Meneladani Keluarga Rasulullah SAW

Andree, M.A.

Pentingnya Keluarga ‡ Malik bin Nabiy. pemikir Islam asal Aljazair merumuskan bahwa peradaban itu dibangun sebagai perpaduan 3 unsur: manusia-tanahmasa. . ‡ Keluarga adalah elemen terkecil peradaban. di mana ada unsur manusia (anggota keluarga) yang mendiami suatu tempat/rumah (tanah) dalam jangka waktu kehidupan mereka hingga anak keturunannya (masa).

garis keturunan. wa al.‡ Allah Swt sangat memperhatikan urusan kekeluargaan manusia. sampai-sampai ayat-ayat Al-Qur an yang berbicara tentang keluarga amat sangat spesifik ‡ Imam As-Syathibi dalam Al-Muwafaqaat . di samping 4 tujuan besar lainnya. wa an-nasab. . dan kemuliaannya (hifzhu an-nasl.irdh) . menyatakan bahwa salah satu tujuan Allah menurunkan syari at agama ini adalah untuk menjaga kekeluargaan/keturunan.

suami durhaka : Keluarga Fir aun dan Asiyah ± Suami shalih.Profil Keluarga dalam Al-Qur an ‡ Keluarga timpang ± Istri shalih. istri durhaka : keluarga Nabi Nuh as ‡ Keluarga Laknat ± Keluarga Abu Lahab (Abdul Uzza bin abdul muthallib & Arwa binti Harb bin Umayyah) ‡ Keluarga Ideal ± Keluarga Ibrahim as ± Yang tercermin pula pada keluarga Rasulullah saw .

Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu (Al-Baqarah: 208) ‡ Terdapat qudwah (teladan) yang nyata Hai orang-orang beriman. masuklah kamu ke dalam Islam secara kaffah. dan janganlah kamu turuti langkahlangkah syaithan.Profil Rumah Tangga Islami ala Rasulullah SAW ‡ Didirikan di atas Landasan Ibadah dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepadaku (Ad-Dzariyat: 56) ‡ Adanya internalisasi nilai-nilai Islam secara Kaffah Hai orang-orang yang beriman. mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan (As-Shaff: 2-3) .

dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak daripada sebagian yang lain.‡ Posisi masing-masing anggota keluarga sesuai tuntunan syari at . (Karena) bagi kaum lelaki ada bagian dari yang mereka usahakan..dan tolong-menolonglah kalian dalam mngerjakan kebajikan dan taqwa.. dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.. dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya... (An-Nisa: 32) ‡ Terbiasa tolong-menolong dalam menegakkan adab Islam . (Al-Maidah: 2) .. dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

: Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji. (Al-Qashash: 77) ‡ Menghindar dari hal-hal yang tidak sesuai dengan ruh Islam Katakanlah. (Al-Ahzab: 34) ‡ Tercukupi kebutuhan materi secara wajar Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat.. melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar. dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) dunia.. baik yang nampak ataupun tersembunyi. (mengharamkan) mempersekutukan allah dengan sesuatu yang allah tidak menurunkan hujjah untuk itu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui.‡ Rumah yang kondusif bagi terlaksananya syari at Islam Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah Nabi). dan perbuatan dosa.. (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui (Al-A raaf: 33) .

menyuruh kepada yang ma ruf dan mencegah dari yang munkar. merekalah orang-orang yang beruntung. yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan (At-Tahrim: 6) . (Ali-Imran: 104) ‡ Terbentengi dari pengaruh lingkungan yang buruk Hai orang-orang yang beriman.‡ Berperan dalam pembinaan masyarakat & ummat Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebajikan. peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. yang keras. penjaganya malaikatmalaikat yang kasar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful