PENGELASAN DASAR (WELDING

)
Seiring dengan kebutuhan komponen dan suu cadang otomotif, perusahaan dituntut untuk terus melakukan pembenahan kemampuan SDM. Salah satunya melalui peningkatan keterampilan karyawan di bidang pengelasan. Pengelasan merupakan salah satu proses dari proses manufaktur, dimana fungsi dari dasar pengelasan adalah menggabungkan bagian satu dan bagian lainnya dengan menggunakan energi panas. Selain itu setiap jenis logam memiliki struktur yang berbeda-beda, karena itu sifat tiap jenis logam pun berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat mempengaruhi metode proses pengelasan itu sendiri. Semaikn baik sistem dan hasil pengelasan yang dibuat, akan semakin kuat sambungan komponen yang dihasilkan. Beberapa aspek lain seperti peralatan dan kualitas pengelasan juga perlu diketahui operator las perusahaan yang semuanya merupakan faktor penting dalam pekerjaan pengelasan

Tujuan

Tujuan dari pelatihan ini adalah :
1. Memberikan pemahaman kepada peserta tentang sifat-sifat dasar dari logam. 2. Memberikan

pengetahuan kepada peserta tentang penentuan metode pengelasan logam. 3. Meningkatkan ketrampilan peserta untuk melaksanakan proses pengelasan dasar dengan baik dan benar. 4. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan peserta dalam bekerja.

Target

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mampu : 1. 2. 3. 4. Memahami berbagai metode pengelasan Terampil melakukan pengelasan dasar Memahami jenis-jenis logam Memahami aspek LK3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Las Dasar

1

Instruktur Instruktur terdiri dari :   Staff Politeknik Manufacture ASTRA Praktisi Manufacturing Group Astra Lama Pelatihan Empat (4) hari efektif terdiri dari teori. 7. dilengkapi pula dengan kegiatan praktek pengelasan yang dilaksanakan di workshop/pabrik. diskusi serta praktek di workshop dengan komposisi teori : praktek adalah 30 : 70. Tujuan MATERI 1. 4. 5. Las Dasar 2 . 6. 2.Metode Pelatihan Materi teori disampaikan didalam kelas dengan simulasi dan studi kasus. Pengantar teknik pengelasan Pengetahuan bahan Pengetahuan electrode Peralatan pengelasan Kualitas pengelasan Teknologi pengelasan Praktek pengelasan Total JAM 1 2 2 1 1 1 24 32 Peserta Pelatihan Peserta training ini adalah para Foreman dan operator pengelasan di pabrik UKM. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful