ETIOLOGI

1. 2. 3.

Hipotiroid Primer Hipotiroid Sekunder Hipotiroid Tersier

Mamik Yuniarsih

.HIPOTIROID PRIMER ´ Hashimoto's Thyroiditis Hashimoto's adalah suatu penyakit autoimun dimana sistim imun tubuh secara tidak memadai menyerang jaringan tiroid. Pada kondisi ini. kelenjar tiroid biasanya membesar (gondokan) dan mempunyai suatu kemampuan yang berkurang untuk membuat hormonhormon tiroid.

´ Kekurangan Yodium yang parah ´ .Kongenital Hipotiroid Tidak terbantuknya tiroid atau bersifat kongenital (bawaan sejak lahir) ´ Pengobatan untuk hipertiroidisme Dalam beberapa kasus orang yang sedang menjalani pengobatan hipertiroid untuk mengurangi dan menormalkan fungsi tiroid dapat mengakibatkan hipotiroid permanen.

´ .Terapi radiasi Radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker kepala dan leher dapat mempengaruhi kelenjar tiroid yang dapat mengakibatkan hipotiroid. ´ Operasi tiroid Pengangkatan semua atau sebagian kelenjar tiroid dapat mengurangi atau menghentikan produksi hormon tiroksin.

Jika kerusakkan ini disebabkan oleh penyakit pituitari. ia disebut "hipotiroid tersier (tertiary hypothyroidism)". Jika kerusakkan disebabkan oleh penyakit hipothalamus.HIPERTIROID SEKUNDER DAN TERSIER ´ Penyakit Pituitari atau Hipothalamus penyababnya kelenjar pituitari atau hipothalamus tidak mampu mensinyalkan pada tiroid dan memerintahkannya untuk memproduksi hormonhormon tiroid. . kondisi ini disebut "hipotiroid sekunder (secondary hypothyroidism)".