DOS   DOS adalah singkatan dari Disk Operating System.

Istilah DOS sering juga disebut MS-DOS (Microsoft DOS).  MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MSDOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia. Sejarah MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama QDOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM. Dalam pengoperasian DOS terdapat Command-command/perintah dasar yang dikelompokkan dalam 2 kelompok, yaitu: Perintah Internal dan Perintah Eksternal. Perintah Internal adalah perintah yang langsung dapat dijalankan setelah proses booting, tanpa harus memerlukan program khusus dari file-file dalam disket atau hardisk. Perintah Internal dimungkinkan karena sistem operasi sudah direkam ke dalam memori menjadi program resident. Yang termasuk Perintah Internal adalah: DIR, TYPE, RENAME, ERASE, DELETE, CLS, COPY, DATE, TIME, VER, VOL, VERIFY, PAUSE, PATH, PROMPT, RD, MD, CD. Perintah Eksternal adalah perintah yang hanya dapat dijalankan dengan bantuan program khusus dari file-file yang terdapat dalam disket atau hardisk. Perintah tersebut baru bisa berjalan bila file yang dijalankan tersebut ada. Yang termasuk Perintah Internal, antara lain: FORMAT, DISKCOPY, SYS, ASSIGN, COMP, ATTRIB, LABEL, TREE, EDIT, FDISK, dll.

PENGGUNAAN KOMP DI DUNIA PENDIDIKAN Akses ke perpustakaan; . Akses ke pakar; . Melaksanakan kegiatan kuliah secara online; . Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan; . Menyediakan fasilitas mesin pencari data; . Meyediakan fasilitas diskusi; . Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah; . Menyediakan fasilitas kerjasama;

seperti laptop yang digunakan dosen/guru untuk menyampaikan materi dikelas. Para pelajar dan mahasiswa saat ini untuk mengerjakan tugas juga menggunakan komputer.Fungsi komputer pada dunia pendidikan saat ini sangatlah penting. Program internet untuk sekolah yang sedang dilaksanakan pemerintah juga akan lebih menambah intensitas penggunaan komputer di instansi pendidikan. Untuk keperluan praktikum. Untuk melakukan penelitian. Bahkan sekarang sudah ada sekolah yang mewajibkan setiap muridnya untuk membawa laptop sebagai ganti buku tulis yang ada. beda dengan 10 tahun yang lalu dimana masih menggunakan mesin ketik untuk mengerjakan tugas sekolah/kuliah. komputer juga sangat diperlukan. komputer dapat digunakan untuk pemrosesan data yang lebih cepat dan akurat. Komputer dapat digunakan untuk keperluan belajar mengajar. Computer Aided Instruction (CAI) Computer Aided Learning (CAL) Computer Managed Instruction (CMI) Computer Based Education (CBE) CAI meningkatkan keterampilan CAL meningkatkan pengetahuan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful