P. 1
Pembentukan Batuan

Pembentukan Batuan

|Views: 1,755|Likes:
Published by mipa_048284

More info:

Published by: mipa_048284 on Oct 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

Pembentukan Batuan

Berdasarkan cara terjadinya. batuan dapat dibedakan menjadi batuan beku, endapan (sedimen), dan malihan (metamorf). Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena pembekuan magma. Magma adalah bahan liat dan panas yang terdapat di bagian dalam tubuh bumi. Jika keluar dari tubuh bumi, magma akan membeku. Hal ini terjadi karena suhu di bagian kulit bumi jauh lebih rendah dibandingkan dengan suhu di dalam tubuh bumi. Berdasarkan tempat terjadinya proses pembekuan. batuan beku dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu batuan beku dalam, batuan beku luar atau leleran, dan batuan beku korok.

l) Batuan Beku Dalam Batuan beku dalam terjadi dari pembekuan magma secara perlahan-lahan di dalam kulit bumi yang jauh dari permukaan bumi. Batu ini berwarna putih sampai abu-abu (kadangkadang jingga) sehingga banyak digunakan untuk menghias taman atau bangunan. Contoh batuan beku dalam adalah batu granit. 2) Batuan Beku Luar Batuan beku luar terjadi dari pembekuan magma secara tiba-tiba di permukaan bumi. Batuan beku luar seperti ini disebut batu kaca atau obsidian. Ada juga batuan beku luar yang mengandung rongga-rongga yang berisi banyak gas. Batuan seperti ini disebut batu apung atau batu timbul. Contoh yang lain adalah batu basal. Batu ba sal terbentuk dari pendinginan magma yang gasnya telah menguap, terdiri atas kristal-kristal yang sangat kecil, berwarna hijau keabu-abuan, dan berlubang-lubang. 3) Batuan Beku Korok Pembekuan yang terjadi di bagian dalam bumi berjalan lambat. Oleh karena itu, terjadilah pendinginan cairan magma di sela-sela saluran magma. Pendinginan cairan magma itu menyebabkan terbentuknya batuan. Batuan seperti itu disebut batuan korok. Contoh batuan beku korok adalah granit posfer dan diorit.

Batuan Endapan (Sedimen)

Batuan endapan terbentuk karena adanya peristiwa pelapukan (perombakan) batuan di permukaan bumi. Hasil pelapukan tersebut berupa butiran-butiran yang bermacammacam ukurannya. Butiran-butiran hasil pelapukan ada yang menumpuk di tempatnya dan ada yang terangkut oleh air atau angin. Setelah mengendap cukup lama, butiran-butiran tersebut menyatu dan terbentuklah batuan endapan. Berdasarkan bentuk butirannya, batuan endapan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu konglomerat dan breksi. Konglomerat adalah batuan endapan yang butirannya kasar dan bundar, sedangkan breksi adalah batuan endapan yang butirannya kasar dan bersudut-sudut tajam. Selain konglomerat dan breksi, masih ada beberapa batuan yang termasuk batuan endapan, antara lain batu pasir, serpih, dan kapur. Batu pasir berasal dari endapan pasir yang mengeras. Batu pasir mempunyai wama beraneka ragam bergantung pada warna endapan pasir penyusunnya. Batu serpih berasal dari endapan mineral yang halus dan licin sehingga sangat mudah retak. Warna batu serpih bermacam-macam, antara lain hitam, hijau, kuning. abu-abu, dan merah. Batu serpih disebut juga batu lempung karena terbentuk dari endapan lempung. Batu kapur terbentuk dari organisme-organisme yang telah mati. Organisme tersebut antara lain siput, kerang, dan hewan lainnya. Rangka hewan banyak mengandung kapur. Jika mati, rangka hewan tidak musnah, tetapi memadat membentuk batu kapur.

Batuan Malihan (Metamorf)

Batuan malihan terjadi karena metamorfosis (proses malih) batuan dalam kerak bumi. batuan ini dapat terjadi dalam waktu yang lama akibat tekanan dan suhu yang. tinggi. Tekanan yang tinggi disebabkan oleh tindihan batuan di atasnya, sedangkan suhu yang tinggi disebabkan oleh kedekatan atau persentuhan dengan magma. Batuan endapan atau beku dapat berubah menjadi batuan malihan. Contoh batuan endapan yang malih menjadi batuan metamorf. antara lain: 1. 2. 3. 4. 5. batu pualam atau marmer, berasal dari batu gamping; sabak atau batu tulis, berasal dari serpih grafit (bahan pensil), berasal dlari karbon; kuarsit, berasal dari batu pasir; antrasit, berasal dari batu bara.

Pelapukan Batuan

00 Gas Nitrogen (N2) sangat penting untuk tumbuh-tumbuhan. cuaca. dan sinar matahari. debu. Pelapukan batuan terjadi sebagai akibat perubahan iklim. Karena letaknya paling atas.Batuan penyusun kerak bumi dapat berubah menjadi tanah setelah mengalami pelapukan. Proses di Atmosfer Bagian-Bagian Udara Udara tersusun atas campuran gas-gas. Lapisan tanah humus (lapisan paling atas) merupakan lapisan yang paling subur karena tanahnya gembur dan terdapat mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman. Akibatnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa batuan merupakan balran dasar tanah.03 0. tanah lempung dan pasir. Hal ini disebabkan gas nitrogen merupakan bahan utama penyubur tanah. dan batuan keras. Dalam proses tersebut. dan uap air. Pembakaran tersebut menghailkan energi dimana energi ini dibutuhkan untuk melakukan segala aktivitas manusia. Gas Nitrogen Oksigen Gas mulia Karbon dioksida Gas lain Jumlah Banyak (%) 78.93 0. batuan-batuan dapat melapuk menjadi tanah. Jadi gas nitrogen sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Dalam udara. kelembapan udara. gerak angin.04 100. Gas oksigen (O2). aliran air pada daerah yang miskin tumbuhan juga mengikis tanah. Peristiwa pengikisan tanah disebut erosi tanah. bahan-bahan penyusun tanah mengalami pelapukan atau penguraian sehingga terbentuk tubuh tanah. Proses ini berlangsung sangat lama.00 21. Gas ini sangat diperlukan tumbuhan untuk proses fotosintesis.00 0. aliran air. lapisan tanah humus akan terkikis lebih dulu jika terjadi hujan. Selain mengikis lapisan tanah humus. batuan lunak. Tubuh tanah terdiri dari beberapa lapisan. Campuran gas-gas dalam udara tidak berwarna dan tidak dapat dilihat. karbon dioksida berfungsi sebagai penyimpan panas yang dipancarkan oleh bumi. Jika di atas permukaan bumi tidak ada . Karbon dioksida (CO2) merupakan gas hasil pernapasan. antara lain lapisan tanah humus. merupakan gas yang diperlukan untuk pembakaran makanan dalam tubuh makhluk hidup.

penurunan suhu udara tidak terjadi lagi. kita dapat membagi atnrosfer menjadi beberapa lapisan. Setiap naik 1 km suhu udara turun kira-kira 6. Karena tebalnya (tingginya) lapisan atmosfer. Gas ozon terletak di bagian adalah cahaya matahari yang mempunyai energi sangat tinggi. suhu udara makin rendah. neon (Ne). scdangkan gas ringan banyak terdistribusi jauh dari permukaan bumi. Di bagian atas lapisan stratosfer. Hampir 80% massaseluruh gas penyusun atmosfer berada pada lapisan ini. suhu tiap bagian atmosfer menjadi tidak sama. suhu pada lapisan ini dapat mencapai -140'C. Energi inilah yang merupakan sumber energi bagi kehidupan di bumi. Namun jika terlalu banyak karbon dioksida maka permukaan bumi akan menjadi sangat panas. Ozon (O. b. bumi akan menjadi sangat dingin. pengaruh gaya gravitasi terhadap gas-gas dalam atmosfer juga tidak sama. Troposfer Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang mernpunyai ketinggian sekitar 0 km sampai 10 km. Oleh karena itu. Di sinilah batas lapisan troposfer. Makin jauh dari permukaan bumi.5 oC. Pada lapisan ini. c. setelah mencapai ketinggian tertentu (sekitar l0 km). Di matahari.karbon dioksida. pada lapisan ini suhu akan makin rendah jika tempatnya makin tinggi. Oleh karena itu. distribusi gas-gas dalam lltlxosfer juga tidak sama. Gas mulia dapat berupa argon (Ar). Sinar ini sangat berbahaya jika yang sampai di bumi terlalu banyak Lapisan-lapisan Atmosfer Gas-gas penyusun atmosfer tidak dapat lepas (meninggalkan) dari bumi karena pengaruh gaya gravitasi bumi. dalam atmosfer letaknya di lapisan bagian atas. Neon dan argon banyak digunakan untuk mengisi bohlam (lampu pijar). Helium (He) dan hidrogen (H2) merupakan gas yang sangat ringan. Pada lapisan ini tidak ada gas yang dapat menahan radiasi sinar matahari. Itulah sebabnya.). . Karena massa gas-gas tersehut tidak sama. a. ozon dikatakan perisai makhluk hidup di permukaan bunri dari radiasi sinar utraviolet. Gas yang mempunyai massa besar banyak terdistribusi dekat permukaan bumi. Namun. atau xenon (Xe) merupakan gas-gas yang sulit bereaksi dengan unsur-unsur lain. Selain itu. terdapat lapisan ozon (O. kripton (Kr). suhunya akan naik jika tempatnya makin tinggi. Gasgas tersebut sering digunakan sebagai pengisi balon. Bahkan. Stratosfer Lapisan ini berada di atas lapisan troposfer dengan ketinggian sekitar 10 km sampai 50 km. Berdasarkan kenyataan ini.) merupakan salah satu bentuk molekul oksigen. Gas lain dapat berupa hidrogen dan ozon. Dari reaksi tersebut dihasilkan energi yang sangat besar. peristiwa-peristiwa cuaca juga terjadi pada lapisan ini. Mesosfer Mesosfer berada di atas lapisan stratosfer dengan ketinggian sekitar 50 km sampai 80 km. Ozon mempunyai daya serap yang kuat terhadap radiasi sinar ultraviolet dari rnatahari. Akibatnya. terjadi reaksi fusi (penggabungan) gas-gas hidrogen menjadi helium.

Ionosfer dapat memantulkan gelombang radio. lautan. Akibat tumbukan tersebut. Akibatnya. Panas yang sampai ke permukaan bumi sebagian besar oleh bumi dan sebagian kecil dipantulkan. Disebut demikian karena suhu pada lapisan ini akan naik jika tempatnya makin tinggi. ion positif berubah menjadi atom netral. Termosfer Termosfer adalah lapisan di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80 km sampai 400 km. kita dapat mendengarkan siaran radio atau televisi dari pemancar yang letaknya sangat jauh. molekul-molekul nitrogen dan oksigen banyak melepaskan elektron setelah menyerap sinar ultraviolet. Peristiwa seperti ini disebut rekombinasi. makin banyak awan makin sedikit sinar matahari yang sampi ke bumi . bumi juga memacarkan panas ke udara. Pada keadaan tertentu elektron bebas dapat menumbuk ion positif. tetapi hanya sebagian kecil yang sampai ke bumi. Namun. yaitu : 1. berat udara pada lapisan ini sama dengan nol (tidak ada pengaruh gravitasi bumi). Panas yang sampai ke bumi inilah yang memanasi daratan. f. gas oksigen banyak menyerap sinar ultraviolet dari matahari. Pada lapisan ini. Ionosfer Lapisan ionosfer terletak kira-kira 80 km-450 km di atas permukaan bumi. keadaan awan. Sinar matahari yang sampai ke atmosfer. Pada lapisan ini hampir tidak ada tekanan udara. lama penyinaran. makin lama penyinaran makin banyak sinar yang terserap 4. Dalam lapisan ini. Akibatnya. 36 % dipantulkan kembali ke angkasa. bagian muka bumi yang lebih gelap mempunyai daya serap lebih besar 2. Pemanasan Udara oleh Matahari Sinar matahari dipancarkan ke segala arah. e. 19 % diserap.d. Eksosfer lapisan ini merupakan lapisan atmosfer paling luar. dan hewan. Dengan kata lain. Itulah sebabnya. makin tegak sinar matahari makin banyak sinar yang diserap 3. dan 45 % sampai ke permukaan bumi. molekul-molekul gas pada lapisan ini dapat menunggalkan atmosfer menuju angkasa luar. sifat muka bumi. Lapisan ini juga disebut lapisan panas. pada lapisan ini banyak terdapat ion-ion positif dan elektron bebas. Akibatnya. tumbuh-tumbuhan. Peristiwa seperti ini disebut ionisasi. kemiringan sinar matahari. sinat itu sudah cukup sebagai sumber panas bagi kehidupan di bumi. panas tersebut terlalu kecil dibandingkan panas matahari. gelombang radio dapat mencapai tempat yang sangat jauh. Sebenarnya. Namun. Adapun banyaknya sinar matahari yang diserap oleh permukaan bumi ditentukan oleh empat faktor. Pemantulan tersebut dapat berlangsung beberapa kali antara lapisan ionosfer dan permukaan bumi.

00 (pagi). lapisan bumi dibagi menjadi tiga bagian. b. Suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai 1. Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh mahluk hidup. angin. Lapisan kerak bumi dan bagian di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer. Artinya. Suhu di bagian bawah selimut bumi mencapai 3. Tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batuan basa dan masam. sedangkan suhu terendah dicapai pada pukul 04. awan.sinar matahari yang diserap oleh bumi. kelembapadn udara. hampir semuannya dipancarkan kembali. berbentuk bulat dengan radius ± 6. Bumi merupakan planet dengan urutan ketiga dari sembilan planet yang dekat dengan matahari. . Cuaca Cuaca adalah keadaan lapisan udara (tropoefer) di suatu tempat yang tidak luas pada saat tertentu dan dalam waktu yang tidak terlali lama. Barometer yang seri Bumi telah terbentuk sekitar 4.900 km dan merupakan lapisan batuan padat. Namun. Suhu tertinggi biasanya dicapai pada pukul 13. Adapaun cuaca rata-rata pada suatu wilayah yang luas dan dalam waktu yang alam disebut iklim. baik yang ditunjukkan oleh termometer biasa atau termometer pencatat. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup. bumi tidak makin panas atau makin dingin. Selimut atau selubung (mantle) merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan kerak bumi. a. ditunjukkan bahwa suhu udara selalu berubah sepanjang hari. Adanya pemacaran kembali inilah yang menyebabkan suhu di permukaan bumi stabil. dan curah hujan.100 oC. derajat suhu tercatat secara otomatis setiap pergantian suhu. 2. Pada termometer pencatat. Panas yang dipancarkan kembali oleh bumi merupakan sumber panas utama atmosfer bagian bawah. yaitu sebagai berikut : 1. juga dapat ditunjukkan bahwa suhu di setiap tempat tidak sama. Besarnya tekanan udara dapat diukur dengan barometer.6 milyar tahun yang lalu. tekanan udara. Suhu Udara suhu udara diukur dengan termometer. Cuaca dapat diamati berdasarkan unsur-unsur cuaca. Kerak bumi (crush) merupakan kulit bumi bagian luar (permukaan bumi). tekanan udara Besarnya tekanan udara di permukaan laut adalah 1 atm. Selain itu.370 km.00 (siang). Kertas catatannya dinamakan termogram. Unsur-unsur yang dimaksud.00 sampai 05.00 sampai 14.000 oC. antara lain suhu udara. Dari hasil pencatatan suhu. Tabal selimut bumi mencapai 2. Secara struktur. suhu do troposfer makin tinggi makin rendah. dapat juga digunakan termometer pencatat (termograf). Itulah sebabnya. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan. Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km.

argon sebanyak 0. tetapi dalam konsentrasi yang jauh lebih rendah. proses transfer panas dan perpindahan materi padat. ozon (O3). hidrogen (H2). Di antara gas-gas yang terkandung di dalam atmosfer tersebut. serta karbon dioksida (CO2) sebanyak 0. Keempat komponen tersebut berinteraksi secara aktif satu sama lain. A. bumi dapat dibagi menjadi empat bagian. xenon (Xe). jenis gas yang paling banyak terkandung berturut-turut adalah nitrogen (N2) sebanyak 78. karbon dioksida dan uap air terkandung dalam konsentrasi yang bervariasi dari tempat ke tempat. yang terdiri dari material cair. inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2. Berdasarkan susunan kimianya. dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. bagian cair (hidrosfer) yang terdiri dari berbagai bentuk ekosistem perairan seperti laut. Gerakan udara dalam atmosfer terjadi terutama karena adanya pengaruh pemanasan sinar matahari serta perputaran bumi. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2. helium (He). Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.200 oC. misalnya dalam siklus biogeokimia dari berbagai unsure kimia yang ada di bumi. bagian udara (atmosfer) yang menyelimuti seluruh permukaan bumi serta bagian yang ditempati oleh berbagai jenis organisme (biosfer). ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km. danau dan sungai.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4. kripton (Kr). yakni bagian padat (lithosfer) yang terdiri dari tanah dan batuan. Berbagai jenis gas lainnya jufga terkandung dalam atmosfer.93%. sehingga terjadilah perbedaan tekanan udara di berbagai tempat di dalam atmosfer yang dapat menimbulkan arus angin. Perputaran bumi ini akan mengakibatkan bergeraknya masa udara. Keberadaan atmosfer yang menyelimuti seluruh permukaan bumi memiliki arti yang sangat penting bagi kelangsungan hidup berbagai organisme di muka bumi.700 km. Pada lapisan atmosfer terkandung berbagai macam gas.08%. Inti bumi (core). misalnya neon (Ne). metan dan uap air. dengan penyusun utama logam besi (90%). oksigen (O2) sebanyak 20. nikel (8%).500 oC. serta dari waktu ke waktu untuk uap air. Fungsi atmosfer antara lain : .3. Berdasarkan volumenya.95%.03%.

5 oC. berada antara permukaan bumi sampai pada ketinggian 8 km pada posisi kutub dan 18 – 19 km pada daerah ekuator. peran atmosfer ini terlihat dalam siklus hidrologi. yaitu : a. Setiap kenaikan 100 meter temperaturnya turun turun 0.99 oksigen. Lapisan ini dianggap sebagai bagian atmosfer yang paling penting. 0. serta 0. 2. Sungai-sungai akan kering. 4.1.00005% hidrogen.00015% helium. 20. atmosfer bumi dapat dibagi menjadi lima lapisan. 0. 0. Susunan kimia udara troposfer terdiri dari 78. Tasnpa adanya atmosfer yang mampu menampung uap air. serta karena sebagain besar dinamika iklim berlangsung pada lapisan troposfer. 0. Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi 3. termasuk manusia.93% argon. Dalam mendistribusikan air antar wilayah di permukaan bumi. Pada lapisan ini suhu udara akan menurun dengan bertambahnya ketinggian.03% asam arang.0001% kripton. maka seluruh air di permukaan bumi hanya akan mengumpul pada tempat yang paling rendah. suhu permukaan bumi bila 100% radiasi matahari diterima oleh permukaan bumi akan sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak ada organisme yang mampu bertaham hidup.000005% xenon. seluruh air tanah akan merembes ke laut. 0. Berdasarkan perbedaan suhu vertikal. karena berhubungan langsung dengan permukaan bumi yang merupakan habitat dari berbagai jenis mahluk hidup termasuk manusia. Peran atmosfer dalam mengurangi radiasi matahari sangat penting. Menyediakan okisgen dan karbon dioksida. Selain itu. 0. Pendistribusian air oleh atmosfer ini memberikan peluang bagi semua mahluk hidup untuk tumbuh dan berkembang di seluruh permukaan bumi. Sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi. atmosfer dapat menyediakan oksigen bagi mahluk hidup. . sehingga air hanya akan mengumpul di samudera dan laut saja. Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari.0015% nenon. Apabila tidak ada lapian atmosfer. Troposfer Lapisan ini merupakan lapisan yang paling bawah.03% nitrogrn. Kebutuhan tumbuhan akan CO2 juga dapat diperoleh dari atmosfer.

yang tebalnya 2 – 8 km.80o C pada musim panas dan antara 57 o C sampai .83 o C pada musim dingin. Keadaan udara dalam lapisan inilah yang disebut sebagai iklim mikro. Troposfer terbagi lagi ke dalam empat lapisan. . Di dalam lapisan udara ini gerakan mendatar lebih besar daripada gerakan tegak. Di dalam troposfer terdapat tiga jenis awan. Suhu yang sangat rendah pada tropopouse inilah yang menyebabkan uap air tidak dapat menembus ke lapisan atmosfer yang lebih tinggi. tingginya antara 2 – 6 km. 90% dari semua masa atmosfer berkumpul pada lapisan ini.46 o C sampai . Di lapisan inilah terbentuknya awan. yaitu awan rendah (cumulus). 4. hujan es dan lain-lain. ketinggian dari permukaan laut dan lainnya. salju. 2. planetary boundary layer). jatuhnya hujan. Keadaan di dalam lapisan udara ini tergantung dari keadaan fisik muka bumi. yakni antara . dari jenis tanaman. yang memperngaruhi kehidupan tanaman dan juga jasad hidup di dalam tanah. Tebal lapisan ini 1 – 2 km. hujan es). Lapisan Udara Tropopouse Merupakan lapisan transisi antara lapisan troposfer dan stratosfer terletak antara 8 – 12 km di atas permukaan laut (dpl). Di sini berlangsung berbagai perubahan suhu udara dan juga menentukan iklim. Hawa panas dan dingin yang beradu di sini mengakibatkan kondisi suhu yang berubah-ubah. Lapisan Udara Adveksi (Gerakan Mendatar) Lapisan ini disebut juga lapisan udara konveksi atau lapisan awan. 3. Lapisan Udara Dasar Tebal lapisan udara ini adalah 1 – 2 meter di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini terdapat derajat panas yang paling rendah. yang tingginya antara 0 – 2 km. Lapisan Udara Bawah Lapisan udara ini dinamakan juga lapisan-batasan planiter (planetaire grenslag. serta awan tinggi (cirrus) yang tingginya antara 6 – 12 km.Di dalam lapisan ini berlangsung semua hal yang berhubungan dengan iklim. awan pertengahan (alto cumulus lenticularis). Walaupun troposfer hanya menempati sebagian kecil saja dari atmosfer dalam. karena uap air segera mengalami kondensasi sebelum mancapai tropopouse dan kemudian jatuh kembali ke bumi dalam bentuk cair (hujan) dan padat (salju. yaitu : 1. akan tetapi.

Lapisan udara isoterm. Dengan demikian. 3. Suhunya mula-mula naik. Ciri penting dari lapisan stratosfer adalah keberadaan lapisan ozon yang berguna untuk menyerap radiasi ultraviolet. Lapisanstratosfer tidak mengandung uap air. Daerah transisi antara lapisan mesosfer dan termosfer disebut mesopouse dengan suhu terendah . Stratosfer Merupakan bagian atmosfer yang berada di atas lapisan troposfer sampai pada ketinggian 50 – 60 km. c. dengan suhu .50o C sampai + 50o C. dengan suhu udara .110o C . Lapisan udara panas. Mesosfer Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50 – 70 km. atau lebih tepatnya lapisan ini terletak di antara lapisan troposfer dan ionosfer. dengan suhu antara +50o C sampai -70o C. sehingga lapisan ini hanya mengandung udara kering. Lapisan stratosfer dibagi dalam tiga bagian yaitu : 1. karena pengaruh sinar ultraviolet. terletak antara 50 – 80 km dpl. hingga kadarnya akan meningkat dari 5 menjadi 9 x 10-2 cc di dalam 1 m3. Pada lapisan stratosfer. Serapan radiasi matahari oleh ozon dan beberapa gas atmosfer lainnya menyebabkan suhu udara pada lapisan stratosfer meningkat. Suhu di lapisan ini akan menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian. Lapisan udara campuran teratas. . Suhu pada bagian atas stratosfer hampir sama dengan suhu pada permukaan bumi.50o C sampai -55o C. profil suhu pada lapisan stratosfer ini merupakan kebalikan dari lapisan troposfer. yakni lapisan mesosfer. 2. sehingga sebagian besar tidak akan mencapai permukaan bumi. suhu akan semakin meningkat dengan meningkatnya ketinggian. Batas lapisan stratosfer disebut stratopouse. Suhu terendah terukur pada ketinggian antara 80 – 100 km yang merupakan batas dengan lapisan atmosfer berikutnya. tetapi kemudian turun dan mencapai -72 oC di ketinggian 75 km. pada ketinggian 30 km oksigen diubah menjadi ozon.b. terletak antara 12 – 35 km dpl. terletak antara 35 – 50 km dpl.

70o C sampai +50o C . 3. benda-benda berada dalam lbentuk atom. Ekosfer atau atmosfer luar Merupakan lapisan atmosfer yang paling tinggi. yang akan menyebabkan meningkatnya suhu pada lapisan ini.d. e. Daerah yang masih termasuk ekosfer adalah daerah yang masih dapat dipengaruhi daya gravitasi bumi. Suhu pada lapisan ini akan meningkat dengan meningkaknya ketinggian. Molekul oksigen akan terpecah menjadi oksegen atomik di sini. oleh karenanya lapisan ini sering juda disebut lapisan ionosfer. dan diduga suhunya mencapai 1200o C . 2. Proses pemecahan molekul oksigen dan gas-gas atmosfer lainnya akan menghasilkan panas. Garis imajiner yang membatasi ekosfer dengan angkasa luar disebut magnetopause. yaitu : 1. Lapisan udara F Terletak antara 150 – 400 km. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara APPLETON. Lapisan udara atom Pada lapisan ini. gas-gas akan terionisasi. kandungan gas-gas atmosfer sangat rendah. Letaknya lapisan ini antara 400 – 800 km. Ionosfer dibagi menjadi tiga lapisan lagi. Lapisan Udara E Terletak antara 80 – 150 km dengan rata-rata 100 km dpl. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara KENNELY dan HEAVISIDE dan mempunyai sifat memantulkan gelombang radio. Suu udara di sini berkisar . Batas antara ekosfer (yang pada dasarnya juga adalah batas atmosfer) dengan angkasa luar tidak jelas. Pada lapisan ini. Lapisan ini tempat terjadinya proses ionisasi tertinggi. Lapisan ini menerima panas langsung dari matahari. Pada lapisan ini. Lapisan Termosfer Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Ozon Dalam Atmosfer .

Ozon terbentuk secara alamiah di stratosfer. ozon di troposfer juga menyebabkan kerusakan pada tumbuhan. beracun. Pembentukan dan perusakan ozon di stratosfer merupakan mekanisme perlindungan bumi dari sinar UV dari matahari. Akan tetapi.4 oC. Ozon yang terdapat dalam stratosfer berfungsi melindungi manusia dan mahluk hidup di bumi dari penyinaran sunar UV. menyerupai rumus kimia molekul oksigen O2 dengan sebuah atom oksigen lebih banyak. Pada suhu kamar ozon berupa gas. Kira-kira 3 milyar tahun yang lalu. Dalam alam. .Ozon adalah zat oksidan yang kuat. terkondensasi pada suhu -112 oC menjadi zat cair yang berwarna biru. Dampak bertambahnya sinar UV-B ini akan sangat besar terhadap mahluk hidup di bumi. Dari molekol O2. kadar O2 semakin tinggi. Kedua reaksi ini juga mengakibatkan naiknya suhu di dalam stratosfer dibandingkan suhu di troposfer. Ozon yang cair ini akan membeku pada -251. serta dapat juga digunakan untuk menghilangkan warna dan bau yang tidak enak pada air. Dan inilah cikal bakal kehidupan di daratan. sehingga semakin meningkat kadar ozon yang terbentuk. walaupun susunan kimianya sama. Ozon terdapat dalam lapisan stratosfer dan juga dalam lapisan troposfer. pertambahan jumlah oenduduk dan kemajuan industri serta pembangunan mengakibatkan lapisan ozon ini mulai berlubang. pembentukan dan destruksi ozon ada dalam keadaan seimbang. dan zat pembunuh jasad renik yang kuat juga. semakin lama. sebagai hasil evolusi di bumi muncul mahluk hidup yang berklorofil. Kedua reaksi ini secara efektif dapat menghalangi sinar UV ekstrem dan UV-C serta sebagian besar sinar UV-B untuk sampai ke bumi. Ozon biasanya digunakan untuk mensterilkan air isi ulang. sehingga kadar ozon terdapat dalam keseimbangan dinamik. Di troposfer ozon terbentuk melalui reaksi fotokimia pada berbagai zat pencemar udara. Selain itu. Sedangkan ozon yang terdapat pada lapisan troposfer memiliki efek yang berbeda terhadap bumi dan mahluk hidup di dalamnya. plastik dan kesehatan manusia. mulailah terjadi proses fotosintesis yang salah satu hasilnya adalah O2. semakin banyak pula sinar UV gelombnag pendek yang terhalang oleh lapisan ozon untuk sampai ke permukaan bumi. seiring berjalannya waktu. Inilah mekanisme alam yang melindungi bumi dan penghuninya dari penyinaran UV gelombang pendek yang berbahaya bagi kehidupan. sedangkan pada suhu di atas 100 oC ozon dengan cepat mengalami dekomposisi. Ozon di troposfer ini bersifat racun dan merupakan salah satu dari gas rumah kaca. cat. Ozon yang terbentuk akan kembali pecah menjadi molekul oksigen. Ozon memiliki rumus kimai O3. Dengan demikian. melalui reaksi. Lubang ozon ini sangat merisaukan karena dengan berkurangnya kada ozon berarti semakin bertambah sinar UV-B yang akan sampai ke bumi.

campuran CFC-11 dan CFC-12 digunakan untuk pendorong aerosol. maka berpengaruh besar terhadap sel hidup dan mengakibatkan kematian jasad renik. UV-B yang sampai ke bumi semakin berkurang. Mekanisme Pembentukan Lubang Ozon di Antartika . Dampak Lubang Ozon Lapisan ozon di stratosfer dapat menyerap seluruh sinar UV ekstrem dan UV-C serta sebagian besar sinar UV-B. bantal kursi dan jok mobil (CFC-11). naiknya kadar N2O karena akibat pembakaran biomassa dan oenggunaan pupuk. menipisnya lapisan ozon akan mengakibatkan terganggunya proses fotosintesis yang selanjutnya menyebabkan turunnya laju pertumbuhan daun dan batang serta penurunan berat kering total sehingga hasilnya akan berkurang. melainkan merupakan zat hasil rekayasa manusia.Terjadinya lubang ozon ini diakibatkan adanya peningkatan kadar NO x dari pembakaran bahan bakar pesawat. serta CFC-13 yang biasa digunakan dalam dry cleaning. serta mengakibatkan penyakit kanker kulit. maka sinar UV-B yang diserap bumi semakin besar. Semakin jauh dari katulistiwa. CFC banyak digunakan sebagai zat pendingin dalam kulkas dan AC mobil (CFC-12). CFC ini adalah segolongan zat kimia yang terdiri atas tiga jenis unrus. Dengan semakin berkurangnya lapisan ozon. baik hewan maupun tumbuhan. sebagai bahan untuk membuat plastik busa. CFC inilah yang mendominasi permasalahan perusakan ozon dan menjadi zat yang sangat dicurigai sebagai penyebab terjadinya kerusakan ozon. Selain itu dapat juga mempengaruhi produktivitas hutan. Karenanya menjadi zat yang sangat ideal untuk industri. pada keadaan terang tak berawan sekitar 30% sinar UV-B dapat sampai ke bumi. CFC tidak beracun. Dengan berkurangnya daya imunitas oranng menjadi lebih peka terhadap serangan infeksi termasuk virus herpes dan lepra. Selain itu. Karena sinar yang bergelombang pendek ini memiliki energi yang tidur. pada musim panas penyinaran UV-B di daerah yang jauh dari katulistiwa tidak berbeda jauh dengan di katulistiwa. tidak terbakar dan sangat stabil karena tidak mudah bereaksi. mengakibatkan gangguan pada ekosistem akuatik. Pada tumbuhan. Di katulistiwa. penyakit katarak serta menurunnya daya imunitas pada manusia. Akan tetapi. zat kimia yang kita kenal clorofuorocarbon atau CFC berpengaruh sangat besar terhadap perusakan ozon. fluor (F) dan karbon (C). Sinar UV-B juga mempunyai dampak negatif pada mahluk tingkat tinggi. CFC ini tidak ditemukan di alam. yaitu klor (Cl). dimana N2O ini merupakan sumber terbentuknya NO.

daerah di atas Antartika merupakan daerah dengan udara yang tenang yang terisolasi dari daerah sekitarnya. yang dikenal dengan Airborne Antartic Ozone Experiment. Karena udara terisolasi oelh adanya pusaran angin dan karena udara terus memancarkan radiasi inframerah ke angkasa. Sekitar 71% permukaan bumi merupakan wilayah perairan. kemudian menghilang. Lapisan air yang menyelimuti permukaan bumi disebut hidrosfer. Australia dan Selandia Baru. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada musim dingin. sehingga suhu stratosfer lebih dingin. Kemudian di atmosfer uap air ini mengalami kondensasi dan selanjutnya akan jatuh sebagai hujan.Pada bulan Agustus – Oktober 1987 diadakan penelitian untuk mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya lubang ozon di Antartika. Akan tetapi. Di samping daerah utama perusakan ozon terdapat pula ”lubang mini” di luar daerah botol kungkungan sampai pada garis lintang 45o Selatan di atas ujung selatan Amerika Selatan. Masing-masing lubang mini hanya berumur beberapa hari saja.. daerah lubang ozon dibatasi oleh pusaran angin pada 60o Lintang Selatan. . Energi matahari yang datang di permukaan bumi menyebabkan penguapan air ke bagian atmosfer. Di daerah ini terdapat kadar CFC yang rendah dan ClO (klormonoksida) yang merupakan perusak ozon yang berasal dari CFC. suhunya terus turun. Daerah ini disebut botol kungkungan (containment vessel). HIDROSFER Air adalah senyawa gabungan dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen menjadi H2O. sedangkan matahri tidak bersinar. Kerusakan ozon terutama terjadi pada ketinggian 14 dan 24 km. Pada musim dingin. Penelitian ini dilakukan oleh sebuah tim Internasional. Terbentuknya pusaran angin itu dimungkinkan juga karena naiknya kadar gas rumah kaca yang menghalangi lepasnya panas dari bumi ke angkasa. Pada suhu -78 oC. terjadilah awan yang terutama terdiri dari kristal asam nitrat. Dengan adanya pusaran angin itu. pada pertengahan bulan September beberapa lubang mini muncul bersamaan dan bergabung menjadi satu. di Antartika matahari tidak bersinar selama berbulan-bulan. B. Suhu yang sangat rendah pada musim dingin ini memungkinkan terjadinya reaksi kimia peusakan ozon dalam musim semi berikutnya. Terjadinya lubang ozon di Antartika ini dimungkinkan karena kondisi atmosfer yang khusus.

terlihat seperti bulatan air. timbul arus vertikal ke arah permukaan laut di daerah tropis serta arus ke arah dasar laut di daerah kutub. kandungan garam kapur yang dilarutkan oleh air hujan sangat besar.Pemanasan oleh sinar matahari menyebabkan suhu air laut di darah tropis lebih panas dibandingkan suhu air laut yang terletak di belahan bumi lainnya.34%. Hidrosfer meliputi samudera. Tubir samudera yang paling dalam 10 km. K2SO4 2.027. laut sangat berpengaruh terhadap kehidupan di permukaan bumi. MgBr2 0. Kemudian air diuapkan. Pada dasarnya yang dimaksud dengan laut adalah masa air asin yang menggenangi sebagian besar permukaan bumi. akan tetapi kandungan garam kapur di laut amat sedikit. melalui peredarannya lagi dan garam tinggal di samudera. air tanah. Secara langsung maupun tidak. disebabkan oleh larutan garam-garamair laut ratarata mempunyai kandungan garam dan berbagai jenis mineral dengan konsentrasi yang relatif lebih tinggi dibandingkan air sungai atau danau. Hal inilah yang mengakibatkan organisme laut memiliki struktur tubuh maupun kondisi fisiologis yang sangat berbeda dengan organisme yang hidup di air tawar. Pada dasarnya. MgCl2 10. Bila di lihat dari luar bumi.88%. Akibatnya. Berat jenis air laut adalah 1. Hal ini dikarenakan jasadjasad laut membutuhkan banyak garam kapur untuk menyusun tubuhnya. serta uap air di atmosfer.76%. laut. yaitu sekitar 35%. sungai.22% dari sejumlah garam yang ada di dalam air laut. dengan rata-ratanya 4 km. gletser. Susunan kimia air laut dalam persen (%) adalah sebagai berikut : . CaSO4 3.84 km.60%. danau. Samudera-samudera dan laut-laut Samudera-samudera dan laut-laut menempati 71% permukaan bumi. melarutkan garam-garam yang dapat dilarutkan dan semua ini diangkut sebagai larutan yang amat encer yang mengalir ke laut. Besarnya kadar bagi masing-masing garam di laut adalah sebagai berikut : NaCl 77. Adanya arus vertikal ini juga mengakibatkan perbedaan tekanan teanan air laut antara daerah tropis dengan daerah kutub. MgSO4 4. Perbedaan ini bersamaan dengan perputaran bumi serta arus angin akan menimbulkan arus air di permukaan air laut yang membantu distribusi organisme-organisme di laut. salju. 1. Bila semua air ini diratakan di permukaan bumi dapat mencapai dalamnya 2. CaCO3 0.74%. Air hujan yang jatuh di daratan meresap ke dalam tanah dan ke dalam lapisan-lapisan di bawahnya.64%. Garam-garam ini terlarut dalam air sungai.

000007 0. kemudian menjadi cair kembali.280 . Laut Hitam kadar garamnya lebih tinggi daripda Laut Tengah.001 0.000001 Laut terasing. mengandung lebih banyak garam daripada laut terbuka.006 0. Distribusi air di samudera dan laut dapat dilihat pada tabel berikut : Samudera dan Laut Pasifik Atlantik % Wilayah 48 28 Luas (000 km2) 179.93 1. meskipun berubah bentuk dari cair menjadi uap.04 0. Laut Kaspi dan Laut Mati memiliki kadar garam yang lebih tinggi lagi. Air di permukaan bumi jumlahnya selalu tetap.002 0. terutama CO2 yang terdapat di laut 27 kali lipat lebih banyak daripada di hawa udara.450 Volume (000 km2) 724.000002 0. yaitu laut yang berhubungan dengan laut terbuka yang belum putus. samudera dianggap sebagai suatu pengatur kadar CO2 udara.00002 0.O H Cl Na Mg S Ca 85. Karenanya. air laut juga mengandung gas.80 1.07 0. Hal ini disebabkan pada laut yang terasing kadar garamnya tidak dialirkan lagi ke tempat lain seperti halnya laut terbuka.670 106.330 355.09 0.000006 0.0001 0. suhu udara mencapai +4 oC. Selain mengandung garam. Suhu di permukaan air laut berkisar antara +32oC sampai -3 oC.001 0.000007 0.0001 Rb Li Zn P J As Cu 0. Pada kedalaman sekitar 75 – 1100 m.13 0.000002 0. Laut Tengah memiliki kadar garam lebih tinggi daripada Laut Antlantik.04 K Br C Sr B Si F 0.89 10.

000 meter di bawah permukaan laut. terbagi menjadi zona litoralyang merupakan wilayah laut yang terletak antara zona pasang naik dan pasang surut. c.090 292. Dalam perjalanannya. e. Sebagai sumber air irigasi. danau yang meluap atau mata air pegunungan.000 meter di bawah permukaan laut serta zona abisal yang merupakan wilayah laut yang terletak pada kedalaman lebih dari 2.Hindia Artik 20 4 72. b. aliran air sungai mempunyai tiga aktivitas. Aliran sungai dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik. Laut Tengah yang terletak di antara dua benua. terbagi menjadi laut transgresi yang terjadi karena naiknya permukaan laut. Berdasarkan kedalamannya. Air sungai dapat berasal dari gletser (es). seperti Laut Hutam. Sungai Sungai adalah aliran air tawar melalui suatu saluran menuju laut.310 17. contohnya laut Jepang yang terletak antara Kepulauan Jepang dan Benua Asia yang memisahkannya dnegan Samudera Pasifik. Sebagai sarana transportasi. ayitu melakukan erosi. Laut Baltik dan Laut Kaspia. danau dan atau sungai lain yang lebih besar.100 Wilayah laut dapat dibedakan menjadi tiga kelompok. yaitu : a.930 14. 2. zona batial yang terletak pada kedalaman antara 200 – 2. transportasi dan sedimentasi. Danau . yang hampir seluruhnya dikelilingi daratan. b. zona neritik yang terletak dari wilayah pasang surut sampau kedalaman 200 meter. Berdasarkan proses terjadinya. c. Sebagai tempat budidaya perikanan. Berdasarkan letaknya. d. Beberapa manfaat sungai bagi kehidupan kita adalah : a. serta laut regresi yang terjadi karena turunnya permukaan laut. serta Laut Pedalaman. terbagi menjadi laut tepi yang terletak di antara tepi benua dan kepulauan yang memisahkannya dengan samudera. 3. misalnya Laut Karibia yang t erletak di antara Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sebagai prasarana oleh raga. laut ingresi yang terjadi karena turunnya daratan akibat proses patahan.

Oleh karena itu. pengairan lahan pertanian. rawa dapat dibedakan menjadi : a. Rawa air tawar. Berdasarkan sifatnya. Danau alam. Misalnya waduk Jatiluhur dan Saguliang di Jawa Barat. Air tanah dangkal. b. b. yaitu : a. Rawa air asin. Rawa Rawa adalah tanah rendah yang selalu tergenang air karena tidak ada pelepasan air (drainase). 4. yaitu rawa yang terdapat di daerah pantai. C. Waduk ini antara lain manfaatkan untuk pembangkit listrik. LITHOSFER . Rawa air payau. pengendali banjir. Air tanah dapat juga keluar ke permukaan bumi dalam bentuk sumber air panas yang disebut geyser. c. air rawa bersifat asam. yang terdapat di atas lapisan batuan kedap air. yang terletak di antara dua lapisan batuan kedap air. Semakin banyak air hujan yang meresap ke dalam tanah. yang terdapat di sekitar sungai-sungai besar. Berdasarkan proses terjadinya. b. terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.Danau adalah masa airdalam jumlah besar yang berada dalam satu cekungan atau basin diwilayah daratan. Secara umum air tanah dibedakan menjadi dua. Danau buatan (waduk) yang merupakan buatan manusia untuk keperluan tertentu. 3. rekreasi dan budidaya ikan. semkain banyak pula air yang tersimpan di dalam tanah. yang terdapat di sekitar muara air sungai di dekat laut. Air Tanah Merupakan air yang terdapat di lapisan tanah di bawah permukaan bumi. danau terbagi menjadi : a. Geyser merupakan sumber air panas yang erat hubungannya dengan aktivitas vulkanisme. berasal ari air hujan yang meresap ke dalam tanah. Air tanah dalam.

mineral-mineral ini berupa batu-batuan yang treletak berlapis di permukaan bumi. b. bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35km. Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu : a. granit andesit jenis-jenis batuan metamor. Lithosfer merupakan lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. yaitu kerak dan selubung. Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak. yang tebalnya 50 – 100 km. Lithosfer merupakan lempeng yang bergerak sehingga dapt menimbulkan persegeran benua. kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. Tanah merupakan sumber berbagai jenis mineral bagi mahluk hidup. Magma akan mengalami beberapa proses perubahan sampi menjadi batuan beku. senyawanya dalam bentuk SiO2 dan Al2O3.Lithosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan. Pada lapisan sial (silisium dan alumunium) ini antara lain terdapat batuan sedimen. dan sphera artinya lapisan. dan batuan lain yang terdapat di daratan benua. Lapisan sima (silisium magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena . Lithosfer tersusun dalam dua lapisan. Induk batuan pembentuk litosfer adalah magma. Dalam wujud aslinya. Melalui proses erosi mineral-mineral yang menjadi usmber makanan mahluk hidup ini seringkali terbawa oleh aliran sungai ke laut dan terdeposit di dasar laut. Lithosfer terdiri dari dua bagian utama. yaitu batuan cair pijar yang bersuhu sangat tinngi dan terdapat di bawah kerak bumi. Penyusun utama lapisan lithosfer adalah batuan yang terdiri ari campuran antar mineral sejenis atau tidak sejenis yang saling terikat secara gembur atau padat. Selanjutnya bagian ini bercampur dengan hasil pemasukan komponen organis mahluk hidup yang kemudian membentuk tanah yang dapat digunakan sebagai tempat hidup organisme. Kerak benua. Kerak ini menempati dasar samudra 2. Tanah terbentuk apabila batu-batuan di permukaan litosfer mengalami degradasi. Kerak samudera. merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas. Lapisan sial yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium. yaitu : 1. batuan sedimen dan batuan metamorf. Lithosfer memegang peranan penting dalam kehidupan tumbuhan. Kerak ini yang merupakan benua. erosi maupun proses fisika lainnya menjadi batuan kecil sampai pasir. Lithosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya.

a. Secara umum batuan beku mempunyai ciri-ciri homogen dan kompak. Batuan Pembentuk Lithosfer Semua batuan pada mulanya dari magma yang keluar melalui puncak gunung berapi. konglomerat dan batu pasir. Batuan Beku Gang. Magma yang keluar dari bumi mengalami proses pendinginan dan pembekuan Sangat cepat sehingga tidak menghasilkan cristal batuan. Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan. pendinginan magmanya sangat lambat serta 2. yaitu batuan sedimen klastik. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. dan umumnya tidak mengandung fosil. Batir-butir batuan sedimen berasal dari berbagai macam batuan melalui proses pelapukan. Contohnya riolit dan basalt. adalah batuan beku yang terbentuk jauh di bawah permukaan bumi. Batuan beku Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. b. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km . contohnya batu kapur dan batu giok. hujan. batuan beku dibagi menjadi : 1. Batuan Beku Luar. contohnya breksi. sedimen kimiawi dan sedimen organik. sebelum sampai ke permukaan bumi. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. pada kedalaman 15 – 50 km. Magma yang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. Sedimen klastik berupa campuran hancuran batuan beku. 3. serta aktifitas tumbuhan dan hewan. terbentuk di bagian celah/gang dari kerak bumi. hádala batuan beku yang terbentuk di permukaan bumi. Batuan Sedimen Batuan redimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya proses pengendapan. Proses pembekuan magma ini agak cepat sehingga membentuk batuan yang mempunyai cristal yang kurang sempurna. Batuan Beku Dalam . Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik secara fisik maupun kimiawi sehingga menjadi batuan yang berbeda dari batuan . Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf. Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut contohnya batu gamping dan koral c. Berdasarkan tempat pembekuannya. baik oleh angin maupun air. Karena tempat pembekuannya dekat dengan astenofer. Magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. Ada beberapa macam batuan sedimen. yang dalam ribuan tahun dapat hancur terurai selama terkena panas. tidak ada pelapisan. Proses pembentukan batuan sedimen disebut diagenesis yang menyatakan perubahan bentuk dari bahan deposit menjadi batuan endapan.mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan.

Salah satu bentuk dari lingkungan hidrosfer adalah terbentuknya gambut. besi. Di dalamnya hidup beraneka ragam mikro-plankton yang amat cepat pertumbuhannya. terdapat di dataran tanah Sumatera. Biosfer Biosfer merupakan sistem kehidupan paling besar karena terdiri dari gabungan ekosistem yang ada di planet bumi. Secara fisik biosfre ini terbagi tiga. Gambut dibagi menjadi beberapa daerah. hidrosfer dan atmosfer. Lithosfer bagian atas merupakan tempat hidup bagi manusia. atau batuan kuarsa menjadi kuarsit Lithosfer merupakan bagian bumi yang langsung berpengaruh terhadap kehidupan dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di bumi. Bahan bahan mineral atau tambang yang berasal dari lithosfer bagian bawah diantaranya minyak bumi dan gas. Organisme hidup tersusun oleh berbagai unsur yang berasal dari biosfer. Selanjutnya lithosfer bagian bawah mengandung bahan bahan mineral yang sangat bermanfaat bagi manusia.induknya. b. Gambut terletak di antara atosfre dan litosfer. Sistem ini mencakup semua mahluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya sebagai kesatuan utuh. terdapat pada tanah dataran Jawa (Pangandaran) dan Sumatera serta di tanah pegunungan Jawa dan Sulawesi. Gambut topogin. terutama karena perkembangan flora dan fauna yang semakin berkurang. Kalimantan dan Irian. sedangkan umur jasad-jasad tersebut sangat pendek dan ketika mati akan terendap dalam rawa. emas. pada lain pihak tumbuh juga dalam hidrosfer. Faktor yang mempengaruhi perubahannya adalah suhu yang tinggi. Manusia melakukan aktifitas di atas lithosfer. Termsuk semua bisofer adalah semua bagian permukaan bumi yang dapat dihuni oleh mahluk hidup. batu bara. yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. D. tekanan yang kuat serta waktu yang lama. yaitu litosfer. Lapisan gambut mengandung semua macam garam makanan tanaman yang terlarut dalam air tanah. mineral maupun komponen-komponen penyusun atmosfer. Dengan demikian dapat diartikan biosfer adalah lapisan tempat tinggal mahluk hidup. baik air. hewan dan tanaman. Pemahaman mengenai biosfer sangat penting untuk pengelolaan sumberdaya hayati. biosfer berasal dari dua kata. Gambut ombrogin. Secara entimologi. Gambut merupakan suatu bentuk organis sebagai asal mula pembentukan batu bara. sebagai gambut pantai. yaitu : a. Contohnya adalah batu kapur (kalsit) yang berubah menjadi marmer. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya degradasi hutan akibat kebakaran ataupun pembukaan hutan untuk pemukiman. Sumber : . nikel dan timah.

ekonomi dan sosial budaya maka perlu dilihat implementasi dari teori tersebut di suatu daerah tujuan wisata yang ada di Bali yaitu di desa Serangan. Soemitro dan Sardjono Soekartomo. 2007 at 1:35 am (Artikel Pariwisata) Oleh: I Nengah Subadra Dengan memperhatikan sederetan dari pendekatan teoritis tentang dampak dari kegiatan pariwisata. Model Sceto Plan ini terbukti dapat menekan kesemerawutan perkembangan pariwisata Bali. 1992. 1986. . Indonesia Dalam Kancah Isu Lingkungan Global. CV.wordpress. Soemarwoto.Heddy. dimana pembahasan dampak yang meliputi dampak fisik.com. Rajawali. 2006. Lithosfer. Benyamin. Otto. Jakarta.. Denpasar. Pamungkas. Putra. (www. Suwasono. Sutiman B. Pengantar Ekologi. munculnya mekanisme pengendalian perkembangan pariwisata yang lebih rapid an berencana sebagaimana yang dikenal dengan Sceto Plan yang awalnya ingin menempatkan atau memposisikan pariwisata Bali dengan antisipasi secara baik terhadap beberapa dampak yang memungkinkan terjadi di masa mendatang. bahan makalah Bali Tourism Watch: Dampak Pariwisata terhadap Kehidupan Masyarakat Desa Serangan Bali Tourism Watch: Dampak Pariwisata terhadap Kehidupan Masyarakat Desa Serangan March 10. PT. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. diakses 27 September 2007). khususnya yang didasari atas tinjauan perencanaan dan beberapa disiplin lainnya. Gramedia Pustaka Utama. 1993. Dasar-Dasar Klimatologi. khususnya pada wilayah yang direncanakan dalam model tersebut. Bali yang menjadi barometer pariwisata Indonesia tidak pernah luput dari dinamika sebagai bagian yang harus dihadapi sebagai kenyataan. Lakitan. Palembang. Jakarta. Kecamatan Denpasar Selatan.

1995). Demikian juga pada pembangunan prasarana pemerintahan khususnya tempat pembangunan Kantor Kepala Desa di Banjar Tengah. Disamping dari sisi transportasi. maka hal ini nampak sangat positif. luas keseluruhan pulau serangan adalah seluas awalnya adalah 112 hektar Sejak adanya proyek pengembangan pulau Serangan oleh PT. dampak fisik dari pengembangan pulau Serangan adalah juga memberikan peluang kepada penduduk untuk memperluas areal pemukiman. dan mendukung pelestarian benda cagar budaya. sebelum adanya proyek pengembangan pulau Serangan. Sedangkan sejak adanya pengembangan.Dilihat dari kepentingan pariwisata. barat daya. prasarana pariwisata. sejak diadakannya reklamasi secara fisik di pulau Serangan telah memberikan peluang yang lebih luas dan nyaman untuk kegiatan pariwisata seperti untuk memancing. Jika dilihat secara fisik. kunjungan wisatawan nampak lebih banyak karena transport yang menuju desa Serangan lebih mudah dibandingkan dengan sebelum adanya pengembangan pembangunan prasarana pariwisata tersebut. Maka secara fisik tidak hanya pulau Serangan yang mengalami perubahan. Demikian juga dampaknya terhadap prasarana keagamaaan. Wayan Artana. menyaksikan pelestarian penyu serta kegiatan wisata lainnya. dengan pembangunan tersebut menyebabkan lahan pembangunan kantor Kepala Desa tersebut menjadi sangat layak dan lebih baik dari sebelumnya. dan sebagian di utara pulau Serangan Sebelum adanya proyek tersebut. salah seorang warga desa Serangan mengatakan bahwa dengan adanya pembangunan jalan yang menghubungkan Baypass Ngurah Rai dan pulau Serangan. areal lahan pariwisata pembangunan sarana keagamaan. Pulau Serangan dengan jelas masih terpisah dari pulau Bali. selatan. dimana pengembangan pembangunan pulau Serangan memberi kontribusi positif terhadap prasana peribadatan berupa perluasan lahan parkir .Desa Serangan sebagai salah satu obyek pariwisata di Bali tak luput dari perhatian banyak pihak terutama yang berniat untuk mengembangkan pariwisata dengan melihat potensi yang dimiliki desa Serangan. maka pulau Serangan telah betul-betul terhubung menjadi satu dengan pulau Bali. karena masyarakat desa setempat menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatan kepariwisataan atau kegiatan ekonomi lainnya melalui transportasi darat dimana waktu tempuh menuju daratan pulau Bali akan lebih cepat dan lebih mudah. maka pengurukan atau reklamasi pantai serangan yang dilakukan secara besar-besaran memberikan manfaat positif terhadap perluasan tempat tinggal. Bali Turtle Island Development (BTID) maka ada perubahan yang sangat jelas yang terjadi pada bentuk pulau Serangan tersebut Hal ini disebabkan adanya penambahan luas daratan melalui reklamasi sebanyak 379 hektar sehingga luas seluruhnya setelah direklamasi menjadi 491 hektar (Lemlit Unud. akan tetapi juga pulau Bali itu sendiri. Proyek yang dibangun dengan mega proyek dan investasi yang menelan biaya ratusan milyard tersebut telah merubah wajah pulau kecil tersebut dengan cara mereklamasi pantai di sebelah timur. Hal ini terlihat dari dipindahkannya 23 KK penduduk yang berada di bagian selatan pulau Serangan selanjutnya menempati wilayah reklamasi di Banjar Dukuh dan Banjar Kawan. Dari sisi dampak positif. Oleh karena pantai disekitar pulau Serangan adalah pantai yang pasang surut.

bahkan sampai ke Padang Galak. Dengan kondisi yang demikian maka kegiatan ekonomi masyarakat desa Serangan menjadi sangat lancar terutama dalam hal menyalurkan hasil-hasil produksi masyarakat desa. Dari sisi ekonomi dapat dilihat beberapa contoh positif dari dampak pengembangan pariwisata di desa Serangan. Daratan yang membentang luas seperti gurun yang masih kosong tanpa ada bangunan fisik. perluasan lahan untuk antre bagai pada pemedek (umat yang akan bersembahyang) saat piodalan atau hari keagamaan lainnya. Secara jelas dapat dilihat adalah terjadinya kerusakan pada daerah pantai sekitar Sanur. Disamping konservasi. salah seorang dari penduduk asli di desa Serangan. Selain dampak positif. Kalau mulanya atau sebelum pengembangan. mengisyaratkan bahwa perluasan pulau serangan akan memberikan peluang bagi pembangunan dimasa mendatang. Masyarakat dapat secara langsung bepergian ke Denpasar melalui kendaraan darat seperti sepeda motor atau mobil. sebagaimana yang dilakukan oleh Wayan Artana. Disamping itu juga terjadi dampak terhadap biota laut di sekitar pulau Serangan sebagai akibat menurunnya pasokan aliran air laut yang biasanya menggenangi secara normal terhadap biota laut tersebut. Dengan perubahan ini.untuk persembahyangan. berakibat pada sisi-sisi daerah pesisir pantai lainnya terutama yang berjarak antara 1 sampai 10 mil laut dari pulau serangan. maka sekarang tidak ada lagi liukan ombak sebagaimana sebelumnya. Dengan adanya usaha tersebut maka secara langsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa di pulau Serangan. Pemasukan keuangan terutama berasal dari dana . sehingga ombak laut berubah alur. diantaranya. termasuk pembangunan dan pengembangan pariwisata. kehidupan masyarakat desa Serangan menjadi semakin maju karena akses munuju wilayah perkotaan menjadi semakin lancer. di pulau serangan saat ini juga ada pembudi dayaan rumput laut. kegiatan nelayan yang kesemuanya dapat dengan lebih mudah dipasarkan ke luar wilayah pulau Serangan. dampak negatif yang ditimbulkan secara fisik dari pengembangan pulau Serangan juga bisa terlihat jelas yaitu terjadinya perubahan alur ombak laut pada pesisir pantai dikawasan selatan. bahkan terkadang ada mobil angkutan umum yang bisa langsung mengantar masyarakat ke tujuannya dengan beban biaya yang ditimbulkan semakin murah. Beberapa dampak positif terhadap kegiatan ekonomi masyarakat adalah adanya bermunculan café-café yang saat ini mencapai 25 buah. Adanya kegiatan pelestarian penyu yang secara ekonomis menghasilkan penangkaran ratusan penyu. Dengan semakin luasnya wilayah pulau Serangan maka secra positif bagi penduduk setempat merasa lebih nyaman untuk tinggal dan tidak merasa was-was dari kemungkinan terjadi bencana yang berasal dari laut. Sisi ekonomi lainnya dari pengaruh pengembangan pulau Serangan adalah adanya pemasukan keuangan sebagai kas desa. Selain. penyu-penyu yang ditangkar juga sering digunakan untuk kebutuhan upacara agama baik bagi masyarakat Serangan sendiri maupun masyarakat dari luar desa Serangan. kegiatan ekonomi yang telah disebut diatas. ombak laut bisa meliuk melalui sela antara pulau Serangan dengan pulau Bali.

ekonomi yang telah dipaparkan diatas. Pengenaan biaya masuk ini di satu pihak berdampak positif sebagaimana diuraikan di atas. tidak dibedakan seseorang sebagai wisatawan dan sebagai masyarakat Bali. karena untuk masuk ke pulau Serangan setiap orang dianggap sebagai wisatawan. Secara negatif. banyak bisa dilihat anggota masyarakat yang menggunakan aksesoris yang secara sisial budaya tidak mencerminkan keaslian dari masyarakat setempat. Dari peningkatan ekonomi masyarakat desa Serangan berakibat pada meningkatnya kesadaran dan kemampuan masyarakat pulau Serangan untuk melakukan kegiatan keagamaan. Disamping itu juga bisa dilihat dari semakin trampilnya masyarakat desa Serangan dalam bidang penguasaan bahasa internasional.. maka trend kehidupan glamour juga mengikuti.. Semestinya karcis masuk tersebut dilakukan pemilahan biaya karcis dimana masyarakat Bali tidak semestinya dikenakan karcis sebagaimana yang berlakum .karcis masuk yang dikenakan kepada setiap orang yang memasuki pulau Serangan dengan tarip Rp. Dengan demikian. Sebagai contoh. Setelah adanya pengembangan maka banyak dampak yang secara sosial budaya baik positif maupun negatif yang muncul. Secara komunal bisa dilihat dengan semakin semaraknya masyarakat untuk melakukan kegiatan keagamaan yang bahkan bisa melakukan kegiatan tersebut hingga pada tingkat utama. tetapi dipihak lain seakan-akan merasa terlalu komersial. Hal ini nampak kurang memperhatikan pertimbangan sosial. Jika dilihat desa Serangan sebelum dikembangan sebagaimana telah diuraikan di atas. komunikasi internasional. dengan kondisi seperti sekarang maka beberapa dari masyarakat desa Serangan merasa terangkat secara ekonomi. 2000. maka tidak dapat dihindarkan pula adanya dampak sosial budaya yang timbul sebagai akibat pengembangan obyek wisata pulau Serangan . Hal ini sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat setempat. maka nampak seperti terisolir oleh batasan laut. dimana dananya digunakan untuk menunjang pembangunan desa dan keperluan pemeliharaan sarana-dan prasarana peribadatan yang ada di desa Serangan. Adanya peningkatan arogansi komunal yang dicerminkan dengan pemungutan biaya masuk melalui pintu masuk desa Serangan terhadap masyaratkan yang berasal dari luar desa Serangan. Dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke Bali. dan pasti semakin besar pula keuntungan ekonomi yang di raih oleh masyarakat desa tersebut.bagi pengendara sepeda motor dan Rp.. Selain dampak fisik. serta melakukan pertukaran budaya di tingkat internasional Beberapa contoh diatas telah cukup memberi gambaran yang positif terhadap dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan pariwisata di desa Serangan. tidak bisa dipungkiri bahwa pariwisata dapat memberikan nilai ekonomi yang sangat besar kepada masyarakat desa Serangan. maka semakin besar pula pendapatan yang diperoleh oleh masyarakat desa Serangan. padahal wilayah desa Serangan juga merupakan wilayah Bali secara utuh.bagi pengendara mobil Pemasukan dari karcis masuk tersebut cukup besar. melakukan bisnis pada tingkat internasional.1000.

Hal ini bisa dibuktikan dengan telah mulai adanya sejumlah masyarakat yang termotivasi untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang sarjana bahkan belakangan sampai jenjang pasca sarjana. karaginan dan alginat. koral. demikian juga terhadap kehidupan politik masyarakat dimana tokoh-tokoh politik juga telah mulai muncul dari pulau Serangan . Setelah lokasi disiapkan dan transek telah terpasangi/tersusun. Tumbuhan ini memiliki nilai berarti dalam penyediaan habitat dan makanan bagi berbagai binatang laut dan beberapa jenis diantaranya juga memberikan manfaat langsung kepada manusia melalui penggunannya untuk bahan sayuran. Kelompok algae ini umumnya terdiri dari Divisi. 45m kuadrat pada tiap transek. Faeofita (Phaeophyta) dan Rodofita (Rhodophyta). Casa Pengamatan Sampling Kuadrat Dengan 50x50m ‘site’ (lokasi). binatang dan tanaman lainnya. tidak memiliki sistem saluran metabolik dan kebanyakan bersel banyak yang memiliki selaput/dinding inti sel. 25m jauhnya dan tegak lurus dari pantai. Budaya masyarakat yang awalnya mengandalkan hasil dari potensi laut telah berubah pada beberapa potensi lainnya seperti pengoptimalan sarana-sarana kegiatan olah raga laut (water sport) dan kegiatan ekonomi perdagangan lainnya. obat dan farmasi serta produk fikokoloidnya berupa agar. Secara positif. Foto dokumentasi diambil pada 5m. Contoh lain dari sisi sosial budaya yang secara positif dari hal ini adalah bahwa masyarakat desa Serangan telah tergerak secara positif untuk ikut bersaing di dunia yang semakin moderen.saat ini. pasir. Klorofita (Chlorophyta). segera diambil foto dokumentasi dengan prosedur. letakkan 3 transek (masing-masing 50 m) parallel satu dengan lainnya. . Rumput laut (Seaweeds) adalah makroalgae laut dari tumbuhan eukaryotik. Tumbuhnya kebanyakan dalam berbagai bentuk dan warna di daerah sepanjang pantai. 25m. Dari sisi ini terlihat nuansa pengembangan pulau Serangan memiliki kesan negatif bagi masyarakat Bali sendiri. melekat pada batu. (lihat contoh gambar). dimana tiap kuadrat yanf ditempatkan sebagai sampling harus mengikut langkah-langkah dibawah ini: 1. Nilai sosial budaya yang muncul dari perkembangan obyek wisata serangan adalah sebagai pemicu masyarakat ingin bergerak lebih maju. masyarakat desa serangan menjadi lebih maju.

Perikiraan prosentasi tutupan alga. sudah termasuk didalamnyaa keseluruhan rangka/frame kuadrat dan label kuadrat. Untuk memperoleh hasil tersebut. Gambarkan komposisi sedimennya. 2. 7. pertama-tama letakkan foto kuadrat yang ditandai (diberi label) disampling kuadrat menurut kode penomoran yang telah ditentukan . 3. • • Sebelum foto diambil. Pengukuran tinggi kanopi. 6. Taksiran prosentasi luas tutupan rumput laut pada kuadrat menggunakan “foto lembaran persentase laus tutupan standar” sebagi penuntun. Pergukuran dilakukan dari dasar hingga ujung-unjung daun. Gunakan kunci indentifikasi yang tersedia. Perkiraan prosentasi tutupan alga dalam kuadrat. • • Ambil foto dokumentasi dengan sudut severtikal mungkin. Jelaskan keadaan sedimen tersebut sesuai urutan dominannya. Diusanhakan agar menghindari bayangan atau daerah refleksi/pantulan air di area pandang. pasir halus/beriumpur.atau pada kuadrat-kuadrat tertentu yang dipilih khusus. Estimasi/taksir prosentasi luas tutupan. Ukur tinggi kanopi rumput laut dengan mengabaikan 20% dari daun-duan tertinggi. Cek kotak foto yang diambil pada lembaran data kuadrat. musalnya: pasir. benamkan jarijari anda pada dasar perairan/substrat tersebut dan raba teksturnya (susunannya). 4. . Identifikasi jenis-jenis rumput laut pada kuadrat lewat penetuan persentase kontribusi tiap spesies/jenis (total harus 100%). 5.

8. Catat dan hitung organisme lain yang mungkin penting (Contoh. Pilih contoh rumput laut yang dapat mewakili setiap spesies dan pastikan bahwa semua bagian rumput laut terambil. .Alga bisa saja menutupi daun-daun dari rumput laut. (Bila mungkin kumpulkan lamun beserta dengan buah daunnya). bulu babi. jumlah dari moluska. teripang. Contoh rumput laut harus ditempatkan dalam kantong plastik yang berisi air dan telah diberi label/kode lokasi. Gunakan pertunjuk presentasi tutupan alga. Catat dan hitung semua organisme lain. bebas dari aktifitas makan dari penyu) yang ada dalam kuadran. termasuk rizoma akar. Ambil contoh dari rumput laut bila diperlukan. 9.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->