P. 1
Masyarakat Madani

Masyarakat Madani

|Views: 120|Likes:

More info:

Published by: Ardianti Lestari Aris on Oct 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Umat

Performed by«...
Achmad Prabowo S. (023280197) & A.Dhedy Febriady (023280215)

Konsep Masyarakat Madani Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab. yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuaan dan teknologi. menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. .

menjadikan Rasulullah SAW sbagai pemimpin dg ketaatan penuh terhadap keputusan-keputusannya.Masyarakat Madinah setelah terjadi traktat.Masyarakat Madani Dalam Sejarah Ada dua masyarakat dalam sejarah yang terdokumentasi sebagai masyarakat madani. Yaitu masyarakat di masa Nabi Sulaiman 2. yaitu: 1. mnciptakan kedamaian dalam kehidupan sosial. menjadikan al-Qur·an sbagai konstitusi. dan memberikan kebebasan kepada penduduknya untuk memeluk agama serta beribadah sesuai dg ajaran agama yg dianutnya. Masyarakat Saba·. . perjanjian Rasulullah SAW beserta umat islam dg penduduk Madinah yg beragama Yahudi dan beragama Watsani untuk saling tolong.menolong.

Toleran 5. Saling tolong-menolong 4. Damai 3. Adanya Keseimbangan antara Hak dan Kewajiban 6. Berakhlak Mulia . Bertuhan 2. Berperadaban Tinggi 7.Karakteristik Masyarakat Madani Masyarakatk Madani sebagai masyarakat ideal memilki karakteristik sebagai berikut: 1.

Peranan Umat Islam Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani Umat Islam adalah umat yang diberikan kelebihan oleh Allah diantara umat manusia yang lain.Umat Islam memiliki aturan hidup yang sempurna dan sesuai dengan fitrah kehidupannya. damai dg Allah dan damai dg sesama manusia. Kedua aspek. merupakan modal dasar umat Islam untuk menciptakan harmoni sosial guna mewujudkan Masyarakat Madani. . umat islam jg memiliki karakter amar ma¶ruf dan nahi mungkar serta beriman kepada Allah. Disamping memiliki aturan hidup yang sempurna yang sesuai dg fitrah hidup manusia.

bahwa perekonomiansuatu kelompok.Tidak ada sekelompok orangpun boleh memisahkan diri dari orang lain dg tujuan untuk membatasi kegiatan sosial ekonomi di kalangan mereka saja. 2. bangsa maupun individu pada akhirnya kembali berada dii tangan Allah. yaitu : 1.Tidak seorangpun ataupun sekelompok orang yang berhak mengeksplotasi orang lain.Sistem Ekonomi Islam dan Kesejahteraan Umat Dalam ajaran Islam. . Dengan demikian. terdapat dua prinsip utama. seorang muslim harus mempunyai kayakinan.

maka Allah melarang umat Islam memakan hak orang lain . kalo tidak disertai dengan keadilan ekonomi yang memungkinkan setiap orang memperoleh hak atas sumbangannya terhadap masyarakat.Jika seseorang memiliki keyakinan yang demikian.. Konsep persaudaraan dan perlakuan yang sama terhadap seluruh anggota masyarakat di muka hukum tidaklah ada artinya. dirinya tidak akan diperbudak oleh keduniaan. keduniaan. Agar tidak ada masyarakat eksploitasi yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

Islam Memotivasi umatnya untuk berkompetisi dalam kebaikan. . dan memberikan makna tentang sesuatu pekerjaan yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal (Toto Tasmara. meyakini. Bagi umat Islam. yang dilandasi oleh ajaran al-Qur·an dan Hadis. memiliki etos kerja yg baik. yang menentukan nilai hidup di dunia dan konsekuensi di akhirat kelak. 2002 : 20).Etos Kerja Islami Etos kerja adalah totalitas kepribadian diri dan cara mengekspresikan. sifat etos kerjanya adalah etos kerja islami. memandang. Nilai kebaikan umat Islam tersebut dapat terealisasikan apabila keimanannya menghasilkan amal shalih.

yang berarti berkah.Filantropi : Zakat dan Wakaf Manajemen Zakat : Pengertian Zakat dan Dasar Hukumnya Kata zakat berasal dari kata ´zakaµ. zakat berarti sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk diserahkan kepada yang berhak. Menurut istilah fikih. tumbuh. dan baik. yakni harta benda atau kekayaan. bahwa harta yg wajib dikeluarkan zakatnya hanya dg kata-kata yg sangat umum. Menurut Nawawi jumlah yang dikeluarkandari kekayaan itu disebut zakat. . Al-Qur·an menyebutkan. bersih.

Hasil laut 7. namun demikian.Hasil tanaman dan tumbuh-tumbuhan 5.Harta benda yang ada di dunia ini macam-macam jenisnya.Harta Profesi .Harta perdagangan 4. Emas dan perak 2. jenis-jenis kekayaan itu dapat diklasifikasikan sbb: 1.Binatang ternak 3.Harta ´rikazµ dan ma· adin 6.

. Thanks For Listening« .Times To Ask Questions««.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->