P. 1
Silabus Dan Rpp

Silabus Dan Rpp

|Views: 385|Likes:

More info:

Published by: Ahmad Sathiri Aminnudin on Oct 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2012

pdf

text

original

Sections

SILABUS PELAJARAN I Nama Sekolah/ Madrasah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : 1/1 I.

Tema : Diri sendiri

Berbicara: Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

Menulis: Menjiplak huruf, Kata, dan kalimat

Tema: Namaku Dimas Siapa Namamu, ya

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Membedakan berbagai bunyi bahasa

II. Standar Kompetensi : 1. Memahami bunyi bahasa 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, dan mencontoh.

III. Kompetensi Dasar

:

1.1 .Membedakan berbagai bunyi bahasa 2.1. Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun. 2.3. Mendeskripsikan benda -benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai. 3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf 4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Memperkenalkan diri 2. Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi atau suara dan bunyi bahasa. 3. Membaca nyaring 4. Menjiplak menebalkan dan mencontoh V. Kegiatan Pembelajaran : • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 8 Siswa diminta mendengarkan guru yang memberi contoh memperkenalkan diri Siswa juga diminta mendengarkan salah satu temannya yang memperkenalkan diri didepan kelas atas bimbingan guru. Atas bimbingan guru siswa diminta saling bertanya kepada temannya tentang data dirinya. Siswa maju ke depan kelas untuk memperkenalkan diri di hadapan guru dan tementemannya. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 9 Guru mengenalkan nama-nama anggota badan yang terdapat dalam buku sasebi beserta kegunaannya. Siswa diminta menyebutkan nama-nama anggota badan beserta fungsinya dengan memegang anggota badan masing-masing.

• •

Siswa maju ke depan kelas untuk menyebutkan nama-nama anggota badan beserta fungsinya dihadapan guru dan teman-temannya. Siswa diminta mendengarkan guru tentang berbagai macam bunyi: ada yang mengandung arti dan tidak mengandung arti atau makna. Bunyi yang mengandung arti atau makna disebut bunyi bahasa. Sedangkan bunyi yang tidak mengandung arti atau makna bukan bunyi bahasa.

• • • •

Siswa diminta mendengarkan tuturan guru lalu menirukannya sebagaimana perintah pada buku Sasebi halaman 10-11. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 12 Siswa diminta melafalkan "iin" yang diucapkan oleh guru. Siswa diminta ikut melafalkan i dan in lalu mengurai lebih lanjut menjadi huruf-huruf i, i, dan n dan kata-kata lain yang terbentuk dari huruf i dan n tersebut sehingga siswa menjadi akrab dan lama-lama menjadi hafal.

• • •

Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 13 Siswa diminta melafalkan "umi" yang diucapkan oleh guru. Siswa diminta ikut melafalkan u dan mi lalu mengurai lebih lanjut menjadi hurufhuruf u, m, dan i dan kata-kata lain yang terbentuk dari huruf u, m dan i tersebut sehingga siswa menjadi akrab dan lama-lama menjadi hafal.

• • • •

Siswa diminta membuka Sasebi halaman 14 Siswa diminta melaksanakn perintah untuk menulis huruf i, n, m, dan u mulai dari menulis dengan telunjuk di udara, menebalkn titik-titik, dan menyalin dalam buku. Siswa diminta menyalin kalimat yang terdapat pada buku Sasebi halaman 15. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 16 atas dasar gambar kartu huruf dan susunan suku-suku kata yang terdapat pada halaman tersebut. Siswa diminta bermain dengan kartu huruf untuk merangkai huruf i, n, u dan m menjadi kata-kata baru baik mempunyai makna maupun tidak.

VI. Indikator: • • • Membedakan berbagai bunyi bahasa. Melafalkan bunyi bahasa yang diperdengarkan. Melafalkan bunyi bahasa yang didengar dengan intonasi yang tepat.

• • • • •

Siswa mampu menyebutkan namanya dengan kalimat sederhana. Siswa mampu menyebutkan alamat tempat tinggalnya dengan kalimat sederhana. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata dan kalimat dari buku atau papan tulis melalui tahap demi tahap: dari menulis di uadara, di meja, menghubungkan titik-titik dan menuliskan pada buku.

^ Siswa mampu menyebutkan SD dan kelasnya dengan kalimat sederhana.

Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya.

VII.

Penilaian: " • • • • Tes lisan dalam bentuk perintah untuk membedakan dan melafalkan bunyi bahasa. Nontes ( Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk menyebutkan data dm, tempat sekolah, dan tempat tinggal Tes lisan dalam bentuk perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Nontes ( Kinerja ) dalam bentuk tugas menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat di udara, di meja dan menebalkan titik-titik yang berbentuk huruf. Nontes ( Produk ) dalam bentuk berupa tugas menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat di buku.

VIII. Alokasi Waktu: I. Sumber Belajar: • • • Buku Sasebi kelas 1 Audio / video Kartu huruf

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN I Sekolah Dasar/Madarasah Mata Pelajaran Kelas / Semester AlokasiWaktu I. Tema : Diri Sendiri perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan, memahami teks pendek dengan membaca nyaring, dan menulis permulaan dengan menjiplak. III. Kompetensi Dasar: Mendengarkan : Membedakan berbagai bunyi bahasa. Indikator: Setelah mendengarkan mated dengaran, siswa mampu: a. Membedakan berbagai bunyi bahasa. b. Melafalkan bunyi bahasa yang diperdengarkan. c. Melafalkan bunyi bahasa yang didengar dengan intonasi yang tepat. Berbicara : Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun Indikator : a. Siswa mampu menyebutkan namanya dengan kalimat sederhana. b. Siswa mampu menyebutkan SD dan kelasnya dengan kalimat sederhana. c. Siswa mampu menyebutkan alamat tempat tinggalnya dengan kalimat sederhana. Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan : : Bahasa Indonesia :1/1 :

II. Standar Kompetensi : Memahami bunyi bahasa, mengungkapkan pikiran,

intonasi yang tepat. Indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menulis : Menjiplak huruf, kata, dan kalimat. Indikator : a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis melalui tahap demi tahap: dari menulis di udara, di meja, menghubungkan titik-titik, dan menuliskan pada buku. b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya.
Berbicara: Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun Menulis: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat. Mendengarkan: Membedakan berbagai bunyi bahasa . Tema: Namaku Dimas Siapa Namamu, Ya? Membaca: Membaca nyaring suku suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan

IV. Kegiatan Pembelajaran Bagian I

:

1. Mendengarkan dan berbicara a. Siswa mampu membuka Sasebi halaman 8. b. Siswa diminta mendengarkan guru yang memberi contoh memperkenalkan diri. c. Siswa juga diminta mendengarkan salah satu temanya yang

memperkenalkan diri di depan kelas atas bimbingan guru, d. Atas bimbingan guru siswa diminta saling bertanya kepada temannya tentang data dirinya. e. Siswa maju ke depan kelas untuk memperkenalkan diri di hadapan guru dan teman-temannya. Bagian II: a. Siswa diminta mendengarkan guru tentang berbagai macam bunyi: ada yang mengandung arti dan tidak mengandung arti atau makna. Bunyi yang mengandung arti atau makna disebut bunyi bahasa. Sedangkan bunyi yang tidak mengandung arti atau makna bukan bunyi bahasa. b. Siswa diminta mendengarkan dengaran dari guru lalu menirukannya sebagaimana perintah pada buku Sasebi halaman 10. 2. Membaca dan menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 12. b. Siswa diminta melafalkan "iin" yang diucapkan oleh guru, c. Siswa diminta ikut melafalkan i dan in lalu mengurai lebih lanjut menjadi huruf-huruf i, n, dan i. d. Siswa diminta terus berlatih melafalkan huruf i, n, dan i dan kata-kata lain yang terbentuk dari hurf i dan n tersebut sehingga siswa menjadi akrab dan lama-lama menjadi hafal. Catalan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan dalam buku ini adalah metode kata lembaga yaitu penyajian gambar dan nama gambar. Setelah itu, kata lembaga diuraikan menjadi suku kata yang selanjutnya diuraikan lagi menjadi huruf-huruf yang dibaca menurut bunyinya. Kemudian huruf-huruf ini disusun menjadi suku kata dan kata baru sebagai hasil sintesa. Bentukan kata baru ini lalu disusun menjadi kalimat sederhana dari huruf-huruf dan suku-suku kata yang bisa dibuat. Siswa didorong untuk berkreasi. Apapun hasilnya, siswa diberi apresiasi.

Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 13. b. Siswa diminta melafalkan kata "umi" yang diucapkan oleh guru. c. Siswa diminta ikut melafalkan u dan mi lalu mengurai lebih lanjut menjadi huruf-huruf u, m, dan i. d. Siswa diminta terus berlatih melafalkan huruf u, m, dan i dan kata-kata lain yang terbentuk dari huruf u dan m tersebut sehingga siswa menjadi akrab dan lama-lama menjadi hafal. Catatan untuk guru: Perlu disampaika bahwa metode yang digunakan sama dengan metode pada bagian I Bagian III: a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 14. b. Siswa diminta melaksanakan perintah untuk menulis huruf i, n, m, dan u mulai dari menulis dengan telunjuk di udara, menebalkan titik-titik, dan menyalin dalam buku. c. Siswa diminta menyalin kalimat yang terdapat pada buku Sasebi halaman 15. d. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 15. Atas dasar gambar kartu huruf dan susunan suku-suku kata yang terdapat pada halaman tersebut siswa diminta bermain dengan kartu huruf untuk merangkai huruf i, n, u, dan m menjadi kata-kata baru mempunyai makna maupun tidak. V. Alat, Bahan, dan Sumber : 1. Alat: Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. 2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia" Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 8-18. VI. Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut:

Kompetensi Dasar Mendengarkan: Membedakan berbagai bunyi bahasa

Indikator a. Membedakan Berbagai bunyi bahasa dan menjelaskan isinya b. Melafalkan bunyi bahasa yang diperdengarkan c. Melafalkan bunyi bahsa dengan intonasi yang tepat

Teknik Penilaian a. Tes Lisan

Alat Penilaian a. Perintah untuk membedakan berbagai bunyi bahasa

b. Tes Lisan

b. Perintah untuk melafalkan berbagai bunyi bahasa

c. Tes Lisan

c. Perintah untuk membedakan berbagai bunyi bahasa a. Perintah untuk menyebutkan data diri, tempat sekolah, dan tempat tinggal.

Berbicara: Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat

Siswa mampu menyebutkan Nontes namanya, sekolahnya, dan tempat tinggalnya dengan kalimat sederhana a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh Siswa huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis melalui tahap demi tahap, dari menulis di udara, di meja, a. Nontes (kinerja) b. Nontes (produk) b. Tes Lisan a. Tes Lisan (kinerja)

a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana b. Perintah untuk membaca nyaring kalimat sederhana a. Tugas menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat di udara, di meja, dan menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf.

menghubungkan titik-titik, dan menuliskan pada buku b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh Siswa huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya. : Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya sebagai berikut. 1. Aspek mendengarkan dengan indikator : a. membedakan berbagai bunyi bahasa setelah mendengarkan Alat Penilaian Dengarkan dan tirukan bunyi kendaran di bawah ( Sasebi halaman 17 angka 2) Dengarkan dan tirukan bunyi bahasa di bawah ini dengan suara nyaring ( Sasebi halaman 17 angka 3) Kriteria • Dapat menirukan atau melafalkan dengan tepat. • Dapat menirukan atau melafalkan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menirukan atau melafalkan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menirukan atau melafalkan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menirukan atau melafalkan dengam tepat Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8) b. Tugas menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat di buku.

• •

Sedang (5,5-6) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

b. melafalkan bunyi bahasa setelah mendengarkan : Alat Penilaian Dengarkan lalu tirukan bunyi bahasa ini dengan suara nyaring (Sasebi halaman 17 angka 3) Kriteria • Dapat menirukan atau melafalkan dengan tepat. • Dapat menirukan atau melafalkan dengan sedikit kesalahan. Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

• Dapat menirukan atau melafalkan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menirukan atau melafalkan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menirukan atau melafalkan dengan tepat.

• •

Sedang (5,5-6) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

c. melafalkan bunyi bahasa dengan intonasi yang tepat setelah mendengarkan Alat Penilaian Kriteria Dengarkan lalu lafalkan • Dapat melafalkan dengan intonasi yang tepat dengan tepat. bunyi bahasa yang kamu • Dapat melafalkan dengar! ( Sasebi halaman 17 dengan sedikit angka 3 ) kesalahan. • Dapat melafalkan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat melafalkan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat melafalkan dengam tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

2. Aspek berbicara dengan indikator: Siswa mampu menyebutkan nama, kelas, dan tempat tinggalnya dengan kalimat sederhana: Alat Penilaian Sebutkan namamu, sekolahmu, dan tempat tinggalmu? Kriteria • Dapat menyebutkan dengan tepat dan lancar. • Dapat menyebutkan dengan tepat tapi tidak Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

lancar. • Dapat menyebutkan • tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat menyebutkan • kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat • menyebutkan.

Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

3. Aspek membaca dengan indikator: a. siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring ( Sasebi hal. 18 angka 4) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat.. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat( Sasebi hal. 18 angka 4) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat.

Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis dengan indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis melalui tahap demi tahap: dari menulis di udara, di meja, menghubungkan titik-titik, dan menuliskan pada buku. Alat Penilaian Kriteria Tulislah huruf i, n, u, dan m • Dapat menulis dengan di udara lalu di meja dengan lancar dan benar. telunjukmu! • Dapat menulis dengan benar. • Dapat menulis dengan benar tapi lambat. • Dapat menulis dengan sedikit kesalahan. • Dapat menulis dengan banyak kesalahan. Hubungkan titik-titik pada kotak sehingga membentuk huruf i, n, u, dan m! • Dapat membentuk huruf dengan sempurna. • Dapat membentuk huruf dengan sedikit kesalahan. • Dapat membentuk huruf dengan banyak kesalahan. • Hanya sedikit yang dapat membentuk huruf. • Tidak dapat membentuk huruf. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • • • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya.

Kriteria Alat Penilaian Salinlah tulisan pada halaman 18 angka 6 dan dengan huruf lepas. • Dapat menyalin dengan benar. • Dapat menyalin dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyalin dengan banyak kesalahan. • Dapat menyalin dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyalin dengan benar.

Skor • • • • Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

SILABUS PELAJARAN 2 Nama Sekolah/ Madrasah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : 1/1 I. Tema : Keluarga Berbicara: Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai

Menulis: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat

Tema: Aku Sayang Keluarga

Membaca: Membaca nyaring sukukata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk yang didengar

II. Standar Kompetensi: 1. Memahami bunyi bahasa 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

III. Kompetensi Dasar

:

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana. 2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun. 2.3. mendeskripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.1 Menjiplak huruf, kata, dan kalimat. IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Mendeklamasikan syair lagu 2. Menyebutkan nama orangtua dan saudara kandung. 3. Melakukan sesuatu sesuai petunjuk yang didengar., 4. Membaca nyaring. 5. Menjiplak, menebalkan, dan mencontoh. V. Kegiatan Pembelajaran: • • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 20 Siswa menyanyikan lagu "Semua sayang" disertai dengan gerak dan mimik yang sesuai. Siswa mendengarkan guru yang memberi contoh mendeklamasikan lagu " Semua sayang" dengan lafal yang tepat serta gerak dan mimik yang sesuai. Siswa diminta maju bergantian mendeklamasikan lagu tersebut dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai. Siswa diminta menceritakan keluarganya di depan kelas. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 21 Siswa diminta menyebutkan nama orangtua dan saudara kandung dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun. Siswa saling bertanya jawab menyebutkan nama rangtua dan saudara kandung

dengan kalimat sederhana dan santun • • • • • • • • • • Siswa bergantian menyebutkan nama orangtua dan saudara kandung di depan kelas Siswa diminta membuka Sasebi halaman 22 Siswa diminta mendengarkan ucapan guru Siswa memasangkari gambar dengan cara menarik garis penghubung sesuai dengan kalimat yang mereka dengar Siswa diminta melingkari gambar sesuai dengan kalimat yang mereka dengar. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 23 Siswa diminta menirukan guru yang melafalkan kata "ali"dan huruf-huruf pembentuknya yaitu a, 1, dan i dengan suara nyaring Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf a, 1, i, n, u, u, dan m sebagaimana terbaca pada halaman 23 Siswa diminta menirukan guru yang melafalkan kata "popi" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu p, o, p, dan i dengan suara nyaring. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf pembentuknya yaitu p,o, a, 1, i, n, m, u, dan m sebagaimana terbaca pada halaman 24 • • • Siswa diminta membaca nyaring kata dan kalimat pada halaman 25 Siswa diminta membuka Sasebi halaman 26 Siswa diminta melaksanakan perintah guru untuk menulis huruf a, 1, o, dan p mulai dari menulis dengan telunjuk di udara, menebalkan titik-titik dan menyalin dalam buku. • Siswa diminta menyalin dan membaca dengan suara nyaring kalimat yang terdapat pada buku Sasebi halaman 27. VI. Indikator: • • • • Siswa mampu menyebutkan nama orangtuanya dengan kalimat sederhana. Siswa mampu menyebutkan nama saudara kandungnya (kakak, adik). Siswa mampu membaca puisi anak atau syair lagu dengan benar. Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak sesuai dengan isi dan

mengekspresikan dalam gerak dan mimik yang sesuai • • • • • Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Siswa mampu mencocokan gambar sesuai dengan informasi yang didengar Siswa mampu melingkari gambar sesuai dengan informasi yang didengar Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata dan kalimat dari buku melalui tahap demi tahap: dari menulis di udara , di meja, menghubungkan titik-titik dan menuliskan pada buku. VII. Penilaian: • • • • • Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk menyebutkan nama-nama anggota badan beserta fungsinya. Nontes ( Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk menyebutkan nama orangtua dan saudara kandung data Nontes (Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk mendeklamasikan lagu Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata dn kalimat sederhana. Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk memasangkan dan melingkari gambar di udara di meja dan menebalkan titik-titik yang berbentuk huruf. • VIII. IX. Tes Lisan dalm bentuk perintah untuk membaca kalimat Alokasi Waktu : Sumber Belajar: • • • Buku Sasebi kelas 1 Gambar anggota badan Kartu huruf • Nontes (Kinerja) dalam bentuk tugas menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 2

Sekolah Dasar / Madrasah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema II. Standar Kompetensi:

: : Bahasa Indonesia : 1 /1 : : Keluarga

Deklamasi, memahami perintah yang dilisankan, memahami teks pendek dengan membaca nyaring dan Menulis permulaan dengan menjiplak. III. Kompetensi Dasar :

Mendengarkan : Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana.mbedakan berbagai bunyi bahasa. Indikator: Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Melakukan sesuatu sesuai perintah. b. Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengar. c. Melingkari gambar sesuai dengan informasi yang di dengar. Berbicara : Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai. Indikator: a. Siswa mampu membaca puisi anak dengan lafal dan intonasi yang tepat. b. Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang sesuai. Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan

intonasi yang tepat. Indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menulis : Menjiplak huruf, kata, dan kalimat. Indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis melalui tahap demi tahap: dari menulis di udara, di meja, menghubungkan titik-titik, dan menuliskan pada buku. b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya. Berbicara: Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai.

Menulis Menjiplak huruf, kata, dan kalimat

Tema: Aku Sayang Keluarga

Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk yang didengar.

IV. Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan dan berbicara Bagian I a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 22. b. Siswa diminta mendengarkan uacapan guru, c. Siswa diminta memasangkan gambar dengan cara menarik garis penghubung sesuai dengan kalimat yang mereka dengar. d. Siswa diminta melingkari gambar sesuai dengan kalimat yang mereka dengar. Bagian II: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 20. b. Siswa menyanyikan lagu " Semua Sayang " disertai dengan gerak dan mimik yang sesuai. c. Siswa mendengarkan guru yang memberi contoh mendeklamasikan syair lagu "Semua Sayang" dengan lafal yang tepat serta gerak dan mimik yang sesuai. d. Siswa diminta maju bergantian mendeklamasikan lagu tersebut dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai. e. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang isi lagu " Semua Sayang". f. Siswa diminta untuk menceritakan keluarganya di depan kelas 2. Membaca dan Menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 23. b. Siswa diminta menirikan guru yang melafalkan kata "ali" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu a, 1, dan I dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf a, 1,1, n, u, dan m sebagaimana terbaca pada halaman 23. d. Siswa diminta menirukan guru yang melafalkan kata "popi" dan huruf pembentuknya yaitu p, o, p, dan I dengan suara nyaring. e. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari p, o, a, 1,1, n, u, dan m sebagaimana terbaca pada halaman 25.

f. Siswa diminta membaca nyaring kata dan kalimat pada halaman 25. Catatan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan dalam buku ini adalah metode kata lembaga yaitu penyajian gambar dan nama gambar. Setelah itu, kata lembaga diuraikan menjadi suku kata yang selanjutnya diuraikan lagi menjadi huruf-huruf yang dibaca menurut bunyinya. Kemudian huruf-huruf ini disusun menjadi suku kata dan kata baru sebagai hasil sintesa. Bentukan kata baru ini lalu disusun menjadi kalimat sederhana dari huruf-huruf dan suku-suku kata yang bisa dibuat. Siswa didorong untuk berkreasi. Apapun hasilnya, siswa diberi apresiasi. Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 26. b. Siswa diminta melakasanakan perintah guru untuk menulis huruf a, 1, o, dan p mulai dari menulis dengan telunjuk di udara, menebalkan titik-titik, dan menyalin dalam buku. c. Siswa diminta menyalin dan membaca dengan suara nyaring kalimat yang terdapat pada buku Sasebi halaman 27 hurf c. V. Alat, Bahan, dan Sumber 1. Alat :

: Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 19-30

2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia"

VI. Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut.

Kompetensi Dasar Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhan

Indikator

Teknik

Alat Penilaian a. Perintah untuk mejawab pertanyaan sesuai cerita dari guru

Penilaian a. Siswa mampu menjawab a. Tes Lisan pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan dari guru b. Melingkari gambar sesuai informasi yang didengar b. Tes Tulis

b. Perintah untuk melingkari gambar sesuai informasi yang didengar. a. Perintah untuk mengucapkan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Berbicara: Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang tepat

a. Siswa mampu mengucapkan puisi anak atau syair lagu dengan lafal dan intonasi yang tepat. b. Siswa mampu mendeklamsikan puisi anak sesauai isi dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang sesuai.

a. Nontes (kinerja)

b. Nontes (kinerja)

b. Perintah untuk mendeklamasikan puisi anak sesauai isi dan mengekspresikannya dalam gerak dan mimik yang sesuai. a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat

a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh Siswa huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau

a. Tes Lisan

b. Tes Lisan

b. Perintah untuk membaca nyaring kalimat sederhana a. Tugas menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat di udara, di meja, dan

a. Nontes (portofolio)

papan tulis melalui tahap demi tahap, dari menulis di udara, di meja, menghubungkan titik-titik, dan menuliskan pada buku b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh Siswa huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya. b. Nontes (produk)

menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf.

b. Tugas menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat di buku.

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut. 1. Aspek mendengarkan dengan indikator : a. Menjawab pertanyaan secara lisan sesuai dengan cerita yang didengarkan guru: Alat Penilaian Dengarkan cerita dan jawablah pertanyaan sesuai cerita dari guru ( Sasebi hakaman 28 angka 2) Dengarkan dan tirukan bunyi bahasa di bawah ini dengan suara nyaring ( Sasebi halaman 17 angka 3) Kriteria • Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Melingkari gambar sesuai dengan informasi yang didengar: Alat Penilaian Dengarkan lalu lingkarilah gambar sesuai dengan yang diucapkan oleh guru. Kriteria • Dapat melingkari gambar dengan benar. • Dapat melingkari gambar dengan sedikit kesalahan. • Dapat melingkari gambar dengan kesalahan agak banyak. • Dapat melingkari gambar dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat melingkari gambar dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

• •

c. Memberi nomor gambar sesuai dengan yang dibacakan guru: Alat Penilaian Dengarkan gurumu membaca kalimat lalu cari gambar yang tepat lalu berilah nomor ( Sasebi halaman 29 angka 3) Kriteria • Dapat member! nomor benda dengan tepat. • Dapat member! nomor benda dengan sedikit kesalahan. • Dapat memberinomor benda dengan kesalahan agak banyak. • Dapat member! nomor benda dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat member! nomor benda dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

2. Aspek berbicara dengan indikator: Siswa mampu mengucapkan puisi anak atau syair lagu dengan lafal dan intonasi yang tepat: Alat Penilaian Bacalah puisi berjudul " Kakaku Sayang" pada ( Sasebi halaman 28 ) Kriteria • Dapat mengucapkan dengan tepat dan lancar. • Dapat mengucapkan dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat mengucapkan tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat mengucapkan kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat mengucapkan dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

3. Aspek membaca Indikator: a. siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring ( Sasebi hal. 29 angka 4) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

dengan tepat. b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat( Sasebi hal. 29 angka 4) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis Indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis melalui tahap demi tahap: dari menulis di udara, di meja, menghubungkan titik-titik, dan menuliskan pada buku. Alat Penilaian Kriteria Tulislah huruf i, n, u, dan m • Dapat menulis dengan di udara lalu di meja dengan lancar dan benar. telunjukmu! • Dapat menulis dengan benar. • Dapat menulis dengan benar tapi lambat. • Dapat menulis dengan sedikit kesalahan. • Dapat menulis dengan banyak kesalahan. Hubungkan titik-titik pada • Dapat membentuk huruf Skor • Baik sekali (9-10) • • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Baik sekali (9-10)

kotak sehingga membentuk huruf i, n, u, dan m!

• • • •

dengan sempurna. Dapat membentuk huruf dengan sedikit kesalahan. Dapat membentuk huruf dengan banyak kesalahan. Hanya sedikit yang dapat membentuk huruf. Tidak dapat membentuk huruf.

• • • •

Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya. Alat Penilaian Salinlah tulisan pada halaman 30 angka 6 dengan huruf lepas Kriteria • Dapat menyalin dengan benar. • Dapat menyalin dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyalin dengan banyak kesalahan. • Dapat menyalm dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyalin dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Portofolio Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu: Nama Siswa : Kelas :

No.

SK / KD

Periode

Kriteria Kualitas hasil tulisan (huruf, kata, kalimat

Keterang Kesesuaian Kerapian tulisan dengan materi yang akan dijiplak tulisan an

1

Menyalin kalimat Menyalin kalimat

SILABUS Pelajaran 3 Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester: 1/1 I. Tema : Lingkungan Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yangtepat dan bahasa yang santun Menulis: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat Tema: Semua Teman Saya Baik Hati Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimatsederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu Sesuai perintah atau petunjuk yang didengar

II. Standar Kompetensi: 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

III. Kompetensi Dasar

:

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana. 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. 4.1 Menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar. IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Menyapa orang lain. 2. Melakukan sesuatu sesuai petunjuk yang didengar. 3. Memerankan tokoh donggeng. 4. Membaca nyaring. 5. Menulis. V. Kegiatan Pembelajaran: • • • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 31 Siswa diminta mendengarkan guru memberi contoh menyapa orang lain Siswa juga diminta melakukan teguf sapa di depan kelas atas bimbingan guru. Atas bimbingan guru siswa diminta saling menyapa kepada temannya Siswa maju ke depan kelas untuk melakukan tegur sapa dihadapan guru dan teman-temannya. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 32 Siswa mendehgafkan kalimat yang diperdengarkan dari guru langsung atau audio atau video. Siswa diminta melengkapi gambar berdasarkan hasil pendengaran pada kegiatan 2 huruf a Siswa diminta mengelompokan gambar dengan melingkari gambar-gambar

berdasarkan hasil pendengaran • • • • • • • • • • • • • Siswa diminta mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru. Guru memperkenalkan okoh dalam dongeng tersebut yaitu ( kucing, tikus, macan) Siswa diminta memperagakan tingkah laku tokoh dongeng yaitu kucing, tikus, dan macan sesuai cerita yang diperdengarkan. Siswa maju ke depan kelas untuk memperagakan tingkah laku tokoh dongeng tersebut dihadapan guru dan teman-teman. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dongeng yang diceritakan oleh guru Siswa diminta membuka Sasebi halaman 34 Siswa diminta menirukan guru yang melafalkan kata elin dan huruf-huruf pembentuknya yaitu e, 1, i, dan n dengan suara nyaring Siswa diminta membaca suku kata, kata dan kalimat yang terbentuk dari huruf e, 1, i, dan n Siswa diminta menirukan guru yang melafalkan kata "cindi" dan huruf-huruf pembentuknya dengan suara nyaring. Siswa diminta membaca suku kata, kata dan kalimat yang terbentuk dari huruf c, i, n, d, dan i sebagaimana terbaca pada halaman 35 Siswa diminta mendengarkan kalimat yang terbentuk dari huruf e, 1, i, n, a, c, d sebagaimana terbaca pada halaman 36 lalu siswa menjawab pertanyaan dari guru. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 3lS Siswa diminta melakukan perintah guru untuk menuliskan huruf e, c, dan d mulai dari menulis dengan telunjuk di udafa, menebalkan titik-titik dan menyalin dalam buku • • Siswa diminta menyalitt kalimat dengan huntf lepas Siswa diminta melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar

VI. Indikator: • • Siswa mampu menyapa orang lain dengan kalimat sederhana Siswa mampu menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.

• • • • • • • • •

Siswa mampu melengkapi gambar berdasarkan hasil pendengaran Siswa mampu mengelompokan gambar berdasarkan hasil pendengaran Memperagakan tingkah laku tokoh yang terdapat dalam dongeng tersebut Menjawab pertanyaan sesuai dongeng yang diperdengarkan. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca nyaring kalimat yang terbentuk dari huruf e, 1, i, n, a, c, d Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf suku kata, kata dan kalimat dari buku atau papan tulis ke dalam bukunya. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar.

VII. Penilaian: • • • • • • • • VIII. Nontes ( Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk menyapa orang lain Nontes (Kinerja) dalam bentuk perintah untuk menyebutkan data diri, tempat sekolah, dan tempat tinggal Nontes ( Kinerja) yaitu dengan memperagakan tingkah laku dari tokoh dongeng tersebut Tes (tertulis ) yaitu dengan menjawab pertanyaan sesuai dongeng tersebut Tes tertulis yaitu berupa pengerjaan soal pertanyaan dari bacaan teks pendek Tes Lisan berupa perintah untuk membaca nyaring Tes tertulis berupa perintah untuk menyalin teks pendek Portofolio berupa perintah untuk melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar

Alokasi Waktu :

IX. Sumber Belajar: • • Buku Sasebi kelas 1 Buku cerita dongeng

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 3

Sekolah Dasar / Madrasah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema : Lingkungan :

: : Bahasa Indonesia :I/1 :

II. Standar Kompetensi

memahami perintah, tegur sapa, memahami teks pendek dengan membaca, menulis permulaan dengan menjiplak III. Kompetensi Dasar Mendengarkan : Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana Indikator: Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Melengkapi gambar berdasarkan hasil pendengaran. b. Mengelompokan gambar berdasarkan hasil pendengaran Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun Indikator : a. Siswa mampu menyapa orang lain dengan kalimat sederhana. b. Siswa mampu menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.

Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Indikator : a. siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis : Menjiplak huruf, kata, dan kalimat Indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis. b. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar. Berbicara: Menyapa oarang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.. Tema: Semua Teman Saya Baik Hati Membaca: Membaca nyaringsuku kata, kata, dankalimat sedcrhanadengan lafal danintonasi yang tepat. Menulis: Menjiplak huruf,kata, dankalimat. Mendengarkan: Melaksanakan sesuatusesuai perintah ataupetunjuk yang didengar.

IV. Kegiatan Pembelajaran Bagian I

:

1. Mendengarkan dan berbicara a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 31. b. Siswa diminta mendengarkan guru memberi contoh menyapa orang lain, c. Siswa diminta melakukan tegur sapa di depan kelas atas bimbingan guru, d. Atas bimbingan guru siswa diminta saling menyapa kepada temannya. e. Siswa maju ke depan kelas untuk melakukan tegur sapa di hadapan guru. Bagian II: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 32. b. Siswa mendengarkan kalimat yang diperdengarkan dari guru langsung atau audio/video. c. Siswa diminta melengkapigambar berdasarkan hasil pendengaran pada kegiatan 2 huruf a. d. Siswa diminta mengelompokan gambar dengan melingkari gambar-gambar berdasarkan hasil pendengaran. 2. Membaca dan menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 34. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "elin" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu e, 1,1, dan n dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf e, 1, i, dan n. Catatan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan dalam buku ini adalah metode kata lembaga, yaitu penyajian gambar dan nama gambar. Setelah itu, kata lembaga diuraikan menjadi suku kata yang selanjutnya diuraikan lagi menjadi huruf-huruf yang dibaca menurut bunyinya. Kemudian huruf-huruf ini disusun menjadi suku kata dan kata baru sebagai hasil sintesa. Bentukan kata baru ini lalu disusun menjadi kalimat sederhana dari huruf-huruf dan suku-suku kata yang bisa dibuat. Siswa didorong untuk berkreasi untuk

membentuk kata-kata yang bermakna. Siswa yang berhasil membentuk kata yang bermakna akanmendapat pujian. Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 35. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "cindi" dan huruf-huruf pembentuknya dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf c, i, n, d, dan i sebagaimana terbaca pada halaman 35. d. Siswa diminta mendengarkan kalimat yang terbentuk dari huruf e, 1, i, n, a, c, dan d sebagaimana terbaca pada halaman 36 lalu siswa menjawab pertanyaan dari guru. Catatan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan sama dengan atas. Bagian III: a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 36 b. Siswa diminta melaksanakan perintah guru untuk menulis huruf e, c, dan d mulai dari menulis dengan telunjuk di udara, menebalkan titik-titik dan menyalin dalam buku. . c. Siswa diminta menyalin kalimat dengan huruf lepas. d. Siswa diminta melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar. V. Alat, Bahan, dan Sumber : 1. Alat : Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 31-42. VI. Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian 2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia"

dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana b. Mengelompokkan gambar berdasarkan hasil pendengaran b. Tes Tulis Indikator a. Melengkapi gambar berdasarkan hasil pendengaran Teknik Penilaian a. Tes Tulis Alat Penilaian a. Perintah untuk melengkapi gambar berdasarkan hasil pendengaran b. Perintah untuk mengelompokkan gambar berdasarkan hasil pendengaran Berbicara: Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun Siswa mampu menyapa orang lain dengan bertanya kabar, tempat, mengajak seseorang, dan mengucapkan terima kasih. a. Nontes (kinerja) . a. Perintah untuk menyapa orang lain dengan bertanya kabar, tempat, mengajak seseorang, dan mengucapkan terima kasih. Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah c. Tes Lisan b. Tes Lisan a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana a. Tes Lisan a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana b. Perintah untuk membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. c. Perintah untuk menjawab

membaca nyaring kalimat yang terbentuk dari huruf e, Menulis: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat l, n, a, c, dan d a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh Siswa huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis a. Nontes (kinerja)

pertanyaan setelah membaca nyaring kalimat a. Tugas menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat di udara, di meja, dan menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf.

b. Siswa mampu menyalin atau mencontoh Siswa huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya.

b. Nontes (portofolio)

b. Perintah untuk melengkapi kalimat rumpang

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut. 1. Aspek mendengarkan dengan indikator : a. Melengkapi gambar berdasrkan hasil pendengaran: Alat Penilaian Dengarkan gurumu membaca kalimat lalu tebalkan gambarnya. ( Sasebi hakaman 40 angka 2) Kriteria • Dapat menebalkan gambar dengan tepat. • Dapat menebalkan gambar dengan sedikit kesalahan. • Dapat menebalkan gambar dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menebalkan gambar dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menebalkan gambar dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

b. Mengelompokan gambar berdasarkan hasil pendengaran: Alat Penilaian Kriteria Dengarkan lalu kelompokan • Dapat mengelompokan gambar sesuai dengan yang gambar dengan benar. diucapkan oleh guru. • Dapat mengelompokan gambar dengan sedikit kesalahan. • Dapat mengelompokan gambar dengan kesalahan agak banyak. • Dapat mengelompokan gambar dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat megelompokkan gambar dengan benar 2. Aspek berbicara dengan indikator: a. Siswa mampu menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun: Alat Penilaian Sapalah sahabatmu dengan sopan dan bahasa yang santun ketika bertemu di jalan(Sasebi halaman 40 angka 1) Kriteria • Dapat mengucapkan sapaan dengan tepat dan lancar . • Dapat mengucapkan sapaan dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat mengucapkan sapaan tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat mengucapkan sapaan kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat mengucapkan sapaan dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Kurang sekali (0-3)

3. Aspek membaca dengan indikator: a. siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring (Sasebi hlm. 41 angka 1) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat( Sasebi hal. 29 angka 4) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca teks pendek; Alat Penilaian Kriteria Skor

Bacalah dengan suara nyaring lalu jawablah pertanyaan (Sasebi hal. 41 angka 4)

• Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menjawab

• • • • •

Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis dengan indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dalam bukunya. Alat Penilaian Salinlah tulisan pada halaman 42 angka 5 dan dengan huruf lepas Kriteria • Dapat menyalin dengan benar • Dapat menyalin dengan sedikit kesalahan • Dapat menyalin banyak kesalahan • Dapat menyalin dengan sebagian besar salah • Tidak dapat menyalin dengan benar Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar Alat Penilaian Kriteria Lengkapilah kalimat sesuai • Dapat melengkapi gambar pada Sasebi hlm. 42 kalimat dengan benar angka 7 • Dapat melengkapi kalimat dengan sedikit kesalahan • Dapat melengkapi kalimat dengan banyak kesalahan Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56)

• Dapat melengkapi kalimat dengan sebagian besar salah • Tidak dapat melengkapi kalimat Portofolio Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu: Nama Siswa : Kelas :

• •

Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

No.

SK / KD

Periode

Kriteria
Kualitas hasil tulisan (huruf, kata, kalimat Kesesuaian tulisan dengan materi yang akan dijiplak

Keterang Kerapian Tulisan an

1

Melengkapi kalimat rumpang Melengkapi kalimat rumpang

2

SILABUS Pelajaran 4

Nama Sekolah/Madrasah : Mata Pelajaran Kelas / Semester I. Tema : Pengalaman
Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

: Bahasa Indonesia : 1/1

Menulis: 4.2 Menebalkan titik-titik huruf. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf

Tema: Hormati Guru Sayangi Teman

Membaca: Membaca nyaring sukukata, Kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah

II. Standar Kompetensi: 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan rungsi benda dan rungsi anggota tubuh, dan deklamasi. 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. III. Kompetensi Dasar :

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafaldan Intonasi yang tepat 4.1 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 4.2 Menebalkan huruf 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas. IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Menyapa orang lain. 2. Melakukan sesuatu sesuai petunjuk yang didengar. 3. Membaca nyaring. 4 Menulis. 5. Menyalin puisi anak. V. Kegiatan Pembelajaran: • • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 43 Siswa diminta mendengarkan guru yang memberi contoh menyapa orang lain. Siswa juga diminta mendengarkan temannya menyapa guru atau orang yang dihormati di depan kelas atas bimbingan guru Atas bimbingan guru siswa diminta memperagakan cara menyapa orang yang dihormati dengan ucapan yang sopan Siswa maju ke depan kelas untuk menyapa orang dengan meminta izin dengan ucapan yang sopan Siswa diminta membuka Sasebi halaman 45 Siswa diminta mendengarkan perintah dari guru kemudian mengerjakan seperti yang mereka dengar. Siswa mendengarkan tuturan dari guru kemudian siswa diminta member! centang

pada gambar sesuai tuturan yang mereka dengar • • • • • • • • • • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 46 Siswa diminta menirukan guru yang melafalkan kata "hakim" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu h, a, k, i, dan m dengan suara nyaring Siswa diminta membaca suku kata, kata dan kalimat yang terbentuk dari huruf h, a, k, i, dan m sebagaimana terbaca pada halaman 46 Siswa diminta mendengarkan guru membaca teks pendek lalu siswa diminta membaca bersama-sama. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks pendek yang telah dibaca Siswa diminta membuka Sasebi halaman 47 Siswa diminta menulis huruf h dan k di meja Siswa diminta menebalkan huruf h dan k berulang-ulang sehingga menjadi terbiasa Siswa diminta membuka Sasebi halaman 48 Siswa diminta menyusun huruf menjadi kata sesuai gambar Siswa diminta menyalin suku kata, kata dan kalimat sederhana di buku tulis Siswa diminta melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar Siswa diminta mendengarkan guru membaca kalimat sederhana lalu menyalinnya ke dalam buku tulis. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 50 Siswa diminta menyalin puisi atau lagu di buku tulis Siswa diminta menyanyikan lagu tersebut bersama-sama.

VI. Indikator : • • • • • Siswa mampu mengucapkan salam kepada guru dan orang yang dihormati Siswa mampu menyapa orang lain dengan ucapan yang sopan Siswa mampu melakukan perintah sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan Siswa mampu menandai gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan

lafal dan intonasi yang tepat. • • • • • • • • • • VII. • • • Siswa mampu membaca teks pendek Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai teks Siswa mampu menulis huruf di atas meja Siswa mampu menulis huruf dengan menebalkan titik-titik Siswa mampu menyusun huruf acak menjadi satu kata dengan bantuan gambar Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar. Siswa mampu menyalin kalimat dari tuturan guru. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 50. Siswa diminta menyalin puisi atau lagu di buku tulis Siswa diminta menyanyikan lagu tersebut bersama-sama Penilaian: Nontes ( Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk mengucapkan salam kepada guru dan meminta izin pergi ke sekolah kepada ayah, ibu atau kakakmu Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk melakukan kegiatan seperti perintah itu Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk membaca kalimat sederhana dalam bentuk teks pendek lalu menjawab pertanyaan sesuai dengan teks tersebut • Nontes (Kinerja) dalam bentuk tugas menulis huruf dan menebalkan titik-titik huruf • • VIII. Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk melengkapi kalimat yang belum selesai. Nontes ( portofolio) dalam bentuk berupa menyalin puisi dalam huruf lepas Alokasi Waktii: I.. Sumber Belajar: • Buku Sasebi kelas 1 • • Kartu huruf Puisi-puisi anak

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 4

Sekolah Dasar/Madrasah : Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema : Bahasa Indonesia :I/1 :

: Pengalaman :

II. Standar Kompetensi

Memahami perintah, tegur sapa, memahami teks pendek dengan membaca, menulis permulaan dengan menjiplak. III. Kompetensi Dasar: Mendengarkan : Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana Indikator: Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Melakuakan perintah sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan b. Menandai gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan Berbicara Indikator : : Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun a. Siswa mampu mengucapkan salam kepada guru dan orang yang dihormati b. Siswa mampu menyapa orang lain dengan ucapan yang sopan. Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Indikator

:

a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Siswa mampu membaca teks pendek c. Siswa mampu menjawab pertanyaan Menulis : -Menebalkan huruf -Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar -Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas. Indikator: a. Siswa mampu mempu menulis huruf dengan menebalkan titik-titik. b. Siswa mampu menyusun huruf acak menjadi suku kata dengan bantuan gambar. c. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar. d. Siswa mampu menyalin kalimat dari tuturan guru, e. Siswa mampu menyalin puisi anak.
Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

Menulis: 4.2 Menebalkan titik-titik huruf. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf

Tema: Hormati Guru Sayangi Teman

Membaca: Membaca nyaring sukukata, Kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah

IV. Kegiatan Pembelajaran Bagian I

:

1. Mendengarkan dan berbicara a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 43. b. Siswa diminta mendengarkan guru memberi contoh menyapa orang lain, c. Siswa juga diminta mendengarkan temannya menyapa guru atau orang yang dihormati di depan kelas atas bimbingan guru. d. Atas bimbingan guru siswa diminta memeragakan cara menyapa orang yang dihormati dengan ucapan yang sopan. e. Siswa maju ke depan kelas untuk menyapa orang dengan meminy\ta izin dengan ucapan yang sopan. Bagian II: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 45. b. Siswa diminta mendengarkan kalimat yang diperdengarkan dari guru lalu mengerjakan seperti yang mereka dengar. c. Siswa mendengarkan tuturan dari guru lalu siswa diminta memberi centang pada gambar sesuai tuturan yang mereka dengar. 3. Membaca dan menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 46. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "hakim" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu h, a, k, I, dan m dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf h, a, k, i, dan m. d. Siswa diminta mendengarkan guru membaca teks pendek lalu siswa diminta membaca bersama-sama. e. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks pendek yang telah dibaca.

Catatan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan dalam buku ini adalah metode kata lembaga yaitu penyajian gambar dan nama gambar. Setelah itu, kata lembaga diuraikan menjadi suku kata yang selanjutnya diuraikan lagi menjadi huruf-huruf yang dibaca menurut bunyinya. Kemudian huruf-huruf ini disusun menjadi suku kata dan kata baru sebagai hasil sintesa. Bentukan kata baru ini lalu disusun menjadi kalimat sederhana dari huruf-huruf dan suku-suku kata yang bisa dibuat. Siswa didorong untuk berkreasi untuk membentuk katakata yang bermakna. Siswa yang berhasil membentuk kata yang bermakna akanmendapat pujian. Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 47. b. Siswa diminta menulis huruf "h" dan "k" di meja. c. Siswa diminta menebalkan huruf "h" dan "k" berulang-ulang sehingga menjadi terbiasa. Catatan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan dalam buku ini adalah metode kata lembaga yaitu penyajian gambar dan nama gambar. Setelah itu, kata lembaga diuraikan menjadi suku kata yang selanjutnya diuraikan lagi menjadi huruf-huruf yang dibaca menurut bunyinya. Kemudian huruf-huruf ini disusun menjadi suku kata dan kata baru sebagai hasil sintesa. Bentukan kata baru ini lalu disusun menjadi kalimat sederhana dari huruf-huruf dan suku-suku kata yang bisa dibuat. Siswa didorong untuk berkreasi untuk membentuk katakata yang bermakna. Siswa yang berhasil membentuk kata yang bermakna akanmendapat pujian. Bagian III: a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 48 b. Siswa diminta menyusun huruf menjadi kata sesuai gambar.

c. Siswa diminta menyalin suku kata, kata, dan kalimat sederhana di buku tulis. d. Siswa diminta melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar. e. Siswa diminta mendengarkan guru membaca kalimat sederhana lalu menyalinnya ke dalam buku tulis. V. Alat, Bahan, dan Sumber : 1. Alat : Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. Indonesia" Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 43-52. VI. Penilaian : 2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa

Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut. Kompetensi Dasar Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana b. Menandai gambar sesuai dengan dengaran yang diperdengarkan b. Tes Tulis Indikator a. Melakukan perintah Teknik Penilaian a. Tes Lisan Alat Penilaian a. Perintah untuk melakukan sesuatu sesuai dengan dengaran yang diperdengarkan. b. Perintah menandai gambar sesuai dengan dengaran yang diperdengarkan. Berbicara: a. Siswa mampu a. Nontes . a. Perintah untuk

sesuai dengan dengaran

Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

mengucapkan salam kepada guru dan orang dihormati. yang

(kinerja)

mengucapkan salam kepada guru dan orang yang dihormati..

b. Siswa menyapa

mampu orang lain

b. Nontes (kinerja)

b. Perintah untuk menyapa orang lain dengan ucapan

dengan ucapan yang sopan. Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan Menulis: 4.2 Menebalkan huruf. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas a. Siswa mampu menulis huruf dengan menebalkan titik-titik b. Siswa mampu melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar. c. Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas Nontes (portofolio) b. Tes tulis a. Nontes (kinerja) c. Tes Tulis b. Tes Lisan a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat a. Tes Lisan

yang sopan. a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Perintah untuk membaca nyaring teks pendek. c. Perintah untuk menjawab pertanyaan a. Tugas menulis huruf dengan menebalkan titiktitik b. Perintah untuk melengkapi kalimat rumpang Tugas untuk menyalin puisi anak sederhana dengan

huruf lepas

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek mendengarkan dengan indikator : a. Melakukan perintah dengan tuturan yang diperdengarkan: Alat Penilaian Dengarkan gurumu membacakan perintah lalu kerjakan itu Kriteria • Dapat mengerjakan perintah dengan tepat. • Dapat mengerjakan perintah dengan sedikit kesalahan. • Dapat mengerjakan perintah dengan kesalahan agak banyak. • Dapat mengerjakan perintah dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat mengerjakan perintah dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Menandai gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan: Alat Penilaian Dengarkan gurumu membaca kalimat lalu tandai gambar sesuai yang diperdengarkan Kriteria • Dapat menandai gambar dengan tepat • Dapat menandai gambar dengan sedikit kesalahan • Dapat menandai gambar dengan kesalahan agak banyak • Dapat menandai gambar dengan banyak kesalahan • Tidak dapat menandai gambar dengan bena Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

2. Aspek berbicara dengan indikator a. Siswa mampu mengucapkan salam kepada guru dan orang yang dihormati

Alat Penilaian Kriteria Ucapkan salam kepada guru • Dapat mengucapkan atau orang yang lebih tua salam dengan tepat dan dengan hormat (Sasebi lancar Hlm. 51 angka 1) • Dapat mengucapkan salam dengan tepat, tetapi tidak lancar • Dapat mengucapkan salam kurang begitu lancar dan ada sedikit kesalahan • Dapat mengucapkan salam kurang lancar dan kurang tepat • Tidak dapat mengucapkan salam dengan tepat

Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

• •

b. Siswa mampu menyapa orang lain dengan ucapan yang sopan Alat Penilaian Mintalah izin pergi ke sekolah kepada ayah ibumu atau kakakmu. Sasebi lalamanSl angka 2 Kriteria • Dapat meminta izin dengan tepat dan lancar. • Dapat meinta izin dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat meminta izin tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat meminta izin kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat meminta izin dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

3. Aspek membaca dengan indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana.

Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring

Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat.

Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu membaca nyaring teks pendek Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat (Sasebi hlm. 51 angka 3) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca teks pendek Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring lalu jawablah pertanyaan (Sasebi hlm. 51 angka 3) Kriteria • Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak • Dapat menjawab Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

pertanyaan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.

Kurang sekali (0-3)

4. Aspek Menulis dengan indikator a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf dengan menebalkan titik-titik dalam bukunya. Alat Penilaian Tebalkan huruf "h" dan ”k” Kriteria • Dapat menebalkan huruf dengan benar • Dapat menebalkan huruf dengan sedikit kesalahan. • Dapat menebalkan huruf dengan banyak kesalahan. • Dapat meneblakan huruf dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menebalkan huruf dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar. Alat Penilaian Lengkapi kalimat sesuai gambar pada Sasebi hal. 51 angka 4 Kriteria • Dapat melengkapi kalimat dengan benar. • Dapat melengkapi kalimat dengan sedikit kesalahan. • Dapat melengkapi kalimat dengan banyak kesalahan. • Dapat melengkapi kalimat dengan sebagian besar salah. Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

• Tidak dapat melengkapi kalimat dengan benar.

Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar. Alat Penilaian Salinlah puisi ini dengan huruf lepas! Sasebi hal. 52 angka 7 Kriteria • Dapat menyalin puisi dengan benar. • Dapat menyalin puisi dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyalin puisi dengan banyak kesalahan. • Dapat menyalin puisi dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyalin puisi dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Portofolio Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu:

Nama Siswa : No. SK / KD Periode

Kelas : Kriteria Kualitas hasil tulisan (huruf, kata, kalimat Keterang Kesesuaian tulisan dengan materi yang akan dijiplak Kerapian tulisan an

1

Menyalin Puisi Menyalin Puisi

SILABUS Pelajaran 5 Nama Sekolah :

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester: 1/1 I. . Tema : Lingkungan Berbicara: Mendeskripsikan bendaBenda di sekitar dengan Kalimat sederhana

Menulis: 4.1 Menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana 4.2 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis.

Tema: Rumah Sehat Keluarga Tenteram

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kali mat sederhan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk yang didengar 1.3 Menyebutkan tokohtokoh dalam cerita

Mendengarkan: 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk yang dideengar. 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita II. Standar Kompetensi:

1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi 3. .Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. III. Kompetensi Dasar : 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 2.3 Mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.1 Menjiplak huraf, kata, kalimat sederhana 4.2 Mencontoh huraf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Melakukan perintah yang didengar. 2. Menjelaskan benda-benda di sekitar. 3. Membaca Nyaring. 4. Menulis. V. Kegiatan Pembelajaran: • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 53 Siswa diminta mendengarkan perintah dari guru kemudian mengerjakan seperti yang mereka dengar. Siswa diminta menjiplak gambar pada halaman 53 Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan keinginannya. Siswa diminta mendengarkan guru bercerita Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut Siswa diminta menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka dalam cerita

yang dibacakan guru • • • • Siswa menjawab pertanyaan sesuai cerita tersebut Siswa diminta membuka Sasebi halaman 55 Pada kegiatan a siswa diminta menulis nama benda sesuai nomor pada gambar halaman 55 Siswa diminta menceritakan tiap benda sesuai nomor dengan kalimat sederhana. • Pada kegiatan b siswa diminta menebak benda dengan bantuan beberapa petunjuk kalimat sederhana tentang benda tersebut. • Siswa diminta maju kedepan menceritakan salah satu benda dirumah lalu siswa lain menebaknya. • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 57 • Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "sabila" dan huruf pembentuknya yaitu s, a, b, i, 1, dan a dengan suara nyaring. • Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf s,a,b,i,i,a dan huruf yang sudah dipelajarisebelumnya yaitu p,o,d,m sebagaimana terbaca pada halaman 57 • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 58 • Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "utari" dan huruf pembentuknya yaitu u, t, a, r, i dengan suara nyaring. • Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf u,t,a,r,i dan huruf yang sudah dipelajari sebelumnya yaitu h,m,p sebagaimana terbaca pada halaman 58 • Siswa diminta mendengarkan guru membaca teks pendek lalu siswa diminta membaca bersama-sama • Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai teks pendek yang telah dibaca • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 59

• Siswa diminta melakukan perintah guru untuk menuliskan huruf • Siswa diminta menyusun htlruf acak menjadi kata yang berhiakna

s, b, t, r

mulai dari menulis dengan jari telunjuk di meja, dan menebalkan titik-titik • Siswa diminta untiik menulis kata dengan suku kata awalnya sama lalu membacanya dengan nyaring • Siswa diminta menulis kata dengan suku kata akhirnya sama lalu membacanya dengan nyaring. • Siswa diminta untuk mengisi kotak-kotak kosong dengan memasukan katakata yang telah tersedia dibantu dengan beberapa petunjuk kata yang benar lalu membacanya dengan nyaring • Siswa diminta menyalin kalimat dengan huruf lepas.

VI.

Indikator: • • • • • • • • • • • Siswa mampu menjiplak gambar Siswa mampu mewarnai gambar Siswa mampu menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita Siswa mampu menulis nama-nama benda yang berada di rumah Siswa mampu menceritakan benda-benmda tersebut dengan kalimat sederhana Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yuang tepat Siswa mampu membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai denganm teks pendek Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf suku kata, kata dan kalimat dari buku Sasebi ke dalam bukunya Siswa mampu memenyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar.

VII. Penilaian: • Nontes (Kinerja) dalam bentuk berupa perintah untuk menjiplak dan mewarnai gambar. • • • • • • VIII. IX.. Tes tertulis yaitu menjawab pertanyaan sesuai dongeng tersebut Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menjelaskan atau menceritakan benda pada gambar Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk membaca nyaring huruf, suku kata, kata dan kalimat Tes tertulis berupa perintah untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks pendek Tes tertulis berupa perintah untuk menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar Portofolio berupa perintah untuk menyalin bacaan dengan huruf lepas. Alokasi Waktu: Sumber Belajar: • Buku Sasebi kelas 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 5 Sekolah Dasar/Madrasah: Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu : Bahasa Indonesia :I/1 :

=============================================================== I. Tema II. Standar Kompetensi : Lingkungan : Memahami perintah, memahami dongeng yang dilisankan, pengenalan benda, memahami teks pendek dengan membaca, menulis permulaan dengan menjiplak dan mencontoh. III. Kompetensi Dasar: Mendengarkan : 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana Indikator Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Menjiplak gambar b. Mewarnai gambar 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita, siswa mampu: Indikator: Setelah mendengarkan materi eerita, siswa mampu: a. Siswa mampu menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka b. Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.

Berbicara Indikator :

: mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana.

a. Siswa mampu menulis nama-nama benda yang berada di rumah. b. Siswa mampu menceritakan benda-benda tersebut dengan kalimat sederhana. Membaca Indikator : : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan. Menulis : Menjiplak huruf, kata, dan kalimat sederhana. Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. Indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana ke buku tulisnya. b. Siswa mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar.

Berbicara: Mendeskripsikan bendaBenda di sekitar dengan Kalimat sederhana

Menulis: 4.1 Menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana 4.2 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis.

Tema: Rumah Sehat Keluarga Tenteram

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kali mat sederhan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk yang didengar 1.3 Menyebutkan tokohtokoh dalam cerita

IV. Kegiatan Pembelajaran Bagian I

:

1. Mendengarkan dan berbicara a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 53. b. Siswa diminta mendengarkan perintah dari guru kemudian mengerjakan seperti yang nereka dengar. c. Siswa juga diminta menjiplak gambar pada halaman 53. d. Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan keinginannya. Bagian II: a. Siswa diminta medengarkan guru bercerita. b. Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut. c. Siswa diminta menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka dalam cerita

yang dibacakan guru. d. Siswa menjawab pertanyaan sesuai cerita tersebut. Bagian III: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 55, b. Pada kegiatan a siswa diminta menulis nama benda sesuai nomor dengan kalimat sederhana. c. Siswa diminta menceritakan tiap benda sesuai nomor dengan kalimat sederhana. d. Pada kegiatan b siswa diminta menebak benda dengan bantuan beberapa petunjuk kalimat sederhana tentang benda tersebut. e. Siswa diminta maju kedepan menceritakan salah satu benda di rumah lalu siswa lain menebaknya. 2. Membaca dan Menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 57. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "sabila" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu s, a, b, 1,1, dan a dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf s, a, b, 1,1, dan a Catatan untuk guru: Perlu disampaikan bahwa metode yang digunakan dalam buku ini adalah metode kata lembaga yaitu penyajian gambar dan nama gambar. Setelah itu, kata lembaga diuraikan menjadi suku kata yang selanjutnya diuraikan lagi menjadi huruf-huruf yang dibaca menurut bunyinya. Kemudian huruf-huruf ini disusun menjadi suku kata dan kata baru sebagai hasil sintesa. Bentukan kata baru ini lalu disusun menjadi kalimat sederhana dari huruf-huruf dan suku-suku kata yang bisa dibuat. Siswa didorong untuk berkreasi untuk membentuk kata-kata yang bermakna. Siswa yang berhasil membentuk kata yang bermakna akanmendapat pujian.

Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 58. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "utari" dan huruf pembentuknya, yaitu u, t, a, r, dan i dengan suara nyaring, c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf u, t, a, r, dan i dan huruf yang dipelajari sebelumnya yaitu h, m, dan p sebagaimana terbaca pada halaman 58. Bagian III: a. Siswa diminta mendengarkan guru membaca teks pendek lalu siswa diminta membaca bersama-sama. b. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai teks pendek yang telah dibaca. Bagian IV: a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 59 b. Siswa diminta melakukan perintah guru untuk menuliskan huruf s, b, t, dan r mulai dari menulis dengan jari telunjuk di meja, dan menebalkan titik-titik. c. Siswa diminta menyusun huruf acak menjadi kata yang bermakna d. Siswa diminta untuk menulis kata dengan suku kata awalnya sama lalu membacanya dengan nyaring. e. Siswa diminta menulis kata dengan suku kata akhirnya sama lalu membacanya dengan nyaring. f. Siswa diminta untuk mengisi kotak-kotak kosong dengan memasukkan kata-kata yang telah tersedia dibantu dengan beberapa petunjuk kata yang benar lalu membacanya dengan nyaring. g. Siswa diminta menyalin kalimat dengan huruf lepas. V. Alat, Bahan, dan Sumber : 1. Alat: Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. 2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia"

Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 53-66. VI. Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana b. Siswa mampu menceritakan benda-benda tersebut dengan kalimat sederhana. b. Tes lisan b. Mewarnai gambar a. Siswa mampu b. Nontes (Kinerja) a. Tes Tulis Indikator a. Menjiplak gambar Teknik Penilaian a. Nontes (Kinerja) Alat Penilaian a. Perintah untuk menjiplak gambar b. Perintah untuk mewarnai gambar . a. Perintah untuk menulis nama-nama benda yang berada di rumah b. Perintah untuk menceritakan bendabenda tersebut dengan kalimat sederhana. Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Siswa mampu membaca teks pendek. b. Tes Lisan a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat a. Tes Lisan a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Perintah untuk membaca nyaring

menulis nama-nama benda yang berada di rumah

teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan Menulis: 4.1 Menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana. 4.2 Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. b. Siswa mampu menyusun nkata-kata acak menjadi kalimat yang benar b. Nontes (kinerja) a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, kalimat sederhana dari Sasebi ke dalam bukunya. a. Tes tulis c. Tes Tulis c. Perintah untuk menjawab pertanyaan a. Tugas menulis huruf suku kata, kata, kalimat sederhana di udara, di meja, dan menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf. b. Tugas untuk menyalin puisi anak dengan huruf lepas

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya sebagai berikut. 1. Aspek mendengarkan, dengan indikator : a. Menjiplak dan mewarnai gambar Alat Penilaian Dengarkan gurumu membacakan perintah lalu kerjakan itu ( sasebi halaman 63 angka 1 Kriteria • Dapat mengerjakan perintah dengan tepat. • Dapat mengerjakan perintah dengan sedikit kesalahan. • Dapat mengerjakan perintah dengan kesalahan agak banyak. • Dapat mengerjakan perintah dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat mengerjakan perintah dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

2. Aspek berbicara, dengan indikator: a. Siswa mampu menulis nama-nama benda yang berada di rumah menceritakannya Alat Penilaian Jelaskan benda di bawah ini! Sasebi halaman 64 angka 3 Kriteria • Dapat menjelaskan benda dengan tepat dan lancar. • Dapat menjelaskan benda dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat menjelaskan benda tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat menjelaskan benda kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat menjelaskan benda dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

• •

3. Aspek membaca dengan indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring! Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu membaca nyaring teks pendek Alat Penilaian Bacalah teks dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat( Sasebi hal. 64 angka 4) Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca teks pendek Alat Penilaian Kriteria Bacalah teks dengan suara • Dapat menjawab nyaring lalu jawablah pertanyaan! pertanyaan dengan ( Sasebi hal. 65 angka 4) tepat • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis, dengan indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf dengan menebalkan titik-titik

dalam bukunya. Alat Penilaian Tebalkan huruf "s" , "t", dan "r" Kriteria • Dapat menyalin huruf dengan benar. • Dapat menyalin huruf dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyalin huruf dengan banyak kesalahan. • Dapat menyalin huruf dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyalin huruf dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar. Alat Penilaian Susunlah kata-kata ini menjadi kalimat yang tepat! Kriteria • Dapat menyusun kalimat dengan benar • Dapat menyusun kalimat dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyusun kalimat dengan banyak kesalahan. • Dapat menyusun kalimat dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyusun kalimat dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Portofolio Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu: Nama Siswa : No. SK / KD Periode Kelas : Kriteria Kualitas hasil tulisan (huruf, kata, kalimat Keterang Kesesuaian tulisan dengan materi yang akan dijiplak 1 Menyalin bacaan Menyalin bacaan Kerapian tulisan an

SILABUS Pelajaran 6 Nama Sekolah/Madrasah : Mata Pelajaran Kelas / Semester I. Tema : Kebersihan, Kesehatan, Keamanan
Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. Mendeklamaikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai

: Bahasa Indonesia : 1/1

Menulis: 4.2 Mencontoh huruf, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai

Tema: Saya Cinta Hidup Bersih

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi tepat

Mendengarkan: Memahami perintah yang dilisankan

II. Standar Kompetensi: 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan

menyalin. III. Kompetensi Dasar :

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 1.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun 2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.2 Menebalkan huruf,mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 4.3 Melengkapi kalimat yang belum selesai. IV. Materi Pokok / Pembelajaran 1. Menyapa orang lain. 2. Melakukan sesuatu sesuai petunjuk yang didengar. 3. Mmembaca nyaring kata. 4. Mencontoh dan melengkapi kata. 5. Deklamasi V. Kegiatan Pembelajaran: • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 67 Siswa diminta untuk melihat dan mencermati gambar-gambar pada halaman ini Siswa mendengarkan cerita guru tentang gambar-gambar tersebut lalu lalu dengan bimbingan guru siswa diminta untuk menyimpulkan tentang isi gambar tersebut, yaitu perbuatan baik atau buruk. • • • • Siswa diajak untuk mengomentari perbuatan yang mereka lihatdi gambar. Siswa diminta untuk membuka buku Sasebi halaman 68. Siswa diminta melihat dan mencermati gambar-gambar pada halaman ini. Siswa mendengarkan cerita guru tentang gambar-gambar tersebut, yaitu rasa

terimakasih yang diwujudkan dengan ucapan terimakasih kepada orang yang telah menolong atau membantunya. • • • • • • • • • • • Siswa diminta untuk memperagakan kejadian yang terdapat pada gambar dan tak lupa pula untuk mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterima. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 69 Siswa menyanyikan lagu " makan jangan bersuara " disertai dengan gerak dan mimik yang sesuai. Siswa mendengarkan guru yang memberi contoh mendeklamasikan lagu " Makan jangan bersuara" dengan lafal yang tepat serta gerak dan mimik yang sesuai. Siswa diminta maju bergantian mendeklamasikan lagu tersebut dengan suara yang nyaring. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 70 Siswa diminta mendengarkan perintah dari guru kemudian mengerjakan seperti yang mereka dengar. Siswa diminta melingkari gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan guru. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 71 Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "wigati" dan huruf pembentuknya, yaitu w, i, g, a, t, dan i dengan suara nyaring. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf w,i,g,a,t,i dan huruf yang sudah dipelajari sebelumnya sebagaimana terbaca pada halaman 71. • Siswa diminta mengucapkan atau melafalkan kata dan kalimat yang mengandung huruf w dan g yang dirangkai dengan variasi vokalsehingga pengucapan atau pelafalannya benar. • • • Siswa diminta untuk membaca teks yang terdiri dari kalimat yang mengandung huruf w dan g dengan nyaring Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks di atas Siswa diminta membuka Sasebi halaman 74 Siswa diminta untuk menebalkan titik-titik huruf w dan g

• • • •

Siswa diminta untuk menulis huruf w dan g di buku bergaris. Siswa diminta untuk menulis kalimat sederhana dengan huruf sambung dengan bimbingan guru. Siswa diminta menyusun huruf acak menjadi kata yang bermakna Siswa diminta untuk melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai gambar

VI. Indikator: • • • • • • • • • VII. • Siswa mampu mengomentari perbuatan yang disuka dan tidak disuka Siswa mampu menyampaikan ucapan terima kasih ketika mendapat bantuan dari orang lain Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak atau syair lagu dengan suara yang nyaring. Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak sesuai dengan isi dan mengekspresikan dalam gerak dan mimik yang sesuai Siswa mampu melingkari gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan guru Siswa mampu melakukan sesuatu yang diperintahkan dengan tepat Siswa mampu menyalin atau mencontoh kalimat dari papan tulis ke dalam buku dalam huruf sambung Siswa mampu metiyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar. Siswa mampu melertgkapi kalimat rumpang dengan kata sesuai dengan gambar. Penilaian: Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menuliskan kata siika atau tidak suka terhadap perbuatah yang terdapat di dalam gambar • • • • Nontes ( Kinerja ) dalam bentuk perihtah untuk menyanipaikah terima kasih kepada orang yang telah memnerikan bantuan Nontes (Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk meildeklamasikan lagu Nontes (Kinerja) dalam bentuk berupa perintah uritttk mdlingkari gambar sesuai dengan tuturan dari guru Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk niembaca nyaririg teks yang terdiri

dari beberapa kalimat sederhana • • • • Tes tertulis berupa perintah untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks pendek Tes tertulis berupa perintah untuk menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar Nontes (kinerja) dalam bentuk perintah untuk melengkapi kalimat rumpang dengan kata sesuai gambar. Portofolio berupa perintah untuk membuat kalimat sesuai gambar

VIII. Alokasi Waktu : XI. Sumber : • • Buku sasebi Kelas 1 Kartu huruf

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 6 Sekolah Dasar : Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema : Bahasa Indonesia :I/1 : : Kebersihan, Kesehatan, Keamanan

===============================================================

II. Standar Kompetensi : memahami perintah yang dilisankan, tegur sapa, deklamasi, memahami teks pendek dengan membaca, menulis permulaan dengan menjiplak. III. Kompetensi Dasar Mendengarkan : 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana Indikator: Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Melingkari gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan guru, b. Melakukan sesuatu yang diperintahkan dengan tepat. Berbicara : menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. Indikator :

a. Siswa mampu mengomentari perbuatan yang disuka atau tidak disuka. b. Siswa mampu menyampaikan ucapan terima kasih ketika mendapat bantuan orang lain.

2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yangs sesuai. a. Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak tau syair lagu dengan suara nyaring. b. Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak sesuai dengan isi dan mengekspresikan dalam gerak dan mimik yang sesuai. Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. Indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan. Menulis : Menebalkan huruf Mencontoh uruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar Melengkapi kalimat yang belum selesai. Indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana ke buku tulisnya. b. Siswa mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar. c. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kata sesuai gambar.

Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai.

Menulis: 4.2 mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai

Tema: Saya Cinta Hidup Bersih

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Memahami perintah yang dilisankan

.

IV. Kegiatan Pembelajaran Bagian I

:

1. Mendengarkan dan Berbicara a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 67 b. .Siswa diminta untuk melihat dan mencermati gambar-gambar pada halaman ini. c. Siswa mendengarkan cerita guru tentang gambar-gambar tersebut lalu dengan bimbingan guru siswa diminta untuk menyimpulkan tentang isi gambar tersebut yaitu perbuatan baik atau buruk d. Siswa diajak untuk mengomentari perbuatan yang mereka lihat di gambar. Bagian II: a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 68 b. Siswa diminta melihat dan mencermati gambar-gambar pada halaman ini

c. Siswa mendengarkan cerita guru tentang gambar-gambar tersebut yaitu rasa terima kasih yang diwujudkan dengan ucapan terimakasih kepada orang yang telah menolong atau membantunya. d. Siswa diminta untuk memperagakan kejadian yang terdapat pada gambar dan tidak lupa pula untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima. Bagian III: a. Siswa diminta membuka Sasebi halanlan 69. b. Siswa menyanyikan lagu " Makan jangan bersuara" disertai gerak dan mimik yang sesuai. c. Siswa mendengarkan guru yang memberi contoh mendeklamasikan lagu dengan lafal yang tepat serta gerak dan mimik yang sesuai. d. Siswa diminta maju berganmtian mendeklamasikan lagu tersebut dengan suara nyaring. Bagian IV: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 70 b. Siswa diminta mendengarkan perintah dari guru lalu mengerjakan seperti yang mereka dengar. c. Siswa diminta melingkari gambar sesuai dengan tuturan yang diperdengarkan. 2. Membaca dan Menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 71 b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "wigati" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu w, i, g, a, t, dan i dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf w, i. g, a, t, dan i d. Siswa diminta mengucapkan atau melafalkan kata dan kalimat yang mengandung huruf w dan g yang dirangkai dengan variasi vokal sehingga pengucapan atau pelafalannya benar.

e. Siswa diminta untuk membaca teks yang terdiri dari kalimat yang mengandung huruf w dan g dengan nyaring. f. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks diatas. Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 74. b. Siswa diminta menebalkan titik-titik huruf w dan g. c. Siswa diminta untuk menulis kalimat sederhana dengan huruf sambung dengan bimbingan guru. d. Siswa diminta menyusun huruf acak menjadi kata yang bermakna. e. Siswa diminta untuk melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai gambar. VII. Alat, Bahan, dan Sumber :

1. Alat

: Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 68-78.

2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia"

VIII. Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana b. Melakukan sesuatu yang b. Nontes (Kinerja) Indikator a. Melingkari gambar sesuai tuturan guru Teknik Penilaian a. Nontes (Kinerja) Alat Penilaian a. Perintah untuk melingkari gambar b. Perintah untuk melakukan sesuatu

diperintahkan dengan tepat Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun b. Siswa mampu menyampaikan ucapan terima kasih ketika mendapat bantuan orang lain. Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Mendeklamasikan puisi anak sesuai isi dan mengekspresikan dalam gerak dan mimik yang tepat Nontes (kinerja) a. Mendeklamasikan puisi anak atau syair lagu dengan suara nyaring Nontes (kinerja) a. Siswa mampu a. Tes Tulis

yang diperintahkan. . a. Perintah untuk mengomentari perbuatn yang disukai dan tidak b. Nontes (kinerja) b. Perintah untuk menyampaikan ucapan terima kasih ketika mendapat bantuan orang lain. a. Perintah untuk mendeklamasikan puisi anak atau syair lagu dengan suara nyaring. b. Perintah untuk mendeklamasikan puisi anak sesuai isi dan mengekspresikan dalam gerak dan mimik yang tepat disukai

mampu mengomentari perbuatn yang disukai dan tidak disukai

Membaca: Membaca nyaring huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi

a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

a. Tes Lisan

a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

yang tepat

b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan

b. Tes Lisan

b. Perintah untuk membaca nyaring teks pendek.

c. Tes Tulis

c. Perintah untuk menjawab pertanyaan a. Tugas menulis huruf suku kata, kata, kalimat sederhana di udara, di meja, dan menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf.

Menulis: 4.2 Menebalkan huruf

a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, kalimat sederhana dari Sasebi ke dalam bukunya.

a. Tes tulis

4.3 Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. 4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai

b. Siswa mampu menyusun nkata-kata acak menjadi kalimat yang benar

b. Nontes (kinerja)

b. Tugas untuk menyalin puisi anak dengan huruf lepas

c. Siswa mampu melengkapi kalimat

c. Nontes (kinerja)

c. Tugas untuk melengkapi kalimat yang belum selesai

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek mendengarkan dengan indikator : a. Melingkari dan melakukan sesuatu sesuai yang diperintahkan:

Alat Penilaian

Kriteria

Skor

Dengarkan gurumu membacakan perintah lalu kerjakan itu ( sasebi halaman 63 angka 1

• Dapat mengerjakan perintah dengan tepat. • Dapat mengerjakan perintah dengan sedikit kesalahan. • Dapat mengerjakan perintah dengan kesalahan agak banyak. • Dapat mengerjakan perintah dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat mengerjakan perintah dengan tepat.

• • • •

Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

2. Aspek berbicara, dengan indikator: a. Siswa mampu mengomentari perbuatan yang disukai dan tidak disukai Alat Penilaian a. Dengarkan cerita guru lalu katakan suka dan tidak suka! Sasebi halaman 77 angka 2 Kriteria •Dapat memberikan alasan suka dan tidak suka dengan tepat dan lancar. •Dapat memberikan alasan suka dan tidak suka dengan tepat tapi tidak lancar. •Dapat memberikan alasan suka dan tidak suka tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. Dapat memberikan alasan suka dan tidak suka kurang lancar dan • Kurang (4-5) • Sedang (5,56) • Baik (7-8) Skor • Baik sekali (9-10)

kurang tepat. • Tidak dapat memberikan alasan suka dan tidak suka dengan tepat • Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima Alat Penilaian a. Ucapkan terima kasih ketika mendapat bantuan dari orang lain! Kriteria • Dapat mengucapkan terima kasih tepat dan lancar. • Dapat mengucapkan terima kasih dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat mengucapkan terima kasih tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat mengucapkan terima kasih kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat mengucapkan terima kasih dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu mendeklamasikan puisi anak dengan suara nyaring didertai gaya dan mimik yang tepat. Alat Penilaian a. Deklamasikan puisi ini! Sasebi halaman 76 angka 1 Kriteria • Dapat mendeklamsikan puisi tepat dan lancar. • Dapat mendeklamsikan puisi dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat mendeklamsikan puisi tidak begitu lancar dan ada Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56)

sedikit kesalahan. • Dapat mendeklamsikan puisi kurang lancar dan kurang tepat. • Tidak dapat mendeklamsikan puisi dengan tepat

Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

3. Aspek membaca dengan indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring! Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu membaca nyaring teks pendek Alat Penilaian Bacalah teks dengan suara nyaring Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat.

Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca teks pendek Alat Penilaian Kriteria Bacalah teks dengan suara • Dapat menjawab nyaring lalu jawablah pertanyaan! pertanyaan dengan ( Sasebi hal. 65 angka 4) tepat • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis, dengan indikator: a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf dengan menebalkan titik-titik dalam bukunya. Alat Penilaian Tebalkan huruf "w" dan "g", Kriteria • Dapat menyalin huruf dengan benar. • Dapat menyalin huruf dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyalin huruf dengan banyak kesalahan. • Dapat menyalin huruf dengan sebagian besar salah. Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

• Tidak dapat menyalin huruf dengan benar. .

Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar. Alat Penilaian Susunlah kata-kata ini menjadi kalimat yang tepat! Kriteria • Dapat menyusun kalimat dengan benar • Dapat menyusun kalimat dengan sedikit kesalahan. • Dapat menyusun kalimat dengan banyak kesalahan. • Dapat menyusun kalimat dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyusun kalimat dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar: Alat Penilaian Buatlah kalimat sesuai gambar. Sasebi halaman 78 angka 6 Kriteria • Dapat membuat kalimat dengan benar. • Dapat membuat kalimat dengan sedikit kesalahan. • Dapat membuat kalimat dengan banyak kesalahan. • Dapat membuat kalimat dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat membuat kalimat dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

SILABUS

Pelajaran 7 Nama Sekolah / Madrasah : Mata Pelajaran Kelas / Semester I. Tema : Bahasa Indonesia : 1/1

: Tempat Umum
Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana

Menulis 4.1 Menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana 4.2 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf

Tema: Keluarga tersayang

Membaca: Membaca nyaring sukukata, kata, dan kalimatsederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: Melaksanakan sesutu sesuai perintah atau petunjuk yang didengar

II. Standar Kompetensi: 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan

dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring . 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. III. Kompetensi Dasar :

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 2.3 Mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat 4.2 Menebalkan huruf 4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Melakukan sesuatu sesuai petunjuk. 2. Membaca nyaring. 3. Menulis 4. Menjelaskan ciri-ciri benda. V. Kegiatan Pembelajaran : • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 79 Siswa diminta mendengarkan dengaran guru tentang keluarga Dimas kemudian mengerjakan seperti yang mereka dengar. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan dengaran dari guru Siswa diminta membuka buku sasebi halaman 80 Siswa diminta untuk mendengarkan tuturan atau cerita tentang gambar - gambar tersebut Siswa diminta untuk memberi nomor pada gambar sesuai tuturan atau cerita Siswa diminta membuka Sasebi halaman 81

• •

Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "jaya" dan huruf pembentuknya yaitu j, a, y dan a dengan suara nyaring. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf j, a, y, a dan huruf yang sudah dipelajari sebelumnya sebagaimana terbaca pada halaman 81

• • • • • • • • • • • • • • • • •

Siswa diminta untuk mengamati gambar lalu membaca kalimat dibawahnya dengan nyaring. Siswa diminta untuk membaca teks yang terdiri dari kalimat yang mengandung huruf j dan y dengan ucapan yang tepat Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks di atas Siswa diminta membuka Sasebi halaman 83 Siswa diminta untuk menebalkan titik-titik huruf j dan y Siswa diminta untuk menulis huruf j dan y di buku bergaris. Siswa diminta untuk menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas dengan bimbingan guru. Siswa diminta membaca teks pendek lalu menyalinnya ke dalam huruf lepas Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar di sebelah kiri dan disebelah kanan serta kalimat yang ada di tengah Siswa diminta memasangkaii gambar-gambar tersebut sesuai dengan kalimatnya. Siswa diminta menyalin kalimat tersebut dengan huruf lepas di bilku tulis. Siswa diajak bermain dengan mengisi teka-teki yang berisi kotak kosong untuk diisi siswa dengan bantuan gambar. Siswa diminta untuk mendeklamsikah puisi "Lucunya adikku" dengan lafal dan intonasi yang tepat Siswa dimintd untuk menyalin puisi teirsebut dengan huruf lepas Siswa diminta membuka Sasebi halaman 86 Siswa diminta untuk memperhatikan gambar Siswa diminta memilih salah satu gambar lalu menjelaskan ciri-ciri benda itu kepada temannya

• •

Siswa diminta menebak benda dengan bantuan beberapa petunjuk kalimat sederhana tentang benda tersebut. Siswa diminta maju kedepan menjelasakan salah satu benda dalam gambar lalu siswa lain menebaknya.

VI. • • •

Indikator: Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai tutran dari guru. Siswa memberi nomor pada gambar sesuai dengan tuturan atau cerita Siswa mampu menlbaca huraf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat " dengan nyaring • • • • • • • Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan teks pendek Siswa mampu menyalin atau mencontoh kalimat dari papaii tulis ke dalam buku dalam huruf sarnbung Siswa mampu mencocokkan dua gambar sesuai dengan kalimat yang tersedia. Siswa mampu menyalin atati mencontoh kalimat dari papan tulls ke dalam buku dalam huruf sarhbtmg ^ Siswa mampu meiicocokkan dua gambaf sesuai dengan kalimat yang tersedia. Siswa mampu menj elaskan benda-benda dengan kaliniat sederhana Siswa mampu menebak benda dari pehjelasan teman Siswa mampu membaca teks pendek

VII. Penilaian: • Nontes (Kinerja) dalam bentuk berupa perintah untiik memberi nomor pada gambar sesuai dengan tuturan dari guru. • • • Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk menjawab pertanyaan tentang keluarga Dimas Tes tertulis berupa perintah untuk memasangkan kalimat dengan gambar . Nontes (kinerja) dalam bentuk perintah untuk melengkapi kalimat rumpang dengan kata sesuai gambar lalu menyalinnya dengan huruf lepas Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk menj elaskan atau menceritakan benda sesuai gambar

VIII. Alokasi Waktu : XI. Sumber : • • Buku sasebi Kelas 1 Kartu huruf

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 7 Sekolah Dasar/ Madrasah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema : : Bahasa Indonesia : I /1 : : Tempat Umum dengan membaca nyaring, menulis pennulaan dengan menjiplak III. Kompetensi Dasar Mendengarkan : Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana Indikator: Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Menjawab pertanyaan sesuai tuturan guru, b. Memberi nomor pada gambar sesuai ddengan tuturan atau cerita Berbicara Indikator : Mendeskripsikan benda-benda disekitar dengan kalimat sederhana. :

============================================================== II. Standar Kompetensi : memahami perintah, pengenalan benda, memahami teks pendek

a. Siswa mampu menjelaskan benda-benda dengan kaiimat seerhana. b. Siswa mampu meneeritakan benda-benda tersebut dengan kaiimat sederhana. Membaca Indikator : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kaiimat sederhana dengan lafal :

dan intonasi yang tepat a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kaiimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Siswa mampu membaca teks pendek c. Siswa mampu menjawab pertanyaan

Menulis

: Menjiplak huruf, kata, dan kalimat Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas.

Indikator : a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana ke buku tulisnya. b. Siswa mampu mencocokan dua gambar sesuai dengan kalimat yang tersedia. c. Siswa mampu mengisi teka-teki dengan bantuan gambar dan huruf pada awal kata. d. Siswa mampu menyalin teks pendek dengan tepat
Berbicara: Mendeskripsikan bendabenda di sekitar dengan kalimat sederhana

Menulis: 4.1 menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana 4.2 mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis. 4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf

Tema: Keluarga Tersayang

Membaca: Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan Intonasi yang tepat

Mendengarkan: melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk yang didengar. .

IV. Kegiatan Pembelajaran : 1. Mendengarkan dan berbicara Bagian I a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 79.

b. Siswa diminta mendengarkan dengaran dari guru tentang Keluarga Dimas lalu mengerjakan seperti yang mereka dengar. c. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan dengaran guru. Bagian II: a. Siswa diminta medengarkan tuturan atau cerita tentang gambar-gambar tersebut. b. Siswa diminta memberi nomor pada gambar sesuai tuturan atau cerita. Bagian III: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 86. b. Siswa diminta untuk memperhatikan gambar. c. Siswa diminta memilih salah satu gambar lalu menjelaskan ciri-ciri benda itu kepada temannya. d. Siswa diminta menebak benda dengan bantuan beberapa petunjuk kalimat sederhana tentang benda tersebut. e. Siswa diminta maju kedepan menjelaskan salah satu benda dalam gambar lalu siswa lain menebaknya. 2. Membaca dan menulis Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 81. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "jaya" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu j, a, y, dan a dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf j, a, y, dan a. d. Siswa diminta untuk mengamati gambar lalu membaca kalimat dibawahnya dengan nyaring. e. Siswa diminta untuk membaca teks yang terdiri dari kalimat yang mengandung huruf j dan y dengan ucapan yang tepat.

f. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks di atas. Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 83. b. Siswa diminta untuk menebalkan titik - titik huruf j dan y. c. Siswa diminta untuk menulis huruf j dan y di buku bergaris. d. Siswa diminta untuk menulis kalimat sederhana dengan huruf lepas dengan bimbingan guru. e. Siswa diminta membaca teks pendek lalu menyalinnya ke dalam huruf lepas. f. Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar di sebelah kiri dan kanan serta kalimat yang ada di tengah. g. Siswa diminta memasangkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan kalimatnya. h. Siswa diminta menyalin kalimat tersebut dengan huruf lepas di buku tulis. i. j. Siswa diajak bermain dengan mengisi teka-teki yang berisi kotak kosong untuk diisi siswa dengan bantuan gambar. Siswa diminta untuk mendeklamasikan puisi " Lucunya Adikku" dengan lafal dan intonasi yang tepat. k. Siswa diminta untuk menyalin puisi tersebut dengan huruf lepas. V. Alat, Bahan, dan Sumber 1. Alat :

: Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. Penerbit Erlarigga, Jakarta, halaman 79-88.

2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia"

VI. Penilaian : Penilaian dilakukari untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut:

Kompetensi Dasar Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana

Indikator a. Menjawab pertanyan sesuai tuturan guru b. Memberi nomor pada gambar sesuai tuturan guru

Teknik Penilaian a. Tes lisan

Alat Penilaian a. Perintah untuk menjawab pertanyaan tentang

b. Nontes (Kinerja)

keluarga Dimas b. Perintah untuk Memberi nomor pada gambar sesuai tuturan guru a. Perintah untuk menjelaskan bendabenda dengan kalimat sederhana

Berbicara: Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana

a. Siswa

mampu

a. Tes lisan

menjelaskan benda-benda dengan kalimat sederhana b. Siswa mampu mampu menebak benda dari penjelasan teman b. Nontes (kinerja) a. Tes Lisan

b. Perintah untuk menebak benda dari penjelasan teman a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Membaca: Membaca nyaring huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan

b. Tes Lisan

b. Perintah untuk membaca nyaring teks pendek.

c. Tes Tulis

c. Perintah untuk menjawab pertanyaan a. Tugas menulis huruf suku kata, kata, kalimat

Menulis: 4.2 Menebalkan huruf

a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, kalimat

a. Tes tulis

sederhana dari Sasebi ke dalam bukunya.

sederhana di udara, di meja, dan menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf.

4.3 Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. 4.4 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas

b. Siswa mampu mencocokkan dua gambar sesuai kalimat yang tersedia

b. Nontes (kinerja)

b. Tugas untuk mencocokkan dua gambar sesuai kalimat yang tersedia

c. Siswa mampu mengisi teka-teki dengan bantuan gambar dan huruf pada awal kata. d. Siswa mampu menyalin teks pendek dengan tepat

c. Nontes (kinerja)

c. Tugas untuk mengisi teka-teki dengan bantuan gambar dan huruf pada awal kata.

c. Nontes (kinerja)

d. Tugas untuk menyalin teks pendek dengan tepat

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut. 1. Aspek mendengarkan dengan indikator : a. Menjawab pertanyaan sesuai tuturan guru. Alat Penilaian Dengarkan cerita gurumu lalu jawablah Kriteria • Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan. Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

• Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.

Kurang sekali (0-3)

b. Memberi nomor pada gambar sesuai dengan tuturan atau cerita. Alat Penilaian Dengarkan cerita gurumu dan nomori gambar sesuai cerita! Kriteria • Dapat memberi nomor dengan tepat. • Dapat memberi nomor dengan sedikit kesalahan. • Dapat memberi nomor dengan kesalahan agak banyak. • Dapat memberi nomor dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat memberi nomor dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

2. Aspek berbicara dengan indikator: a. Siswa mampu menjelasakan benda-benda dengan kalimat sederhana: Kriteria • Dapat menjelaskan benda dengan tepat dan lancar . • Dapat menjelaskan benda dengan tepat tapi tidak lancar. • Dapat menjelaskan benda tidak begitu lancar dan ada sedikit kesalahan. • Dapat menjelaskan benda kurang lancar dan Skor • Baik sekali (9-10) • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Alat Penilaian Jelaskan benda di bawah ini! Sasebi halaman 88 angka 3

kurang tepat. • Tidak dapat menjelaskan benda dengan tepat

Kurang sekali (0-3)

3. Aspek membaca, dengan indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu membaca nyaring teks pendek Alat Penilaian Bacalah teks dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat (Sasebi hlm. 87 angka 1 Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca teks pendek; Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring lalu jawablah pertanyaan ( Sasebi hal. 87 angka 1) Kriteria • Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis dengan indikator: a. Siswa mampu menebalkan titik-titik huruf dalam bukunya. Alat Penilaian Tebalkan huruf "j" dan"y" Kriteria • Dapat menebalkan huruf dengan benar. • Dapat menebalkan huruf dengan sedikit kesalahan. • Dapat menebalkan huruf dengan banyak kesalahan. • Dapat menebalkan huruf dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menebalkan huruf dengan benar. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu mencocokan dua gambar sesuai dengan kalimat sederhana: Alat Penilaian Pasangkan kalimat dengan gambarnya lalu salin kalimatnya dengan huruf lepas! (Sasebi hal. 88 angka 4) Kriteria • Dapat mencocokan gambar dan menyalin kalimat dengan benar • Dapat mencocokan gambar dan menyalin kalimat dengansedikit kesalahan. • Dapat mencocokan gambar dan menyalin kalimat denganbanyak kesalahan . • Dapat mencocokan gambar dan menyalin kalimat dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat mencocokan gambar dan menyalin kalimat kalimat dengan sebagian besar salah Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

.c. Siswa mampu mengisi teka-teki dengan bantuan gambar dan huruf pada awal kata Alat Penilaian Ayo bermam teka-teki dengan mengisi kotak kosong sesuai gambar Kriteria • Dapat • Dapat mengisi mengisi Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

teka-teki dengan benar teka-teki dengan sedikit kesalahan. • Dapat mengisi • Sedang (5,56) Kurang (4-5) teka-teki dengan banyak kesalahan . • Dapat teka-teki mengisi dengan • Kurang sekali (0-3) •

sebagian besar salah. • Tidak dapat mengisi

teka-teki kalimat dengan benar d. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar Alat Penilaian Lengkapi kalimat sesuai gambar! Sasebi hlm. 87 angka 2 Kriteria • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan tepat. • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan sedikit kesalahan. • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan banyak kesalahan • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat melengkapi kalimat rumpang dengan benar Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

e. Siswa mampu menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas Alat Penilaian Kriteria Skor : Salinlah kalimat ini dengan • Dapat menyalin dengan • Baik sekali (9-10) huruf lepas! Sasebi hlm. 88 angka tepat. 6 • Dapat menyalin • Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan • Dapat kesalahan • Dapat salah. • Tidak dapat menyalin • Kurang sekali (0-3) menyalin • Kurang (4-5) dengan sebagian besar menyalin • Sedang (5,56) dengan banyak

dengan benar. Portofolio Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu: Nama Siswa : No. SK / KD Periode Kelas : Kriteria Kualitas hasil tulisan (huruf, kata, kalimat Keterang Kesesuaian tulisan dengan materi yang akan dijiplak 1 Menyalin bacaan Menyalin bacaan Kerapian tulisan an

SILABUS

Pelajaran 8

Nama Sekolah / Madrasah : Mata Pelajaran Kelas / Semeseter : Bahasa Indonesia : I/1

=============================================================== I. Tema : Komunikasi

Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan sopan

Menulis: 4.1 Menjiplak huruf, kata, Kalimat sederhan

Tema: Aduh, Senangnya Bersekolah

Membaca: Membaca nyaring sukukata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: 1.2 Melaksanakan sesuatu perintah atau petunjuk yang didengar 1.3 Menyebutkan tokohtokoh dalam cerita

II. Standar Kompetensi: 5. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan fungsi benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi 7. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring .

8. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. III. Kompetensi Dasar :

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun 3.1 Membaca nyaring suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat IV. Materi Pokok / Pembelajaran : 1. Melakukan sesuatu sesuai perintah. 2. Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokohnya. 3. Menyapa orang lain. 4. Membaca Nyaring. 5. Menulis. V. Kegiatan Pembelajaran: • • • • • • • • • • Siswa diminta membuka Sasebi halaman 89 Siswa diminta mengamati dan mencermati dengan seksama kegiatan yang dilakukan pada pagi hari. Siswa diminta mendengarkan cerita guru tentang kegiatan pada gambar tersebut. Siswa diminta menjawab pertanyaan guru sesuai dengan gambar secara lisan Siswa diminta mendengarkan guru bercerita Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut Siswa diminta menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka dalam cerita yang dibacakan guru Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai cerita tersebut Siswa diminta membuka Sasebi halaman 91 Siswa diminta mendengarkan guru yang memberi contoh menyapa orang lain.

• • • • • •

Siswa diminta menirukan dan mengucapkan kalimat sapaan tersebut. Atas bimbingan guru siswa diminta memperagakan cara menyapa teman Siswa maju ke depan kelas imtuk memeragakan menyapa teman dengan ucapan yang sopan Siswa diberi ilustrasi lalu siswa diminta menjawab dengan ucapan yang sesuai Siswa diminta membuka Sasebi halaman 93 Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "vazri" dan huruf pembentuknya, yaitu v, a, z, r, dan i dengan suara nyaring. • terbaca pada halaman 93 Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf v, a, z, r, dan i dan huruf yang sudah dipelajari sebelumnya sebagaimana

• • • •

Siswa diminta untuk mengamati gambar lalu membaca teks pendek disampingnya dengan nyaring. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks diatas. Siswa diminta menebalkaii huruf v dan z dengan menghubungkan titik-titik huruf. Siswa diminta untuk menutup buku pelajaran lalu diminta untuk menulis kalimat dari tuturan guru yang diperdengarkan.

VI. Indikator: • • • • • • • • • Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai tuturan dari guru. Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar Siswa mampu menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita Siswa mampu mengucapkan salarii kepada teman Siswa mampu menyapa orang lain dengan ucapan yang sopan Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Siswa mampu membaca teks pendek dengan nyaring Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan teks pendek

VII. Penilaian: • • • • • • Tes Lisan dalam bentuk permtah untuk menjawab pertanyaan tentang kegiatan yang ada pada gambar Tes tertulis yaitu menjawab pertanyaan sesuai dongeng tersebut Nontes (Kinerja ) dalam bentuk perintah untuk mengucapkan salam kepada teman, orang yang dihormati Tes Lisan dalam bentuk perintah untuk membaca nyaring teks yang terdiri dari beberapa kalimat sederhana Tes tertulis berupa perintah untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks pendek Tes tertulis berupa perintah unutk menulis kalimat sesuai dengan gambar yang telah tersedia. VIII. IX Alokasi Waktu: Sumber Belajar: a. Buku Sasebi kelas 1 b. Kartu huruf

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 8

Sekolah Dasar/ Madrasah : Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema : Bahasa Indonesia :I/1 : : Komunikasi tegur sapa, memahami teks pendek dengan membaca nyaring, menulis permulaan dengan menjiplak III. Kompetensi Dasar: Mendengarkan : -Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana Indikator: Setelah mendengarkan materi dengaran, siswa mampu: a. Menjawab pertanyaan sesuai tuturan guru, b. Menjawab pertanyaan dengan benar. -Menyebutkan tokoh dalam cerita Setelah mendengarkan cerita dari guru, siswa mampu: a. menyebutkan tokoh yang disuka atau tidak disuka. b. Menjawab pertanyaan sesuai cerita. Berbicara Indikator : Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun : a. Siswa mampu mengucapkan salam kepada teman

============================================================== II. Standar Kompetensi : memahami perintah, memahami dongeng yang dilisankan,

b. Siswa mampu menyapa orang lain dengan ucapan yang sopan. Membaca : Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat Indikator dan intonasi yang tepat. b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu menjawab pertanyaan. Menulis : Menjiplak huruf, kata, dan kalimat sederhana. Indikator : a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana ke buku tulisnya. b. Siswa mampu menulis kalimat yang diperdengarkan oleh guru.
Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan sopan

:

a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal

Menulis: 4.1 menjiplak huruf, kata, kalimat sederhana

Tema: Aduh, Senangnya Bersekolah

Membaca: Membaca suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat

Mendengarkan: 1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai Perintah atau petunjuk yang didengar. 1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.

IV. Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan dan berbicara Bagian I a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 89 b. Siswa diminta mengamati dan mencermati dengan seksama kegiatan yang dilakukan pada pagi hari c. Siswa diminta mendengarkan cerita guru tentang kegiatan pada gambar tersebut. Siswa diminta menjawab pertanyaan guru sesuai dengan gambar secara lisan. Bagian II a. Siswa diminta medengarkan guru bercerita. b. Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut. c. Siswa diminta menyebutkan tokoh yang disuka dan tidak disuka dalam cerita yang dibacakan guru. d. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai cerita. Bagian III: a. Siswa diminta membuka Sasebi halaman 91. b. Siswa diminta mendengarkan guru yang memberi contoh menyapa orang lain. c. Siswa diminta menirukan dan mengucapkan kaliniat sapaan tersebut. d. Atas bimbingan guru siswa diminta untuk memeragakan menyapa teman dengan ucapan yang sopan. e. Siswa diberi ilustrasi lalu siswa diminta menjawab dengan ucapan yang sesuai. 2. Membaca dan menulis

Bagian I a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 93. b. Siswa diminta menirukan guru melafalkan kata "vazri" dan huruf-huruf pembentuknya yaitu v, a, z, r, dan i dengan suara nyaring. c. Siswa diminta membaca suku kata, kata, dan kalimat yang terbentuk dari huruf v, a, z, r, dan I dan huruf yang sudah dipelajari sebelumya sebagaimana terbaca pada halaman 93 d. Siswa diminta untuk mengamati gambar lalu membaca teks pendek di sampingnya dengan nyaring. e. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan teks di atas. Bagian II a. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 95. b. Siswa diminta untuk menebalkan titik — titik huruf v dan z. c. Siswa diminta untuk menulis huruf v dan z di buku bergaris. d. Siswa diminta untuk menutup buku pelajarannya lalu mendengarkan guru membaca kalimat dan disalin dengan huruf lepas ke dalam buku tulis. V. Alat, Bahan, dan Sumber 1. Alat :

: Kartu huruf, papan panel, papan tulis, dan alat tulis. Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman 89-98.

2. Sumber : Buku Pelajaran Bahasa Indonesia " Saya Senang Berbahasa Indonesia"

VI. Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut.

Kompetensi Dasar -Mendengarkan: Melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana

Indikator a. Menjawab pertanyan sesuai tuturan guru

Teknik Penilaian a. Tes lisan

Alat Penilaian a. Perintah untuk menjawab pertanyaan

b. Nontes b. Menjawab pertanyan guru (Kinerja)

b. Perintah untuk menjawab pertanyaan guru dengan benar.

Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

dengan benar a. Nontes (Kinerja) a. Menyebutkan tokoh yang disukai dan tidak disukai b. Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita a. Siswa mampu mengucapkan salam kepada teman b. Siswa mampu menyapa orang lain dengan sapaan yang sopan b. Nontes (kinerja) a. Tes Lisan b. Tes tulis

a Perintah untuk menyebutkan tokoh yang disukai dan tidak disukai b. Perintah untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita a. Perintah untuk mengucapkan salam kepada teman b. Perintah untuk menyapa orang lain dengan sapaan yang sopan a. Perintah untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan

Berbicara: Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

a. Nontes (kinerja)

Membaca: Membaca nyaring huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang

a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan lafal dan

tepat

intonasi yang tepat b. Tes Lisan b. Siswa mampu membaca teks pendek. c. Siswa mampu c. Tes Tulis

intonasi yang tepat b. Perintah untuk membaca nyaring teks pendek. c. Perintah untuk menjawab pertanyaan

Menulis: 4.2 Menebalkan huruf

menjawab pertanyaan a. Siswa mampu menyalin atau mencontoh huruf, suku kata, kata, kalimat sederhana dari Sasebi ke dalam bukunya.

a. Tes tulis

a. Tugas menulis huruf suku kata, kata, kalimat sederhana di udara, di meja, dan menebalkan titiktitik yang berbentuk huruf.

4.3 Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. 4.4 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas b. Siswa mampu menyalin kalimat dari dengaran yang diperdengarkan guru c. Siswa mampu menyusun huruf acak menjadi kata yang benar d. Siswa mampu melengkapi kalimat e. Nontes (portofolio) d. Nontes (kinerja) c. Nontes (kinerja) b. Nontes (kinerja)

b. Tugas untuk menyalin kalimat dari dengaran yang diperdengarkan guru c. Tugas untuk menyusun huruf acak menjadi kata yang benar d. Tugas untuk melengkapi kalimat rumpang dengan bantuan gambar e. Tugas untuk membuat kalimat

rumpang dengan bantuan gambar e. Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar

sesuai gambar

Adapun alat penilaian dan kriteria penilaiannya sebagai berikut 1. Aspek Mendengarkan, dengan indikator a. Menjawab pertanyaan sesuai tuturan guru Alat Penilaian Kriteria : Dengarkan cerita gurumu • Dapat menjawab pertanyaan lalu jawablah! dengan tepat. • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agam banyak • Dapat menjawab pertanyaan dengan banyak kesalahan • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • • b. Menyebutkan tokoh yang disukai dan tidak disukai Alat Penilaian Kriteria : Dengarkan cerita gurumu • Dapat menyebutakan tokoh lalu sebutkan tokoh yang dengan tepat. kamu sukai dan tidak • Dapat menyebutakan tokoh kamu sukai dengan sedikit kesalahan • Dapat menyebutakan tokoh dengan dengan kesalahan agak banyak • Dapat Dapat menyebutakan tokoh dengan dengan banyak kesalahan • Tidak dapat menyebutakn tokoh dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Menjawab pertanyaan sesuai cerita Alat Penilaian Kriteria : Dengarkan cerita gurumu • Dapat menjawab pertanyaan lalu jawablah pertanyaan dengan tepat. gurumu! • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak • Dapat menjawab pertanyaan dengan dengan banyak kesalahan • Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

2. Aspek Berbicara dengan indikator a. Siswa mampu mengucapkan salam kepada teman Alat Penilaian :Apa yang kamu ucapkan? Sasebi hlm. 96 angka 1 Kriteria • Dapat mengucapkan salam dengan tepat dan benar. • Dapat mengucapkan salam dengan sedikit kesalahan • Dapat mengucapkan salam dengan kesalahan agak banyak • Dapat mengucapkan salam dengan dengan banyak kesalahan • Tidak dapat mengucapkan salam dengan tepat Skor • Baik sekali (9-10) • • • • 3. Aspek membaca dengan indikator: a. Siswa mampu membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring! Sasebi halaman 98 angka 4

Kriteria • Dapat membaca dengan tepat. • Dapat membaca dengan sedikit kesalahan. • Dapat membaca dengan kesalahan agak banyak. • Dapat membaca dengan banyak kesalahan. • Tidak dapat membaca dengan tepat.

Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu menjawab pertanyaan setelah membaca teks pendek Alat Penilaian Bacalah dengan suara nyaring lalu jawablah pertanyaan! Sasebi halaman 98 angka 4 Kriteria • Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. • Dapat menjawab pertanyaan dengan sedikit kesalahan. • Dapat menjawab pertanyaan dengan kesalahan agak banyak. • Dapat menjawab pertanyaan banyak kesalahan. • Tiak dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

4. Aspek menulis dengan indikator: a. Siswa mampu menebalkan titik-titik huruf dalam bukunya Alat Penilaian Kriteria Skor

Tebalkan huruf "v" dan"z"

• Dapat menebalkan huruf dengan benar. • Dapat menebalkan huruf dengan sedikit kesalahan. • Dapat menebalkan huruf dengan banyak kesalahan. • Dapat menebalkan huruf dengan sebagian besar salah. Tidak dapat menebalkan huruf dengan benar. .

• • • • •

Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

b. Siswa mampu menyusun huruf acak menjadi kata yang benar. Alat Penilaian Susunlah huruf menjadi kata yang tepat sesuai gambar! (Sasebi hlm. 97 angka 2) Kriteria • Dapat menyusun kata dengan kata yang tepat • Dapat menyusun kata dengan .sedikit kesalahan. • Dapat menyusun kata dengan banyak kesalahan • Dapat menyusun kata dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat menyusun kata kalimat dengan benar . Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

c. Siswa mampu melengkapi kalimat rumpang sesuai gambar: Alat Penilaian Lengkapi kalimat sesuai gambar! Sasebi halaman 97 angka 2 Kriteria • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan tepat. • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan sedikit kesalahan. • Dapat melengkapi kalimat rumpang dengan banyak kesalahan . • Dapat melengkapi kalimat Skor • Baik sekali (9-10) • Baik (7-8)

Sedang (5,56)

rumpang dengan sebagian besar salah. • • Tidak dapat melengkapi kalimat rumpang dengan benar. • e. Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar Alat Penilaian Buatlah kalimat sesuai gambar! Sasebi halaman 98dengan angka 7 Kriteria • Dapat membuat kalimat sesuai gambar! tepat • Dapat membuat kalimat dengan sedikit kesalahan. • Dapat membuat kalimat dengan banyak kesalahan . • Dapat membuat kalimat dengan sebagian besar salah. • Tidak dapat membuat kalimat dengan benar

Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

Skor • Baik sekali (9-10) • • • • Baik (7-8) Sedang (5,56) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Portofolio Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Alokasi Waktu: Nama Siswa : No. SK / KD Periode Kualitas Kelas Kriteria Kesesuaian tulisan dengan materi yang akan dijiplak 1 Membuat kalimat sesuai gambar Membuat kalimat sesuai gambar Kete Kerapian tulisan rangan

hasil tulisan (huruf, kata, kalimat

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->