MANFAAT & FADHA’IL (KEUTAMAAN) AL-QUR’AN

Oleh: Muhammad Furqan al-Faruqiy1 Al-Qur'an diturunkan kepada manusia––diucapkan melalui lisan Rasulullah saw–– bukanlah sekadar mengajak manusia untuk beriman kepada Allah SWT dan menyembah-Nya dengan seikhlas-ikhlasnya, melainkan pada hakikatnya untuk kebutuhan manusia itu sendiri hidup sukses atau bahagia di dunia dan mencapai hidup bahagia di akhirat pula. Dalam salah satu ayat Al-Qur'an, Allah SWT berfiman bahwa Al-Qur'an diturunkan untuk menjadi peringatan bagi mereka (manusia) yang hidup, bukan bagi yang telah mati.2 Agar menyesuaikan dengan kenyataan (realitas) manusia apa adanya, Al-Qur'an diturunkan kepada seseorang yang secara biologis-lahiriah merupakan manusia biasa.3 Bahkan orang-orang yang menentang kehadiran Al-Qur'an pun terheran-heran mengapa Allah SWT menurunkannya kepada manusia biasa, ia berjalan-jalan ke pasar dan makan-minum sebagaimana layaknya manusia, bukan kepada malaikat.4 Singkat kata, manfaat Al-Qur'an adalah untuk manusia itu sendiri. Allah `Azza wa Jalla Yang Maha Kaya tidak kekurangan apa pun andaikata manusia beriman atau tidak kepada Al-Qur'an, menyembah-Nya atau tidak menyembah-Nya. Perlu dicatat pula bahwa ada kesan di sebagian besar umat Islam saat ini bahwa manfaat Al-Qur'an kelak hanya didapatkan ketika di akhirat. Karena itu, mereka disibukkan dengan semangat “mengejar pahala dan setoran” agar memperoleh keistimewaan di Akhirat nanti. Sikap di atas sudahlah baik. Hanya saja, alangkah sayangnya jika hanya sebatas itu persepsi atau keyakinan umat Islam terhadap manfaat Al-Qur'an. Jika seperti inilah persepsi yang dibenarkan, tidaklah heran bila umat Islam saat ini belum banyak bicara untuk membuktikan kedigdayaan dan kecanggihan Al-Qur'an bagi kehidupan nyata manusia. Pada gilirannya, umat Islam kehilangan rahasia keunggulannya paling asli dan tidak dapat ditiru atau dipalsukan, sebagaimana umat Islam terdahulu pernah mendapatkan keunggulan tersebut bersama Rasulullah saw. Melalui Majlis al-Qurra’, dilakukan upaya dakwah untuk memperbaiki persepsi dan keyakinan di atas ke tingkat yang sebenarnya supaya umat Islam khususnya dan umat manusia umumnya dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari Al-Qur'an bagi kehidupan mereka di dunia ini, apalagi di akhirat kelak. Berikut ini disajikan tulisan yang membahas beberapa manfaat langsung dan keutamaan Al-Qur'an secara umum, maupun surah dan ayat-ayat tertentu di dalamnya, sebagaimana yang diberitakan dari Rasulullah, pengalaman sahabat beliau maupun hasil-hasil riset moderen.

Manfaat & Keutamaan Al-Qur'an
1 2

Pengasuh pengajian Majlis al-Qurra’ Pengadilan Tinggi Jakarta Bacalah QS Ya Sin/036 ayat 70. 3 Bacalah QS al-Kahfi/018 ayat 110. 4 Bacalah QS al-Furqan/025 ayat 7.

1

nama-nama-Nya. dll. ‘Ajaran Islam ditutupi oleh profil orang Islam’. Dialah yang Menetapkan bahwa informasi dari Al-Qur'an ini adalah versi resmi yang Ia Jaga keasliannya dan tidak ada keraguan padanya walaupun sekecil atom. Yang lebih penting lagi. tindakan-tindakan-Nya. Upaya manusia untuk mengenal Dia telah. Sumber Informasi Resmi Mengenal Allah SWT Paling Lengkap untuk Imam al-Ghazaliy menyebutkan dalam salah satu tulisan beliau bahwa ilmu yang paling tinggi dan paling penting bagi manusia adalah mengenal Tuhannya. maka jelek pulalah kesan Islam. Apalagi jika mereka sudah tahu bahwa proses pencarian itu juga bisa diganggu oleh pihak lain (syaithan). manusia mungkin saja dapat menyimpulkan adanya Tuhan Yang Maha Esa. Sejarah manusia membuktikan bahwa jika proses pencarian itu tidak dipandu. ia pun akan mudah memahami siapa Rasulullah saw.Beberapa manfaat Al-Qur'an yang paling urgen bagi manusia adalah: 1. bisa jadi manusia dapat kesimpulan sebaliknya atau salah memahaminya. Kalau profilnya jelek. Artinya. hadits atau sunnah-sunnah beliau yang harus diikuti hingga hal-hal yang sangat rinci. karena berpedoman pada kenyataan hidup masyarakatnya (saat ini). Dia sendiri yang Berfirman dan Menjelaskan secara rinci siapa Dia. sifat-sifat-Nya. yang pernah Ia turunkan sebelum AlQur'an sekarang tidak lagi menjadi sumber resmi. sepanjang masih ada manusia di alam semesta ini. Al-Qur'an merupakan sumber resmi paling lengkap mengenai ajaran Islam. sedang dan akan berlangsung terus sejak dahulu hingga Hari Kiamat. maka hampir dipastikan manusia tersesat. arrinya. yang secara aktif terus-menerus bekerja untuk menyesatkan mereka. karena memang ketika diturunkan tidak memperoleh jaminan dari-Nya bahwa kelak kitab-kitab tersebut terjaga dari tangan-tangan usil manusia. Perhatikan kisah bagaimana Nabi Ibrahim mencari Tuhannya ketika ia masih muda dalam QS al-An`am/006:74 – 79. sehingga menimbulkan salah sangka terhadapnya. Seorang ulama pernah menyatakan ungkapan “Al-Islam mahjub bil muslim”. manusia tidak perlu susah-payah untuk menemukan siapakah Allah SWT. Berangkat dari Al-Qur'an. Bagi mereka yang jujur dan mau mencari kebenaran hakiki. melalui pengamatan alam (mirip kisah Ibrahim as tersebut di atas). sebab hal itu merupakan fitrah kodrati manusia. Dengan diturunkannya Al-Qur'an. 2. Sumber Informasi Mengenal Islam Resmi Paling Lengkap untuk Seringkali orang salah menilai ajaran Islam. dan ia akhirnya tidak mengenal Allah. meditasi dsb. Tetapi jalur ini bukan merupakan jalan pintas dan juga tidak resmi. Memang. [Tidak ada ajaran agama 2 . Kitab-kitab lain.

agar ia dapat mengelola diri dalam alam ini dengan sebaikbaiknya. Sehingga. dan Dia menurunkan 1 bagian ke bumi. insya Allah SWT akan berfungsi bagaikan cermin bagi siapa pun yang mencobanya. Upaya mengenal diri bukanlah urusan mudah. 4.5 Jika rahmat ini dicabut oleh Allah SWT. kerusakan hutan dan alam secara umum merupakan indikasi betapa kasih telah tercabut pada hati sebagian manusia. Maka dengan satu bagian inilah seluruh makhluk berkasih-sayang sesamanya.selain Islam di muka bumi ini yang aturannya sangat rinci hingga persoalanpersoalan yang sepele dalam kehidupan sehari-hari. 4942 . Sekadar indikator tidak resmi bahwa banyak manusia tidak tahu atau mengenal diri adalah banyaknya sekolah-sekolah olah kepribadian atau biro konsultasi psikologi yang membantu manusia untuk mengatasi kebingungan dirinya terhadap dirinya sendiri atau orang lain. Cermin Paling Sempurna untuk Mengenal Diri dan Alam Semesta Persoalan urgen berikutnya adalah bahwa manusia harus mengenal siapa dirinya dan alam semesta. gagal memilih. yang menyebabkan seekor hewan mengangkat kakinya karena takut anaknya akan terinjak olehnya. 5 Artinya: Dari Abu Hurairah ra. ia bisa melihat “profil” dirinya secara utuh dengan tingkat keakuratan informasi yang sempurna. yang pada gilirannya akan menimbulkan kerusakan di muka bumi. Karena kasih-Nya-lah maka makhluk-makhluk-Nya dapat berkembangbiak mempertahankan kehidupannya dan saling mengisi satu dengan lainnya. dll. ia berkata: ”Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: ’Allah telah menjadi rahmat (kasih) 100 bagian. Al-Qur'an. Pintu Rahmat (Kasih) Allah SWT kepada Manusia Rahmat atau kasih Allah adalah sebab terciptanya alam semesta. mudah stres. akan banyak penyakit yang merupakan gejala psikosomatik (fisik sakit karena berawal dari mental atau ruhani yang sakit). berpandangan negatip. maka akan timbul watak angkara murka di antara manusia. terbukti banyaknya manusia yang tidak tahu diri. Fenomena tawuran di kalangan remaja hingga anggota DPR. termasuk manusia. Kehidupan mereka menjadi kering. apalagi jika didekati dengan semangat merasakan dan mengalaminya. Secara fisik.] 3.’ (Diriwayatkan oleh Imam Muslim) 3 ّ َ َ َ ُ ُ َ َ َ ُ َ ُ ِ َ َ َ َ َ ‫ع َن أ َبي هُري ْرة َ قال سمعْت رسول الل ّهِ صلى الل ّه ع َل َي ْهِ وَسل ّم ي َقول جعَل‬ ُ ِ ْ َ‫الل ّه الرحمة مائ َة جزء فَأ َمسك عنده ت ِسعة وت ِسعين وأن‬ َ ‫ْزل في ال‬ ‫رض‬ ٍ ْ ُ َ ِ َ َ ْ ّ ُ ِ َ َ َ َ ِ ْ َ ً َ ْ ُ َ ْ ِ َ َ ْ ِ ْ َ ‫جزءا واحدا فَمن ذ َل ِك ال ْجزء ت َت َراحم ال ْخل َئ ِقُ حتى ت َرفَعَ الداب ّة حافِرها ع َن‬ َ َ َ َ ُ ّ ّ َ ً ِ َ ً ْ ُ ُ َ َ ِ ْ ُ ْ ْ ْ ِ َ ‫ول َدها خشية أ‬ (‫َ ِ َ َ ْ َ َ ن ت ُصيب َه )رواه مسلم‬ ْ ُ ِ Perhatikan hadits Shahih Muslim no.. tidak mau berkorban. Dia menahan di sisi-Nya 99 bagian.

Barangsiapa yang tidak mendekati Al-Qur'an maka ia tidak mendapatkan cahaya ruhani tersebut. baca dan dengarkan Al-Qur'an. Allah SWT-lah Sumber Cahaya langit dan bumi. Al-Qur'an merupakan kitab yang memang diturunkan menjadi rujukan kebenaran untuk setiap urusan hidup manusia bahkan juga alam semesta. Mental/Jiwa dan Ruhani) Kehidupan seorang manusia tidak luput dari berbagai kekurangan dan penyakit. tetapi bagi seluruh manusia dan alam semesta. tidak demikian halnya sumber cahaya ruhani. Demikian pulalah hukum yang mengatur ruhani manusia. Dalam konteks ini. Hanya Dzat Yang Maha Tahu dan Maha Menciptakan sajalah yang Mampu Menyusun pedoman hidup dan kehidupan manusia paling tepat abgi semua manusia sepanjang masa. maka mata batin manusia tidak ada manfaatnya dan pada gilirannya tidak berbeda dengan yang buta. baik penyakit ruhani. Obat Penyakit Diri (Jasmani. Karena itu. termasuk ruhani manusia. insya Allah penyakit defisiensi (kekurangan) kasih akan teratasi. Cahaya-Nya secara lengkap Dia Pancarkan melalui Al-Qur'an. Itulah manfaat lain dari Al-Qur'an6. mental dan termasuk fisik.8 Dari sejarah Nabi saw terbukti banyak ayat Al-Qur'an yang dimanfaatkan sebagai 6 7 Bacalah QS al-Baqarah/002 ayat 185. maka mata manusia tidak berfungsi sama sekali. merumuskan pedoman hidup dan kehidupan manusia jauh lebih rumit lagi. 4 . Dari contoh kecil ini terbuktilah bahwa manusia memerlukan standar ukuran (kebenaran) agar interaksi di antara mereka tidak menimbulkan anarkis atau kesemrawutan. Sumber Cahaya. Rujukan Kebenaran Apa jadinya peradaban manusia jika saja tidak da satupun yang disepakati menjadi ukuran kebenaran yang tidak diterima oleh semuanya (termasuk alam). Perhatikan QS al-A`raf/007 ayat 204. maka hadiri majlismajlisnya. 7. Seorang insinyur Indonesi mustahil bisa membuat mesin atau peralatan yang dirancang oleh insinyur Jepang karena rujukan. 5. Begitulah hukum yang mengatur fisik manusia. Perlu digarisbawahi bahwa Al-Qur'an bukan hanya pedoman bagi umat Islam. Bacalah QS an0Nur/024 ayat 35.7 8. Kalau sumber cahaya fisik relatif mudah didapat. 8 Bacalah QS al-Isra/017 ayat 82. Buku Pedoman atau Petunjuk Hidup Manusia Merumuskan buku pedoman yang tepat untuk suatu peralatan tidaklah mudah. Barangsiapa yang merasa kehilangan sifat kasih. hukum-hukum dan ukurannya tidak sama. 6.Al-Qur'an merupakan pintu kasih Allah SWT. sekalipun oleh penciptanya sendiri. 39 dan 40. Jika tidaka ada sumber cahaya. Utamanya bagi Ruh Manusia Jika sumber cahaya tidak ada. Al-Qur'an disediakan oleh Allah juga berfungsi sebagai obat dari penyakit-penyakit tersebut.

yang paling populer di antaranya adalah surah al-Fatihah. berikutnya akan dilanjutkan dengan kajian “ Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Al-Qur'an serta Manfaat & Keutamaan Surah/Ayat Tertentu dalam Al-Qur'an”. serta QS al-Fushshilat/041 ayat 30. 06 April 2005 Muhammad Furqan al-Faruqiy 9 Bacalah QS an-Nahl/027 ayat 1 s.d. tiga surah terakhir dalam Al-Qur'an. Setiap tipe dan model masalah manusia dan kiat-kiat solusinya tersaji dalam Al-Qur'an. Bukan tidak mungkin pula ia menjadi putus asa. Insya Allah. AlQur'an bagaikan bengkel bagi perawatan dan perbaiki diri manusia. 9. Manakala ia berduka. maka dunia terasa sempit dan ia pun akan berkeluh-kesah. maka tidaklah perlu ia berspekulasi atau mengirangira suatu masalah dan solusinya. Al-Qur'an juga sekaligus berperan untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah yang menjadi sumber duka tersebut9. yang akhirnya belum tentu memperoleh kepastian jawabannya. dll. Jakarta.sarana pengobatan. 3. Dengan kata lain. 5 . 10. Demikianlah sebagian manfaat Al-Qur'an yang dapat dipetik langsung darinya. Kalau manusia mau memanfaatkan Al-Qur'an. Al-Qur'an bisa dimanfaatkan sebagai saran penghibur hati yang benar-benar menyegarkan. Sumber Pelajaran/Konsultasi dalam Menghadapi Aneka Persoalan Hidup dan Perantara Mencapai Hajat Manusia (Wasilah) untuk Al-Qur'an bagaikan bank soal dan jawaban yang mencakup kehidupan orangorang terdahulu maupun yang akan datang. ayat kursi. Sumber Hiburan dan Kegembiraan Kehidupan manusia tidak terlepas dari suka dan duka. Bedanya dengan sarana hiburan lainnya. Dalam konteks ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful