UTS BAHASA INDONESIA KELAS 11 SMU 1.

Selama tahun 2002, terdapat tiga belas pelaku korupsi yang telah dibebaskan oleh mejelis hakim. Apalagi ada sebanyak empat belas terdakwa korupsi yang telah terkena eksekusi pun tidak perlu menjalani hukuman karena hakim tidak segera memerintahkan mereka ditahan. Dengan demikian, muncul kesan bahwa hakim hanya berani menghukum terdakwa apabila terdakwa tidak menghadiri sidang pengadilan. Pikiran utama pernyataan di atas adalah … . A. Sejumlah koruptor terbebas dari hukuman B. Pada tahun 2002, koruptor menjadi bahan pembicaraan media massa. C. Vonis selalu dijatuhkan pada setiap pengadilan yang dihadiri terdakwa. D. Koruptor yang telah dijatuhi vonis tidak harus menjalani hukuman. E. Para hakim tidak punya keberanian menjatuhkan vonis. 2. (1) Di samping memiliki kekuatan, ia juga memiliki kelemahan. (2) Namun, ia cenderung dianggap ”lebih” karena tujuan hidup seorang pahlawan bukan semata-mata untuk diri sendiri. (3) Seorang pahlawan tidak berbeda dengan manusia lainnya. (4) Dia tidak hanya hidup di dunia nyata yang penuh dengan hiruk pikuk kebutuhan dunia. Urutan yang tepat dari kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang baik adalah … . A. (1), (2), (4), (3) B. (3), (1), (4), (2) C. (3), (4), (1), (2) D. (3), (1), (2), (4) E. (1), (4), (3), (2) 3. Makanan ubi-ubian yang mengandung protein dapat dijadikan menu bagi orang yang berpenyakit gula. Agar kalimat di atas menjadi lugas sehingga tidak bertafsir ganda dapat diubah menjadi … . A. Makanan ubi-ubian yang mengandung protein dapat dijadikan santapan bagi orang yang berpenyakit gula. B. Makanan ubi-ubian yang mengandung protein dapat dijadikan menu bagi penyakit gula. C. Makanan ubi-ubian yang berprotein tinggi dapat dijadikan menu bagi orang yang berpenyakit gula. D. Para penderita penyakit gula dapat mengonsumsi makanan ubiubian yang berprotein. E. Makanan yang mengandung protein dari ubi-ubian dapat dijadikan menu bagi penderita penyakit gula. 4. Kata-kata yang dicetak miring dalam kalimat berikut ini bermakna konotatif, KECUALI … . A. Ia selalu membuang muka setiap bertemu denganku.

C. harus diamputasi akibat membusuk. Ayah menderita ama urat… D. Ayah tidak boleh makan hati dan usus karena menderita asam urat. Potensi fisiknya harus selalu dijaga dan dirawat dengan seksama. biasanya di kaki. 7. yang dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling. Bahkan penderita yang kronis setiap hari harus disuntik dengan insulin. Pasien harus menjaga agar jari-jari kakinya tidak lembab dan berjamur. B. Sehingga dalam pemakaian sepatu pun ada petunjuk dan aturannya sendiri. 8. deskripsi E. eksposisi si C. yakni tentang Ortomoleculer medicine yang dasarnya adalah studii biologi molekuler sebagai sains . Simpulan umum yang dapat diambil adalah … . A. Dibandingkan dengan pasien penyakit lain. Jika terjadi luka. Pak Darmono mengurut dada melihat tingkah anaknya seperti itu. penderita diabetis mellitus yang kronis selalu disuntik insulin C. A. narasi D. Bagai sepasang pengantin baru saja mereka itu. Ayah tidak makan hati dan usus. persuasi 6. Ayah tidak boleh makan hati dan usus. Zulaika menjadi bunga desa kami. Pernyataan di bawah ini tidak sesuai dengan isi paragraf di atas. penderita diabetis mellitus harus mengalami amputasi di bagian kaki. Ayah boleh tidak makan hati dan usus. penonton menutup kedua mata mereka. diabetis mellitus ( kencing manis ) atau disebut juga penyakit gula tergolong penyakit yang sangat merepotkan.B. Perilakunya mencoreng wajah keluarga kami. Sejak lahirnya konsep pemikiran baru dalam ilmu kedokteran. argumenta B. C. Apalagi jika ia memandang dengan tatapan mata penuh. Bentuk karangan di atas adalah … . E. A. Saya tidak perlu lagi menggambarkan keadaan dia. fisik penderita harus dijaga agar tidak mengalami luka D. luka yang terjadi pada kaki penderita diabetis mellitus sangat berbahaya E. Dengan rambut itu saja anak-sudah ketakutan. waktu bertemu berwarna seperti bersuara dan akan histeris dan 5. Bila pernyataan dasar umum adalah Semua penderita asam urat tidak boleh makan hati dan usus. D. diabetis mellitus tergolong penyakit yang merepotkan penderita B. E. yaitu ….Tak usahlah saya katakan lagi. dan pernyataan khusus adalah Ayah seorang penderita asam urat.

penelitian medis diarahkan pada molekul-molekul yang secara normal biologis fisiologis ada dalam tubuh manusia. alias besar kemungkinan merugi. Kami membantu ibu. Inti kalimat di atas adalah … . nalar ilmu dan nalar logika. B. 10. Dalam hal tertentu. penelitian medis diarahkan pada molekul E. Dari segi nalar. Kami bekerja membantu ibu sesudah kami pulang dari sekolah. A. Pikitan utama pargraf di atas terdapat pada kalimat A. Terapi panas telapak tangan merupakan cara pengobatan yang dapat dipertang-gungjawabkan secara keilmuan. Terapi panas tangan termasuk cara pengobatan yang tidak dapat dipelajari secara keilmuan. B. pertama B. Rute-rute seperti ini jelas bukan rute komersial. Di bisnis seperti inilah Merpati harus terjun. Terapi telapak tangan dapat dimengerti oleh orang awam dengan dukungan pengetahuan yang metodis . Namun. antara lain oleh rasa takut. Kami pulang. A. suhu tubuh manusia dapat berubah. kaget. resah. Panas tubuh orang normal senantiasa pada kisaran 37 derajat celcius. kedua C. ortomeculer medicine adalah sains dasar. Terapi panas telapak tangan termasuk pangobatan tradisional yang tidak masuk akal. Pernyataan berikut yang sesuai dengan paragraf di atas adalah … . ortomoleculer medicine dasarnya adalah studi biologi D. demi kepentingan nasional. cemas. kelima 11. atau sakit demam. biologi molekuler merupakan sains dasar 9. Bisnis penerbangan adalah bisnis maharumit. keempat E. Akan tetapi. konsep pemikiran baru dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling. rute itu tetap harus dijalani. D. ketiga D. Sementara itu. apalagi yang sudah mendlami konsep pengobatan panas telapak tangan. tentu saja cara pengobatan itu memang beralasan dengan dukungan pengetahuan metodis. C. Kami bekerja. A. E. Kami bekerja membantu bibi. dan persaingan pun sangat ketat.dasar. Inti kalimat panjang tersebut adalah … . Terpeliharanya nilai normal suhu tubuh tersebut semata-mata oleh adanya mekanisme sistem keharmonisan tubuh. C. bagi orang yang berperhatian. Kami dari sekolah. B. D. yaitu melayani rute-rute perintis. pada saat yang sama perusahaan ini harus mengemban misi yang tidak ringan. C. cara pengobatan itu memang sulit dimengerti dan tidak mudah dicerna oleh akal orang awam.

Untuk lebih me. .. 12. Setiap tanggal 17 Agustus. Cut Nyak Dien salah satu pahlawan wanita yang terkenal 14. a... Pahlawan ini berasal dari Aceh.. imbauan 15.. akibat-sebab c.E.. kita selalu merayakan hari kemerdekaan negara tercinta ini.. Cut Nyak Dien adalah pahlawan wanita dari Aceh e. serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat bercabang pula dan seterusnya.. analogi 13... tiap cabang kemudian bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru.. .. Jangan sampai peristiwa ini terulang kembali seperti dua tahun yang lalu.. generalisasi d. banyak pahlawan Indonesia yang tidak dikenal d. dapat disamakan dengan percabangan sebatang pohon... Untuk itu.. Dari tahun ke tahun aneka lomba memeriahkan peringatan tersebut.. Kita bisa mengundang mereka untuk berkumpul bersama memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2003.ningkatkan kualitas kebermaknaannya.. Demikian seterusnya Begitu pula percabangan pada sebuah bahasa. Bangsa Indonesia memiliki banyak pahlawan baik pria maupun wanita. Gagasan utama paragraf di atas adalah . larangan c... a. alangkah baiknya kita menengok Saudara-saudara kita yang sudah yatim piatu. penjelasan d. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru. Penggalan pidato tersebut berisi . terutama mengenai kekurangan air dan musibah kebakaran. perlu kita jaga keselamatan lingkungan ini. permintaan e. pahlawan Indonesia tersebar di seluruh tanah air c. Pahlawan-pahlawan ini tersebar di seluruh pelosok tanah air banyak di antaranya yang tidak dikenal. Paragraf di atas dikembangkan dengan pola . daerah yang juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekah. sebab-akibat e. perintah b.. Musim kemarau yang panjang pada tahun ini perlu kita waspadai. Terapi panas telapak tangan banyak diminati oleh orang awam karena lebih sederhana dan tidak menakutkan. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting yang baru. proses b. Seorang pahlawan wanita yang sering disebut namanya ialah Cut Nyak Dien. Percabangan suatu bahasa proto menjadi dua bahasa baru atau lebih... Indonesia memiliki banyak pahlawan b. Gagasan utama penggalan proposal di atas ialah . Hadirin yang saya hormati! . a.

.. d.. banyak manfaat yang dirasakan oleh warga masyarakat antara lain: …. a. Kita selalu merayakan hari Kemerdekaan negara tercinta ini dengan mengundang anak-anak yatim piatu. anak-anak yatim piatu dari panti asuhan diundang untuk meningkatkan kualitas kebermaknaan setiap tanggal 17 Agustus e. a. PU : Semua kain sutera terbuat dari kepompong ulat sutera. Pada masa lalu program keselamatan kerja bersifat mengatasi kecelakaan yang sudah terjadi tetapi sekarang lebih bersifat prefentif yakni memperkirakan apa yang akan terjadi. campuran 18. Gagasan utama paragraf di atas adalah . pekerja adalah aset perusahaan yang perlu perlindungan b. Bila akibat kerja dapat dihindarkan perlu dilakukan upaya kuratif dan rehabilitatif. . deskriptif e. agar meriah peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia diundanglah anak-anak yatim piatu c. PK : Baju saya sutera.... induktif b. Paragraf di atas termasuk jenis paragraf .. pekerja yang mengalami kecelakaan kerja menerima jamsostek 17. 19. deduktif c. a. Pada hakikatnya pekerja adalah aset perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan dan kesehatan kerjanya. keselamatan dan kesehatan pekerja perlu dijaga c. Kesimpulan yang tepat untuk silogisme di atas adalah . Ia tidak pergi. Hambatan itu datang dari sebagian warga masyarakat yang belum sadar akan arti pen-tingnya tertib lalu lintas.. dengan adanya Operasi Zebra. e.a. b. Kalimat yang menggunakan penalaran induktif adalah .. Dalam melaksanakan Operasi Zebra sering pihak kepolisian mengalami hambatan. karena sakit. 16. bersama-sama anak yatim piatu memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2003 b. Yang jelas.. c. kepompong ulat sutera dapat dibuat baju. program keselamatan kerja dulu bersifat mengatasi kecelakaan d.. naratif d.. program keselamatan kerja sekarang bersifat produktif terhadap kemungkinan mendapat kecelakaan e. Ambilkan tas itu untuknya. a. ia tidak masuk sekolah. Karena sedang sakit. Dia sakit gigi kemarin. Ia tidak masuk sekolah. Kesimpulan : . kita merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus dengan meriah karena selalu ada lomba-lombanya d.. Pekerja yang mengalami cacat kerja akan dievaluasi serta ditetapkan tingkat kecocokannya sebelum menerima Jamsostek. padahal ada peristiwa penting.

