P. 1
Latar Belakang Perbedaan Kristen Protestan Dengan Katholik

Latar Belakang Perbedaan Kristen Protestan Dengan Katholik

|Views: 3,563|Likes:
Published by siregar1985

More info:

Published by: siregar1985 on Oct 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

PERBEDAAN KRISTEN PROTESTAN DENGAN KATHOLIK

Latar belakang perbedaan Kristen protestan dengan Katholik
Kristen dalam Alkitab disebut orang yang mengasihi kebenaran (2 Tesalonika 2:10). Jika seseorang mencintai kebenaran, mereka harus membenci kebohongan, kesalahan dan semua distorsi dari kebenaran. Namun, sama seperti Allah membenci dosa, tetapi mengasihi semua orang bahkan meskipun mereka dosa, orang Kristen juga harus mengasihi semua orang bahkan jika mereka lakukan, mengajar atau mempercayai sesuatu yang tidak benar atau benar. Jadi Katolik dan Protestan harus mengasihi satu sama lain, bahkan jika mereka tidak setuju dengan atau tidak seperti apa yang lain tidak atau percaya. Katolik dan Protestan percaya dan melakukan banyak hal yang sama, tetapi mereka juga percaya dan melakukan beberapa hal yang berbeda. Beberapa perbedaan yang sepele, tetapi beberapa kesepakatan perbedaan dengan isu dasar. -isu

RUMUSAN MASALAH Gereja Katolik memiliki sejarah yang panjang dimana waktu yang telah berubah dalam banyak hal, kadang-kadang menjadi lebih baik, kadang-kadang menjadi buruk. Kristen Protestan dimulai pada 1500-an ketika sekelompok orang mulai protes terhadap beberapa hal yang salah mereka percaya bahwa Gereja Katolik lakukan dan mengajar . Pengunjuk rasa ini menjadi terpisah dari Gereja Katolik dan membentuk Gereja sendiri yang lebih sejalan dengan apa yang mereka yakini adalah kebenaran. Sama seperti Gereja Katolik, Gereja Protestan yang tidak sempurna, mereka juga telah berubah berkali-kali dalam banyak cara.

Isu utama adalah Katolik percaya dan melakukan beberapa hal berbeda dengan apa Protestan percaya bahwa Alkitab telah menginstruksikan. Protestan percaya bahwa ini adalah hasil dari Katolik mempercayai apa yang individu-individu tertentu dan tradisi mengatakan, daripada apa yang Allah telah berfirman melalui Alkitab. Masalah tradisi menjadi lebih penting daripada's kebenaran Tuhan adalah sesuatu semua agama memiliki beberapa waktu telah bersalah atas, termasuk Protestan. Gereja Katolik telah mengakui beberapa kesalahan telah bersalah di masa lalu, dan telah berubah. Namun masih ada beberapa kepercayaan dan praktek-praktek yang Protestan akan mengatakan menentang apa yang Alkitab ajarkan.

Sebuah contoh perubahan dalam gereja Katolik adalah, kenyataan bahwa hari ini, Gereja Katolik tidak mendorong pembacaan Alkitab. Namun di masa lalu Gereja Katolik telah putus asa belajar pribadi dari Alkitab, sebenarnya membaca Alkitab pada satu waktu dilarang oleh Gereja. Hanya orang-orang tertentu diizinkan untuk melakukannya. Orang yang tidak membaca, atau menyebarkan Alkitab, bahkan dibunuh oleh Gereja Katolik, seperti William Tyndale yang merupakan salah satu orang pertama yang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Inggris.

Alkitab Katolik termasuk buku-buku tertentu yang Protestan mengatakan tidak boleh ada. Mereka disebut kitab-kitab apokrif, yang tulisan-tulisan Protestan tidak percaya telah disetujui sebagai diilhami oleh Allah. Karena mereka tidak disebut sebagai Kitab Suci oleh Yesus atau murid-murid-Nya. Pada suatu waktu hampir semua Gereja Katolik layanan sepenuhnya dalam bahasa Latin, dan hanya sedikit orang bisa memahami bahasa Latin. Ini ada kasus lagi.

FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN Maria ibu fisik Yesus sangat penting bagi umat Katolik, tetapi Alkitab berkata sangat sedikit tentang Maria. Berikut adalah ringkasan dari apa yang Alkitab katakan tentang dia: Alkitab menggambarkan Maria sebagai ibu fisik Yesus, dan bahwa dia dibuat hamil oleh Allah. (Matius 1:16, Lukas 1:26-42, Lukas 2:5-19) Maria mengunjungi sepupunya Elisabeth (Lukas 1:39-56) Maria menghadiri pesta di Yerusalem bersama keluarganya. (Lukas 2:48-51) Maria hadir di sebuah pesta perkawinan. (Yohanes 2:1-10) Maria mencari Yesus ketika Ia mengajar dalam rumah (Matius 12:46-47, Markus 3:31, Lukas 8:19). Maria pergi menemui Yesus di salib (Yohanes 19:25-27). Mary berkomitmen untuk perawatan Yesus Yohanes murid. (Yohanes 19:27) Maria tinggal bersama para murid di Yerusalem untuk sementara (Kis 1:14). Jadi semuanya Katolik katakan tentang Maria yang tidak ada dalam Alkitab telah dibuat oleh orang, dan didasarkan pada tradisi daripada kebenaran yang dinyatakan kepada kita Firman Tuhan. Dalam Alkitab tidak mengatakan bahwa Maria adalah lebih besar daripada Kristen yang lain, dia hanya seorang manusia seperti kita semua. Alkitab tidak mengatakan orang harus menyembah Maria atau berdoa kepada Maria. Alkitab tidak mengatakan Maria berdoa bagi kita. Beberapa orang Katolik dapat percaya dan mengajarkan bahwa Maria bertindak sebagai mediator antara manusia dan Allah, tapi ini adalah berlawanan dengan Alkitab yang mengatakan, Yesus hanya pengantara antara Allah dan manusia. (1 Timotius 2:5) Seorang mediator adalah seseorang yang melakukan negosiasi solusi antara dua orang yang terbagi karena beberapa masalah. Berdoa kepada Maria, menyanyi untuk Maria, dan membungkuk ke bawah atau mencium patung-patung Maria, bahkan mungkin digolongkan sebagai bentuk ibadah Idol, yang Yesus katakan adalah salah. Untuk Dia mengatakan kita harus menyembah dan melayani Allah saja (Matius 4:10). Dan Maria adalah seseorang.

Maria bukan pintu gerbang sorga karena beberapa Katolik mengatakan, untuk Yesus sendiri berkata bahwa Ia adalah jalan dan tidak ada yang datang kepada Bapa kecuali melalui Dia (Yohanes 14:6). Dan Alkitab juga mengatakan, tidak ada nama lain kecuali bahwa Yesus dengan mana kita diselamatkan (Kis 4:12). Sebuah keyakinan populer di kalangan umat Katolik bahwa Maria tidak pernah melakukan dosa, tetapi Alkitab berkata semua orang telah berdosa (Roma 5:12-13, 1 Raja-raja 8:46, 1 Yohanes 1:8-10, Mazmur 53:3). Mary bahkan mengaku ia membutuhkan seorang Juruselamat karena ia disebut Tuhan Juruselamat dia (Lukas 1:46-47). Yesus adalah satu-satunya orang yang tidak berdosa, dan Yesus adalah Allah. Beberapa Katolik percaya Maria tidak pernah punya anak lain. Namun Alkitab mengatakan Maria memang memiliki anak-anak lain (Matius 13:55-56). Beberapa orang Katolik sering menyebut Maria sebagai ibu Tuhan, tetapi Tuhan tidak memiliki ibu, untuk Allah dan Yesus sudah ada sebelum Maria ada (Yesaya 43:10). Maria bukanlah ibu Tuhan, tetapi hanya sebuah saluran melalui mana Yesus masuk ke dunia fisik ini. Paus adalah orang Katolik mengklaim adalah mediator antara Allah dan manusia telah. Tapi seperti yang telah dikatakan Yesus adalah satu-satunya pengantara antara Allah dan manusia (1 Timotius 2:5). Katolik juga mengklaim Paus adalah kepala Gereja di bumi, tetapi Alkitab berkata Yesus adalah kepala Gereja (Kolose 1:18, Efesus 1:22, Kolose 2:9-10). Kita tidak harus memberikan kepada manusia segala kehormatan yang dimiliki oleh Yesus sendiri.

PENGAKUAN Hal ini sering percaya di antara umat Katolik bahwa sekelompok orang tertentu yang disebut imam, memiliki kekuatan dan wewenang untuk mengampuni dosa. Jadi dosa harus diakui bagi para imam. Tetapi keyakinan tersebut adalah kebalikan dari apa yang ditemukan dalam Alkitab, yang mengatakan Yesus memiliki kuasa untuk mengampuni dosa (Matius 9:6). Juga, tidak ada imam manusia adalah perantara antara Allah dan manusia. Alkitab juga mengajar kita dapat meminta Tuhan untuk pengampunan diri kita sendiri, dan Dia berjanji untuk mengampuni kita dan menyucikan kita (1 Yohanes 1:9).

Petrus juga mengatakan dalam Alkitab, bahwa melalui nama Yesus, orang yang percaya kepadaNya akan menerima pengampunan dosa-dosa mereka (Kis. 10:43). Alkitab tidak mengajarkan hari ini bahwa harus ada kelas khusus orang yang disebut imam, karena Allah melihat semua orang Kristen sebagai imam (1 Petrus 2:9).

Penebusan dosa Katolik umumnya percaya dosa menyebabkan hukuman rohani, dan tidak semua sanksi tersebut dikeluarkan bahkan jika kesalahan dosa telah diampuni. Mereka percaya ini hukuman yang tersisa dapat dihilangkan atau dikurangi dengan penebusan dosa, yang melibatkan melakukan perbuatan baik. Apakah karya-karya yang baik ditentukan oleh imam setelah pengakuan. Menurut keyakinan Katolik denda sisanya akan dibayar oleh penderitaan di tempat yang disebut api penyucian setelah kematian. Namun Alkitab tidak mengatakan apa-apa tentang penebusan dosa, Allah tidak menuntut hal-hal seperti untuk pengampunan dosa. itu pengampunan Allah adalah hadiah gratis yang kita terima dengan berpaling dari cara yang salah kita dan menerimanya melalui percaya kepada Yesus sebagai Tuhan kita (Galatia 2:16, Roma 1:17). Menurut Alkitab baik pekerjaan tidak membuat orang Kristen, tetapi perbuatan baik harus menjadi tanda seseorang yang adalah seorang Kristen. Perbuatan baik adalah hasil dari menjadi seorang Kristen. Dan kami menjadi orang Kristen dengan berbalik dari dosa dan mengubah kehidupan kita ke Yesus. Api penyucian Api penyucian adalah tempat Katolik percaya mereka akan pergi jika mereka mati dengan denda yang belum dibayar, di sana mereka akan membayar denda mereka dengan penderitaan. Ini tempat imajiner membuat banyak orang Katolik dalam ketakutan semua kehidupan mereka, karena mereka tidak pernah bisa memastikan berapa lama mereka akan menghabiskan sana.

Sebuah takut menyebabkan api penyucian umat Katolik banyak kehilangan sukacita dan damai yang berasal dari mengetahui bahwa Yesus telah membayar harga penuh dosa. Katolik sering mengajarkan bahwa waktu yang dihabiskan di api penyucian dapat dikurangi dengan hadiah uang, doa-doa para imam, dan dengan melakukan halhal lain. Melalui ajaran tersebut Gereja Katolik telah mengumpulkan miliaran dolar, membuatnya menjadi salah satu institusi terkaya di dunia.

Namun apa-apa tentang api penyucian dapat ditemukan dalam Alkitab. Yesus berkata dalam Alkitab, bahwa Dia yang mendengar firman-Nya dan percaya kepada Dia yang mengutus Dia, memiliki hidup kekal, dan tidak akan dinilai, tetapi telah berlalu dari kematian untuk hidup (Yohanes 5:24). Alkitab juga mengatakan Allah tidak mengingat dosa-dosa yang telah diampuni (Ibrani 10:17). Alkitab juga mengatakan bahwa begitu orang Kristen meninggal mereka akan hadir dengan Tuhan (2 Korintus 5:8-9), tidak ada tempat di antaranya.

DOA Katolik sering berulang kali mengatakan doa yang sama berulang-ulang. Tapi ini adalah praktek yang dikatakan Alkitab adalah salah. Karena Yesus berkata kepada pengikut-Nya untuk tidak sia-sia mengulangi diri mereka dalam doa, seperti beberapa orang berpikir bahwa mereka akan didengar karena banyaknya kata -kata. Yesus pergi dengan mengatakan, kita tidak menjadi seperti mereka, karena Bapa surgawi kita tahu apa yang kita butuhkan, sebelum kita bertanya kepadanya (Matius 6:7-8). RITUAL Sebuah tradisi Katolik yang umum melibatkan berciuman dan membungkuk ke gambar dan patung Maria, Yesus, orang-orang mati dan malaikat. Alkitab mengatakan bahwa itu salah, dan objek seperti seharusnya tidak dilakukan (Keluaran 20:4-5). Yesus mengatakan kepada kita untuk menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran (Yohanes 4:23-24). Ada banyak praktek-praktek Katolik lainnya dan keyakinan yang tidak dapat ditemukan dalam Alkitab, seperti berdoa untuk orang mati. Umumnya layanan Gereja melibatkan ritual dan upacara-upacara rumit yang tidak ditemukan dalam Alkitab, tetapi telah ditemukan oleh orang. Allah telah mengatakan dalam Alkitab Dia lebih tertarik pada apa yang ada dalam hati orang dari ritual dan upacara.

KESIMPULAN Sebagai seorang Protestan, saya percaya sistem kepercayaan Katolik rumit pesan Injil yang sederhana. Aku protes agama yang mengajarkan bahwa untuk menerima keselamatan rohani melibatkan banyak kerja keras. Saya percaya kita memiliki hidup yang kekal ketika kita menempatkan iman kita kepada Yesus, sebagai Kitab Suci mengatakan: "Dia yang percaya pada Anak, ia memiliki hidup yang kekal" (Yohanes 3:36) Alkitab memperingatkan terhadap orang-orang yang berusaha untuk mempersulit dan sederhana rencana Allah korup keselamatan (2 Korintus 11:3). Kebenaran yang sederhana adalah hadiah Allah kehidupan telah dilunasi oleh Yesus di kayu salib. Kita bisa menerimanya dalam kehidupan ini dengan berbalik dari jalan kita yang salah dan menerima Yesus sebagai Tuhan kita, itu bukan sesuatu yang bisa kita dapatkan dengan melakukan perbuatan baik (Efesus 2:8 -9).

DAMPAK YANG TERJADI Jadi jika Anda ingin mendapatkan yang benar dengan Allah, kamu harus pergi ke Yesus langsung, tidak ada Gereja, organisasi keagamaan atau individu manusia. Yesus berkata, datang kepadaku semua yang Anda bahwa kerja dan terbebani, dan saya akan memberikan istirahat (Matius 11:28). Kita tidak diselamatkan oleh milik Gereja baik Katolik atau Protestan,. Hanya ada satu jenis Kristen, orang-orang yang telah membuat Tuhan Yesus hidup mereka dan definisi sederhana dari sebuah "benar" Gereja adalah setiap kelompok orang yang .bersatu oleh kasih bersama Yesus Kristus.

DAFTAR ISI
Kata Pengantar Daftar Isi BAB I Latar Belakang Masalah Rumusan Masalah BAB II Faktor Penyebab a. Dalam hal pengakuan b. Penebusan dosa c. Api Penyucian d. Doa e. Ritual i ..... ii . 1 . 2

. 3 4 4 . 4 5 . 5

BAB III Kesimpulan Dampak yang terjadi Daftar Pustaka 6 7 . 12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->