P. 1
dinamika peradaban

dinamika peradaban

|Views: 892|Likes:

More info:

Published by: IrwansyahSoeryatmadja on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/17/2013

pdf

text

original

Evolusi Budaya

evolusi sosial budaya (ism) adalah istilah umum untuk teori evolusi budaya dan evolusi sosial , menggambarkan bagaimana budaya dan masyarakat telah berubah dari waktu ke waktu. Perhatikan bahwa "evolusi sosial budaya" tidak setara "pembangunan sosial budaya" (proses bersatu diferensiasi dan integrasi sosial budaya yang melibatkan peningkatan kompleksitas ), sebagai evolusi sosial budaya juga mencakup transformasi sosial budaya disertai dengan penurunan kompleksitas ( degenerasi ) serta yang tidak disertai oleh perubahan signifikan kompleksitas sosial budaya ( cladogenesis ). Dengan demikian, evolusi sosial budaya dapat didefinisikan sebagai "proses dimana reorganisasi struktural dipengaruhi melalui waktu, akhirnya menghasilkan bentuk atau struktur yang secara kualitatif berbeda dari bentuk leluhur .. .. evolusionisme kemudian menjadi kegiatan ilmiah untuk menemukan penjelasan nomothetic untuk terjadinya perubahan struktural tersebut ".Meskipun teori seperti biasanya menyediakan model untuk memahami hubungan antara teknologi , struktur sosial , maka nilai-nilai dari sebuah masyarakat , dan bagaimana dan mengapa mereka berubah dengan waktu, mereka berbeda-beda untuk sejauh mana mereka menggambarkan mekanisme khusus variasi dan perubahan sosial . . teori-teori tersebut biasanya menyediakan model untuk memahami hubungan antara teknologi, struktur sosial, kepercayaan, nilai dan tujuan masyarakat, dan bagaimana dan mengapa mereka berubah dengan waktu. model tersebut menarik bagi militer dalam membantu daerah yang tidak stabil transisi menuju negara yang berkelanjutan lebih stabil. Most 19th century and some 20th century approaches aimed to provide models for the evolution of humankind as a whole, arguing that different societies are at different stages of social development . Sebagian besar abad ke-19 dan beberapa abad ke-20 pendekatan yang bertujuan untuk menyediakan model untuk evolusi manusia secara keseluruhan, dengan alasan bahwa masyarakat berbeda dalam berbagai tahap pembangunan sosial . At present this thread is continued to some extent within the World System approach. Saat ini thread ini dilanjutkan sampai batas tertentu dalam Sistem Dunia pendekatan. Many of the more recent 20th-century approaches focus on changes specific to individual societies and reject the idea of directional change, or social progress . Banyak dari abad ke-20-pendekatan baru yang lebih fokus pada perubahan spesifik untuk individu dan masyarakat menolak ide perubahan arah, atau kemajuan sosial .

Spencer juga mengembangkan dan menerbitkan teorinya beberapa tahun lebih awal dari Darwin. penerbitan karya Darwin terbukti anugerah untuk para pendukung evolusi sosial budaya. dan warisan diperkenalkan sebagai faktor yang mengakibatkan kemajuan masyarakat. Ide kemajuan menyebabkan bahwa dari "tahap" tetap melalui mana manusia kemajuan masyarakat. ada kasus yang baik bahwa tulisan Spencer dapat diklasifikasikan sebagai 'Sosial evolusionisme'. Jika organisme bisa berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan yang jelas. dan kemajuan yang dicapai melalui kompetisi. Meskipun ia menulis bahwa masyarakat dari waktu ke waktu berlangsung. maka tampaknya masuk akal bahwa masyarakat sebagai bisa juga. atau "zaman". dia menekankan bahwa individu (bukan kolektivitas ) adalah unit analisis yang berkembang. setiap memajukan hak-hak manusia dan menyempurnakan umat manusia. dan peradaban-tapi kadang-kadang lebih banyak. dari kekacauan untuk memesan. evolusionisme sosial budaya mencoba merumuskan pemikiran sosial sepanjang garis ilmiah. . . barbarisme. evolusionis sosial klasik telah mengembangkan teori yang berbeda. memiliki awal dan akhir akhirnya. Spencer also developed and published his theories several years earlier than Darwin. Meskipun demikian. biasanya penomoran tiga-kebiadaban. seleksi alam . Pada awal abad ke-18 akhir Marquis de Condorcet terdaftar 10 tahap. . bahwa evolusi terjadi melalui seleksi alam dan bahwa hal itu mempengaruhi sosial serta sebagai fenomena biologis. bagaimanapun. hukum deterministik. dengan pengaruh tambahan dari teori biologis evolusi. '. dan setara ilmu sosial konsep seperti variasi . dari generalisasi untuk spesialisasi. memisahkan dari pandangan tradisional "primitif" budaya yang biasanya didasarkan pada pandangan agama. antropologi terbit sebagai suatu disiplin ilmu baru. dari fleksibilitas untuk organisasi. dikenal sebagai teori evolusi unilineal. Dalam kaitan dengan lembaga-lembaga sosial. Masyarakat manusia dibandingkan dengan organisme biologis. Ide-ide evolusi biologi dipandang sebagai penjelasan yang menarik bagi banyak pertanyaan tentang perkembangan masyarakat Baik Spencer dan Comte melihat masyarakat sebagai semacam subjek organisme untuk proses pertumbuhan-dari kesederhanaan untuk kompleksitas.evolusionisme sosial budaya dan gagasan tentang kemajuan Main article: Unilineal evolution Artikel utama: evolusi unilineal Sementara evolusionis sosial budaya setuju bahwa seperti proses evolusi mengarah pada kemajuan sosial . Pada waktu itu. Mereka sepakat bahwa proses pertumbuhan masyarakat dapat dibagi menjadi tahapan tertentu. Dalam banyak hal itu teori Spencer dari " evolusi kosmik "memiliki lebih banyak kesamaan dengan karya-karya Jean-Baptiste Lamarck dan Auguste Comte dibandingkan dengan karya-karya kontemporer dari Charles Darwin .

melalui tahap metafisika di mana alam dikandung sebagai akibat dari kekuatan jelas dan manusia mencari penjelasan fenomena alam dari mereka sampai akhir positif tahap di mana semua abstrak dan mengaburkan kekuatan dibuang. Lester Frank Ward . Dengan demikian ia dibedakan antara militer dan industri masyarakat. dikembangkan jenis tertinggi organisasi manusia. Youmans . menggunakan paksaan. khususnya di Amerika Serikat . ntuk Comte. penghargaan kesetiaan. inisiatif nilai-nilai.. dan aplikasi peningkatan pemikiran. yang dikenal sebagai bapak sosiologi. lebih masyarakat berkembang lebih baik. kolektif . ekonomi mandiri. kekerasan dan penindasan. membedakan antara dua tahap pembangunan. Sebelumnya. adalah desentralisasi . percaya bahwa evolusi masyarakat harus meningkat terhadap kebebasan individu. adalah terpusat . kemajuan ini terpaksa melalui perkembangan pikiran manusia. Jadi progresivisme menjadi salah satu ide dasar yang mendasari teori evolusionisme sosial budaya . Penulis seperti Edward L. berkaitan dengan masyarakat lain melalui hubungan ekonomi. Proses transisi dari militer ke masyarakat industri adalah hasil dari proses evolusi yang mantap dalam masyarakat. Terlepas dari bagaimana sarjana Spencer menafsirkan hubungannya dengan Darwin. .dan bahwa pertumbuhan ini sebenarnya adalah kemajuan sosial -masing-masing lebih baru. independensi dan inovasi. William Graham Sumner . Lewis H. merumuskan hukum tiga tahap : pembangunan manusia berlangsung dari teologis panggung. baik memperlakukan individu sebagai nilai tertinggi. itu adalah-penilaian masyarakat sains yang paling. Spencer terbukti menjadi tokoh yang sangat populer pada 1870-an. mencapai tujuannya melalui kerjasama sukarela dan individu menahan diri. mengatur kehidupan sosial melalui hubungan sukarela. Morgan dan pemikir lain dari usia disepuh semua teori serupa dikembangkan evolusionisme sosial sebagai akibat dari eksposur mereka terhadap Spencer serta Darwin. Burgess . di mana alam mythically dikandung dan manusia mencari penjelasan fenomena alami dari makhluk gaib. Masyarakat industri memiliki tujuan produksi dan perdagangan . menempatkan kepentingan kelompok di atas kepentingan individu. yang berpendapat menentang intervensi pemerintah . militer masyarakat primitif lebih memiliki tujuan penaklukan dan pertahanan . penalaran dan logika untuk memahami dunia. John Fiske . ketaatan dan disiplin. John W. dan fenomena alam yang dijelaskan oleh hubungan konstan mereka. dengan fokus pada jenis peraturan internal dalam masyarakat.

berbanding lurus dengan laju dari waktu sehingga peradaban akan sangat dinamis. peradaban yang sudah maju akan semakin maju. Penyetaraan peradaban yang ada diseluruh muka bumi ini sangatlah sulit. Jika satu peradaban mencoba mengejar ketertinggalan maka. Karena itulah terkadang peradaban yang tinggi dan besar menggunakan kelebihannya itu untuk mengekspansi peradaban yang kecil dan inilah yang dapat kita sebut sebagai penjajahan. Tapi tidak semua peradaban dibumi memiliki kesamaan dalam hal kemajuan peradaban. Ini disebabkan banyak faktor seperti letak geografis peradaban tersebut berbeda-beda. dan pola pikir manusia tersebut.Dinamika peradaban global Peradaban manusia sangat dapat dilihat dari perilaku. tindak tanduk. Oleh sebab itu peradaban merupakan pusat proses dari peningkatan taraf kesejahteraan hidup. . maka kehidupan dari manusia tersebut akan sangat maju dari segi apapun. Ini seperti yang dikatakan barusan yaitu keamajuan peradaban berbanding lurus dengan laju waktu. karena peradaban bersifat dinamis yaitu tidak terhenti. Jika manusia tersebut memiliki peradaban yang tinggi atau maju.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->