P. 1
swot analisis indofood

swot analisis indofood

|Views: 6,148|Likes:
Published by Themmy_Yuni_7625

More info:

Published by: Themmy_Yuni_7625 on Oct 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2014

pdf

text

original

TUGAS DASAR-DASAR MANAGEMENT

SWOT ANALISIS

Oleh: Themmy Yuni 03420090016

JURUSAN TEKNOLOGI PANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS PELITA HARAPAN KARAWACI 2010

SWOT analisis PT. Indofood Sukses Makmur,Tbk(Mie Instan)

Strengths (Kekuatan): Indofood memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut nusantara. Indofood telah menguasai sebagian besar pasar mie Instan di indonesia Produk-produk Indofood sendiri, indofood juga mendistribusikan produk-produk ke pihak ketiga. Efisien melalui rantai pasokan dan pengiriman. Memiliki strategi yang baik dalam menghadapi persaingan. Indofood memiliki tiga Brand dalam mie instan, yaitu indomie, supermie, dan sarimi (Sarimi untuk level bawah, supermie untuk level menengah, dan indomie untuk level atas). Harga yang terjangkau. Mudah dijangkau yang dapat diperoleh dimana saja. Produksi rendah biaya. Penyajiaanya praktis dan cepat. Memiliki strategi ³differensiasi´ (yaitu pemilihan produk yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada, berhasil merebut sebagian pangsa pasar dari Indofood). Jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepulauan. Intregrasi industri dari hulu ke hilir yang dimiliki benar-benar menciptakan penghalang masuk bagi pesaing yang mencoba masuk. Menguasai 66,67% pangsa pasar. Memiliki variasi rasa yang sesuai dengan selera masyarakat. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing- masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merk mie instan.

Weaknesses (Kelemahan): Terlalu banyak brand yang dikeluarkan. Mengandung natrium yang tinggi. (memiliki efek bagi penderita penyakit maag dan penyakit hipertensi). Tidak baik untuk kesehatan jika dimakan terus-menerus.

Opportunities (Peluang): Melakukan ekspansi atau perluasan ke luar negeri. Melakukan join dengan perusahaan lain yang memiliki produk yang sejenis. Produk Indofood yang telah dikenal baik oleh masyarakat, sehingga mendapat respon yang baik dari masyarakat tersebut. Melakukan diversifikasi terhadap produk lain.

Threats (Ancaman): Muncul banyak pesaing seperti PT. Wingsfood dan lainnya. Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi. Tidak fokus terhadap satu jenis produk.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->