Lambang Provinsi Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat mempunyai lambang perisai berbentuk bulat telur di bawahnya bertulisan Gemah Ripah Repeh Rapih artinya Jawa Barat yang kaya, sejahtera, dan damai. Di dalamnya terdapat kujang berlobang lima, padi, dan kapas, gunung, sungai, sawah, kebun. Kujang adalah peralatan rumah tangga/senjata tradisional masyarakat Sunda. Lubang berjumlah lima merupakan kelima sila dalam Pancasila. Padi dan Kapas melambangkan kemakmuran. Sedangkan gunung, sungai, sawah, dan perkebunan menunjukkan sumber alam Sunda yang kaya raya.

laut. Sedangan bintang. bambu runcing. Di bawahnya bertulisan Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja (Janji akan bekerja keras membangun bangsa dan Negara). gunung kembar. dan gunung. dan kapas melambangkan hari depan rakyat Jawa Tengah menuju masyarakat adil makmur berdasar pada Ketuhanan yang Mahaesa. Provinsi Jawa Tengah mempunyai lambang berbentuk kundi amerta (cupu manik) dengan bentuk dasar segi lima. . dan kapas.Lambang Provinsi Jawa Tengah. Laut dan gunung melambangkan hidup dan kehidupan. Candi Borobudur merupakan identitas Jawa Tengah. padi. Gunung kembar berarti persatuan antara rakyat dengan pemerintah daerah. padi. Di dalamnya terdapat lukisan candi Borobudur. Bambu runcing simbol perjuangan kemerdekaan. Kundi amerta dengan bentuk dasar segi lima melambangkan Pancasila. bintang.

gunung berapi. Provinsi Jawa Timur mempunyai lambang berbentuk perisai dengan bentuk dasar segilima. Sawah. Gunung berapi melambangkan semangat untuk meraih masyarakat yang adil dan makmur. Bintang merupakan lambang Ketuhanan Yang Maha Esa. sawah ladang. sungai. dan rantai. tugu pahlawan. Di bawah perisai. padi kapas. Sedangkan roda dan rantai merupakan symbol spirit yang selalu membangun. . padi. Di dalamnya terdapat bintang. yang berarti Keberhasilan membutuhkan kesungguhan.Lambang Provinsi Jawa Timur. roda. Tugu pahlawan melambangkan kepahlawanan rakyat Jawa Timur di perang kemerdekaan. pintu gerbang candi. bunga. dan kapas simbol kemakmuran. Pintu gerbang candi melambangkan keagungan cita ± cita perjuangan masa lampau dan sekarang. terdapat tulisan Jer Basuki Mawa Beya. ladang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful