedung lama. 4. rumah makan dan konsumen. Kepatutan : Ukuran luas atau besarnya gedung kantor dan lahanya kalau bisa luas. Pertimbangan-pertimbangan tentang biaya : Biaya pemeliharaan. Melaksanakan kebijaksanaan-kebijaksanaan terhadap lingkunagn kantor. LINGKUNGAN KANTOR Lingkungan kantor terdiri dari gedung kantornya. Udara yang lebih bersih dan biaya pemeliharaan yang lebih murah. Fasilitas-fasilitas pengangkutan yang lebih baik. 2. dan penerangan.

Prosedur perkantoran adalah sistem-sistem perkantoran atau urutan-urutan dari pada langkahlangkah pelaksanaan –pelaksanaan pekerjaan kantor di dalam mana pekerjaan itu dilakukan dan berhubungan dengan apa yang dilakukan. 4. Suasana yang ada tidak berhubungan dengan orang perorangan. Suasana gaduh ( berisik) 3. Bingung karena teman-teman atau tamu-tamu PERABOT-PERABOT KANTOR Di dalam membeli perabot-perabot kantor harus diperhitungkan faktor-faktor berikut : 1. 2. 3. Penempatan dan pengguruan mesin-pmesin dan perlengkapan yang baik. 2. harus fungsionir dengan pekerjaan yang dilakukan 3. 4. Harus menghemat ruang lantai 2. Membuat pekerjaan kantor menjadi lebih lancar 2. Membuat koordinasi yang lebih baik diantara bagian-bagian yang berbeda. Perabot itu sebaiknya berupa logam-logam agar terhindar dari bahaya-bahaya kebakaran. KERUGIAN KANTOR TERBUKA 1. Tidak begitu berat agar mudah dipindah-pindahkan 4.sehingga bisa saling mengikat. Pentinganya sistem perkantoran karena : 1. memberikan pengawasan yang lebih baik melalui pengarahan. PROSEDUR-PROSEDUR PEKERJAAN PERKANTORAN. Pengawasan yang bisa dipantau dalam satu ruang. Penghematan dalam luas pantai 3. Dalam melaksanakan pekerjaan dengan formulirformulir perkantoran dan alat-alat pekerjaan tata . bagaimana melakukannya dimana dan siapa yang melakukannya. Mendorong kondisi-konsdisi yang ramai 4. KEUNTUNGAN KANTOR BERSIFAT TERBUKA 1. Penghematan dalam penerangan.

2. Pembagian tugas-tugas yang tepat. 4. Metode-metode yang berhubungan dengan pekerjaan. Menyiapkan buku pedoman memakan waktu yang . Formulir-formulir yang digunakan dengan cara penggunaanya. Spesialisasi hendaknya dipergunakan sebaikbaiknya. 4. Buku pedoman kantor mempermudah pengawasan 2. 2. KEUNTUNGAN BUKU PEDOMAN KANTOR 1. BUKU PEDOMAN KANTOR SEBAGAI BUKU PEDOMAN PEKERJAAN. 5. Buku pedoman kantor membantu dalam latihan pegawai-pegawai. Penggunaan mesin-mesin perkantoran yang sebaikbaiknya. Sistem-sistem perkantoran hendaknya sederhana sehingga mempermudah pengawasan. Garis-garis besar organisasi yanitu tugas-tugas tiaptiap jabatan. 7. Buku pedoman kantor memuat antara lain : 1. Sistem-sistem hendaknya flekdsibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi-kondisi yang berubah. mencegah kekembaran pekerjaan terutama pada formulir-formulir. 3. 3. Prosedur-prosedur tidak lebih baik dari prosdurprosedur yang tertulis. 1. KERUGIAN-KERUGIAN PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN KANTOR. Instruksi-instruksi tentang bagaimana menggunakan buku pedoman tersebut. 3. 6. Isi pekerjaan pada jabatan-jabatan selalu berubah.usaha yang sangat penting PRINSIP-PRINSIP PADA SISTEM PERKANTORAN 1. 2. Buku pedoman kantor membantu pembagian pekerjaan yang adil. 3. Pekerjaan tata usaha harus diselenggarakan sampai yang seminim-minimnya.

Bagan analisa pekerjaan 2. Manajemen perkantoran adalah pengarahan menyeluruh terhadap aktivitas-aktivitas ketatausahaan dari sebuah kantor untuk mencapai tujuan dengan cara yang sehemat-hematnya ( seefisien mungkin).lama dan sering tidak berlaku lagi. 2. warkat-warkat dan lain-lain. 4. 4. Bertujuan untuk membuat ikhtisar ikhtisar tentang pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan. Memberikan urutan dan waktu-waktu yang dipergunakan untuk masing-masing pelaksanaan pekerjaan. MACAM-MACAM BAGAN PEKERJAAN 1. Bagan aliran dan distribusi pekerjaan 3. Untuk menunjukan penggunaan mesin dan orang yang menggunakan mesin-mesin tersebut Manajemen perkantoran 2 Kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha atau pekerjaan tulis menulis. Fungsi-fungsi kantor yang bersifat kepemerintahan yaitu : 1. Buku pedoman kantor dapat mematikan inisiatif pegawai-pegawai. bagan operasi TUJUAN DARI BAGAN-BAGAN 1. Untuk menerima keterangan berupa surat-surat. Untuk menunjukan bagaimana formulir –formulir perkantoran berpindah dari satu bagan ke bagan lain. Bagan diagram digerakkan 4. . BAGAN-BAGAN PEKERJAAN Tujuan bagan pekerjaan adalah untuk melukiskan suatu sistem atau aliran pekerjaan dalam suatu cara yang sederhana sehingga dapat dengan mudah dimengerti. 3.

atau respon cepat. perbekalan. warkat-warkat dan lain-lain. Untuk mencatat keterangan 3. produktivitas. kontak pelangga. Untuk menjamin barang-barang yang ada di dalam kantor. metode pelaksanaan. KEPENTINGAN STRATEGIS KEPUTUSAN TATA LETAK Tata letak merupakan satu keputusan penting yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalam jangka panjang. Untuk memberi keterangan 5. Tujuan strategi tata letak adalah untuk membangun tata letak yang ekonomis yang memenuhi kebutuhan persaingan perusahaan. dan citra perusahaan. Tata letak yang efektif dapat membantu organisasi mencapai sebuah strategi yang menunjang diferensiasi. inventarisasi. Tata letak memiliki banyak dampak strategis karena tata letak menentukan daya saing perusahaan dalam kapasitas. serta kualitas lingkungan kerja. Untuk menyusun keterangan : pembukuan. 2. Fungsi-fungsi kantor yang bersifat perusahaan 1. Untuk menjamin barang-barang yang ada di dalam kantor 6. Untuk menyusun keterangan : pembukuan. inventarisasi. Strategi Tata Letak . 7. peralatan. perbekalan.2. dan biaya. Dalam semua kasus. proses. 4. Melengkapi tujuan pokok perusahaan mis : penyusunan upah. desain tata letak harus mempertimbangkan bagaimana untuk dapat mencapai: 1.Manajemen Operasi '08 7:30 AM for everyone Oct 14. Untuk mencatat keterangan 3. biaya rendah. . bentuk pengawasan faktor-faktor produksi. Untuk menerima keterangan berupa surat-surat. Utilisasi ruang. fleksibilitas. Untuk memberi keterangan 5. 4. dan orang yang lebih tinggi.

dan menggunakan peralatan yang kecil dan mudah dipindahkan. 3. Untuk mencapai tujuan ini. Aliran informasi. para manajer melatih pekerja mereka saling bersilang. akan dibahas enam pendekatan tata letak: 1. meja kantor dan partisi yang modular. Semakin lama. menempatkan sel kerja secara berdekatan. beragam pendekatan telah dikembangkan. Tata letak dengan posisi tetap – memenuhi persyaratan tata letak untuk proyek yang besar dan memakan tempat seperti proses pembuatan kapal laut dan gedung. menjaga investasi tetap rendah. Untuk mendapatkan fleksibilitas dalam tata letak. . Agar dapat mengatasi perubahan model produk secara cepat dan mudah. pada bab ini. dan rak di gudang dibuat di pabrik (tinggal pasang). 4. TIPE-TIPE TATA LETAK Keputusan mengenai tata letak meliputi penempatan mesin pada tempat yang terbaik (dalam pengaturan produksi). tata letak tersebut akan perlu diubah). Interaksi dengan pelanggan yang lebih baik. barang. atau orang yang lebih baik. manajer operasi harus memberikan fleksibilitas dalam desain tata letak. Sebuah tata letak yang efektif memfasilitasi adanya aliran bahan. Rak pajangan di toko harus dapat dipindahkan. Hal ini berarti mempertimbangakan peralatan yang kecil. dan informasi di dalam dan antar-wilayah. mudah dipindahkan. dan fleksibel.2. dan masih dalam tingkat produksi yang memadai. Fleksibilitas (bagaimanapun kondisi tata letak yang ada sekarang. desain tata letak perlu dipandang sebagai sesuatu yang dinamis. Moral karyawan yang lebih baik. merawat peralatan. orang. 5. kantor dan meja-meja (pada pengaturan kantor) atau pusat pelayanan (dalam pengaturan rumah sakit atau department store). juga kondisi lingkungan kerja yang lebih aman. Di antara pendekatan tersebut.

Tata letak yang berorientasi pada proses – berhubungan dengan produksi dengan volume rendah. Tata letak yang berorientasi pada produk – mencari utilisasi karyawan dan mesin yang paling baik dalam produksi yang kontinu atau berulang. Oleh karena hanya beberapa dari keenam golongan ini yang dapat dimodelkan secara matematis. tata letak dan desain dari fasilitas fisik masih merupakan sebuah seni. mesin dan peralatan diketahui. Desain tata letak dan penyediaan ruangan hanya dapat dilakukan saat persyaratan jumlah pekerja. tanaman. Walaupun demikian. 4. Peralatan penanganan bahan. 6. 5. menyediakan keleluasaan pribadi. mengurangi kebisingan. dan ruangan/kantor yang melancarkan aliran informasi.2. Kapasitas dan persyaratan luas ruang. 4. Komunikasi sangat penting bagi setiap perusahaan dan harus dapat difasilitasi oleh tata letak. Pemikiran mengenai tata letak sering membutuhkan keputusan mengenai jendela. 3. dan bervariasi tinggi (juga disebut sebagai “job shop”. Manajemen juga harus mempertimbangkan kelonggaran yang diisyaratkan sebagai keamanan yg mengatasi beberapa masalah. Tata letak kantor – menempatkan para pekerja. peralatan mereka. dan tinggi partisi untuk memfasilitasi aliran udara. juga kereta otomatis untuk mengirim dan menyimpan bahan. Permasalahan ini mungkin . cranes. 2. telah diketahui bahwa sebuah tata letak yang baik perlu menetapkan beberapa hal berikut: 1. Aliran informasi. Manajer harus memutuskan peralatan yang akan digunakan meliputi ban berjalan. 3. dan sebagainya. Tata letak ritel – menempatkan rak-rak dan memberikan tanggapan atas perilaku pelanggan. Tata letak gudang – melihat kelebihan dan kekurangan antara ruangan dan sistem penanganan bahan. atau produksi terputus). Lingkungan hidup dan estetika.

membutuhkan keputusan tentang jarak. Teknik untuk mengatasi tata letak dengan posisi tetap tidak dikembangkan dengan baik dan kerumitannya bertambah karena ada tiga faktor. Karena permasalahan pada tata letak dengan posisi tetap ini sulit dipecahkan pada lokasi. Sebagai contoh. Yang kedua. Terdapat banyak pertimbangan unik yang berkaitan dengan pemindahan bahan atau kepentingan beberapa wilayah tertentu untuk didekatkan satu sama lain. Tata letak yang berorientasi pada proses Tata letak yang berorientasi pada proses (processoriented layout) dapat menangani beragam barang atau jasa secara bersamaan. proyek tetap berada dalam satu tempat. juga keputusan akankan dibuat kantor pada ruangan terbuka menggunakan pembatas setengah badan atau kantor yang memberi keleluasaan pribadi. jalan laying. atau . dan sumur minyak bumi. Biaya perpindahan antar wilayah kerja yang berbeda. volume bahan yang dibutuhkan dinamis. Ini merupakan cara tradisional untuk mendukung sebuah strategi diferensiasi produk. 5. sementara para pekerja dan peralatan datang pada tempat tersebut. Yang ketiga. strategi alternative yang ada adalah untuk melengkapi proyek sedapat mungkin di luar lokasi. Sebagai contoh. tingkat penggunaan panel baja untuk galangan kapal berubah sejalan dengan perkembangan proyek. membutuhkan bahan yang berbeda. terdapat terdapat tempat yang terbatas pada semua lokasi produksi. memindahkan leburan baja akan lebih sulit dibandingkan dengan memindahkan baja dalam keadaan dingin. setiap tahapan yang berbeda pada proses konstruksi. Contoh tipe proyek seperti ini adalah proyek pembuatan kapal. Tata letak ini paling efisien di saat produk yang memiliki persyaratan berbeda. Tata letak dengan posisi tetap Dalam tata letak dengan posisi tetap (fixedposition layout).oleh karena itu banyak hal yang menjadi penting sejalan dengan perkembangan proyek. rumah. jembatan. Faktor yang pertama adalah.

pasien atau klien dengan kebutuhan yang berbeda. peralatan yang memiliki kegunaan umum.di saat penanganan pelanggan. Tata letak yang berorientasi pada proses biasanya memiliki strategi volume rendah dengan variasi tinggi. Dalam mendesain sebuah tata letak yang berorientasi pada proses. penyetelan mesin yang berubah. Sebagai tambahan. membutuhkan tenaga kerja yang terampil. jika terjadi kerusakan pada satu mesin. proses produksi secara keseluruhan tidak perlu berhenti. Dalam pendekatan ini. dan jumlah barang setengah jadi yang tinggi membutuhkan modal yang lebih banyak. Tata letak ini juga sangat baik untuk menangani produksi komponen dalam batch yang kecil. atau disebut job lot. Adalah sebuah program (software) computer yang secara sistematis menguji alternative pengaturan antar-departemen untuk mengurangi biaya penanganan bahan total. dan penanganan bahan yang unik. . dan persediaan barang setengah jadi menjadi lebih tinggi karena adanya pelatihan dan pengalaman yang dibutuhkan. departemen yang memiliki aliran komponen atau orang yang banyak di antara mereka harus didekatkan satu sama lain. Sebagai contoh. pekerjaan dapat dialihkan pada mesin lain dalam departemen yang sama. Satu kelebihan utama dari tata letak ini adalah adanya fleksibilitas peralatan dan penugasan tenaga kerja. biaya penanganan bahan bergantung kepada (1) jumlah muatan (atau orang) yang harus dipindahkan di antara dua departemen selama beberapa waktu dan (2) biaya memindahkan muatan (atau orang) yang berkaitan dengan jarak antardepartemen. Kelemahan tata letak ini terletak pada peralatan yang biasanya memiliki kegunaan umum. Craft. takti yang paling lazim digunakan untuk menyusun departemen atau stasiun kerja adalah untuk meminimalkan biaya penanganan bahan. Dengan kata lain. Pesanan akan menghabiskan waktu lebih lama untuk berpindah dalam sistem karena penjadwalan yang sulit. dan untuk memproduksi beragam komponen dalam ukuran dan bentuk yang berbeda.

kantor di rumah. keputusan tata letak merupakan perpaduan antara seni dan ilmu. Sebagai komentar terakhir pada tata letak kantor. harus diperhatikan bahwa terdapat dua kecenderungan utama. dan kondisi-kondisi lain yang mempengaruhi efektivitas karyawan. dan PDA. Pertimbangan ini berkaitan dengan kondisi kerja. yang menyatakan bahwa direktur teknologi harus (1) dekat dengan wilayah para insinyur. kerja sama tim. lemari. para manajer kantor menguji pola komunikasi baik secara elektronik maupun tradisional. Yang pertama. teknologi. computer jinjing (laptop).9. otoritas. pager. menyiapkan sebuah kantor untuk insinyur software. toilet. internet. (2) kurang dekat dengan sekretaris dan pusat data. terdapat beberapa pertimbangan tata letak yang bersifat umum (beberapa dapat diterapkan pada pabrik dan kantor). fax.Tata letak kantor Perbedaan utama antara tata letak kantor (office layout) dan pabrik adalah pada kepentingan informasi. pada beberapa lingkungan kantor. diagram ini. perusahaan virtual menciptakan kebutuhan . Di sisi lain. kebutuhan pemisahan. Walaupun pergerakan informasi sekarang meningkat menjadi elektronik. Oleh karena itu. dan status. Alat yang berguna untuk analisis tersebut adalah diagram hubungan (relationship chart) yang ditunjukan dalam gambar 9. Walaupun demikian. seperti telepon genggam. dan kantin? Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya. Yang kedua. menyebabkan tata letak semakin fleksibel dengan memindahkan informasi secara elektronis. Haruskah semua atau hanya sebagian wilayah kerja yang diberi AC? Haruskan semua karyawan menggunakan pintu masuk yang sama. produksi sangat bergantung kepada aliran bahan. Hanya sebagian yang berupa ilmu – yang berkaitan dengan aliran bahan dan informasi – yang dapat dianalisi dengan cara yang sama sebagaimana aliran barang dalam tata letak proses. dan (3) tidak perlu dekat dengan ruang fotokopi dan gudang. analisis tata letak kantor masih memerlukan pendekatan yang berdasarkan tugas. sebagaimana pada manufaktur.

Tata letak ritel Tata letak ritel (retail layout) didasarkan pad aide bahwa penjualan dan keuntungan bervariasi bergantung kepada produk yang dapat menarik perhatian pelanggan. 2. seperti peralatan rumah tangga. 4. Penelitian menunjukan bahwa semakin besar produk dapat dilihat oleh pelanggan. Manajer operasi dapat mengubah keduanya. dan tingkat pengembalian investasi juga semakin tinggi. 5. Kedua perubahan ini cenderung membutuhkan lebih sedikit karyawan untuk berada di kantor. Jadi. tempatkan barang-barang yang sering dibeli oleh pelanggan di sekitar batas luar toko. maka penjualan akan semakin tinggi. kosmetik dan shampoo. Itulah sebabnya mengapa sering ditemukan produk yang berbahan dasar susu pada satu bagian supermarket bersebelahan dengan produk roti dan kue-kue. . gunakan lokasi yang strategis untuk barangbarang yang menarik dan memiliki nilai keuntungan besar. dan letakkan mereka tersebar untuk menjadikan pengunjung melihat lebih banyak barang yang lain. banyak manajer operasi ritel mencoba untuk memperlihatkan produk-produk kepada pelanggan sebanyak mungkin. sampaikan misi toko dengan memilih posisi bagian yang akan menjadi perhentian pertama bagi pelanggan. Lima ide yang sangat berguna dalam menentukan pengaturan toko secara keseluruhan: 1. gunakan lokasi di ujung lorong karena mereka memiliki tingkat eksposur yang tinggi.dinamis akan ruang dan jasa. distribusikan yang dikenal oleh pedagang sebagai “produk yang kuat” – yaitu barang-barang yang menjadi alasan utama pengunjung berbelanja – pada kedua sisi lorong. 3. baik dengan pengaturan toko keseluruhan maupun alokasi tempat bagi beragam produk dalam pengaturan toko tersebut.

tujuan utama tata letak ritel adalah untuk memaksimalkan keuntungan luas lantai per kaki persegi (atau. Tata letak gudang dan penyimpanan Tujuan tata letak gudang (warehouse layout) adalah untuk menemukan titik optimal di antara biaya penanganan bahan dan biaya-biaya yang berkaitan dengan luas ruang dalam gudang. Barang-barang yang berharga mahal mungkin dapat menghasilkan penjualan yang lebih besar. maka penghilangannya merupakan penghematan biaya sebesar 100%. Biaya-biaya in imeliputi peralatan. sekarang permintaan yang ada adalah bagaimana . produk diterima langsung pada lini perakitan. biaya pengawasa. Banyak pertimbangan dalam pengaturan ini. pada panjang rak). orang. Sebagai konsekuensinya. penyimpanan. dan transportasi bahan keluar untuk dimasukan dalam gudang. Tata letak gudang yang efektif juga menimimalkan kerusakan bahan dalam gudang.Setelah tata letak ritel telah diputuskan. Biaya penanganan bahan adalah biayabiaya yang berkaitan dengna transportasi barang masuk. Cross-docking. pada beberapa toko. Dalam sebuah fasilitas manufaktur. dan penyusunan. Customizing. produkproduk harus diatur untuk dijual. Pada sebuah pusat distribusi. asuransi. Walaupun demikian. tugas manajemen adalah memaksimalkan penggunaan setiap kotak dalam gudang – yaitu memanfaatkan volume penuhnya sambil mempertahankan biaya penanganan bahan yang rendah. bahan. Karena aktivitas-aktivitas ini tidak menambahkan nilai pada produk. penghitungan stock/penyimpanan dan pemilihan pesanan. sehingga menghindari aktivitaspenerimaan secara formal. muatan yang telah diberi label dan disusun sebelumnya tiba pada dock pengiriman untuk dirute ulang. Cross-docking berarti menghindari penempatan bahan atau barang-barang dalam gudang dengan langsung memproses mereka saat diterima. tetapi keuntungan per kaki persegi mungkin saja lebih rendah. Walaupun gudang diharapkan dapat menyimpan produk sekecil mungkin dan menyimpannya dalam waktu sesingkat mungkin.

Saat ini semakin banyak gudang ditempatkan bersebelahan dengan bandara utama. Asumsi yang digunakan adalah: 1. 4. yang memberikan penilaian adanya penanaman modal pada peralatan khusus. dan perbaikan dilakukan. Kuntomisasi gudang biasanya merupakan cara yang berguna untuk menghasilkan keunggulan bersaing dalam pasar di mana terdapat perubahan produk yang sangat cepat. permintaan produk cukup stabil untuk memberikan kepastian akan penanaman modal yang besar untuk peralatan khusus. Penambahan nilai pada gudang yang bersebelahan dengan bandara utama memungkinkan pengiriman satu malam. Produksi yang berulang dan kontinu. software dimuat. 3. Gudang dapat menjadi tempat di mana nilai ditambahkan melalui customizing. gudang bisa menjadi tempat di mana komponen computer dipasang. Terdapat dua jenis tata letak yang berorientasi pada . Sebagai contoh. dalam fasilitas seperti yang dimiliki oleh terminal Express di Memphis. produk distandarisasi atau mendekati sebuah fase dalam siklus hidupnya. menggunakan tata letak produk. 2. pasokan bahan baku dan komponen mencukupi dan mempunyai kualitas yang seragam (cukup terstandarisasi) untuk memastikan bahwa mereka dapat dikerjakan dengan peralatan khusus tersebut.gudang dapat melakukan customize produk. Gudang juga dapat menyediakan label dan pengepakan yang customized untuk pedagang eceran sehingga barang yang datang dapat langsung dipajang. Tata letak proses produksi berulang dan berorientasi pada produk Tata letak yang berorientasi pada produk disusun di sekeliling produk atau keluarga produk yang sama yang memiliki volume tinggi dan bervariasi rendah. volume yang ada mencukupi untuk utilisasi peralatan yang tinggi.

Kelemahan tata letak yang berorientasi pada produk adalah: 1. dan dalam kedua kasus. 3. sebagaimana waktu yang dihabiskan pada satu stasiun kerja oleh seoarang pekerja di lini perakitan harus “seimbang” dengan waktu yang dihabiskan pada stasiun kerja berikutnya yang dikerjakan oleh pekerja berikutnya. yaitu waktu yangdihabiskan untuk mengerjakan suatu pekerjaan barus sama atau seimbang dengan waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan pada mesin berikutnya pada lini pabrikasi. Adanya pekerjaan yang harus berhenti pada setiap titik mengakibatkan seluruh operasi pada lini yang sama juga terganggu. 2. yaitu lini pabrikasi dan perakitan. Tujuan utama tata letak yang berorientasi pada produk adalah: 1. Karena permasalahan lini pabrikasi dan lini perakitan . karena modal yang diperlukan untuk menjalankan proses cukup besar.produk. Rendahnya biaya variabel per unit yang biasanya dikaitkan dengan produk yang terstandarisasi dan bervolume tinggi. Kedua lini in imerupakan proses yang berulang. Biaya penanganan bahan yang rendah Mengurangi persediaan barang setengah jadi 4. Fleksibilitas yang ada kurang saat menangani beragam produk atau tingkat produksi yang berbeda. Hasil keluaran produksi yang lebih cepat. Dibutuhkan volume yang tinggi. lini ini harus “seimbang”. Proses pelatihan dan pengawasan yang lebih mudah 5. 2. Lini perakitan (assembly line) meletakan komponen yang dipabrikasi secara bersamaan pada sekumpulan stasiun kerja. Lini pabrikasi (fabrication line) membuat komponen seperti ban modil dan komponen logam sebuah kulkas pada beberapa mesin. 3.

mengencangkan baut. pembahasan kali ini ditujukan pada lini perakitan.serupa. peralalatan. Lini perakitan biasanya dilaksanakan untuk meminimalkan ketidakseimbangan antara mesin atau karyawan dan memenuhi output yang dibutuhkan dari lini perakitan. Pada sebuah lini perakitan. dan roti lapis pada restoran cepat saji dibuat. urutan beragam tugas yang harus dikerjakan. seperti sebuah ban berjalan.aktivitas – yaitu. biasanya sebuah produk berjalan melalui wahana yang otomatis. Untuk dapat memproduksi pada tingkat tertentu. televisi dan pemanggang kue dibuat. Beberapa program computer tersedia untuk mengatasi penugasan stasiun kerja pada lini perakitan dengan jumlah aktivitas jumlah individu sebesar 100 (atau lebih). pihak manajemen harus mengetahui perkakas. atau mengecat komponen dengan cara menyemprot) harus ditentukan. Dua program computer COMSOAL (Computer Method for Sequencing Operations for Assembly Lines) dan ASYBL (General Electric’s Assembly Configuration Program) digunakan secara luas pada masalah yang besar untuk mengevaluasi kombisansi stasiun kerja yang mungkin yang berjumlah ribuan atau bahkan jutaan yang lebih efisien dari pada dikerjakan dengna perhitungan tangan Pengaruh Tata Letak Meja Kerja Kantor . Kemudian persyaratan waktu untuk setiap tugas perakitan (seperti membuat lubang. Ini merupakan cara mobil dirakit. Manajemen juga harus mengetahui hubungan prioritas antar . Penyeimbangan lini perakitan. seperti masalah tata letak berorientasi pada proses yang besar. Tata letak yang berorientasi pada produk menggunakan peralatan yang lebih otomatis dan didesain secara khusus dari pada tata letak yang berorientasi pada proses. dan metode kerja yang digunakan. Masalah penyeimbang lini berskala besar. dapat diatasi dengan menggunakan computer. melalui serangkaian stasiun kerja hingga selesai.

jika anda memiliki suatu pekerjaan yang belum sempat diselesaikan. aturlah Meja Kursi kantor menjadi 3 bagian yaitu. letakkan benda-benda penting saja di atas meja. tentu ada benda-benda yang tercecer tidak pada tempatnya. dokumen yang sedang diproses. kondisi Meja Kursi Kantor dapat mempengaruhi suasana kerja. dan dokumen yang sudah selesai dikerjakan. berikut ini adalah beberapa kiat dalam mengatur meja kantor.Visited 35 times. peralatan tulis-menulis. Contohnya. Bertumpuknya kertaskertas pekerjaan atau dokumen d meja akan sangat mengganggu. 1 so far today Published on August 4. Setelah bekerja seharian. kondisi meja yang rapi dengan konsep tata letak yang sama pun ternyata dapat mempengaruhi suasana kerja. Hal ini untuk memudahkan bagi teman anda yang akan menaruh pekerjaan atau dokumen yang baru. Contohnya.Agar barangbarang tidak bertumpuk di atas meja. jika biasanya komputer berada di tengahtengah meja. serta kertas-kertas kosong dapat anda simpan di atas meja. Keempat. Kedua. aturlah meja anda untuk mepermudah pekerjaan.setelah itu. benda-benda yang lainnya dapat anda simpan di laci meja. Oleh sebab itu. 2010 by Shinta Dewi · No Comments Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas dan semangat kerja di kantor. rak berkas. simpan benda-benda yang kurang diperlukan di laci meja. Oleh sebab itu. Begitu pula dengan benda-benda . dokumen baru. Namun. geserlah agak ke sebelah kiri meja. esok hari anda akan kerepotan mencari bendabenda yang diperlukan. jangan lupa untuk merapikan Meja Kursi Kantor setiap pulang dari kantor. Ketiga. segera rapikan benda-benda pada tempatnya semula. sebelum pulang dari kantor. jangan lupa untuk memberi nama di setiap masing-masing bagian. paling tidak dalam waktu empat bulan sekali ubahlah tata letak benda-benda di meja kantor. Hal ini akan memudahkan anda mencari barang-barang yang memang diperlukan.Sementara. Salah satunya dapat berawal dari Meja Kursi kantor. Pertama. Kondisi Meja Kursi Kantor yang tak tersusun rapi dapat menyebabkan efektivitas dan semangat bekerja terganggu. Jika tidak dirapikan. kondisi meja yang berantakan akan membuat anda tidak nyaman dalam bekerja. Oleh sebab itu.Benda-benda seperti komputer. Rasa jenuh dapat timbul jika tata letak meja kantor anda selalu sama setiap harinya. simpanlah pekerjaan tersebut di bagian “dokumen yang sedang diproses”. Ya. Oleh sebab itu.

com/ Temukan semuanya tentang Pasang Iklan.yang lain. iklan gratis Incoming search terms: * cara mengatur meja dan kantor * tata letak kantor * pengaruh busana dalam bekerja * mengatur kertas-kertas kantor * mengatur kertas kerja di meja * meja kerja kantor * meja kantor rapi * letak kursi kantor * hal yang mempengaruhi pekerjaan kantor * tata meja kanto . Iklan Baris. Hal ni dapat menimbulkan suasana dan semangat yang baru dalam bekerja. Selamat bekerja. bisnis. http://warungtips.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->