‡ ‡ ‡

Sederhana (berbeda dengan sampul surat) Halaman sampul = sampul rencana anda Ciptakan kesan pertama yang baik dengan membuat halaman sampul yang rapi serta lugas.

Beberapa informasi yang harus ada di halaman sampul, antara lain :  Kata ³Rencana Bisnis´  Nama perusahaan  Tanggal  Nomor salinan  Pernyataan kerahasiaan dan Perjanjian  Nama, alamat, nomor telepon, serta alamat email orang yang dapat dihubungi (untuk penyebaran keluar)  Logo perusahaan (bila ada)

‡ Nomori halaman sesuai dengan bagian maupun halaman .‡ Pastikan nama perusahaan anda tercetak pada sampul apabila anda menggunakan sampul selain sampul depan transparan dengan halaman sampul yang terlihat.

Daftar Isi y Tempatkan daftar isi pada awal rencana anda y Beri nama daftar isi dengan kata ISI y Daftar bagian-bagian serta nomor halaman pada bagian mulai masing-masing. .

.Penanggalan y Gunakan tahun saja pada lembar sampul seperti : Rencana Bisnis. y Dapat juga menggunakan bulan dan tahun pada lembar sampul seperti : Rencana Bisnis. Agustus 2004 y Tidak perlu mengutip apapun yang lebih rinci selain bulan dan tahun. 2004 .

4 y Jangan tulis kode seperti ini : versi 16 .4 . atau Salinan 3.Nomor Salinan y Beri nomor tiap salinan dari rencana bisnis anda sebelum disebar y Daftar siapa saja yang telah menerima salinan tersebut y Buat nomor kode seperti salinan C.

maupun di cetak kembali tanpa izin resmi perusahaan ____ . Dokumen ini milik perusahaan ____ dan tidak boleh diungkapkan. perjanjian tertulis seperti berikut ini : Dokumen ini hanyalah untuk informasi saja dan bukanlah menawarkan penjualan surat berharga perusahaan. Informasi yang diungkapkan di sini harus dipertimbangkan hak milik serta kerahasiaannya.Perjanjian y Konsultasilah dengan pengacara y Sertakan perjanjian pada sampul depan Secara umum. disebarkan.

tapi gunakan spasi ganda diantara paragraf. Desain.Susunan. atau cetak tebal pada header . dan Presentasi y Jangan mengisi penuh halaman dengan teks y Bingkai teks anda dengan memberi garis batas di sekelilingnya y Gunakan spasi tunggal pada teks anda. y Gunakan garis bawah.

Jenis Tulisan y Pilih jenis tulisan yang mudah dibaca dan lugas penampakannya y Jangan gunakan lebih dari dua jenis tulisan datar serta satu jenis tulisan miring pada rencana bisnis anda y Gunakan jenis tulisan serif pada teks. dan serif atau sans-serif pada tulisan pokok y Gunakan ukuran tulisan yang sesuai .

atau nama di bagian depan y Pilih sampul laporan berkualitas dengan warna professional seperti hitam. dengan halaman judul. atau merah keunguan .Penjilidan dan Sampul Laporan y Penjilidan rencana bisnis anda akan membuat rencana bisnis anda menjadi terlihat sempurna y Gunakan sampul transparan. biru tua.

Langkah Terakhir : Mengedit Rencana Anda y Cari cara untuk memperpendek kalimat anda dan mudah untuk dipahami. y Hilangkan kata-kata yang tidak penting y Ganti kalimat pasif dan bahasa khusus menjadi bahasa aktif y Koreksi rencana anda dari kesalahan tersebut dan minta bantuan orang lain untuk mengoreksi kembali .

Siapa saja yang ada di tim anda y Jangan membanjiri investor dengan terlalu banyak slide . Kompetisi apa yang ingin dimenangkan 4. Bagaimana proyek anda berkembang 5.Menyiapkan Presentasi y Pastikan hal yang paling penting terletak di awal y Informasi yang harus ada : 1. Konsep Bisnis 2. Ukuran dan Jenis Pasar 3.

Tempatkan Rencana Bisnis Anda Di Internet y Buatlah halaman sampul dengan tautan-tautan untuk setiap bagian dari rencana anda y Pastikan memiliki salinan cetak dari rencana bisnis anda sebaik mungkin y Jangan pernah menempatkan rencana bisnis di internet tanpa memberikan password .

ulas dan perbaharuilah isi-isi di dalamnya y Sertai informasi pendanaan anda setidaknya bulan lalu atau empat bulan lalu y Tidak seharusnya untuk mencetak terlalu banyak salinan dari rencana anda dalam satu waktu .Perbaharui Rencana Anda y Sebelum mengirim rencana ke sumber pendanaan baru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful