P. 1
MAKALAH TENTANG

MAKALAH TENTANG

|Views: 379|Likes:

More info:

Published by: Pebri Emilda Nurriska on Oct 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

TUGAS INDIVIDU 2010

KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
MAKALAH STURUKTUR SEL DAN FUNGSI ORGANNYA. MAKALAH SISTEM PERNAFASAN DAN FUNGSI ORGANNYA.

Oleh Pebri Emilda Nurriska

JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG PRODI BANGKA BELITUNG 2010

TUGAS INDIVIDU 2010
1. STRUKTUR SEL DAN FUNGSI BAGIAN-BAGIANNYA.
Ukuran sel sangat bervariasi.Sel terkecil adalah sel bakteri mikoplasma yang diameternya sekitar 0,1 mikron.Sel manusia memiliki diameter sekitar 20 mikron.Adapun sel terbesar adalah sel saraf pada leher jerapah yang panjangnya mencapai 3 m.Karena ukuran sel pada umumnya sangat kecil maka untuk mempelajarinya harus di bantu dengan mikroskop,bahkan kalau perlu dibantu mikroskop elektron. Walaupun ukuran sel sangat bervariasi untuk setiap jenis sel yang berbeda,namun terdapat batasan tertentu untuk ukuran yang terkecil maupun ukuran yang terbesar.Batas ukuran sebuah sel harus masih dapat memberikan ruangan untuk memiliki membran sel sebagai batasnya,mengandung bahan genetik untuk sandi(kode) yang digunakan dalam sintesis protein dan mengandung perangkat biosentesis untuk tmpat berlangsungnya sintesis berbagai bahan.

A. Struktur sel hewan
Sel hewan tersusun atas Protoplasma.Protoplasma adalah bahan hidup yang berada didalam sel berupa cairan koloid campuran majemuk protein,lemak,dan bahan organik lainnya.

Gambar 1.1 sel hewan Protoplasma sel hewan tersusun atas 3 bagian utama,yakni:

I.

Membran sel
Membran sel atau membran plasma ini merupakan bagian terpenting pada sel,karena tanpa bagian ini,suatu sel tidak dapat melangsungkan kehidupannya,terletak di bagian luar sel. Membran sel ini berfungsi sebagai : a. pelindung sel b. pengatur transportasi c. Reseptor atau penerima rangsangan dari luar sel. d. Serta,memiliki kemampuan memilih bahan-bahan yang melintasi nya dengan tetap memelihara perbedaan kadar ion di luar dan di dalam sel./semipermiabel

TUGAS INDIVIDU 2010
Membran sel pada hewan maupun tumbuhan,umumnya terdiri atas tiga lapis yang berstruktur protein-lemak-protein (Lipoprotein).Struktur utama yang membentuk membran sel adalah molekul-molekul fosfofolid yang tersusun dalam dua lapis.Lalu mengandung molekul kolesterol sehingga membran sel agak kaku.Kemudian unutk menjalankan fungsinya dengan baik,membran sel dilengkapi dengan molekulmolekul protein dan karbohidrat.

Gambar 1.2 Membran Sel

Transper molekul bahan dari luar sel atau dari dalam sel melalui membran sel,berlangsung secara difusi,osmosis,atau transfor aktif.

II.

Inti Sel
Inti sel berisi butir-butir kromatin yang dihubungkan oleh benang kromatin yang sangat halus membentuk gulungan benang kromatin yang mengandung bahan genetik,yaitu untaian molekul DNA. Didalam inti sel terdapat struktur bulat yang lebih padat dan tidak dibatasi oleh membran,yang disebut dengan anak inti (nukleolus).Nukleolus dibutuhkan dalam membentuk molekul RNA.

Gambar 1.3 Inti Sel

TUGAS INDIVIDU 2010
Inti sel berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel dan pewarisan faktor keturunan.Sedangkan anak inti berfungsi untuk mensintesis berbagai macam molekul RNA,khususnya pembentukan RNA (ribosom).

III.

Sitoplasma
Sitoplasma merupakan bagian sel yang hidup yang terdapat diluar sel.Sebagian besar aktivitas sel,seperti metabolisme,gerakan dan biosintesis berlangsung dalam sitoplasma.Oleh karena itu Sitoplasma memiliki oraganel-organel yang membantu dalam menjalankan tugas nya.Organel ²organel yang terdapat dalam sitoplasma adalah sebagai berikut.

a. Mitokondria
Mitokondria tampak seperti benang-benang halus atau butir-butir yang tersebar dalam sitoplasma .

Gambar 1.4 Mitokondria Mitokondria berfungsi sebagai pusat respirasi sel dan penghasil energi terbesar di dalam sel,sehingga merupakan sumber energi untuk sel.Oleh karena itu,pada sel-sel yang membutuhkan banyak energi akan ditemukan banyak mitokondria,seperti sel otot,sel kelenjar dan sebagainya.Dengan demikian mitokondria disebut juga sebagai power house dari sel.

b. Retikulum Endoplasma
Retikulum Endoplasma merupakan saluran yang berkelok-kelok sebagai penghubung antara membran sel dengan membran inti. Berdasarkan ada tidaknya ribosom yang menempel,RE dibagi menjadi 2 kelompok,yakni: a) RE Kasar Yakni RE yang mengandung atau menempel ribosom dengan jarak tertentu.Fungsinya untuk menampung protein yang di produksi oleh Ribosom. b) RE Halus Yakni RE yang tidak mengandung ribosom.Fungsinya untuk mensintesis molekul-molekul lemak,fosfolipid,dan steroid.

TUGAS INDIVIDU 2010

Gambar 1.5 Retikulum Endoplasma dan ribosom

Secara umum,RE mempunyai fungsi untuk menyusun dan menyalurkan zat-zat kedalam sel.Setiap sel selalu mensintesis protein sehingga setiap sel selalu mengandung Retikulum Endoplasma.

c. Kompleks Golgi
Protein yang disintesis oleh ribosom pada retikulum endoplasma kasar,sebagai membran RE akan terlepas menuju ke kompleks golgi.

Gambar 1.6 Kompleks Golgi Kemudian di dalam ruangan kompleks golgi ini,protein diolah kembali mendapat tambahan molekul karbohidrat,gugus fosfat,atau gugud lemak.Setelah itu,akan di sekresi menuju permukaan sel dibawa oleh gelembung-gelembung sekresi melalui proses eksositosis. Secara keseluruhan Kompleks Golgi adalah organel Sekresi protein dan lendir.

TUGAS INDIVIDU 2010
d. Ribosom
Ribosom berbentuk butiran-butiran halus yang berdiameter sekitar 23 nm,tersebar bebas didalam sitoplasma atau menempel pada retikulum endoplasma,yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein dalam sel.

e. Lisosom
Lisosom merupakan organel berbentuk oval atau bundar yang dibatasi oleh membran tunggal dan berisi sejumlah enzim pencernaan.Lisosom berfungsi juga untuk mencernakan organel-organel yang telah rusak atau sudah tua.

Gambar 1.7 Lisosm pada permukaan sel

f. Peroksisom
Peroksisom organel yang hampir mirip dengan lisosom,namun ukurannya lebih kecil ketimbang lisosom,mengandung banyak enzim dalam metabolisme,seperti enzim katalase.

Gambar 1.6 Peroksisom

TUGAS INDIVIDU 2010
g. Sitoskeleton
Sitoskeleton merupakan rangkaian benang-benang yang tersusun atas silium dan flagelum,berfungsi sebagai penyokong sel dan mempertahankan bentuk sel,selain itu sitoskeleton juga berperan dalam perubahan bentuk sel serta gerak organel dalm sel.

h. Sentriol
Sentriol adalah organel yang hanya ditemukan di sel hewan.Dalam satu sel terrdapat 2 Sentriol yang ada pada sentrosom.

Gambar 1.7 Sentriol

Pada saat terjadi pembelahan sel,kedua sentriol akan memisahkan diri,bergerak menuju kutub yang berlawanan dan berkembang menjadi benang gelendong. Sentriol berfungsi ketika terjadinya pembelahan sel,yakni pergerakan kromosom dan kromatid.

TUGAS INDIVIDU 2010
B. Struktur sel tumbuhan
Sel tumbuhan mempunyai struktur membran sel,inti sel,dan organel-organel yang hampir sama pada sturukrur sel hewan,hanya saja pada tumbuhan tidak ada lisosom dan sentriol,dan juga sebagai tambahan pada sel tumbuhan memiliki dinding sel,plastida,dan vakuola yang organel-organel ini tidak dimilki oleh sel hewan.

Gambar 1.8 sel tumbuhan

I.

Dinding sel

Selain memiliki membran sel,sel tumbuhan juga memiliki dinding sel,dinding sel ini tersusun oleh molekul selulosa.Dan bersifat permiabel. Pada pengamatan mikroskopik,dinding sel ini terdiri dari 3 lapis,yaitu: a) Dinding primer,terdapat pada sel-sel yang selalu membelah/bersifat meristematik b) Dinding sekunder,terdapat pada sel yang mempunyai bentuk tetap dan fungsi khusus. c) Lamella Tengah,berfungsi sebagai penghubung antara sel yang satu dengan sel yang lainnya.

Gambar 1.9 penampakan dinding sel Beberapa fungsi dinding sel antara lain,yaitu untuk memberi bentuk sel,melindungi bagian dalam sel,serta membantu pergerakan air dari luar kedalam sel.

TUGAS INDIVIDU 2010
II. Plastida/Kromatofora

Plastida merupakan organel pada sel tumbuhan berbentuk bulat,oval,atau cakram.Mempunyai membran rangkap yang disebut amplop,yang didalamnya terdapat sistem membran dan matriks. Plastida dibedakan menjadi tiga bagian,yakni: A. Leukoplas Plastida yang tidak mengandung pigmen,berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Leukoplas dibagi lagi menjadi 3 kelas,bedasarkan bahan yang disimpan. a. Amilopas Bila bahan yang disimpan berupa tepung dan amilum. b. Elaioplas Bila bahan yang disimpan berupa minyak. c. Aleuroplas Bila bahan yang disimpan berupa protein. B. Kloroplas. Yaitu,plastida yang mengandung pigmen fotosintesis.Fungsi nya sebagai tempat terjadinya fotosintesis. C. Kromoplas Yaitu plastida yang engandung pigmen selain pigmen fotosintesis,seperti xantofil dan karoten.Kromoplas banyak ditemukan pada bagian bunga,buah.dan batang.

III.

Vakuola

Vakuola sering disebut juga rongga sel.Organel ini hanya dapat dijumpai pada sel-sel setelah dewasa.Semakin dewasa umur sel tumbuhan,maka vakuola akan semakin besar. Vakuola dilapisi oleh membran yang disebut tonoplas,bersifat semipermiabel.Vakuola juga memiliki cairan sel yang mengandung gas,garam,minyak,gula,asam organk.

Gambar 1.10 Vakuola Fungsi Vakuola sendiri,bersama-sama dengan dindiing sel berperan untuk mengatur tekanan turgor,serta sebagi tempat penyimpanan cadangan makanan,pigmen dan sisa metabolisme.

TUGAS INDIVIDU 2010

2. Struktur Sistem Pernapasan dan Fungsi Organnya.
Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada hewan berkaki empat, sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Bahkan pohon pun memiliki sistem pernapasan. Pernapasan adalah kegiatan makhluk hidup yang sangat penting. Pernahkah kamu berpikir apa yang terjadi seandainya kita sulit bernapas ? Kita tahu bahwa manusia telah dilengkapi oleh alat yang mampu menghirup udara. Organ-organ apa saja yang berperan dalam pernafasan?

I.

Alat-alat pernapasan manusia
teridri atas rongga hidung,tekak(faring),batang

Alat pernapasan manusia tenggorok(trakea),dan paru-paru.

Gambar 2.1 Organ-organ sistem pernapasan. a. Rongga Hidung Rongga hidung merupakan tempat masuknya udara pernapasan.Pada Rongga hidung terdapat rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara,selain itu rongga hidung juga berfungsi menghangatkan udara pernafasan,juga berperan dalam resonansi udara. b. Tekak(Faring) Faring adalah suatu saluran yang panjangnya 12 samapi 14 cm,terletak sejajar dengan tulang punggung.Tekak merupakan tempat terjadinya persimpangan antara saluran pernapasan dengan saluran pencernaan.Dibawah tekak terdapat pangkal batang tenggorok yang disebut laring,tersusun atas sembilan tulang rawan dan sejumlah besar otot.Tulang rawan yang terdapat pada pintu masuk laring disebut epiglotis. Epiglotis yaitu suatu klep yang bertugas mengatur pergantian perjalanan udara pernapasan dan makanan pada persimpanagn tersebut. c. Trakea

TUGAS INDIVIDU 2010
Trake adalah batang tenggorokan yang berupa pipa dengan panjang kira-kira 11 cm terletak di depan esofagus. Rangka bentuk trakea terdiri daripada 16 20 cecincin rawan hialin yang tidak lengkap, menyerupai huruf C.Fungsi dari trakea adalah sebagai laluan untuk udara yang akan masuk menuju paru-praru. Ujung bawah trakea berakhir seperti bentuk huruf Y terbalik,mengarah kedua bronkus,yakni bronkus kanan dan bronkus kiri. d. Paru-paru Paru-paru merupakan ujung dari trakea yang bercabang dua (Paru-paru kanan dan paru-paru kiri).Letaknya tepat di dalam rongga dada. Didalam paru-paru terdapat bronkus yang bercabang-cabang lagi membentuk bronkiolus.Ujung bronkiolus berupa gelembung kecil yang disebut alveolus. Secara umum fungsi paru-paru adalah sebagai tempat penampung udara,selain itu karena di dalm paru-paru terdapat alveolus,ini berfungsi sebai sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara bebas ke sel-sel darah dengan karbondioksida dari sel-sel darah ke udara bebas.

II. MEKANISME RESPIRASI.
Meliputi proses :
y y

Inspirasi yaitu pemasukan udara ke paru-paru Ekspirasi yaitu pengeluaran udara dari paru-paru

Proses inspirasi dan ekspirasi melibatkan kontraksi relaksasi otot-otot tulang rusuk dan otot diafragma. Adapun macam - macam pernafasan antara lain : 1. Pernapasan Dada

Pernapasan dada berlangsung dalam 2 tahap, yaitu :
y

y

Inspirasi, terjadi bila otot antar tulang rusuk luar berkontraksi, tulang rusuk terangkat, volume rongga dada membesar, paru-paru mengembang, sehingga tekanan udaranya menjadi lebih kecil dari udara atmosfer, sehingga udara masuk. Ekspirasi, terjadi bila otot antar tulang rusuk luar berelaksasi, tulang rusuk akan tertarik ke posisi semula, volume rongga dada mengecil, tekanan udara rongga dada meningkat, tekanan udara dalam paru-paru lebih tinggi dari udara atmosfer, akibatnya udara keluar.

2. Pernapasan perut Pernapasan perut berlangsung dalam dua tahap, yaitu :
y

Inspirasi, terjadi bila otot diafragma berkontraksi, diafragma mendatar mengakibatkan volume rongga dada membesar sehingga tekanan udaranya mengecil dan diikuti paruparu yang mengembang mengakibatkan tekanan udaranya lebih kecil dari tekanan udara atmosfer dan udara masuk. Ekspirasi,diawali dengan otot diafragma berelaksasi dan otot dinding perut berkontraksi menyebabkan diafragma terangkat dan melengkung menekan rongga dada, sehingga volume rongga dada mengecil dan tekanannya meningkat sehingga udara dalam paruparu keluar.

y

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->