cara menggunakan GPS yang baik dan benar

CARA MENGGUNAKAN GPS YANG BAIK DAN BENAR (untuk GPS Garmin) simak baik2 ody.... 1. Pegang GPS anda erat2 lupakan permasalahan hidup anda sekarang 2. Periksa baterenya apa masih ada apa nggak, kalo nggak ada isi dengan dua buah baterai AAA 3. tekan atasnya, nyalakan.... 4. tunggu sebentar karena dia akan terhubung via satelit 5. tenang...sabar... 6. disitu banyak icon seperti di windows, ada map, compass, setup, dan lain2... 7. masuk ke fitur map anda akan menemukan tanda panah bergoyang2 itu tanda kedudukan anda sekarang, bila garmin anda belum ada petanya maka GPS anda masih kosong alias belum diinstall peta, GPS anda bisa terkoneksi dengan software ArcGIS, bila GPS anda masih kosong anda bisa memasukkan koordinat2 yang bisa anda mengerti 8. misal anda sekarang sedang berada di monas jakarta, anda tinggal berdiri di titik yang anda ingin simpan(tentunya saat ini anda sedang berdiri di monas pake payung), tunggu sampai tanda panah berhenti atau satelit terkoneksi sepenuhnya 9. lalu tekan "MARK", untuk menyimpan koordinat anda saat ini, kalau sudah rename point tersebut dengan nama anda misal "tempat parkir monas" 10. bila sudah disave, pulanglah kerumah...., lalu save lagi point anda dirumah, "rumah saya" yes...., setelah itu bila anda ingin ke monas dari rumah, anda tinggal memakai fasilitas waypoint dari GPS anda dan GPS akan menarik garis dari rumah anda menuju monas, dan anda akan dipandu jalan terdekat menuju monas, voilla....monas im comin... anda juga bisa membuat garis di GPS anda, caranya bukan dengan pulpen..., tapi dengan mobil anda, jadi mobil berfungsi sebagai pulpen dalam GPS anda, caranya naik mobil anda lalu saat mobil melintasi jalan tersebut aktifkan fungsi drawing maka panah akan meninggalkan jejak berwarna hitam dan tiap garis bisa diberi nama, misal jl merapi raya, atau jalan tol jagorawi, jalur pantura, atau jalan2 lain yang ingin anda gambar (draw), jadi bila ingin menggambar jalan tol jagorawi, sebelum pintu tol anda harus sudah siap2 memencet tombol draw dan kalo sudah sampai diujung tol jagorawi atau sudah masuk bogor, anda tinggal save untuk menyudahinya (jangan bilang hop...hop...karena tak ada gunanya)

. dijakarta sudah ada kok komunitas pecinta GPS. karena saya juga masih amatir dan karena pekerjaan mengharuskan saya menggunakannya..didalam map anda juga bisa men-zoom peta hingga beberapa kali perbesaran.. maka akan anda temukan jawabannya. jadi anda bisa melihat jalan2 disekeliling anda juga atau bahkan meja kantor. bila anda ingin lebih lagi. i love you ody. searching lagi aja di google dengan keyword "komunitas GPS jakarta" lalu tanyakan kepada mereka "bagaimana sih mengoperasikan alat ini saya gaptek???. kontur tanah. arah angin bahkan teman saat memancing dilaut disini saya hanyalah memberi pengetahuan yang sebenarnya sangat buruk atau jelek. . jadi intinya GPS adalah gadget yang menyenangkan yang akan membawa anda mengenali suatu tempat baik itu jalan. komputer. bila anda memang menyimpan koordinat layout kantor anda (kalo rajin). lemari. sekali lagi maaf saya hanya amatir -terimakasih odyody memang baik..

Saya posting disini.Panduan Cepat Cara Menggunakan GPS Garmin Seri eTrex Berikut dibawah ini. semoga bermanfaat untuk para pengguna GPS pemula. tersedia sebuah mini tutorial GPS yaitu sebuah panduan cepat cara menggunakan GPS Garmin seri eTrex. Tutorial ini sebelumnya digunakan untuk sebuah pelatihan GPS. TOMBOL eTREX 1. Tombol UP/DOWN · Digunakan untuk memilih menu dan pages .

Tombol ENTER · Konfirmasi masukan data atau memilih menu · Menampilkan menu pada halaman utama · Tekan dan tahan tombol ENTER untuk mengaktifkan menu mark waypoint 3. Untuk melakukan ini. dan menu. LANGKAH PERTAMA Sebelum anda dapat benar-benar menggunakan E Trex untuk navigasi. peta. pointer. Tekan dan tahan tombol POWER untuk menyalakan GPS anda akan melihat halaman muka selama beberapa detik sebelum E Trex melakukan pengujian secara . 4. pertama anda harus menentukan posisi pasti anda saat ini. Tutup kembali tutup baterai dengan memutar kunci D seperempat putaran searah jarum jam. PEMASANGAN BATERAI eTrex dioperasikan dengan 2 baterai jenis AA. Ketika dinyalakan tekan tombol PAGE untuk memilih halaman-halaman tersebut. Halaman-halaman ini antara lain satelit. Masukkan baterai dengan memperhatikan polaritas yang telah ada. Tombol POWER · Menghidupkan dan mematikan GPS · Menghidupkan dan mematikan lampu layar. jika anda melakukan sesuatu dan tidak akan melanjutkan anda dapat berhenti dengan menekan tombol PAGE. buka bagian tutup baterai dengan memutar kunci D pada bagian belakang GPS seperempat putaran berlawanan arah jarum jam. bawalaheTrex anda keluar ke tempat terbuka yang cukup luas.· Mengatur tampilan kontras pada satelite page · Zoom in dan zoom out pada map page · Melihat seluruh data perjalanan pada pointer page 2. yang dipasang dibagian belakang GPS. MEMILIH HALAMAN Semua informasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan eTrex dapat ditemukan dalam empat halaman utama (layar tampilan). Tombol PAGE Untuk kembali ke halaman sebelumnya. Untuk memasang baterai.

Setelah anda melihat READY TO NAVIGATE pada halaman satelit. dan tekan ENTER. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih tab yang berisi nama waypoint yang diinginkan dan tekan ENTER. Halaman waypoint akan muncul. Lampu layar sudah ditentukan untuk menyala selama 30 detik untuk menghemat tenaga baterai. MENENTUKAN WAYPOINT Waypoint adalah lokasi dimana anda dapat mengeplot (menyimpan dalam memori) sebagai arah untuk navigasi nantinya. 3. Tekan ENTER. Sekarang waypoint telah tersimpan dalam eTrex’s memori. Jalan ke arah yang ditunjukkan panah hingga panah menunjuk ke arah atas dari kompas. Halaman MARK WAYPOINT akan muncul dengan kata ‘OK?’. diikuti dengan halaman satelit. LAMPU LAYAR DAN TINGKAT KEJELASAN GAMBAR Untuk menyalakan lampu layar. tekan dan kemudian lepaskan tombol POWER pada layar. berarti anda harus berjalan ke kanan. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih bagian “MARK”. Pointer (panah) akan menunjukkan anda arah ke waypoint tujuan anda. Tekan tombol UP atau DOWN untuk memilih nama waypoint yang diinginkan dan tekan ENTER. Untuk menentukan waypoint 1. Jika panah menunjuk .otomatis. E Trex memerlukan sekurang-kurangnya 3 sinyal satelit yang kuat untuk mementukan posisi anda. Tekan ENTER. dan tekan tombol DOWN untuk membuat layar lebih terang. eTrex telah menemukan lokasi anda dan siap untuk digunakan. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih ‘WAYPOINT’. Halaman REVIEW WAYPOINT untuk melihat waypoint yang ada/muncul. 2. Tekan tombol ENTER. Untuk memulai GOTO: 1. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman menu. Tekan tombol UP atau DOWN untuk memilih ‘GOTO’. Untuk menyesuaikan tingkat kejelasan gambar pada layar. Jika panah menunjuk ke arah kanan. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman MENU. eTrex akan memandu anda ke tujuan dengan menggunakan halaman pointer (pointer page). 2. MASUK KE MENU WAYPOINT eTrex membantu anda ke waypoint dengan menggunakan GOTO (GOTO artinya GOing TO (menuju ke) sebuah tujuan dalam garis yang terarah).tekan tombol UP untuk membuat layar lebih gelap. DASAR HALAMAN POINTER Setelah anda memilih GOTO.

Tekan ENTER. MEMBERSIHKAN TRACKLOG Setelah anda menggunakan eTrex untuk beberapa kali perjalanan. Karenanya anda perlu untuk membersihkan layar dengan membersihkan track log (barisan di sebelah kiri pada halaman peta) 1. Pilih ‘STOP NAVIGATION’ dalam halaman OPTIONS dan tekan ENTER. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih ‘TRACKS’. Sekarang anda berada di halaman TRACK LOG. Gunakan tombol DOWN dan pilih ‘yes’. Jika panah telah menunjuk tepat ke atas pada kompas. tampilan peta akan menjadi penuh karena menyimpan trek/jalur yang telah anda lalui. berarti anda telah berada pada jalur yang benar! MENYELESAIKAN GOTO Menyelesaikan GOTO : 1. 2. Tekan ENTER. Gunakan tombol UP dan pilih ‘CLEAR’. 2. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman POINTER. Lalu tekan ENTER. Tekan tombol PAGE untuk memilih halaman.kea rah kiri. 3. Tekan ENTER. . pergilah ke kiri. 4. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman MENU.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful