Harkitnas

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke 101..Indonesia Bisa!!

Minggu, 24 Mei 2009
Djogdja Tempo Doeloe - KENTONGAN, ALAT KOMUNIKASI DI MASA LALU
Alat komunikasi merupakan alat yang sangat vital dalam kehidupan manusia sejak manusia hidup di dunia. Hal yang demikian disebabkan oleh karena tidak ada satu manusia pun yang tidak membutuhkan manusia lain. Dalam skala yang sangat sederhana, alat komunikasi antarmanusia mungkin bisa dilihat pada bahasa isyarat. Pada tataran selanjutnya mungkin pada bahasa lisan yang dikeluarkan melalui alat ucap (mulut). Dalam perkembangannya alat komunikasi diwujudkan dalam berbagai bentuk. Ada telepon, surat, e-mail, handphone, interkom, HT, dan sebagainya. Dalam skala yang lebih sederhana kentongan merupakan alat komukasi yang efektif pada masanya. Pada masamasa listrik belum masuk desa, kentongan menjadi alat komunikasi yang begitu diandalkan. Melalui kentongan inilah sebuah komunitas, katakanlah desa bisa menjalin komunikasi dan jaringannya bisa menjangkau seluruh rumah bahkan seluruh orang yang tinggal di desa yang bersangkutan, asalkan orang-orang yang bersangkutan memahami sistem dan perangkat komunikasi ini. Di Yogyakarta, Jawa, bahkan di luar Jawa kentongan atau alat bunyi-bunyian lain juga banyak digunakan sebagai perangkat atau alat komunikasi. Untuk Yogyakarta, alat komunikasi berupa kentongan yang dulunya dapat ditemukan di semua rumah warga mungkin masih bisa didapatkan, setidaknya di pos-pos gardu atau poskamling. Akan tetapi keberadaan alat ini nyaris tidak lagi digunakan (dibunyikan). Pada masanya kentongan bisa digunakan sebagai penanda berita atau peristiwa akan kematian, kedatangan orang asing, datangnya musibah, adanya pencuri, tertangkapnya pencuri, dan lain-lain. Untuk menandai tentang berita kematian misalnya, tokoh desa (dukuh/jagabaya) cukup membunyikan kentongan besar (milik desa) dengan irama tertentu. Kentongan besar ini biasanya memiliki suara yang berbeda dengan suara

dan sebagainya. Dengan kentongan besar yang umumnya terbuat dari satu potong gelondongan kayu atau tonggak pohon kelapa.kentongan yang dimiliki oleh warga pada umumnya karena kentongan milik warga biasanya berukuran kecil karena biasanya terbuat dari tonggak bambu atau satu ruas bambu. telepon. Dengan demikian. warga desa pun mesti paham dengan irama atau sistem komposisi bunyi dari kentongan yang ada di komunitasnya. Foto di atas menunjukkan bagaimana kentongan besa (milik desa) menjadi alat komunikasi yang sungguh penting di masa itu.. kebakaran. Jika yang didengar adalah irama tertentu. yang biasanya berbunyi cepat tong-tong-tong-tong. Kini. Kentongan telah tergantikan oleh HP. itu artinya ada musibah datang (banjir. . Jika yang terdengar adalah irama titir. gempa.. kentongan mungkin tinggal menjadi hiasan atau pada 20 tahun ke depan ia akan menjadi barang antik. Dengan hanya mendengar bunyi kentongan seperti itu warga desa akan segera tahu apa yang seharusnya mereka lakukan saat itu. e-mail. umumnya warga desa akan memasang pendengarannya baik-baik. perampokan.. maka bunyi kentongan yang dihasilkannya akan terdengar lebih besar (gandem) dan gemanya terasa jauh. dan lain-lain). nyaris tanpa putus. Jika bunyi kentongan semacam ini terdengar. itu artinya ada kematian.

perkembangannya kemudian semakin menyusutkan ukuran komputer. apalagi dengan ditemukannya processor pertama intel 8008 pada tahun 1970. perkembangan teknologi informasi yang pesat juga ditandai dengan penemuan komputer digital pertama yang diberi nama ENIAC yang pada saat itu masih sebesar ruangan kelas. kemudian juga dengan jaringan internet yang saling menghubungkan komputer-komputer yang ada di seluruh dunia semakin membuat perkembangan teknologi informasi ini semakin cepat. setelah temuan telegraf tersebut. ini terjadi sebelum tahun 3000 sm. bahkan menurut saya akan mengalami percepatan di masa yang akan datang. morse yang merupakan laoncatan penting dalam teknologi informasi. perkembangan selanjutnya mesir mulai menggunakan serat papirus sebagai media menulis. memasuki periode 3000 sm bangsa sumeria pertama kalinya mulai mengguanakan tulisan sebagai alat komunikasi walaupun masih dalam bentuk gambar-gambar. begitu juga dengan radio yang ditemukan oleh gugliermo marconi.b. dimana pada waktu itu pemikiran manusai masih sederhana. televisi dan penemuan-penemuan lainnya juga membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan dunia. mesir menggunakan tulisan hieroglif yang lebih maju daripada sumeria kuno. dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama mesir juga menunjukkan perkembangan yang tidak kalah pesat. pada mulanya manusia hanya berkomnikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. .Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa ke masa manusia adalah makhluk sosial yang cenderung untuk ingin berkomunikasi satu sama lain. bidang teknologi informasi diwarnai dengan penemuan penemuan yang tak kalah penting telepon misalnya yang ditemukan oleh A. dengan gerakangerakan tubuh untuk menyampaikan informasi. seperti kata penemu intel "perkembangan komputer akan bertambah dua kali lipat dalam 18 bulan" benar benar terbukti. Graham bell sangat mempengaruhi perkembangan dunia sampai saat ini. melangkah jauh beberapa abad teknologi informasi dan komunikasi berkembang cukup pesat dengan sistem surat menyurat dan kemudian juga dengan ditemukannya telegraf oleh samuel f.pada sekitar tahun 105 m cina untuk pertama kalinya membuat kertas dari bahan serat bambu yang dihaluskan yang menurut ceritera ditemukan oleh seseorang bernama "tsai lun". sejak awal diciptakannya manusia sampai sekarang peran komnikasi bagi perkembangan peradaban manusia memegang peranan penting.

Sistem komunikasi ini tidak lepas dari semua jenis peralatan komunikasi yang digunakan sebagai sarana pertukaran informasi balk berupa voice maupun data dalam kegiatan SAR. Jaringan Penginderaan Dini Komunikasi sebagai sarana penginderaan dini dimaksudkan agar setiap musibah pelayaran dan/atau penerbangan dan/ atau bencana dan/ atau musibah lainnya dapat dideteksi sedini m ungkin. pertolongan dan penyelamatan dapat dilaksanakan dengan cepat.PERALATAN KOMUNIKASI Salah satu komponen pfasilitas SAR yang memegang kunci per anan penting dalam pelaksanaan kegiatan SAR adalah Sistem Komunikasi SAR. 2. dimaksudkan untuk dapat berkoordinasi dalam mendukung kegiatan operasi SAR baik internal antara Kantor Pusat BASARNAS dengan Kantor SAR dan antar Kantor SAR. kebenaran dan aktualitasnya. alat-alat tersebut adalah LUT (Local User Terminal) yaitu berupa perangkat stasiun bumi kecil yang mengolah data dari Cospas dan SARSAT. Jaring Koordinasi Komunikasi sebagai sarana koordinasi. Pada tahun 1994 BASARNAS memperoleh bantuan pi njaman lunak dari pemerintah Kanada untuk pengadaan peralatan monitoring musibah. supaya usaha pencarian. Peralatan tersebut berfungsi sebagai alat deteksi dini signal yang mengindikasikan lokasi musibah. . Sistem komunikasi yang digelar mempunyai fungsi: 1. Oleh karena itu setiap informasi/musibah yang diterima harus mempunyai kemampuan dalam hal kecepatan. Implementasi sistem komunikasi harus mengacu path peraturan internasional yaitu peraturan IMO untuk memonitor musibah pelayaran dan peraturan ICAO untuk memonitor musibah penerbangan. dan eksternal dengan instansi/ organisasi berpotensi SAR dan RCCs negara tetangga secara cepat dan tepat.

Administrasi dan Logistik Jaring ini digunakan oleh BASARNAS untuk pembinaan Kantor SAR dalam pelaksanaan pembinaan dan administrasi perkantoran. dimaksu dkan untuk mengendalikan unsur-unsur yang terlibat dalam operasi SAR.Internet 2.Definisi . 4. Macam-Macam Alat Teknologi informasi dan Komunikasi ALAT. Peralatan komunikasi yang dimiliki BASARNAS dan Kantor SAR sebagai berikut : • • • Fixed Line Telecommunication Radio Communication (HFNHF) AFTN Automatic message switching Dengan dilengkapinya radio VHF Air band dan Marine band. Jaring Komando dan Pengendalian Komunikasi sebagai sarana komando dan pengendalian.Fax 5.Push to talk 1.Internet a.Handphone 4.ALAT KOMUNIKASI 1.Telepon 3.Pager 6.3. Jaring Pembinaan. memungkinkan untuk memonitor penerbangan dan pelayaran.

internet (kependekan daripada perkataan 'inter-network') ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Tetapi.Cara Memakai Buka Mozilla atau browser lainnya .Definisi Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik.Telepon a. penemu italia antonio meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849.Definisi .Cara Memakai Tekan (nomor rumah/lainnya )yang akan anda hubungi lalu mulai berbicara . c.Secara harfiah.Jika orang yang anda hubungi tidak mengangkat(dan anda ingin mencoba lagi.setelah selesai berbicara tutup kembali telepon dengan RAPAT. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. 3. yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). dengan telepon pertama dibuat di Boston. Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika. dan pada September 2001. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum. massachusets.Guna Dari Telepon Berbicara dengan orang yang tempatnya jauh dari diri kita(beda rumah/beda keberadaan. b. kutipkan alamat website yang dicari di kotak (Address) lalu mulai memakainya. pada tahun 1876. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.maupun berita aktual dan lainnya. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. c. b.cukup menutup telepon lalu tekan REDIAL). dan bukan Alexander Graham Bell.tidak lebih jauh dari satu kecamatan ).Guna Dari Internet Bisa mencari semua informasi.hiburan.Lebih praktis untuk mencari informasi dibandingkan dengan BUKU.Handphone(Telepon Genggam) a. 2.

Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui Internet (yang berbasis IP).maka dokumen akan terkirim.Fax a.Definisi Disingkat dengan FoIP.Pager hanya bisa menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS. b.Cara Memakai Pertama-tama isi pulsa .Merupakan pengembangan teknologi telepon.pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms. b.ditutup).Pager. dimana perangkatnya dapat digunakan sebagai perangkat untuk mobile atau berpindah-pindah b. Hal ini mirip seperti VoIP. a.Cara Menggunakan Tekan nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar.Cara Menggunakan Tekan nomor pager yang anda tuju lalu ketik yang anda ingin katakan pada yang anda kirimkan. c.Telepon genggam. . 5.Guna Dari Fax Mengirim dokumen dari suatu negeri ke negeri lainnya. c.baterai penuhkan lalu mulai tekan nomor teman anda atau yang lainnya lalu tekan tombol gambar telepon (berwarna hijau diangkat)lalu mulai berbicara setelah selesai berbicara tekan tombol (gambar telepon berwarna merah .Guna Dari Handphone(Telepon Genggam) Sama dengan telepon namun bedanya bisa di bawa kemana saja karena ukuran tubuhnya. 4. biasanya disebut juga dengan cellular.Definisi Pager adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis dikarenakan.

c.Definisi Alat bicara yang ukuran tubuhnya lumayan kecil.d. .e.Push To Talk a. 6.misal:si A berbicara lalu berhenti.dan lainnya.Pembicara yg memakainya harus bergantian dengan lawan bicaranya . b.Guna Dari pager Mengirimkan SMS kepada orang yang kita tuju dengan cepat dan lebih praktis. si B menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.begitu juga dengan si c.Lawan bicaranya (si B) menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.Kesimpulannya 1 PTT bisa dipakai dengan berbanyak orang namun orang-orang yang memakainya harus berbicara SECARA BERGANTIAN.Cara Memakainya Si A berbicara lalu berhenti.f.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful