SILABUS PELAJARAN 1 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Tempat Umum.

Mendengarkan : Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan. : : Bahasa Indonesia : III / 1

Membaca: Membaca nyaring teks ( 20-25 kalimat) Dengan lafal dan intonasi yang tepat

Tema: Tempat umum

Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

II.

Standar Kompetensi : 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran,perasaan , pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. 3. Memahami teks dengan membeca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng. 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi.

1

III.

Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan 2.3. Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. 3.1. Membaca nyaring teks ( 20-25 kalimat ) dengan lkafal dan intonasi yang tepat. 4.1. Menyusun paragraf berdasarkan bahan tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

IV.

Materi pokok / Pembelajaran : 1. Membaca nyaring bacaan yang berjudul “ Perpustakaan yang megah “ 2. Melakukan sesuatu sesuatu sesuai penjelasan yang didengar. 3. Memberikan tanggapan dan saran terhadap suatu masalah. 4. Terampil menggunakan kata, kalimat dan ejaan yang disempurnakan.

V.

Kegiatan Pembelajaran. * Guru memberikan penjelasan , bagaimana membaca nyaring itu ? * Siswa diminta untuk membaca kalimat dengan nyaring berulang-ulang sampai benar. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 2 dan membaca bacaan yang berjudul “ Perpustakaan yang megah “ dengan nyaring. * Siswa diminta mengerjakan buku Sasebi halaman 12 yaitu tugas portofolio. * Siswa diminta memberikan pendapat terhadap cara teman membaca. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 3, untuk menjawab pertanyaan no 1- 10. * Siswa diminta untuk membuat ringkasan dari bacaan “ Perpustakaan yang megah “ dengan cara melengkapi kalimat yeng masih kurang ( buka buku Sasebi halaman 4 ) * Siswa diminta mendengarkan penjelasan dari guru tentang gambar-gambar pada buku Sasebi halaman 5. * Siswa diminta menjelaskan kembali secara lisan tentang apa yang ia dengar dari penjelasan guru. * Siswa diminta mengerjakan buku Sasebi halaman 12 soal no 2.

2

* Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 6 dan membaca bacaan yang berjudul “ Terminalku rusak parah “ dan temukan masalah yang ada dalam bacaan itu. * Siswa diminta memberikan pendapat dan saran terhadap masalah yang ada dalam bacaan tersebut. * Siswa diminta mengerjakan buku Sasebi halaman 12 soal no 3. * Siswa diminta buku Sasebi halaman 7-8 untuk menghubungkan gambar dengan kata yang tepat dan menghubungkan kosakata dengan makna yang tepat. * Siswa diminta mengurutkan paragraph pada bacaan “ Masjid Bermahkota di Banten Lama “ agar menjadi bacaan yang mudah dipahami. * Siswa diminta membaca bacaan yang sudah urut. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 10 untuk menjawab pertanyaan no 1-5. VI. Indikator : • • • • • • • VII. Penilaian : • • • Tes lisan dalam bentuk perintah untuk membaca bacaan dengan nyaring. Tes tulis dalam bentuk perintah untuk membuat ringkasan dari bacaan yang dibacanya. Tes lisan dalam bentuk perintah untuk menjelaskan kembali apa yang ia dengar dari penjelasan guru. Siswa mampu membaca nyaring. Siswa mampu membuat ringkasan dari bacaan yang di bacanya. Siswa mampu menjelaskan kembali secara lisan apa yang didengar. Siswa mampu menemukan masalah dari bacaan yang di bacanya. Siswa mampu memberikan pendapat dan saran dengan bahasa yang santun. Siswa mampu membuat kalimat dengan kosa kata mengenahi tempat umum. Siswa mampu mengurutkan paragraf pada bacaan yang belum urut paragrafnya.

3

• • • • VIII. IX.

Tes tulis dalam bentuk perintah untuk menemukan masalah dari bacaan yang di bacanya. Tes lisan dalam bentuk perintah untuk memberikan pendapat dan saran dengan bahasa yang santun. Tes tulis dalam bentuk perintah untuk membuat kalimat dengan kosakata yang berhubungan dengan tempat umum. Tes tulis dalam bentuk perintah untuk mengurutkan paragraf dalam bacaan yang masih acak paragrafnya.

Alokasi waktu : Sumber Belajar : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 1 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema II. Standar Kompetensi • • • • dilisankan. Mengungkapkan pikiran,perasaan , pengalaman, dan petunjuk dengan Memahami teks dengan membeca nyaring, membaca intensif, dan Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. membaca dongeng. paragraph dan puisi. III. Kompetensi Dasar: Membaca Indikator • • : Membaca nyaring teks ( 20-25 kalimat ) dengan lkafal dan intonasi yang tepat. : Siswa mampu membaca nyaring. Siswa mampu menemukan masalah dari bacaan yang di bacanya. secara lisan. Indikator : Setelah mendengarkan materi dengaran siswa mampu : * menjelaskan kembali secara lisan apa yang didengar Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat Indikator : : : Bahasa Indonesia : III / 1 : : Tempat Umum. :

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

Mendengarkan: Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan

5

• santun. Menulis Indikator • • •

Siswa mampu memberikan pendapat dan saran dengan bahasa yang : Menyusun paragraf : Siswa mampu membuat ringkasan dari bacaan yang di bacanya. Siswa mampu membuat kalimat dengan kosa kata mengenahi berdasarkan bahan tersedia dengan

memperhatikan penggunaan ejaan.

tempat umum. Siswa mampu mengurutkan paragraf pada bacaan yang belum urut paragrafnya. Mendengarkan : Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

Membaca: Membaca nyaring teks ( 20-25 kalimat) Dengan lafal dan intonasi yang tepat

Tema: Tempat umum

Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan. IV. Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca : :

* Guru memberikan penjelasan , bagaimana membaca nyaring itu ? * Siswa diminta untuk membaca kalimat dengan nyaring berulang-ulang sampai benar. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 2 dan membaca bacaan yang berjudul “ Perpustakaan yang megah “ dengan nyaring.

6

* Siswa diminta mengerjakan buku Sasebi halaman 12 yaitu tugas portofolio * Siswa diminta memberikan pendapat terhadap cara teman membaca. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 3, untuk menjawab pertanyaan no 1- 10. 2. Mendengarkan dan berbicara Bagian 1 : :

* Siswa diminta mendengarkan penjelasan dari guru tentang gambargambar pada buku Sasebi halaman 5. * Siswa diminta menjelaskan kembali secara lisan tentang apa yang ia dengar dari penjelasan guru. * Siswa diminta mengerjakan buku Sasebi halaman 12 soal no 2. Bagian 2 : * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 6 dan membaca bacaan yang berjudul “ Terminalku rusak parah “ dan temukan masalah yang ada dalam bacaan itu. * Siswa diminta memberikan pendapat dan saran terhadap masalah yang ada dalam bacaan tersebut. * Siswa diminta mengerjakan buku Sasebi halaman 12 soal no 3. 3. Menulis : * Siswa diminta buku Sasebi halaman 7-8 untuk menghubungkan gambar dengan kata yang tepat dan menghubungkan kosakata dengan makna yang tepat. * Siswa diminta mengurutkan paragraph pada bacaan “ Masjid Bermahkota di Banten Lama “ agar menjadi bacaan yang mudah dipahami. * Siswa diminta membaca bacaan yang sudah urut. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 10 untuk menjawab pertanyaan no 1-5. V. Alat ,Bahan dan Sumber : 1. Alat dan Bahan : gambar, alat tulis. 2. Sumber : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia, Penerbit Erlangga halaman 1 – 11. VI. Penilaian :

7

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca: Membaca nyaring teks ( 20-25 kalimat) Dengan lafal dan intonasi yang tepat Tes Tulis • iswa masalah bacanya. Mendengarkan : Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan lisan. Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat • Siswa • Tes Lisan yang disampaikan secara • menjelaskan secara Tes Lisan • Dalam bentuk perintah untuk menjelaskan kembali apa yang ia dengar dari penjelasan guru • Dalam bentuk perintah untuk memberikan dan dengan yang pendapat saran bahasa santun dan dalam yang menemukan dari bacaan yang di S mampu Indikator • iswa nyaring. membaca S mampu Teknik penilaian Tes Lisan Alat penilaian o Dalam bentuk perintah membaca bacaan dengan nyaring • Dalam bentuk perintah membuat ringkasan dari bacaan yang di bacanya

kembali didengar

lisan apa yang

mampu memberikan pendapat saran bahasa santun.

8

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan •

• iswa membuat ringkasan bacanya.

S mampu dari

Tes Tulis

• Dalam bentuk perintah membuat ringkasan dari bacaan yang di bacanya

bacaan yang di Non Tulis S iswa membuat kalimat dengan kosa mengenahi tempat umum. Non Tes • iswa paragraf bacaan belum paragrafnya. mengurutkan pada yang urut S mampu ( Portofolio ) • kata mampu

• am

dal bentuk

perintah untuk membuat kalimat dengan kosakata yang berhubungan dengan tempat umum. dal am bentuk perintah untuk mengurutkan paragraf dalam bacaan yang masih acak paragrafnya

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. • Aspek Membaca dengan indikator : Siswa mampu membaca nyaring Kriteria Skor Dapat membaca nyaring dengan tepat Baik sekali (9-10) Dapat membaca nyaring dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat membaca nyaring dengan Sedang (5,5-6)

Alat Penilaian Membaca nyaring Sasebi halaman 2

kesalahan agak banyak

9

Dapat

membaca

nyaring

dengan Kurang (4-5)

banyak kesalahan Tidak dapat membaca nyaring dengan Kurang sekali (0-3) tepat

Siswa mampu menemukan masalah dari bacaan yang dibacannya.

Alat Penilaian Kriteria Skor Masalah dari Dapat menemukan masalah dengan Baik sekali (9-10) bacaan dibacannya yang tepat Dapat menemukan masalah dengan Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menemukan masalah dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat menemukan masalah dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat menemukan masalah Kurang sekali (0-3) dengan tepat 2. Aspek Mendengarkan dengan Indikator : • Menjelaskan kembali secara lisan apa yang didengar

Sasebi halaman 2

Alat Penilaian Kriteria Skor Dengaran yang Dapat menjelaskan kembali secara Baik sekali (9-10) didengar Sasebi halaman 5 lisan dengan tepat Dapat menjelaskan kembali secara Baik (7-8) lisan dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan kembali secara Sedang (5,5-6) lisan dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan kembali Kurang (4-5) secaralisan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan kembali Kurang sekali (0-3) secara lisan dengan tepat 3. Aspek berbicara dengan Indikator :

10

Siswa mampu memberikan pendapat dan saran dengan bahasa yang

santun. Alat Penilaian Pendapat dan saran Sasebi halaman 6 Kriteria Skor Dapat memberikan pendapat dan saran Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat memberikan pendapat dan saran Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat memberikan pendapat dan saran Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat memberikan pendapat dan saran Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat memberikan pendapat dan Kurang sekali (0-3) saran dengan tepat 4. Aspek Menulis dengan Indikator : • Alat Penilaian Membuat ringkasan Sasebi halaman 4 Siswa mampu membuat ringkasan dari bacaan yang di bacanya. Kriteria Skor Dapat membuat ringkasan bacaan Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat membuat ringkasan bacaan Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat membuat ringkasan bacaan Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat membuat ringkasan bacaan Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat bacaan dengan tepat • Membuat Siswa mampu membuat kalimat dengan kosa kata mengenahi kalimat Dapat membuat kalimat dengan kosa Baik sekali (9-10) ringkasan Kurang sekali (0-3)

tempat umum. dengan kosa kata kata tempat umum dengan tepat Dapat membuat kalimat dengan kosa Baik (7-8) tempat umum kata tempat umum dengan sedikit Sasebi halaman 8 kesalahan Dapat membuat kalimat dengan kosa Sedang (5,5-6) kata tempat umum dengan kesalahan

11

agak banyak Dapat membuat kalimat dengan kosa Kurang (4-5) kata dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kalimat dengan Kurang sekali (0-3) kosa kata tempat umum dengan tepat • Alat Penilaian Mengurutkan Paragraf Sasebi halaman 9 Siswa mampu mengurutkan paragraf pada bacaan yang belum Kriteria Skor Dapat mengurutkan paragraf dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat mengurutkan paragraf dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat mengurutkan paragraf dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat mengurutkan paragraf dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat mengurutkan paragraf Kurang sekali (0-3) dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menyusun Paragraf Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Semua paragraf pada bacaan ada dan disusn dengan lengkap dan benar Semua paragraf pada bacaa ada. Disusun dengan benar dan kurang lengkap Semua paragraf pada bacaan ada. Disusun kurang benar dan kurang lengkap Bagian paragraf pada bacaan kurang lengkap. Disusun kurang benar Bagian paragraf pada bacaan tidak lengkap. Paragraf tidak benar dan tidak dapat dipahami Keterangan : 1. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator secara tuntas.

urut paragrafnya.

12

2. 3.

Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang dengan soal / perintah yang sama. Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama.

4.

Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator.

5.

Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 2 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester : : Bahasa Indonesia : III / 1

13

I.

Tema : Lingkungan.

Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.

Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat II. Standar Kompetensi :

Tema: Lingkungan

Membaca: Menjelaskan isi teks (100-150 kata ) melalui membaca intensif

1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan. 2.Mengungkapkan pikiran,perasaan , pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. 3.Memahami teks dengan membeca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng. III. Kompetensi Dasar :

1.2. Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. 2.3. Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat. 3.2. Menjelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca intensif.

IV.

Materi Pokok / Pembelajaran. 1. Menjelaskan isi bacaan melalui membaca intensif 2. Memberikan tanggapan dan saran. 3. Mendengarkan cerita anak dan mengomentari tokoh-tokohnya. 4. Pemakaian tanda Koma ( , )

14

V.

Kegiatan Pembelajaran : * Guru memberi penjelasan tentang membaca intensif. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 13 dan membaca bacaan dengan judul “ Gara-gara limbah “ * Siswa diminta untuk menentukan pokok-pokok isi bacaan” Gara-gara limbah “ * Siswa diminta untuk meringkas bacaan dengan cara merangkaikan saja pokok-pokok isi bacaan yang telah ditentukan. * Siswa diminta untuk mejelaskan kembali isi bacan. * Siswa diminta mengejakan Sasebi Halaman 21 No 1. * Siswa diminta membuka buku Sasebi Halaman15, amatilah gambar-gambar tersebut dan tulislah masalah yang ada dalam seiap gambar. * Siswa diminta memberikan pendapat dan saran untuk masalah yang telah ditemukan dalam gambar halaman 15. * Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 21 no 2. * Guru membacakan cerita yang berjudul “ Abu Nawas Mengguncang Dunia “ * Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru dengan seksama. * Siswa diminta menjawab pertanyaan Sasebi halaman 18 no 1-5. * Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh cerita “ Abu Nawas Mengguncang Dunia “ dan sifatnya. * Siswa diminta untuk menanggapi tokoh-tokoh cerita Abu Nawas Mengguncang Dunia “ dengan cara menjawab pertanyaan pada buku Sasebi halaman 19 no 1-5. * Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 22 yaitu tugas portofolio.

VI.

Indikator • • •

: Siswa mampu menjelaskan isi bacaan melalui membaca intensif. Siswa mampu menentukan pokok-pokok isi bacaan yang dibacannya. Siswa mampu meringkas bacaan yang dibacannya.

15

• • • VII. Penilaian. • • • • • •

Siswa mampu meberikan pendapat dan saran dari masalah yang ditemukan. Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh cerita dan sifatnya dari cerita yang ia dengar. Siswa mampu menanggapi tokoh-tokoh cerita yang ia dengar. Tes lisan dalam bentuk perintah untuk menjelaskan kembali isi bacaan yang ia baca. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menentukan pokok-pokok isi bacaan yang ia baca. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk meringkan bacaan yang telah ia baca. Tes tertulis / lisan dalam bentuk perintah untuk memberikan pendapat dan saran dari masalah yang ia temukan. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menyebutkan tokoh-tokoh cerita dan sifatnya cerita yang ia dengar. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menanggapi tokoh-tokoh cerita yang ia dengar.

VIII. IX.

Alokasi Waktu Sumber Belajar • •

: :

Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 2 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester : : Bahasa Indonesia : III / 1

16

Alokasi Waktu I. Tema II. Standar Kompetensi

: : Lingkungan . :

• Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan • • III. Mengungkapkan pikiran,perasaan , pengalaman, dan petunjuk dengan Memahami teks dengan membeca nyaring, membaca intensif, dan :

bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. membaca dongeng. Kompetensi Dasar Membaca Indikator • • • : Menjelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca Intensif. : Siswa mampu menjelaskan isi bacaan melalui membaca intensif. Siswa mampu menentukan pokok-pokok isi bacaan yang dibacannya. Siswa mampu meringkas bacaan yang dibacannya. Berbicara masalah tepat Indikator • ditemukan. Mendengarkan Indikator • • : Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh cerita dan sifatnya dari Siswa mampu menanggapi tokoh-tokoh cerita yang ia dengar. : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. : Siswa mampu meberikan pendapat dan saran dari masalah yang : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang

cerita yang ia dengar.

Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.

17

Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

Tema: Lingkungan

Membaca: Menjelaskan isi teks (100-150 kata ) melalui membaca intensif

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca. • • • • • •

:

Guru memberi penjelasan tentang membaca intensif. Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 13 dan membaca bacaan dengan judul “ Gara-gara limbah “ Siswa diminta untuk menentukan pokok-pokok isi bacaan” Gara-gara limbah “ Siswa diminta untuk meringkas bacaan dengan cara merangkaikan saja pokok-pokok isi bacaan yang telah ditentukan. Siswa diminta untuk mejelaskan kembali isi bacan. Siswa diminta mengejakan Sasebi Halaman 21 No 1. : Siswa diminta membuka buku Sasebi Halaman15, amatilah gambar-

2. Berbicara • • • • seksama. •

gambar tersebut dan tulislah masalah yang ada dalam seiap gambar. Siswa diminta memberikan pendapat dan saran untuk masalah yang telah ditemukan dalam gambar halaman 15. Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 21 no 2. 3. Mendengarkan : Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru dengan Siswa diminta menjawab pertanyaan Sasebi halaman 18 no 1-5.

18

• • 19 no 1-5. • V.

Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh cerita “ Abu Nawas Mengguncang Dunia “ dan sifatnya. Siswa diminta untuk menanggapi tokoh-tokoh cerita Abu Nawas Mengguncang Dunia “ dengan cara menjawab pertanyaan pada buku Sasebi halaman Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 22 yaitu tugas portofolio. Alat , Bahan dan sumber Alat dan Bahan Suimber VI Penilaian : :

: Gambar, papan tulis, alat tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia ,halaman 13 s/d 22, Penerbit Erlangga.

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca: Menjelaskan isi teks (100-150 melalui intensif kata ) membaca Indikator • iswa bacaan intensif. Tes Tulis • iswa menentukan pokok-pokok isi bacaan dibacannya. yang Tes Tulis S mampu Teknik penilaian Tes Tulis Alat penilaian • dalam bentuk perintah untuk menjelaskan kembali baca. • dalam bentuk perintah untuk menentukan pokok-pokok isi bacaan yang ia baca. • dalam bentuk perintah untuk isi bacaan yang ia

S mampu melalui

menjelaskan isi membaca

19

• iswa bacaan dibacannya. Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah degan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata • iswa menyebutkan tokoh-tokoh cerita sifatnya dengar. • iswa menanggapi tokoh-tokoh yang tepat Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. • iswa pendapat saran masalah ditemukan. meberikan meringkas

S mampu yang

meringkan bacaan yang telah ia baca.

S mampu dan dari yang

Tes Lisan ( portofolio )

• dalam

bentuk

perintah untuk memberikan pendapat saran masalah ia temukan. dan dari yang

S mampu

• Tes Tulis

• dalam

bentuk

perintah untuk menyebutkan tokoh-tokoh cerita dan

dan dari • Tes Tulis S mampu •

sifatnya cerita yang ia dengar. dalam bentuk

cerita yang ia

perintah untuk menanggapi tokoh-tokoh cerita yang ia dengar.

cerita yang ia dengar.

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Membaca dengan Indikator : • Siswa mampu menjelaskan isi bacaan melalui membaca intensif.

20

Alat Penilaian Kriteria Isi bacaan Buku Sasebi Dapat menjelaskan halaman 13 dengan tepat Dapat menjelaskan

isi isi

Skor bacaan Baik sekali (9-10) bacaan Baik (7-8) bacaan Sedang (5,5-6)

dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan isi

dengan kesalahan agak banyak Dapat mejelaskan isi bacaan Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan bacaan dengan tepat • Siswa mampu menentukan pokok-pokok isi bacaan yang dibacannya. isi Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Kriteria Skor Pokok-pokok isi bacan Dapat menentukan pokok-pokok Baik sekali (9-10) Sasebi halaman 13 isi bacaan dengan tepat Dapat menentukan pokok-pokok Baik (7-8) isi bacaan dengan sedikit kesalahan Dapat menentukan pokok-pokok Sedang (5,5-6) isi bacaan dengan kesalahan agak banyak Dapat menentukan pokok-pokok Kurang (4-5) isi bacaan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menentukan pokok- Kurang sekali (0-3) pokok isi bacaan dengan tepa • Siswa mampu meringkas bacaan yang dibacannya. Kriteria Skor Dapat meringkas bacaan dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat meringkas bacaan dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat meringkas bacaan dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat meringlkas bacaan dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan

Alat Penilaian Meringkas Bacaan Sasebi halaman 13

21

Tidak dapat meringkas bacaan Kurang sekali (0-3) dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator • ditemukan. Alat Penilaian Pendapat dan saran Sasebi halaman 15 Kriteria Skor Dapat memberikan pendapat dan saran Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat memberikan pendapat dan saran Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat memberikan pendapat dan saran Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat memberikan pendapat dan saran Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat memberikan pendapat dan Kurang sekali (0-3) saran dengan tepat :

Siswa mampu meberikan pendapat dan saran dari masalah yang

3.

Aspek Mendengarkan dengan Indikator • cerita yang ia dengar.

:

Siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh cerita dan sifatnya dari Skor tokoh-tokoh Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Kriteria Dengaran yang Dapat menyebutkan didengar Sasebi halaman 17

cerita dan sifatnya dengan tepat Dapat menyebutkan tokoh-tokoh Baik (7-8) cerita dan sifatnya dengan sedikit kesalahan Dapat menyebutkan agak banyak Dapat menyebutkan tokoh-tokoh Sedang (5,5-6)

cerita dan sifatnya dengan kesalahan tokoh-tokoh Kurang (4-5)

cerita dan sifatnya dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyebutkan tokoh-tokoh Kurang sekali (0-3)

22

cerita dan sifatnya dengan tepat • Siswa mampu menanggapi tokoh-tokoh cerita yang ia dengar. tokoh Skor cerita Baik sekali (9-10) dan Baik (7-8) cerita Sedang (5,5-6) cerita Kurang (4-5)

Alat Penilaian Kriteria Dengaran yang Dapat menanggapi didengar Sasebi halaman 17

dengan tepat Dapat menanggapi tokoh cerita dengan sedikit kesalahan Dapat menanggapi tokoh dengan kesalahan agak banyak Dapat menanggapi tokoh

dengan banyak kesalahan Tidak dapat menanggapi tokoh cerita Kurang sekali (0-3) dengan tepat

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatau maslah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Tanggapan dan saran disusun secara lengkap dan benar Semua tanggapan dan saran. Disusun dengan benar dan kurang lengkap Semua tanggapan dan saran. Disusun kurang benar dan kurang lengkap Tanggapan dan saran kurang lengkap. Disusun kurang benar Tanggapan dan saran tidak lengkap. Paragraf tidak benar dan tidak dapat dipahami Keterangan :

23

1. 2. 3.

Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil

secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 3 Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Peristiwa.. Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat : : Bahasa Indonesia : III / 1

Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca

Tema: Preristiwa.

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

24

II.

Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran,perasaan , pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. 3. Memahami teks dengan membeca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng. 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar 2.3.

:

Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

3.3. Menceritakan isi dongeng yang dibaca 4.1. Menyusun paragraf berdasarkan bahan tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. IV. Materi Pokok / Pembelajaran. 1. Menceritakan isi dongeng yang dibaca. 2. Memberikan Tanggapan dan Saran. 3. Menyusun Paragraf berdasarkan bahan yang tersedia. 4. Menggunakan tanda Hubung ( - ) V. Kegiatan Pembelajaran : * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 23 dan membaca dongeng dengan judul “ Jatuh Kepala di Bawah “. * Siswa diminta mecatat tokoh dan sifatnya dari bacaan di atas. * Siswa diminta menjelaskan jalan cerita dongeng yang berjudul “ Jatuh Kepala di Bawah “. * Siswa diminta membuat ringkasan dari cerita “ Jatuh Kepala di Bawah ” * Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 32 soal no 1 a – d. * Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 26, membaca cerita pengalaman yang berisi masalah. * Siswa diminta menemukan masalah-masalah dalam Cerita pengalaman.

25

* Siswa diminta memberikan tanggapan dan saran dari masalah yang ditemukan sendiri dari cerita “ Banjir Melanda Kampungku “. * Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 34, soal no 2 a dan b. * Guru memperlihatkan gambar seri yang belum urut susunanya. * Siswa diminta mengurutkan gambar seri dan menyusun kalimat. * Siswa diminta menyusun karangan berdasarkan gambar seri yang telah disusun secara urut, sebanyak satu paragraph setiap gambar. * Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 34 yaitu tugas Portofolio. VI. Indikator. • • • • • • • VII. Penilaian • • • • • Siswa mampu mengenal tokoh cerita dari certa yang dibacanya. Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali dongeng yang di bacanya. Siswa mampu memberikan tanggapan dan saran dari masalahmasalah dalam cerita pengalaman. Siswa mampu menyusun paragraf berdasarkan gambar seri yang tersedia. Siswa mampu menggunakan tanda hubung ( - ) dalam kalimat. : Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat ringkasan cerita yang ia baca. Tes tertulis dalam bentuk perintah menjelaskan jalan cerita dari cerita yang ia baca. Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan kembali dongeng yang kamu baca. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menemukan masalah dalam cerita pengalaman dan menanggapinya. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk mengurutkan gambar seri dan menyusun kalimat.

26

VIII. IX.

Alokasi waktu : Sumber Belajar • • :

Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 3 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema II. Standar Kompetensi • • • III. : : Bahasa Indonesia : III / 1 : : Peristiwa : Mengungkapkan pikiran,perasaan , pengalaman, dan petunjuk Memahami teks dengan membeca nyaring, membaca intensif, dan Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk :

dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. membaca dongeng. paragraph dan puisi. Kompetensi Dasar

27

Membaca Indikator • • • Berbicara

: Menceritakan isi dongeng yang dibaca : Siswa mampu mengenal tokoh cerita dari certa yang dibacanya. Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

Indikator • • Menulis Indikator • •

: Siswa mampu menceritakan kembali dongeng yang di bacanya. Siswa mampu memberikan tanggapan dan saran dari masalahmasalah dalam cerita pengalaman. : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan : Siswa mampu menyusun paragraf berdasarkan gambar seri yang tersedia. Siswa mampu menggunakan tanda hubung ( - ) dalam kalimat. Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca

Tema: Preristiwa.

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

IV.

Kegiatan Pembelajaran

:

28

1. Membaca. • Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 23 dan membaca dongeng dengan judul “ Jatuh Kepala di Bawah “. • Siswa diminta mecatat tokoh dan sifatnya dari bacaan di atas. • Siswa diminta menjelaskan jalan cerita dongeng yang berjudul “ Jatuh Kepala di Bawah “. • Siswa diminta membuat ringkasan dari cerita “ Jatuh Kepala di Bawah ” • Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 32 soal no 1 a – d. 2. Berbicara. • Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 26, membaca cerita pengalaman yang berisi masalah. • Siswa diminta menemukan masalah-masalah dalam Cerita pengalaman. • Siswa diminta memberikan tanggapan dan saran dari masalah yang ditemukan sendiri dari cerita “ Banjir Melanda Kampungku “. • Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 34, soal no 2 a dan b. 3. Menulis. • Guru memperlihatkan gambar seri yang belum urut susunanya. • Siswa diminta mengurutkan gambar seri dan menyusun kalimat. • Siswa diminta menyusun karangan berdasarkan gambar seri yang telah disusun secara urut, sebanyak satu paragraph setiap gambar. • Siswa diminta mengerjakan Sasebi halaman 34 yaitu tugas Portofolio. V. Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber VI Penilaian : : : Gambar sei, Alat-alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga. Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Indikator Teknik Alat penilaian

29

Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca

• iswa

S mampu mengenal tokoh cerita dari certa yang dibacanya.

penilaian Tes Tulis

• dalam perintah membuat

bentuk

ringkasan cerita yang ia baca. Tes Tulis • dalam perintah menjelaskan jalan cerita dari cerita yang ia baca. Tes Tulis • alam perintah membuat ringkasan cerita Tes Lisan yang ia baca. • bentuk perintah menceritakan kembali dongeng yang kamu baca. Tes Tulis • dalam perintah bentuk untuk dalam d bentuk bentuk

• Siswa

mampu

menjelaskan jalan cerita dari cerita dibacanya. • Siswa membuat ringkasan cerita Berbicara : Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah denan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat dibacanya. • iswa kembali dongeng yang di bacanya. • Siswa mampu dan dari dalam memberikan tanggapan saran masalahmasalah cerita Menulis : pengalaman. • S • Tes Tulis menceritakan dari yang S mampu mampu yang

menemukan masalah cerita pengalaman dan menanggapinya

• dalam

bentuk

30

Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

iswa

diminta

perintah untuk mengurutkan gambar kalimat. • Tes Tulis • Dalam bentuk perintah menyusun karangan berdasarkan gambar seri seri dan menyusun

mengurutkan gambar seri dan menyusun kalimat. • iswa karangan berdasarkan gambar yang disusun urut, satu seri telah secara sebanyak paragraph menyusun S diminta ( portofolio )

setiap gambar. Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Membaca dengan Indikator : • Siswa mampu mengenal tokoh cerita dari cerita yang dibacanya. tokoh tokoh Skor cerita Baik sekali (9-10) cerita Baik (7-8) cerita Sedang (5,5-6)

Alat Penilaian Kriteria Isi bacaan Buku Sasebi Dapat mengenal halaman 23 dengan tepat Dapat mengenal

dengan sedikit kesalahan Dapat mengenal tokoh

dengan kesalahan agak banyak Dapat mengenal tokoh cerita Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat mengenal tokoh cerita Kurang sekali (0-3) dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang dibacanya. Kriteria Skor

Alat Penilaian

31

Isi bacaan Buku Sasebi Dapat menjelaskan jalan cerita Baik sekali (9-10) halaman 23 dengan tepat Dapat menjelaskan jalan cerita Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan jalan cerita Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan jalan cerita Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan jalan Kurang sekali (0-3) cerita dengan tepat • Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Alat Penilaian Kriteria Skor Isi bacaan Buku Sasebi Dapat membuat ringkasan dengan Baik sekali (9-10) halaman 23 tepat Dapat membuat ringkasan dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat membuat ringkasan dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat membuat ringkasan dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat membuat ringkasan Kurang sekali (0-3) dengan tepat 2. Aspek Berbiacara dengan Indikator : • Siswa mampu menceritakan kembali dongeng yang di bacanya. Skor kembali Baik sekali (9-10) kembali Baik (7-8)

Alat Penilaian Kriteria Isi bacaan Buku Sasebi Dapat menceritakan halaman 23 dengan tepat Dapat menceritakan

dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan kembali Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan kembali Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan kembali Kurang sekali (0-3) dengan tepat

32

Siswa mampu memberikan tanggapan dan saran dari masalah-masalah

dalam cerita pengalaman. Alat Penilaian Kriteria Skor Isi bacaan Buku Sasebi Dapat memberikan tanggapan dan Baik sekali (9-10) halaman 26 saran dengan tepat Dapat memberikan tanggapan dan Baik (7-8) saran dengan sedikit kesalahan Dapat memberikan tanggapan dan Sedang (5,5-6) saran dengan kesalahan agak banyak Dapat memberikan tanggapan dan Kurang (4-5) saran dengan banyak kesalahan Tidak dapat memberikan Kurang sekali (0-3) tanggapan dan saran dengan tepat 3. Aspek Menulis dengan Indikator • Alat Penilaian Gambar seri :

Siswa diminta mengurutkan gambar seri dan menyusun kalimat. Kriteria Skor Buku Dapat mengurutkan gambar dan Baik sekali (9-10) menyusun kalimat dengan tepat Dapat mengurutkan gambar dan Baik (7-8) menyusun kalimat dengan sedikit kesalahan Dapat mengurutkan gambar dan Sedang (5,5-6) menyusun kalimat dengan kesalahan agak banyak Dapat mengurutkan gambar dan Kurang (4-5) menyusun kalimat dengan banyak kesalahan Tidak dapat mengurutkan gambar Kurang sekali (0-3) dan menyusun kalimat dengan tepat

Sasebi halaman 29

• Alat Penilaian Gambar seri

Siswa diminta menyusun karangan berdasarkan gambar seri yang Kriteria Buku Dapat Skor karangan Baik sekali (9-10)

telah disusun secara urut, sebanyak satu paragraf setiap gambar. menyusun

33

Sasebi halaman 34

berdasarkan gambar dengan tepat Dapat menyusun karangan Baik (7-8) berdasarkan gambar dengan karangan Sedang (5,5-6) dengan karangan Kurang (4-5) dengan sedikit kesalahan Dapat menyusun berdasarkan gambar kesalahan agak banyak Dapat menyusun berdasarkan gambar

banyak kesalahan Tidak dapat menyusun karangan Kurang sekali (0-3) berdasarkan gambar dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Paragraf disusun secara lengkap dan benar Semua paragraf. disusun dengan benar dan kurang lengkap Semua paragraf. disusun kurang benar dan kurang lengkap paragraf.kurang lengkap. Disusun kurang benar Paragraf.tidak lengkap, tidak benar dan tidak dapat dipahami Keterangan : 1. 2. 3. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan

34

dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai SILABUS PELAJARAN 4. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Kebiasaan yang baik. Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. : : Bahasa Indonesia : III / 1 keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Tema: Peristiwa.

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

II.

Standar Kompetensi : 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

1.3. Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.

35

2.2.

Memjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

4.1. Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. IV. Materi Pokok Pembelajaran. 1. Mendengarkan cerita lalu mengomentari tokoh-tokohnya. 2. Menjelaskan urutan membuat sesuatu. 3. Menyusun paragraf berupa lanjutan cerita. 4. Menggunakan tanda Koma ( , ) V. Kegiatan Pembelajaran :

* Guru membacakan cerita yang berjudul “ Karena Biasa Bersedekah “. * Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. * Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibacakan guru * Siswa diminta mencatat nama tokoh dan sifatnya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 42 soal no 1 a-c. * Siswa diminta membaca buku Sasebi halaman 37. * Siswa diminta menjelaskan urutan cara membuat air mancur mainan. * Siswa diminta menjelaskan cara melakukan permainan anak-anak. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 43 soal no 2. * Siswa diminta menyusun paragraf berupa lanjutan cerita kemudian membaca di depan kelas. * Siswa diminta menjelaskan keseluruhan isi cerita dengan jalan menjawab pertanyaan pada Sasebi halaman 40 soal no 1-5. * Siswa diminta membuat kesimpulan dari isi cerita. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 44 yaitu tugas portofolio. VI. Indikator • • : Siswa mampu menjawab pertanyaan cerita yang dibacakan oleh guru. Siswa mampu menulis nama-nama tokoh dan sifatnya.

36

• • • • • VII. Penilaian • • • • •

Siswa mampu menjelaskan urutan cara membuat air mancur mainan Siswa mampu menjelaskan cara melakukan permainan anak-anak. Siswa mampu menyusun paragraf berupa lanjutan cerita. Siswa mampu menjelaskan keseluruhan isi cerita. Siswa mampu menyimpulkan isi cerita. : Tes tertulis dalam bentuk perintah menuliskan nama-nama tokoh dan sifatnya Tes lisan dalam bentuk perintah untuk menjelaskan urutan cara membuat air mancur mainan. Tes lisan dalam bentuk perintah untuk menjelaskan cara melakukan permainan anak-anak. Tes tertulis dalam bentuk perintah menyusun paragraf berupa lanjutan cerita. Tes tertulis dalam bentuk perintah untuk menjelaskan keseluruhan isi cerita dan membuat kesimpulan.

VIII. IX.

Alokasi waktu : Sumber Belajar • • :

Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

37

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 4 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema II. Standar Kompetensi • • • III. dilisankan. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk dan puisi. : : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disamPaikan secara lisan. Indikator • • Berbicara Indikator : : Siswa mampu menjawab pertanyaan cerita yang dibacakan oleh guru. Siswa mampu menulis nama-nama tokoh dan sifatnya. : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. bercerita dan memberikan tanggapan/ saran. paragraf : : Bahasa Indonesia : III / 1 : : Kebiasaan yang Baik. :

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

Kompetensi Dasar Mendengarkan

38

• • Menulis Indikator • • •

Siswa mampu menjelaskan urutan cara membuat air mancur mainan Siswa mampu menjelaskan cara melakukan permainan anak-anak. : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan. : Siswa mampu menyusun paragraf berupa lanjutan cerita. Siswa mampu menjelaskan keseluruhan isi cerita. Siswa mampu menyimpulkan isi cerita. Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.

Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. IV. Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan • • • Bersedekah “. : :

Tema: Peristiwa.

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

Guru membacakan cerita yang berjudul “ Karena Biasa Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang Siswa diminta mencatat nama tokoh dan

dibacakan guru sifatnya. • 2. Berbicara •

Siswa mengerjakan Sasebi halaman 42 soal no 1 a-c. : Siswa diminta membaca buku Sasebi halaman 37.

39

• • anak. • 3. Menulis • • • • V.

Siswa diminta menjelaskan urutan cara membuat air mancur Siswa diminta menjelaskan cara melakukan permainan anakSiswa mengerjakan Sasebi halaman 43 soal no 2. : Siswa diminta menyusun paragraf berupa lanjutan cerita di depan kelas. Siswa diminta menjelaskan keseluruhan isi cerita dengan jalan pertanyaan pada Sasebi halaman 40 soal no 1-5. Siswa diminta membuat kesimpulan dari isi cerita. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 44 yaitu tugas portofolio. :

mainan.

kemudian membaca menjawab

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

: Gambar, alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia penerbit Erlangga.

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh anak lisan. • Siswa cerita yang Indikator • Siswa Teknik penilaian mampu • Tes Tulis Alat penilaian • dalam bentuk perintah menjawb pertanyaan berdasarkan dengaran didengar mampu Tes Tulis • dalam bentuk yag

menjawab pertanyaan cerita yang dibacakan oleh guru.

disampaikan secara

40

menulis sifatnya.

nama-

perintah menuliskan nama-nama tokoh dan sifatnya • dalam bentuk perintah untuk cara menjelaskan urutan membuat air mancur mainan. • dalam bentuk

nama tokoh dan

Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

• Siswa urutan membuat

mampu Tes Lisan cara air

menjelaskan

mancur mainan • Siswa mampu Tes Lisan

menjelaskan cara melakukan permainan anakanak. Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan. • Siswa mampu Tes Tulis isi • Siswa paragraf mampu Tes Tulis ( portopolio ) berupa

perintah untuk menjelaskan cara melakukan permainan anak-anak. • dalam bentuk perintah menyusun paragraf • dalam perintah berupa bentuk untuk isi d alam perintah membuat kesimpulan. bentuk untuk lanjutan cerita.

menyusun lanjutan cerita.

menjelaskan keseluruhan cerita. • Siswa isi cerita. mampu Tes Tulis •

menjelaskan keseluruhan cerita

menyimpulkan

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut:

41

1.

Aspek Mendengarkan dengan Indikator : • Siswa mampu menjawab pertanyaan cerita yang dibacakan oleh guru. Kriteria Buku Dapat menjawab dengan tepat Dapat menjawab dengan tepat Dapat menjawab dengan tepat Dapat menjawab 5 4 3 2 Skor pertanyan Baik sekali (9-10) pertanyan Baik (7-8) pertanyan Sedang (5,5-6) pertanyan Kurang (4-5)

Alat Penilaian Pertanyaan

Sasebi halaman 36

dengan tepat Tidak dapat menjawab 5 pertanyan Kurang sekali (0-3) dengan tepat • Alat Penilaian Materi cerita Siswa mampu menulis nama-nama tokoh dan sifatnya. Kriteria Skor Buku Dapat menulis tokoh dan sifatnya Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menulis tokoh dan sifatnya Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menulis tokoh dan sifatnya Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat menulis tokoh dan sifatnya Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menulis tokoh dan Kurang sekali (0-3) sifatnya dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator • mainan Alat Penilaian Materi Buku Halaman 37 Kriteria Skor Sasebi Dapat menjelaskan urutan cara Baik sekali (9-10) membuat air mancur mainan dengan tepat Dapat menjelaskan urutan cara Baik (7-8) membuat air mancur mainan dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan urutan cara Sedang (5,5-6) :

Sasebi Halaman 35

Siswa mampu menjelaskan urutan cara membuat air mancur

42

membuat

air

mancur

mainan

dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan urutan cara Kurang (4-5) membuat air mancur mainan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan urutan Kurang sekali (0-3) cara membuat air mancur mainan dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan cara melakukan permainan anak-anak. Skor cara Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Kriteria Materi permainan yang Dapat dikenal anak

menjelaskan

melakukan permainan anak-anak dengan tepat Dapat menjelaskan dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan cara Baik (7-8)

melakukan permainan anak-anak cara Sedang (5,5-6)

melakukan permainan anak-anak dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan cara Kurang (4-5) melakukan permainan anak-anak dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan cara Kurang sekali (0-3) melakukan permainan anak-anak dengan tepat 3. Aspek Menulis dengan Indikator • Alat Penilaian Judul Pengalaman Udin Sasebi Halaman 39 :

Siswa mampu menyusun paragraf berupa lanjutan cerita. Kriteria Skor cerita Dapat menyusun paragraf berupa Baik sekali (9-10) lanjutan cerita dengan tepat Dapat menyusun paragraf berupa Baik (7-8) lanjutan cerita dengan sedikit kesalahan Dapat menyusun paragraf berupa Sedang (5,5-6)

43

lanjutan cerita dengan kesalahan agak banyak Dapat menyusun paragraf berupa Kurang (4-5) lanjutan cerita dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyusun paragraf Kurang sekali (0-3) berupa lanjutan cerita dengan tepat • Alat Penilaian Judul Pengalaman Udin Sasebi Halaman 39 Siswa mampu menjelaskan keseluruhan isi cerita. Kriteria Skor cerita Dapat menjelaskan keseluruhan isi Baik sekali (9-10) cerita.dengan tepat Dapat menjelaskan keseluruhan isi Baik (7-8) cerita.dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan keseluruhan isi Sedang (5,5-6) cerita.dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan keseluruhan isi Kurang (4-5) cerita.dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan Kurang sekali (0-3) keseluruhan isi cerita.dengan tepat • Siswa mampu menyimpulkan isi cerita. Kriteria cerita Dapat menyimpulkan isi cerita. dengan tepat Dapat menyimpulkan isi cerita. .dengan sedikit kesalahan Dapat menyimpulkan cerita.dengan banyak Dapat kesalahan Skor Baik sekali (9-10) Baik (7-8) isi Sedang (5,5-6) agak isi Kurang (4-5)

Alat Penilaian Judul Pengalaman Udin

Sasebi Halaman 39

menyimpulkan

cerita.dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyimpulkandengan Kurang sekali (0-3) tepat

44

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Paragraf disusun secara lengkap dan benar Semua paragraf. disusun dengan benar dan kurang lengkap Semua paragraf. disusun kurang benar dan kurang lengkap paragraf.kurang lengkap. Disusun kurang benar Paragraf.tidak lengkap, tidak benar dan tidak dapat dipahami Keterangan : 1. 2. 3. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 5. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester : : Bahasa Indonesia : III / 1

45

I..

Tema : Hiburan. Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca

Tema: Hiburan

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

II.

Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. 3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng. 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentik paragraf dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar : 2.2. 3.3. 4.1. Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Menceritakan isi dongeng yang dibaca. Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejan.

IV.

Materi pokok pembelajaran : 1. Menyusun paragraph berdasarkan bahan yan tersedia. 2. Menceritakan dongeng yang dibaca. 3. Menjelaskan urutan membuat sesuatu. 4. Menggunakan tanda koma untuk menulis angka persepuluhan,m rupiah dan sen.

46

V.

Kegiatan Pembelajaran

:

* Siswa diminta membuka Sasebi halaman 45 untuk mengurutkan paragraf yang masih acak. • • • • • • • • • • • VI. Indikator • • • • • • • • Siswa mengerjakan Sasebi halaman 53 soal no 1. Siswa diminta menbaca dongeng yang berjudul “ Pesta “ buku Sasebi halaman 46. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang sesuai dengan dongeng yang dibacanya.. Siswa diminta membuat ringkasan isi cerita yang dibacanya. Siswa diminta menceritakan kembali isi dongeng tersebut secara lisan, dengan kalimat yang runtut. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 53 soal no 2 Siswa diminta membaca teks urutan membuat mainan. Siswa diminta menulis petunjuk membuat mainan kesukaan masing-masing. Siswa diminta menjelaskan secara lisan cara membuat mainan yang ia sukai. Siswa diminta menjelaskan cara memainkanya. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 54 yaitu tugas portofolio. : Siswa mampu mengurutkan pargraf yang masih acak. Siswa mampu menjawab pertanyaan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali isi dongeng secara lisan. Siswa mampu menulis petunjuk membuat mainan. Siswa mampu menjelaskan secara lisan cara membuat mainan. Siswa mampu menjelaskan cara memainkanya mainan yang ia buat. Siswa mampu menggunakan tanda koma untuk menulis angka persepuluhan, rupiah dan sen.

47

VII.

Penilaian • • • • •

: Tes tertulis dalam bentuk perintah mengurutkan paragraph yang masih acak. Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat ringkasan dari cerita yang ia baca. Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan kembalai isi dongeng yang dibacanya. Tes tertulis dalam bentuk perintah menulis petunjuk membuat mainan. Tes lisan dalam bentuk perintah menjelaskan secara lisan cra membuat mainan dan cara memainkanya.

VIII. IX.

Alokasi Waktu

:

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 5 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu : : Bahasa Indonesia : III / 1 :

48

I. Tema II. Standar Kompetensi • • • III.

: Hiburan. :

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentik paragraf dan puisi. :

Kompetensi Dasar

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan. Indikator : • Siswa mampu mengurutkan pargraf yang masih acak. Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca Indikartor ; • • • Siswa mampu menjawab pertanyaan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali isi dongeng secara lisan. kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Indikator : • • • Siswa mampu menulis petunjuk membuat mainan. Siswa mampu menjelaskan secara lisan cara membuat mainan. Siswa mampu menjelaskan cara memainkanya mainan yang ia buat.

Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan

Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca 49

Tema: Hiburan

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan.

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Menulis • • :

:

Siswa diminta membuka Sasebi halaman 45 untuk mengurutkan paragraf yang masih acak. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 53 soal no 1. : • • • • • • • • • • Siswa diminta menbaca dongeng yang berjudul “ Pesta “ buku Siswa diminta menjawab pertanyaan yang sesuai dengan dongeng Siswa diminta membuat ringkasan isi cerita yang dibacanya. Siswa diminta menceritakan kembali isi dongeng tersebut secara Siswa mengerjakan Sasebi halaman 53 soal no 2 : Siswa diminta membaca teks urutan membuat mainan. Siswa diminta menulis petunjuk membuat mainan kesukaan Siswa diminta menjelaskan secara lisan cara membuat mainan yang Siswa diminta menjelaskan cara memainkanya. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 54 yaitu tugas portofolio. :

2. Membaca

Sasebi halaman 46. yang dibacanya..

lisan, dengan kalimat yang runtut. 3. Berbicara

masing-masing. ia sukai.

V.

Alat, Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumbar

: Gambar, alat tulis teks cerita. : Buku Sya Senang Berbahasa Indonesia

50

Penerbit Erlangga. VI Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia degan memperhatikan penggunaan ejaan. Membaca: Menceritakan dongeng dibaca isi yang • Siswa mampu Tes Tulis dari yang mampu Tes Tulis dari yang • • Dala perintah menjawab pertanyaan sesuai cerita dalam perintah membuat ringkasan cerita baca. • Siswa kembali lisan. Berbicara : • Siswa mampu Tes Tulis mampu isi • Tes Lisan • dalam perintah menceritakan kembalai dongeng isi yang bentuk menceritakan dongeng secara yang dari ia bentuk bentuk Indikator • Siswa pargraf masih acak. Teknik penilaian mampu • Tes Tulis yang Alat penilaian • dalam perintah mengurutkan paragraph masih acak. yang bentuk

mengurutkan

menjawab pertanyaan cerita dibacanya. • Siswa membuat ringkasan cerita dibacanya.

dibacanya. • dalam bentuk

51

Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang

menulis petunjuk membuat mainan. mampu • Tes Lisan

perintah menulis petunjuk membuat mainan. • dalam perintah menjelaskan secara lisan cara membuat mainan bentuk

runtut dan mudah • Siswa dipahami.

menjelaskan secara lisan cara membuat mainan. • Siswa cara memainkanya mainan yang ia buat. mampu menjelaskan

• dalam perintah

bentuk

menjelaskan secara lisan cara memainkan mainan dibuatnya yang

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Menulis dengan Indikator : • Siswa mampu mengurutkan paragraf yang masih acak. Kriteria Skor Sasebi Dapat mengurutkan pargraf yang Baik sekali (9-10) masih acak dengan tepat Dapat mengurutkan pargraf yang Baik (7-8) masih acak dengan sedikit kesalahan Dapat mengurutkan pargraf yang Sedang (5,5-6) masih acak dengan kesalahan agak banyak Dapat mengurutkan pargraf yang Kurang (4-5) masih kesalahan Tidak dapat mengurutkan pargraf Kurang sekali (0-3) yang masih acak dengan tepat acak.dengan banyak

Alat Penilaian Bacaan buku halaman 45

52

2.

Aspek Membaca dengan Indikator •

:

Siswa mampu menjawab pertanyaan dari cerita yang dibacanya. Kriteria Skor Buku Dapat menjawab 10 pertanyan Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menjawab dengan tepat Dapat menjawab dengan tepat Dapat menjawab dengan tepat Tidak dapat 8 6 4 pertanyan Baik (7-8) pertanyan Sedang (5,5-6) pertanyan Kurang (4-5) 10 Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Pertanyaan

Sasebi halaman 47

menjawab

pertanyan dengan tepat • Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya.

Alat Penilaian Kriteria Skor Dongeng dengan judul Dapat membuat ringkasan dari Baik sekali (9-10) Pesta , buku Sasebi cerita yang dibacanya dengan tepat Dapat membuat ringkasan dari Baik (7-8) halaman 46 cerita yang dibacanya dengan sedikit kesalahan Dapat membuat ringkasan dari Sedang (5,5-6) cerita yang dibacanya dengan kesalahan agak banyak Dapat membuat ringkasan dari Kurang (4-5) cerita yang dibacanya dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat ringkasan Kurang sekali (0-3) dari cerita yang dibacanya dengan tepat • Siswa mampu menceritakan kembali isi dongeng secara lisan.

Alat Penilaian Kriteria Skor Dongeng dengan judul Dapat menceritakan kembali isi Baik sekali (9-10) Pesta , buku Sasebi dongeng secara lisan dengan tepat

53

halaman 46

Dapat menceritakan kembali isi Baik (7-8) dongeng secara lisan dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan kembali isi Sedang (5,5-6) dongeng secara lisan dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan kembali isi Kurang (4-5) dongeng secara lisan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan kembali Kurang sekali (0-3) isi dongeng secara lisan dengan tepat

3.

Aspek Berbicara dengan Indikator •

:

Siswa mampu menulis petunjuk membuat mainan.

Alat Penilaian Kriteria Skor Buku Sasebi halaman Dapat menulis petunjuk membuat Baik sekali (9-10) 50 mainan dengan tepat Dapat menulis petunjuk membuat Baik (7-8) mainan dengan sedikit kesalahan Dapat menulis petunjuk membuat Sedang (5,5-6) mainan dengan kesalahan agak banyak Dapat menulis petunjuk membuat Kurang (4-5) mainan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menulis petunjuk Kurang sekali (0-3) membuat mainan dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan secara lisan cara membuat mainan.

Alat Penilaian Kriteria Skor Buku Sasebi halaman Dapat menjelaskan secara lisan Baik sekali (9-10) 50 cara membuat mainan dengan tepat Dapat menjelaskan secara lisan Baik (7-8) cara membuat mainan dengan

54

sedikit kesalahan Dapat menjelaskan secara lisan Sedang (5,5-6) cara membuat mainan dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan secara lisan Kurang (4-5) cara membuat mainan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan secara Kurang sekali (0-3) lisan cara membuat mainan dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan cara memainkanya mainan yang ia buat. menjelaskan Skor cara Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Kriteria Buku Sasebi halaman Dapat 50

memainkanya mainan yang ia buat dengan tepat Dapat menjelaskan dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan cara Baik (7-8)

memainkanya mainan yang ia buat cara Sedang (5,5-6)

memainkanya mainan yang ia buat dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan cara Kurang (4-5) memainkanya mainan yang ia buat dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan cara Kurang sekali (0-3) memainkanya mainan yang ia buat dengan tepat

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatau dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Deskripsi Dapat menulis urutan pembuatanya dan cara

55

Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

memainkanya secara lengkap dan benar Dapat menulis urutan pembuatanya dan cara memainkanya dengan benar dan kurang lengkap Dapat menulis urutan pembuatanya dan cara memainkanya kurang benar dan kurang lengkap Dapat menulis urutan pembuatanya dan cara memainkanya kurang benar dan tidak lengkap Tdak dapat menulis urutan pembuatanya dan cara memainkanya lengkap tidak benar dan tidak

Keterangan : 1. 2. 3. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

56

SILABUS PELAJARAN 6. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Pergaulan Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. : : Bahasa Indonesia : III / 1

Berbicara : Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Tema: Pergaulan

Menulis : Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

II.

Standar Kompetensi : 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengn bercerita dan memberikan tanggapan / saran. 3. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraph dan puisi.

57

III.

Kompetensi Dasar

:

1.2. Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang dismpaikan secara lisan. 2.1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan ndengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. 4.2. Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Mendengarkan cerita dan mengomentari tokoh-tokohnya. 2. Menceritakan pengalaman mengesankan. 3. Melengkapi puisi. 4. Mengenal kalimat perintah. V. Kegiatan Pembelajaran :

* Guru membacakan cerita anak dengan judul “ Sahabatku Ayu “. * Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. * Siswa diminta memberikan komentar tentang tokoh cerita yang dibacakan oleh guru. • • • • • • • • • • Siswa diminta menceritakan kembali di depan kelas cerita yang dibacakan oleh guru. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 62 soal no 1 a- d. Siswa diminta membaca cerita pengalaman dengan judul “ Sahabatku dari Ambon “. Siswa diminta untuk membicarakan isi cerita pengalaman. Siswa diminta menceritakan pengalamannya sendiri dengan kalimat yang runtut. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 63 soal no 2. Siswa diminta melengkapi puisi berdasarkan gambar. Siswa diminta membacakan puisi yang telah lengkap. Siswa diminta menjelaskan isi puisi. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 63 yaitu tugas portofolio.

58

VI.

Indikator • • • • • • • • •

: Siswa mampu memberikan komentar tokoh cerita. Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang didengarnya. Siswa mampu membahas isi cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan pengalamannya sendiri dengan kalimat yang runtut. Siswa mampu melengkapi puisi berdsarkan gambar. Siswa mampu menjelaskan isi puisi. Siswa mampu menanggapi pernyataan. Siswa mampu menentukan kalimat perintah Siswa mampu membuat kalimat perintah. : Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan kembali cerita yang di dengarnya. Tes tertulis dalam bentuk perintah menceritakan pengalamannya sendiri dengan kalimat yang runtut. Tes tertulis dalam bentuk perintah melengkapi puisi berdasarkan gambar. Tes tertulis dalam bentuk perintah menjelaskan isi puisi. Tes tertulis dalam bentuk perintah menandai kalimat perintah. :

VII.

Penilaian • • • • •

VIII. IX.

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

59

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 6 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. Tema II. Standar Kompetensi • • • III. dilisankan. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengn Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk dan puisi. : : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan. Indikator • • Berbicara : Siswa mampu memberikan komentar tokoh cerita. Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang didengarnya. :Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. bercerita dan memberikan tanggapan / saran. paragraph Mendengarkan : : Bahasa Indonesia : III / 1 : : Pergaulan :

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

Kompetnsi Dasar

60

Indikator • • Menulis Indikator • • • • •

: Siswa mampu membahas isi cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan pengalamannya sendiri dengan kalimat yang runtut. : Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. : Siswa mampu melengkapi puisi berdsarkan gambar. Siswa mampu menjelaskan isi puisi. Siswa mampu menanggapi pernyataan. Siswa mampu menentukan kalimat perintah Siswa mampu membuat kalimat perintah. Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.

Berbicara : Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Tema: Pergaulan

Menulis : Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan. • • • • •

:

Guru membacakan cerita anak dengan judul “ Sahabatku Ayu “. Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. Siswa diminta memberikan komentar tentang tokoh cerita yang Siswa diminta menceritakan kembali di depan kelas cerita yang Siswa mengerjakan Sasebi halaman 62 soal no 1 a- d. :

dibacakan oleh guru. dibacakan oleh guru. 2. Berbicara

61

• •

Siswa diminta membaca cerita pengalaman dengan judul

“ Sahabatku dari Ambon “. Siswa diminta untuk membicarakan isi cerita pengalaman. • • Siswa diminta menceritakan pengalamannya sendiri dengan kalimat yang runtut. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 63 soal no 2. 3. Menulis • • • • V. : Siswa diminta melengkapi puisi berdasarkan gambar. Siswa diminta membacakan puisi yang telah lengkap. Siswa diminta menjelaskan isi puisi. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 63 yaitu tugas portofolio. : : Gambar, teks Puisi, alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga. VI Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan : Mengomentari tokoh-tokoh anak lisan. • Siswa kembali mampu Tes Tulis cerita cerita yang Indikator • Siswa komentar cerita. Teknik penilaian mampu • Tes Lisan tokoh Alat penilaian • Dalam perintah memberikan komentar cerita didengar • dalam perintah menceritakan bentuk menceritakan tokoh yang bentuk

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

memberikan

disampaikan secara

62

yang didengarnya. Berbicara : Menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan dipahami. mudah yang • Siswa cerita dibacanya. • Siswa mampu Tes Lisan menceritakan pengalamannya sendiri kalimat runtut. Menulis : Melengkapi anak gambar. puisi berdasarkan • Siswa mampu Tes Tulis dengan yang mampu Tes Lisan isi yang

kembali yang

cerita di

dengarnya. • Dalam bentik perintah membahas cerita. • dalam perintah menceritakan pengalamannya sendiri kalimat runtut. • dalam perintah melengkapi puisi berdasrkan gambar. dengan yang bentuk bentuk isi

membahas

melengkapi puisi berdsarkan gambar. • Siswa puisi. • Siswa mampu Tes Tulis mampu Tes Tulis isi •

dalam perintah

bentuk isi

menjelaskan

menjelaskan puisi. • Dalam perintah menanggapi pernyataan • dalam perintah menandai

bentuk

menanggapi pernyataan. • Siswa mampu menentukan kalimat perintah • Siswa mampu membuat kalimat

Tes Tulis

bentuk

kalimat perintah Tes Tulis • dalam perintah bentuk

63

perintah.

membuat kalimat perintah

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Mendengarkan dengan Indikator : • Siswa mampu memberikan komentar tokoh cerita. Alat Penilaian Bacaan buku halaman 55 Kriteria Sasebi Dapat memberikan Skor komentar Baik sekali (9-10)

tokoh cerita dengan tepat Dapat memberikan komentar Baik (7-8) tokoh cerita dengan sedikit komentar Sedang (5,5-6) kesalahan Dapat memberikan agak banyak Dapat memberikan tokoh cerita dengan kesalahan Tidak dapat memberikan komentar Kurang sekali (0-3) tokoh cerita dengan tepat

tokoh cerita dengan kesalahan komentar Kurang (4-5) banyak

• Alat Penilaian Bacaan buku halaman 55

Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang didengarnya. Kriteria Skor Sasebi Dapat menceritakan kembali cerita Baik sekali (9-10) yang didengarnya dengan tepat Dapat menceritakan kembali cerita Baik (7-8) yang didengarnya dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan kembali cerita Sedang (5,5-6) yang didengarnya dengan kesalahan agak banyak

64

Dapat menceritakan kembali cerita Kurang (4-5) yang didengarnya dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan kembali Kurang sekali (0-3) cerita yang didengarnya dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator • Alat Penilaian Bacaan buku halaman 57 :

Siswa mampu membahas isi cerita yang dibacanya. Kriteria Skor Sasebi Dapat membahas isi cerita yang Baik sekali (9-10) dibacanya dengan tepat Dapat membahas isi cerita yang Baik (7-8) dibacanya dengan sedikit kesalahan Dapat membahas isi cerita yang Sedang (5,5-6) dibacanya dengan kesalahan agak banyak Dapat membahas isi cerita yang Kurang (4-5) dibacanya kesalahan Tidak dapat membahas isi cerita Kurang sekali (0-3) yang dibacanya dengan tepat dengan banyak

• Alat Penilaian Bacaan buku halaman 57

Siswa mampu menceritakan pengalamannya sendiri dengan Kriteria Sasebi Dapat pengalamannya tepat Dapat pengalamannya sedikit kesalahan Dapat pengalamannya Skor menceritakan Baik sekali (9-10) sendiri dengan

kalimat yang runtut.

menceritakan Baik (7-8) sendiri dengan

menceritakan Sedang (5,5-6) sendiri dengan

65

kesalahan agak banyak Dapat menceritakan Kurang (4-5) pengalamannya banyak kesalahan Tidak tepat 3. Aspek Menulis dengan Indikator • Alat Penilaian Bacaan buku halaman 57 : dapat menceritakan Kurang sekali (0-3) sendiri dengan sendiri dengan

pengalamannya

Siswa mampu melengkapi puisi berdasarkan gambar. Kriteria Sasebi Dapat melengkapi Skor puisi Baik sekali (9-10)

berdasarkan gambar dengan tepat Dapat melengkapi puisi Baik (7-8) berdasarkan gambar dengan puisi Sedang (5,5-6) dengan puisi Kurang (4-5) dengan sedikit kesalahan Dapat melengkapi berdasarkan gambar kesalahan agak banyak Dapat melengkapi berdasarkan gambar banyak kesalahan Tidak dapat melengkapi puisi Kurang sekali (0-3)

berdasarkan gambar dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan isi puisi. isi isi Skor puisi Baik sekali (9-10) puisi Baik (7-8) puisi Sedang (5,5-6)

Alat Penilaian Kriteria Teks Puisi buku Sasebi Dapat menjelaskan halaman 58 dengan tepat Dapat menjelaskan

dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan isi

dengan kesalahan agak banyak

66

Dapat

menjelaskan

isi

puisi Kurang (4-5)

dengan banyak kesalahan

Tidak dapat menjelaskan isi puisi Kurang sekali (0-3) dengan tepat • Siswa mampu menanggapi pernyataan. Skor pernyataan Baik sekali (9-10) pernyataan Baik (7-8)

Alat Penilaian Kriteria Pernyataan buku Sasebi Dapat menanggapi halaman 59 dengan tepat Dapat menanggapi

dengan sedikit kesalahan Dapat menanggapi pernyataan Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat menanggapi pernyataan Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menanggapi Kurang sekali (0-3)

pernyataan dengan tepat • Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 61 Siswa mampu menentukan kalimat perintah Kriteria Dapat menentukan Skor kalimat Baik sekali (9-10) kalimat Baik (7-8)

perintah dengan tepat Dapat menentukan

perintah dengan sedikit kesalahan Dapat menentukan kalimat Sedang (5,5-6) perintah dengan kesalahan agak banyak Dapat menentukan kalimat Kurang (4-5)

perintah dengan banyak kesalahan Tidak dapat menentukan kalimat Kurang sekali (0-3) perintah dengan tepat • Siswa mampu membuat kalimat perintah.

67

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 61

Kriteria Skor Dapat membuat kalimat perintah Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat membuat kalimat perintah Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat membuat kalimat perintah Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat membuat kalimat perintah Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kalimat Kurang sekali (0-3) perintah dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Deskripsi Dapat melengkapi puisi berdasarkan gambar secara lengkap dan benar Dapat melengkapi puisi berdasarkan gambar dengan benar dan kurang lengkap Dapat melengkapi puisi berdasarkan gambar kurang benar dan kurang lengkap Dapat melengkapi puisi berdasarkan gambar kurang benar dan tidak lengkap Tdak dapat melengkapi puisi berdasarkan gambar tidak benar dan tidak lengkap

Keterangan : 1. 2. 3. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama.

68

4.

Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki

KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 7. Nama Sekolah :

69

Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Keindahan.

: Bahasa Indonesia : III / 1

Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Membaca: Membaca nyaring teks (20-25 kalimat ) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Tema: Keindahan

Menulis : Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

II.

Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. 3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng. 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

2.2. Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. 3.1. Membaca nyaring teks ( 20-25 kalimat ) dengan lafal dan intonasi yang tepat. 4.1. Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

70

IV.

Materi Pokok Pembelajaran : 1. Membaca nyaring. 2. Menjelaskan Urutan Membuat sesuatu. 3. Menyusun Karangan. 4. Mengenal kata Depan di dan pada

V.

Kegiatan Pembelajaran

:

* Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 65. * Siswa diminta menbaca bacaan dengan judul “ Indahnya Gunung Merapi dan Bukit Ketep “ dengan suara yang keras dan jelas. * Siswa diminta melengkapi pernyataan sesuai bacaan yang dibaca. * Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai bacaan yang dibaca. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 71 soal no 2 a dan b. * Guru menjelaskan cara membuat alas piring. * Siswa diminta menjelaskan kembali apa yang telah didengar dari penjelasan guru. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 71 soal no 1. * Siswa diminta membaca contoh karangan dengan judul “ Kupu-kupu yang Indah “. * Siswa diminta menulis karangan berdasarkan pengalaman. * Guru menjelaskan penggunaan kata depan di dan pada dalam kalimat. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 72 yaitu tugas portofolio. VI. Indikator • • • • • • : Siswa mampu membaca dengan suara yang keras dan jelas. Siswa mampu melengkapi pernyataan bacaan dengan benar. Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Siswa mampu menjelaskan urutan membuat sesuatu dengan benar. Siswa mampu menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan benar. Siswa mampu melengkapi kalimat dengan kata depan di atau pada dengan benar. VII. Penilaian :

71

• • • • •

Tes lisan dalam bentuk perintah membaca bacaan dengan suara yang keras dan jelas. Tes tertulis dalam bentuk perintah melengkapi pernyataan dan menjawab pertanyaan. Tes lisan dalam bentuk perintah menjelaskan kembali urutan petunjuk membuat sesuatu yang didengarnya. Tes tertulis dalam bentuk perintah menulis karangan berdasarkan pengalaman. Tes terulis dalam bentuk perintah melengkapi kalimat dengan kata depan di atau pada.

VIII. IX.

Alokasi Waktu

:

Sumber pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 7 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu : : Bahasa Indonesia : III / 1 :

72

I. Tema II. Standar Kompetensi • • • III.

: Keindahan :

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi. : :Membaca nyaring teks (20-25 kalimat ) dengan lafal dan intonasi yang tepat : Siswa mampu membaca dengan suara yang keras dan jelas. Siswa mampu melengkapi pernyataan bacaan dengan benar. Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar. : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. : Siswa mampu menjelaskan urutan membuat sesuatu dengan benar. : Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. : Siswa mampu menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan benar. • Siswa mampu melengkapi kalimat dengan kata depan di atau pada dengan benar. Berbicara : Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Kompetensi Dasar Membaca Indikator • • • Berbicara Indikator • Menulis Indikator •

73

Membaca: Membaca nyaring teks (20-25 kalimat ) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Tema: Keindahan

Menulis : Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca • • • • dibaca. • dibaca. • 2. Berbicara • • • 3. Menulis • • • • :

:

Siswa diminta membuka buku Sasebi halaman 65. Siswa diminta menbaca bacaan dengan judul “ Indahnya dan Bukit Ketep “ dengan suara yang keras dan jelas. Siswa diminta melengkapi pernyataan sesuai bacaan yang Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai bacaan yang Siswa mengerjakan Sasebi halaman 71 soal no 2 a dan b. : Guru menjelaskan cara membuat alas piring. Siswa diminta menjelaskan kembali apa yang telah didengar Siswa mengerjakan Sasebi halaman 71 soal no 1. : Siswa diminta membaca contoh karangan dengan judul “ KupuSiswa diminta menulis karangan berdasarkan pengalaman. Guru menjelaskan penggunaan kata depan di dan pada dalam Siswa mengerjakan Sasebi halaman 72 yaitu tugas portofolio. : : Gambar, alat tulis, papan tulis.

Gunung Merapi

dari penjelasan guru.

kupu yang Indah “.

kalimat. V. Alat , Bahan dan sumber Alat dan bahan

74

Sumber VI Penilaian :

: Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga.

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca: Membaca dengan nyaring lafal dan teks (20-25 kalimat ) intonasi yang tepat. Indikator • Siswa membaca dengan jelas. • Tes Tulis • Siswa mampu melengkapi pernyataan bacaan benar. • iswa menjawab pertanyaan dengan benar. Berbicara : Menjelaskan urutan membuat melakukan atau sesuatu • Siswa mampu • Tes Lisan o m perintah menjelaskan kembali urutan dala bentuk S mampu dengan • dalam bentuk perintah menjawab pertanyaan. • suara yang keras dan mampu Teknik penilaian • Tes Lisan Alat penilaian • dalam perintah membaca bacaan dengan suara dalam perintah melengkapi pernyataan yang bentuk keras dan jelas. bentuk

menjelaskan urutan membuat sesuatu dengan benar.

dengan kalimat yang

75

runtut dan mudah dipahami.

petunjuk membuat sesuatu yang didengarnya. dalam bentuk perintah menulis karangan berdasarkan pengalaman. • Tes Tulis o dalam perintah melengkapi kalimat dengan kata depan di atau pada. bentuk

Menulis : Menyusun paragraf berdasarkan yang dengan memperhatikan penggunaan ejaan. bahan tersedia

• iswa menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan benar. • Siswa

S

• Tes Tulis

o

mampu ( portofolio )

mampu

melengkapi kalimat dengan kata depan di atau pada dengan benar.

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Membaca dengan Indikator : • Siswa mampu membaca dengan suara yang keras dan jelas. Kriteria Skor Sasebi Dapat membaca dengan suara Baik sekali (9-10) yang keras dan jelas dengan tepat Dapat membaca dengan suara Baik (7-8) yang keras dan jelas dengan sedikit kesalahan Dapat membaca dengan suara Sedang (5,5-6) yang keras dan jelas dengan kesalahan agak banyak Dapat membaca dengan suara Kurang (4-5) yang keras dan jelas dengan banyak kesalahan Tidak dapat membaca dengan Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Bacaan buku halaman 65

76

suara yang keras dan jelas dengan tepat • Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 66 Siswa mampu melengkapi pernyataan bacaan dengan benar. Kriteria Dapat melengkapi bacaan dengan tepat Dapat melengkapi Skor pernyataan Baik sekali (9-10) pernyataan Baik (7-8)

bacaan dengan sedikit kesalahan Dapat melengkapi pernyataan Sedang (5,5-6) bacaan dengan kesalahan agak banyak Dapat melengkapi pernyataan Kurang (4-5)

bacaan dengan banyak kesalahan Tidak dapat melengkapi Kurang sekali (0-3)

pernyataan bacaan dengan tepat • Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 66 Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Kriteria Skor Dapat menjawab 5 pertanyaan Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menjawab 4 pertanyaan Baik (7-8) dengan tepat Dapat menjawab 3 pertanyaan Sedang (5,5-6) dengan tepat Dapat menjawab 2 pertanyaan Kurang (4-5) dengan tepat Tidak dapat menjawab 5 Kurang sekali (0-3)

pertanyaan dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator • Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 67 :

Siswa mampu menjelaskan urutan membuat sesuatu dengan benar. Kriteria Dapat menjelaskan Skor urutan Baik sekali (9-10)

membuat sesuatu dengan tepat Dapat menjelaskan urutan Baik (7-8)

77

membuat sesuatu dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan membuat sesuatu kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan urutan Sedang (5,5-6) dengan urutan Kurang (4-5)

membuat sesuatu dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan urutan Kurang sekali (0-3) membuat sesuatu dengan tepat 3. Aspek Menulis Dengan Indikator • benar. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 69 Kriteria Dapat tepat Dapat menulis Skor karangan Baik sekali (9-10) :

Siswa mampu menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan

berdasarkan pengalaman dengan menulis karangan Baik (7-8)

berdasarkan pengalaman dengan sedikit kesalahan Dapat menulis kesalahan agak banyak Dapat menulis karangan Sedang (5,5-6)

berdasarkan pengalaman dengan karangan Kurang (4-5)

berdasarkan pengalaman dengan banyak kesalahan Tidak dapat menulis karangan Kurang sekali (0-3) berdasarkan pengalaman dengan tepat • Siswa mampu melengkapi kalimat dengan kata depan di atau pada Kriteria Skor Dapat melengkapi kalimat dengan Baik sekali (9-10) kata depan di atau pada dengan

dengan benar. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 69

78

tepat Dapat melengkapi kalimat dengan Baik (7-8) kata depan di atau pada dengan sedikit kesalahan Dapat melengkapi kalimat dengan Sedang (5,5-6) kata depan di atau pada dengan kesalahan agak banyak Dapat melengkapi kalimat dengan Kurang (4-5) kata depan di atau pada dengan banyak kesalahan Tidak dapat melengkapi kalimat Kurang sekali (0-3) dengan kata depan di atau pada dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Dapat menulis Deskripsi karangan berdasarkan berdasarkan

pengalaman dengan benar Dapat menulis karangan

pengalaman dengan benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman kurang benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman kurang benar dan tidak lengkap Tdak dapat menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan tidak benar dan tidak lengkap

Keterangan : 1. 2. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama.

79

3.

Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil

seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 8. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Kebersihan. Mendengarkan : Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan : : Bahasa Indonesia : III / 1

Berbicara : Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Tema: Kebersihan

Membaca: Mejelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca intensif. 80

II.

Standar Kompetensi : 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. 3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.

III.

Kompetensi Dasar lisan.

:

1.1. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara 2.1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. 3.2. Menjelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca intensif.

IV.

Materi Pokok Pembelajaran : 1. Mendengarkan penjelasan. 2. Menceritakan pengalaman yang mengesankan. 3. Menjelaskan isi bacaan melalui membaca Intensif. 4. Menggunakan kalimat berita dengan kata depan ke.

V.

Kegiatan Pembelajaran • • • • •

:

Guru menjelaskan cara mandi yang benar. Siswa diminta mendengarkan penjelasan dari guru tentang cara mandi Siswa diminta menjelaskan kembali apa yang telah didengar dari Siswa diminta menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh Siswa mengerjakan Sasebi halaman 81 soal no 1 a- c.

yang benar. penjelasan guru. temanya.

81

• • • • • • • • • • VI.

Siswa diminta membaca cerita pengalaman dengan judul “ membantu Siswa diminta menceritakan pengalamannya sendiri yang Siswa diminta menanggapi cerita pengalaman yang disampaikan oleh Siswa mengerjakan Sasebi halaman 82 yaitu tugas portofolio. Siswa diminta membaca bacaan yang berjudul “ Bangsa Penemu Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai bacaan yang dibacanya. Siswa diminta menemukan pokok-pokok isi bacaan. Siswa diminta menjelaskan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok isi Siswa mengerjakan Sasebi halaman 82 soal no 3 a-c. Guru menjelaskan kelimat berita dan kata depan ke :

Ibu “ mengesankan. temannya.

Sabun “

bacaanyang telah ditemukannya.

Indikator

o Siswa mampu menjelaskan kembali tentang petunjuk melakukan sesuatu. o Siswa mampu menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh temanya. o Siswa mampu menceritakan pengalaman yang mengesankan. o Siswa mampu menanggapi cerita pengalaman yang disampaikan oleh temannya. o Siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan yang dibacanya. o Siswa mampu menemukan pokok-pokok isi bacaan yang dibacanya. o Siswa mampu menjelaskan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok isi bacaan yang sudah ditemukanya. o Siswa mampu menggunakan kalikmat berita dengan kata depan ke VII. Penilaian :

1. Tes lisan dalam bentuk perintah menjelaskan kembali tentang petunjuk melakukan sesuatu yang disampaikan leh guru.

82

2. Tes tertulis dalam bentuk perintah menceritakan pengalaman yang mengesankan. 3. Tes tertulis dalam bentuk perintah menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang dibacanya. 4. Tes tertulis dalam bentuk perintah menuliskan pokok-pokok isi bacaan yang dibacanya. VIII. IX. Alokasi Waktu :

Sumber Pembelajaran : Buku Sasebi 3. Perpurstakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 8 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • dilisankan. Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 1 : : Kebersihan. :

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

83

• • III.

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman,dan petunjuk dengan Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan : :Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan :

bercerita dan memberikan tanggapan / saran. membaca dongeng. Kompetensi Dasar Mendengarkan Indikator • •

Siswa mampu menjelaskan kembali tentang petunjuk melakukan sesuatu. Siswa mampu menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh temanya. :Menceritakan : pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Berbicara Indikator • •

Siswa mampu menceritakan pengalaman yang mengesankan. Siswa mampu menanggapi cerita pengalaman yang disampaikan oleh temannya. :Mejelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca intensif. :

Membaca Indikator • • • •

Siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan yang dibacanya. Siswa mampu menemukan pokok-pokok isi bacaan yang dibacanya. Siswa mampu menjelaskan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok isi bacaan yang sudah ditemukanya. Siswa mampu menggunakan kalikmat berita dengan kata depan ke Mendengarkan : Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan

Berbicara : Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Tema: Kebersihan

Membaca: Mejelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui membaca intensif. 84

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan • • • • • 2. Berbicara • • • • 3. Membaca • • • • • • :

:

Guru menjelaskan cara mandi yang benar. Siswa diminta mendengarkan penjelasan dari guru tentang cara Siswa diminta menjelaskan kembali apa yang telah didengar Siswa diminta menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh Siswa mengerjakan Sasebi halaman 81 soal no 1 a- c. : Siswa diminta membaca cerita pengalaman dengan judul “ Siswa diminta menceritakan pengalamannya sendiri yang Siswa diminta menanggapi cerita pengalaman yang

mandi yang benar. dari penjelasan guru. temanya.

membantu Ibu “ mengesankan. disampaikan oleh temannya. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 82 yaitu tugas portofolio. : Siswa diminta membaca bacaan yang berjudul “ Bangsa Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai bacaan yang Siswa diminta menemukan pokok-pokok isi bacaan. Siswa diminta menjelaskan isi bacaan berdasarkan pokokSiswa mengerjakan Sasebi halaman 82 soal no 3 a-c. Guru menjelaskan kelimat berita dan kata depan ke

Penemu Sabun “ dibacanya.

pokok isi bacaanyang telah ditemukannya.

85

V.

Alat, Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

:

: Gambar, alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga.

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan : Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan lisan • yang disampaikan secara Indikator • Siswa Teknik penilaian mampu • Tes Lisan Alat penilaian • bentuk perintah

menjelaskan kembali tentang petunjuk melakukan sesuatu. Siswa mampu • Tes Tulis menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh temanya.

menjelaskan kembali tentang petunjuk melakukan sesuatu • dalam perintah menanggapi penjelasan temanya • dalam perintah menceritakan pengalaman yang mengesankan. • Tes Tulis • dalam perintah menanggapi pengalaman yang bentuk bentuk bentuk

Berbicara : Menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan dipahami. mudah yang

Siswa

mampu • Tes Lisan ( portofolio )

menceritakan pengalaman yang mengesankan. • Siswa cerita pengalaman mampu menanggapi

86

yang disampaikan oleh temannya. Membaca: Mejelaskan isi teks ( 100-150 kata ) melalui intensif. membaca • Siswa menjawab pertanyaan bacaan yang dibacanya. mampu • Tes Tulis

disampaikan temanya

• dalam perintah menjawab pertanyaan

bentuk

berdasarkan bacaan dibacanya. • Siswa mampu isi yang mampu isi • Tes Tulis • Tes Tulis • dalam bentuk menemukan pokok-pokok bacaan dibacanya. • Siswa bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan sudah ditemukanya. • Siswa kalimat ke mampu berita • Tes Tulis • dalam perintah menggunakan kalimat dengan depan ke berita kata bentuk menggunakan dengan kata depan isi yang • dalam perintah menjelaskan bacaan isi bentuk menjelaskan perintah mencari pokok-pokok isi bacaan yang

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut:

87

1. Aspek Mendengarkan dengan Indikator : • Siswa mampu menjelaskan kembali tentang petunjuk melakukan Skor kembali Baik sekali (9-10) melakukan kembali Baik (7-8) melakukan sesuatu. Alat Penilaian Kriteria Gambar buku Sasebi Dapat halaman 73 tentang menjelaskan petunjuk

sesuatu dengan tepat Dapat menjelaskan tentang petunjuk

sesuatu dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan kembali Sedang (5,5-6) tentang banyak Dapat tentang petunjuk melakukan sesuatu dengan kesalahan agak menjelaskan petunjuk kembali Kurang (4-5) melakukan

sesuatu dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan kembali Kurang sekali (0-3) tentang petunjuk melakukan sesuatu dengan tepat • Siswa mampu menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh temanya. Skor penjelasan Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Kriteria Buku Sasebi halaman Dapat menanggapi 74 dengan tepat Dapat menanggapi

yang disampaikan oleh temanya penjelasan Baik (7-8)

yang disampaikan oleh temanya dengan sedikit kesalahan Dapat menanggapi penjelasan Sedang (5,5-6) yang disampaikan oleh temanya dengan kesalahan agak banyak

88

Dapat

menanggapi

penjelasan Kurang (4-5)

yang disampaikan oleh temanya dengan banyak kesalahan Tidak dapat menanggapi Kurang sekali (0-3)

penjelasan yang disampaikan oleh temanya dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator : • Siswa mampu menceritakan pengalaman yang mengesankan.

Alat Penilaian Kriteria Skor Buku Sasebi halaman Dapat menceritakan pengalaman Baik sekali (9-10) 74 yang mengesankan dengan tepat Dapat menceritakan pengalaman Baik (7-8) yang mengesankan dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan pengalaman Sedang (5,5-6) yang mengesankan dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan pengalaman Kurang (4-5) yang mengesankan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan Kurang sekali (0-3)

pengalaman yang mengesankan dengan tepat • Siswa mampu menanggapi cerita pengalaman yang disampaikan oleh temannya Alat Penilaian Kriteria Buku Sasebi halaman Dapat 75 menanggapi Skor cerita Baik sekali (9-10) cerita Baik (7-8) sedikit cerita Sedang (5,5-6) kesalahan

pengalaman dengan tepat Dapat menanggapi pengalaman dengan kesalahan Dapat menanggapi pengalaman dengan

89

agak banyak Dapat menanggapi pengalaman kesalahan dengan

cerita Kurang (4-5) banyak

Tidak dapat menanggapi cerita Kurang sekali (0-3) pengalaman dengan tepat 3. Aspek Membaca dengan Indikator : • Siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan yang dibacanya. Kriteria Skor Dapat menjawab 10 pertanyaan Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menjawab 8 pertanyaan Baik (7-8) dengan tepat Dapat menjawab 6 pertanyaan Sedang (5,5-6) dengan tepat Dapat menjawab 4 pertanyaan Kurang (4-5) dengan tepat Tidak dapat menjawab 10 Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 77

pertanyaan dengan tepat • Siswa mampu menemukan pokok-pokok isi bacaan yang dibacanya. Alat Penilaian Kriteria Skor Buku Sasebi halaman Dapat menemukan pokok-pokok Baik sekali (9-10) 78 isi bacaan dengan tepat Dapat menemukan pokok-pokok Baik (7-8) isi bacaan dengan sedikit kesalahan Dapat menemukan pokok-pokok Sedang (5,5-6) isi bacaan dengan kesalahan agak banyak Dapat menemukan pokok-pokok Kurang (4-5) isi bacaan dengan banyak kesalahan Tidak dapat menemukan pokok- Kurang sekali (0-3) pokok isi bacaan dengan tepat

90

• Siswa mampu menjelaskan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok isi bacaan yang sudah ditemukanya. Alat Penilaian Kriteria Buku Sasebi halaman Dapat menjelaskan 78 dengan tepat Dapat menjelaskan isi isi Skor bacaan Baik sekali (9-10) bacaan Baik (7-8) bacaan Sedang (5,5-6)

dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan isi

dengan kesalahan agak banyak Dapat menjelaskan isi bacaan Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan isi Kurang sekali (0-3)

bacaan dengan tepat • Siswa mampu menggunakan kalimat berita dengan kata depan ke Alat Penilaian Kriteria Skor

Buku Sasebi halaman Dapat menggunakan kalimat berita Baik sekali (9-10) 78 dengan kata depan ke dengan tepat Dapat menggunakan kalimat berita Baik (7-8) dengan kata depan ke dengan sedikit kesalahan Dapat menggunakan kalimat berita Sedang (5,5-6) dengan kata depan ke dengan kesalahan agak banyak Dapat menggunakan kalimat berita Kurang (4-5) dengan kata depan ke dengan banyak kesalahan Tidak dapat menggunakan kalimat Kurang sekali (0-3) berita dengan kata depan ke dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

91

Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Dapat

Deskripsi menceritakan pengalaman

yang yang

mengesankan dengan benar Dapat menceritakan pengalaman

mengesankan dengan benar dan kurang lengkap Dapat menceritakan pengalaman yang mengesankan kurang benar dan kurang lengkap Dapat menceritakan pengalaman yang mengesankan kurang benar dan tidak lengkap Tdak dapat menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan tidak benar dan tidak lengkap

Keterangan : 1. 2. 3. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

92

SILABUS PELAJARAN 9. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Kesehatan. Berbicara : Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. : : Bahasa Indonesia : III / 1

Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca..

Tema: Kesehatan

Menulis : Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

II.

Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. 3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng.

93

4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi. III. Kompetensi Dasar :

2.1. Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. 2.3. Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtu dan pilihan kata yang tepat. 3.3. Menceritakan isi dongeng yang dibaca. 4.2. Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Menceritakan pengalaman memngesankan. 2. Melengkapi puisi anak berdasarkan gambnar. 3. Menceritakan isi dongeng yang dibaca. 4. Kata depan dari. V. Kegiatan Pembelajaran :

* Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Sakit igi “ * Siswa diminta mengurutkan cerita yang telah dibacanya. * Siswa diminta menceritakan kembali sesuai urutan pokok-pokok cerita yang telah dibuat. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 90 soal no 1. * Siswa diminta melengkapi puisi berdasarkan gambar. * Siswa diminta membacakan puisi yang telah dibuatnya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 92 yaitu tugas portofolio. * Siswa diminta membaca dongeng yang berjudul “ Akibat Tamak “. * Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan dongeng yang dibacanya. * Siswa diminta menemukan pokok-pokok isi dongeng yang dibacanya. * Siswa diminta menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasanya sendiri. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 91 soal no3 a-b. * Guru menjelaskan kata depan dari. VI. Indikator :

94

• • • • • • •

Siswa mampu mengurutkan cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya. Siswa mampu melengkapi puisi berdasarkan gambar. Siswa mampu membacakan puisi . Iswa mampu menemukan pokok-pokok isi dongeng yang dibacanya. Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibacanya. Siswa mampu membuat kalimat dengan kata depan dari.

VII.

Penilaian • • • • •

:

Testertulis dalam bentuk perintah mengurutkan dan menceritakan kembali cerita yang dibacanya. Tes tertulis dalam bentuk perintah melengkapi puisi berdasarkan gambar. Tes lisan dalam bentuk perintah membacakan puisi. Tes tertulis dalam bentuk perintah menemukan pokok-pokok isi dongeng dan menjawab pertanyaan . Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat kalimat dengan kata depan dari.

VIII. IX.

Alokasi Waktu

:

Sumber Pembelajaran : Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

95

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 9 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • • III. Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 1 : : Kesehatan :

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi. :

Kompetensi Dasar Membaca Indikator • • :

:Menceritakan isi dongeng yang dibaca..

Siswa mampu mengurutkan cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya. :Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. :

Menulis Indikator

96

• •

Siswa mampu melengkapi puisi berdasarkan gambar. Siswa mampu membacakan puisi . :Menceritakan : pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Berbicara Indikator • • •

Iswa mampu menemukan pokok-pokok isi dongeng yang dibacanya. Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibacanya. Siswa mampu membuat kalimat dengan kata depan dari.

Berbicara : Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

Membaca: Menceritakan isi dongeng yang dibaca..

Tema: Kesehatan

Menulis : Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca • • • • • • :

:

Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Sakit igi “ Siswa diminta mengurutkan cerita yang telah dibacanya. Siswa diminta menceritakan kembali sesuai urutan pokok-pokok cerita yang telah dibuat. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 90 soal no 1. : Siswa diminta melengkapi puisi berdasarkan gambar. Siswa diminta membacakan puisi yang telah dibuatnya.

2. Menulis

97

Siswa mengerjakan Sasebi halaman 92 yaitu tugas portofolio. : Siswa diminta membaca dongeng yang berjudul “ Akibat Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan dongeng Siswa diminta menemukan pokok-pokok isi dongeng yang Siswa diminta menceritakan kembali isi dongeng dengan • • • • •

3. Berbicara

Tamak “. yang dibacanya. dibacanya. bahasanya sendiri. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 91 soal no3 a-b. : : Gambar, teks Puisi, alat tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga. VI Penilaian : Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca: Menceritakan dongeng dibaca.. • isi yang Indikator • Siswa cerita dibacanya. Siswa kembali mampu • Tes Tulis cerita Teknik penilaian mampu • Tes Lisan yang Alat penilaian o dalam perintah mengurutkan kembali • dalam perintah menceritakan kembali cerita bentuk cerita yang dibacanya. menceritakan yang dibacanya. bentuk V. Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

mengurutkan

98

yang dibacanya

Menulis : Melengkapi anak gambar. puisi berdasarkan

Siswa puisi

mampu • Tes Tulis ( portofolio )

• dalam perintah

bentuk

melengkapi berdasarkan gambar. • Siswa puisi .

melengkapi puisi berdasarkan gambar. mampu • Tes Lisan • m perintah membacakan puisi. dala bentuk

membacakan

99

Berbicara : Menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan dipahami. yang

Siswa

mampu • Tes Tulis

• dalam perintah

bentuk

menemukan pokok-pokok isi dongeng dibacanya. yang

menemukan pokok-pokok isi dongeng

mudah •

Siswa

mampu • Tes Tulis

• dalam perintah menjawab

bentuk

menjawab pertanyaan berdasarkan cerita dibacanya. • Siswa membuat kalimat dengan kata depan dari. mampu • Tes Tulis yang

pertanyaan .

• dalam perintah

bentuk

membuat kalimat dengan depan dari. kata

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Membaca dengan Indikator : • Siswa mampu mengurutkan cerita yang dibacanya. Kriteria Skor Dapat mengurutkan cerita dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat mengurutkan cerita dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat mengurutkan cerita dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat mengurutkan cerita dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat mengurutkan cerita Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 84

100

dengan tepat • Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya Kriteria Dapat menceritakan dengan tepat Dapat menceritakan Skor kembali Baik sekali (9-10) kembali Baik (7-8)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 84

dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan kembali Sedang (5,5-6) dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan kembali Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan kembali Kurang sekali (0-3) dengan tepat 2. Aspek Menulis dengan Indikator • :

Siswa mampu melengkapi puisi berdasarkan gambar. Kriteria Dapat melengkapi Skor puisi Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 86

berdasarkan gambar dengan tepat Dapat melengkapi puisi Baik (7-8) berdasarkan gambar dengan puisi Sedang (5,5-6) dengan puisi Kurang (4-5) dengan puisi Kurang sekali (0-3) sedikit kesalahan Dapat melengkapi berdasarkan gambar kesalahan agak banyak Dapat melengkapi berdasarkan gambar banyak kesalahan Tidak dapat melengkapi

berdasarkan gambar dengan tepat Siswa mampu membacakan puisi . Kriteria Skor Dapat membacakan puisi dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat membacakan puisi dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 86

101

Dapat membacakan puisi dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat membacakan puisi dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat membacakan puisi Kurang sekali (0-3) dengan tepat 3. Aspek Berbicara dengan Indikator • :

Siswa mampu menemukan pokok-pokok isi dongeng yang dibacanya. Kriteria Skor Dapat menemukan pokok-pokok Baik sekali (9-10) isi dongeng dengan tepat Dapat menemukan pokok-pokok Baik (7-8) isi dongeng dengan sedikit kesalahan Dapat menemukan pokok-pokok Sedang (5,5-6) isi dongeng dengan kesalahan agak banyak Dapat menemukan pokok-pokok Kurang (4-5) isi dongeng dengan banyak kesalahan Tidak dapat menemukan pokok- Kurang sekali (0-3) pokok isi dongeng dengan tepat

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 87

Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang

dibacanya. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 88 Kriteria Skor Dapat menjawab 8 pertanyaan Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menjawab 6 pertanyaan Baik (7-8) dengan tepat Dapat menjawab 4 pertanyaan Sedang (5,5-6) dengan tepat Dapat menjawab 2 pertanyaan Kurang (4-5) dengan tepat

102

Tidak

dapat

menjawab

8 Kurang sekali (0-3)

pertanyaan dengan tepat • Siswa mampu membuat kalimat dengan kata depan dari Kriteria Skor Dapat membuat kalimat dengan Baik sekali (9-10) kata depan dari dengan tepat Dapat membuat kalimat dengan Baik (7-8) kata depan dari dengan sedikit kesalahan Dapat membuat kalimat dengan Sedang (5,5-6) kata depan dari dengan kesalahan agak banyak Dapat membuat kalimat dengan Kurang (4-5) kata depan dari dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kalimat Kurang sekali (0-3) dengan kata depan dari dengan tepat

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 89

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Dapat melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan benar Dapat melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan benar dan kurang lengkap Dapat melengkapi puisi anak berdasarkan gambar kurang benar dan kurang lengkap Dapat melengkapi puisi anak berdasarkan gambar kurang benar dan tidak lengkap Tdak dapat melengkapi puisi anak berdasarkan

103

gambar dengan tidak benar dan tidak lengkap Keterangan : 1. 2. 3. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil secara tuntas. dengan soal / perintah yang sama. seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 10. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Pekerjaan. Mendengarkan : Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. : : Bahasa Indonesia : III / 2

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar

Tema: Pekerjaan

Membaca: Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150104 200 kata ) yang dibaca secara intensif

II.

Standar Kompetensi : 2. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan. 3. Memngungkapkan pikiran, perasaan, dan penalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita. 4. Menahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca.

III.

Kompetensi Dasar

:

5.2. Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.. 6.2. Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar. 7.1. Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Menceritakan peristiwa yang dilihat. 2. Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi bacaan. 3. Menirukan percakapan berdasarkan teks drama yang didengar. 4. Menggunakan tanda hubung ( - ). V. Kegiatan Pembelajaran :

* Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Pekerjaan Petani “. * Siswa diminta menjawab pertanyaan dari cerita yang dibaca. * Siswa diminta meringkas cerita dari bacaan yang dibaca. * Siswa diminta menceritakan kembali cerita yang telah dibaca, berdasarkan hasil ringkasan yang telah dibuat. * Siswa diminta menceritaklan peristiwa yang pernah dilihat atau dialaminya sendiri. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 111 soal no 1. * Siswa dminta membaca bacaan yang berjudul “ Humus si Penyubur Tanah “ * Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan yang telah dibaca

105

* Siswa diminta mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang telah tersedia. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 112 yaitu tugas portofolio. * Guru membacakan percakapan bersama seoran siswa. * Siswa diminta mendengarkan percakapan yang dibacakan guru. * Siswa diminta membaca kalimat dengan ekpresi yang tepat. * Siswa diminta membaca teks drama dan menghafalnya. * Siswa diminta memperagakan drama yang telah dihafalkanya bersama kelompoknya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 112 soal no 3 a-b. VI. Indikator • • • • • • • • • VII. :

Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali apa yang dibaca. Siswa mampu menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri. Siswa mampu mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia. Siswa mampu mendengarkan dan menirukan percakapan dalam drama. Siswa mampu membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat. Siswa mampu membaca teks drama dan menghafalnya. Siswa mampu memperagakan drama. Siswa mampu menggunakan tanda hubung ( - ) dalam kalimat. :

Penilaian • • • • cerita.

Tes tertulis dalam bentuk perintah menjawab pertanyaan dan meringkas Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan apa yang pernah dibaca atau peristiwa yang pernah dilihat. Tes tertulis dalam bentuk perintah mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dan sesuai bacaan yang dibacanya. Tes lisan dalam bentuk perintah mendengarkan dan menirukan percakapan dalam drama.

106

• •

Tes lisan dalam bentuk perintah membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat. Tes lisan dalajm bentuk perintahmembaca teks drama dan menghafalkanya serta memperagakan drama.

VIII. IX.

Alokasi Waktu

:

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 10 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Pekerjaan. :

Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan.

107

• • III.

Memngungkapkan pikiran, perasaan, dan penalaman secara lisan Menahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan :

dengan bertelepon dan bercerita. membaca. Kompetensi Dasar Berbicara Indikator • • • Membaca Indikator • Mendengarkan Indikator • drama. • • • Siswa mampu membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat. Siswa mampu membaca teks drama dan menghafalnya. Siswa mampu memperagakan drama. Mendengarkan : Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. : Siswa mampu mendengarkan dan menirukan percakapan dalam tersedia. :Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. :Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar : Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali apa yang dibaca. Siswa mampu menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang :Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif : Siswa mampu mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang

dialaminya sendiri.

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar

Tema: Pekerjaan

Membaca: Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca 108 secara intensif

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Berbicara • • • • • • 2. Membaca • • • • • • • • • • :

:

Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Pekerjaan Siswa diminta menjawab pertanyaan dari cerita yang dibaca. Siswa diminta meringkas cerita dari bacaan yang dibaca. Siswa diminta menceritakan kembali cerita yang telah dibaca, Siswa diminta menceritaklan peristiwa yang pernah dilihat atau Siswa mengerjakan Sasebi halaman 111 soal no 1. : Siswa dminta membaca bacaan yang berjudul “ Humus si Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan Siswa diminta mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang Siswa mengerjakan Sasebi halaman 112 yaitu tugas portofolio. : Guru membacakan percakapan bersama seoran siswa. Siswa diminta mendengarkan percakapan yang dibacakan guru. Siswa diminta membaca kalimat dengan ekpresi yang tepat. Siswa diminta membaca teks drama dan menghafalnya. Siswa diminta memperagakan drama yang telah dihafalkanya Siswa mengerjakan Sasebi halaman 112 soal no 3 a-b.

Petani “.

berdasarkan hasil ringkasan yang telah dibuat. dialaminya sendiri.

Penyubur Tanah “ yang telah dibaca telah tersedia. 3. Mendengarkan

bersama kelompoknya.

109

V.

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

:

: Naskah Drama, alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga.

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Berbicara : Menceritakan peristiwa pernah dilihat, didengar yang dialami, • atau Indikator • Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali apa yang dibaca. • Siswa mampu menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri. Membaca: Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) • mampu mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia. Siswa • Tes Tulis • Tes Tulis ( portofolio ) • Tes Tulis Teknik penilaian • Tes Tulis Alat penilaian • dalam bentuk perintah meringkas cerita. • dalam perintah menceritakan kembali apa yang dibaca. • dalam perintah menceritakan peristiwa dialaminya sendiri • dalam bentuk perintah mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dan yang dilihat atau yang bentuk bentuk

110

yang dibaca secara intensif Mendengarkan : Menirukan dengan yang drama pembacaan anak didengarnya. tepat dialog ekspresi dari teks yang • mampu mendengarkan dan menirukan percakapan dalam drama. • mampu membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat. • mampu membaca teks drama dan menghafalnya. • mampu memperagakan drama. Siswa • Tes Lisan Siswa • Tes Tulis Siswa • Tes Tulis Siswa • Tes Tulis

sesuai bacaan yang dibacanya. • dalam perintah menirukan percakapan drama • dalam perintah membaca kalimat dengan • dalam perintah menghafalkan teks drma • dalam perintah memperagakan drama bentuk ekspresi bentuk yang tepat bentuk bentuk

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Berbicara dengan Indikator : • Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya Kriteria Skor Dapat meringkas cerita dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat meringkas cerita dengan Baik (7-8)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 106

111

sedikit kesalahan Dapat meringkas cerita dengan Sedang (5,5-6) kesalahan agak banyak Dapat meringkas cerita dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat meringkas cerita Kurang sekali (0-3)

dengan tepat • Siswa mampu menceritakan kembali apa yang dibaca. Kriteria Dapat menceritakan kembali apa yang dibaca.dengan tepat Dapat menceritakan kembali apa yang dibaca dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan kembali apa yang dibaca.dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan kembali apa yang dibaca dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan kembali apa yang dibaca dengan tepat • Siswa mampu menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri. Kurang sekali (0-3) Kurang (4-5) Sedang (5,5-6) Skor Baik sekali (9-10) Baik (7-8)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 106

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 106

Kriteria Dapat menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiridengan tepat Dapat menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri dengan sedikit kesalahan

Skor Baik sekali (9-10)

Baik (7-8)

112

Dapat menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan peristiwa yang dilihat atau yang dialaminya sendiri dengan tepat 2. Aspek Membaca dengan Indikator • :

Sedang (5,5-6)

Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

Siswa mampu mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia Kriteria Dapat mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dengan tepat Dapat mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dengan sedikit kesalahan Dapat mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dengan kesalahan agak banyak Dapat mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dengan banyak kesalahan Tidak mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia dengan tepat Kurang sekali (0-3) Kurang (4-5) Sedang (5,5-6) Baik (7-8) Skor Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 108

3.

Aspek Mendengarkan dengan Indikator •

:

Siswa mampu mendengarkan dan menirukan percakapan dalam drama. Kriteria Dapat menirukan percakapan Skor Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi

113

halaman 109

dalam drama dengan tepat Dapat menirukan percakapan dalam drama dengan sedikit kesalahan Dapat menirukan percakapan dalam drama dengan kesalahan agak banyak Dapat menirukan percakapan dalam drama dengan banyak

Baik (7-8)

Sedang (5,5-6)

Kurang (4-5)

kesalahan Tidak dapat menirukan percakapan Kurang sekali (0-3) dalam drama dengan tepat • Siswa mampu membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat. Kriteria Dapat membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat dengan tepat Dapat membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat dengan sedikit kesalahan Dapat membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat dengan kesalahan agak banyak Dapat membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat dengan banyak kesalahan Tidak dapat membaca kalimat dengan ekspresi yang tepat dengan tepat • Siswa mampu membaca teks drama dan menghafalnya Kriteria Dapat membaca teks drama dan menghafalnya dengan tepat Dapat membaca teks drama dan menghafalnya dengan sedikit Skor Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Kurang sekali (0-3) Kurang (4-5) Sedang (5,5-6) Skor Baik sekali (9-10) Baik (7-8)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 109

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 109

114

kesalahan Dapat membaca teks drama dan menghafalnya dengan kesalahan agak banyak Dapat membaca teks drama dan menghafalnya dengan banyak kesalahan Tidak dapat membaca teks drama dan menghafalnya dengan tepat • Siswa mampu memperagakan drama. Kriteria Dapat memperagakan drama dengan tepat Dapat memperagakan drama dengan sedikit kesalahan Dapat memperagakan drama dengan kesalahan agak banyak Dapat memperagakan drama dengan banyak kesalahan Tidak dapat memperagakan drama dengan tepat

Sedang (5,5-6)

Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 109

Skor Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5)

Kurang sekali (0-3)

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Deskripsi Dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar dengan benar Dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar benar dan kurang Sedang (5,5-6) lengkap Dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar kurang benar dan Kurang (4-5) kurang lengkap Dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar kurang benar dan

115

Kurang sekali (0-3)

tidak lengkap Tidak dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar dengan tidak benar dan tidak lengkap

Keterangan : 1. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator secara tuntas. 2. Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang dengan soal / perintah yang sama. 3. Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

116

SILABUS PELAJARAN 11. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Keperluan. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. : : Bahasa Indonesia : III / 2

Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.

Tema: Keperluan

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

II.

Standar Kompetensi : 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan. 6. Memngungkapkan pikiran, perasaan, dan penalaman secara lisan dengan

117

bertelepon dan bercerita. 8. Mengunkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. III. Kompetensi Dasar didengarnya. 6.1. Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. 8.1. menulis karangan sederhana berdasarkn gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan hurup capital, dan tanda titik. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Memberikan tanggapan setelah mendengarkan cerita pengalaman. 2. Melakukan percakapan melalui telepon. 3. Menulis karangan sesuai gambar seri. 4. Menggunakan tanda koma ( , ). V. Kegiatan Pembelajaran Dongeng Sedunia “. * Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didegar. * Siswa diminta menanggapai cerita pengalaman yang dibacakan oleh guru. * Siswa diminta menceritakan pengalamanya sendiri. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 120 soal no 1. * Siswa diminta memperagakan percakapan dengan terlebih dahulu memperhatikan tata cara bertelepon yang baik. * Siswa diminta melakukan percakapan dengan teman sebangku. * Sisw mengerjakan Sasebi halaman 120 soal no 2. * Siswa diminta memahami maksud gambar seri yang sudh urut. * Siswa diminta menulis karangan berdasarkan gambar seri tersebut. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 120 yaitu tugas portofolio. : :

5.1. Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang

* Guru membacakan cerita pengalaman yang berjudul “ Buku Kumpulan

118

* Guru menjelaskan kegunaan tanda koma ( , ). * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 120 soal no 3 a- e. VI. Indikator • • • • • • • • VII. :

Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengar. Siswa mampu menanggapi cerita pengalaman yang dibacakan oleh guru. Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri di depan kelas. Siswa mampu memperagakan percakapan dengan memperhatikan tata cara bertelepon yang baik. Siswa mampu melakukan percakapan telepon bersama temn sebangku. Siswa mampu memahami maksud gambar seri yang dipasang didepan kelas. Siswa mampu menuluis karangan berdasarkan gambar seri yang dilihatnya. Siswa mampu menggunakan tanda koma dalam kalimat. :

Penilaian • • • • • • •

Tes Tertulis dalam bentuk perintah menjawab pertanyaan bacaan. Tes tertulis dalam bentuk perintah menanggapi cerita pengalaman yang dibacakan oleh guru. Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan pengalamanya sendiri di depan kelas. Tes perbuatan dalam bentuk perintah memperagakan percakapan dengn memperhatikan tata cara bertelepon yang baik. Tes perbuatan dalam bentuk perintah melakukan percakapan dengan teman sebangku. Tes tertulis dalam bentuk perintah memahami maksud gambar seri yang dilihatnya. Tes Tertulis dalam bentuk peintah menulis karangan berdasarkan gambar seri yang dilihatnya.

VIII.

Alokasi Waktu

:

119

IX.

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 11 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • • III. Kompetensi Dasar Mendengarkan Indikator • • : Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai cerita yang Siswa mampu menanggapi cerita pengalaman yang dibacakan Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Keperluan :

Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan. Memngungkapkan pikiran, perasaan, dan penalaman Mengunkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam : :Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.

secara lisan dengan bertelepon dan bercerita. karangan sederhana dan puisi.

didengar. oleh guru.

120

• kelas. Berbicara Indikator • • Menulis

Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri di depan :Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. : Siswa mampu memperagakan percakapan dengan

memperhatikan tata cara bertelepon yang baik. Siswa mampu melakukan percakapan telepon bersama temn :Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri sebangku. menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. Indikator • • • : Siswa mampu memahami maksud gambar seri yang dipasang Siswa mampu menuluis karangan berdasarkan gambar seri Siswa mampu menggunakan tanda koma dalam kalimat. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.

didepan kelas. yang dilihatnya.

Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.

Tema: Keperluan

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

121

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan • • • • • 2. Berbicara • • • 3. Menulis • • • • • :

:

Guru membacakan cerita pengalaman yang berjudul “ Buku Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didegar. Siswa diminta menanggapai cerita pengalaman yang dibacakan Siswa diminta menceritakan pengalamanya sendiri. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 120 soal no 1. : Siswa diminta memperagakan percakapan dengan terlebih Siswa diminta melakukan percakapan dengan teman sebangku. Sisw mengerjakan Sasebi halaman 120 soal no 2. : Siswa diminta memahami maksud gambar seri yang sudh urut. Siswa diminta menulis karangan berdasarkan gambar seri Siswa mengerjakan Sasebi halaman 120 yaitu tugas portofolio. Guru menjelaskan kegunaan tanda koma ( , ). Siswa mengerjakan Sasebi halaman 120 soal no 3 a- e.

Kumpulan Dongeng Sedunia “.

oleh guru.

dahulu memperhatikan tata cara bertelepon yang baik.

tersebut.

V.

Alat , Bahan , Sumber : Alat dan Bahan Sumber : gambar, alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga. :

VI

Penilaian

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut:

122

Kompetensi Dasar Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang pengalaman cerita teman

Indikator • Siswa menjawab pertanyaan sesuai cerita didengar. • Siswa yang

Teknik penilaian mampu • Tes Tulis

Alat penilaian • dalam perintah menjawab pertanyaan bacaan. • dalam perintah menanggapi cerita pengalaman yang dibacakan guru. oleh bentuk bentuk

yang didengarnya.

mampu • Tes Tulis

menanggapi cerita pengalaman yang dibacakan guru. oleh

• Siswa

mampu Tes Lisan

• dalam perintah

bentuk

menceritakan pengalamanya sendiri di depan kelas. Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. • Siswa diminta • Tes Perbuatan

menceritakan pengalamanya sendiri di depan kelas. • dalam perintah memperagakan percakapan dengn memperhatikan tata bertelepon baik. • dalam perintah melakukan cara yang bentuk cara bentuk

memperagakan percakapan dengan dahulu memperhatikan tata bertelepon baik. • Siswa melakukan percakapan yang terlebih

diminta • Tes Perbuatan

123

dengan sebangku. Menulis : Menulis sederhana berdasarkan gambar seri pilihan dengan memperhatikan penggunaan tanda titik. ejaan, hurup kapital dan menggunakan kata dan karangan • Siswa memahami maksud

teman

percakapan dengan teman sebangku. • dalam bentuk perintah memahami maksud seri dilihatnya. • dalam karangan berdasarkan gambar seri yang dilihatnya. gambar yang bentuk

mampu • Tes Tulis gambar

seri yang dipasang didepan kelas. mampu • Tes Tulis ( portofolio )

kalimat yang tepat • Siswa

menulis karangan berdasarkan gambar seri yang dilihatnya.

perintah menulis

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Mendengarkan dengan Indikator : • Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengar. Kriteria Skor Dapat menjawab 8 pertanyaan Baik sekali (9-10) sesuai cerita yang didengar dengan tepat Dapat menjawab 6 pertanyaan Baik (7-8) sesuai cerita yang didengar dengan tepat Dapat menjawab 4 pertanyaan Sedang (5,5-6) sesuai cerita yang didengar dengan tepat Dapat menjawab 2 pertanyaan Kurang (4-5) sesuai cerita yang didengar dengan tepat Tidak dapat menjawab cerita 8 Kurang sekali (0-3) yang

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 114

pertanyaan

sesuai

124

didengar dengan tepat • Siswa mampu menanggapi cerita pengalaman yang dibacakan oleh guru. Kriteria Dapat menanggapi Skor cerita Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 114

pengalaman yang dibacakan oleh guru dengan tepat Dapat menanggapi cerita Baik (7-8)

pengalaman yang dibacakan oleh guru dengan sedikit kesalahan Dapat menanggapi cerita Sedang (5,5-6) pengalaman yang dibacakan oleh guru banyak Dapat dengan kesalahan agak cerita Kurang (4-5)

menanggapi

pengalaman yang dibacakan oleh guru dengan banyak kesalahan Tidak dapat menanggapi cerita Kurang sekali (0-3) pengalaman yang dibacakan oleh guru dengan tepat • Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri di depan kelas. Kriteria Skor Dapat menceritakan pengalamanya Baik sekali (9-10) sendiri dengan tepat Dapat menceritakan pengalamanya Baik (7-8) sendiri dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan pengalamanya Sedang (5,5-6) sendiri dengan kesalahan agak banyak Dapat menceritakan pengalamanya Kurang (4-5) sendiri dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 114

pengalamanya sendiri dengan tepat 2. Aspek Berbicara Dengan Indikator :

125

Siswa diminta memperagakan percakapan dengan terlebih dahulu Kriteria Dapat memperagakan percakapan dengan tata cara bertelepon yang baik dengan tepat Dapat memperagakan percakapan Baik (7-8) dengan tata cara bertelepon yang baik dengan sedikit kesalahan Dapat memperagakan percakapan Sedang (5,5-6) dengan tata cara bertelepon yang baik dengan kesalahan agak banyak Dapat memperagakan percakapan Kurang (4-5) dengan tata cara bertelepon yang baik dengan banyak kesalahan Tidak dapat memperagakan Kurang sekali (0-3) percakapan dengan tata cara bertelepon yang baik dengan tepat Skor Baik sekali (9-10)

memperhatikan tata cara bertelepon yang baik. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 115

Siswa diminta melakukan percakapan dengan teman sebangku. Kriteria Dapat melakukan dengan teman tepat Dapat Skor percakapan Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 116

sebangku dengan percakapan Baik (7-8)

melakukan

dengan teman

sebangku dengan percakapan Sedang (5,5-6)

sedikit kesalahan Dapat melakukan dengan teman

sebangku dengan

kesalahan agak banyak Dapat melakukan percakapan Kurang (4-5) dengan teman sebangku dengan melakukan Kurang sekali (0-3) teman banyak kesalahan Tidak dapat percakapan dengan

126

sebangku dengan tepat 3. Aspek Menulis dengan Indikator • kelas. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 117 Kriteria Skor Dapat memahami maksud gambar Baik sekali (9-10) seri yang dipasang didepan kelas. dengan tepat Dapat memahami maksud gambar Baik (7-8) seri yang dipasang didepan kelas dengan sedikit kesalahan Dapat memahami maksud gambar Sedang (5,5-6) seri yang dipasang didepan kelas dengan kesalahan agak banyak Dapat memahami maksud gambar Kurang (4-5) seri yang dipasang didepan kelas dengan banyak kesalahan Tidak dapat memahami maksud Kurang sekali (0-3) gambar seri yang dipasang didepan kelas dengan tepat • Siswa mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri yang dilihatnya. Kriteria Dapat menulis Skor karangan Baik sekali (9-10) :

Siswa mampu memahami maksud gambar seri yang dipasang didepan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 117

berdasarkan gambar seri yang dilihatnya dengan tepat Dapat menulis dilihatnya dengan karangan Baik (7-8) sedikit karangan Sedang (5,5-6)

berdasarkan gambar seri yang kesalahan Dapat menulis

berdasarkan gambar seri yang dilihatnya dengan kesalahan agak banyak

127

Dapat dilihatnya

menulis dengan

karangan Kurang (4-5) banyak

berdasarkan gambar seri yang kesalahan Tidak dapat menulis karangan Kurang sekali (0-3) berdasarkan gambar seri yang dilihatnya dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan benar Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kurang benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kurang benar dan tidak lengkap Tidak dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan tidak benar dan tidak lengkap Keterangan : 1. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator secara tuntas. 2. Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang dengan soal / perintah yang sama. 3. Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama.

128

4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

129

SILABUS PELAJARAN 12. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Desaku. Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar : : Bahasa Indonesia : III / 2

Membaca: Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

Tema: Desaku

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

II.

Standar Kompetensi : 6.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan berbicara. 7. Memahami teks dengan membca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca. 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

6.2. Menceritakan peristiwa yang pernah dialami,dilihat,atau didengar. 7.2. Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekpresi yang tepat. 8.1. Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup capital dan tanda titik.

130

IV.

Materi Pokok Pembelajaran : 1. Menulis karangan berdasarkan gambar. 2. Menceritakan peristiwa yang pernah dilami. 3. Membaca Puisi. 4. Terampil Membuat Kalimat.

V.

Kegiatan Pembelajaran

:

* Siswa diminta menyayikan lagu “ Desaku yang Kucinta “ bersama-sama. * Siswa diminta mengurutkan gambar yang masih acak. * Siswa diminta memahami maksud gambar. * Siswa diminta menyusun karangan sesuai gambar * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 129 yaitu tugas portofolio. * Sisw diminta membaca contoh cerita pengalaman yang berjudul “ Berkunjung ke Desa “. * Siswa diminta menceritakan pengalamanya sendiri. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 128 soal no 1. * Siswa diminta membaca puisi dengan judul “ Indahnya Alam “ * Siswa diminta menilai pembacaan puisi temannya. * Siswa diminta memahami maksud puisi dengan cara menanggapi pernyataan yang tersedia. * Siswa diminta menjelaskan isi puisi. * Siswa diminta membaca puisi dengan judul “ Desaku yang Kurindu “ * Siswa diminta membuat kalimat sesuai gambar yang tersedia. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 129 soal no 3. VI. Indikator • • • • • • :

Siswa mampu menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta. Siswa mampu mengurutkan gambar acak.. Siswa mampu menyusun karangan sesuai gambar. Siswa mampu menceritakan pengalamannya sendiri. Siswa mampu membaca puisi. Siswa mampu menjelaskan isi puisi.

131

• VII. • • • • •

Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar. : Tes tertulis dalam bentuk perintah mencermati dan memahami maksud gambar. Tes tertulis dalam bentuk perintah menyusun karangan sesuai gambar. Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan pengalamanya sendiri dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang didengar. Tes lisan dalam bentuk perintah membaca puisi. Tes tertulis dalam bentuk perintah memahami dan menjelaskan isi puisi. Alokasi Waktu.

Penilaian

VIII. IX.

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

132

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 12 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • • III. dengan membaca. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan : sederhana dan puisi. Kompetensi Dasar Menulis :Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. Indikator • • • Berbicara Indikator • Membaca Indikator : Siswa mampu menceritakan pengalamannya sendiri. :Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. : : Siswa mampu menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta. Siswa mampu mengurutkan gambar acak.. Siswa mampu menyusun karangan sesuai gambar. :Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Desaku :

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan bertelepon dan berbicara. Memahami teks dengan membca intensif ( 150-200 kata ) dan

133

• • •

Siswa mampu membaca puisi. Siswa mampu menjelaskan isi puisi. Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar.

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar

Membaca: Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

Tema: Desaku

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Menulis • • • • • 2. Berbicara • • • • • :

:

Siswa diminta menyayikan lagu “ Desaku yang Kucinta “ Siswa diminta mengurutkan gambar yang masih acak. Siswa diminta memahami maksud gambar. Siswa diminta menyusun karangan sesuai gambar Siswa mengerjakan Sasebi halaman 129 yaitu tugas portofolio. :

bersama-sama.

Sisw diminta membaca contoh cerita pengalaman yang berjudul “ Berkunjung ke Desa “. Siswa diminta menceritakan pengalamanya sendiri. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 128 soal no 1. : Siswa diminta membaca puisi dengan judul “ Indahnya Alam “ Siswa diminta menilai pembacaan puisi temannya.

3. Membaca

134

• • • • • • V.

Siswa diminta memahami maksud puisi dengan cara menanggapi pernyataan yang tersedia. Siswa diminta menjelaskan isi puisi. Siswa diminta membaca puisi dengan judul “ Desaku yang Kurindu “ Siswa diminta membuat kalimat sesuai gambar yang tersedia. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 129 soal no 3. : : Gambar , Teks lagu teks puisi. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Menulis : Menulis sederhana berdasarkan gambar seri pilihan dengan memperhatikan penggunaan tanda titik. ejaan, • hurup kapital dan Siswa mampu menyusun karangan sesuai gambar. • Tes Tulis menggunakan • kata dan karangan Indikator • Siswa mampu menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta. Siswa mampu mengurutkan gambar acak.. • Tes Tulis ( portofolio ) Teknik penilaian • Tes Lisan Alat penilaian • dalam perintah menyanyikan lagu. • dalam bentuk perintah mencermati dan memahami maksud gambar. • dalam perintah menyusun karangan sesuai bentuk bentuk

kalimat yang tepat

135

gambar Berbicara : Menceritakan peristiwa pernah dilihat, didengar yang dialami, atau • mampu menceritakan pengalamannya sendiri. Siswa • Tes Lisan • dalam bentuk perintah menceritakan pengalamanya sendiri dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang Membaca: Membaca dengan intonasi, puisi lafal, dan • Siswa mampu menjelaskan isi puisi. • Tes Lisan • Siswa mampu membaca puisi. • Tes Lisan didengar. • dalam bentuk perintah membaca puisi. • dalam perintah memahami menjelaskan puisi. • Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar. • Tes Tulis • dalam perintah membuat kalimat sesuai gambar bentuk dan isi bentuk

ekspresi yang tepat

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Menulis dengan Indikator : • Siswa mampu menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta. Kriteria Skor Dapat menyanyikan lagu Desaku Baik sekali (9-10) yang Kucinta dengan tepat Dapat menyanyikan lagu Desaku Baik (7-8) yang Kucinta dengan sedikit kesalahan Dapat menyanyikan lagu Desaku Sedang (5,5-6)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 121

136

yang Kucinta dengan agak banyak kesalahan Dapat menyanyikan lagu Desaku Kurang (4-5) yang Kucinta dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyanyikan lagu Kurang sekali (0-3) Desaku yang Kucinta dengan tepat • Siswa mampu mengurutkan gambar acak.. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 122 Kriteria Skor Dapat mengurutkan gambar acak Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat mengurutkan gambar acak Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat mengurutkan gambar acak Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat mengurutkan gambar acak Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat mengurutkan gambar Kurang sekali (0-3) acak dengan tepat • Siswa mampu menyusun karangan sesuai gambar. Kriteria Skor Dapat menyusun karangan sesuai Baik sekali (9-10) gambar dengan tepat Dapat menyusun karangan sesuai Baik (7-8) gambar dengan sedikit kesalahan Dapat menyusun karangan sesuai Sedang (5,5-6) gambar dengan agak banyak kesalahan Dapat menyusun karangan sesuai Kurang (4-5) gambar dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyusun karangan Kurang sekali (0-3) 2. sesuai gambar dengan tepat Aspek Berbicara dengan Indikator : • Siswa mampu menceritakan pengalamannya sendiri.

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 123

137

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 125

Kriteria Dapat pengalamannya tepat Dapat pengalamannya sedikit kesalahan Dapat pengalamannya

Skor menceritakan Baik sekali (9-10) sendiri dengan

menceritakan Baik (7-8) sendiri dengan

menceritakan Sedang (5,5-6) sendiri dengan

agak banyak kesalahan Dapat menceritakan Kurang (4-5) pengalamannya banyak kesalahan Tidak dapat pengalamannya tepat 3. Aspek Membaca dengan Indikator • Siswa mampu membaca puisi Kriteria Skor Dapat membaca puisi dengan tepat Baik sekali (9-10) Dapat membaca puisi dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat membaca puisi dengan agak Sedang (5,5-6) banyak kesalahan Dapat membaca banyak kesalahan Tidak dapat membaca puisi Kurang sekali (0-3) puisi dengan Kurang (4-5) : sendiri dengan

menceritakan Kurang sekali (0-3) sendiri dengan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 125

dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan isi puisi. Kriteria Dapat menjelaskan isi puisi dengan tepat Dapat menjelaskan isi Skor Baik sekali (9-10) puisi Baik (7-8) puisi Sedang (5,5-6)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 125

dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan isi

138

dengan agak banyak kesalahan Dapat menjelaskan isi puisi Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan isi puisi Kurang sekali (0-3) dengan tepat • Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar. Kriteria Dapat membuat kalimat sesuai Skor Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 125

gambar dengan tepat Dapat membuat kalimat sesuai Baik (7-8) gambar dengan sedikit kesalahan Dapat membuat kalimat sesuai Sedang (5,5-6) gambar dengan agak banyak kesalahan Dapat membuat kalimat sesuai Kurang (4-5) gambar dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kalimat Kurang sekali (0-3) sesuai gambar dengan tepat ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO

KD: Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan benar Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kurang benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kurang benar dan tidak lengkap Tidak dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan tidak benar dan

139

tidak lengkap Keterangan : 1. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator secara tuntas. 2. Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang dengan soal / perintah yang sama. 3. Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

SILABUS PELAJARAN 13. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Manusia terampil. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. : : Bahasa Indonesia : III / 2

140

Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca secara intensif

Tema: Manusia Terampil

Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.

II.

Standar Kompetensi : 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan. 7. Memahami teks dangan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca. 8. Mengunkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar Didengarnya.

:

5.1. Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang 7.1. Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif. VIII.2. Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Membaca lalu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai isi bacaan. 2. Memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman Teman. 3. Menulis puisi berdasarkan gambar. 4. Terampil membuat kalimat tanya. V. Kegiatan Pembelajaran : * Siswa diminta membaca bacaan yang bejudul “ Manusia yang Terampil “. * Siswa diminta menjawab pertanyaan bacaan. * Siswa diminta membuat pertanyaan tentang isi bacaan yang dibaca. * Siswa diminta membuat kesimpulan dari bacaan yang dibacanya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 137 soal no 1 a-c. * Siswa diminta membaca contoh cerita pengalaman yang berjudul “ Aku harus Bisa “. * Siswa diminta menceritakan pengalamannya sewaktu membuat keterampilan

141

atau kerajinan tangan. * Siswa diminta menanggapi cerita pengalaman temanya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 138 soal no 2. * Siswa diminta membaca contoh puisi sesuai gambar. * Siswa diminta menceritakan isi puisi sesuai pemahamannya. * Siswa diminta menulis puisi berdasarkan gambar. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 138 yaitu tugas portofolio. * Siswa diminta membuat kalimat tanya sesuai jawaban yang tersedia. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 138 soal no 3. VI. Indikatior • • • • • • • VII. • • • • • VIII. isi bacaan. Siswa mampu menyatakan pendapat disertai alas an yang jelas. Siswa mampu membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca. Siswa mampu menceritakan pengalamanya sewaktu membuat keterampilan atau kerajinan tangan. Siswa mampu menceritakan isi puisi yang dibacanya sesuai gambar. Siswa mampu menulis puisi sesuai gambar. Siswa terampil membuat kalimat tanya. : Tes tertulis/lisan dalam bentuk perintah menjawab pertanyaan,mengajukan pertanyaan, dan menyatakan pendapat. Tes Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca. Tes tertulis/ lisan dalam bentuk perintah menceritakan pengalamanya sendiri dan menanggapi cerita pengalaman temannya. Tes tertulis dalam bentuk perintah menceritakan isi puisi berdasarkan gambar. Tes tertulis dalam bentuk perintah menulis puisi berdasarkan gambar. : : Siswa mampu membaca lalu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai

Penilaian

Alokasi Waktu

142

IX.

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 13 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Manusia Terampil. :

Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan.

143

• • III.

Memahami teks dangan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca. Mengunkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. :

Kompetensi Dasar Membaca Indikator • • • Mendengarkan Indikator • Menulis Indikator • • • : : :

:Menjawab ataumengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif Siswa mampu membaca lalu menjawab dan mengajukan Siswa mampu menyatakan pendapat disertai alas an yang jelas. Siswa mampu membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca. :Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. Siswa mampu menceritakan pengalamanya sewaktu membuat :Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. Siswa mampu menceritakan isi puisi yang dibacanya sesuai Siswa mampu menulis puisi sesuai gambar. Siswa terampil membuat kalimat tanya. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.

pertanyaan sesuai isi bacaan.

keterampilan atau kerajinan tangan.

gambar.

Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca secara intensif

Tema: Manusia Terampil

Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. 144

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca • • • dibaca. • • • • • • 3. Menulis • • • • • • :

:

Siswa diminta membaca bacaan yang bejudul “ Manusia yang Siswa diminta menjawab pertanyaan bacaan. Siswa diminta membuat pertanyaan tentang isi bacaan yang Siswa diminta membuat kesimpulan dari bacaan yang Siswa mengerjakan Sasebi halaman 137 soal no 1 a-c. : Siswa diminta membaca contoh cerita pengalaman yang Siswa diminta menceritakan pengalamannya sewaktu membuat Siswa diminta menanggapi cerita pengalaman temanya. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 138 soal no 2. : Siswa diminta membaca contoh puisi sesuai gambar. Siswa diminta menceritakan isi puisi sesuai pemahamannya. Siswa diminta menulis puisi berdasarkan gambar. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 138 yaitu tugas portofolio. Siswa diminta membuat kalimat tanya sesuai jawaban yang Siswa mengerjakan Sasebi halaman 138 soal no 3. : : Gambar, Teks puisi, alat tulis. : Buku Saya Senang Berbahsa Indonesia Penerbir Erlangga.

Terampil “.

dibacanya. 2. Mendengarkan

berjudul “ Aku harus Bisa “. keterampilan atau kerajinan tangan.

tersedia. V. Alat , Bahan dan Sumber Alat Dan Bahan Sumber

145

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif • Indikator • Siswa mampu membaca lalu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai isi bacaan. Siswa mampu menyatakan pendapat disertai alas an yang jelas. • Siswa mampu membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang pengalaman cerita teman • mampu menceritakan pengalamanya sewaktu membuat Siswa • Tes Lisan Tes Tulis • Dalam perintah membuat kesimpulan bacaan dari yang bentuk • Tes Tulis • dalam bentuk perintah menyatakan pendapat. Teknik penilaian • Tes Tulis Alat penilaian • dalam bentuk perintah menjawab pertanyaan,meng aju kan pertanyaan

dibaca • dalam bentuk perintah menceritakan pengalamanya sendiri dan menanggapi

yang didengarnya.

146

keterampilan atau kerajinan tangan. Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. • • Siswa mampu menceritakan isi puisi yang dibacanya sesuai gambar. Siswa mampu menulis puisi sesuai gambar. • Tes Tulis • Tes Tulis

cerita pengalaman temannya. • dalam

bentuk perintah menceritakan isi puisi berdasarkan gambar. • dalam bentuk perintah menulis puisi berdasarkan gambar.

( portofolio )

Siswa terampil membuat kalimat tanya.

Tes Tulis

• dalam

bentuk

perintah terampil membuat kalimat tanya

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Menbaca dengan Indikator : • Siswa mampu membaca lalu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai isi bacaan. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 132 Kriteria Dapat mengajukan Skor pertanyaan Baik sekali (9-10)

sesuai isi bacaan dengan tepat Dapat mengajukan pertanyaan Baik (7-8) sesuai isi bacaan dengan sedikit kesalahan Dapat mengajukan banyak kesalahan pertanyaan Sedang (5,5-6)

sesuai isi bacaan dengan agak

147

Dapat

mengajukan

pertanyaan Kurang (4-5)

sesuai isi bacaan dengan banyak kesalahan Tidak dapat pertanyaan dengan tepat • Siswa mampu menyatakan pendapat disertai alasan yang jelas. Kriteria Dapat menyatakan tepat Dapat Skor pendapat Baik sekali (9-10) sesuai mengajukan Kurang sekali (0-3) isi bacaan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 132

disertai alasan yang jelas dengan menyatakan pendapat Baik (7-8)

disertai alasan yang jelas dengan sedikit kesalahan Dapat menyatakan agak banyak kesalahan Dapat menyatakan pendapat Sedang (5,5-6)

disertai alasan yang jelas dengan pendapat Kurang (4-5)

disertai alasan yang jelas dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyatakan pendapat Kurang sekali (0-3) disertai alasan yang jelas dengan tepat • Siswa mampu membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca. Kriteria Skor Dapat membuat kesimpulan dari Baik sekali (9-10) bacaan yang dibaca dengan tepat Dapat membuat kesimpulan dari Baik (7-8) bacaan yang dibaca dengan sedikit kesalahan Dapat membuat kesimpulan dari Sedang (5,5-6) bacaan yang dibaca dengan agak banyak kesalahan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 133

148

Dapat membuat kesimpulan dari Kurang (4-5) bacaan yang dibaca dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kesimpulan Kurang sekali (0-3) dari bacaan yang dibaca dengan tepat 2. Aspek Mendengarkan dengan Indikator • keterampilan atau kerajinan tangan. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 133 Kriteria Skor Dapat menceritakan pengalamanya Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menceritakan pengalamanya Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan pengalamanya Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat menceritakan pengalamanya Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan Kurang sekali (0-3) :

Siswa mampu menceritakan pengalamanya sewaktu membuat

pengalamanya dengan tepat

3.

Aspek Menulis dengan Indikator •

:

Siswa mampu menceritakan isi puisi yang dibacanya sesuai gambar. Kriteria Skor Dapat menceritakan isi puisi yang Baik sekali (9-10) dibacanya sesuai gambar dengan tepat Dapat menceritakan isi puisi yang Baik (7-8) dibacanya sesuai gambar dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan isi puisi yang Sedang (5,5-6) dibacanya sesuai gambar dengan agak banyak kesalahan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 134

149

Dapat menceritakan isi puisi yang Kurang (4-5) dibacanya sesuai gambar dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan isi puisi Kurang sekali (0-3) yang dibacanya sesuai gambar dengan tepat • Siswa mampu menulis puisi sesuai gambar Kriteria Skor Dapat menulis puisi sesuai gambar Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menulis puisi sesuai gambar Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menulis puisi sesuai gambar Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat menulis puisi sesuai gambar Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menulis puisi sesuai Kurang sekali (0-3) gambar dengan tepat • Siswa terampil membuat kalimat tanya. Kriteria Skor Dapat terampil membuat kalimat Baik sekali (9-10) tanya dengan tepat Dapat terampil membuat kalimat Baik (7-8) tanya dengan sedikit kesalahan Dapat terampil membuat kalimat Sedang (5,5-6) tanya dengan agak banyak kesalahan Dapat terampil membuat kalimat Kurang (4-5) tanya dengan banyak kesalahan Tidak dapat terampil membuat Kurang sekali (0-3) kalimat tanya dengan tepat

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 136

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 136

150

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3) Deskripsi puisi berdasarkan puisi berdasarkan

Dapat

menulis

gambar gambar

dengan benar Dapat menulis

dengan benar dan kurang lengkap Dapat menulis puisi berdasarkan gambar kurang benar dan kurang lengkap Dapat menulis puisi berdasarkan gambar kurang benar dan tidak lengkap Tidak dapat menulis puisi berdasarkan gambar dengan tidak benar dan tidak lengkap

Keterangan : 1. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator secara tuntas. 2. Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang dengan soal / perintah yang sama. 3. Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

151

SILABUS PELAJARAN 14. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Kegemaran. Mendengarkan : Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. : : Bahasa Indonesia : III / 2

Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca secara intensif

Tema: Kegemaran

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. 152

II.

Standar Kompetensi : 5. Memahami cerita dan teks drma anak yang dilisankan. 7. Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca. 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

5.2. Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yanh didengarnya. 7.1. Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif. 8.1. Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi cerita. 2. Menirukan dialog denan ekspresi yang tepat. 3. Menulis karangan berdasarkan gambar seri. 4. Terampil menggunakan kata dan kalimat. V. Kegiatan Pembelajaran :

* Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Komputer Ayahku “. * Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai cerita yang dibaca. * Siswa diminta mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang tersedia. * Siswa diminta meringkas cerita yang dibacanya. * Siswa diminta menceritakan kembali isi cerita yang dibacanya sesuai ringkasan yang dibuatnya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 149 soal no 1 a-c. * Guru membacakan teks drama , sekaligus berperan sebagai 4 tokoh.

153

* Sisw diminta mendengarkan pembacaan teks drama yang dibacakan oleh guru. * Siswa diminta memerankan dialog denan ekspresi yang tepat. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 150 soal no a2 a-b. * Siswa diminta mengamati gambar seri. * Siswa diminta menulis karangan sesuai gambar seri. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 151 soal no 3 a-b. * Siswa diminta menebak kegemaran melalui gambar. * Siswa diminta membuat kalimat tanya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 151 soal no 3 * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 152 yaitu tugas portofolio. VI. Indikator • • • • • dibaca. Siswa mampu meringkas dan menceritakan kembali isi cerita yang dibacanya. Siswa mampu memerankan dialog dengan ekspresi yang tepat. Siswa mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri. Siswa terampil menggunakan kata dan kalimat melalui gambar dan membuat kalimat tanya. VII. Penilaian • • • • • : menebak kegemaran : Siswa mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang

Tes lisan dalam bentuk perintah menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai bacaan yang dibaca. Tes tertulis dalam bentuk perintah meringkas cerita yang dibacanya. Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan kembali isi ceritan yang dibacanya. Tes lisan dalam bentuk perintah memerankan dialog dengan ekspresi yang tepat. Tes tertulis dalam bentuk perintah menulis karangan berdasarkan gambar seri.

154

VIII. IX.

Alokasi Waktu

:

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpuistakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 14 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • • III. Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Kegemaran. :

Memahami cerita dan teks drma anak yang dilisankan. Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan :

membaca. sederhana dan puisi. Kompetensi Dasar Membaca Indikator : :Menjawab ataumengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif

155

• • Mendengarkan Indikator • Menulis

Siswa mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai Siswa mampu meringkas dan menceritakan kembali isi cerita :Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. : Siswa mampu memerankan dialog dengan ekspresi yang tepat. :Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

cerita yang dibaca. yang dibacanya.

Indikator • •

: Siswa mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri. Siswa terampil menggunakan kata dan kalimat menebak

kegemaran melalui gambar dan membuat kalimat tanya. Mendengarkan : Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.

Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca secara intensif

Tema: Kegemaran

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

IV.

Kegiatan Pembeljaran : 1. Membaca :

156

• • • • • • • tokoh. • • • 3. Menulis • • • • • • • V.

Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Komputer Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai cerita yang dibaca. Siswa diminta mengajukan pertanyaan sesuai jawaban yang Siswa diminta meringkas cerita yang dibacanya. Siswa diminta menceritakan kembali isi cerita yang dibacanya Siswa mengerjakan Sasebi halaman 149 soal no 1 a-c. : Guru membacakan teks drama , sekaligus berperan sebagai 4 Sisw diminta mendengarkan pembacaan teks drama yang Siswa diminta memerankan dialog denan ekspresi yang tepat. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 150 soal no a2 a-b. : Siswa diminta mengamati gambar seri. Siswa diminta menulis karangan sesuai gambar seri. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 151 soal no 3 a-b. Siswa diminta menebak kegemaran melalui gambar. Siswa diminta membuat kalimat tanya. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 151 soal no 3 Siswa mengerjakan Sasebi halaman 152 yaitu tugas portofolio. : : Gambar Seri, Teks Drama, alat Tulis. : Buku Saya Senang Berbahsa Indonesia Penerbit Erlangga. :

Ayahku “.

tersedia.

sesuai ringkasan yang dibuatnya. 2. Mendengarkan

dibacakan oleh guru.

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

VI

Penilaian

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran.

157

Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif • Siswa mampu • Tes Tulis dan isi yang • dalam perintah memerankan dialog ekspresi tepat. • Siswa menulis karangan berdasarkan gambar seri. • Siswa terampil • Tes Tulis menggunakan kata dan kalimat menebak kegemaran mampu • Tes Tulis • dalam karangan berdasarkan gambar seri. • dalam perintah Menggunakan kata dan kalimat menebak bentuk bentuk dengan yang bentuk Indikator • Siswa Teknik penilaian mampu • Tes Lisan dan Alat penilaian • dalam perintah menjawab mengajukan cerita pertanyaan sesuai bacaan dibaca. • dalam perintah meringkas cerita yang dibacanya. bentuk meringkas menceritakan kembali cerita Mendengarkan : Menirukan dengan yang drama pembacaan anak didengarnya. Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, tepat dialog ekspresi dari teks yang • yang dan bentuk

menjawab mengajukan pertanyaan sesuai yang dibaca.

dibacanya. Siswa mampu • Tes Lisan memerankan dialog ekspresi tepat. dengan yang

perintah menulis

158

hurup kapital dan tanda titik.

melalui gambar dan membuat kalimat tanya.

kegemaran melalui gambar

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Menbaca dengan Indikator : • Siswa mampu menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang dibaca. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 141 Kriteria Skor Dapat menjawab dan mengajukan Baik sekali (9-10) pertanyaan dengan tepat Dapat menjawab dan mengajukan Baik (7-8) pertanyaan dengan sedikit kesalahan Dapat menjawab dan mengajukan Sedang (5,5-6) pertanyaan dengan agak banyak kesalahan Dapat menjawab dan mengajukan Kurang (4-5) pertanyaan kesalahan Tidak dapat tepat • Siswa mampu meringkas dan menceritakan kembali isi cerita yang Kriteria Dapat Skor dan Baik sekali (9-10) dengan banyak dan Kurang sekali (0-3)

menjawab

mengajukan pertanyaan dengan

dibacanya. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 141 meringkas

menceritakan kembali isi cerita dengan tepat Dapat meringkas dengan sedikit kesalahan Dapat meringkas dan Baik (7-8)

menceritakan kembali isi cerita dan Sedang (5,5-6)

menceritakan kembali isi cerita

159

dengan agak banyak kesalahan Dapat meringkas dan Kurang (4-5) menceritakan kembali isi cerita dengan banyak kesalahan Tidak dapat meringkas dengan tepat 2. Aspek Mendengarkan dengan Indikator • : dan Kurang sekali (0-3)

menceritakan kembali isi cerita

Siswa mampu memerankan dialog dengan ekspresi yang tepat. Dapat memerankan dialog dengan Baik sekali (9-10) ekspresi yang tepat dengan tepat Dapat memerankan dialog dengan Baik (7-8) ekspresi yang tepat dengan sedikit kesalahan Dapat memerankan dialog dengan Sedang (5,5-6) ekspresi yang tepat dengan agak banyak kesalahan Dapat memerankan dialog dengan Kurang (4-5) ekspresi yang tepat dengan banyak kesalahan Tidak dapat memerankan dialog Kurang sekali (0-3) dengan ekspresi yang tepat dengan tepat

Buku Sasebi halaman 144

3.

Aspek Menulis dengan Indikator •

:

Siswa mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri. Kriteria Dapat tepat Dapat menulis Skor karangan Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 146

berdasarkan gambar seri dengan menulis karangan Baik (7-8)

berdasarkan gambar seri dengan sedikit kesalahan Dapat menulis karangan Sedang (5,5-6)

berdasarkan gambar seri dengan

160

agak banyak kesalahan Dapat menulis

karangan Kurang (4-5)

berdasarkan gambar seri dengan banyak kesalahan Tidak dapat menulis karangan Kurang sekali (0-3) berdasarkan gambar seri dengan tepat • Siswa terampil menggunakan kata dan kalimat melalui gambar dan membuat kalimat tanya. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 146 Kriteria Skor Dapat membuat kalimat tanya Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat membuat kalimat tanya Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat membuat kalimat tanya Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat membuat kalimat tanya Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kalimat Kurang sekali (0-3) tanya dengan tepat menebak kegemaran

ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO KD: Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. Tingkat Pencapaian Baik sekali (9-10) Baik (7-8) Sedang (5,5-6) Deskripsi Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan benar Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan benar dan kurang lengkap Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kurang benar dan kurang lengkap

161

Kurang (4-5) Kurang sekali (0-3)

Dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri kurang benar dan tidak lengkap Tidak dapat menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan tidak benar dan tidak lengkap

Keterangan : 1. Penilaian portofolio dilaksanakan untuk mencapai KD atau indikator secara tuntas. 2. Untuk mencapai ketuntasan tersebut dilaksanakan secara berulang dengan soal / perintah yang sama. 3. Apabila pada tahap soal pertama terdapat siswa yang belum berhasil seperti yang dituntut KD / Indikator maka pada pekerjaan siswa diberi komentar pembetulan dan siswa diberi tugas lagi soal / perintah yang sama. 4. Apabila pada tahap kedua belum dicapai seperti yang dikehendaki KD / Indikator, maka pekerjaan siswa tersebut dikomentari lagi untuk pembetulan dan siswa diberi tugas yang sama untuk ketiga, keempat dan seterusnya sampai siswa mampu dan mencapai KD / Indikator. 5. Hasil pekerjaan per siswa dari tahap pertama sampai mencapai keberhasilan tersebut dikumpulkan dan dibendel sebagai portofolio siswa.

162

SILABUS PELAJARAN 15. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Tugas Mulia. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. Membaca: Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. : : Bahasa Indonesia : III / 2

Tema: Tugas Mulia

II.

Standar Kompetensi : 5. Memahami cerita dan teks drma anak yang dilisankan. 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan berbicara. 7. Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca.

III.

Kompetensi Dasar Didengarnya.

:

5.1. Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang 6.1. Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana

163

dengan menggunakan kalimat ringkas. 7.2. Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekpresi yang tepat. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Mendengarkan cerita pengalaman teman dan menanggapinya. 2. Melakukan percakapan melalui telepon. 3. Membaca Puisi. 4. Terampil membuat kalimat tanya. V. Kegiatan Pembelajaran :

* Guru membacakan certa pengalaman yang berjudul “ Diandra Perlu Darah “. * Siswa diminta menjawab pertanyaan bacaan. * Siswa diminta meringkas serta menceritakan kembali bacaan yang dibannya. * Siswa diminta menanggapi cerita teman. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 159 sal no 1 * Siswa diminta membaca percakapan melalui telepon. * Siswa dimita memperagakan percakapan melalui telepon. * Siswa diminta membuat percakapan dan melakukan percakapan melalui telepon. * Siswa diminta membaca puisi yang berjudul “ Doa dan Pertolongan untuk Korban Bencana “. * Siswa diminta menilai pembacaan puisi yang dilakukan temannya. * Siswa dimnta menjelaskan isi puisi. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 161 soal no 3 a-b. * Siswa diminta membuat kalimat berdasarkan gambar. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 162 soal no 4 a-b. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 162 yaitu tugas portofolio. VI. Indikator • • • • : Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan pengalaman yang menyedihkan yang pernah dialaminya. Siswa mampu menanggapi cerita temannya. Siswa mampu memperagakan percakapan melalui telepon.

164

• • • • • VII. • • • • • • VIII. IX.

Siswa mampu membuat dan melakukan percakapan melalui telepon. Siswa mampu membaca puisi dengan ucapan, intonasi dan ekspresi yan tepat. Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. Siswa mampu menjelakan isi puisi. Siswa mampu membuat kalimat berdasarka gambar. : Tes Tertulis dalam bentuk perintah meringkas dan menceritakan pengalamannya yang menyedihkan yang pernah dialaminya. Tes lisan dalam bentuk perintah menanggapi cerita teman. Tes lisan dalam bentuk perintah membuat dan melakukan percakapan melalui telepon. Tes lisan dalam bentuk perintah membaca puisi dan menilai pembacaan puisi temanya. Tes tertulis dalam bentuk perintah menjelaskan isi puisi. Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat kalimat berdasarkan gambar. :

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

165

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 15 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • • III. Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Tugas Mulia. :

Memahami cerita dan teks drma anak yang dilisankan. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan bertelepon dan berbicara. Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan : :Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. : Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan pengalaman yang menyedihkan Siswa mampu menanggapi cerita temannya. :Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. :

dengan membaca.

Kompeteni Dasar Mendengarkan Indikator • • • Berbicara Indikator

yang pernah dialaminya.

166

• • Membaca Indikator • • • •

Siswa mampu memperagakan percakapan melalui telepon. Siswa mampu membuat dan melakukan percakapan melalui :Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. : Siswa mampu membaca puisi dengan ucapan, intonasi dan Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. Siswa mampu menjelakan isi puisi. Siswa mampu membuat kalimat berdasarka gambar. Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.

telepon.

ekspresi yan tepat.

Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. IV. Kegiatan Pembelajaran 1. Mendengarkan • • • • • 2. Berbicara • • Perlu Darah “. :

Tema: Tugas Mulia

Membaca: Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

:

Guru membacakan certa pengalaman yang berjudul “ Diandra Siswa diminta menjawab pertanyaan bacaan. Siswa diminta meringkas serta menceritakan kembali bacaan Siswa diminta menanggapi cerita teman. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 159 sal no 1 : Siswa diminta membaca percakapan melalui telepon. Siswa dimita memperagakan percakapan melalui telepon.

yang dibannya.

167

• 3. Membaca • • • • • • V.

Siswa diminta membuat percakapan dan melakukan percakapan : Siswa diminta menilai pembacaan puisi yang dilakukan Siswa dimnta menjelaskan isi puisi. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 161 soal no 3 a-b. Siswa diminta membuat kalimat berdasarkan gambar. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 162 soal no 4 a-b. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 162 yaitu tugas portofolio. :

melalui telepon.

temannya.

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

: Gambar, teks puisi, alat tulis. : Buku Saya Senan Berbahasa Indonesia Penerbi Erlangga.

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Mendengarkan : Memberikan tanggapan sederhana tentang pengalaman cerita teman • Siswa mampu • Tes Tulis • Indikator • Siswa Teknik penilaian mampu • Tes Tulis Alat penilaian • dalam perintah meringkas cerita dalam perintah menceritakan pengalamannya yang menyedihkan pernah bentuk menceritakan pengalaman yang menyedihkan yang bentuk

meringkas cerita yang dibacanya.

yang didengarnya.

168

dialaminya. • Siswa mampu • Tes Lisan •

yang dalam perintah

pernah bentuk

dialaminya. menanggapi cerita temannya. Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan • Tes Lisan • Siswa dan mampu membuat melakukan percakapan melalui telepon. Membaca: Membaca dengan intonasi, puisi lafal, dan • Siswa membaca intonasi ekspresi tepat. • Siswa menilai pembacaan puisi temanya. • Siswa mampu • Tes Tulis isi menjelakan mampu • Tes Tulis mampu • Tes Lisan puisi dan yan menggunakan kalimat ringkas. • dalam dan • Siswa • Tes Lisan •

menanggapi cerita teman. dalam bentuk perintah memperagakan percakapan melalui telepon.

mampu memperagakan percakapan melalui telepon.

bentuk perintah membuat melakukan percakapan melalui telepon. • dalam

bentuk perintah membaca puisi dan menilai pembacaan puisi temanya. • dalam bentuk perintah menjelaskan isi puisi. • dalam bentuk perintah

dengan ucapan,

ekspresi yang tepat.

169

puisi.

membuat kalimat berdasarkan gambar.

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Mendengarkan dengan Indikator : • Siswa mampu meringkas cerita yang dibacanya Kriteria Skor Dapat meringkas cerita dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat meringkas cerita dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat meringkas cerita dengan Sedang (5,5-6) agak banyak kesalahan Dapat meringkas cerita dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat meringkas cerita Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 154

dengan tepat • Siswa mampu menceritakan pengalaman yang menyedihkan yang pernah dialaminya. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 154 Kriteria Skor Dapat menceritakan pengalaman Baik sekali (9-10) yang menyedihkan yang pernah dialaminya dengan tepat Dapat menceritakan pengalaman Baik (7-8) yang menyedihkan yang pernah dialaminya dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan pengalaman Sedang (5,5-6) yang menyedihkan yang pernah dialaminya dengan agak banyak

170

kesalahan Dapat menceritakan pengalaman Kurang (4-5) yang menyedihkan yang pernah dialaminya dengan banyak kesalahan Tidak menceritakan pengalaman Kurang sekali (0-3) yang menyedihkan yang pernah dialaminya cerita dengan tepat • Siswa mampu menanggapi cerita temannya Kriteria Dapat menanggapi Skor cerita Baik sekali (9-10) cerita Baik (7-8) sedikit cerita Sedang (5,5-6)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 154

temannya dengan tepat Dapat menanggapi temannya dengan kesalahan Dapat menanggapi kesalahan Dapat menanggapi temannya dengan

temannya dengan agak banyak cerita Kurang (4-5) banyak

kesalahan Tidak dapat menanggapi cerita Kurang sekali (0-3) temannya dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator • :

Siswa mampu memperagakan percakapan melalui telepon. Kriteria Skor Dapat memperagakan percakapan Baik sekali (9-10) melalui telepon dengan tepat Dapat memperagakan percakapan Baik (7-8) melalui telepon dengan sedikit kesalahan Dapat memperagakan percakapan Sedang (5,5-6) melalui telepon dengan agak banyak kesalahan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 154

171

Dapat memperagakan percakapan Kurang (4-5) melalui telepon dengan banyak kesalahan Tidak dapat percakapan dengan tepat • Siswa mampu membuat dan melakukan percakapan melalui telepon Kriteria Skor Dapat membuat dan melakukan Baik sekali (9-10) percakapan melalui telepon dengan tepat Dapat membuat dan melakukan Baik (7-8) percakapan melalui telepon dengan sedikit kesalahan Dapat membuat dan melakukan Sedang (5,5-6) percakapan melalui telepon dengan agak banyak kesalahan Dapat membuat dan melakukan Kurang (4-5) percakapan melalui telepon dan Kurang sekali (0-3) dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat melakukan percakapan telepon dengan tepat 3. Aspek Membaca dengan Indikator • tepat. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 156 Kriteria Dapat membaca dengan tepat Dapat membaca ucapan, intonasi puisi Skor dengan Baik sekali (9-10) : memperagakan Kurang sekali (0-3) melalui telepon

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 155

melalui

Siswa mampu membaca puisi dengan ucapan, intonasi dan ekspresi yan

ucapan, intonasi dan ekspresi on puisi dan dengan Baik (7-8) ekspresi dengan Sedang (5,5-6)

dengan sedikit kesalahan Dapat membaca puisi

172

ucapan,

intonasi

dan

ekspresi

dengan agak banyak kesalahan Dapat membaca puisi dengan Kurang (4-5) ucapan, intonasi dan ekspresi puisi Kurang sekali (0-3) dan dengan banyak kesalahan Tidak dapat membaca dengan ucapan, intonasi ekspresi dengan tepat • Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. Kriteria Skor Dapat menilai pembacaan puisi Baik sekali (9-10) temanya dengan tepat Dapat menilai pembacaan puisi Baik (7-8) temanya dengan sedikit kesalahan Dapat menilai pembacaan puisi Sedang (5,5-6) temanya dengan agak banyak kesalahan Dapat menilai pembacaan puisi Kurang (4-5) temanya dengan banyak kesalahan Tidak dapat menilai pembacaan Kurang sekali (0-3) puisi temanya dengan tepat • Siswa mampu menjelakan isi puisi. Kriteria Skor Dapat menjelakan isi puisi dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat menjelakan isi puisi dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat menjelakan isi puisi dengan Sedang (5,5-6) agak banyak kesalahan Dapat menjelakan isi puisi dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat menjelakan isi puisi Kurang sekali (0-3) dengan tepat

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 156

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 157

173

SILABUS PELAJARAN 16. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester : : Bahasa Indonesia : III / 2

174

I..

Tema : Makanan Bergizi. Mendengarkan : Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar

Tema: Makanan Bergizi

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

II.

Standar Kompetensi : 5. Memahami cerita dan teks drma anak yang dilisankan. 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan berbicara. 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

5.3. Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yanh didengarnya. 6.2. Menceritakan peristiwa yang pernah dialami,dilihat,atau didengar. 8.1. Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Menceritakan peristiwa yang dialami. 2. Menulis karangan. 3. Menirukan dialog dari pembacaan teks drama. 4. Bermain dengan kata.

175

V.

Kegiatan Pembelajaran Lagi “.

:

* Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Aku Tak Akan Mengulangi * Siswa diminta menceritakan peristiwa yang pernah dialami. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 171 soal no 1. * Siswa diminta mengurutkan gambar seri. * Siswa diminta membuat kalimat sesuai gambar seri. * Siswa diminta menyusun karangan berdasarkan gambar seri. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 171 yaitu tugas portofoliuo. * Guru memberi contoh pembacaan teks drama. * Siswa diminta menirukan dialog drama. * Siswa diminta mengemukakan penilaian pada temanya. * Siswa diminta mencari kata dan menggunakan kata ganti serta membuat kalimat. VI. Indikator • • • • • • • :

Siswa mampu menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya. Siswa mampu mengurutkan gambar seri. Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar seri. Siswa mampu menyusun karangan berdasrkan gambar seri. Siswa mampu menirukan dialog drama. Siswa mampu mengemukakan penilaian pada temanya. Siswa mampu mencari kata dan menggunakan kata ganti serta membuat kalimat.

VII.

Penilaian • • • •

:

Tes tertulis dalam bentuk perintah menceritakan peristiwa yang dialami. Tes lisan dalam bentuk perintah mengurutkan gambar seri. Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat kalimat sesuai gambar seri. Tes tertulis dalam bentuk perintah menyusun karangan.

176

• • VIII. IX.

Tes lisan dalam bentuk perintah menirukan dialog dan mengemukakan penilaian. Tes tertulis dalam bentuk perintah bermain dengan kata. :

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 16 Sekolah Dasar :

177

Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • • III. Tema

: Bahasa Indonesia : III / 2 : : Makanan Bergizi. :

Standar Kompetensi

Memahami cerita dan teks drma anak yang dilisankan. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan berbicara. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. :

Kompetensi Dasar Berbicara Indikator • • Menulis :

:Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar Siswa mampu menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya. Siswa mampu mengurutkan gambar seri. :Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

Indikator • • Mendengarkan Indikator • • •

: Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar seri. Siswa mampu menyusun karangan berdasrkan gambar seri. :Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya. : Siswa mampu menirukan dialog drama. Siswa mampu mengemukakan penilaian pada temanya. Siswa mampu mencari kata dan menggunakan kata ganti serta

membuat kalimat. Mendengarkan : Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.

178

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar

Tema: Makanan Bergizi

Menulis : Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, hurup kapital dan tanda titik.

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Berbicara • • • 2. Menulis • • • • :

:

Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Aku Tak Akan Siswa diminta menceritakan peristiwa yang pernah dialami. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 171 soal no 1. : Siswa diminta mengurutkan gambar seri. Siswa diminta membuat kalimat sesuai gambar seri. Siswa diminta menyusun karangan berdasarkan gambar seri. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 171 yaitu tugas :

Mengulangi Lagi “.

portofoliuo. 3. Mendengarkan • • • • V. Guru memberi contoh pembacaan teks drama. Siswa diminta menirukan dialog drama. Siswa diminta mengemukakan penilaian pada temanya. Siswa diminta mencari kata dan menggunakan kata ganti serta :

membuat Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber : Gambar seri, teks drama alat tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga.

179

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Berbicara : Menceritakan peristiwa pernah dilihat, didengar yang dialami, atau • Indikator • Siswa mampu menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya. Siswa mampu mengurutkan gambar seri. Menulis : Menulis sederhana berdasarkan gambar seri pilihan dengan memperhatikan penggunaan tanda titik. Mendengarkan : Menirukan dengan yang tepat dialog ekspresi dari • Siswa • Tes Lisan • dalam ejaan, hurup kapital dan menggunakan kata dan • Siswa mampu menyusun karangan berdasrkan gambar seri. • Tes Tulis karangan • Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar seri. • Tes Tulis • Tes Lisan Teknik penilaian • Tes Tulis Alat penilaian • dalam perintah menceritakan peristiwa yang dialami. • dalam bentuk perintah mengurutkan gambar seri. • dalam bentuk perintah membuat kalimat sesuai gambar seri. • dalam bentuk perintah menyusun karangan. bentuk

kalimat yang tepat

mampu menirukan dialog drama.

bentuk perintah menirukan dialog dan

180

pembacaan drama anak didengarnya.

teks yang • Tes Tulis • Siswa mampu mengemukaka n penilaian pada temanya. • Siswa • Tes Tulis •

mengemukakan penilaian. • dalam bentuk perintah mengemukakan penilaian pada temanya dalam perintah bermain dengan kata mampu mencari kata dan menggunakan kata ganti serta membuat kalimat. bentuk

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Berbicara dengan Indikator : • Siswa mampu menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya. Kriteria Dapat menceritakan tepat Dapat Skor peristiwa Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 164

yang pernah dialaminya dengan menceritakan peristiwa Baik (7-8)

yang pernah dialaminya dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan agak banyak kesalahan Dapat menceritakan peristiwa Sedang (5,5-6)

yang pernah dialaminya dengan peristiwa Kurang (4-5)

yang pernah dialaminya dengan

181

banyak kesalahan

Tidak

dapat

menceritakan Kurang sekali (0-3)

peristiwa yang pernah dialaminya dengan tepat • Siswa mampu mengurutkan gambar seri. Kriteria Skor Dapat mengurutkan gambar seri Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat mengurutkan gambar seri Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat mengurutkan gambar seri Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat mengurutkan gambar seri Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat mengurutkan gambar Kurang sekali (0-3) seri dengan tepat 2. Aspek Menulis dengan Indikator • :

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 165

Siswa mampu membuat kalimat sesuai gambar seri. Kriteria Skor Dapat membuat kalimat sesuai Baik sekali (9-10) gambar seri dengan tepat Dapat membuat kalimat sesuai Baik (7-8) gambar seri dengan sedikit kesalahan Dapat membuat kalimat sesuai Sedang (5,5-6) gambar seri dengan agak banyak kesalahan Dapat membuat kalimat sesuai Kurang (4-5) gambar seri dengan banyak kesalahan Tidak dapat membuat kalimat Kurang sekali (0-3) sesuai gambar seri dengan tepat

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 165

182

Siswa mampu menyusun karangan berdasarkan gambar seri. Kriteria Dapat tepat Dapat menyusun Skor karangan Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 165

berdasarkan gambar seri dengan menyusun karangan Baik (7-8)

berdasarkan gambar seri dengan sedikit kesalahan Dapat menyusun agak banyak kesalahan Dapat menyusun karangan Sedang (5,5-6)

berdasarkan gambar seri dengan karangan Kurang (4-5)

berdasarkan gambar seri dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyusun karangan Kurang sekali (0-3) berdasarkan gambar seri dengan tepat 3. Aspek Mendengarkan dengan Indikator • Siswa mampu menirukan dialog drama. Kriteria Skor Dapat menirukan dialog drama Baik sekali (9-10) dengan tepat Dapat menirukan dialog drama Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menirukan dialog drama Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat menirukan dialog drama Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menirukan dialog Kurang sekali (0-3) drama dengan tepat • Siswa mampu mengemukakan penilaian pada temanya Kriteria Dapat mengemukakan penilaian pada temanyadengan tepat Skor Baik sekali (9-10) :

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 167

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 168

183

Dapat mengemukakan penilaian Baik (7-8) pada temanyadengan sedikit kesalahan Dapat mengemukakan penilaian Sedang (5,5-6) pada temanyadengan agak banyak kesalahan Dapat mengemukakan penilaian Kurang (4-5) pada temanyadengan banyak kesalahan Tidak dapat penilaian tepat • Siswa mampu mencari kata dan menggunakan kata ganti serta membuat kalimat. Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 168 Kriteria Dapat mencari kata dan menggunakan kata ganti serta membuat kalimat dengan tepat Dapat mencari kata dan Baik (7-8) menggunakan kata ganti serta membuat kalimat dengan sedikit kesalahan Dapat mencari kata dan Sedang (5,5-6) Skor Baik sekali (9-10) pada

mengemukakan Kurang sekali (0-3) temanyadengan

menggunakan kata ganti serta membuat kalimat dengan agak banyak kesalahan Dapat mencari kata dan Kurang (4-5)

menggunakan kata ganti serta membuat kalimat dengan banyak kesalahan Tidak dapat mencari kata dan Kurang sekali (0-3) menggunakan kata ganti serta membuat kalimat dengan tepat

184

SILABUS PELAJARAN 17. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Budi Pekerti. Membaca: Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. : : Bahasa Indonesia : III / 2

Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca secara intensif

Tema: Budi Pekerti

Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. 185

II.