” . Kesimpulan : .?” Satilawati : “Dan ayah mengusir nenek.?” Perempuan tua : “Engkau hendak diceraikannya. d.. alur/plot yang membentuk cerita/novel itu 23. Ayah tidak boleh makan gula. Pun menjadi juru rawat itu dialang-alanginya pula mula-mula. …………………...” Satilawati : “Semua cita-citaku dipatahkannya. Dan dengan Iskak . baju saya terbuat dari kepompong ulat sutera. Ayah tidak boleh banyak memakan makanan yang mengandung gula. Perempuan tua : “Ayahmu memang terlalu keras dalam mendidik kau. PK : Ayah penderita penyakit gula. Berikut ini adalah unsur-unsur intrinsik karya sastra (novel) yang dipertimbangkan di dalam penulisan resensi novel.. a. tema novel yang diresensi b. kemudahan dalam menerima seseorang e. permohonan untuk memakai namanya b. pandangan hidup penulis resensi c. Orang menderita penyakit gula tidak boleh makan makanan mengandung gula d.b. amanat yang disampaikan di dalam novel itu d.. tapi ia akan berubah. Dari kedua premis di atas dapat ditarik kesimpulan . Tuhan kami Telah terlalu mudah kami Menggunakan asma-Mu Bertahan di negeri ini Semoga Kau rela menerima kembali Kami dalam barisan-Mu Taufiq Ismail Hal yang diungkapkan penyair dalam puisi di atas . 21. kecuali . kerelaan untuk menerima yang bersalah 22. e.. permohonan ampun kepada Tuhan c... baju ini terbuat dari kain sutera. aku tidak dapat . c.. c. PU : Semua penderita penyakit gula tidak boleh banyak memakan makanan yang mengandung gula.. tidak salah lagi baju ini memang sutera 20.. a. Aku hendak membangunkan. kepompong ulat sutera dari kepompong sutera.. a. kemudahan dalam menyebut nama Tuhan d. Dipaksanya aku untuk menceraikan itu.. Makanan mengandung gula tidak boleh dimakan penderita penyakit gula. Penderita penyakit gula tidak boleh makan gula b.. e. karakterisasi di dalam novel itu e.

Pesan penggalan pidato di atas adalah … a. d. Perusahaan kereta api telah berupaya meningkatkan pelayanan. d. 24. Orang tua yang tega mengusir anak dan ibunya sendiri.. baiklah saya bacakan pidato ini. Jadilah komponen yang baik dari suatu sistem kehidupan.. Cita-cita anak tidak selalu mendapat dukungan dari orang tua. Hadirin yang saya hormati. sulit bagi kita untuk bisa kembali pada posisi seperti semula. .. c.. d. Orang tua yang selalu memaksakan kehendak kepada anak kesayangannya. e.. b. saya akan menyampaikan pidato yang ditulis oleh Bapak . dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Karena tulisan itu jelas siswa tidak dapat mengerjakan soal itu.. b. Komponen yang taat pada sistem akan selamat dalam hidup ini. berikut ini saya sampaikan pidato Bapak . sekali terpental... Kita tidak boleh terpental dari sistem kehidupan masyarakat. kita dituntut masuk mengikuti “aturan main” yang berlaku secara umum di masyarakat kalau kita tidak ingin ikut terpental dari sistem itu. Tata kehidupan masyarakat merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat aturan-aturan yang harus ditaati oleh setiap komponen dan kita masing-masing adalah kom-ponen dari sistem itu. b.. Konflik yang terjadi dalam kutipan drama di atas adalah . 26. Oleh karena itu. ia mengancam aku . suka tidak suka. untuk menghemat waktu. Ikutilah aturan-aturan yang secara umum berlaku di masyarakat. c. 25. Hati-hatilah agar tetap diterima sebagai komponen dari suatu sistem kehidupan masyarakat. Bunga di depan ruangan kelas layu karena bunga itu tidak disiram setiap hari.. a. Para siswa yang saya cintai.. a. Ayah yang terlalu keras dalam mendidik anak perempuannya. izinkanlah saya menyampaikan pidato yang berjudul .. Kalimat pengantar yang tepat untuk mengawali pembacaan naskah pidato ialah .. Hadirin yang saya hormati. Hadirin yang saya hormati. Hadirin yang saya hormati. pidato pembukaan pertama ini akan saya sampaikan dengan membaca naskah pidato .. c. a. Hadirin yang saya hormati. 27. c. mau tidak mau.Perempuan tua : “Lebih dari itu. b. e. Kalau film diputar malam hari mengganggu belajar siswa. Padahal. Kalimat-kalimat berikut ini yang termasuk kalimat deduktif ialah .. e. e. Ancaman ayah terhadap anak yang tidak mengikuti nasihatnya. d. Dari uji praklinik maupun klinik. Para siswa SMK diwajibkan mengikuti PSG.

Nyanyian ini sering mengiringi tarian Lenso karena iramnya sangat syahdu. a. d.. melainkan untuk menyindir seorang ibu yang mata duitan. mereka suka menyelingi dengan bahasa Sunda. (Republika. .. Ekstrak air buah pare menurunkan kadar glukosa/darah pada orang normal. Warga Kampung Naga yang eksklusif. 3 Salah satu lagu Minahasa yang terkenal di dalam maupun di luar 0. D.. a. A. Dilaporkan. d. Warga Kampung Naga yang sederhana. Simpulan dari wacana di atas adalah . Warga Kampung Naga yang terbuka. Lagu O Ina Ni Keke sering mengiringi tarian Lenso karena iramanya yang syahdu. Gagasan utama paragraf di atas adalah . 29-03-04) Penggalan resensi di atas menyoroti tentang … . Komunikasi mereka dengan menggunakan bahasa Indonesia memang belum lancar. titik-titik rawan yang perlu diwaspadai. c. Mereka mengenal radio. negeri adalah O Ina Ni Keke. 2 Warga Kampung Naga tidak terlalu mengikatkan dirinya pada adat9. keunggulan buku kelemahan buku judul buku isi buku harapan penulis buku . B. e. Mereka tidak terlalu menutup diri terhadap perkembangan zaman. b. Jika berbicara.. b. 28 Buku ini secara gamblang menjelaskan tentang apa dan bagaimana pengawasan pemilu. A.Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara ilmiah mengenai kemampuannya menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal maupun diabetes. C. e. Pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.. dan bagaimana masyarakat bisa terlibat aktif dalam pengawasan pemilu. Warga Kampung Naga yang belum lancar berbahasa Indonesia. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian. istiadat leluhur mereka.. Hasil uji praklinik maupun klinik tentang pare. E. Lagu ini sebenarnya bukan lagu untuk meninabobokkan bayi dalam buaian. dan barangbarang elektronik lainnya. Gagasan yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut ialah . ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada mencit normal maupun diabetes yang diinduksi streptozotosin. O Ina Ni Keke mulai populer sebagai lagu untuk menidurkan bayi. Warga Kampung Naga yang bersifat tradisional. c. kamera. Pare menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji.

Hembusannya membuat orang-orang lebih suka meringkuk di sudut-sudutnya yang telah senyap dan enggan bangun.. B. Daun bambu itu bernyanyi tertipu angin. melainkan tingginya pengguna bahasa daerah. pendapat Saudara tentang pemasyarakatan bahasa Indonesia yang sulit dicapai bukan karena banyaknya bahasa daerah. Kalimat sanggahan yang tepat sesuai dengan santun diskusi adalah . membangunkan penguin kota. melainkan untuk menyindir. Kalimat yang bermajas sama dengan kalimat yang bercetak miring dalam kalimat di atas adalah . Negara itu merayakan ultah kemerdekaannya yang ke-64. 3 Banyak buku lain yang memuat tulisan para anggota Forum Lingkar 3. E. Lagu O Ina Ni Keke iramanya sangat syahdu karena itu sangat terkenal. Kekuatan visinya jelas. Terima kasih. Berkat kijang. karena akhirnya bahasa Indonesia bisa tersisihkan. Permisi. Buku ini bahasanya halus dan lancar. Lagu O Ina Ni Keke sebenarnya bukan lagu untuk meninabobokkan bayi dalam buaian. saya mau ke belakang sebentar. Saudara penyaji.Lagu O Ina Ni Keke merupakan salah satu lagu Minahasa yang terkenal di dalam maupun di luar negeri. D. D. Angin dingin dari punggung Himalaya 1. menggelegar membangkitkan semangat. B. Pena (FLP). Lagu O Ina Ni Keke banyak yang menyukai. Pidatonya lantang. Menurut saya.. 32. B. Pengarang berdakwah lewat cerita. D. baik di rumah maupun di sekolah. C. Pemasyarakatan bahasa Indonesia bisa saja tercapai asalkan kita semua mau menyebarkan dan memeliharanya dengan baik. baik di pusat maupun di daerah-daerah. E. Seluruh royalti buku ini diterima para penulis yang telah menyumbangkan karyanya akan didedikasikan kepada . C. C. bahasa daerah itu tidak perlu dipelihara karena sudah ada yang memakainya. saya datang ke sekolah tidak terlambat. karena itu lagu tersebut menjadi terkenal. Saudara penyaji mengemukakan bahwa bahasa daerah jika dipelihara dapat mengganggu tercapainya pemerataan bahasa Indonesia itu memang tepat. 3 Dini hari di Ihasa. otomatis pemakainya itulah langsung yang akan memeliharanya. Saudara penyaji. demikian penyaji. Bahasa Indonesia dapat dimasyarakatkan asal kita mau menggunakannya untuk komunikasi.. pendapat Saudara tentang tidak akan tercapainya pemerataan bahasa Indonesia karena terpeliharanya bahasa daerah kurang tepat. A.. E. A.

Didik Sarudji. 2006. Kalimat resensi yang berupa keunggulan buku berdasarkan penjelasan tersebut adalah . “Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik. Sidoarjo Tahun : 2006 Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan EYD berdasarkan identitas tersebut adalah . kesabaran yang menyejukkan dan menentramkan. Kesehatan Lingkungan. Kesehatan Lingkungan: Media Ilmu. A.Sc.Yusakh Ananda. C. D. . Jakarta: 2006.. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah . M. 2006. Media Ilmu. Jakarta.. Jakarta. Judul buku : Kesehatan Lingkungan Penulis : Didik Sarudji. Didik Sarudji. A. M.” Begitulah mereka dapat menunjukkan rasa dengki dengan emosi terkendali. B. C. E. 2006.Sc. Didik Sarudji. M. D. Yusakh Ananda merupakan penulis renta yang tetap berkarya sambil berjualan di kantin sekolah..Sc. 3 4.. Penerbit : Media Ilmu. Kesehatan Lingkungan. bahkan memandang kata-kata itu sebagai angin lalu yang tidak pernah kembali.. Kesehatan Lingkungan. Para penulis yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena telah membuat banyak buku di pusat maupun di daerah. tangan menengadah ke atas C. Kesehatan Lingkungan. Media Ilmu... M. Didik Sarudji. Bahasa yang digunakan halus dan lancar. dan pemakaian bahasa yang halus dan lancar dalam karya mereka. muka tembok tak ada B. 2006. Didik Sarudji. A.Sc. M. 35 . Seluruh royalti yang diterima penulis anggota FLP akan disumbangkan kepada Yusakh Ananda. Maka tatkala menerima kata-kata kotor. seorang yang sudah renta. mata tak berkedip .Sc. dakwah. E. Media Ilmu. Para penulis anggota FLP sangat peduli terhadap visi. M. B.. kekuatan visi cerita disampaikan melalui dakwah.Sc. tetapi masih setia menulis sambil berjualan di kantin sekolah. Jakarta: Media Ilmu.

. B. gua-gua itu tidak dapat dilestarikan. manusia hanya menggunakan alam untuk memenuhi kebutuhan bertahan hidup. Ajakan untuk berbuat yang terbaik untuk kesehatan. 3 8. Dulu.. E. Bantuan manusia yang dibutuhkan untuk memperbaiki alam.. Keadaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. E. kurangnya pengawasan dan perhatian . Alam bisa memperbaiki dirinya dengan mudah. Saudara-saudara yang saya hormati. alam membutuhkan bantuan untuk memperbaiki diri. dan manusia lupa tanggung jawabnya. Simpulan yang tepat berdasarkan kutipan teks pidato tersebut adalah .. Siapa yang mesti dituntut untuk bertanggung jawab atas terjadinya polusi ruang kalau bukan kita sendiri selaku penghuninya? Kalau kita menyadari bahwa menjaga kesehatan lebih utama daripada memulihkan kesehatan dan kalau kita yakin bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan.. hati kecut telinga tak memerah 3 6. Tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan adalah penghuni lingkungan tersebut. E.. Kita harus selalu menjaga kesehatan lingkungan. D. Kerusakan lingkungan sebagai akibat ulah manusia secara berlebihan. gua di Indonesia banyak yang sudah rusak . marilah kita berbuat yang terbaik untuk kesehatan kita.. Awalnya.. Kebersihan pangkal kesehatan sehingga kita harus menjaganya. 3 7. Kesadaran akan perlunya menjaga kebersihan sebagai pangkal kesehatan. D. Orang mengatakan . Tetapi.D.. Kerusakan lingkungan secara global terjadi karena manusia berlebihan menggunakan kebebasannya. C. B. Alam digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. A. kita tidak perlu diperintah. lalu kebutuhan itu berkembang. Padahal sumber daya alam tidak bertambah. Masalah yang disoroti dalam tajuk rencana di atas adalah . A. . Sikap manusia yang berlebihan dalam menggunakan kebebasan. hidup linier tidak menimbulkan masalah karena jumlah manusia masih sedikit.. C. dengan terus bertambahnya manusia.

Tuliskan lima unsur dalam meresensi! . Pengajaran Kosakata (Bandung: Angkasa. gembira sekali. anak muda setan. hlm. D. karena.. sangat hijau. Morgan. hlm. atau 3 9. Aslinda dan Leni Syafyahya.. maka. kekuning-kuningan. berteriak-teriak. sangat merdu D. 1995) 3. sebab E. A. bagaimana C. sangat indah. mengusir kawanan burung pipit yang hendakberpesta pora memakan padi.” kata ibu Maria. Bandung: Refika Aditama.. jika.. Frits mendapat kesempatan untuk menyambar. Gerson Poyk) Konflik yang terjadi dalam kutipan cerpen tersebut adalah . “Ya. sayup-sayup E. Perselisihan pendapat antara anak muda dengan orang tua.. karena. dan B. 2004. B. maka. conceptualizations and Applications ( New Jersey: Ablex Publishing Corporation. Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar! 1. 2007) b. Kamus sebagai Sumber Rujukan dan Pengajaran Kosakata 2. Mastery Motivation arigins. Bu.Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . (Sang Guru. kekuning-kuningan. ya. sehingga D. Padi di sawah merunduk berayunayun meliuk-liuk ditiup angin lembah.. Buatlah Footnote atau catatan kaki dari data di bawah ini! a. Bocah-bocah bertepuk sorak . Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah .. merdu sekali B. 24.” kata Frits sambil mengatupkan kedua telapak tangannya seperti orang sembahyang di gereja. saya diam. bila. A. Pengantar Sosiolinguistik. 283. sangat nyaring. sangat luas. Hamparan sawah membentang .” 0. ibu kira guruguru di zaman sekarang tidak ada yang disiplin? Semua bajinganbajingan?” “Diam. karena. MacTurckk and George A. sayup-sayup 4 “Guru-guru di zaman Belanda sangat disiplin. Hendri Guntur Tarigan b. B.. Dangau-dangau berpencaran. Gemercik air yang jernih di saluran air terdengar . bahwa. A. 1993). Kasno. Tingkah laku guru yang kurang menyenangkan siswa C. Guru-guru yang selalu mendapat masalah di sekolah.. “Jadi. riang gembira. di telinga.. Jakarta: Pusat Bahasa. merdu sekali C... E. Robert H. maka. dengan nyaring.. Tuliskan daftar pustaka dari data berikut: a. . Guru-guru tidak mengikuti aturan yang berlaku. Perbedaan guru zaman Belanda dengan zaman sekarang. bahwa.

4. Jelaskan perbedaan anatara penalaran deduktif dengan penalaran induktif! 5. Tuliskan masing-masing satu contoh penalaran sebab-akibat dan akibat-sebab! .