NAMA NIM JURUSAN

:Khusul Khotimah :101714232 :Manajemen pendidikan

ORGANISASI
1.PENGERTIAN ORGANISASI James D. Mooney mengatakan organisasi adalh bentuk setiap perserikata manusia untuk mecapai suatu tujuan bersama Chester I. Barard Megatakan organisasi sebagai suatu sistem dari aktivitas kerjasama yang dilakukun oleh dua orang atau lebih Sehingga organisasi dapat didefinisika sebagai berikut: a. Orgsnisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan tertentu b. Organisasi dalam arti badan atau struktur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan,kerjasama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha mencapai suatu tujuan 2.ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL Organisasi statis,sering juga disebut sebagai bagan organisasi tidak lain adalah gambaran secara sistematis tentang hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat pada suatu badan dalam rangka mencapai suatu tujuan. Organisasi dinamis yaitu setiap kegiata yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organisasi,menetapkan wewenang tugas dan tanggung jawab orang-orang dala suatu badan. Organisasi formal tidak lain dari organisasi statis yaitu suatu sistim kerjasama yang dilakuku oleh dua orang atau lebih yang dikoordinasi dengan sadar untuk mencapai tujuan tertentu Oranisasi informal merupakan kumpulan hubungan antar perorangan tanpa tujuan bersama yang didasari meskipun akhirnya untuk tujuan bersama. Ada juga tiga ciri dari suatu organisasi yaitu: a. Adanya sekelompok orang b. Kerjasama atau pembagian pekerjaan,dan c. Tujuan bersama

Sedangkan dalam organisasi informal. Pembagian kerja atas dasar fungsi(rangkaian kerja) 5. Bentuk organisasi fungsional dan staf 4. Pembagia kerja atas dasar wilayah atau teritorial 2. Bentuk organisasi garis b. Jumlah uniy organisasi diusahakan sedikit mungkin sesuai dengan kebutuan 2.kedudukan. Suatu organisasi harus mempunyai fungs bulat yang berkatan dengan satu sama lain . Bentuk organisasi garis dan staf d.PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI Prinsip organisasi bertujuan agar organisasi berjalan dengan baik. b.Adapu prinsip dalam organisasi yaitu: a.Perumusan tujuan dengan jelas Tujuan adalah hal-hal yang ingin dicapai atau dipelihara dengan baik berupa materi atau non materi danga melakukan satu atau lebih kegiatan(aktifitas). Pembagian kerja atas dasar jenis benda yang di prokdusikan 3. Menentukan program.tugas dan fungsi yang tegas. Bagi suatu badan tujuan itu akan berperan sebagai: 1.Dalam mengadakan pembagian kerja. Menentukan macam aktivitas yang akan dilakukan 4.tugas-tugas dan fungsi tampak ya kabur.pembagian kerja dalam suatu organisasi ada baikya dipedomani hal hal sebagai berikut: 1.yaitu: 1. Pedoman kearah mana organisasi itu akan dibawa 2.prosedur. Pembagian kerja atas dasar langganan yang dilayani 4. Pembagian kerja atas dasar waktu Oleh karena itu.Pembagian kerja Pembagian kerja adalah keharusan sebab tapa ada pembagia kerja akan terjadi tumpang tindih tugas menjadi amat besar. 3. Bentuk organisasi fungsional c. Landasan bagi orgaisasi yang bersagkutan 3.BENTUK-BENTUK ORGANISASI Bentuk-bentuk organisasi dapat dibedakan menjadi empat yaitu: a.Dalam suatu organisasi formal tiap unsur organisasi memiliki kedudukan .ada beberapa dasar yang dapat digunaka sebagai pedoman.

yaitu: 1.perhatian dan pengetahuan ter batas.ada empat hal yang harus diperhatikan. Pembuatan unit baru hanya dilaksanakan bila unit-unit yang ada tidak lagi menampug kegiata-kegiatan baru 4. Dalam mendelegasikan kekuasaan agar proses delegasi itu dapat efektif. Inisiatif dan rasa tanggung jawap dapat di motivasi. y y y y Unit oprasi yang melakukan aktivitas-aktivitas pokok perusahaan Unit penunjang(service unit) Unit pengawas Unit konsultasi c. 2.Delegasi kekuasaan atau pelimpahan wewenang merupakan keahlian pimpinan yang penting dan elementer sebap dengan delegasi kekuasaan seseorang dapat melipat gandakan waktu. Pemimpin memusatkan perhatian pada pekerja pokok saja. 3. Delegasi kekuasan harus mempunyai manfaat ganda yang terpenting diantaranya yaitu: 1. Pejbat yang mendeleger kekuasaan harus membimbing dan megawasi. Merupakan suatu cara mendidik atau mengembangkan awahan. 3. Kekuasaan yang di deleger harus diberikan kepada orang yang tepat.Dengan kata lain proses delegasi harus mencapai tiga unsur yaitu proses delegasi tugas. 4. .3.Delegasi kekuasaan(Delegation of Authority) Salah satu prinsip pokok dalam suatu organisasi adalah delegasi kekuasaan(pelimpahan wewenang). 4. Putusan dapat dibuat lebih cepat dan pada unit yang tepat.yaitu sebagai berikut: y Unit yang melakukan peetapan kebijaksanaan umum bagi seluruh perusahaan y Unit pimpinan yang melakukan aktivitas penerapan kebijaksanaan umum bagi berbagai kegitan perusahaan. Delegasi kekuasaan adalah anak kembar siam dengan delegasi tugas. Mendeleger kekuasaan pada seseorang harus di barengi dengan pemberian motivasi.delegasi kekuasaan dan adanya tanggung jawap 2. Secara garis besar suatu organisasi dibedakan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan enam macam orgaiasi.

6. Corak pekerjaan.dan pertanggung jawapan masing-masig orang dalam suatu organisasi.membimbing dan mengawasi secara berhasil. Empat tingkat(struktur organisasa datar). 3.wewenag. 3. Empt cara utama dalam usaha memelihara koordiasi adalah sebagai berikut: 1. 4.Dengan kata lain. Mengadakan pertemuan resmi antara ungsur atau unit yang harus dikoordinasi 2.seorang bawahan hanya mempunyai seorang atasan dari siapa ia menerima perintah dan kepada siapa ia memberi pertanggung jawapan akan pelaksanaan tugasnya. Jarak dan waktu.harus diperhatika beberapa faktor sebagai berikut: 1. 2. Stabilitas organisasi dan setabiltas tenaga kerja. Jalinan hubungan kerja dari masing-masing bawahan satu sama lain. Jelas tidaknya tugas.d.tidak seorang pun dapat melayani dua atasan sekaligus.Rentang kekuasaan Dengan rentang kekuasaan dimaksutkan berapa jumlah bawahan seorang pemimpin sehingga pemimpin itu dapat memimpin. 2. Lim tinkat(struktur organisasi curam).Koordinasi Koordinasi adalah usaha mengarahkan kegiatan seluruh unit agr tertuju untuk memberikan sumbangan semaksimal mungkin untuk memcapai tujuan organisasi secara keseluruan. Mengadakan pertemuan informal antara bawahan . 5. Dua sampai tiga tingat(organisasi pipih). g. Dalam organisasi ada berbagai tigkata-tinkatan yaitu: 1. Mengangkat seseorang 3. Membuat buku pedoman yang berisi penjelasan tugas dari masng-masing unit 4. Kemampuan orang-orang dari suatu organisasi. Dalam menetapkan berapa jumlah bawahan yang tepat dari seorang pemimpin.Kesatuan perintah dan tanggug jawab(uniti of command and responsibility) Menurut prinsip ini.Tingkat-tingkat pengawasan Didalam suatu organisasi harus diusahakan agar organisasi sesederhana mungkin selain mudah berkomunikasi agar ada motifasi bagi setip orang didalam organisasi. e. f.