Standar Kompetensi : 7. Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan membaca. 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

7.1. Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif. 7.2. Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekpresi yang tepat. 8.2. Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. IV. Materi Pokok Pembelajaran : 1. Menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai isi cerita. 2. Membaca Puisi. 3. Menulis Puisi. 4. Terampil menggunakan kata dan kalimat. V. Kegiatan Pembelajaran :

* Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Obat Pekerti yang Buruk “. * Siswa diminta menjelaskan isi cerita yang dibacanya. * Siswa diminta menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifatnya. * Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai isi cerita. * Siswa diminta mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang dibaca. * Siswa diminta membuat ringkasan cerita . * Siswa diminta menceritakan kembali isi cerita yang dibaca. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 181 soal no 1 a-c. * Siswa diminta membaca puisi yang berjudul “ Semut dan Orang “. * Siswa diminta menilai pembacaan puisi temannya.

186

* Sisw diminta memahami maksud puisi. * Siswa diminta memberikan pendapat atas pernyataan yang tersedia. * Siswa diminta menjelaskan isi puisi. * Siswa diminta menulis puisi berdasarkan gambar. * Siwa mengerjakan Sasebi halaman 183 soal no 2 a-b. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 184 yaitu tugas portofolio. * Siswa diminta mengisi bagian paragraf yang rumpang. * Siswa diminta menyusun kalimat yang masih acak. * Siswa diminta mencari kata yang bermakna sama ( sinonim ) Siswa mengerjakan Sasebi halaman 184 soal no 3 a-b. VI. Indikator • • • • • • • • • • • • VII. :

Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menjelaskan tokoh cerita dan sifatnya. Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya. Siswa mampu membaca puisi dengan penghayatan yang baik. Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. Siswa mampu memahami maksud puisi Siswa mampu memberikan pendapat atan pernyataan yang ada. Siswa mampu menjelaska isi puisi. Siswa mampu menulis puisi berdasarkan gambar. Siswa mampu mengisi bagian paragraf yang rumpang dengan benar. Siswa mampu menyusun kalimat dan mencari kata yang bermakna sama. :

Penilaian • • •

Tes tertulis dalam bentuk perintah menjelaskan jalan cerita dan tokohtokoh cerita serta sifatnya. Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat ringkasan cerita. Tes lisan dalam bentuk perintah menceritakan kembali cerita yang dibacanya.

187

• •

Tes lisan alam bentuk perintah membaca puisi dan memahami maksud puisi. Tes tes tertulis dalam bentuk perintah menjelaskan isi puisi dan menulis puisi berdasarkan gambar.

VIII. IX

Alokasi Waktu

:

Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 17 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • membaca. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Budi Pekerti :

Memahami teks dengan membaca intensif ( 150-200 kata ) dan

188

III.

Kompetensi Dasar Membaca Indikator • • • • Membaca Indikator • • • • • Menulis Indikator • • benar. • :

:

:Menjawab ataumengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) yang dibaca secara intensif Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang Siswa mampu menjelaskan tokoh cerita dan sifatnya. Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya. :Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. : Siswa mampu membaca puisi dengan penghayatan yang baik. Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. Siswa mampu memahami maksud puisi Siswa mampu memberikan pendapat atan pernyataan yang ada. Siswa mampu menjelaska isi puisi. :Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik : Siswa mampu menulis puisi berdasarkan gambar. Siswa mampu mengisi bagian paragraf yang rumpang dengan Siswa mampu menyusun kalimat dan mencari kata yang

dibacanya.

bermakna sama. Membaca: Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150200 kata ) yang dibaca secara intensif

Tema: Budi Pekerti

Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. 189

IV.

Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca • • • • • dibaca. • • • 2. Membaca • • • • • • • • 3. Menulis • • • • :

:

Siswa diminta membaca cerita yang berjudul “ Obat Pekerti Siswa diminta menjelaskan isi cerita yang dibacanya. Siswa diminta menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifatnya. Siswa diminta menjawab pertanyaan sesuai isi cerita. Siswa diminta mengajukan pertanyaan sesuai cerita yang Siswa diminta membuat ringkasan cerita . Siswa diminta menceritakan kembali isi cerita yang dibaca. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 181 soal no 1 a-c. : Siswa diminta membaca puisi yang berjudul “ Semut dan Orang “. Siswa diminta menilai pembacaan puisi temannya. Sisw diminta memahami maksud puisi. Siswa diminta memberikan pendapat atas pernyataan yang tersedia. Siswa diminta menjelaskan isi puisi. Siswa diminta menulis puisi berdasarkan gambar. Siwa mengerjakan Sasebi halaman 183 soal no 2 a-b. Siswa mengerjakan Sasebi halaman 184 yaitu tugas portofolio. :

yang Buruk “.

Siswa diminta mengisi bagian paragraf yang rumpang. Siswa diminta menyusun kalimat yang masih acak. Siswa diminta mencari kata yang bermakna sama ( sinonim ) Siswa mengerjakan Sasebi halaman 184 soal no 3 a-b.

190

V.

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

:

: gambar, teks puisi alat tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga.

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Membaca : Menjawab atau mengajukan pertanyaan..tentang isi teks agak panjang ( 150-200 kata ) • yang dibaca secara intensif Indikator • Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang dibacanya. Siswa mampu menjelaskan tokoh cerita dan sifatnya. • Tes Tulis • dalam bentuk perintah menjelaskan tokoh-tokoh cerita serta sifatnya. • Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. • Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya. • dalam bentuk perintah membuat ringkasan cerita. • dalam bentuk perintah menceritakan kembali cerita yang Teknik penilaian • Tes Tulis Alat penilaian • dalam

bentuk perintah menjelaskan jalan cerita

191

dibacanya. Membaca: Membaca dengan intonasi, puisi lafal, dan • • Siswa mampu membaca puisi dengan penghayatan yang baik. Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. • Siswa mampu memahami maksud puisi • Siswa mampu memberikan pendapat atau pernyataan yang ada. • Siswa mampu menjelaska isi puisi. Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. • Siswa • Tes Tulis • Dalam bentuk perintah menjelaskan isi puisi • dalam bentuk perintah menulis puisi berdasarkan gambar. • Tes Tulis • Siswa mampu mengisi • dalam bentuk perintah mengisi bagian paragraf yang • Tes Tulis . • Dalam bentuk perintah menilai pembacaan puisi temannya • Dalam bentuk perintah memahami maksud puisi • Dalam bentuk perintah memberikan pendapat • Tes Lisan • Dalam

bentuk perintah membaca puisi

ekspresi yang tepat.

mampu menulis puisi berdasarkan gambar.

192

bagian paragraf yang rumpang dengan benar. • Siswa mampu menyusun kalimat dan mencari kata yang bermakna sama. • Tes Tulis

rumpang • dalam bentuk perintah menyusun kalimat

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Membaca dengan Indikator : • Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari cerita yang dibacanya. Kriteria Skor Dapat menjelaskan jalan cerita Baik sekali (9-10) engan tepat Dapat menjelaskan jalan cerita Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat menjelaskan jalan cerita Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat menjelaskan jalan cerita Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan jalan Kurang sekali (0-3) cerita dengan tepat • Siswa mampu menjelaskan tokoh cerita dan sifatnya. Kriteria Skor Dapat menjelaskan tokoh cerita Baik sekali (9-10) dan sifatnya dengan tepat Dapat menjelaskan tokoh cerita Baik (7-8) dan sifatnya dengan sedikit

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 174

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 174

193

kesalahan Dapat menjelaskan tokoh cerita Sedang (5,5-6) dan sifatnya dengan agak banyak kesalahan Dapat menjelaskan tokoh cerita Kurang (4-5) dan sifatnya dengan banyak kesalahan Tidak dapat menjelaskan tokoh Kurang sekali (0-3) cerita dan sifatnya dengan tepat • Siswa mampu membuat ringkasan dari cerita yang dibacanya. Kriteria Skor Dapat membuat ringkasan dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat membuat ringkasan dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat membuat ringkasan dengan Sedang (5,5-6) agak banyak kesalahan Dapat membuat ringkasan dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat membuat ringkasan Kurang sekali (0-3) dengan tepat • Siswa mampu menceritakan kembali cerita yang dibacanya Kriteria Dapat menceritakan dengan tepat Dapat menceritakan Skor kembali Baik sekali (9-10) kembali Baik (7-8)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 174

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 174

dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan kembali Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat menceritakan kembali Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan kembali Kurang sekali (0-3) dengan tepat 2. Aspek Membaca dengan Indikator :

194

Siswa mampu membaca puisi dengan penghayatan yang baik. Kriteria Dapat membaca tepat Dapat puisi Skor dengan Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 176

penghayatan yang baik dengan membaca puisi dengan Baik (7-8)

penghayatan yang baik dengan sedikit kesalahan Dapat membaca puisi dengan Sedang (5,5-6)

penghayatan yang baik dengan agak banyak kesalahan Dapat membaca puisi banyak kesalahan Tidak dapat membaca dengan tepat • Siswa mampu menilai pembacaan puisi temanya. Kriteria Skor Dapat menilai pembacaan puisi Baik sekali (9-10) temanya dengan tepat Dapat menilai pembacaan puisi Baik (7-8) temanya dengan sedikit kesalahan Dapat menilai pembacaan puisi Sedang (5,5-6) temanya dengan agak banyak kesalahan Dapat menilai pembacaan puisi Kurang (4-5) temanya dengan banyak kesalahan Tidak dapat menilai pembacaan Kurang sekali (0-3) puisi temanya dengan tepat • Siswa mampu memahami maksud puisi Kriteria Skor Dapat memahami maksud puisi Baik sekali (9-10) dengan tepat dengan Kurang (4-5)

penghayatan yang baik dengan puisi Kurang sekali (0-3)

dengan penghayatan yang baik

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 176

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 176

195

Dapat memahami maksud puisi Baik (7-8) dengan sedikit kesalahan Dapat memahami maksud puisi Sedang (5,5-6) dengan agak banyak kesalahan Dapat memahami maksud puisi Kurang (4-5) dengan banyak kesalahan Tidak dapat memahami maksud Kurang sekali (0-3) puisi dengan tepat • Siswa mampu memberikan pendapat atau pernyataan yang ada. Kriteria Skor Dapat memberikan pendapat atau Baik sekali (9-10) pernyataan dengan tepat Dapat memberikan pendapat atau Baik (7-8) pernyataan dengan sedikit kesalahan Dapat memberikan pendapat atau Sedang (5,5-6) pernyataan dengan agak banyak kesalahan Dapat memberikan pendapat atau Kurang (4-5) pernyataan dengan banyak kesalahan Tidak dapat memberikan pendapat Kurang sekali (0-3) atau pernyataan puisi dengan tepat • Siswa mampu menjelaska isi puisi. Kriteria Skor Dapat menjelaska isi puisi dengan Baik sekali (9-10) tepat Dapat menjelaska isi puisi dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat menjelaska isi puisi dengan Sedang (5,5-6) agak banyak kesalahan Dapat menjelaska isi puisi dengan Kurang (4-5) banyak kesalahan Tidak dapat menjelaska isi puisi Kurang sekali (0-3) dengan tepat

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 177

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 177

196

3.

Aspek menulis dengan Indikator •

:

Siswa mampu menulis puisi berdasarkan gambar. Kriteria Skor Dapat menulis puisi berdasarkan Baik sekali (9-10) gambar dengan tepat Dapat menulis puisi berdasarkan Baik (7-8) gambar dengan sedikit kesalahan Dapat menulis puisi berdasarkan Sedang (5,5-6) gambar dengan agak banyak kesalahan Dapat menulis puisi berdasarkan Kurang (4-5) gambar dengan banyak kesalahan Tidak dapat menulis puisi Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 178

berdasarkan gambar dengan tepat • Siswa mampu mengisi bagian paragraf yang rumpang dengan benar. Kriteria Skor Dapat mengisi bagian paragraf Baik sekali (9-10) yang rumpang dengan tepat Dapat mengisi bagian paragraf Baik (7-8) yang rumpang dengan sedikit kesalahan Dapat mengisi bagian paragraf Sedang (5,5-6) yang rumpang dengan agak banyak kesalahan Dapat mengisi bagian paragraf Kurang (4-5) yang rumpang dengan banyak kesalahan Tidak dapat tepat • Siswa mampu menyusun kalimat dan mencari kata yang bermakna sama. Kriteria Dapat menyusun kalimat Skor dan Baik sekali (9-10) mengisi bagian Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 179

paragraf yang rumpang dengan

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 179

mencari kata yang bermakna sama

197

dengan tepat Dapat menyusun

kalimat

dan Baik (7-8)

mencari kata yang bermakna sama dengan sedikit kesalahan Dapat menyusun kalimat dan Sedang (5,5-6)

mencari kata yang bermakna sama dengan agak banyak kesalahan Dapat menyusun kalimat dan Kurang (4-5) mencari kata yang bermakna sama dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyusun kalimat dan Kurang sekali (0-3) mencari kata yang bermakna sama dengan tepat

198

SILABUS PELAJARAN 18. Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester I.. Tema : Bermain. Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. : : Bahasa Indonesia : III / 2

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar

Tema: Bermain

Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.

II.

Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan berbicara. 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.

III.

Kompetensi Dasar

:

6.1. Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. 6.2. Menceritakan peristiwa yang pernah dialami,dilihat,atau didengar. 8.2. Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. IV. Materi Pokok Pembelajaran :

199

1. Melakukan percakapan melalui Telepon. 2. Menceritakan tentang peristiwa yang dialami. 3. Menulis puisi. 4. Terampil memnggunakan kata dan kalimat. V. Kegiatan Pembelajaran : * Siswa dimita membaca teks percakapan melalui telepon. * Siswa diminta melakukan percakapan telepon dengan temanya. * Siswa diminta menyusun teks percakapan telepon dan mempraktekannya. * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 190 soal no 1. * Siswa diminta membaca cerita yang dialami temannya. * Siswa diminta memahami ceria peristiwa. * Siswa diminta menceritakan kembali cerita yang dibaca dengan bahasanya sendiri. * Siswa diminta menceritakan pengalamanya sendiri . * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 190 soal no 2. * Siswa diminta membaca contoh puisi yang berjudul “ Kabar dari Sepupuku “ * Siswa mengerjakan Sasebi halam 190 yaitu tugas portofolio. * Siswa diminta melengkapi kalimat. * Siswa diminta membuat kalimat * Siswa mengerjakan Sasebi halaman 190 soal no 3 a-b. VI. Indikator • • • • • • • VII. :

Siswa mampu membaca teks percakapan melalui telepon. Siswa mampu menyusun teks perckapan telepon dan mempraktekanya. Siswa mampu memahami dan menceritakan kembali cerita yang dibacanya Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri. Siswa mampu membaca puisi dengan baik. Siswa mampu membuat puisi dengan baik. Siwa mampu melengkapi dan membuat kalimat. :

Penilaian

200

• • • • • VIII. IX.

Tes lisan dalam bentuk perintah mempraktekan percakapan telepon berdasarkan teks yang disusunya. Tes tertulis dalam bentuk perintah menceritakan kembali cerita yang dibacanya dan menceritakan pengalamanya sendiri. Tes lisan dalam bentuk perintah membaca puisi. Tes tertulis dalam bentuk perintah membuat puisi. Tes tertulis dalam bentuk perintah melengkapi kalimat dan membuat kalimat.

Alokai Waktu : Sumber Pembelajaran : • • Buku Sasebi 3. Perpustakaan.

201

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN 18 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu I. II. • • III. lisan dengan Tema Standar Kompetensi : : Bahasa Indonesia : III / 2 : : Budi Pekerti :

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara bertelepon dan berbicara. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam ;

karangan sederhana dan puisi. Kompetensi Dasar Berbicara Indikator • • Berbicara Indikator • • : Siswa mampu memahami dan menceritakan kembali cerita Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri. : Siswa mampu membaca teks percakapan melalui telepon. Siswa mampu menyusun teks perckapan telepon dan :Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar :Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.

mempraktekanya.

yang dibacanya

202

Menulis Indikator • • • :

:Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.

Siswa mampu membaca puisi dengan baik. Siswa mampu membuat puisi dengan baik. Siwa mampu melengkapi dan membuat kalimat.

Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.

Berbicara : Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar IV. Kegiatan Pembelajaran 1. Membaca • • • • 2. Membaca • • • • :

Tema: Bermain

Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.

:

Siswa dimita membaca teks percakapan melalui telepon. Siswa diminta melakukan percakapan telepon dengan temanya. Siswa diminta menyusun teks percakapan telepon dan Siswa mengerjakan Sasebi halaman 190 soal no 1. : Siswa diminta membaca cerita yang dialami temannya. Siswa diminta memahami ceria peristiwa. Siswa diminta menceritakan kembali cerita yang dibaca dengan Siswa diminta menceritakan pengalamanya sendiri .

mempraktekannya.

bahasanya sendiri.

203

• 3. Menulis • • • • • V.

Siswa mengerjakan Sasebi halaman 190 soal no 2. : Siswa diminta membaca contoh puisi yang berjudul “ Kabar Siswa mengerjakan Sasebi halam 190 yaitu tugas portofolio. Siswa diminta melengkapi kalimat. Siswa diminta membuat kalimat Siswa mengerjakan Sasebi halaman 190 soal no 3 a-b. :

dari Sepupuku “

Alat , Bahan dan Sumber Alat dan Bahan Sumber

: Alat tulis, papan tulis. : Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Penerbit Erlangga.

VI

Penilaian

:

Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa setelah proses pemberian pengalaman kepadanya , peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut: Kompetensi Dasar Berbicara : Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan • mampu menyusun teks percakapan telepon dan mempraktekany Siswa menggunakan kalimat ringkas. Indikator • mampu membaca teks percakapan melalui telepon. • Tes Tulis Siswa Teknik penilaian • Tes Lisan Alat penilaian • dalam

bentuk perintah mempraktekan percakapan telepon • dalam bentuk perintah menyusuntek percakapan telepon

204

a. Berbicara : Menceritakan peristiwa pernah dilihat, didengar yang dialami, atau • • Siswa mampu memahami dan menceritakan kembali cerita yang dibacanya Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri. Menulis : Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. • Tes Tulis • mampu membuat puisi dengan baik. • mampu melengkapi dan membuat kalimat. Siwa • Tes Tulis Siswa • dalam • mampu membaca puisi dengan baik. Siswa • Tes Tulis • Tes Tulis • Tes Lisan • dalam

bentuk perintah menceritakan kembali cerita yang dibacanya • dalam bentuk perintah menceritakan pengalamanya sendiri. • dalam bentuk perintah membaca puisi.

bentuk perintah membuat puisi. • dalam bentuk perintah membuat kalimat

Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut: 1. Aspek Berbicara dengan Indikator : • Siswa mampu membaca teks percakapan melalui telepon. Kriteria Skor Dapat membaca teks percakapan Baik sekali (9-10)

Alat Penilaian Buku Sasebi

205

halaman 185

melalui telepon dengan tepat Dapat membaca teks percakapan Baik (7-8) melalui telepon dengan sedikit kesalahan Dapat membaca teks percakapan Sedang (5,5-6) melalui telepon dengan agak banyak kesalahan Dapat membaca teks percakapan Kurang (4-5) melalui telepon dengan banyak kesalahan Tidak dapat percakapan dengan tepat membaca melalui teks Kurang sekali (0-3) telepon

Siswa mampu menyusun teks percakapan telepon dan mempraktekanya. Kriteria Skor Dapat menyusun teks percakapan Baik sekali (9-10) telepon dengan tepat Dapat menyusun teks percakapan Baik (7-8) telepon dengan sedikit kesalahan Dapat menyusun teks percakapan Sedang (5,5-6) telepon dengan agak banyak kesalahan Dapat menyusun teks percakapan Kurang (4-5) telepon dengan banyak kesalahan Tidak dapat menyusun teks Kurang sekali (0-3)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 186

percakapan telepon dengan tepat 2. Aspek Berbicara dengan Indikator • dibacanya Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 187 Kriteria Dapat memahami kembali Skor dan Baik sekali (9-10) cerita dan Baik (7-8) :

Siswa mampu memahami dan menceritakan kembali cerita yang

menceritakan

dengan tepat Dapat memahami

206

menceritakan

kembali

cerita dan Sedang (5,5-6) cerita

dengan sedikit kesalahan Dapat memahami menceritakan kembali

dengan agak banyak kesalahan Dapat memahami dan Kurang (4-5) menceritakan kembali cerita dan Kurang sekali (0-3) cerita dengan banyak kesalahan Tidak dapat memahami menceritakan dengan tepat • Siswa mampu menceritakan pengalamanya sendiri. Kriteria Skor Dapat menceritakan pengalamanya Baik sekali (9-10) sendiri dengan tepat Dapat menceritakan pengalamanya Baik (7-8) sendiri dengan sedikit kesalahan Dapat menceritakan pengalamanya Sedang (5,5-6) sendiri dengan agak banyak kesalahan Dapat menceritakan pengalamanya Kurang (4-5) sendiri dengan banyak kesalahan Tidak dapat menceritakan Kurang sekali (0-3) kembali

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 187

pengalamanya sendiri dengan tepat 3. Aspek Menulis dengan Indikator • :

Siswa mampu membaca puisi dengan baik. Kriteria Skor Dapat membaca puisi dengan tepat Baik sekali (9-10) Dapat membaca puisi dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat membaca puisi dengan agak Sedang (5,5-6) banyak kesalahan Dapat membaca banyak kesalahan puisi dengan Kurang (4-5)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 188

207

Tidak •

dapat

membaca

puisi Kurang sekali (0-3)

dengan tepat Siswa mampu membuat puisi dengan baik. Kriteria Skor Dapat membuat puisi dengan tepat Baik sekali (9-10) Dapat membuat puisi dengan Baik (7-8) sedikit kesalahan Dapat membuat puisi dengan agak Sedang (5,5-6) banyak kesalahan Dapat membuat banyak kesalahan Tidak dapat membuat puisi dengan Kurang sekali (0-3) tepat puisi dengan Kurang (4-5)

Alat Penilaian Buku Sasebi halaman 189

208

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful